Kona EV 2024 - overpriced?

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11263
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Kona EV 2024 - overpriced?

Post by Suryaputra »

darrelund wrote: Mon Oct 28, 2024 1:52
vic9090 wrote: Thu Oct 24, 2024 16:40 yang lebih pas, mungkin tunggu reviewer test jarah tempuh real (sampai mogok) itu bisa berapa km
klo oe lihat range EV, oe rule of thumb nya

real range 80% dari claimed range

jadi klo misal claimed 500, actual paling 400km

soalnya disini gak jelas rangenya, gak ada standar

ada yg juwalan cltc, wltp, nedc etc etc
Klo pk formula max capacity 80%

Jadi nya 500km > 400km > 320km

Emang cocoknya kisaran dalam kota dan sekitarnya.

Klo ke luar kota cr aman aja pakai ICE or even hybrid.
Kecuali yg suka experimen spt mbah bibie dkk :upss:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2202
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: Kona EV 2024 - overpriced?

Post by darrelund »

Suryaputra wrote: Mon Oct 28, 2024 2:05
Klo pk formula max capacity 80%

Jadi nya 500km > 400km > 320km

Emang cocoknya kisaran dalam kota dan sekitarnya.

Klo ke luar kota cr aman aja pakai ICE or even hybrid.
Kecuali yg suka experimen spt mbah bibie dkk :upss:
deritanya EV ya gitu

mau dapat yg proper dgn bisa fast charger 200k ++ & range bagus harus keluar kocek lumayan

sejauh itu, itu siy yg oe lihat dari EV" sekarang

tapi ioniq 5N masi menark mbah :big_biglaugh:
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11263
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Kona EV 2024 - overpriced?

Post by Suryaputra »

darrelund wrote: Mon Oct 28, 2024 2:14
Suryaputra wrote: Mon Oct 28, 2024 2:05
Klo pk formula max capacity 80%

Jadi nya 500km > 400km > 320km

Emang cocoknya kisaran dalam kota dan sekitarnya.

Klo ke luar kota cr aman aja pakai ICE or even hybrid.
Kecuali yg suka experimen spt mbah bibie dkk :upss:
deritanya EV ya gitu

mau dapat yg proper dgn bisa fast charger 200k ++ & range bagus harus keluar kocek lumayan

sejauh itu, itu siy yg oe lihat dari EV" sekarang

tapi ioniq 5N masi menark mbah :big_biglaugh:
EV ini teknologi buat masa depan
Room for improvementnya masih sangat besar.
baik dr sisi infrastruktur dan mobilnya sendiri.

krn pengembangannya baru masif 1 dekade ke belakang, yg dimulai oleh Teslon Musk

beda cerita klo developmentnya bareng dr awal abad ke-20 / thn 1900 an :big_grin:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Ioxis
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 18
Joined: Wed Jul 03, 2024 23:26
Location: Bekasi
Daily Vehicle: Avanza

Re: Kona EV 2024 - overpriced?

Post by Ioxis »

Kona EV sih oke, tapi udah mulai digodok solid state battery, artinya dengan dimensi yang sama, kapasitas battery lebih besar, jarak tempuh juga lebih jauh.

Denger2 dari principal battery sih sekarang masuk tahap uji safety.

Pabrikan2 battery skrg lagi berlomba - lomba mengefisienkan dimensi battery terhadap besaran kva, turunannya pasti ke jarak tempuh.

EV semakin menarik sih.
AR93
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 150
Joined: Tue May 12, 2020 5:32
Daily Vehicle: Suzuki Swift ST

Re: Kona EV 2024 - overpriced?

Post by AR93 »

kunaskun wrote: Thu Oct 24, 2024 5:31
r1409 wrote: Thu Oct 24, 2024 2:32 hyundai EV di indo tipe apa sih yg ga overpriced? tapi ga bisa disalahkan juga, mereka kan terpaksa buka pabrik di indo.. jadinya malah cost nya lebih gede drpd import. tau sendiri lah cost bikin usaha di indo, dipalak sana-sini. apalagi pabrik baru, mobil EV yg masih teknologi baru, dan jumlah produksi yg juga sedikit.
bukan hyundai yg overpriced. tapi ke merek Tiongkok yg jual rugi.
taktik jualan hp ala grup BBK diulangi dengan jualan mobil.

kalau korean vs japan, kelihatan value korean brand jauh kemana2. :big_exellent:

tapi ya indo kan nyarinya murah dulu :mky_03:
Kaga ada jual rugi. Di China harga nya jauh lebih murah harga sini, masa iya dimarkup segitu gede masih rugi juga 😂 Contoh Atto 3 top spec di China harganya 360 juta saja, belum termasuk diskon dan kondisinya gross margin BYD ada di angka 22% di Q3 2024. Masuk sini, bea masuk 0, PPNBM 0, BBN 0, PPN 11% kena 515 juta. Mark-up disini mungkin lebih dari 2x keuntungan yg mereka udah dapet di China. Bisa jadi hasil mark-up nya dipake buat dirikan pabrik disini 🙈

Ekosistem R&D supply chain mocin udh gaada tandingannya. Yg bikin murah kurang lebih itu. Lu mau bikin suatu part yg sama, dibanding org barat atau Jepang, org China mau dan bisa ngerjain lebih cepet, lebih bagus dan lebih murah.

Brand mocin bisa agresif masuk kemana2, yang orang awam ngeliat nya 'bakar duit', tapi bagi mereka investasi yg ROI nya cepet karena margin nya gurih dibanding apa yang mereka biasa rasakan. Pemain mainland terutama yg kontender atau bahkan ada yg gurem misal MG, GWM, BAIC, GAC, Changan, Xpeng, Neta dll itu lagi giat2nya ekspor justru untuk 'menyelamatkan diri' masing2 dari ganasnya perang harga di China, meski keliatannya bakar duit kalo dari perspektif org luar China.