Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

dori2802
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 253
Joined: Fri Mar 11, 2016 3:15

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by dori2802 »

erwinign wrote: Tue May 18, 2021 5:50 UOA MAZDA 2.png

Mohon pencerahannya semua :big_smile]
new numpang komen ya mbah. mohon di koreksi. kalau dibandingkan dengan UOA PTT Evotec 0w20 sebelummya, wear metalnya sepertinya masih mending yg PTT ya mbah..? lebih kecil...
CMIIW..
Mazda FE 1998 - D13B4 - 3SZ-VE - 1TR-FE - 2NR-FE - MR20DD - 2GD-FTV - R80
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by maastricht889 »

benzz89 wrote: Tue May 18, 2021 7:32
erwinign wrote: Mgkn kontaminan oli sebelumnya ya om kl bahas V100 >9 cst. Sy sebelumnya pake PTT botol emas 5w30 di mazda ini
Nah dr PTT 5W30 ke AMS SS 0W-20 kesimpulannya enakan mana om?

Kl kontaminasi dr oli sebelumnya sih kecil sekali yah % nya... kan sdh dibuang semua itu olinya om, kecuali... nah ini ane jg bingung dgn acara dorong mendorong oli pakai oli murah misal pakai yg buntut W50, bener sih oli baru dia, cuman memang logikanya pst akan kontaminan dgn oli yg mau kita isi.

Minimal 200-300 ml kayanya sih bakalan kecampur/kontaminasi dgn oli baru kita deh... si keraton kecampur ama si jelata [emoji1]
Jelas AMS dong oom :big_okay: :big_okay:

Sekarang ini mazda saya, saya pakein PTT evotek 0W20 non eko aja ga seenak AMS SS kok
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9658
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by Suryaputra »

dori2802 wrote: Tue May 18, 2021 7:39
erwinign wrote: Tue May 18, 2021 5:50 UOA MAZDA 2.png

Mohon pencerahannya semua :big_smile]
new numpang komen ya mbah. mohon di koreksi. kalau dibandingkan dengan UOA PTT Evotec 0w20 sebelummya, wear metalnya sepertinya masih mending yg PTT ya mbah..? lebih kecil...
CMIIW..
klo di BITOG,
sebagian lendir enthusiast niat amat, UOA 3-4x di merk dan tipe yg sama,

trus dibandingin tabel2nya dan ambil average value
wkwkwkwkkw
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5700
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by sintoni »

Suryaputra wrote: Tue May 18, 2021 7:48
dori2802 wrote: Tue May 18, 2021 7:39
erwinign wrote: Tue May 18, 2021 5:50 UOA MAZDA 2.png

Mohon pencerahannya semua :big_smile]
new numpang komen ya mbah. mohon di koreksi. kalau dibandingkan dengan UOA PTT Evotec 0w20 sebelummya, wear metalnya sepertinya masih mending yg PTT ya mbah..? lebih kecil...
CMIIW..
klo di BITOG,
sebagian lendir enthusiast niat amat, UOA 3-4x di merk dan tipe yg sama,

trus dibandingin tabel2nya dan ambil average value
wkwkwkwkkw
Disitu income pake dolar om, bukan pake rupiah..

:big_weee:
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9658
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by Suryaputra »

kamus ngebaca UOA (used oil analysis)

https://analisapelumas.com/analisa-oli- ... gy-system/

*scroll down dikit

mudah dipahami kok, karena masih pk bahasa manusia.
wkwkwkwkw.
Last edited by Suryaputra on Tue May 18, 2021 7:56, edited 1 time in total.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9658
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by Suryaputra »

sintoni wrote: Tue May 18, 2021 7:50
Suryaputra wrote: Tue May 18, 2021 7:48
dori2802 wrote: Tue May 18, 2021 7:39

new numpang komen ya mbah. mohon di koreksi. kalau dibandingkan dengan UOA PTT Evotec 0w20 sebelummya, wear metalnya sepertinya masih mending yg PTT ya mbah..? lebih kecil...
CMIIW..
klo di BITOG,
sebagian lendir enthusiast niat amat, UOA 3-4x di merk dan tipe yg sama,

trus dibandingin tabel2nya dan ambil average value
wkwkwkwkkw
Disitu income pake dolar om, bukan pake rupiah..

