EV's Safety?

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16466
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: EV's Safety?

Post by ChZ »

kayukayuthe5th wrote: Sat Nov 02, 2024 13:47
unutk EVs toyota masih nungguin solid state ama ramping up supply chain terbukti kemarin idemitsu bikin chemical ama bikin toyota battery plant yang jadi propietary nanti buat EV ma Hybrids.

si honda kerjasama nissan, mistu buat EV tapi moga2 sharing platform juga ama complementary products agak sayang karena honda dibawah mibesan ini agak2 terlalu akuntan dan ekonomis, nissan gajes karena ngikutin renault alliance ama mitsu masih mikir pembagian capitals

no comments sih kalo rejim :big_bored:
emang susah kalo H itu selalu kejepit antara fans dan revenue.

satu sisi H itu pabrikan yang capitalnya nggak sebesar T. tapi H itu juga hidup dari fansnya. hrs diakui nggak semua CEO H itu nangkep gmn posisi uniknya ini brand. makanya kayak on-off terus.

dari dulu H itu kalo berusaha ngikutin market selalu flop, hybrids aja dari dulu ngga ada yang berhasil. Insight dan CR-Z itu flop total padahal dy maunya saingan ma prius.

justru yang dapet flying colours di review malah Civic Type R.

tapi ngga ikut market dia bunuh diri juga masalahnya.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16466
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: EV's Safety?

Post by ChZ »

kayukayuthe5th wrote: Sat Nov 02, 2024 13:44
b0ku wrote: Sat Nov 02, 2024 11:40 https://www.telegraph.co.uk/business/20 ... -net-zero/

suprisingly diesel di UK naek lagi ngelibas EV :mky_07:
karena nanti 2025 EV udah dikurangi tuh insentif2annya, akhirnya ya emang back2basic, let the market tells
https://www.gov.uk/guidance/vehicle-tax ... s-vehicles
as expected kan, trip di eropa bulan lalu juga dmn2 suara diesel :mky_07:

keknya selain bertahan dari penetrasi china, forecasting market EV kayaknya nggak terlalu menggembirakan makanya jadi liability dan semua insentifnya perlahan dikurangi. ya gmn industrinya gak tereak disuruh invest gede gedean ke EV dikata 2030 zero carbon eh diitung2 gak masuk akal dan malah dikepung china :mky_07:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
kayukayuthe5th
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 241
Joined: Wed May 03, 2017 10:30

Re: EV's Safety?

Post by kayukayuthe5th »

ChZ wrote: Mon Nov 04, 2024 3:47
kayukayuthe5th wrote: Sat Nov 02, 2024 13:44
b0ku wrote: Sat Nov 02, 2024 11:40 https://www.telegraph.co.uk/business/20 ... -net-zero/

suprisingly diesel di UK naek lagi ngelibas EV :mky_07:
karena nanti 2025 EV udah dikurangi tuh insentif2annya, akhirnya ya emang back2basic, let the market tells
https://www.gov.uk/guidance/vehicle-tax ... s-vehicles
as expected kan, trip di eropa bulan lalu juga dmn2 suara diesel :mky_07:

keknya selain bertahan dari penetrasi china, forecasting market EV kayaknya nggak terlalu menggembirakan makanya jadi liability dan semua insentifnya perlahan dikurangi. ya gmn industrinya gak tereak disuruh invest gede gedean ke EV dikata 2030 zero carbon eh diitung2 gak masuk akal dan malah dikepung china :mky_07:
makanya kemaren salah satu analis bilang terlalu doping ke china waktu penetrasi EV. good news mereka kompak balek invest ke ICE (walaupun untuk VW agak telat yah terlanjur tutup 3 pabrik. merc katanya dev ICE di china, BMW pindahin ke austria makanya jokes orang sono bilang jadinya AWM wkwkwkw)
betul liability issue sih belum lagi infrastructure ama CCS maintanance issue, di US aja udah mulai tutup2 NACS punya tesla karena maintance mahal. 2030 net zero tapi manufacturenya sama atau bahkan lebih parah soal emisi total produksinya, belum lagi offset baru 10 tahun dengan catatan tidak ganti baterai, makanya si mbah akio tetep keukeuh ama hybrids doi.
ChZ wrote: Mon Nov 04, 2024 3:42
kayukayuthe5th wrote: Sat Nov 02, 2024 13:47
unutk EVs toyota masih nungguin solid state ama ramping up supply chain terbukti kemarin idemitsu bikin chemical ama bikin toyota battery plant yang jadi propietary nanti buat EV ma Hybrids.

si honda kerjasama nissan, mistu buat EV tapi moga2 sharing platform juga ama complementary products agak sayang karena honda dibawah mibesan ini agak2 terlalu akuntan dan ekonomis, nissan gajes karena ngikutin renault alliance ama mitsu masih mikir pembagian capitals

no comments sih kalo rejim :big_bored:
emang susah kalo H itu selalu kejepit antara fans dan revenue.

satu sisi H itu pabrikan yang capitalnya nggak sebesar T. tapi H itu juga hidup dari fansnya. hrs diakui nggak semua CEO H itu nangkep gmn posisi uniknya ini brand. makanya kayak on-off terus.

dari dulu H itu kalo berusaha ngikutin market selalu flop, hybrids aja dari dulu ngga ada yang berhasil. Insight dan CR-Z itu flop total padahal dy maunya saingan ma prius.

justru yang dapet flying colours di review malah Civic Type R.

tapi ngga ikut market dia bunuh diri juga masalahnya.
tapi jujur waktu jaman si Ito yang periode 2000an itu seengknya ada inovasi walaupun jaman insight ama cr-z gatot yah setidaknya udah ada inovasi. hachigo itu masih dibawa sampe skrg tuh 1.5 ama 2.0l hybrid dimilking abies.

