End of an era for the Germans?
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 493
- Joined: Fri Aug 22, 2014 9:41
End of an era for the Germans?
Setelah melihat VW mau nutup pabrik, nemu berita ini "2026 Mercedes-Benz CLA to use Geely engine – report"
https://www.drive.com.au/news/2026-merc ... ne-report/
Penasaran, apakah ini the sign mereka mulai regressing dan lama2 bisa terus mengecil. Jadi inget ada kenalan, dlu kerja d perusahaan TV premium Jerman "Loewe". Perlahan tapi pasti kegerus ama TV Jepang, lalu TV Korea dan skrg mgkin China, sampai akhirnya mulai downscaling massively dan kenalan saya pun d PHK.
Wondering apakah more of the same will happen to these German car manufacturers...
https://www.drive.com.au/news/2026-merc ... ne-report/
Penasaran, apakah ini the sign mereka mulai regressing dan lama2 bisa terus mengecil. Jadi inget ada kenalan, dlu kerja d perusahaan TV premium Jerman "Loewe". Perlahan tapi pasti kegerus ama TV Jepang, lalu TV Korea dan skrg mgkin China, sampai akhirnya mulai downscaling massively dan kenalan saya pun d PHK.
Wondering apakah more of the same will happen to these German car manufacturers...
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3780
- Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
- Location: Jakarta
Re: End of an era for the Germans?
Itu gara2 si geli megang saham merc jg kan. Toh sblmnya pake engine renault jg yg sama2 “ya gitu deh”.
Kalo ngomong end of era nggak lah, masih banyak faktor emosional dan gengsi yg maen kalo milih mbl. Anggapan bahwa mbl eropa = mbl mewah ya masih dipegang sampe sekarang. Jd tetep banyak orng impiannya punya mbl eropa, terutama petrolhead di negara berkembang. Emang sih jumlahnya ga banyak, tetep mayoritas mbl itu bwat from point A to point B aja.
Kalo ngomong end of era nggak lah, masih banyak faktor emosional dan gengsi yg maen kalo milih mbl. Anggapan bahwa mbl eropa = mbl mewah ya masih dipegang sampe sekarang. Jd tetep banyak orng impiannya punya mbl eropa, terutama petrolhead di negara berkembang. Emang sih jumlahnya ga banyak, tetep mayoritas mbl itu bwat from point A to point B aja.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4245
- Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16
Re: End of an era for the Germans?
merc kayanya untuk mesin mobil kecil, lebih pilih rebrand d. sebelum ini kan sudah pakai mesin Renault Nissan, hasil partnership.Jenson wrote: ↑Tue Nov 05, 2024 10:48 Setelah melihat VW mau nutup pabrik, nemu berita ini "2026 Mercedes-Benz CLA to use Geely engine – report"
https://www.drive.com.au/news/2026-merc ... ne-report/
Penasaran, apakah ini the sign mereka mulai regressing dan lama2 bisa terus mengecil. Jadi inget ada kenalan, dlu kerja d perusahaan TV premium Jerman "Loewe". Perlahan tapi pasti kegerus ama TV Jepang, lalu TV Korea dan skrg mgkin China, sampai akhirnya mulai downscaling massively dan kenalan saya pun d PHK.
Wondering apakah more of the same will happen to these German car manufacturers...
https://en.wikipedia.org/wiki/Mercedes-Benz_M282_engine
dan IMHO european brand sepertinya ya memang sudah kegerus zaman juga, cuma dianggap luxury car saja. kalau sampe downfall seperti merek elektronik sepertinya masih jauh ya, karena penjualan VW group dan Daimler saja masih gede banget.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2342
- Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
- Location: Jakarta
Re: End of an era for the Germans?
sama yg jelas siy oe liat itu porto merek jerman bakal di simplify lagikendibocor wrote: ↑Tue Nov 05, 2024 11:00 Itu gara2 si geli megang saham merc jg kan. Toh sblmnya pake engine renault jg yg sama2 “ya gitu deh”.
Kalo ngomong end of era nggak lah, masih banyak faktor emosional dan gengsi yg maen kalo milih mbl. Anggapan bahwa mbl eropa = mbl mewah ya masih dipegang sampe sekarang. Jd tetep banyak orng impiannya punya mbl eropa, terutama petrolhead di negara berkembang. Emang sih jumlahnya ga banyak, tetep mayoritas mbl itu bwat from point A to point B aja.
fokus ke core model & flagship aja, entry level diabisin semua
lagian oe jg liatnya entry level gitu ga keliatan selling point dimana, dibilang prestis jg tipe paling murah, dibilang kualiti top juga ya engga (subjektif)
jadi yah jerman gabakal kemana mana, wong di cina nya sendiri masi ngantri pembelinya
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3780
- Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
- Location: Jakarta
Re: End of an era for the Germans?
