sealing ban yes or no?

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4245
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: sealing ban yes or no?

Post by kunaskun »

ilhami wrote: Fri Nov 01, 2024 9:09 cairan penambal ban itu pakai bahan apa sih? Mosok bisa bikin pelek berkarat. Padahal pelek dibuat dari aluminium.
aluminum tetap bisa "berkarat" kok, tapi istilah tepatnya korosi.

https://www.wileymetal.com/aluminum-cor ... n-it-does/

aluminum di udara bebas memang terlihat tidak berkarat seperti besi yang berkarat karena reaksi dengan oksigen di udara bebas. karena aluminum memang tidak reaktif dengan oksigen di udara bebas.
Salvanost
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3201
Joined: Fri Dec 14, 2012 13:44

Re: sealing ban yes or no?

Post by Salvanost »

wicaksono99 wrote: Fri Nov 01, 2024 14:39
Kalau dari awal ban baru langsung di sealing menurut saya sih mubazir ya, mending sealingnya pas bannya bocor. Dibanding keluarkan biaya untuk tambal tiptop misal 60rb, langsung sealing aja ke sekitar 400rb dan langsung worry free kedepannya ga bakal bocor di tapak ban sampai bannya botak. Dibanding bocor lagi di tiptop keluar biaya & waktu.

Kenapa sealing pas bocor? Supaya bisa berhemat..karna jarang kemungkinan 4 ban bocor dalam waktu 1thn. Kalau ban di sealing lalu sampai bannya botak gak pernah bocor/kena benda tajam yg mengakibatkan bocor kan sayang toh ...
Gua ada ban nganggur gara2 1 tahun kena paku 2x dan yg kedua gede (mur) jadi mau tiptop dan bisa 150k

Sarannya bagus sih, tar kalau ada ban udah wajib tiptop gua coba konsul kesana deh

Tapi kayanya tetap harus minimal sealing 2 ban kalau mobil ya kiri dan kanan

Ga kaya motor bisa fokus sealing depan atau belakang aja :big_think:
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4366
Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X

Re: sealing ban yes or no?

Post by ginting »

Salvanost wrote: Thu Oct 31, 2024 4:50 JAKARTA, KOMPAS.com - Mengalami ban bocor saat di perjalanan bisa sangat menjengkelkan. Untuk itu, hadir Sealing Tire Abadi yang menawarkan alternatif lain untuk membuat ban kendaraan jadi anti bocor. Beberapa waktu lalu, untuk membuat ban tubeless menjadi anti bocor, hadir cairan anti bocor yang dimasukkan ke dalam ban. Tapi, produk tersebut tidak disarankan karena berbentuk cairan dan bersifat korosif. Sehingga, merusak pelek kendaraan.

Berbeda dengan yang ditawarkan oleh Sealing Tire Abadi yang berlokasi di Pusat Otomotif Sentra Harapan (POSH), Harapan Indah, Bekasi. Sealing Tire Abadi melapisi ban dengan karet tambahan, sehingga ban lebih tahan terhadap benda tajam dan mengurangi risiko kebocoran.

Hengky Daniesca, dari Sealing Tire Abadi, mengatakan, sealing tire adalah lapisan yang melapisi bagian dasar ban. Lapisan tersebut adalah karet yang dicairkan menggunakan mesin khusus. Saat mengering, lapiran karet ini akan membuat ban tahan terhadap kebocoran. "Lapisan ini diaplikasikan pada dasar ban, jadi tidak menempel di pelek. Setelah ban dilapisi, lalu dipasang ke pelek, kita juga lakukan lagi balancing," ujar Hengky, kepada Kompas.com, belum lama ini.

Hengky mengeklaim bahwa Sealing Tire yang dia gunakan adalah satu-satunya dan pertama di Indonesia. Produk tersebut dibawa dari Jepang dan diperkenalkan di Indonesia sejak 2018.

"Mesin yang kita gunakan dari Jepang kemudian dirakit langsung di sini. Kita riset, bagaimana supaya bisa mengurangi hingga 90 persen kebocoran. Sebab, untuk lapisannya sendiri hanya ada di dasar ban, tidak bisa untuk bagian dinding ban," kata Hengky. Hengky menambahkan, lapisan karet yang menempel pada dasar ban sudah dites hingga kecepatan 280 kilometer per jam. Karet yang menempel masih dalam kondisi baik dan tetap bekerja secara optimal.

"Menurut saya, untuk handling jadi lebih empuk bantingannya. Sebab, ruang kosong pada ban terisi dengan sealing ini, ada penambahan ketebalan ban. Selain itu, suara berisik dari aspal juga dapat berkurang," ujar Hengky. "Tidak hanya mobil, motor juga bisa menggunakan sealing tire ini. Untuk truk ekspedisi juga bisa, hampir semua kendaraan bermotor kita bisa. Selama bannya dari karet dan tubeless, kita bisa aplikasikan," kata Hengky.

Hengky mengatakan, proses pengerjaan memakan waktu sekitar 2 jam, mulai dari copot ban hingga memasangnya lagi ke kendaraan. Jadi, kendaraan masih bisa ditunggu, tidak perlu ditinggal. Sebenarnya, proses mengaplikasikan lapisan karetnya hanya sekitar 5 menit. Tapi, yang lama itu proses pengeringannya, karena dilakukan secara alami. "Kita kasih garansi satu tahun. Jadi, seandainya ban yang sudah dilapisi tertancap paku dan bocor, kita akan sealing ulang. Tapi, sejauh ini belum ada komplain dari konsumen," ujar Hengky.

"Soal biaya, untuk motor, mulai dari Rp 180.000. Sedangkan untuk mobil, harga maksimalnya sekitar Rp 900.000. Saat ini, kita masih kasih diskon, belum tahu sampai kapan promonya," kata Hengky. Hengky mengatakan, tarif pengaplikasian sealing tire darinya memiliki harga yang sama seperti membeli ban baru. Namun, menurut Hengky, kompetitor sebenarnya dari sealing tire adalah ban Run Flat Tire (RFT), yang harganya jauh lebih mahal.

ini gimana ya working mechanism-nya supaya udara gak lolos dari bekas lubang paku ?
apakah ada cairan yg akan meleleh menutupnya?
kalau cuma seperti inner layer sih kalau kena paku nembusm harusnya masih lolos anginnya keluar