CTR FL5 aj di jepun banyak yang krg puas karena improvements ga seberapa dibanding FK8 (yah walaupun laris2 aja sih) harganya naik

betul kalo masalah capital. yah cman agak sayang aja sih untuk si mibe dia tipe "akuntan", karena CEO honda ini biasanya engineering based loh (apakah karena waktu co co jadinya agak panic dec. sehingga urusannya murni moneter? who knows)
selalu dia di presscon ngomongin profit n FY reports tapi strategic plin-plan banget. (yang paling ketara yah keluar masuk F1)

yang menurut gwa flop si terlalu kejar EVs padahal atleast seengaknya adopsi platform ato global architectures kaia rival. ini yang aga saya sayngkan padahal kaia perusahaan korea mereka akhirnya bikin platform GMP supaya dev mobil lebih cepet, toyota juga bikin TNGA , suzuki ama heartect, masda ama skyactivnya, even chinese man. aja pake platfrom juga hoho :big_dunno:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5294
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: EV's Safety?

Post by b0ku »

kayukayuthe5th wrote: Tue Nov 05, 2024 23:40 makanya kemaren salah satu analis bilang terlalu doping ke china waktu penetrasi EV. good news mereka kompak balek invest ke ICE (walaupun untuk VW agak telat yah terlanjur tutup 3 pabrik. merc katanya dev ICE di china, BMW pindahin ke austria makanya jokes orang sono bilang jadinya AWM wkwkwkw)
betul liability issue sih belum lagi infrastructure ama CCS maintanance issue, di US aja udah mulai tutup2 NACS punya tesla karena maintance mahal. 2030 net zero tapi manufacturenya sama atau bahkan lebih parah soal emisi total produksinya, belum lagi offset baru 10 tahun dengan catatan tidak ganti baterai, makanya si mbah akio tetep keukeuh ama hybrids doi.

tapi jujur waktu jaman si Ito yang periode 2000an itu seengknya ada inovasi walaupun jaman insight ama cr-z gatot yah setidaknya udah ada inovasi. hachigo itu masih dibawa sampe skrg tuh 1.5 ama 2.0l hybrid dimilking abies.

CTR FL5 aj di jepun banyak yang krg puas karena improvements ga seberapa dibanding FK8 (yah walaupun laris2 aja sih) harganya naik

betul kalo masalah capital. yah cman agak sayang aja sih untuk si mibe dia tipe "akuntan", karena CEO honda ini biasanya engineering based loh (apakah karena waktu co co jadinya agak panic dec. sehingga urusannya murni moneter? who knows)
selalu dia di presscon ngomongin profit n FY reports tapi strategic plin-plan banget. (yang paling ketara yah keluar masuk F1)

yang menurut gwa flop si terlalu kejar EVs padahal atleast seengaknya adopsi platform ato global architectures kaia rival. ini yang aga saya sayngkan padahal kaia perusahaan korea mereka akhirnya bikin platform GMP supaya dev mobil lebih cepet, toyota juga bikin TNGA , suzuki ama heartect, masda ama skyactivnya, even chinese man. aja pake platfrom juga hoho :big_dunno:
denger2x elon itu lagi mau ganti tesla ke perusahaan robotaxi EV jadi keliatannya dia pelan2x bakalan stop jualan mobil :big_biglaugh:

makannya belakangan sahamnya jeblok :mky_07:

ditambah kemungkinan kalo trump menang dia bakalan jadi mentri karena dia jago budgeting :mky_03:

honda padahal mah gampang2x aja kalo mau jaya kuncinya di gearbox tapi ya males riset, mau gimana :mky_07:

tapi tetep taon ini honda di amerika si lagi naek jualannya :mky_03:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5294
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: EV's Safety?

Post by b0ku »



suaranya canduu banget...... :ngacir:
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2342
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: EV's Safety?

Post by darrelund »

kayukayuthe5th wrote: Tue Nov 05, 2024 23:40
tapi jujur waktu jaman si Ito yang periode 2000an itu seengknya ada inovasi walaupun jaman insight ama cr-z gatot yah setidaknya udah ada inovasi. hachigo itu masih dibawa sampe skrg tuh 1.5 ama 2.0l hybrid dimilking abies.

CTR FL5 aj di jepun banyak yang krg puas karena improvements ga seberapa dibanding FK8 (yah walaupun laris2 aja sih) harganya naik

betul kalo masalah capital. yah cman agak sayang aja sih untuk si mibe dia tipe "akuntan", karena CEO honda ini biasanya engineering based loh (apakah karena waktu co co jadinya agak panic dec. sehingga urusannya murni moneter? who knows)
selalu dia di presscon ngomongin profit n FY reports tapi strategic plin-plan banget. (yang paling ketara yah keluar masuk F1)

yang menurut gwa flop si terlalu kejar EVs padahal atleast seengaknya adopsi platform ato global architectures kaia rival. ini yang aga saya sayngkan padahal kaia perusahaan korea mereka akhirnya bikin platform GMP supaya dev mobil lebih cepet, toyota juga bikin TNGA , suzuki ama heartect, masda ama skyactivnya, even chinese man. aja pake platfrom juga hoho :big_dunno:
klo gasoline kan ada honda architecture mbah, klo listrik masih otw tuh platformnya

dan bener honda nih terlalu plin plan, gajelas kedepannya mau ngapain. makannya oe bilang, klo cuma andelin nama besar civic & crv tok nih bisa jadi problem di jangka panjang

sala satu cara (menurut oe) honda bisa maju, harus berani pasang stance kyk mazda.

toyota subaru mazda aja kan keliatan arahya kemana, ni honda ga keliatan sama sekali

masa sklas prelude mau dikasih hybrid tuh piye? mending klo performance hybrid, lha yg mau dimasupin hybrid buat irit :big_biglaugh:
Zaxis
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1178
Joined: Wed Dec 07, 2016 9:34

Re: EV's Safety?

Post by Zaxis »

https://www.honda-indonesia.com/news/do ... n-di-china

Tenang sodara2 sekalian
Sebentar lagi hadir Honda ev Made in china
Bibieight
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 542
Joined: Sat Jan 02, 2016 11:03

Re: EV's Safety?

Post by Bibieight »

Zaxis wrote: Wed Nov 06, 2024 1:50 https://www.honda-indonesia.com/news/do ... n-di-china

Tenang sodara2 sekalian
Sebentar lagi hadir Honda ev Made in china
Kalo liat pricingnya yang udah2, jangan2 ntar kita dapetnya spek Kona EV harga Ioniq 6 :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2342
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: EV's Safety?