Tergantung pasar jg kayanya om. Kaya biem entry level disini malah jd backbone penjualan kan, biarpun rasanya blm kayak beemwe beneran tp setidaknya lambangnya uda baling2, gengsinya dapet lah. Btw di tiongkok bukannya brand luar uda pd mulai engap2an ya om ga bs ngelawan brand lokal yg makin menggila?darrelund wrote: ↑Tue Nov 05, 2024 16:45sama yg jelas siy oe liat itu porto merek jerman bakal di simplify lagikendibocor wrote: ↑Tue Nov 05, 2024 11:00 Itu gara2 si geli megang saham merc jg kan. Toh sblmnya pake engine renault jg yg sama2 “ya gitu deh”.
Kalo ngomong end of era nggak lah, masih banyak faktor emosional dan gengsi yg maen kalo milih mbl. Anggapan bahwa mbl eropa = mbl mewah ya masih dipegang sampe sekarang. Jd tetep banyak orng impiannya punya mbl eropa, terutama petrolhead di negara berkembang. Emang sih jumlahnya ga banyak, tetep mayoritas mbl itu bwat from point A to point B aja.
fokus ke core model & flagship aja, entry level diabisin semua
lagian oe jg liatnya entry level gitu ga keliatan selling point dimana, dibilang prestis jg tipe paling murah, dibilang kualiti top juga ya engga (subjektif)
jadi yah jerman gabakal kemana mana, wong di cina nya sendiri masi ngantri pembelinya
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 393
- Joined: Thu Jul 19, 2018 5:30
Re: End of an era for the Germans?
bmw dan merci modern banyak lemon
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5294
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S
Re: End of an era for the Germans?
mustinya ambil mesin honda aja sih abis itu pasangin ke gearbox yang lebih proper.......kunaskun wrote: ↑Tue Nov 05, 2024 12:06
merc kayanya untuk mesin mobil kecil, lebih pilih rebrand d. sebelum ini kan sudah pakai mesin Renault Nissan, hasil partnership.
https://en.wikipedia.org/wiki/Mercedes-Benz_M282_engine
dan IMHO european brand sepertinya ya memang sudah kegerus zaman juga, cuma dianggap luxury car saja. kalau sampe downfall seperti merek elektronik sepertinya masih jauh ya, karena penjualan VW group dan Daimler saja masih gede banget.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2342
- Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
- Location: Jakarta
Re: End of an era for the Germans?
agree mbah, tergantujng pasar jugakendibocor wrote: ↑Tue Nov 05, 2024 23:46
Tergantung pasar jg kayanya om. Kaya biem entry level disini malah jd backbone penjualan kan, biarpun rasanya blm kayak beemwe beneran tp setidaknya lambangnya uda baling2, gengsinya dapet lah. Btw di tiongkok bukannya brand luar uda pd mulai engap2an ya om ga bs ngelawan brand lokal yg makin menggila?
kayaknya soal "ngantri" harus di anulir, karena bener tetep ada yang beli tapi udah turun semua salesnya. per kuartal bisa turun 10-20%
brand luar tuh di china paling ketabok di EV, hampir semuanya banting harga/ diskon besar
klo gasoline masih rada nahan kayaknya
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 726
- Joined: Tue Mar 08, 2022 7:25
- Location: Surabaya
- Daily Vehicle: Corolla Cross Hybrid
Re: End of an era for the Germans?
Mesin Honda, transmisi ZF? Kalo Merc kan sukanya DSG.b0ku wrote: ↑Wed Nov 06, 2024 1:08mustinya ambil mesin honda aja sih abis itu pasangin ke gearbox yang lebih proper.......kunaskun wrote: ↑Tue Nov 05, 2024 12:06
merc kayanya untuk mesin mobil kecil, lebih pilih rebrand d. sebelum ini kan sudah pakai mesin Renault Nissan, hasil partnership.
https://en.wikipedia.org/wiki/Mercedes-Benz_M282_engine
dan IMHO european brand sepertinya ya memang sudah kegerus zaman juga, cuma dianggap luxury car saja. kalau sampe downfall seperti merek elektronik sepertinya masih jauh ya, karena penjualan VW group dan Daimler saja masih gede banget.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5294
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S
Re: End of an era for the Germans?
itu lah contohnya cuma biasa german buat mesin kecil pake dsg
abis itu betebaran CLA200, A200 250-280HP
SPOON CLA200,A200 juga gak jelek kok
-
- SM Specialist
- Posts: 16466
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: End of an era for the Germans?
germans banyak nailed their own coffin sih. ya policy makernya sotoy jadi makin mempercepat.
mulai dari dieselgate, terus target nggak masuk akal 2030 zero emission yang akhirnya mundur2 sendiri.
nggak akan kaget kalo nanti merc atau BMW paling dicaplok sama pabrikan china. bernasib sama kayak jaguar/landrover. tetep kok itu 2 merek status symbol, tapi ya udah bukan made in german lagi.
kalo volkswagen group masih punya capital lah.
mulai dari dieselgate, terus target nggak masuk akal 2030 zero emission yang akhirnya mundur2 sendiri.
nggak akan kaget kalo nanti merc atau BMW paling dicaplok sama pabrikan china. bernasib sama kayak jaguar/landrover. tetep kok itu 2 merek status symbol, tapi ya udah bukan made in german lagi.
kalo volkswagen group masih punya capital lah.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 493
- Joined: Fri Aug 22, 2014 9:41
Re: End of an era for the Germans?
Bener juga nih, ini rasanya paling keliatan mungkin. Mirip sama kaya Volvo juga, uda dicaplok Geely. Mobil Geely ud rasa Volvo skrg resep R&D uda dikulitin.ChZ wrote: ↑Wed Nov 06, 2024 3:56 germans banyak nailed their own coffin sih. ya policy makernya sotoy jadi makin mempercepat.
mulai dari dieselgate, terus target nggak masuk akal 2030 zero emission yang akhirnya mundur2 sendiri.
nggak akan kaget kalo nanti merc atau BMW paling dicaplok sama pabrikan china. bernasib sama kayak jaguar/landrover. tetep kok itu 2 merek status symbol, tapi ya udah bukan made in german lagi.
kalo volkswagen group masih punya capital lah.
Merc dengan slumpnya d F1 juga sedikit banyak ngaruh ke penjualan mobilnya. Dulu pernah baca d mana, pas era dominasi Lewis salesnya ikutan naik juga. Ntah kebetulan atau memang beneran ada korelasinya
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 371
- Joined: Sun Aug 04, 2019 9:28
- Location: Yogyakarta
Re: End of an era for the Germans?
Selagi belum dilarang di sini nikmatin aja...ChZ wrote: ↑Wed Nov 06, 2024 3:56 germans banyak nailed their own coffin sih. ya policy makernya sotoy jadi makin mempercepat.
mulai dari dieselgate, terus target nggak masuk akal 2030 zero emission yang akhirnya mundur2 sendiri.
nggak akan kaget kalo nanti merc atau BMW paling dicaplok sama pabrikan china. bernasib sama kayak jaguar/landrover. tetep kok itu 2 merek status symbol, tapi ya udah bukan made in german lagi.
kalo volkswagen group masih punya capital lah.
Kita punya resource pake aja dulu, negara kere jangan gaya2an zero emission, makmurin rakyat aja dulu, mereka juga jaman awal industrialisasi pake resource apa emangnya...
VW group mungkin masih ketolong karena efisiensi dari part2 dan platform yang bisa sharing antar grupnya
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4245
- Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5294
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S
Re: End of an era for the Germans?
ganti jadi "Traum von der Erde" donk om..............
gpp om sapa tau ntar keluar A200 SPOON warnanya kuning ....................
khusus low variant SPOON atas AMG
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4245
- Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16
Re: End of an era for the Germans?
masih jauh kayanya nasibnya kaya merek British or Volvo. karena kan VW, Daimler, BMW yang beli di eropa ya die-harder dan natiolist, daya beli juga kuat dan industri otomotif plus jualan paten saja sudah cukup buat ga bangkrutChZ wrote: ↑Wed Nov 06, 2024 3:56 germans banyak nailed their own coffin sih. ya policy makernya sotoy jadi makin mempercepat.
mulai dari dieselgate, terus target nggak masuk akal 2030 zero emission yang akhirnya mundur2 sendiri.
nggak akan kaget kalo nanti merc atau BMW paling dicaplok sama pabrikan china. bernasib sama kayak jaguar/landrover. tetep kok itu 2 merek status symbol, tapi ya udah bukan made in german lagi.
kalo volkswagen group masih punya capital lah.
speedometer Continental aja dipasang di platform DNGA kok
ironi negara maju duluan, matiin nuclear power plant, import listrik dari Rusia yg pake gas, eh perang, apa2 jadi mahal... sekarang bingung, nyalain Power Plant nuclear ribet beut, power plant coal auto disamperin greenpeace. ini ribut2 kelapa sawit indo aja ga kelar2...faizzz wrote: ↑Wed Nov 06, 2024 5:09 Selagi belum dilarang di sini nikmatin aja...