:big_weee:
ah.. mbah omni aja orang indonesia, OCI per 6 bulan pk Ams Sign :mky_05:

blm lagi klo klo ngeflush CVT GK nya pk amsoil CVT :mky_04: :ngacir:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5700
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by sintoni »

Suryaputra wrote: Tue May 18, 2021 7:55
ah.. mbah omni aja orang indonesia, OCI per 6 bulan pk Ams Sign :mky_05:

blm lagi klo klo ngeflush CVT GK nya pk amsoil CVT :mky_04: :ngacir:
Lah, mbah Omni incomenya pake GBP malahan.

Tiap keluar kota lgsg tes lab semua lendir di mobil..
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9658
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by Suryaputra »

sintoni wrote: Tue May 18, 2021 7:57
Suryaputra wrote: Tue May 18, 2021 7:55
ah.. mbah omni aja orang indonesia, OCI per 6 bulan pk Ams Sign :mky_05:

blm lagi klo klo ngeflush CVT GK nya pk amsoil CVT :mky_04: :ngacir:
Lah, mbah Omni incomenya pake GBP malahan.

Tiap keluar kota lgsg tes lab semua lendir di mobil..
gak kaleng2 bosnya amsoil indo
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by evanbngdor »

Sharing sedikit penggunaan Aisin 0w-20 SN+ di mesin R20 CRV odometer 130rb

Sebagai info tambahan sebelum ini saya pake Fastron Gold 0w-20, pernah jg pake Unil Opal, PTT, Q8, dll.

Impresi yg saya rasakan awal2 ini setelah menempuh jarak kurang lebih 50km setelah ganti oli itu suara mesin yg lebih garing, tp getaran mesin sih mirip2 aja. Rasanya ini mirip sama PTT karakternya. Untuk konsumsi BBM belom bisa diukur lebih hemat atau ngga nya.

Maaf ngga ada foto karena kebetulan bukan saya yg bawa mobilnya ke bengkel pas ganti oli
:mky_01:
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
rendr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1101
Joined: Mon Mar 19, 2018 6:47
Daily Vehicle: Apa aja yg penting reliable

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by rendr »

fhr93 wrote: Tue May 18, 2021 2:38
rendr wrote: Sun May 16, 2021 13:05
sx4 lama juga msh kebagian tuh 5w30 SL... yg kacau ya mesin scross... M15A ane udh ada 5x OCI pake itu SGO 0w20 SM, untung masih free claim shim tappet, tadinya mau claim camshaft nya wkwkwkwkwk
Ane juga baru sadar om. Scross ane dicekokin SGO 0w20 SM dari servis pertama sampe kelima. Servis keenam maret kemaren baru dikasih ecstar 0w20 SN. :big_dunno:

Ada pengaruh gak ya ke mesin? :big_think:

Secara kalau di buku manual rekomendasinya 0w20 SL
pasti ngaruh, ada bunyi tek2 ga? mobil masih warranty? kalo iya bawa ke beres minta cek celah shim tappet untuk claim..


erwinign wrote: Tue May 18, 2021 7:21
rendr wrote: Tue May 18, 2021 6:04
erwinign wrote: Tue May 18, 2021 5:50

UOA MAZDA 2.png

Mohon pencerahannya semua :big_smile]
om pake bensin apa? ini tak liat ada potensi fuel dilution.. kyknya cepet tewas gara2 fuel dilutionnya, atau pake oli yg punya V100 diatas 9,0 cSt


tapi kok ini amsoil ss 0w20 zincnya dikit amat ya.. cuman 600an.. ini om dpt amsoil nya yg API apa? SN+ kah?
Mgkn kontaminan oli sebelumnya ya om kl bahas V100 >9 cst. Sy sebelumnya pake PTT botol emas 5w30 di mazda ini
emm ga ngaruh sih, pasti berasa lebih alus pas pake ptt 5w30 botol emas yah? agak shock aja liat zinc amsoil segitu... signature pula... either kehajar fuel dilution, atau olinya nguap ini...