Post by darrelund »

Zaxis wrote: Wed Nov 06, 2024 1:50 https://www.honda-indonesia.com/news/do ... n-di-china

Tenang sodara2 sekalian
Sebentar lagi hadir Honda ev Made in china
emang dari kemaren harusnya gitu aja

mazda aja rebadge changan, semata mata krn itu cara yg lebih "realistis" buat ikut perubahan pasar
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5294
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: EV's Safety?

Post by b0ku »

Zaxis wrote: Wed Nov 06, 2024 1:50 https://www.honda-indonesia.com/news/do ... n-di-china

Tenang sodara2 sekalian
Sebentar lagi hadir Honda ev Made in china
sejauh ini EV honda disana gak laku :big_bored:
kayukayuthe5th
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 241
Joined: Wed May 03, 2017 10:30

Re: EV's Safety?

Post by kayukayuthe5th »

darrelund wrote: Wed Nov 06, 2024 2:16
Zaxis wrote: Wed Nov 06, 2024 1:50 https://www.honda-indonesia.com/news/do ... n-di-china

Tenang sodara2 sekalian
Sebentar lagi hadir Honda ev Made in china
emang dari kemaren harusnya gitu aja

mazda aja rebadge changan, semata mata krn itu cara yg lebih "realistis" buat ikut perubahan pasar
Ez-6 keren spoiler ala2 panamera gitu bisa split
b0ku wrote: Wed Nov 06, 2024 2:33
Zaxis wrote: Wed Nov 06, 2024 1:50 https://www.honda-indonesia.com/news/do ... n-di-china

Tenang sodara2 sekalian
Sebentar lagi hadir Honda ev Made in china
sejauh ini EV honda disana gak laku :big_bored:
oh iya yang aku dengar emang dia full diakusisi dongfeng kan tapi ya mau gimana lagi harus gitu sih kalo mau survive di mainland toyota aja gabung byd
darrelund wrote: Wed Nov 06, 2024 1:45
kayukayuthe5th wrote: Tue Nov 05, 2024 23:40
tapi jujur waktu jaman si Ito yang periode 2000an itu seengknya ada inovasi walaupun jaman insight ama cr-z gatot yah setidaknya udah ada inovasi. hachigo itu masih dibawa sampe skrg tuh 1.5 ama 2.0l hybrid dimilking abies.

CTR FL5 aj di jepun banyak yang krg puas karena improvements ga seberapa dibanding FK8 (yah walaupun laris2 aja sih) harganya naik

betul kalo masalah capital. yah cman agak sayang aja sih untuk si mibe dia tipe "akuntan", karena CEO honda ini biasanya engineering based loh (apakah karena waktu co co jadinya agak panic dec. sehingga urusannya murni moneter? who knows)
selalu dia di presscon ngomongin profit n FY reports tapi strategic plin-plan banget. (yang paling ketara yah keluar masuk F1)

yang menurut gwa flop si terlalu kejar EVs padahal atleast seengaknya adopsi platform ato global architectures kaia rival. ini yang aga saya sayngkan padahal kaia perusahaan korea mereka akhirnya bikin platform GMP supaya dev mobil lebih cepet, toyota juga bikin TNGA , suzuki ama heartect, masda ama skyactivnya, even chinese man. aja pake platfrom juga hoho :big_dunno:
klo gasoline kan ada honda architecture mbah, klo listrik masih otw tuh platformnya

dan bener honda nih terlalu plin plan, gajelas kedepannya mau ngapain. makannya oe bilang, klo cuma andelin nama besar civic & crv tok nih bisa jadi problem di jangka panjang

sala satu cara (menurut oe) honda bisa maju, harus berani pasang stance kyk mazda.

toyota subaru mazda aja kan keliatan arahya kemana, ni honda ga keliatan sama sekali

masa sklas prelude mau dikasih hybrid tuh piye? mending klo performance hybrid, lha yg mau dimasupin hybrid buat irit :big_biglaugh:
iyes dibagi 2 small(wrv,brv,brio,city) ama large(crv,accord,civic) hrv gwa gatau masuk mana yah,cman updatenya menurutku ga terlalu leapfrog aja masih beberapa commonpart sebelumnya di pertahankan kaia struktur GCON+ACE yang mnrutku udah uzur banget dari taun 2010an belum update dan CVT yang ringkih juga dipertahankan

bener mbah, diforum luar juga pada bilang banyak "questionable decision". yah btul mau sampe kapan dimilking crv,civic,accord sebagai "large architecture" mereka

yes revolusi platform ama powertrain keseluruhan termasuk body, supensi ma transmisi ala2 skyactiv sih cman mau apa kagak itu aja. karena kalo masih pake bongkar-pasang model skrg yah jujur bakal ketinggalan sih. atleast musti ganti CEO dan masih 2 tahun lagi (anyway ternyata doi dulu engine development div, i was wrong;cman agak aneh aja sih dia skrg lebih kearah akuntan alias maen aman) :big_think:

nah itu juga sih mbah jangan2 itu prelude mau dikasi 2.0 l hybrid punya civic,crv ama accord . :big_cry:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16466
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: EV's Safety?

Post by ChZ »

kayukayuthe5th wrote: Tue Nov 05, 2024 23:40
makanya kemaren salah satu analis bilang terlalu doping ke china waktu penetrasi EV. good news mereka kompak balek invest ke ICE (walaupun untuk VW agak telat yah terlanjur tutup 3 pabrik. merc katanya dev ICE di china, BMW pindahin ke austria makanya jokes orang sono bilang jadinya AWM wkwkwkw)
betul liability issue sih belum lagi infrastructure ama CCS maintanance issue, di US aja udah mulai tutup2 NACS punya tesla karena maintance mahal. 2030 net zero tapi manufacturenya sama atau bahkan lebih parah soal emisi total produksinya, belum lagi offset baru 10 tahun dengan catatan tidak ganti baterai, makanya si mbah akio tetep keukeuh ama hybrids doi.

tapi jujur waktu jaman si Ito yang periode 2000an itu seengknya ada inovasi walaupun jaman insight ama cr-z gatot yah setidaknya udah ada inovasi. hachigo itu masih dibawa sampe skrg tuh 1.5 ama 2.0l hybrid dimilking abies.