Kita punya resource pake aja dulu, negara kere jangan gaya2an zero emission, makmurin rakyat aja dulu, mereka juga jaman awal industrialisasi pake resource apa emangnya...
VW group mungkin masih ketolong karena efisiensi dari part2 dan platform yang bisa sharing antar grupnya
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5294
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S
Re: End of an era for the Germans?
denger2x kalo trump menang eropa ketar ketir ini keliatannya si ud bakalan menangkunaskun wrote: ↑Wed Nov 06, 2024 6:02 ironi negara maju duluan, matiin nuclear power plant, import listrik dari Rusia yg pake gas, eh perang, apa2 jadi mahal... sekarang bingung, nyalain Power Plant nuclear ribet beut, power plant coal auto disamperin greenpeace. ini ribut2 kelapa sawit indo aja ga kelar2...
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 371
- Joined: Sun Aug 04, 2019 9:28
- Location: Yogyakarta
Re: End of an era for the Germans?
Sawit udah terlanjur ditanem, manfaatin aja, daripada pake minyak sayur dari kacang2an yang butuh lahan lebih banyak, good luck with that yurop!kunaskun wrote: ↑Wed Nov 06, 2024 6:02
ironi negara maju duluan, matiin nuclear power plant, import listrik dari Rusia yg pake gas, eh perang, apa2 jadi mahal... sekarang bingung, nyalain Power Plant nuclear ribet beut, power plant coal auto disamperin greenpeace. ini ribut2 kelapa sawit indo aja ga kelar2...
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 493
- Joined: Fri Aug 22, 2014 9:41
Re: End of an era for the Germans?
Pasti ketar ketir. Mana mau dia funding keluar US. NATO pasti digeprek fundingnya. Rus - Ukr war akan segera selesai dengan "kekalahan" Ukr, US bakalan stop kirim bala bantuan.b0ku wrote: ↑Wed Nov 06, 2024 6:55denger2x kalo trump menang eropa ketar ketir ini keliatannya si ud bakalan menangkunaskun wrote: ↑Wed Nov 06, 2024 6:02 ironi negara maju duluan, matiin nuclear power plant, import listrik dari Rusia yg pake gas, eh perang, apa2 jadi mahal... sekarang bingung, nyalain Power Plant nuclear ribet beut, power plant coal auto disamperin greenpeace. ini ribut2 kelapa sawit indo aja ga kelar2...
Yang penasaran perang di Israel - Palestina, ntah apa stance US. Kalo sesuai logika Trump, pasti dia stop kirim arsenal juga. Tp perang 2 sides of a coin sih, bawa duit juga buat industry militer US, makanya mereka butuh perang...
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5294
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S
Re: End of an era for the Germans?
ukranina keknya si bakalan disamperin dulu si putin diajak berunding, kalo timur tengah keliatannya irannya bakalan kena geprek malah bakalan lebih di push biar perangnya cepet kelar...........Jenson wrote: ↑Wed Nov 06, 2024 9:07
Pasti ketar ketir. Mana mau dia funding keluar US. NATO pasti digeprek fundingnya. Rus - Ukr war akan segera selesai dengan "kekalahan" Ukr, US bakalan stop kirim bala bantuan.
Yang penasaran perang di Israel - Palestina, ntah apa stance US. Kalo sesuai logika Trump, pasti dia stop kirim arsenal juga. Tp perang 2 sides of a coin sih, bawa duit juga buat industry militer US, makanya mereka butuh perang...
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3201
- Joined: Fri Dec 14, 2012 13:44
Re: End of an era for the Germans?
Menang omb0ku wrote: ↑Wed Nov 06, 2024 6:55denger2x kalo trump menang eropa ketar ketir ini keliatannya si ud bakalan menangkunaskun wrote: ↑Wed Nov 06, 2024 6:02 ironi negara maju duluan, matiin nuclear power plant, import listrik dari Rusia yg pake gas, eh perang, apa2 jadi mahal... sekarang bingung, nyalain Power Plant nuclear ribet beut, power plant coal auto disamperin greenpeace. ini ribut2 kelapa sawit indo aja ga kelar2...
Performa Biden tahun 2020 di aemua daerah diatas Kamala
Kamala dapat vote lebih rendah
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5294
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S
Re: End of an era for the Germans?
karena ud pada kapok om DEI, INFLASI, sama paling parah aturan2x gak jelas dimana boleh nyolong selama valuenya di bawah beberapa dollar rada2x emang PAR-TAI democrat itu
belom yang parah orang bisa milih gender buat masuk penjara, bayangin kriminal cowo pura2x aja pilih gender cewe biar masuk penjara cewe
cuma ya dar peta nya satu daerah gak kapok2x milih democrat california heran gw sama isi kepala penduduknya
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 542
- Joined: Sat Jan 02, 2016 11:03
Re: End of an era for the Germans?
Naah itu kelemahan orang Amrik ama Yurop, ndak isa kompromi ambil jalan tengah, alias bahasa Wakanda : Musyawarah Mencapai Mufakat. Beda ama di Wakanda, akhir hari selalu balik ke tengah
Liat aja pilgub sekarang, sepi bener beda ama 2017 kemaren, pilpres kemaren juga sepi, lama2 pada jengah, balik ke tengah akhirnya. Nah di Amrik+Yurop kan yg kiri kagak mau ngalah ke tengah, yang kanan kagak mau ngalah ketengah juga, ribut akhirnya.
Balik Jerman, Merc. sejak Juergen Schrempp si emang downhill spiral, otak akuntan pegang pabrik yg strong point-nya enjiner, pake ngadi2 DaimlerChrysler, abis gitu kualitas mulai ambruk kan sejak dia. VAG kesambet dieselgate, cari irit coba tranny yg. teknologi DSG yg. adopternya sedikit, paling parah ya terlalu tergantung ama pasar Cungkuo....
SIsa Jerman waras tinggal baling2 biru, naah masalahnya si baling2 biru ini paling kecil, google aja, boss-nya pernah komentar : R&D Boyota = Revenue Bimmer
End of an era ?, ya bisa jadi, liat BYD Seal dr belakang aja lama2 keliatan manis, understated luxury gitu , ini belun mati2an si Cungkuo padahal....
Liat aja pilgub sekarang, sepi bener beda ama 2017 kemaren, pilpres kemaren juga sepi, lama2 pada jengah, balik ke tengah akhirnya. Nah di Amrik+Yurop kan yg kiri kagak mau ngalah ke tengah, yang kanan kagak mau ngalah ketengah juga, ribut akhirnya.
Balik Jerman, Merc. sejak Juergen Schrempp si emang downhill spiral, otak akuntan pegang pabrik yg strong point-nya enjiner, pake ngadi2 DaimlerChrysler, abis gitu kualitas mulai ambruk kan sejak dia. VAG kesambet dieselgate, cari irit coba tranny yg. teknologi DSG yg. adopternya sedikit, paling parah ya terlalu tergantung ama pasar Cungkuo....
SIsa Jerman waras tinggal baling2 biru, naah masalahnya si baling2 biru ini paling kecil, google aja, boss-nya pernah komentar : R&D Boyota = Revenue Bimmer
End of an era ?, ya bisa jadi, liat BYD Seal dr belakang aja lama2 keliatan manis, understated luxury gitu , ini belun mati2an si Cungkuo padahal....
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2342
- Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
- Location: Jakarta
-
- SM Specialist
- Posts: 16466
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: End of an era for the Germans?
kalau domestic market sih udah pasti aman om itu barang VW group di yurop ya dimana-mana.kunaskun wrote: ↑Wed Nov 06, 2024 6:02
masih jauh kayanya nasibnya kaya merek British or Volvo. karena kan VW, Daimler, BMW yang beli di eropa ya die-harder dan natiolist, daya beli juga kuat dan industri otomotif plus jualan paten saja sudah cukup buat ga bangkrut
speedometer Continental aja dipasang di platform DNGA kok
ya capitalnya germans itu lebih kuat dibanding swedish dan british. kalo kembali ke ICE lagi ya udah di jalan yang bener. krn percuma berusaha ngalahin chinese in their own game gitu. udah pasti kalah.
carbon emission solusinya nggak melulu bikin full EV yang matiin industri sendiri kok.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7