makanya ane saranin next coba pake oli yg V100 nya diatas 9 cSt... atau kalo pake oli 0w20 interval jgn panjang2, 7-8rb km aja maksimal... selain jaga TBN biar ga terjun, oil film nya jg masih bagus
Jangan diperbudak sama mobil.
Jangan habis duit untuk mengembalikan mobil ke kondisi 0, keluar uang untuk upgrade ok.
rendr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1101
Joined: Mon Mar 19, 2018 6:47
Daily Vehicle: Apa aja yg penting reliable

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by rendr »

Turboman wrote: Tue May 18, 2021 4:25 Siap siap Krisis Base oil

https://www.ueil.org/covid-19-and-the-s ... -industry/

Covid-19 and the shortage of raw materials for the lubricant industry
aduh pas stok amsoil diskon abis wkwkwk

kudu nyetok yg diskonan lagi deh...
Jangan diperbudak sama mobil.
Jangan habis duit untuk mengembalikan mobil ke kondisi 0, keluar uang untuk upgrade ok.
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11326
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by Omnibus »

erwinign wrote: Tue May 18, 2021 7:42
benzz89 wrote: Tue May 18, 2021 7:32
Nah dr PTT 5W30 ke AMS SS 0W-20 kesimpulannya enakan mana om?

Kl kontaminasi dr oli sebelumnya sih kecil sekali yah % nya... kan sdh dibuang semua itu olinya om, kecuali... nah ini ane jg bingung dgn acara dorong mendorong oli pakai oli murah misal pakai yg buntut W50, bener sih oli baru dia, cuman memang logikanya pst akan kontaminan dgn oli yg mau kita isi.

Minimal 200-300 ml kayanya sih bakalan kecampur/kontaminasi dgn oli baru kita deh... si keraton kecampur ama si jelata [emoji1]
Jelas AMS dong oom :big_okay: :big_okay:

Sekarang ini mazda saya, saya pakein PTT evotek 0W20 non eko aja ga seenak AMS SS kok
ams enak; mesin enteng tarikan, stabil getaran mesinnya waktu digeber, jeroan bersih. no doubt deh krn yg lain di forum ini yg udah cobain jg konfirm hal yg sama.

yg jadi masalah oli ini dianggap sakti bisa very very long drain. dgn harganya yg lbh mahal org kebanyakan berharapnya begitu apalagi ada embel2 tulisan "guaranteed up to 25,000 miles" yg seringnya misleading bagi org awam. kenyataannya banyak faktor eksternal yg bikin kita hrs realistis. ternyata di 10k km / 8 bulan aja udah end of life. jd mahalnya itu pure utk tarikan enteng aja, dah kebayarnya disitu itu.

itu belum seberapa krn kapasitas oli ga nyampe 4L, itungannya msh murah. nah kalo kaya anf yg nelennya 7.2-7.5L tambah lagi tbn nya cuma 10.1 utk SS diesel (vs 12.5 utk SS bensin) artinya umurnya bisa2 lbh pendek dr oli om yg 9k/8bln, tp sekalinya gantol dobel cost krn literannya, bikin dompet all space kl kata mbah Kiel. :mky_03:
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4584
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by Profith83 »

Omnibus wrote: Tue May 18, 2021 9:43
erwinign wrote: Tue May 18, 2021 7:42
benzz89 wrote: Tue May 18, 2021 7:32
Nah dr PTT 5W30 ke AMS SS 0W-20 kesimpulannya enakan mana om?

Kl kontaminasi dr oli sebelumnya sih kecil sekali yah % nya... kan sdh dibuang semua itu olinya om, kecuali... nah ini ane jg bingung dgn acara dorong mendorong oli pakai oli murah misal pakai yg buntut W50, bener sih oli baru dia, cuman memang logikanya pst akan kontaminan dgn oli yg mau kita isi.

