End of an era for the Germans?

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16466
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: End of an era for the Germans?

Post by ChZ »

faizzz wrote: Wed Nov 06, 2024 5:09
Selagi belum dilarang di sini nikmatin aja...
Kita punya resource pake aja dulu, negara kere jangan gaya2an zero emission, makmurin rakyat aja dulu, mereka juga jaman awal industrialisasi pake resource apa emangnya...

VW group mungkin masih ketolong karena efisiensi dari part2 dan platform yang bisa sharing antar grupnya
VW dan BMW itu masih aman krn dulu starting pointnya bikin mobil murah nggak neko-neko... kalo merci dari dulu udah the best or nothing, over engineering. dulu BMW dan merci itu di indo juga harganya selisih lumayan. tapi ya emang build qualitynya bapuk itu E36 dibanding W202. atau E34 yang sekarang banyak rongsoknya dibanding W124.

ya emang awet dan mewah,

tapi giliran ada krisis kan bahan baku makin mahal, niche market mau target pasar yang kayak gimana emang. dimana-mana brand ikonik yang suka over engineering itu selalu bangkrut dicaplok merek lain karena nggak kuat sama cost dengan pasar yang sangat kecil. giliran harus bikin cash cow ya jadinya macem Aclass yang lebih gado-gado dibanding lineup lain buat reduksi cost.

refinementnya juga jauh dibanding BMW 1-series atau 2-series, itu aja udah ampas.

paling ya nanti mercedes dulu yang dicaplok.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
adriangaut
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 514
Joined: Sat Feb 04, 2017 1:38
Location: Jakarta - Bandung
Daily Vehicle: 1988 300E MT

Re: End of an era for the Germans?

Post by adriangaut »

Kira” kalau udah krisis gini, ze Germans bakal balik bikin mobil” yang lebih simpel ga ya

Ze Germans dulu kan terkenal bikin mobil” reliable, tahun 80an kalo mau mobil 1,000,000km ++ ya Benz

Sekarang bikin mobil ngga reliable ya mana laku, siapa mau beli mobil “mewah” tapi rusakan mulu, reliability is a luxury
lexnic
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 241
Joined: Wed Mar 30, 2022 12:00
Location: Jakarta

Re: End of an era for the Germans?

Post by lexnic »

faizzz wrote: Wed Nov 06, 2024 5:09 Selagi belum dilarang di sini nikmatin aja...
Kita punya resource pake aja dulu, negara kere jangan gaya2an zero emission, makmurin rakyat aja dulu, mereka juga jaman awal industrialisasi pake resource apa emangnya...

VW group mungkin masih ketolong karena efisiensi dari part2 dan platform yang bisa sharing antar grupnya
beberapa tahun terakhir mayoritas negara maju koar2 terus tentang zero emission, clean energy, dll. trus akhirnya sadar klo solusi yg dipilih gk sustainable.
ChZ wrote: Thu Nov 07, 2024 2:52 VW dan BMW itu masih aman krn dulu starting pointnya bikin mobil murah nggak neko-neko... kalo merci dari dulu udah the best or nothing, over engineering. dulu BMW dan merci itu di indo juga harganya selisih lumayan. tapi ya emang build qualitynya bapuk itu E36 dibanding W202. atau E34 yang sekarang banyak rongsoknya dibanding W124.

ya emang awet dan mewah,

tapi giliran ada krisis kan bahan baku makin mahal, niche market mau target pasar yang kayak gimana emang. dimana-mana brand ikonik yang suka over engineering itu selalu bangkrut dicaplok merek lain karena nggak kuat sama cost dengan pasar yang sangat kecil. giliran harus bikin cash cow ya jadinya macem Aclass yang lebih gado-gado dibanding lineup lain buat reduksi cost.

refinementnya juga jauh dibanding BMW 1-series atau 2-series, itu aja udah ampas.

paling ya nanti mercedes dulu yang dicaplok.
klo gk salah, mercedes sejak awal berdiri emg udh masuk luxury car (cmiiw).

saya pribadi, yg pnting bmw klasik jgn smpe punah (trutama e46), soalnya msh kpingin pelihara 1 hahaha. :mky_01:
4 wheels:
Toyota KUN40 [2013 - now]
Nissan ND1W [2019 - now]

2 wheels:
Yamaha V100 [1988 - now]
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16466
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: End of an era for the Germans?

