Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

graphics
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: Wed Apr 10, 2019 10:46
Location: indonesia
Daily Vehicle: Innova

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by graphics »

ilhami wrote: Fri Jan 10, 2025 16:03 Performa dan Kompatibilitas

Dexron VI:
Viskositas lebih rendah dibandingkan Dexron III atau varian sebelumnya, sehingga meningkatkan efisiensi bahan bakar.
Tidak kompatibel dengan spesifikasi SP-III atau SP-IV karena formula berbeda.
Jika digunakan di transmisi Mitsubishi yang membutuhkan SP-III/SP-IV, dapat menyebabkan:
Perpindahan gigi tidak mulus.
Percepatan aus pada komponen internal transmisi.
Potensi kegagalan transmisi jangka panjang.
spesifikasi xpander yg diminta kl ga salah MA-1 om, itu sama dengan SP-III atau SP-IV kah? masih newbie bngt nih...
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2315
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by sahabatq8 »

graphics wrote: Mon Jan 13, 2025 4:03
ilhami wrote: Fri Jan 10, 2025 16:03 Performa dan Kompatibilitas

Dexron VI:
Viskositas lebih rendah dibandingkan Dexron III atau varian sebelumnya, sehingga meningkatkan efisiensi bahan bakar.
Tidak kompatibel dengan spesifikasi SP-III atau SP-IV karena formula berbeda.
Jika digunakan di transmisi Mitsubishi yang membutuhkan SP-III/SP-IV, dapat menyebabkan:
Perpindahan gigi tidak mulus.
Percepatan aus pada komponen internal transmisi.
Potensi kegagalan transmisi jangka panjang.
spesifikasi xpander yg diminta kl ga salah MA-1 om, itu sama dengan SP-III atau SP-IV kah? masih newbie bngt nih...
Beda, SP-IV itu spek maticnya Hyundai/Kia. Tapi beberapa oli yang comply sama MA1 bisa untuk SP-IV juga.
IMG-20250113-WA0009.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
graphics
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: Wed Apr 10, 2019 10:46
Location: indonesia
Daily Vehicle: Innova

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by graphics »

sahabatq8 wrote: Mon Jan 13, 2025 9:47
graphics wrote: Mon Jan 13, 2025 4:03
ilhami wrote: Fri Jan 10, 2025 16:03 Performa dan Kompatibilitas

Dexron VI:
Viskositas lebih rendah dibandingkan Dexron III atau varian sebelumnya, sehingga meningkatkan efisiensi bahan bakar.
Tidak kompatibel dengan spesifikasi SP-III atau SP-IV karena formula berbeda.
Jika digunakan di transmisi Mitsubishi yang membutuhkan SP-III/SP-IV, dapat menyebabkan:
Perpindahan gigi tidak mulus.
Percepatan aus pada komponen internal transmisi.
Potensi kegagalan transmisi jangka panjang.
spesifikasi xpander yg diminta kl ga salah MA-1 om, itu sama dengan SP-III atau SP-IV kah? masih newbie bngt nih...
Beda, SP-IV itu spek maticnya Hyundai/Kia. Tapi beberapa oli yang comply sama MA1 bisa untuk SP-IV juga.
IMG-20250113-WA0009.jpg
siiip om, thx utk pencerahannya :big_okay:
Supersedan
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 227
Joined: Wed Jun 15, 2022 9:37
Daily Vehicle: Mobilio

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by Supersedan »

Maaf oot dikit, mau nanya oli gear motor matic..
Saya abis restorasi motor mio, kemarin gear ratio set saya ganti baru semua, oli gearnya dimasukin sama bengkelnya oli mesin 5w-30/40 saya lupa.

Kira2 pemakaian 500km, saya ganti oli mesin (karena sekalian inrayen mesin) sekalian lah ganti oli gear, nah oli gearnya butek dan banyak gliter *poto terlampir*
Di motor yg lain saya biasa ganti oli gear 6 bulan jg masih bening pol olinya..

Kemarin sy ganti oli gearny pake 80w-90 gl5, kerasa jauh lebih adem suara gearnya, ini rencana interval penggantian mau di percepat sekalian mau ngecek lg.
Nah kalo oli gearnya saya mau coba yg 75w-90 bisa kan ya, mau coba yg repack amsoil atau q8 :big_biglaugh:
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2315
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by sahabatq8 »

Supersedan wrote: Wed Jan 15, 2025 9:46 Maaf oot dikit, mau nanya oli gear motor matic..
Saya abis restorasi motor mio, kemarin gear ratio set saya ganti baru semua, oli gearnya dimasukin sama bengkelnya oli mesin 5w-30/40 saya lupa.

Kira2 pemakaian 500km, saya ganti oli mesin (karena sekalian inrayen mesin) sekalian lah ganti oli gear, nah oli gearnya butek dan banyak gliter *poto terlampir*
Di motor yg lain saya biasa ganti oli gear 6 bulan jg masih bening pol olinya..

Kemarin sy ganti oli gearny pake 80w-90 gl5, kerasa jauh lebih adem suara gearnya, ini rencana interval penggantian mau di percepat sekalian mau ngecek lg.
Nah kalo oli gearnya saya mau coba yg 75w-90 bisa kan ya, mau coba yg repack amsoil atau q8 :big_biglaugh:
Kilap kilap horror :upss:
Kalo oli gear sebaiknya jangan pake sembarang oli mesin. Pake antara oli mesin yang memang di design untuk gearbox (kyk Q8 City 10w30) atau pake oli gardan aja. Oli mesin biasa kurang additif untuk melindungi jenis gesekan yang terjadi didalam gearbox.

Pake 75w90 bisa