Minimal 200-300 ml kayanya sih bakalan kecampur/kontaminasi dgn oli baru kita deh... si keraton kecampur ama si jelata [emoji1]
Jelas AMS dong oom :big_okay: :big_okay:

Sekarang ini mazda saya, saya pakein PTT evotek 0W20 non eko aja ga seenak AMS SS kok
ams enak; mesin enteng tarikan, stabil getaran mesinnya waktu digeber, jeroan bersih. no doubt deh krn yg lain di forum ini yg udah cobain jg konfirm hal yg sama.

yg jadi masalah oli ini dianggap sakti bisa very very long drain. dgn harganya yg lbh mahal org kebanyakan berharapnya begitu apalagi ada embel2 tulisan "guaranteed up to 25,000 miles" yg seringnya misleading bagi org awam. kenyataannya banyak faktor eksternal yg bikin kita hrs realistis. ternyata di 10k km / 8 bulan aja udah end of life. jd mahalnya itu pure utk tarikan enteng aja, dah kebayarnya disitu itu.

itu belum seberapa krn kapasitas oli ga nyampe 4L, itungannya msh murah. nah kalo kaya anf yg nelennya 7.2-7.5L tambah lagi tbn nya cuma 10.1 utk SS diesel (vs 12.5 utk SS bensin) artinya umurnya bisa2 lbh pendek dr oli om yg 9k/8bln, tp sekalinya gantol dobel cost krn literannya, bikin dompet all space kl kata mbah Kiel. :mky_03:
Jadi pakai oli diesel apa yang value for money? karena sekali ganti oli 7.8 liter.
Innova reborn diesel matic dalam kota juga jaran RPM sentuh 2200. RPM 2500 bahkan jarang sekali ...
Luar kota juga RPM 2500 kadang kadang. seringya main di RPM 1600 - 2000

Apa yang value for money?
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by Turboman »

erwinign wrote:
Omnibus wrote: Tue May 18, 2021 5:43
erwinign wrote: Tue May 18, 2021 5:26 Saya kemarin di mazda 2 lama test UOA trakindo AMS SS 0W20 jalan 9600km om, memang ganti krn geterannya mulai kerasa. Aneh aja TBNnya kok rendah banget sy cek
showing lah om dimari .....
UOA MAZDA 2.png
Mohon pencerahannya semua :big_smile]
Next boleh coba Q8 - 0W20 yg D1 G2
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by Turboman »

Dari pengamatan saya thd aneka UOA & VOA di SOS Trakindo

spt nya ada tendensi pembacaan angka Zinc agak low oleh pihak Lab nya

pernah saya test sebuah oli dalam kondisi baru dan setelah dipake 9500 km, sample yg 9500 km angka zat2 antiwear nya bisa lebih gede, padahal dari oli yg sama

wkwkwkwkkwk
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11326
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by Omnibus »

Profith83 wrote: Tue May 18, 2021 10:51
Jadi pakai oli diesel apa yang value for money? karena sekali ganti oli 7.8 liter.
Innova reborn diesel matic dalam kota juga jaran RPM sentuh 2200. RPM 2500 bahkan jarang sekali ...
Luar kota juga RPM 2500 kadang kadang. seringya main di RPM 1600 - 2000

Apa yang value for money?
dohc genuine oil

:big_biglaugh: :big_biglaugh:

ya ptt kayanya om. secara de facto begitu di forum ini. aklamasi udah ..... ptt.
sy sendiri belom pernah coba.
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5700
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by sintoni »

Omnibus wrote: Tue May 18, 2021 9:43
itu belum seberapa krn kapasitas oli ga nyampe 4L, itungannya msh murah. nah kalo kaya anf yg nelennya 7.2-7.5L tambah lagi tbn nya cuma 10.1 utk SS diesel (vs 12.5 utk SS bensin) artinya umurnya bisa2 lbh pendek dr oli om yg 9k/8bln, tp sekalinya gantol dobel cost krn literannya, bikin dompet all space kl kata mbah Kiel. :mky_03:
Maaf mbah, tapi dulu baca di trit oli diesel, menurut om Turbo biar TBN ga terlalu tinggi, tapi kalau kadar kalsiumnya lumayan tinggi kayak misal diatas 2200 keatas, nanti penurunan TBN bisa pelan jg mbah..

CMIIW kalau salah mbahh..
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by maastricht889 »

Suryaputra wrote: Tue May 18, 2021 6:54
erwinign wrote: Tue May 18, 2021 6:43
Omnibus wrote: Tue May 18, 2021 6:00

satu lagi om,

tanggal tuang dan tanggal buang nya. brp lama waktu dipake?
8 bulan, 9600an km. Tuang tengah agustus 2020, buang tengah april 2021 om. Mobil dipake daily, seminggu sekali kdg lukot
om tanya..
pas OCI, ganti filter oli juga kan?

habis buang oli lama, lgs isi oli baru Ams SS?
atau didorong dulu pk oli murah 1-2 liter?
Filter oli pasti sy ganti om pake ori mazda, krn msh servis di beres.