Post by ChZ »

lexnic wrote: Thu Nov 07, 2024 3:15 klo gk salah, mercedes sejak awal berdiri emg udh masuk luxury car (cmiiw).

saya pribadi, yg pnting bmw klasik jgn smpe punah (trutama e46), soalnya msh kpingin pelihara 1 hahaha. :mky_01:
bukti over engineering itu emang mahal.

merkedes gimana2 kan sangat bangga sampe slogannya dulu best or nothing, ya dulu best zaman bikin W201, W124,

sekarang nothing.

ironisnya brand yang identik dengan engineering prowessnya emang selalu struggle di dunia nyata. ya gmn2 market akan take for granted semua over-engineering itu, only few can appreciate, dan fans bakal selalu jadi korban di sini.

nama-nama yang sering disebut di sejarah otomotif macem Jaguar aja skrg dicaplok china.

BMW M dan merkedes AMG aja mulai aneh aneh.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2911
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Volvo XC60 T5 246 Jaguar XE 25t X760

Re: End of an era for the Germans?

Post by farizfsa »

ChZ wrote: Thu Nov 07, 2024 3:41
lexnic wrote: Thu Nov 07, 2024 3:15 klo gk salah, mercedes sejak awal berdiri emg udh masuk luxury car (cmiiw).

saya pribadi, yg pnting bmw klasik jgn smpe punah (trutama e46), soalnya msh kpingin pelihara 1 hahaha. :mky_01:
bukti over engineering itu emang mahal.

merkedes gimana2 kan sangat bangga sampe slogannya dulu best or nothing, ya dulu best zaman bikin W201, W124,

sekarang nothing.

ironisnya brand yang identik dengan engineering prowessnya emang selalu struggle di dunia nyata. ya gmn2 market akan take for granted semua over-engineering itu, only few can appreciate, dan fans bakal selalu jadi korban di sini.

nama-nama yang sering disebut di sejarah otomotif macem Jaguar aja skrg dicaplok china.

BMW M dan merkedes AMG aja mulai aneh aneh.
yg beli mersih bmw atau german brands biasanya beli secara emosional. apakah itu turun temurun pake brand itu atau baru coba besok2 pake brand itu lagi sampe barang2 nya bs di bilang sampah.

alm bokap dl pake peugeot dr 505-406 diikutin terus, sampe 407 brg nya menurut alm sgt amat kurang barulah ga pake pug lg.
lalu mercy di awali beli w210, ga terlalu rusakan sampai lah dia beli ini itu sampai W221 sebelum berpulang.
jaguar pun begitu, awal bosen mercy, coba2 jaguar s-type, awet, beli lah XF, nah ini anak2 nya jd ke ikut punya jag XE dan XJL (karena emosional sentimental inget alm).

dl pun dia punya 318i 323i e46 dan X5 e53, yg "awet" cm X5 sisanya rusakan. tp sy dan kk saya sekarang malah lebih prefer BMW, karena mercy baru gampang rusak (dibanding bmw) :big_biglaugh:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5294
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: End of an era for the Germans?

Post by b0ku »

farizfsa wrote: Thu Nov 07, 2024 4:38
yg beli mersih bmw atau german brands biasanya beli secara emosional. apakah itu turun temurun pake brand itu atau baru coba besok2 pake brand itu lagi sampe barang2 nya bs di bilang sampah.

alm bokap dl pake peugeot dr 505-406 diikutin terus, sampe 407 brg nya menurut alm sgt amat kurang barulah ga pake pug lg.
lalu mercy di awali beli w210, ga terlalu rusakan sampai lah dia beli ini itu sampai W221 sebelum berpulang.
jaguar pun begitu, awal bosen mercy, coba2 jaguar s-type, awet, beli lah XF, nah ini anak2 nya jd ke ikut punya jag XE dan XJL (karena emosional sentimental inget alm).

dl pun dia punya 318i 323i e46 dan X5 e53, yg "awet" cm X5 sisanya rusakan. tp sy dan kk saya sekarang malah lebih prefer BMW, karena mercy baru gampang rusak (dibanding bmw) :big_biglaugh:
mercy rusak kan sejak di beli daimler :big_biglaugh:

W203 W211 w220 parah itu :mky_07:

sama a sama ML malah lebih worth di scrap di banding di jual :wkkk:
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2911
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Volvo XC60 T5 246 Jaguar XE 25t X760

Re: End of an era for the Germans?

