Serba Serbi Ban Part 5

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

benxavier
Visitor
Visitor
Posts: 9
Joined: Sat Dec 28, 2024 16:31
Location: Samarinda
Daily Vehicle: Wuling Alvez CE

Re: Serba Serbi Ban Part 5

Post by benxavier »

doge wrote: Tue Dec 31, 2024 10:40
benxavier wrote: Tue Dec 31, 2024 8:15 Gan, minta pencerahannya ya. Ane baru upgrade velg alvez dari R16 jadi R18 et 40, lebar 8. Ban 225/50. Untuk ban belakang sih aman. Tapi untuk ban depan kalau mentok kiri/kanan, ada suara gesekan. Pas ane periksa ternyata bannya kegesek rangka bagian dalam. Nah, akhirnya disaranin sama mekaniknya pasang spacer 4mm, dan ternyata masih tegesek juga. Akhirnya mekaniknya inisiatif getok tu plat besi pake palu. Ane mastiin apa aman, dia bilang aman sih, karna dibalik plat besi itu, ga ada komponen apa2. Nah ternyata abis di getok pun, penyakitnya masih sama nih, jadi percuma aja dong digetok.
Pertanyaan ane:
1. Apakah mobil di getok itu aman? memang gak telalu masuk sih, karna plat alvez ternyata tebal banget.
2. Solusinya apa ya supaya ga tegesek2 lagi? ane baru pesan spacer nok 8mm 2pc untuk ban depan, moga2 abis dipasang jadi aman. Apakah misalnya ban depan kita kasih spacer nok, ban belakang juga perlu? karena saat ini ban belakang cuma pakai center ring saja.
Bawaan alvez lebar 205, et 40

Biasa naik ukuran klo ga mau ribet cm naik 1 size, brarti jd 215, itupun idealnya hrs cek fitment, sambil diangkat setir mentokin diliat, ada kepentok apa ngga

Tp klo maunya 225 ya spacerin terus aja (itungan bodo itu 205 ke 225 naik 20mm, anggeplah rata kiri kanan ngelebarnya, berarti bannya lebih lebar 10mm di satu sisi, ya itu minimal spacernya)
waduh, udah telanjur pesen spacer nob 8mm, ntar kalo dipasang itu masih kepentok juga, terpaksa pesen ulang yang 10mm, trus yg 8mm pindah ke ban belakang.

kalo spacer nok 1cm masih aman gak ya baut2 rodanya? takut kependekan jadinya bautnya hehe
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1755
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Serba Serbi Ban Part 5

Post by MSU »

benxavier wrote: Tue Dec 31, 2024 8:15 Gan, minta pencerahannya ya. Ane baru upgrade velg alvez dari R16 jadi R18 et 40, lebar 8. Ban 225/50. Untuk ban belakang sih aman. Tapi untuk ban depan kalau mentok kiri/kanan, ada suara gesekan. Pas ane periksa ternyata bannya kegesek rangka bagian dalam. Nah, akhirnya disaranin sama mekaniknya pasang spacer 4mm, dan ternyata masih tegesek juga. Akhirnya mekaniknya inisiatif getok tu plat besi pake palu. Ane mastiin apa aman, dia bilang aman sih, karna dibalik plat besi itu, ga ada komponen apa2. Nah ternyata abis di getok pun, penyakitnya masih sama nih, jadi percuma aja dong digetok.
Pertanyaan ane:
1. Apakah mobil di getok itu aman? memang gak telalu masuk sih, karna plat alvez ternyata tebal banget.
2. Solusinya apa ya supaya ga tegesek2 lagi? ane baru pesan spacer nok 8mm 2pc untuk ban depan, moga2 abis dipasang jadi aman. Apakah misalnya ban depan kita kasih spacer nok, ban belakang juga perlu? karena saat ini ban belakang cuma pakai center ring saja.
Lha udh keburu diketok jg kan? Jd ya udh terlanjur
Kalo sy....mending velg yg dikalahin...cari yg lain + fitment dl sampe yakin aman
doge
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 774
Joined: Mon Jan 18, 2016 14:54