CTR FL5 aj di jepun banyak yang krg puas karena improvements ga seberapa dibanding FK8 (yah walaupun laris2 aja sih) harganya naik

betul kalo masalah capital. yah cman agak sayang aja sih untuk si mibe dia tipe "akuntan", karena CEO honda ini biasanya engineering based loh (apakah karena waktu co co jadinya agak panic dec. sehingga urusannya murni moneter? who knows)
selalu dia di presscon ngomongin profit n FY reports tapi strategic plin-plan banget. (yang paling ketara yah keluar masuk F1)

yang menurut gwa flop si terlalu kejar EVs padahal atleast seengaknya adopsi platform ato global architectures kaia rival. ini yang aga saya sayngkan padahal kaia perusahaan korea mereka akhirnya bikin platform GMP supaya dev mobil lebih cepet, toyota juga bikin TNGA , suzuki ama heartect, masda ama skyactivnya, even chinese man. aja pake platfrom juga hoho :big_dunno:
kemarin saya reply orang di threads ada yang bilang akan ganti EV kalo udah 95% orang pake EV, terus saya iseng bilang aja 95% itu nggak akan terjadi krn butuh infrastructure yang sangat ribet dan real world challenge nya sangat besar. EV adoption itu 20% dr global car population aja udah bagus. sisanya akan mix dgn hybrid.

FL5 itu sebenernya kebiasaan H baru ganti total per 2 generasi. FL5 ibarat kata nyempurnain flaws di FK8 kayak pendinginan (grillnya lebih gede jauh) dan torque steer problem makanya skrg berani pake 19in instead of 20in kayak FK8. kesannya kayak gak ganti banyak krn FK2 ke FK8 aja kayak prototype ke production aja. FK2 cuma keluar 2 tahun habis itu ganti FK8.

H kan udah pake global architecture oom modular kok itu platform civic/CRV/accord. namanya honda global architecture apa gitu.

flopsnya justru di pengembangan NSX dan honda E itu. NSX udah lama bikinnya, ngga profitable, mahal, dan banyak fans kecewa. bener niatnya bikin semacam "budget hypercar" krn konsep mau kayak mclaren P1 atau porsche 918 tapi performancenya cuma on-par dengan 911 turbo biasa dan harganya lebih mahal :big_bored:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11911
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: EV's Safety?

Post by Suryaputra »

ChZ wrote: Wed Nov 06, 2024 3:36
kayukayuthe5th wrote: Tue Nov 05, 2024 23:40
makanya kemaren salah satu analis bilang terlalu doping ke china waktu penetrasi EV. good news mereka kompak balek invest ke ICE (walaupun untuk VW agak telat yah terlanjur tutup 3 pabrik. merc katanya dev ICE di china, BMW pindahin ke austria makanya jokes orang sono bilang jadinya AWM wkwkwkw)
betul liability issue sih belum lagi infrastructure ama CCS maintanance issue, di US aja udah mulai tutup2 NACS punya tesla karena maintance mahal. 2030 net zero tapi manufacturenya sama atau bahkan lebih parah soal emisi total produksinya, belum lagi offset baru 10 tahun dengan catatan tidak ganti baterai, makanya si mbah akio tetep keukeuh ama hybrids doi.

tapi jujur waktu jaman si Ito yang periode 2000an itu seengknya ada inovasi walaupun jaman insight ama cr-z gatot yah setidaknya udah ada inovasi. hachigo itu masih dibawa sampe skrg tuh 1.5 ama 2.0l hybrid dimilking abies.

CTR FL5 aj di jepun banyak yang krg puas karena improvements ga seberapa dibanding FK8 (yah walaupun laris2 aja sih) harganya naik

betul kalo masalah capital. yah cman agak sayang aja sih untuk si mibe dia tipe "akuntan", karena CEO honda ini biasanya engineering based loh (apakah karena waktu co co jadinya agak panic dec. sehingga urusannya murni moneter? who knows)
selalu dia di presscon ngomongin profit n FY reports tapi strategic plin-plan banget. (yang paling ketara yah keluar masuk F1)

yang menurut gwa flop si terlalu kejar EVs padahal atleast seengaknya adopsi platform ato global architectures kaia rival. ini yang aga saya sayngkan padahal kaia perusahaan korea mereka akhirnya bikin platform GMP supaya dev mobil lebih cepet, toyota juga bikin TNGA , suzuki ama heartect, masda ama skyactivnya, even chinese man. aja pake platfrom juga hoho :big_dunno:
kemarin saya reply orang di threads ada yang bilang akan ganti EV kalo udah 95% orang pake EV, terus saya iseng bilang aja 95% itu nggak akan terjadi krn butuh infrastructure yang sangat ribet dan real world challenge nya sangat besar. EV adoption itu 20% dr global car population aja udah bagus. sisanya akan mix dgn hybrid.

FL5 itu sebenernya kebiasaan H baru ganti total per 2 generasi. FL5 ibarat kata nyempurnain flaws di FK8 kayak pendinginan (grillnya lebih gede jauh) dan torque steer problem makanya skrg berani pake 19in instead of 20in kayak FK8. kesannya kayak gak ganti banyak krn FK2 ke FK8 aja kayak prototype ke production aja. FK2 cuma keluar 2 tahun habis itu ganti FK8.

H kan udah pake global architecture oom modular kok itu platform civic/CRV/accord. namanya honda global architecture apa gitu.

flopsnya justru di pengembangan NSX dan honda E itu. NSX udah lama bikinnya, ngga profitable, mahal, dan banyak fans kecewa. bener niatnya bikin semacam "budget hypercar" krn konsep mau kayak mclaren P1 atau porsche 918 tapi perfromancenya dengan mudah dibabat 911 turbo biasa dan harganya lebih mahal :big_bored:
Bener
Gak semudah ganti hp nokia ke samsung atau apel :big_biglaugh:

Hp nokia ke samsung
- pk infra struktur yg dah ada
- Di manapun bisa pinjem nyolok
- Charge speed jauh lbh cepet
- Di mana2 sampai gunung jg ada colokan
- Bisa pakai powerbank

Maximal Modal 50-100 watt klo super fast charging :big_biglaugh:

Lah klo BEV, powerbanknya minimal pakai genset 7 kw
Isi bensin jg dan bawa di bagasi

Kelebihan BEV cuma murah aja isi energinya
3-4x bedanya 💸💸

Dan saat ini masih disubsidi pajak
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
kayukayuthe5th
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 241
Joined: Wed May 03, 2017 10:30

Re: EV's Safety?

Post by kayukayuthe5th »

b0ku wrote: Wed Nov 06, 2024 0:11
kayukayuthe5th wrote: Tue Nov 05, 2024 23:40 makanya kemaren salah satu analis bilang terlalu doping ke china waktu penetrasi EV. good news mereka kompak balek invest ke ICE (walaupun untuk VW agak telat yah terlanjur tutup 3 pabrik. merc katanya dev ICE di china, BMW pindahin ke austria makanya jokes orang sono bilang jadinya AWM wkwkwkw)
betul liability issue sih belum lagi infrastructure ama CCS maintanance issue, di US aja udah mulai tutup2 NACS punya tesla karena maintance mahal. 2030 net zero tapi manufacturenya sama atau bahkan lebih parah soal emisi total produksinya, belum lagi offset baru 10 tahun dengan catatan tidak ganti baterai, makanya si mbah akio tetep keukeuh ama hybrids doi.

tapi jujur waktu jaman si Ito yang periode 2000an itu seengknya ada inovasi walaupun jaman insight ama cr-z gatot yah setidaknya udah ada inovasi. hachigo itu masih dibawa sampe skrg tuh 1.5 ama 2.0l hybrid dimilking abies.

CTR FL5 aj di jepun banyak yang krg puas karena improvements ga seberapa dibanding FK8 (yah walaupun laris2 aja sih) harganya naik

betul kalo masalah capital. yah cman agak sayang aja sih untuk si mibe dia tipe "akuntan", karena CEO honda ini biasanya engineering based loh (apakah karena waktu co co jadinya agak panic dec. sehingga urusannya murni moneter? who knows)
selalu dia di presscon ngomongin profit n FY reports tapi strategic plin-plan banget. (yang paling ketara yah keluar masuk F1)

yang menurut gwa flop si terlalu kejar EVs padahal atleast seengaknya adopsi platform ato global architectures kaia rival. ini yang aga saya sayngkan padahal kaia perusahaan korea mereka akhirnya bikin platform GMP supaya dev mobil lebih cepet, toyota juga bikin TNGA , suzuki ama heartect, masda ama skyactivnya, even chinese man. aja pake platfrom juga hoho :big_dunno:
denger2x elon itu lagi mau ganti tesla ke perusahaan robotaxi EV jadi keliatannya dia pelan2x bakalan stop jualan mobil :big_biglaugh:

makannya belakangan sahamnya jeblok :mky_07:

ditambah kemungkinan kalo trump menang dia bakalan jadi mentri karena dia jago budgeting :mky_03:

honda padahal mah gampang2x aja kalo mau jaya kuncinya di gearbox tapi ya males riset, mau gimana :mky_07:

tapi tetep taon ini honda di amerika si lagi naek jualannya :mky_03:
kalo soal elon katanya sih 25K USD gajadi EVnya maen di model3 paleng kecil

doi skrg ngurusin politik ama cyberspace (lebih menjanjikan kali yah)

iya bisa jadi karena emang dijaman paman joe ini "terlalu boros"

powerunit juga mbah masah udah ampe xxxxxf dipertahanin juga

ama toyota numero uno walaupun kena kasus V6 turbo di recall. tapi hybrid nya nailed it semua katanya juga rumor per 2025 semua untuk produknya bakal dihybrid semua
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16466
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: EV's Safety?

Post by ChZ »

Suryaputra wrote: Wed Nov 06, 2024 3:42
Bener
Gak semudah ganti hp nokia ke samsung atau apel :big_biglaugh:

Hp nokia ke samsung
- pk infra struktur yg dah ada
- Di manapun bisa pinjem nyolok
- Charge speed jauh lbh cepet
- Di mana2 sampai gunung jg ada colokan
- Bisa pakai powerbank

Maximal Modal 50-100 watt klo super fast charging :big_biglaugh:

Lah klo BEV, powerbanknya minimal pakai genset 7 kw
Isi bensin jg dan bawa di bagasi

Kelebihan BEV cuma murah aja isi energinya
3-4x bedanya 💸💸

Dan saat ini masih disubsidi pajak
perpindahan karbu ke injeksi ke hybrid itu inline karena fundamentalnya sama-sama ngisi minyak. ngga susah orang adopt ketiganya. sama kayak henpon ini baru. paling beda bentuk colokan aja tapi cara pakenya sama plek. ya sama-sama barang pake batre yang diubah kan paling OS prosesor dan gimik2 penunjang lain.

BEV itu makanya sy bilang different animal bukan linear development dari ICE, dia butuh whole new infrastructure, butuh whole new customer behavior. wong pabrikan gede aja kewalahan disuruh ngembangin full BEV.

kalau BEV udah tinggi adoption ratenya yakin listriknya bisa murah? paling jadinya kayak ngisi solar atau pertamax. GaGe udah pasti diberlakukan lagi kalo adoption udah tinggi.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
kayukayuthe5th
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 241
Joined: Wed May 03, 2017 10:30

Re: EV's Safety?

