Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26906
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by DOHC »

marmut wrote: Sun Aug 01, 2021 4:10
Omnibus

ahlinya pada ngumpet cekikikan dowang. yang nongol malah kerehore sotoy kaya saya.

:drinking:


mending ngunyah roti sumbu ajah...
Sharing ilmu itu ga ad ahli ga ad nubie.. ilmu ga dbawa mati koq


Seorang nubie 1000 X lebi berguna drpd yg ngaku nya ahli tp bsanya cekikikan doank, atau cuman ngasi info skelibatan doank
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
benzz89
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1240
Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by benzz89 »

Berapa banyak pemilik mobil tangan pertama yg mau "repot2" lakukan proses break-in yg proper?

Sedangkan beres pd umunya menyarankan ganti oli mesin pertama kali di 10 ribu KM?

Bahkan seingat ane waktu beli VW Golf dr baru yg notabene mobil yurop, service pertama kali adalah di 10 ribu KM (atau 7.500 KM yah, ane lupa)/1 thn & tdk ada service di 1.000 KM pertama kaya mobil2 jepun pd umumnya.

Apakah proses break-in (yg proper) lebih diperlukan utk mesin2 racing high performance aja?
zzzprince
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 435
Joined: Sun Dec 04, 2016 18:38

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by zzzprince »

Turboman wrote:
Break in oil = oli biasa + kadar ZDDP tinggi

itu aja sih setahu saya
Baik om turbo, noted

Thank you
Omnibus wrote:
canggih idenya. sikat mbah, kapan lagi. konon tujuannya utk ring piston spy lbh rapat dgn dinding silinder. mungkin lbh bagus dgn diukur nilai kompresinya brp psi before and after nya.

sekedar info jika belum baca:

https://www.amsoil.com/p/break-in-oil-sae-30--brk/
Ide-nya terlalu overkill atau gmn Mbah[emoji16]..
Apa sudah ok bila saya ganti di 1/4 jarak anjuran inridjen? Atau dibablas ke 800 km aja sesuai tahap 1 dari buku primbon

Untuk compression tester ane belum ada barangnya, mungkin nanti coba cari2 dulu.. biasanya itu 1 set ada buat berbagai macam ulir busi Mbah?

Berarti nanti inridjen dianggap tuntas sampai dapat kompresi sesuai dgn spek mesin?


Omnibus wrote: mbah zzzprince bilang cuma mau 1/4 periode break in atau kurleb 400 km. rasanya aman2 aja krn amsoil di blog nya bilang kl break in cuma terjadi umumnya di 500 miles pertama. masalahnya apakah skrg sdh telat mengingat odo sdh jalan 380km. sometimes it's better late than never kan.
Nah untuk 1/4 periode ini ane ambil dgn pertimbangan supaya oli factory jangan sampai terlalu kotor, goalnya inridjen nya pakai oli yg relatif bersih terus hehe

Jadi, pas 800 km nanti ganti lagi, 1200, dan 1600 baru tuang oli yg seharusnya gitu mbah

Dan pertimbangan ganti pakai oli break in dibanding oli biasa karna sepertinya ane pernah baca jg di tret mana gitu, Mbah Omni sarankan untuk inridjen pakai factory fill oil karna gak terlalu licin cmiiw





User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5686
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by sintoni »

benzz89 wrote: Sun Aug 01, 2021 5:49 Berapa banyak pemilik mobil tangan pertama yg mau "repot2" lakukan proses break-in yg proper?

Sedangkan beres pd umunya menyarankan ganti oli mesin pertama kali di 10 ribu KM?

Bahkan seingat ane waktu beli VW Golf dr baru yg notabene mobil yurop, service pertama kali adalah di 10 ribu KM (atau 7.500 KM yah, ane lupa)/1 thn & tdk ada service di 1.000 KM pertama kaya mobil2 jepun pd umumnya.

Apakah proses break-in (yg proper) lebih diperlukan utk mesin2 racing high performance aja?
Nah ini, jaman skrg nana ada ganti oli pas 1k km, servis berkala 1k jg cuma ditanya ada keluhan atau gimana.. terus cek2 doangg.
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10994
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by marmut »

DOHC wrote: Sun Aug 01, 2021 5:43

Sharing ilmu itu ga ad ahli ga ad nubie.. ilmu ga dbawa mati koq


Seorang nubie 1000 X lebi berguna drpd yg ngaku nya ahli tp bsanya cekikikan doank, atau cuman ngasi info skelibatan doank


tapi mbah, kalau bukan ahli yang kasih info, dihawatitkan nanti jadi salah paham.
bahaya...
sama halnya pemakaian oli kental dan odometer tinggi yang berbanding lurus.
itu pemahaman darimana? dasarnya apa?

masalah cekikikan ya gapapa, mungkin lagi ngapalin skrip buat bikin film kuntilanak.
tinggal latihan mendelik aja. iya kan mbah? iya kan? kan?

:big_weee:
Mesinanak
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 68
Joined: Thu Jul 15, 2021 3:42
Location: Indonesia
Daily Vehicle: 7RTFlex58T-B

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by Mesinanak »

When do I use break-in oil?

New cars and trucks don't need break-in oil. The manufacturer will typically require you to drive under light-to-moderate load for a few hundred miles, then change oil. After that, you’re good to go.

Racers, competitors or gearheads using a rebuilt or new crate engine, however, should use break-in oil. Follow the engine builder’s directions or the instructions that came with the crate engine.

:big_peace: :big_peace:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26906
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by DOHC »

marmut wrote: Sun Aug 01, 2021 8:34
DOHC wrote: Sun Aug 01, 2021 5:43

Sharing ilmu itu ga ad ahli ga ad nubie.. ilmu ga dbawa mati koq


Seorang nubie 1000 X lebi berguna drpd yg ngaku nya ahli tp bsanya cekikikan doank, atau cuman ngasi info skelibatan doank


tapi mbah, kalau bukan ahli yang kasih info, dihawatitkan nanti jadi salah paham.
bahaya...
sama halnya pemakaian oli kental dan odometer tinggi yang berbanding lurus.
itu pemahaman darimana? dasarnya apa?

masalah cekikikan ya gapapa, mungkin lagi ngapalin skrip buat bikin film kuntilanak.
tinggal latihan mendelik aja. iya kan mbah? iya kan? kan?

:big_weee:
Ampunn mbahh

Kl mendelik gt , saya menyerah dan kabur duluan
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9618
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by Suryaputra »

Mesinanak wrote: Sun Aug 01, 2021 8:37 When do I use break-in oil?

New cars and trucks don't need break-in oil. The manufacturer will typically require you to drive under light-to-moderate load for a few hundred miles, then change oil. After that, you’re good to go.

Racers, competitors or gearheads using a rebuilt or new crate engine, however, should use break-in oil. Follow the engine builder’s directions or the instructions that came with the crate engine.

:big_peace: :big_peace:
yep.
amsoil breakin oil ini memang setelah ditelaah, emg buat engine builder, resing, dkk nya.

klo stock car, cukup pakai factory fill nya dan ganti aja pakai better oil di 1rb km :big_peace:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11306
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by Omnibus »

zzzprince wrote: Sun Aug 01, 2021 6:16
Ide-nya terlalu overkill atau gmn Mbah[emoji16]..
Apa sudah ok bila saya ganti di 1/4 jarak anjuran inridjen? Atau dibablas ke 800 km aja sesuai tahap 1 dari buku primbon

Untuk compression tester ane belum ada barangnya, mungkin nanti coba cari2 dulu.. biasanya itu 1 set ada buat berbagai macam ulir busi Mbah?

Berarti nanti inridjen dianggap tuntas sampai dapat kompresi sesuai dgn spek mesin?


Omnibus wrote: mbah zzzprince bilang cuma mau 1/4 periode break in atau kurleb 400 km. rasanya aman2 aja krn amsoil di blog nya bilang kl break in cuma terjadi umumnya di 500 miles pertama. masalahnya apakah skrg sdh telat mengingat odo sdh jalan 380km. sometimes it's better late than never kan.
Nah untuk 1/4 periode ini ane ambil dgn pertimbangan supaya oli factory jangan sampai terlalu kotor, goalnya inridjen nya pakai oli yg relatif bersih terus hehe

Jadi, pas 800 km nanti ganti lagi, 1200, dan 1600 baru tuang oli yg seharusnya gitu mbah