Re: Serba Serbi Ban Part 5

Post by doge »

benxavier wrote: Tue Dec 31, 2024 10:48
doge wrote: Tue Dec 31, 2024 10:40
benxavier wrote: Tue Dec 31, 2024 8:15 Gan, minta pencerahannya ya. Ane baru upgrade velg alvez dari R16 jadi R18 et 40, lebar 8. Ban 225/50. Untuk ban belakang sih aman. Tapi untuk ban depan kalau mentok kiri/kanan, ada suara gesekan. Pas ane periksa ternyata bannya kegesek rangka bagian dalam. Nah, akhirnya disaranin sama mekaniknya pasang spacer 4mm, dan ternyata masih tegesek juga. Akhirnya mekaniknya inisiatif getok tu plat besi pake palu. Ane mastiin apa aman, dia bilang aman sih, karna dibalik plat besi itu, ga ada komponen apa2. Nah ternyata abis di getok pun, penyakitnya masih sama nih, jadi percuma aja dong digetok.
Pertanyaan ane:
1. Apakah mobil di getok itu aman? memang gak telalu masuk sih, karna plat alvez ternyata tebal banget.
2. Solusinya apa ya supaya ga tegesek2 lagi? ane baru pesan spacer nok 8mm 2pc untuk ban depan, moga2 abis dipasang jadi aman. Apakah misalnya ban depan kita kasih spacer nok, ban belakang juga perlu? karena saat ini ban belakang cuma pakai center ring saja.
Bawaan alvez lebar 205, et 40

Biasa naik ukuran klo ga mau ribet cm naik 1 size, brarti jd 215, itupun idealnya hrs cek fitment, sambil diangkat setir mentokin diliat, ada kepentok apa ngga

Tp klo maunya 225 ya spacerin terus aja (itungan bodo itu 205 ke 225 naik 20mm, anggeplah rata kiri kanan ngelebarnya, berarti bannya lebih lebar 10mm di satu sisi, ya itu minimal spacernya)
waduh, udah telanjur pesen spacer nob 8mm, ntar kalo dipasang itu masih kepentok juga, terpaksa pesen ulang yang 10mm, trus yg 8mm pindah ke ban belakang.

kalo spacer nok 1cm masih aman gak ya baut2 rodanya? takut kependekan jadinya bautnya hehe
Klo masih mentok abis pasang spacer 8mm mending ganti velg om, trus fitment yg bner sblm ekse

Itu roda klo smpe copot bisa nganter om ato orang lain ke hidup baru ntar :big_dunno:
:ngacir:
benxavier
Visitor
Visitor
Posts: 9
Joined: Sat Dec 28, 2024 16:31
Location: Samarinda
Daily Vehicle: Wuling Alvez CE

Re: Serba Serbi Ban Part 5

Post by benxavier »

ini ane post foto bagian yang digetok yaa, kata orangnya aman sih, moga aja beneran :(

Image
benxavier
Visitor
Visitor
Posts: 9
Joined: Sat Dec 28, 2024 16:31
Location: Samarinda
Daily Vehicle: Wuling Alvez CE

Re: Serba Serbi Ban Part 5

Post by benxavier »

josomba wrote: Tue Dec 31, 2024 9:32
benxavier wrote: Tue Dec 31, 2024 8:15 Gan, minta pencerahannya ya. Ane baru upgrade velg alvez dari R16 jadi R18 et 40, lebar 8. Ban 225/50. Untuk ban belakang sih aman. Tapi untuk ban depan kalau mentok kiri/kanan, ada suara gesekan. Pas ane periksa ternyata bannya kegesek rangka bagian dalam. Nah, akhirnya disaranin sama mekaniknya pasang spacer 4mm, dan ternyata masih tegesek juga. Akhirnya mekaniknya inisiatif getok tu plat besi pake palu. Ane mastiin apa aman, dia bilang aman sih, karna dibalik plat besi itu, ga ada komponen apa2. Nah ternyata abis di getok pun, penyakitnya masih sama nih, jadi percuma aja dong digetok.
Pertanyaan ane:
1. Apakah mobil di getok itu aman? memang gak telalu masuk sih, karna plat alvez ternyata tebal banget.
2. Solusinya apa ya supaya ga tegesek2 lagi? ane baru pesan spacer nok 8mm 2pc untuk ban depan, moga2 abis dipasang jadi aman. Apakah misalnya ban depan kita kasih spacer nok, ban belakang juga perlu? karena saat ini ban belakang cuma pakai center ring saja.
OOT, bagian yg digetok yg mana-nya tuh om? Ntr ternyata arah2 lower arm yg kena getok, pas spooring baru kelihatan efeknya lg.

:big_think:
inii gan yang di getokk
Image

aman gak ya?
vincewonk
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 664
Joined: Wed Dec 26, 2007 19:33
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Gojek

Re: Serba Serbi Ban Part 5

Post by vincewonk »

josomba wrote: Thu Dec 19, 2024 2:46
ctopher7 wrote: Thu Dec 19, 2024 2:36
thank you om, kalo untuk wet grip gimana ya? soalnya ban skarang conti mc6 sbnernya uda enak banget (dry grip,wet grip,handling,road noise) tapi penasaran sama prime 4 ini karena baru dan lebih murah. kalo wet grip nya ga bagus kek pendahulunya, skip deh ga brani
Kalau di ane jujur wet gripnya oke + lawan genangan mgkn baru aquaplan di speed 100++ ga kek prime 3 90 kph aja dah harus pegang setir kuat. Semingguan ini sempet sengaja lewatin water puddle di sekitaran tol kunciran.

Tapi ya om dari MC6 yg menurut ane dulu MC5 overall oke aja + setir masih anteng buat mentokin speedo, nah ini walaupun di mobil berbeda dari mobil yg dulu pernah pake MC5, si hankuk kurang oke sih. Even dari Toyo OEM aja, lebih pede pake toyo kalau mau main mentokin speedo.
vincewonk wrote: Mon Dec 02, 2024 4:16 eh sama lagi om, baru saya mau posting mengenai prime 4. kmaren beli buat taruh di yaris 2019. penasaran sama wet gripnya. tar coba kalau udah 500-1000km baru posting reviewnya lagi ah. saya ukuran 195 55 16
Mgkn om vincewonk ada update juga setelah beberapa waktu dipake di yasir?
Sialnya udah bbrp hari koq kering nih om. Jujur saya pribadi lebih cocok ke falken ze310 drpd ventus prime 4 ini. Ze310 agak keras sidewallnya, tp wetnya bagus sekali dan justru lebih sunyi.

Selera sih, kalo ga seneng ngepush mobil di tikungan ga perlu sidewall.keras. ventus prime 4 enak.
vincewonk
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 664
Joined: Wed Dec 26, 2007 19:33
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Gojek

Re: Serba Serbi Ban Part 5

Post by vincewonk »

benxavier wrote: Tue Dec 31, 2024 8:15 Gan, minta pencerahannya ya. Ane baru upgrade velg alvez dari R16 jadi R18 et 40, lebar 8. Ban 225/50. Untuk ban belakang sih aman. Tapi untuk ban depan kalau mentok kiri/kanan, ada suara gesekan. Pas ane periksa ternyata bannya kegesek rangka bagian dalam. Nah, akhirnya disaranin sama mekaniknya pasang spacer 4mm, dan ternyata masih tegesek juga. Akhirnya mekaniknya inisiatif getok tu plat besi pake palu. Ane mastiin apa aman, dia bilang aman sih, karna dibalik plat besi itu, ga ada komponen apa2. Nah ternyata abis di getok pun, penyakitnya masih sama nih, jadi percuma aja dong digetok.
Pertanyaan ane:
1. Apakah mobil di getok itu aman? memang gak telalu masuk sih, karna plat alvez ternyata tebal banget.
2. Solusinya apa ya supaya ga tegesek2 lagi? ane baru pesan spacer nok 8mm 2pc untuk ban depan, moga2 abis dipasang jadi aman. Apakah misalnya ban depan kita kasih spacer nok, ban belakang juga perlu? karena saat ini ban belakang cuma pakai center ring saja.
Jd penasaran mau liat fitment mobilnya kayak apa dgn velg ini
benxavier
Visitor
Visitor
Posts: 9
Joined: Sat Dec 28, 2024 16:31
Location: Samarinda
Daily Vehicle: Wuling Alvez CE

Re: Serba Serbi Ban Part 5

Post by benxavier »

vincewonk wrote: Tue Dec 31, 2024 13:22
benxavier wrote: Tue Dec 31, 2024 8:15 Gan, minta pencerahannya ya. Ane baru upgrade velg alvez dari R16 jadi R18 et 40, lebar 8. Ban 225/50. Untuk ban belakang sih aman. Tapi untuk ban depan kalau mentok kiri/kanan, ada suara gesekan. Pas ane periksa ternyata bannya kegesek rangka bagian dalam. Nah, akhirnya disaranin sama mekaniknya pasang spacer 4mm, dan ternyata masih tegesek juga. Akhirnya mekaniknya inisiatif getok tu plat besi pake palu. Ane mastiin apa aman, dia bilang aman sih, karna dibalik plat besi itu, ga ada komponen apa2. Nah ternyata abis di getok pun, penyakitnya masih sama nih, jadi percuma aja dong digetok.
Pertanyaan ane:
1. Apakah mobil di getok itu aman? memang gak telalu masuk sih, karna plat alvez ternyata tebal banget.
2. Solusinya apa ya supaya ga tegesek2 lagi? ane baru pesan spacer nok 8mm 2pc untuk ban depan, moga2 abis dipasang jadi aman. Apakah misalnya ban depan kita kasih spacer nok, ban belakang juga perlu? karena saat ini ban belakang cuma pakai center ring saja.
Jd penasaran mau liat fitment mobilnya kayak apa dgn velg ini
Image
Last edited by benxavier on Tue Dec 31, 2024 14:01, edited 1 time in total.
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11595
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Serba Serbi Ban Part 5

Post by marmut »

benxavier wrote: Tue Dec 31, 2024 8:15
2. Solusinya apa ya supaya ga tegesek2 lagi?


muter setirnya dikit aja biar ga mentok kegesek. lagipun part suspensi jg bakalan lbh awet kok.
vincewonk
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 664
Joined: Wed Dec 26, 2007 19:33
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Gojek

Re: Serba Serbi Ban Part 5

Post by vincewonk »

marmut wrote: Tue Dec 31, 2024 14:21
benxavier wrote: Tue Dec 31, 2024 8:15
2. Solusinya apa ya supaya ga tegesek2 lagi?


muter setirnya dikit aja biar ga mentok kegesek. lagipun part suspensi jg bakalan lbh awet kok.
Waduh jd kayak bawa yaris joker dong mbah, uda mentok muter stir tp maai ga dapet belokannya :big_biglaugh:
Lele2017
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: Fri Dec 27, 2024 15:52
Daily Vehicle: Yaris 2NR-FE 2017

Re: Serba Serbi Ban Part 5

Post by Lele2017 »

Greenhunter wrote: Sun Dec 29, 2024 23:46
Lele2017 wrote: Sun Dec 29, 2024 14:44 Malam om semua.
Mohon pencerahannya, kebetulan baru abis ganti 4 ban di gerobak saya. Tapi karena budget ngepres akhirnya di mix depan Turanza T005A dan belakang Hankuk Kinergy Eco².
Pertanyaan nya, lebih baik turanza di depan atau di belakang ya?

Kemudian, karena hankuk nya beli online eh pas di balancing salah satu ban nya kurang oke (hasilnya 140 - 145). Namun tetep saya pasang karena ga bisa retur. Nah, kira² dengan spt ini resikonya apa ya om untuk lomlng term nya? Dan untuk bisa di balancing dgn hasil normal apa yg perlu dilakukan?

Terimakasih banyak sebelumnya.
Turanza di depan, beban roda dpn lebih berat dari belakang biasanya juga akan kebih cepat aus dibanding belakang. Setelah bbtp ribu km pemakaian coba dibalancing ulang. Hankook cenderung butuh tekanan angin lebih tinggi dari ban lain, dindingnya cenderung empuk. Di saya isinya 37 psi
Siap, thanks advicenya om..

Pake hankuk kinergy eco² juga kah?
Waw gede juga tekanan anginnya. Kalo kondisi cerah panas apa ga resiko nambah memuai ban nya om?
Greenhunter
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 776
Joined: Mon Aug 25, 2014 14:12

Re: Serba Serbi Ban Part 5

Post by Greenhunter »

Lele2017 wrote: Tue Dec 31, 2024 20:21
Greenhunter wrote: Sun Dec 29, 2024 23:46
Lele2017 wrote: Sun Dec 29, 2024 14:44 Malam om semua.
Mohon pencerahannya, kebetulan baru abis ganti 4 ban di gerobak saya. Tapi karena budget ngepres akhirnya di mix depan Turanza T005A dan belakang Hankuk Kinergy Eco².
Pertanyaan nya, lebih baik turanza di depan atau di belakang ya?

Kemudian, karena hankuk nya beli online eh pas di balancing salah satu ban nya kurang oke (hasilnya 140 - 145). Namun tetep saya pasang karena ga bisa retur. Nah, kira² dengan spt ini resikonya apa ya om untuk lomlng term nya? Dan untuk bisa di balancing dgn hasil normal apa yg perlu dilakukan?

Terimakasih banyak sebelumnya.
Turanza di depan, beban roda dpn lebih berat dari belakang biasanya juga akan kebih cepat aus dibanding belakang. Setelah bbtp ribu km pemakaian coba dibalancing ulang. Hankook cenderung butuh tekanan angin lebih tinggi dari ban lain, dindingnya cenderung empuk. Di saya isinya 37 psi
Siap, thanks advicenya om..

Pake hankuk kinergy eco² juga kah?
Waw gede juga tekanan anginnya. Kalo kondisi cerah panas apa ga resiko nambah memuai ban nya om?
Selama ini pakai hankook saya seperti itu tidak ada masalah bang. Di mobil lain saya pakai hankook juga tekanan 35 psi karena 37 terasa terlalu keras.
Sesuaiin aja dengan kebutuhan abang tapi saran saya kalau hankook jangan lurang dari 35, dindingnya jadi ngedonat dan kayak kurang angin handling mobil jadi gak enak, mungkin krn ban jadi letoy terlalu empuk bannya
Angelpesek
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 264
Joined: Fri Jan 19, 2018 4:05
Location: Medan
Daily Vehicle: Kia_rio

Re: Serba Serbi Ban Part 5

Post by Angelpesek »

Greenhunter wrote: Wed Jan 01, 2025 8:34
Lele2017 wrote: Tue Dec 31, 2024 20:21
Greenhunter wrote: Sun Dec 29, 2024 23:46

Turanza di depan, beban roda dpn lebih berat dari belakang biasanya juga akan kebih cepat aus dibanding belakang. Setelah bbtp ribu km pemakaian coba dibalancing ulang. Hankook cenderung butuh tekanan angin lebih tinggi dari ban lain, dindingnya cenderung empuk. Di saya isinya 37 psi
Siap, thanks advicenya om..

Pake hankuk kinergy eco² juga kah?
Waw gede juga tekanan anginnya. Kalo kondisi cerah panas apa ga resiko nambah memuai ban nya om?
Selama ini pakai hankook saya seperti itu tidak ada masalah bang. Di mobil lain saya pakai hankook juga tekanan 35 psi karena 37 terasa terlalu keras.
Sesuaiin aja dengan kebutuhan abang tapi saran saya kalau hankook jangan lurang dari 35, dindingnya jadi ngedonat dan kayak kurang angin handling mobil jadi gak enak, mungkin krn ban jadi letoy terlalu empuk bannya
Sy pake jg
Isi angin 36
Dibawah itu terasa limbung ban nampak kempes
Tebal ban 65
marpaung
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: Thu Jan 02, 2025 12:10
Location: Solo
Daily Vehicle: SX4 S-Cross

Re: Serba Serbi Ban Part 5

Post by marpaung »

selamat malam suhu2 semuanya
mau konsul soal ban nih, kebetulan ane awam bgt soal mobil, ini baru aja dapet S-Cross 2016 dengan kondisi ban nya itu depan belakang beda ukuran, tipenya sama2 pake Accelera Phi-R. Ukurannya yg depan 225/45 R18, yg belakangnya 225/50 R18. Pas ane coba sih berasa agak keras dan lumayan berisik suara ban nya, udah baca2 rekomendasi ban yg silent ada:
1. Dunlop SP Sport LM705
2. Bridgestone Turanza T005A
3. Michelin Primacy 4
Setelah ane cek, yg profilnya sama kaya yg sekarang cuma ada michelin, yg dunlop sm BS ada beda misal jadi 215/55 atau 235/50 di range harga yg mirip (1.4-2jt). Keliatannya karena produsen ban itu menyesuaikan sama pabrikan mobilnya juga ya? jadi ga semua ukuran ada, kalaupun ada yg ga umum harganya mahal bgt

Mohon rekomendasinya suhu, bagusnya ganti ke apa ya kalo mau yg silent dan ukurannya yg mana (better depan belakang sama atau besar yg belakang spt sekarang), sukur2 bisa lebih empuk haha (paham jadi lebih keras gara2 naik dari standarnya R16 ke R18)
Terimakasih
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11933
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Serba Serbi Ban Part 5

Post by Suryaputra »

marpaung wrote: Thu Jan 02, 2025 12:40 selamat malam suhu2 semuanya
mau konsul soal ban nih, kebetulan ane awam bgt soal mobil, ini baru aja dapet S-Cross 2016 dengan kondisi ban nya itu depan belakang beda ukuran, tipenya sama2 pake Accelera Phi-R. Ukurannya yg depan 225/45 R18, yg belakangnya 225/50 R18. Pas ane coba sih berasa agak keras dan lumayan berisik suara ban nya, udah baca2 rekomendasi ban yg silent ada:
1. Dunlop SP Sport LM705
2. Bridgestone Turanza T005A
3. Michelin Primacy 4
Setelah ane cek, yg profilnya sama kaya yg sekarang cuma ada michelin, yg dunlop sm BS ada beda misal jadi 215/55 atau 235/50 di range harga yg mirip (1.4-2jt). Keliatannya karena produsen ban itu menyesuaikan sama pabrikan mobilnya juga ya? jadi ga semua ukuran ada, kalaupun ada yg ga umum harganya mahal bgt

Mohon rekomendasinya suhu, bagusnya ganti ke apa ya kalo mau yg silent dan ukurannya yg mana (better depan belakang sama atau besar yg belakang spt sekarang), sukur2 bisa lebih empuk haha (paham jadi lebih keras gara2 naik dari standarnya R16 ke R18)
Terimakasih
klo budget no issue sih, merem yah ambil Michelin Primacy 4
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
lemonadelovers
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1665
Joined: Sat Apr 26, 2014 4:42

Re: Serba Serbi Ban Part 5

Post by lemonadelovers »

Nyobain michelin pilot sport ev + velg hyundai ioniq 5 d KIA Grand Sedona manteb banget masih dpt empuk n extra senyap.

Efek ada busa d tapak dalam ban. Klo ban biasa dikasih busa gini kayaknya menarik banget
Big Displacement V engine enthusiast:
V8: 1UR-FSE{|}8AT
V6: 2GR-FE{|}6AT
V6: G6DF{|}6AT

Eco Mode
DDiS 1.3
1NR-VE
K10C
hendersz
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 59
Joined: Sat Jun 01, 2024 17:02

Re: Serba Serbi Ban Part 5

Post by hendersz »

marpaung wrote: Thu Jan 02, 2025 12:40 selamat malam suhu2 semuanya
mau konsul soal ban nih, kebetulan ane awam bgt soal mobil, ini baru aja dapet S-Cross 2016 dengan kondisi ban nya itu depan belakang beda ukuran, tipenya sama2 pake Accelera Phi-R. Ukurannya yg depan 225/45 R18, yg belakangnya 225/50 R18. Pas ane coba sih berasa agak keras dan lumayan berisik suara ban nya, udah baca2 rekomendasi ban yg silent ada:
1. Dunlop SP Sport LM705
2. Bridgestone Turanza T005A
3. Michelin Primacy 4
Setelah ane cek, yg profilnya sama kaya yg sekarang cuma ada michelin, yg dunlop sm BS ada beda misal jadi 215/55 atau 235/50 di range harga yg mirip (1.4-2jt). Keliatannya karena produsen ban itu menyesuaikan sama pabrikan mobilnya juga ya? jadi ga semua ukuran ada, kalaupun ada yg ga umum harganya mahal bgt

Mohon rekomendasinya suhu, bagusnya ganti ke apa ya kalo mau yg silent dan ukurannya yg mana (better depan belakang sama atau besar yg belakang spt sekarang), sukur2 bisa lebih empuk haha (paham jadi lebih keras gara2 naik dari standarnya R16 ke R18)
Terimakasih
Bagusnya sih disamakan aja ukurannya. Untuk ukuran segitu alternatifnya ada Hankook Ventus Prime 4 dan Dunlop Direzza DZ102. Harganya juga cuma 1,1-1,2 jutaan.
sh00t
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 1337
Joined: Fri Jan 18, 2019 10:39

Re: Serba Serbi Ban Part 5

Post by sh00t »

Suryaputra wrote: Fri Dec 27, 2024 6:22
azu wrote: Fri Dec 27, 2024 6:18
Kok jadi kaya sales Bquik ya :glodak:
tambahin disclemer Buy at your own risk :ngacir:
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11933
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Serba Serbi Ban Part 5

Post by Suryaputra »

Double postt.........
Last edited by Suryaputra on Sat Jan 04, 2025 7:03, edited 1 time in total.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11933
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Serba Serbi Ban Part 5

Post by Suryaputra »

sh00t wrote: Sat Jan 04, 2025 6:43
Suryaputra wrote: Fri Dec 27, 2024 6:22
azu wrote: Fri Dec 27, 2024 6:18
Kok jadi kaya sales Bquik ya :glodak:
tambahin disclemer Buy at your own risk :ngacir:
Lgs disambut, di kolom komen sama GY official :big_exellent:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri