Menurut pengalaman saya, jebol transmisi bertahap om, ga langsung loss (kecuali dipake geber2an yak) dan biasanya kena di torque converter dan/atau bodyvalve.
Kalo liat dari symptom awalnya, kayaknya masalah kelistrikan / ECU dan ngerembet ke TCM. Cek bertahap om, mulai dari yang paling simpel, Pastiin akinya sehat (pake multimeter, kondisi mesin nyala dan mati). Kalo ini udah, coba cek sekring & relay2nya. Kalo ini udah, cek jalur2 kabel ke sekring, jalur ke ecu dll dsb. Kalo semuanya udah okey dan ga ada masalah di ECU dan TCM, baru masuk ke komponen yang mekanis.
Intinya jangan lgs percaya sama vonis ghoib.
TOLOOONG… mercy C230 W204 digas ga mau jalan…
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 17
- Joined: Thu Jul 20, 2023 7:55
- Daily Vehicle: Zhongtong 6180GC City Bus
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 783
- Joined: Mon Aug 25, 2014 14:12
Re: TOLOOONG… mercy C230 W204 digas ga mau jalan…
setuju dengan bagian bold itu, harus dipastikan dulu, kalau perlu cari 2nd and 3rd opinion ke bengkel lain.mullen wrote: ↑Wed Jan 15, 2025 5:14 Menurut pengalaman saya, jebol transmisi bertahap om, ga langsung loss (kecuali dipake geber2an yak) dan biasanya kena di torque converter dan/atau bodyvalve.
Kalo liat dari symptom awalnya, kayaknya masalah kelistrikan / ECU dan ngerembet ke TCM. Cek bertahap om, mulai dari yang paling simpel, Pastiin akinya sehat (pake multimeter, kondisi mesin nyala dan mati). Kalo ini udah, coba cek sekring & relay2nya. Kalo ini udah, cek jalur2 kabel ke sekring, jalur ke ecu dll dsb. Kalo semuanya udah okey dan ga ada masalah di ECU dan TCM, baru masuk ke komponen yang mekanis.
Intinya jangan lgs percaya sama vonis ghoib.
jebol transmisi bisa langsung loss kalau yang rusak seal sealnya, jadi tekanan oli matic langsung hilang tidak cukup kuat untuk menekan kampas matic baik maju atau mundur karena seal2nya jebol, oli matic hanya berputar saja tidak ada tekanannya