Dan pertimbangan ganti pakai oli break in dibanding oli biasa karna sepertinya ane pernah baca jg di tret mana gitu, Mbah Omni sarankan untuk inridjen pakai factory fill oil karna gak terlalu licin cmiiw
pertanyaan one million dollar question semua nih. :big_biglaugh:

terlalu overkill atau engga itu kembali ke pribadi masing2 mbah. sy sendiri ga pernah sih pake oli break-in itu. tapi bukan artinya ga perlu. tiap mesin baru pasti memerlukan break-in, ga peduli pada bilang apa itu kenyataannya. problemnya kita ga tau enjin mobil kita itu sewaktu dirakit di engine plant apakah sdh dibreak-in di pabrik (bench break-in, bukan on vehicle. biasanya digeber malah spy ring piston bisa seated properly) dan setelahnya di test kompresi serta di bench dyno power output nya ngga (bareng pas di bench). nah SOP nya apakah meliputi 100% dr enjin yg dirakit atau hanya sampling saja dlm quality assurance methodology yg di adopsi. tiap2 merk dan tipe bisa berbeda perlakuannya, ibaratnya bugatti all models pasti 100% check, sementara lecegece mungkin aja ga 100% check.

yg jelas spy ga jadi placebo effect, wajib ada parameter yg diukur spt sy bilang yaitu nilai kompresi psi nya. before, during dan mau sampai berapa itu jg ga tau hehehehe. let's say 10-20% diatas normal sy pikir udah bagus sekali. misalnya tadinya 160 psi trus ekspektasinya maks 20% improvement berarti di 192 psi. tapi kl dlm proses berkelanjutannya misal sdh 175 psi trus tiba2 ga naik2 lagi atau bahkan turun ya langsung stop. enaknya ada tolok ukur parameter ya begini.

tp apakah worth the effort n cost itu ga bisa ngomong. kl orang dasarnya curious ya pasti dilakoni (bukan merk kompresor). apakah sekedar mau membuktikan krn penasaran, ya jangan sampai ga pakai parameter nanti ga ketauan hasilnya, cuma buang duit.

alat compression tester sy punya dlm 1 selang ada 2 ulir atas bawah, bisa masuk ke mobil pada umumnya (ukuran busi 16 dan 21mm)

oya, sekedar info, sy baru ganti psf di odo 14 ribu. psf yg lama keluar banyak grit (gram) nya kaya kerikil pasir hitam. so siapa bilang ga perlu break in? even power steering aja ternyata bikin gram tuh.

:big_childish:
benzz89
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1240
Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by benzz89 »

sintoni wrote:
benzz89 wrote: Sun Aug 01, 2021 5:49 Berapa banyak pemilik mobil tangan pertama yg mau "repot2" lakukan proses break-in yg proper?

Sedangkan beres pd umunya menyarankan ganti oli mesin pertama kali di 10 ribu KM?

Bahkan seingat ane waktu beli VW Golf dr baru yg notabene mobil yurop, service pertama kali adalah di 10 ribu KM (atau 7.500 KM yah, ane lupa)/1 thn & tdk ada service di 1.000 KM pertama kaya mobil2 jepun pd umumnya.

Apakah proses break-in (yg proper) lebih diperlukan utk mesin2 racing high performance aja?
Nah ini, jaman skrg nana ada ganti oli pas 1k km, servis berkala 1k jg cuma ditanya ada keluhan atau gimana.. terus cek2 doangg.
Khusus buat om kompre & mbah kelep kayanya perlu banget tuh service pertama di 1.000 KM + ganti oli mesinnya.

Secara pas ambil mobil dr shorum langsung injek gas polll pedal to kampret... kakinya berattt... kl om kompre isinya gelang kapal emas 1 kg, om klep isinya delco copotan 3/4 kg.

Boro2 bisa injek gas langsam 1/4, 1/2 atau 3/4 bukaan selama inreyen... bisa keram kakinya [emoji1787]
zzzprince
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 435
Joined: Sun Dec 04, 2016 18:38

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by zzzprince »

Omnibus wrote:
zzzprince wrote: Sun Aug 01, 2021 6:16
Ide-nya terlalu overkill atau gmn Mbah[emoji16]..
Apa sudah ok bila saya ganti di 1/4 jarak anjuran inridjen? Atau dibablas ke 800 km aja sesuai tahap 1 dari buku primbon

Untuk compression tester ane belum ada barangnya, mungkin nanti coba cari2 dulu.. biasanya itu 1 set ada buat berbagai macam ulir busi Mbah?

Berarti nanti inridjen dianggap tuntas sampai dapat kompresi sesuai dgn spek mesin?


Omnibus wrote: mbah zzzprince bilang cuma mau 1/4 periode break in atau kurleb 400 km. rasanya aman2 aja krn amsoil di blog nya bilang kl break in cuma terjadi umumnya di 500 miles pertama. masalahnya apakah skrg sdh telat mengingat odo sdh jalan 380km. sometimes it's better late than never kan.
Nah untuk 1/4 periode ini ane ambil dgn pertimbangan supaya oli factory jangan sampai terlalu kotor, goalnya inridjen nya pakai oli yg relatif bersih terus hehe

Jadi, pas 800 km nanti ganti lagi, 1200, dan 1600 baru tuang oli yg seharusnya gitu mbah

Dan pertimbangan ganti pakai oli break in dibanding oli biasa karna sepertinya ane pernah baca jg di tret mana gitu, Mbah Omni sarankan untuk inridjen pakai factory fill oil karna gak terlalu licin cmiiw
pertanyaan one million dollar question semua nih. :big_biglaugh:

terlalu overkill atau engga itu kembali ke pribadi masing2 mbah. sy sendiri ga pernah sih pake oli break-in itu. tapi bukan artinya ga perlu. tiap mesin baru pasti memerlukan break-in, ga peduli pada bilang apa itu kenyataannya. problemnya kita ga tau enjin mobil kita itu sewaktu dirakit di engine plant apakah sdh dibreak-in di pabrik (bench break-in, bukan on vehicle. biasanya digeber malah spy ring piston bisa seated properly) dan setelahnya di test kompresi serta di bench dyno power output nya ngga (bareng pas di bench). nah SOP nya apakah meliputi 100% dr enjin yg dirakit atau hanya sampling saja dlm quality assurance methodology yg di adopsi. tiap2 merk dan tipe bisa berbeda perlakuannya, ibaratnya bugatti all models pasti 100% check, sementara lecegece mungkin aja ga 100% check.

yg jelas spy ga jadi placebo effect, wajib ada parameter yg diukur spt sy bilang yaitu nilai kompresi psi nya. before, during dan mau sampai berapa itu jg ga tau hehehehe. let's say 10-20% diatas normal sy pikir udah bagus sekali. misalnya tadinya 160 psi trus ekspektasinya maks 20% improvement berarti di 192 psi. tapi kl dlm proses berkelanjutannya misal sdh 175 psi trus tiba2 ga naik2 lagi atau bahkan turun ya langsung stop. enaknya ada tolok ukur parameter ya begini.

tp apakah worth the effort n cost itu ga bisa ngomong. kl orang dasarnya curious ya pasti dilakoni (bukan merk kompresor). apakah sekedar mau membuktikan krn penasaran, ya jangan sampai ga pakai parameter nanti ga ketauan hasilnya, cuma buang duit.

alat compression tester sy punya dlm 1 selang ada 2 ulir atas bawah, bisa masuk ke mobil pada umumnya (ukuran busi 16 dan 21mm)

oya, sekedar info, sy baru ganti psf di odo 14 ribu. psf yg lama keluar banyak grit (gram) nya kaya kerikil pasir hitam. so siapa bilang ga perlu break in? even power steering aja ternyata bikin gram tuh.

:big_childish:
Wahh penjelasan lebar yang saya cari ini om hehehe.. baiklah kalo gitu, ane lanjutkan checkout oli break in nya..

Tadi jg tanya sama kabeng ternyata mereka punya alatnya, jadi sementara ane gak beli dulu compression testernya

Btw unit percontohan-nya kali ini scooter urban 113cc punyanya merk yang sering" disebut terdjameeen. Berdasarkan hasil test Drive dan cek ricek beberapa unit kompetitornya, dirasa emang sih naikan dan built qualitynya ini merk lebih baik.. ya semoga saja demikian apalagi ane sampe hand-picked dari gudang dgn bandingkan langsung 3 unit, unit ini yg dirasa paling Alus naikan, vibrasi dan suaranya

Ampe bingung salesnya...
Screenshot_20210801_190617.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11306
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by Omnibus »

hmmm ..... sungguh diluar dugaan mbah.

new cars and trucks don't need break-in. BUT SCOOTER URBANS DO.

:big_biglaugh: :big_exellent:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26906
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by DOHC »

benzz89 wrote: Sun Aug 01, 2021 10:46
sintoni wrote:
benzz89 wrote: Sun Aug 01, 2021 5:49 Berapa banyak pemilik mobil tangan pertama yg mau "repot2" lakukan proses break-in yg proper?

Sedangkan beres pd umunya menyarankan ganti oli mesin pertama kali di 10 ribu KM?

Bahkan seingat ane waktu beli VW Golf dr baru yg notabene mobil yurop, service pertama kali adalah di 10 ribu KM (atau 7.500 KM yah, ane lupa)/1 thn & tdk ada service di 1.000 KM pertama kaya mobil2 jepun pd umumnya.

Apakah proses break-in (yg proper) lebih diperlukan utk mesin2 racing high performance aja?
Nah ini, jaman skrg nana ada ganti oli pas 1k km, servis berkala 1k jg cuma ditanya ada keluhan atau gimana.. terus cek2 doangg.
Khusus buat om kompre & mbah kelep kayanya perlu banget tuh service pertama di 1.000 KM + ganti oli mesinnya.

Secara pas ambil mobil dr shorum langsung injek gas polll pedal to kampret... kakinya berattt... kl om kompre isinya gelang kapal emas 1 kg, om klep isinya delco copotan 3/4 kg.

Boro2 bisa injek gas langsam 1/4, 1/2 atau 3/4 bukaan selama inreyen... bisa keram kakinya [emoji1787]
anuu mbah

kita orang biasa kl beli mobil baru malah gantol pertama nya di 5000 pertama :mky_01: :mky_01: itu aj biasa ud maksa SA nya yg tetep kekeuh gantol pertama di km 10 rebu (btw, kl gt dari fabriekan saya curiga ud diisi oli full syn atau semi syn biasa neh, ga mungkin oli break in, wong dsuru ganti di 10 rebu pertama)

beda kl abis ngangkat mobil seken, abis transaksi malah lgs gantol smua :mky_01: :mky_01:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11306
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by Omnibus »

benzz89 wrote: Sun Aug 01, 2021 10:46
sintoni wrote:
benzz89 wrote: Sun Aug 01, 2021 5:49 Berapa banyak pemilik mobil tangan pertama yg mau "repot2" lakukan proses break-in yg proper?

Sedangkan beres pd umunya menyarankan ganti oli mesin pertama kali di 10 ribu KM?

Bahkan seingat ane waktu beli VW Golf dr baru yg notabene mobil yurop, service pertama kali adalah di 10 ribu KM (atau 7.500 KM yah, ane lupa)/1 thn & tdk ada service di 1.000 KM pertama kaya mobil2 jepun pd umumnya.

Apakah proses break-in (yg proper) lebih diperlukan utk mesin2 racing high performance aja?
Nah ini, jaman skrg nana ada ganti oli pas 1k km, servis berkala 1k jg cuma ditanya ada keluhan atau gimana.. terus cek2 doangg.
Khusus buat om kompre & mbah kelep kayanya perlu banget tuh service pertama di 1.000 KM + ganti oli mesinnya.

Secara pas ambil mobil dr shorum langsung injek gas polll pedal to kampret... kakinya berattt... kl om kompre isinya gelang kapal emas 1 kg, om klep isinya delco copotan 3/4 kg.

Boro2 bisa injek gas langsam 1/4, 1/2 atau 3/4 bukaan selama inreyen... bisa keram kakinya [emoji1787]
:big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:

gantelannya pada berat2 beut yak delko, motor starter ma spion ....... apalagi pake throttle module tuh. kalo mbah delko pedal to carpet langsung butterfly valve di TB muter 720°
zzzprince
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 435
Joined: Sun Dec 04, 2016 18:38

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by zzzprince »

Omnibus wrote:hmmm ..... sungguh diluar dugaan mbah.

new cars and trucks don't need break-in. BUT SCOOTER URBANS DO.

:big_biglaugh: :big_exellent:
Hehehe ampun Mbah kita orang juga pingin punya peluang miara scooter sampe 20 tahun kedepan [emoji2960]

User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10994
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by marmut »

Omnibus wrote: Sun Aug 01, 2021 10:41

. problemnya kita ga tau enjin mobil kita itu sewaktu dirakit di engine plant apakah sdh dibreak-in di pabrik (bench break-in, bukan on vehicle. biasanya digeber malah spy ring piston bisa seated properly) dan setelahnya di test kompresi serta di bench dyno power output nya ngga (bareng pas di bench). nah SOP nya apakah meliputi 100% dr enjin yg dirakit atau hanya sampling saja dlm quality assurance methodology yg di adopsi. tiap2 merk dan tipe bisa berbeda perlakuannya, ibaratnya bugatti all models pasti 100% check, sementara lecegece mungkin aja ga 100% check.


nggak perlu pakgatti mbah, M60 yang buat E34 saja 100% bench break in.
1 mesin selesai rakit, masuk ruangan, tes.
kalo lulus langsung kirim ke tempat berikut.
kalo ada bocor atau ga lulus, kirim ke negara asal.
selesai mesin 1, masuk mesin berikutnya, dan seterusnya.
saya liat dan dengar sendiri waktu bench break in di cakung. 1 lokasi dengan pabrik excavator, tractor dan nissan diesel.
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11306
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by Omnibus »

marmut wrote: Sun Aug 01, 2021 11:56
Omnibus wrote: Sun Aug 01, 2021 10:41

. problemnya kita ga tau enjin mobil kita itu sewaktu dirakit di engine plant apakah sdh dibreak-in di pabrik (bench break-in, bukan on vehicle. biasanya digeber malah spy ring piston bisa seated properly) dan setelahnya di test kompresi serta di bench dyno power output nya ngga (bareng pas di bench). nah SOP nya apakah meliputi 100% dr enjin yg dirakit atau hanya sampling saja dlm quality assurance methodology yg di adopsi. tiap2 merk dan tipe bisa berbeda perlakuannya, ibaratnya bugatti all models pasti 100% check, sementara lecegece mungkin aja ga 100% check.


nggak perlu pakgatti mbah, M60 yang buat E34 saja 100% bench break in.
1 mesin selesai rakit, masuk ruangan, tes.
kalo lulus langsung kirim ke tempat berikut.
kalo ada bocor atau ga lulus, kirim ke negara asal.
selesai mesin 1, masuk mesin berikutnya, dan seterusnya.
saya liat dan dengar sendiri waktu bench break in di cakung. 1 lokasi dengan pabrik excavator, tractor dan nissan diesel.
nah itu .... kan ane ga tau detail setiap merk dan tipe mesin digituin apa engga. makanya ane ksh contoh ekstrim kanan (PA Gatti) dan ekstrim kiri mbah (Lecegece). di tengah2 spektrum itu tentu beraneka ragam merk n tipe mesin beserta SOP check nya masing2, ada yg 100% check n ada yg sampling. beda sama mesin pesawat yg tdk mentolerir kesalahan sedikitpun, kl itu ane tau 100% check :mky_03:
benzz89
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1240
Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by benzz89 »

Nonton YT pamali men waktu mesin 1 KD nya baru selesai di rakit (re-build) di rev di cekokin ceratek berbotol2 (ntah 5 or 7 botol ane lupa) nah ceratec ini malah bukannya menghambat proses break-in mesin yah?

Ceratec: "Reduces friction and wear through ceramic compounds...Prevents direct metal-to-metal contact...thanks to the low-friction effect".
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11306
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by Omnibus »

benzz89 wrote: Sun Aug 01, 2021 13:46 Nonton YT pamali men waktu mesin 1 KD nya baru selesai di rakit (re-build) di rev di cekokin ceratek berbotol2 (ntah 5 or 7 botol ane lupa) nah ceratec ini malah bukannya menghambat proses break-in mesin yah?

Ceratec: "Reduces friction and wear through ceramic compounds...Prevents direct metal-to-metal contact...thanks to the low-friction effect".
sama om ..... ane juga bingung pas bagian itu. sayang sekali mekanik yg ngerakitnya jg diem aja pdhl crucial moment bgt ya break-in nya. mana jeroannya maknyus punya semua. ngerakitnya pun proper pake TW dan angle gauge. pake waiting time segala spy baut dingin. keren lah.
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5628
Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by kompresorz »

krn selalu belajar dengan sugesti ...mirip dukun...

gw gak pernah pake aditif emang gak percaya....tp pernah cobain puluhan taun lalu...long long time ago...ala la la long....long ling long long...

sehari hari pake oli tmo beli tokped....

pigibak....


gaspol trs jarum sepit nyender pojok kanan bawah....

minggu pagi ke jakarta nyender jarum sepit...demi uang untuk sesuap nasi harus cepat...

baliknya nyender jarum sepit lawan lexus RX dr ancol...mungkin lari 140-150 di potong gak senang....nguber...

warning warning....angkot mainkan..suntik vaksin asap...kik don ...asap ngebul hitam....gassss.....polllll....dr ancol sampe kamal....


setelah pintol tol kamal sendirian dah....

tp gak apa....angkot...mainkan walo sendiri....sepanjang jalan jarum sepit nyender....

sampe res area sbelum pintu tol alamsutra...bunyi dag dig dug di dada....asap putih mulai ngebul...sudah feeling pecah rumah filter solar..tumpah solar kena piringan rem...tapi tetap nekat...di rem sudah lari kanan kiri...basah piringan...mungkin dipikir mobil belakang angkot kbakar.... :big_biglaugh:


pintol tol alamsutra sudah dekat...harus sampe bengkel auto 2000...

angkot mainkan .....gassss polllll....


emang angkot tangguh...sempat brenti pinggir jalan alasutra depan bengkel auto 2000..


benar tumpah....banjir banjir...


ya sudah jalan lagi masuk bengkel....

sampe dah....titipin mobil...walo solar masih deras ngalir....banjir banjir...

kmrn dikabarin...rumah filter pecah bagian tengah...its ok...ganti pesan tam.....rabu selesai....itulah hebatnya toyota..




2x pecah rumah filter...selalu jarum sepit nyender pojok kanan bawah....GASSSS....POLLLLLL...PIGI....BAKKKKJ....mesin n transmisi aman....




aliran anti menstruasim....


oli tmo...selalu bagus tuh...oli asal asli gak bakalan bikin rusak...sesuai jadwal...palg mesin standar...aliran nyetir alon alon nyiksa diri...beuhhhhhhhh.....lemes.....

Screenshot_20210803-064211_Video Player.jpg
Screenshot_20210803-064310_Video Player.jpg
Screenshot_20210803-064351_Video Player.jpg
Screenshot_20210803-064138_Gallery.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5686
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by sintoni »

kompresorz wrote: Tue Aug 03, 2021 0:08
Ane malah takut oli palsu om, secara kemaren om kompre share harga oli TMO yg dibeli kok murah bangett..
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9618
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by Suryaputra »

sintoni wrote: Tue Aug 03, 2021 0:48
kompresorz wrote: Tue Aug 03, 2021 0:08
Ane malah takut oli palsu om, secara kemaren om kompre share harga oli TMO yg dibeli kok murah bangett..
no issue... klo rusak, tinggal ganti baru.
mari kita jgn diperbudak mobil :mky_03:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1484
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by MSU »

sintoni wrote: Tue Aug 03, 2021 0:48
kompresorz wrote: Tue Aug 03, 2021 0:08
Ane malah takut oli palsu om, secara kemaren om kompre share harga oli TMO yg dibeli kok murah bangett..
oli palsu jaman sekarang bagus2 koq kualitasnya om...beda ama jaman dulu yg pake oli2 bekas & di "olah"
rasanya tar jangka panjang misal 1 atau 2 interval br ketahuan
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21987
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by Turboman »

Nih Promo banting

Boleh juga ini buat 2GD daripada beli TMO siluman.........

Beli Oli Shell Helix HX8 5W30 SN/CF
https://tokopedia.link/hGbfhr95qib di toko Astra Otoparts Rp97.000 di Tokopedia dengan Bebas Ongkir, Sekarang!
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21987
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by Turboman »

sintoni wrote:
kompresorz wrote: Tue Aug 03, 2021 0:08
Ane malah takut oli palsu om, secara kemaren om kompre share harga oli TMO yg dibeli kok murah bangett..
Biarlah jika seseorang punya dunia nya sendiri

bebas memilih aliran kepercayaan sesuai iman masing2

tapi jangan sampai saling "menyinggung" aliran kepercayaan yg tidak se-iman........

wkwkwwk