Post by farizfsa »

b0ku wrote: Thu Nov 07, 2024 4:56
farizfsa wrote: Thu Nov 07, 2024 4:38
yg beli mersih bmw atau german brands biasanya beli secara emosional. apakah itu turun temurun pake brand itu atau baru coba besok2 pake brand itu lagi sampe barang2 nya bs di bilang sampah.

alm bokap dl pake peugeot dr 505-406 diikutin terus, sampe 407 brg nya menurut alm sgt amat kurang barulah ga pake pug lg.
lalu mercy di awali beli w210, ga terlalu rusakan sampai lah dia beli ini itu sampai W221 sebelum berpulang.
jaguar pun begitu, awal bosen mercy, coba2 jaguar s-type, awet, beli lah XF, nah ini anak2 nya jd ke ikut punya jag XE dan XJL (karena emosional sentimental inget alm).

dl pun dia punya 318i 323i e46 dan X5 e53, yg "awet" cm X5 sisanya rusakan. tp sy dan kk saya sekarang malah lebih prefer BMW, karena mercy baru gampang rusak (dibanding bmw) :big_biglaugh:
mercy rusak kan sejak di beli daimler :big_biglaugh:

W203 W211 w220 parah itu :mky_07:

sama a sama ML malah lebih worth di scrap di banding di jual :wkkk:
w203 C240 facelift sama w211 E240 avantgarde oke lah, pernah punya dan pakai, w220 sih.. mungkin karena sy dl punya nya S600 jd money pit wkwk.

deretan mbl s class presiden RI aja W220 di skip kan :big_biglaugh:
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2890
Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
Location: Indonesia

Re: End of an era for the Germans?

Post by KielConstantine »



Kira2 beneran end of an era for ze german ga?

Ngeri seh.... kalo bbrapa tahun kedepan list world top record
“Die Grüne Hölle der Nürburgring“ isinya mobcin smua :big_slap:
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11911
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: End of an era for the Germans?

Post by Suryaputra »

Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5294
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: End of an era for the Germans?

Post by b0ku »

KielConstantine wrote: Thu Nov 07, 2024 15:50

Kira2 beneran end of an era for ze german ga?

Ngeri seh.... kalo bbrapa tahun kedepan list world top record
“Die Grüne Hölle der Nürburgring“ isinya mobcin smua :big_slap:
percaya sama oe kek ginian ud gak relevant sekarang pada belinya fell pabrikan pinter bikin mobil gak ngejar gini2xan tapi ngejar fell dulu baru recordnya :big_grin:

kalo gak percaya liat aja mobil2x tua legend kenapa pada kegoreng karena makin pada sadar itu cuma angka gak dapet piala......... :ngacir:

LIAT aja cilindri 12 itu contoh mobil ngutamain fell sedangkan F80 pake V6 turbo dan hybrid karena emang mau nunjukin prestasi ferarri.......
Last edited by b0ku on Fri Nov 08, 2024 0:19, edited 1 time in total.
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5294
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: End of an era for the Germans?

Post by b0ku »

Suryaputra wrote: Thu Nov 07, 2024 23:15
mikirin kesejahteraan baru DI 2024 ud telat tong dari kemaren ud banyak yang treak2x pada belaga BUDEG.......... :ngacir:

bukannya fokus menghilangkan kemiskinan malah nambahin kemiskinan tanpa sadar halu pula trend jaman sekarang HALU massal.......... :glodak:
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2342
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: End of an era for the Germans?

Post by darrelund »

Audi kurang?

skrg ada AUDI

Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11911
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: End of an era for the Germans?

Post by Suryaputra »

darrelund wrote: Fri Nov 08, 2024 0:25 Audi kurang?

skrg ada AUDI

Audi
Manufactured by SAIC :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Zaxis
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1178
Joined: Wed Dec 07, 2016 9:34

Re: End of an era for the Germans?

Post by Zaxis »

Jaman sekarang makloon ke cunkuo semua
Tinggal nempel badge trus langsung itung cuan
Ga usa pusing r&d lsg ketemu HPP nya berapa
newrubble
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7608
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: End of an era for the Germans?

Post by newrubble »

bintang (logo benz) itu simbol tertip idup ... datang jam 8 (pagi) ... istirahat jam 12 (siang) n balik rumah jam 4 sore (kantor-kantor disini tutup jam 4 sore bukan jam 5 sore)
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1754
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: End of an era for the Germans?

Post by MSU »

newrubble wrote: Fri Nov 08, 2024 1:21 bintang (logo benz) itu simbol tertip idup ... datang jam 8 (pagi) ... istirahat jam 12 (siang) n balik rumah jam 4 sore (kantor-kantor disini tutup jam 4 sore bukan jam 5 sore)
sabtu libur kah om? kalo iya...berarti jam kerja hariannya lebih pendek daripada indo yaa...
work life balance
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11911
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: End of an era for the Germans?

Post by Suryaputra »

Zaxis wrote: Fri Nov 08, 2024 1:19 Jaman sekarang makloon ke cunkuo semua
Tinggal nempel badge trus langsung itung cuan
Ga usa pusing r&d lsg ketemu HPP nya berapa
Yoi
Klo sportcar tinggal hiring pro driver sekelas fitra eri minimal
Fine tuning based on feedback driver tsb :mky_03:

Gak usah bayar gaji pegawai dan cost di eropa sono yg tinggi :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16466
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: End of an era for the Germans?

Post by ChZ »

farizfsa wrote: Thu Nov 07, 2024 4:38 dl pun dia punya 318i 323i e46 dan X5 e53, yg "awet" cm X5 sisanya rusakan. tp sy dan kk saya sekarang malah lebih prefer BMW, karena mercy baru gampang rusak (dibanding bmw) :big_biglaugh:
masala nya itu mersih emang makin makin sih. waktu dibeli chrysler pun rasanya jadi keliatan nggak buruk2 amat dibanding sekarang :big_bored:

kenapa ya, liat mersih baru sekarang classy enggak, sport juga nanggung. E W213-214 juga classy nya beda ma liat W211.

paling ya berasa kuat presence kalo liat S klasse tetep sedan panjang gede gitu di jalan logo mersih tetep kuat auranya. cuma lebih everlasting W221 blom tua tuh modelnya.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16466
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: End of an era for the Germans?

Post by ChZ »

b0ku wrote: Fri Nov 08, 2024 0:15
Suryaputra wrote: Thu Nov 07, 2024 23:15
mikirin kesejahteraan baru DI 2024 ud telat tong dari kemaren ud banyak yang treak2x pada belaga BUDEG.......... :ngacir:

bukannya fokus menghilangkan kemiskinan malah nambahin kemiskinan tanpa sadar halu pula trend jaman sekarang HALU massal.......... :glodak:
yg lucu tuh channel2 begini tiba tiba skrg pada bahas mobil... :big_biglaugh: narrative nya juga sama. ud dengerin tadi pagi ampir sama kyk si benik...

ada poin2 yang gw setuju tapi juga ada yang terlalu oversimplified lah.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2911
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Volvo XC60 T5 246 Jaguar XE 25t X760

Re: End of an era for the Germans?

Post by farizfsa »

ChZ wrote: Fri Nov 08, 2024 3:46
farizfsa wrote: Thu Nov 07, 2024 4:38 dl pun dia punya 318i 323i e46 dan X5 e53, yg "awet" cm X5 sisanya rusakan. tp sy dan kk saya sekarang malah lebih prefer BMW, karena mercy baru gampang rusak (dibanding bmw) :big_biglaugh:
masala nya itu mersih emang makin makin sih. waktu dibeli chrysler pun rasanya jadi keliatan nggak buruk2 amat dibanding sekarang :big_bored:

kenapa ya, liat mersih baru sekarang classy enggak, sport juga nanggung. E W213-214 juga classy nya beda ma liat W211.

paling ya berasa kuat presence kalo liat S klasse tetep sedan panjang gede gitu di jalan logo mersih tetep kuat auranya. cuma lebih everlasting W221 blom tua tuh modelnya.
ya gt la, gen w203 w211 di kritik abis, di benerin jauh pas zaman w204 w212, eh zaman w205 w213 malah kebanyakan gimmick gampang rusakan,. :big_biglaugh:

sama lah kaya zaman bmw e90 e60 ke f30 f10, improvement besar2an cuma generasi G juga malah makin kuat makin bagus, desainnya aja makin ga bener :big_biglaugh:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5294
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: End of an era for the Germans?

Post by b0ku »

ChZ wrote: Fri Nov 08, 2024 3:51 yg lucu tuh channel2 begini tiba tiba skrg pada bahas mobil... :big_biglaugh: narrative nya juga sama. ud dengerin tadi pagi ampir sama kyk si benik...

ada poin2 yang gw setuju tapi juga ada yang terlalu oversimplified lah.
dia kira jualan mobil gampang kek bisnis laennya padahal otomotif itu banyak biasednya, kalo asal canggih murah laku mah dari dulu toyota ud bangkrut :big_biglaugh:

china liatin aja tahan berapa lama :big_bored:
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4366
Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X

Re: End of an era for the Germans?

Post by ginting »

ChZ wrote: Fri Nov 08, 2024 3:46
farizfsa wrote: Thu Nov 07, 2024 4:38 dl pun dia punya 318i 323i e46 dan X5 e53, yg "awet" cm X5 sisanya rusakan. tp sy dan kk saya sekarang malah lebih prefer BMW, karena mercy baru gampang rusak (dibanding bmw) :big_biglaugh:
masala nya itu mersih emang makin makin sih. waktu dibeli chrysler pun rasanya jadi keliatan nggak buruk2 amat dibanding sekarang :big_bored:

kenapa ya, liat mersih baru sekarang classy enggak, sport juga nanggung. E W213-214 juga classy nya beda ma liat W211.

paling ya berasa kuat presence kalo liat S klasse tetep sedan panjang gede gitu di jalan logo mersih tetep kuat auranya. cuma lebih everlasting W221 blom tua tuh modelnya.
nah, menurut sy itu Mercy perhatikan deh pantatnya...
kalau pantatnya lurus maka itu era masih bagus,..
kalau pantatnya sudah turun itu tandanya sdh mulai sakit encok..
sy paling suka W124 dan W204 ajah.

kalau yang classic ya W123 atau W126 Eagle.

Mobil iconic dulu di Medan suka parkir depan CIMB NIaga Cab Medan Jl Bukti Barisan (lapangan merdeka) adalah 450 SEL.
adriangaut
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 514
Joined: Sat Feb 04, 2017 1:38
Location: Jakarta - Bandung
Daily Vehicle: 1988 300E MT

Re: End of an era for the Germans?

Post by adriangaut »

farizfsa wrote: Fri Nov 08, 2024 4:13
ChZ wrote: Fri Nov 08, 2024 3:46
farizfsa wrote: Thu Nov 07, 2024 4:38 dl pun dia punya 318i 323i e46 dan X5 e53, yg "awet" cm X5 sisanya rusakan. tp sy dan kk saya sekarang malah lebih prefer BMW, karena mercy baru gampang rusak (dibanding bmw) :big_biglaugh:
masala nya itu mersih emang makin makin sih. waktu dibeli chrysler pun rasanya jadi keliatan nggak buruk2 amat dibanding sekarang :big_bored:

kenapa ya, liat mersih baru sekarang classy enggak, sport juga nanggung. E W213-214 juga classy nya beda ma liat W211.

paling ya berasa kuat presence kalo liat S klasse tetep sedan panjang gede gitu di jalan logo mersih tetep kuat auranya. cuma lebih everlasting W221 blom tua tuh modelnya.
ya gt la, gen w203 w211 di kritik abis, di benerin jauh pas zaman w204 w212, eh zaman w205 w213 malah kebanyakan gimmick gampang rusakan,. :big_biglaugh:

sama lah kaya zaman bmw e90 e60 ke f30 f10, improvement besar2an cuma generasi G juga malah makin kuat makin bagus, desainnya aja makin ga bener :big_biglaugh:
Mulai berasa ngga spesial sejak logo three pointed star nya dipindah ke grill

Dulu itu kan logo bintang gede di grill cuma buat coupe sama suv yah
Gara” semua mau dibikin sporty dipindahlah ke sedan” semuanya

Di balik setir benz jadi ngga berasa spesial lagi ga liat hood ornament

Which one feel more special?
Image Image
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11911
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: End of an era for the Germans?

Post by Suryaputra »

ChZ wrote: Fri Nov 08, 2024 3:51
b0ku wrote: Fri Nov 08, 2024 0:15
Suryaputra wrote: Thu Nov 07, 2024 23:15
mikirin kesejahteraan baru DI 2024 ud telat tong dari kemaren ud banyak yang treak2x pada belaga BUDEG.......... :ngacir:

bukannya fokus menghilangkan kemiskinan malah nambahin kemiskinan tanpa sadar halu pula trend jaman sekarang HALU massal.......... :glodak:
yg lucu tuh channel2 begini tiba tiba skrg pada bahas mobil... :big_biglaugh: narrative nya juga sama. ud dengerin tadi pagi ampir sama kyk si benik...

ada poin2 yang gw setuju tapi juga ada yang terlalu oversimplified lah.
Mereka point of viewnya dr POV business dan policy.

klo specific dr POV Automotive enthu, pernah dibahas bbrp kali sm bung fitra dkk juga sih.

jd depends on POV masing2, gak ada yg salah, tinggal cocok atau nggak aja dengan POV individu tertentu





Image

:big_biglaugh: :big_biglaugh:
Last edited by Suryaputra on Fri Nov 08, 2024 6:58, edited 2 times in total.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16466
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: End of an era for the Germans?

Post by ChZ »

farizfsa wrote: Fri Nov 08, 2024 4:13
ya gt la, gen w203 w211 di kritik abis, di benerin jauh pas zaman w204 w212, eh zaman w205 w213 malah kebanyakan gimmick gampang rusakan,. :big_biglaugh:

sama lah kaya zaman bmw e90 e60 ke f30 f10, improvement besar2an cuma generasi G juga malah makin kuat makin bagus, desainnya aja makin ga bener :big_biglaugh:
G ini sebenernya gen paling aneh. BMW paling kg rusakan wkwkwkwk. itu B58 aja tuningannya udah sangar-sangar. dulu bocil 2jz pada kesel kenapa supra pake mesin BMW B58, skrg B58 dituning 1000hp+ juga.
b0ku wrote: Fri Nov 08, 2024 4:29
dia kira jualan mobil gampang kek bisnis laennya padahal otomotif itu banyak biasednya, kalo asal canggih murah laku mah dari dulu toyota ud bangkrut :big_biglaugh:

china liatin aja tahan berapa lama :big_bored:
tu dy

buat nge disrupt pasar otomotif itu butuh ada meteor jatuh atau major crisis kayak oil crisis dulu.

blom faktor sentimental. orang betah gonta ganti kijang dari generasi ke generasi itu kan ada faktor sentimental. buyernya nggak semua price-oriented juga.

tp ga ad orang sentimental ma hape nokia. ya emang environment nya dan OSnya aja yang gak sesuai dgn trend sekarang.

masalahnya mobil buat banyak orang itu alat produksi yang bukan cm sekedar ngikut trend.
Suryaputra wrote: Fri Nov 08, 2024 6:54
Mereka point of viewnya dr POV business dan policy.

klo specific dr POV Automotive enthu, pernah dibahas bbrp kali sm bung fitra dkk juga sih.

jd depends on POV masing2, gak ada yg salah, tinggal cocok atau nggak aja dengan POV individu tertentu
gw kalo si benik urusan investasi sering denger dan bagus tp utk otomotif oversimplified. palagi bawa sentimen kalo batubara energi lokal dan kita impor minyak. lah tetep aj kita jualnya raw material kok bukan "hilirisasi" yg dibanggain mulyono clan itu. dikira smelter punya siapa coba.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7