Iya om saya gada tuang2an oli murah 1 liter itu, sy pernah coba di susuki kok ya ngedorongnya cm dikit jatuhnya.

Oya ini di mazda saya 4 liter persis habisnya, terakhir sblm ganti sih masih gada penguapan.

Pemakaian dr km 207xx-314xx

Sy simpulin mazda mo mesin kuno/sky HARUS oli encer buntut 20 biar enak
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by maastricht889 »

Omnibus wrote: Tue May 18, 2021 9:43
erwinign wrote: Tue May 18, 2021 7:42
benzz89 wrote: Tue May 18, 2021 7:32
Nah dr PTT 5W30 ke AMS SS 0W-20 kesimpulannya enakan mana om?

Kl kontaminasi dr oli sebelumnya sih kecil sekali yah % nya... kan sdh dibuang semua itu olinya om, kecuali... nah ini ane jg bingung dgn acara dorong mendorong oli pakai oli murah misal pakai yg buntut W50, bener sih oli baru dia, cuman memang logikanya pst akan kontaminan dgn oli yg mau kita isi.

Minimal 200-300 ml kayanya sih bakalan kecampur/kontaminasi dgn oli baru kita deh... si keraton kecampur ama si jelata [emoji1]
Jelas AMS dong oom :big_okay: :big_okay:

Sekarang ini mazda saya, saya pakein PTT evotek 0W20 non eko aja ga seenak AMS SS kok
ams enak; mesin enteng tarikan, stabil getaran mesinnya waktu digeber, jeroan bersih. no doubt deh krn yg lain di forum ini yg udah cobain jg konfirm hal yg sama.

yg jadi masalah oli ini dianggap sakti bisa very very long drain. dgn harganya yg lbh mahal org kebanyakan berharapnya begitu apalagi ada embel2 tulisan "guaranteed up to 25,000 miles" yg seringnya misleading bagi org awam. kenyataannya banyak faktor eksternal yg bikin kita hrs realistis. ternyata di 10k km / 8 bulan aja udah end of life. jd mahalnya itu pure utk tarikan enteng aja, dah kebayarnya disitu itu.

itu belum seberapa krn kapasitas oli ga nyampe 4L, itungannya msh murah. nah kalo kaya anf yg nelennya 7.2-7.5L tambah lagi tbn nya cuma 10.1 utk SS diesel (vs 12.5 utk SS bensin) artinya umurnya bisa2 lbh pendek dr oli om yg 9k/8bln, tp sekalinya gantol dobel cost krn literannya, bikin dompet all space kl kata mbah Kiel. :mky_03:
Soal interval bulan sih ndak bs jadi patokan buat saya om, sy sejak mulai ngeh coba2 oli bagus di ertiga itu saya mentokin setahun semua walaupun wkt dulu setahun cm jalan maks 2500km. Yg plg jelek dg jangka waktu dan km sama ya ptt 5w30 botol emas, menjelang bulan ke 12 mulai kletek2. 2x pake schaeffer 5w30, kendall 1x 5w30 masuk bulan ke 12 bener2 stabil performancenya.

Mgkn lingkungan bs ngaruh bs enggak sih dulu, saya wkt itu di bandung yg cenderung lebih adem dibanding semarang
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5700
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by sintoni »

Profith83 wrote: Tue May 18, 2021 10:51
Jadi pakai oli diesel apa yang value for money? karena sekali ganti oli 7.8 liter.
Innova reborn diesel matic dalam kota juga jaran RPM sentuh 2200. RPM 2500 bahkan jarang sekali ...
Luar kota juga RPM 2500 kadang kadang. seringya main di RPM 1600 - 2000

Apa yang value for money?
Menurut ane oli diesel paling value for money si PTT 10W30.

Cuma 410 ribu dapat 6 liter, ga sampe 70 ribu / liter.

2GD ortu pake itu, ane sendiri jg pake di Dakar lama.

Sudah di tes om Turbo 10rb km ms bisa asal ga lebih 11 bulan.
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9658
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by Suryaputra »

Turboman wrote: Tue May 18, 2021 11:12
erwinign wrote:
Omnibus wrote: Tue May 18, 2021 5:43

showing lah om dimari .....
UOA MAZDA 2.png

Mohon pencerahannya semua :big_smile]
Next boleh coba Q8 - 0W20 yg D1 G2
asik nih oli emang.
dan beneran certified D1 G2 di web GM.
mau bayar uang palak, beda sm amsoil :big_biglaugh:

Image

Image

di rpm tinggi tu suara mesinnya spt effortless, compare to PTT 5w30 A5/B5 APi SN.

sy blm compare sm ams sih, cmn emg Q8 formula one of the best dr sekian lendir yg disumpelin :mky_04:
Last edited by Suryaputra on Tue May 18, 2021 12:38, edited 2 times in total.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9658
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by Suryaputra »

erwinign wrote: Tue May 18, 2021 11:42
Suryaputra wrote: Tue May 18, 2021 6:54
erwinign wrote: Tue May 18, 2021 6:43

8 bulan, 9600an km. Tuang tengah agustus 2020, buang tengah april 2021 om. Mobil dipake daily, seminggu sekali kdg lukot
om tanya..
pas OCI, ganti filter oli juga kan?

habis buang oli lama, lgs isi oli baru Ams SS?
atau didorong dulu pk oli murah 1-2 liter?
Filter oli pasti sy ganti om pake ori mazda, krn msh servis di beres.

Iya om saya gada tuang2an oli murah 1 liter itu, sy pernah coba di susuki kok ya ngedorongnya cm dikit jatuhnya.

Oya ini di mazda saya 4 liter persis habisnya, terakhir sblm ganti sih masih gada penguapan.

Pemakaian dr km 207xx-314xx

Sy simpulin mazda mo mesin kuno/sky HARUS oli encer buntut 20 biar enak
make sure wkt ganti oli di permukaan datar.
pk hidrolis yg nyangga semua ban / 4 titik chassis, di bengkel umum yg ada cuci mobil jg bisa

termasuk ngedorong2 oli ala om gajah melayang.

krn klo pk dongkrak yg depan doang, yaa jd gak datar permukaan oil pan nya, bisa ngendap di satu sisi.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9658
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by Suryaputra »

erwinign wrote: Tue May 18, 2021 11:47
Omnibus wrote: Tue May 18, 2021 9:43
erwinign wrote: Tue May 18, 2021 7:42

Jelas AMS dong oom :big_okay: :big_okay:

Sekarang ini mazda saya, saya pakein PTT evotek 0W20 non eko aja ga seenak AMS SS kok
ams enak; mesin enteng tarikan, stabil getaran mesinnya waktu digeber, jeroan bersih. no doubt deh krn yg lain di forum ini yg udah cobain jg konfirm hal yg sama.

yg jadi masalah oli ini dianggap sakti bisa very very long drain. dgn harganya yg lbh mahal org kebanyakan berharapnya begitu apalagi ada embel2 tulisan "guaranteed up to 25,000 miles" yg seringnya misleading bagi org awam. kenyataannya banyak faktor eksternal yg bikin kita hrs realistis. ternyata di 10k km / 8 bulan aja udah end of life. jd mahalnya itu pure utk tarikan enteng aja, dah kebayarnya disitu itu.

itu belum seberapa krn kapasitas oli ga nyampe 4L, itungannya msh murah. nah kalo kaya anf yg nelennya 7.2-7.5L tambah lagi tbn nya cuma 10.1 utk SS diesel (vs 12.5 utk SS bensin) artinya umurnya bisa2 lbh pendek dr oli om yg 9k/8bln, tp sekalinya gantol dobel cost krn literannya, bikin dompet all space kl kata mbah Kiel. :mky_03:
Soal interval bulan sih ndak bs jadi patokan buat saya om, sy sejak mulai ngeh coba2 oli bagus di ertiga itu saya mentokin setahun semua walaupun wkt dulu setahun cm jalan maks 2500km. Yg plg jelek dg jangka waktu dan km sama ya ptt 5w30 botol emas, menjelang bulan ke 12 mulai kletek2. 2x pake schaeffer 5w30, kendall 1x 5w30 masuk bulan ke 12 bener2 stabil performancenya.

Mgkn lingkungan bs ngaruh bs enggak sih dulu, saya wkt itu di bandung yg cenderung lebih adem dibanding semarang
ambience temp 31-32 C di bandung
dgn 37-39 C di dataran rendah bisa jadi beda.
mayan itu

wkwkwkkww
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11326
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by Omnibus »

sintoni wrote: Tue May 18, 2021 11:39
Omnibus wrote: Tue May 18, 2021 9:43
itu belum seberapa krn kapasitas oli ga nyampe 4L, itungannya msh murah. nah kalo kaya anf yg nelennya 7.2-7.5L tambah lagi tbn nya cuma 10.1 utk SS diesel (vs 12.5 utk SS bensin) artinya umurnya bisa2 lbh pendek dr oli om yg 9k/8bln, tp sekalinya gantol dobel cost krn literannya, bikin dompet all space kl kata mbah Kiel. :mky_03:
Maaf mbah, tapi dulu baca di trit oli diesel, menurut om Turbo biar TBN ga terlalu tinggi, tapi kalau kadar kalsiumnya lumayan tinggi kayak misal diatas 2200 keatas, nanti penurunan TBN bisa pelan jg mbah..

CMIIW kalau salah mbahh..
mungkin juga kan ane bukan ahlinya, cuma ikut nimbrung aja. :mky_03:

cuma ane nyimak info dr proleevo cenel yg ngobrol sm bengkel PRM spesialis captiva/santafe kl mereka sarankan oci di 5k/3bln (semisyn) atau 5k/6bln (fullsyn). mrk jg pakai oli ber tbn 10-11 koma (merk bardahl kl ga salah) ngga tau Ca nya brp. terlepas mrk bengkel yg pengen repeat order tp mrk jg udah sering overhaul jd tau lah kira2nya kondisi oli apalagi sering kirim ke lab juga.

jd kl bicara ams ss diesel oci di 7k/8bln bisa dibilang udah beyond normal juga. ane terakhir gantol di 8k/5bln udah item pekat n tarikan rada berat. tadinya mau push ke 12k akhirnya ga jadi.


skip ke menit 8:25

User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9658
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by Suryaputra »

Omnibus wrote: Tue May 18, 2021 12:37
sintoni wrote: Tue May 18, 2021 11:39
Omnibus wrote: Tue May 18, 2021 9:43
itu belum seberapa krn kapasitas oli ga nyampe 4L, itungannya msh murah. nah kalo kaya anf yg nelennya 7.2-7.5L tambah lagi tbn nya cuma 10.1 utk SS diesel (vs 12.5 utk SS bensin) artinya umurnya bisa2 lbh pendek dr oli om yg 9k/8bln, tp sekalinya gantol dobel cost krn literannya, bikin dompet all space kl kata mbah Kiel. :mky_03:
Maaf mbah, tapi dulu baca di trit oli diesel, menurut om Turbo biar TBN ga terlalu tinggi, tapi kalau kadar kalsiumnya lumayan tinggi kayak misal diatas 2200 keatas, nanti penurunan TBN bisa pelan jg mbah..

CMIIW kalau salah mbahh..
mungkin juga kan ane bukan ahlinya, cuma ikut nimbrung aja. :mky_03:

cuma ane nyimak info dr proleevo cenel yg ngobrol sm bengkel PRM spesialis captiva/santafe kl mereka sarankan oci di 5k/3bln (semisyn) atau 5k/6bln (fullsyn). mrk jg pakai oli ber tbn 10-11 koma (merk bardahl kl ga salah) ngga tau Ca nya brp. terlepas mrk bengkel yg pengen repeat order tp mrk jg udah sering overhaul jd tau lah kira2nya kondisi oli apalagi sering kirim ke lab juga.

jd kl bicara ams ss diesel oci di 7k/8bln bisa dibilang udah beyond normal juga. ane terakhir gantol di 8k/5bln udah item pekat n tarikan rada berat. tadinya mau push ke 12k akhirnya ga jadi.


skip ke menit 8:25

iya setuju om, pilihannya klo pk oli keraton, gaspol sampai 7rb Km trus buang.

atau alon2 aliran siksa diri / jalan di tol konstan (jarang jd genset) tp pakai sampai 10rb Km / 1 Tahun (max banget)
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri