ChZ wrote: ↑Mon Nov 04, 2024 3:47
as expected kan, trip di eropa bulan lalu juga dmn2 suara diesel
keknya selain bertahan dari penetrasi china, forecasting market EV kayaknya nggak terlalu menggembirakan makanya jadi liability dan semua insentifnya perlahan dikurangi. ya gmn industrinya gak tereak disuruh invest gede gedean ke EV dikata 2030 zero carbon eh diitung2 gak masuk akal dan malah dikepung china
makanya kemaren salah satu analis bilang terlalu doping ke china waktu penetrasi EV. good news mereka kompak balek invest ke ICE (walaupun untuk VW agak telat yah terlanjur tutup 3 pabrik. merc katanya dev ICE di china, BMW pindahin ke austria makanya jokes orang sono bilang jadinya AWM wkwkwkw)
betul liability issue sih belum lagi infrastructure ama CCS maintanance issue, di US aja udah mulai tutup2 NACS punya tesla karena maintance mahal. 2030 net zero tapi manufacturenya sama atau bahkan lebih parah soal emisi total produksinya, belum lagi offset baru 10 tahun dengan catatan tidak ganti baterai, makanya si mbah akio tetep keukeuh ama hybrids doi.
ChZ wrote: ↑Mon Nov 04, 2024 3:42
kayukayuthe5th wrote: ↑Sat Nov 02, 2024 13:47
unutk EVs toyota masih nungguin solid state ama ramping up supply chain terbukti kemarin idemitsu bikin chemical ama bikin toyota battery plant yang jadi propietary nanti buat EV ma Hybrids.
si honda kerjasama nissan, mistu buat EV tapi moga2 sharing platform juga ama complementary products agak sayang karena honda dibawah mibesan ini agak2 terlalu akuntan dan ekonomis, nissan gajes karena ngikutin renault alliance ama mitsu masih mikir pembagian capitals
no comments sih kalo rejim
emang susah kalo H itu selalu kejepit antara fans dan revenue.
satu sisi H itu pabrikan yang capitalnya nggak sebesar T. tapi H itu juga hidup dari fansnya. hrs diakui nggak semua CEO H itu nangkep gmn posisi uniknya ini brand. makanya kayak on-off terus.
dari dulu H itu kalo berusaha ngikutin market selalu flop, hybrids aja dari dulu ngga ada yang berhasil. Insight dan CR-Z itu flop total padahal dy maunya saingan ma prius.
justru yang dapet flying colours di review malah Civic Type R.
tapi ngga ikut market dia bunuh diri juga masalahnya.
tapi jujur waktu jaman si Ito yang periode 2000an itu seengknya ada inovasi walaupun jaman insight ama cr-z gatot yah setidaknya udah ada inovasi. hachigo itu masih dibawa sampe skrg tuh 1.5 ama 2.0l hybrid dimilking abies.
CTR FL5 aj di jepun banyak yang krg puas karena improvements ga seberapa dibanding FK8 (yah walaupun laris2 aja sih) harganya naik
betul kalo masalah capital. yah cman agak sayang aja sih untuk si mibe dia tipe "akuntan", karena CEO honda ini biasanya engineering based loh (apakah karena waktu co co jadinya agak panic dec. sehingga urusannya murni moneter? who knows)
selalu dia di presscon ngomongin profit n FY reports tapi strategic plin-plan banget. (yang paling ketara yah keluar masuk F1)
yang menurut gwa flop si terlalu kejar EVs padahal atleast seengaknya adopsi platform ato global architectures kaia rival. ini yang aga saya sayngkan padahal kaia perusahaan korea mereka akhirnya bikin platform GMP supaya dev mobil lebih cepet, toyota juga bikin TNGA , suzuki ama heartect, masda ama skyactivnya, even chinese man. aja pake platfrom juga hoho