Post by kayukayuthe5th »

ChZ wrote: Wed Nov 06, 2024 3:36
kayukayuthe5th wrote: Tue Nov 05, 2024 23:40
makanya kemaren salah satu analis bilang terlalu doping ke china waktu penetrasi EV. good news mereka kompak balek invest ke ICE (walaupun untuk VW agak telat yah terlanjur tutup 3 pabrik. merc katanya dev ICE di china, BMW pindahin ke austria makanya jokes orang sono bilang jadinya AWM wkwkwkw)
betul liability issue sih belum lagi infrastructure ama CCS maintanance issue, di US aja udah mulai tutup2 NACS punya tesla karena maintance mahal. 2030 net zero tapi manufacturenya sama atau bahkan lebih parah soal emisi total produksinya, belum lagi offset baru 10 tahun dengan catatan tidak ganti baterai, makanya si mbah akio tetep keukeuh ama hybrids doi.

tapi jujur waktu jaman si Ito yang periode 2000an itu seengknya ada inovasi walaupun jaman insight ama cr-z gatot yah setidaknya udah ada inovasi. hachigo itu masih dibawa sampe skrg tuh 1.5 ama 2.0l hybrid dimilking abies.

CTR FL5 aj di jepun banyak yang krg puas karena improvements ga seberapa dibanding FK8 (yah walaupun laris2 aja sih) harganya naik

betul kalo masalah capital. yah cman agak sayang aja sih untuk si mibe dia tipe "akuntan", karena CEO honda ini biasanya engineering based loh (apakah karena waktu co co jadinya agak panic dec. sehingga urusannya murni moneter? who knows)
selalu dia di presscon ngomongin profit n FY reports tapi strategic plin-plan banget. (yang paling ketara yah keluar masuk F1)

yang menurut gwa flop si terlalu kejar EVs padahal atleast seengaknya adopsi platform ato global architectures kaia rival. ini yang aga saya sayngkan padahal kaia perusahaan korea mereka akhirnya bikin platform GMP supaya dev mobil lebih cepet, toyota juga bikin TNGA , suzuki ama heartect, masda ama skyactivnya, even chinese man. aja pake platfrom juga hoho :big_dunno:
kemarin saya reply orang di threads ada yang bilang akan ganti EV kalo udah 95% orang pake EV, terus saya iseng bilang aja 95% itu nggak akan terjadi krn butuh infrastructure yang sangat ribet dan real world challenge nya sangat besar. EV adoption itu 20% dr global car population aja udah bagus. sisanya akan mix dgn hybrid.

FL5 itu sebenernya kebiasaan H baru ganti total per 2 generasi. FL5 ibarat kata nyempurnain flaws di FK8 kayak pendinginan (grillnya lebih gede jauh) dan torque steer problem makanya skrg berani pake 19in instead of 20in kayak FK8. kesannya kayak gak ganti banyak krn FK2 ke FK8 aja kayak prototype ke production aja. FK2 cuma keluar 2 tahun habis itu ganti FK8.

H kan udah pake global architecture oom modular kok itu platform civic/CRV/accord. namanya honda global architecture apa gitu.

flopsnya justru di pengembangan NSX dan honda E itu. NSX udah lama bikinnya, ngga profitable, mahal, dan banyak fans kecewa. bener niatnya bikin semacam "budget hypercar" krn konsep mau kayak mclaren P1 atau porsche 918 tapi performancenya cuma on-par dengan 911 turbo biasa dan harganya lebih mahal :big_bored:
sepakat mbah maybe 30% by 2040 EVs masih masuk akal sih itu aja diakalin masukin serial hybrid jadi REEV (range extend EV) sehingga perhitungannya masuk rasio EV sales

yap emang beberapa minor upgrade kaia suspensi juga skrg lebih nyaman pake harian

ada sih.honda architectures cman dibanding gen sebelumnya masih banyak yang copast, enggak kaia massive jump model skyactive gitu sih. CVT n lainnya aja masih dipertahanin dari jaman lama

NSX emang kelamaan karena build di acura yang notabene terlalu banyak birokrasi beda ama NSX jaman mendiang senna yang di dev japan.
aheads of its time aja sih toh skrg juga yang pake formula itu juga kan (hybrid with 6 cylinder turbo) at that time yes bit too expensives
honda E karena gak pake platform ama kepedeaan semua inhouse development cost bengkak. skrg lagi bikin e architectures bareng cina which is good tapi rada telat. honda juga ga saves battery supply chain diawal2 akhirnya dapet si LG di amrik belum lagi codevelop tuh ama GM yang akhirnya krg berhasil dimana GM malah skrg push ICE kembali n V8 lewat corvette baru :big_dunno:
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11911
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: EV's Safety?

Post by Suryaputra »

ChZ wrote: Wed Nov 06, 2024 3:48
Suryaputra wrote: Wed Nov 06, 2024 3:42
Bener
Gak semudah ganti hp nokia ke samsung atau apel :big_biglaugh:

Hp nokia ke samsung
- pk infra struktur yg dah ada
- Di manapun bisa pinjem nyolok
- Charge speed jauh lbh cepet
- Di mana2 sampai gunung jg ada colokan
- Bisa pakai powerbank

Maximal Modal 50-100 watt klo super fast charging :big_biglaugh:

Lah klo BEV, powerbanknya minimal pakai genset 7 kw
Isi bensin jg dan bawa di bagasi

Kelebihan BEV cuma murah aja isi energinya
3-4x bedanya 💸💸

Dan saat ini masih disubsidi pajak
perpindahan karbu ke injeksi ke hybrid itu inline karena fundamentalnya sama-sama ngisi minyak. ngga susah orang adopt ketiganya. sama kayak henpon ini baru. paling beda bentuk colokan aja tapi cara pakenya sama plek. ya sama-sama barang pake batre yang diubah kan paling OS prosesor dan gimik2 penunjang lain.

BEV itu makanya sy bilang different animal bukan linear development dari ICE, dia butuh whole new infrastructure, butuh whole new customer behavior. wong pabrikan gede aja kewalahan disuruh ngembangin full BEV.

kalau BEV udah tinggi adoption ratenya yakin listriknya bisa murah? paling jadinya kayak ngisi solar atau pertamax. GaGe udah pasti diberlakukan lagi kalo adoption udah tinggi.
Iya gak apple to apple klo bandingin
Karbu vs injeksi
Manual vs matic
Manual vs adas
Injeksi vs hybrid

Krn fundamental energinya sama aja.
Jd semudah itu org hijrah.

Nah kan hukum supply demand.
Sama aja kyk saham internesyenel

Bigger Accum ya harga higher lah, jadinya seleksi alam yg nyerok ya yg pny kemampuan capital yg lbh besar :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16466
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: EV's Safety?

Post by ChZ »

kayukayuthe5th wrote: Wed Nov 06, 2024 3:55 sepakat mbah maybe 30% by 2040 EVs masih masuk akal sih itu aja diakalin masukin serial hybrid jadi REEV (range extend EV) sehingga perhitungannya masuk rasio EV sales

yap emang beberapa minor upgrade kaia suspensi juga skrg lebih nyaman pake harian

ada sih.honda architectures cman dibanding gen sebelumnya masih banyak yang copast, enggak kaia massive jump model skyactive gitu sih. CVT n lainnya aja masih dipertahanin dari jaman lama

NSX emang kelamaan karena build di acura yang notabene terlalu banyak birokrasi beda ama NSX jaman mendiang senna yang di dev japan.
aheads of its time aja sih toh skrg juga yang pake formula itu juga kan (hybrid with 6 cylinder turbo) at that time yes bit too expensives
honda E karena gak pake platform ama kepedeaan semua inhouse development cost bengkak. skrg lagi bikin e architectures bareng cina which is good tapi rada telat. honda juga ga saves battery supply chain diawal2 akhirnya dapet si LG di amrik belum lagi codevelop tuh ama GM yang akhirnya krg berhasil dimana GM malah skrg push ICE kembali n V8 lewat corvette baru :big_dunno:
massive jumpnya kan udah di 2015, honda peralihan per 10 tahun. ya sekarang udah aging udah mau 10 tahun juga walau saya less excited krn nggak jelas juga dia mau bikin apa kalo next civic dijual full hybrid ya saya skip aja. CVTnya dibanding 5-speed yang lama sih sy milih CVTnya om, jauh lebih refined.

skyactiv juga sama kok tua juga dari 2011 dan masih pake 6-speed auto yang sama, makanya di update dengan muncul bangsanya CX-60 juga baru-baru belakangan dan pake 8-speed DCT.

aturan udah ada konsepnya dulu mau pake V10 engine malah jadinya hybrid triple motor :mky_07: H itu emang nyawanya di analog dan internal combustion.

honda E secara spek jg tanggung menang lucu aja itupun mahal kalo cuma lucu jelas kalah saing sama mobcin, ya akhirnya untuk architecture battery semua harus bergantung ke china krn supply chainnya udah dikuasai china :big_bored:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5294
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: EV's Safety?

Post by b0ku »

ChZ wrote: Wed Nov 06, 2024 4:02
massive jumpnya kan udah di 2015, honda peralihan per 10 tahun. ya sekarang udah aging udah mau 10 tahun juga walau saya less excited krn nggak jelas juga dia mau bikin apa kalo next civic dijual full hybrid ya saya skip aja. CVTnya dibanding 5-speed yang lama sih sy milih CVTnya om, jauh lebih refined.

skyactiv juga sama kok tua juga dari 2011 dan masih pake 6-speed auto yang sama, makanya di update dengan muncul bangsanya CX-60 juga baru-baru belakangan dan pake 8-speed DCT.

aturan udah ada konsepnya dulu mau pake V10 engine malah jadinya hybrid triple motor :mky_07: H itu emang nyawanya di analog dan internal combustion.

honda E secara spek jg tanggung menang lucu aja itupun mahal kalo cuma lucu jelas kalah saing sama mobcin, ya akhirnya untuk architecture battery semua harus bergantung ke china krn supply chainnya udah dikuasai china :big_bored:
PADAHAL HSV-10 suaranya galak banget kalah LFA mah :mky_07:



yang begini di scrap ganti sampah NSX :mky_07:

terus resepnya di pake GM buang batre suksess sampe sekarang :wkkk:

CX-60 bukannya maticnya konvensionak 8 at :big_think:
kayukayuthe5th
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 241
Joined: Wed May 03, 2017 10:30

Re: EV's Safety?

Post by kayukayuthe5th »

ChZ wrote: Wed Nov 06, 2024 4:02
kayukayuthe5th wrote: Wed Nov 06, 2024 3:55 sepakat mbah maybe 30% by 2040 EVs masih masuk akal sih itu aja diakalin masukin serial hybrid jadi REEV (range extend EV) sehingga perhitungannya masuk rasio EV sales

yap emang beberapa minor upgrade kaia suspensi juga skrg lebih nyaman pake harian

ada sih.honda architectures cman dibanding gen sebelumnya masih banyak yang copast, enggak kaia massive jump model skyactive gitu sih. CVT n lainnya aja masih dipertahanin dari jaman lama

NSX emang kelamaan karena build di acura yang notabene terlalu banyak birokrasi beda ama NSX jaman mendiang senna yang di dev japan.
aheads of its time aja sih toh skrg juga yang pake formula itu juga kan (hybrid with 6 cylinder turbo) at that time yes bit too expensives
honda E karena gak pake platform ama kepedeaan semua inhouse development cost bengkak. skrg lagi bikin e architectures bareng cina which is good tapi rada telat. honda juga ga saves battery supply chain diawal2 akhirnya dapet si LG di amrik belum lagi codevelop tuh ama GM yang akhirnya krg berhasil dimana GM malah skrg push ICE kembali n V8 lewat corvette baru :big_dunno:
massive jumpnya kan udah di 2015, honda peralihan per 10 tahun. ya sekarang udah aging udah mau 10 tahun juga walau saya less excited krn nggak jelas juga dia mau bikin apa kalo next civic dijual full hybrid ya saya skip aja. CVTnya dibanding 5-speed yang lama sih sy milih CVTnya om, jauh lebih refined.

skyactiv juga sama kok tua juga dari 2011 dan masih pake 6-speed auto yang sama, makanya di update dengan muncul bangsanya CX-60 juga baru-baru belakangan dan pake 8-speed DCT.

aturan udah ada konsepnya dulu mau pake V10 engine malah jadinya hybrid triple motor :mky_07: H itu emang nyawanya di analog dan internal combustion.

honda E secara spek jg tanggung menang lucu aja itupun mahal kalo cuma lucu jelas kalah saing sama mobcin, ya akhirnya untuk architecture battery semua harus bergantung ke china krn supply chainnya udah dikuasai china :big_bored:
untuk durabilitas saya ambil AT sih hehe nah ya itu jeleknya honda skrg arah dev.nya gajelas

nah itu poinnya mbah, mazda emang masih 6 speed tapi kerasa ada incremental update dibanding sebelumnya pernah pake mazda 2 jaman doi ma ford n yang full skyactiv kerasa banget. yah skrg karena focus ke phase 2 kan fokus ke SUV jadi ganti ke 8AT

yes dulu di honda HSV concept nyaris aja kalo ga krisis global 2008 lawan LFA, LFA aja agak lucky karena udah selese dev cman ganti carbon fiber body doang *yang akhirnya delay 1 tahun dev. karena krisis global

honda e cute pernah liat mobilnya, cman yah secara spek ga banget masah cman bisa jalan 200kman lah setengah tangki hatchback doang :mky_03:
ya mungkin honda kurang lihai melihat keadaan aja sih. cina juga untuk EV ga nyangka secepet itu
kayukayuthe5th
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 241
Joined: Wed May 03, 2017 10:30

Re: EV's Safety?

Post by kayukayuthe5th »

b0ku wrote: Wed Nov 06, 2024 5:02
ChZ wrote: Wed Nov 06, 2024 4:02
massive jumpnya kan udah di 2015, honda peralihan per 10 tahun. ya sekarang udah aging udah mau 10 tahun juga walau saya less excited krn nggak jelas juga dia mau bikin apa kalo next civic dijual full hybrid ya saya skip aja. CVTnya dibanding 5-speed yang lama sih sy milih CVTnya om, jauh lebih refined.

skyactiv juga sama kok tua juga dari 2011 dan masih pake 6-speed auto yang sama, makanya di update dengan muncul bangsanya CX-60 juga baru-baru belakangan dan pake 8-speed DCT.

aturan udah ada konsepnya dulu mau pake V10 engine malah jadinya hybrid triple motor :mky_07: H itu emang nyawanya di analog dan internal combustion.

honda E secara spek jg tanggung menang lucu aja itupun mahal kalo cuma lucu jelas kalah saing sama mobcin, ya akhirnya untuk architecture battery semua harus bergantung ke china krn supply chainnya udah dikuasai china :big_bored:
PADAHAL HSV-10 suaranya galak banget kalah LFA mah :mky_07:



yang begini di scrap ganti sampah NSX :mky_07:

terus resepnya di pake GM buang batre suksess sampe sekarang :wkkk:

CX-60 bukannya maticnya konvensionak 8 at :big_think:
aduh nostlagia jaman kuliah JDM clip
huh GM bikin V10 kah?
oh iya baru nyadar loh nulisnya 8DCT hehe
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5294
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: EV's Safety?

Post by b0ku »

kayukayuthe5th wrote: Wed Nov 06, 2024 5:15
aduh nostlagia jaman kuliah JDM clip
huh GM bikin V10 kah?
oh iya baru nyadar loh nulisnya 8DCT hehe
ada indikasi corvette C8 itu NSX om saya cek itu mobil mirip banget bahkan sempet di test bareng NSX maksud saya GM bikin corvette ud kayak NSX V8 tanpa hybrid alias pure :mky_03:

yang lucu CTS-V juga dari samping accord banget keliatannya, kayak MAZDA 2 - GR yaris mungkin sharing blueprint terus GM revisi sana sini ke versi mereka........
kayukayuthe5th
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 241
Joined: Wed May 03, 2017 10:30

Re: EV's Safety?

Post by kayukayuthe5th »

b0ku wrote: Wed Nov 06, 2024 5:20
kayukayuthe5th wrote: Wed Nov 06, 2024 5:15
aduh nostlagia jaman kuliah JDM clip
huh GM bikin V10 kah?
oh iya baru nyadar loh nulisnya 8DCT hehe
ada indikasi corvette C8 itu NSX om saya cek itu mobil mirip banget bahkan sempet di test bareng NSX maksud saya GM bikin corvette ud kayak NSX V8 tanpa hybrid alias pure :mky_03:

yang lucu CTS-V juga dari samping accord banget keliatannya, kayak MAZDA 2 - GR yaris mungkin sharing blueprint terus GM revisi sana sini ke versi mereka........
oalah v8 kan yes i know that bisa jadi

CTS-V hmmmmmm kaianya agak beda de ama accord, kalo mazda2 ama yaris emang mereka sharing sempet dibilang yang akhirnya skrg mazda2 europe kan pake yaris hehe
cman mazda2 lagi indevelopment katanya keluar gak taun 2025 akhir (kalo ga ada halangan) mengingat pasar hatch di europe ma jepun masih cukup tinggi

anyway ini keren juga sih konsepnya EICMA ngluarin konsep e turbo v3 motorcycle honda
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5294
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: EV's Safety?

Post by b0ku »

kayukayuthe5th wrote: Wed Nov 06, 2024 5:27 oalah v8 kan yes i know that bisa jadi

CTS-V hmmmmmm kaianya agak beda de ama accord, kalo mazda2 ama yaris emang mereka sharing sempet dibilang yang akhirnya skrg mazda2 europe kan pake yaris hehe
cman mazda2 lagi indevelopment katanya keluar gak taun 2025 akhir (kalo ga ada halangan) mengingat pasar hatch di europe ma jepun masih cukup tinggi

anyway ini keren juga sih konsepnya EICMA ngluarin konsep e turbo v3 motorcycle honda
Image

Image

MIRIP om dan mereka kan colabs jualan EV :mky_03:

dan lucunya platfomnya GM itu platfom baru dipake di CT-V sama CT-4 2 ini bedanya ud kayak civic sama accord rencana mau dipake camaro tapi batal :big_bored:
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11911
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: EV's Safety?

Post by Suryaputra »

Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri