EV's Safety?

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5504
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: EV's Safety?

Post by b0ku »

kendibocor wrote: Fri Jan 17, 2025 11:00 Jd intinya ni thread sampai halaman 39 apaan sih? :big_biglaugh:

Perasaan ke up mulu tp ga mutu isinya. Yg bermutu cuman post om bibie doang bener2 bahas ev. Sisanya nyampah dhuar dhuar dhuar :big_weee:
ya kan ud dikasih liat noh kebakaran berapa banyak ya kalo yang doyan EVnya denial mulu ya terserah :ngacir:

kalo meleduk berkali2x terus ada pemerintah parno ngebatesin naek ferry lah parkir di gedung lah terus nyebur ke aer bisa kebakar lah, sama ud ditaro jadi bangke aja bisa kebakar itu namanya bahas safety apa engak????

oh iya belom bahas kalo lagi musim badai dan banjir disuruh ngungsi takut kebakaran karena kerendem :big_think:

sekarang lagi bahas hyundeinya aja parno mobil cuma jedut batu dan bisa jalan aja paranoid suruh diganti batrenya :big_smoking:

oh iya sama tanda tanya kenapa itu postingan ioniq gosong di junkyard top X bisa ilang ????? :big_think:

oh iya belom diatas juga bahas kaki2x patah karena EV berat terutama di merek BYD......... itu namanya bahas safety bukan??? :ngacir:
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3820
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: EV's Safety?

Post by kendibocor »

b0ku wrote: Fri Jan 17, 2025 11:05
kendibocor wrote: Fri Jan 17, 2025 11:00 Jd intinya ni thread sampai halaman 39 apaan sih? :big_biglaugh:

Perasaan ke up mulu tp ga mutu isinya. Yg bermutu cuman post om bibie doang bener2 bahas ev. Sisanya nyampah dhuar dhuar dhuar :big_weee:
ya kan ud dikasih liat noh kebakaran berapa banyak ya kalo yang doyan EVnya denial mulu ya terserah :ngacir:

sekarang lagi bahas hyundeinya aja parno mobil cuma jedut batu dan bisa jalan aja paranoid suruh diganti batrenya :big_smoking:

oh iya sama tanda tanya kenapa itu postingan ioniq gosong di junkyard top X bisa ilang ????? :big_think:
Coba tanya si topx aja om kalo penasaran drpd menggiring opini melulu :mky_03:
Kalo ngepost2 dhuar dhuar dhuar mah bukan data om. Balik lg mo buat conclusion sesuatu kn harus pake statistik. Postingan dhuar dhuar dhuaran doang mah ga ada artinya. Kayaknya 90% yg maen ni forum jg ga bakalan liat tuh video. Kalo cuman posting2an video gitu mah ngumpulin mbl ICE yg dhuar jg bisa, cuman ga ada haters ICE yg kurang kerjaan aja :big_biglaugh:

Dah ah ane kabur lg, drpd jadi panjang kalo berdebat sama om trus ga ada faedahnya jg bwat ni thread :big_biglaugh:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5504
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: EV's Safety?

Post by b0ku »

kendibocor wrote: Fri Jan 17, 2025 11:22
b0ku wrote: Fri Jan 17, 2025 11:05
kendibocor wrote: Fri Jan 17, 2025 11:00 Jd intinya ni thread sampai halaman 39 apaan sih? :big_biglaugh:

Perasaan ke up mulu tp ga mutu isinya. Yg bermutu cuman post om bibie doang bener2 bahas ev. Sisanya nyampah dhuar dhuar dhuar :big_weee:
ya kan ud dikasih liat noh kebakaran berapa banyak ya kalo yang doyan EVnya denial mulu ya terserah :ngacir:

sekarang lagi bahas hyundeinya aja parno mobil cuma jedut batu dan bisa jalan aja paranoid suruh diganti batrenya :big_smoking:

oh iya sama tanda tanya kenapa itu postingan ioniq gosong di junkyard top X bisa ilang ????? :big_think:
Coba tanya si topx aja om kalo penasaran drpd menggiring opini melulu :mky_03:
Kalo ngepost2 dhuar dhuar dhuar mah bukan data om. Balik lg mo buat conclusion sesuatu kn harus pake statistik. Postingan dhuar dhuar dhuaran doang mah ga ada artinya. Kayaknya 90% yg maen ni forum jg ga bakalan liat tuh video. Kalo cuman posting2an video gitu mah ngumpulin mbl ICE yg dhuar jg bisa, cuman ga ada haters ICE yg kurang kerjaan aja :big_biglaugh:

Dah ah ane kabur lg, drpd jadi panjang kalo berdebat sama om trus ga ada faedahnya jg bwat ni thread :big_biglaugh:
ya segitu banyak postingan dia kenapa yang itu aja yang ilang barbuk penting loh tentang ev fire di indo :big_think:

kan ud tuh 5thkayu selalu posting yang list ice juga lagian percuma ice itu karakter apirnya gampang di handle juga dan kalo meleduk pasti antara faktor wear and tear atau accident :big_bored:

kan di bahas ev safety karakter apinya ev yang tiba2x meledak dan susah di handle belom kena aer pun bisa meleduk..... 2 kasus viral korea kan juga mobil gak ada dosa tau2x kebakar di parkiran.......:mky_03:
kayukayuthe5th
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 301
Joined: Wed May 03, 2017 10:30

Re: EV's Safety?

Post by kayukayuthe5th »

b0ku wrote: Fri Jan 17, 2025 11:26
kendibocor wrote: Fri Jan 17, 2025 11:22
b0ku wrote: Fri Jan 17, 2025 11:05

ya kan ud dikasih liat noh kebakaran berapa banyak ya kalo yang doyan EVnya denial mulu ya terserah :ngacir:

sekarang lagi bahas hyundeinya aja parno mobil cuma jedut batu dan bisa jalan aja paranoid suruh diganti batrenya :big_smoking:

oh iya sama tanda tanya kenapa itu postingan ioniq gosong di junkyard top X bisa ilang ????? :big_think:
Coba tanya si topx aja om kalo penasaran drpd menggiring opini melulu :mky_03:
Kalo ngepost2 dhuar dhuar dhuar mah bukan data om. Balik lg mo buat conclusion sesuatu kn harus pake statistik. Postingan dhuar dhuar dhuaran doang mah ga ada artinya. Kayaknya 90% yg maen ni forum jg ga bakalan liat tuh video. Kalo cuman posting2an video gitu mah ngumpulin mbl ICE yg dhuar jg bisa, cuman ga ada haters ICE yg kurang kerjaan aja :big_biglaugh:

Dah ah ane kabur lg, drpd jadi panjang kalo berdebat sama om trus ga ada faedahnya jg bwat ni thread :big_biglaugh:
ya segitu banyak postingan dia kenapa yang itu aja yang ilang barbuk penting loh tentang ev fire di indo :big_think:

kan ud tuh 5thkayu selalu posting yang list ice juga lagian percuma ice itu karakter apirnya gampang di handle juga dan kalo meleduk pasti antara faktor wear and tear atau accident :big_bored:

kan di bahas ev safety karakter apinya ev yang tiba2x meledak dan susah di handle belom kena aer pun bisa meleduk..... 2 kasus viral korea kan juga mobil gak ada dosa tau2x kebakar di parkiran.......:mky_03:
maaf senior saya salah posting :big_sorry:

yes kalo omong EV safety mesti udah di "ketatin" hyundai juga skrg di US ga boleh simpen di apartment ini juga updates dari LA
https://ijr.com/biden-newsoms-ev-push-h ... ion-plans/
Ioxis
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 40
Joined: Wed Jul 03, 2024 23:26
Location: Bekasi
Daily Vehicle: Avanza

Re: EV's Safety?

Post by Ioxis »

Kalau EV kebakaran, terlalu dibesar - besarkan.
Kalau mobil ICE? Paling jawabannya "ah itu 1 dari berapa banyak yang diproduksi", padahal EV juga berlaku sama.

ICE lebih gampang dipadamkan? EV juga gampang, tinggal APARnya aja yang khusus untuk baterai, karena saat meledak ada kimia² dari baterai yang dilepaskan.

Di Indo panas dan bahaya buat baterai. Suhu optimal baterai itu di range 20º - 60º C, sedangkan maksimum suhu tercatat di Indo ± 40º C.

Takut kabel - kabelnya mudah terbakar? Ganti aja pakai kabel yang punya sertifikasi flame retardant :).

Intinya harus mengenal lebih dalam karakter baterai dan motor listrik seperti apa, apa aja yang menjadi faktor pemicunya, kalau udah tau, hindarilah.

EV jauh lebih gampang dirawat dan di deteksi sejak dini ketimbang ICE.
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5504
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: EV's Safety?

Post by b0ku »

Ioxis wrote: Sat Jan 18, 2025 7:40 Kalau EV kebakaran, terlalu dibesar - besarkan.
Kalau mobil ICE? Paling jawabannya "ah itu 1 dari berapa banyak yang diproduksi", padahal EV juga berlaku sama.

ICE lebih gampang dipadamkan? EV juga gampang, tinggal APARnya aja yang khusus untuk baterai, karena saat meledak ada kimia² dari baterai yang dilepaskan.

Di Indo panas dan bahaya buat baterai. Suhu optimal baterai itu di range 20º - 60º C, sedangkan maksimum suhu tercatat di Indo ± 40º C.

Takut kabel - kabelnya mudah terbakar? Ganti aja pakai kabel yang punya sertifikasi flame retardant :).

Intinya harus mengenal lebih dalam karakter baterai dan motor listrik seperti apa, apa aja yang menjadi faktor pemicunya, kalau udah tau, hindarilah.

EV jauh lebih gampang dirawat dan di deteksi sejak dini ketimbang ICE.
teori bang jago kan gitu nyatanya sekali dhuaar ada yang 12-24jem bertahan....... bahkan power stasion bisa setengah bulan......... :big_weee:



tuh yang terakhir masih ngebul keknya sampe sekarang



kemana tuh APAR2XNYA bang jago yang om bilang di rumah saya ada loh APAR khusus EV masa sekelas pemadan kebakaran amerika gak punya sampe bisa kebakaran segitu lama :big_bored:

kesimpulannya itu APAR juga gak guna kalo apinya ud gede :big_bored:

ujung2xnya tergantung besaran batre kalo rata2x typical EV ya 1-3jem ud mampus apinya :big_bored:

mana pakenya EV lebih gampang kalo APARNYA khsus pula terus musti kayak apt saya gitu modal lagi beli apar khusus EV itu namanya gampang om ??? :big_bored:

gampang kalo punya duit tapi kenyataan juga di luaran susah kalo ud kejadian....... :ngacir:

kalo lebih gampang di prediksi dari ice gak ada om cerita dealer tesla sama pabrik tesla kebobolan berkali2x kebakaran belom ngomongin dealer BYD yang 14x meleduk :big_bored:

emang pernah denger showroom toyota atau honda meledak berakali2x :big_bored:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5504
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: EV's Safety?

Post by b0ku »







NOTHING to seee here lagi bahas combro................... :ngacir:
Ioxis
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 40
Joined: Wed Jul 03, 2024 23:26
Location: Bekasi
Daily Vehicle: Avanza

Re: EV's Safety?

Post by Ioxis »

b0ku wrote: Sat Jan 18, 2025 8:22
Ioxis wrote: Sat Jan 18, 2025 7:40 Kalau EV kebakaran, terlalu dibesar - besarkan.
Kalau mobil ICE? Paling jawabannya "ah itu 1 dari berapa banyak yang diproduksi", padahal EV juga berlaku sama.

ICE lebih gampang dipadamkan? EV juga gampang, tinggal APARnya aja yang khusus untuk baterai, karena saat meledak ada kimia² dari baterai yang dilepaskan.

Di Indo panas dan bahaya buat baterai. Suhu optimal baterai itu di range 20º - 60º C, sedangkan maksimum suhu tercatat di Indo ± 40º C.

Takut kabel - kabelnya mudah terbakar? Ganti aja pakai kabel yang punya sertifikasi flame retardant :).

Intinya harus mengenal lebih dalam karakter baterai dan motor listrik seperti apa, apa aja yang menjadi faktor pemicunya, kalau udah tau, hindarilah.

EV jauh lebih gampang dirawat dan di deteksi sejak dini ketimbang ICE.
teori bang jago kan gitu nyatanya sekali dhuaar ada yang 12-24jem bertahan....... bahkan power stasion bisa setengah bulan......... :big_weee:



tuh yang terakhir masih ngebul keknya sampe sekarang



kemana tuh APAR2XNYA bang jago yang om bilang di rumah saya ada loh APAR khusus EV masa sekelas pemadan kebakaran amerika gak punya sampe bisa kebakaran segitu lama :big_bored:

kesimpulannya itu APAR juga gak guna kalo apinya ud gede :big_bored:

ujung2xnya tergantung besaran batre kalo rata2x typical EV ya 1-3jem ud mampus apinya :big_bored:

mana pakenya EV lebih gampang kalo APARNYA khsus pula terus musti kayak apt saya gitu modal lagi beli apar khusus EV itu namanya gampang om ??? :big_bored:

gampang kalo punya duit tapi kenyataan juga di luaran susah kalo ud kejadian....... :ngacir:

kalo lebih gampang di prediksi dari ice gak ada om cerita dealer tesla sama pabrik tesla kebobolan berkali2x kebakaran belom ngomongin dealer BYD yang 14x meleduk :big_bored:

emang pernah denger showroom toyota atau honda meledak berakali2x :big_bored:
Ini sepertinya out of context, kita membicarakan BEV aman atau tidak saat dikendarai, tapi kalau seperti itu baik saya ladeni dengan no offense.

Pabrik Tesla yang terbakar maksudnya yang di Fremont california ?
https://www.ktvu.com/news/tesla-fremont-factory-fire

Kalau dari artikel diatas indikasi awal terjadi karena dari oven, tidak ada data yang jelas karena battery.

Dealer Tesla Terbakar ?
https://www.ksbw.com/article/investigat ... p/61585125

Artikel diatas diberitakan karena dimulai dari gudang penyimpanan cairan hydrolic dan Ban

14 Pabrik BYD terbakar ?
https://www.carscoops.com/2024/05/byd-r ... -in-china/
Disini gak clear kalau itu dari battery atau bukan.

Pabrik Toyota juga pernah kebakar :
https://www.bloomberg.com/news/articles ... or-damages

https://www.ctvnews.ca/kitchener/articl ... cambridge/

Dealer Toyota Terbakar :
https://globalnews.ca/news/8828633/earl ... ealership/

https://www.mymcmedia.org/fire-breaks-o ... er-spring/

https://www.pentictonherald.ca/news/art ... 22f11.html

Pabrik Honda Terbakar :
https://www.bbc.com/news/uk-england-wiltshire-35391268

https://www.autocarpro.in/news-national ... tech-24745

Dealer Honda terbakar :
https://www.cbc.ca/news/canada/edmonton ... -1.5410479

https://www.cbsnews.com/baltimore/news/ ... ry-county/
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5504
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: EV's Safety?

Post by b0ku »

Ioxis wrote: Sat Jan 18, 2025 13:21
Ini sepertinya out of context, kita membicarakan BEV aman atau tidak saat dikendarai, tapi kalau seperti itu baik saya ladeni dengan no offense.

Pabrik Tesla yang terbakar maksudnya yang di Fremont california ?
https://www.ktvu.com/news/tesla-fremont-factory-fire

Kalau dari artikel diatas indikasi awal terjadi karena dari oven, tidak ada data yang jelas karena battery.

Dealer Tesla Terbakar ?
https://www.ksbw.com/article/investigat ... p/61585125

Artikel diatas diberitakan karena dimulai dari gudang penyimpanan cairan hydrolic dan Ban

14 Pabrik BYD terbakar ?
https://www.carscoops.com/2024/05/byd-r ... -in-china/
Disini gak clear kalau itu dari battery atau bukan.

Pabrik Toyota juga pernah kebakar :
https://www.bloomberg.com/news/articles ... or-damages

https://www.ctvnews.ca/kitchener/articl ... cambridge/

Dealer Toyota Terbakar :
https://globalnews.ca/news/8828633/earl ... ealership/

https://www.mymcmedia.org/fire-breaks-o ... er-spring/

https://www.pentictonherald.ca/news/art ... 22f11.html

Pabrik Honda Terbakar :
https://www.bbc.com/news/uk-england-wiltshire-35391268

https://www.autocarpro.in/news-national ... tech-24745

Dealer Honda terbakar :
https://www.cbc.ca/news/canada/edmonton ... -1.5410479

https://www.cbsnews.com/baltimore/news/ ... ry-county/
freemont mah ud 3x om loe yakin gara2x oven mulu alesan apalagi besok kalo yang ke 4 dan ke 5 mobilnya pake minyak :mky_07:
Number of fires at the Fremont factory
2014–2018: The factory experienced several fires
2019: The factory experienced more fires
2021: The factory experienced more fires
May 2024: The factory experienced a fire in an oven
wong bengkel spesialis tesla aja ud 2 apa 3x kebakaran mau alesan apa om besin kebakar...... :wkkk:

ini ud ngomongin kebakaran same spot berkali2x :mky_07:

byd dealer kebakaran itu alesannya selalu wiring masa 14 dealer wiringnya kaput semua :mky_07:



bensinnya kebakar tuh om :mky_03:



dan masih banyak juga dealer tesla kebakaran saya males nyarinya kalo di korek ni treat kebelakang mah banyak :big_think:

yaah dealer toyota sama honda belom banyak jualan EV aja ud kebarakaran gara2x listrik............ :mky_07:

kalo ngomongin BEV aman atau tidak saat di kendarain ya gimana mau aman kalo parkir aja suka tiba2x ignite sendiri ya balik lagi si tinggal faktor apes gak apes aja :big_dunno:

ni gorengan tiap tahun kalo musim banjir



gak usah ngomongin presentase cuma mikir aja kalo tau u punya mobil kena aer malah bisa meledak was 2x kagak??? emang ada mobil ice meledak kalo kena banjir?? yang ada ruang bakarnya bubar kena aer :big_biglaugh:

sama satu lagi pabrikan masing2x berusaha cover up kalo gak viral ya mereka bakalan cover up apalagi pabrikan china bekingnya aja goverment disana.... :ngacir:

jgn nanya yang di china banyak om :mky_07:
Ioxis
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 40
Joined: Wed Jul 03, 2024 23:26
Location: Bekasi
Daily Vehicle: Avanza

Re: EV's Safety?

Post by Ioxis »

b0ku wrote: Sat Jan 18, 2025 14:10
Ioxis wrote: Sat Jan 18, 2025 13:21
Ini sepertinya out of context, kita membicarakan BEV aman atau tidak saat dikendarai, tapi kalau seperti itu baik saya ladeni dengan no offense.

Pabrik Tesla yang terbakar maksudnya yang di Fremont california ?
https://www.ktvu.com/news/tesla-fremont-factory-fire

Kalau dari artikel diatas indikasi awal terjadi karena dari oven, tidak ada data yang jelas karena battery.

Dealer Tesla Terbakar ?
https://www.ksbw.com/article/investigat ... p/61585125

Artikel diatas diberitakan karena dimulai dari gudang penyimpanan cairan hydrolic dan Ban

14 Pabrik BYD terbakar ?
https://www.carscoops.com/2024/05/byd-r ... -in-china/
Disini gak clear kalau itu dari battery atau bukan.

Pabrik Toyota juga pernah kebakar :
https://www.bloomberg.com/news/articles ... or-damages

https://www.ctvnews.ca/kitchener/articl ... cambridge/

Dealer Toyota Terbakar :
https://globalnews.ca/news/8828633/earl ... ealership/

https://www.mymcmedia.org/fire-breaks-o ... er-spring/

https://www.pentictonherald.ca/news/art ... 22f11.html

Pabrik Honda Terbakar :
https://www.bbc.com/news/uk-england-wiltshire-35391268

https://www.autocarpro.in/news-national ... tech-24745

Dealer Honda terbakar :
https://www.cbc.ca/news/canada/edmonton ... -1.5410479

https://www.cbsnews.com/baltimore/news/ ... ry-county/
freemont mah ud 3x om loe yakin gara2x oven mulu alesan apalagi besok kalo yang ke 4 dan ke 5 mobilnya pake minyak :mky_07:
Number of fires at the Fremont factory
2014–2018: The factory experienced several fires
2019: The factory experienced more fires
2021: The factory experienced more fires
May 2024: The factory experienced a fire in an oven
wong bengkel spesialis tesla aja ud 2 apa 3x kebakaran mau alesan apa om besin kebakar...... :wkkk:

ini ud ngomongin kebakaran same spot berkali2x :mky_07:

byd dealer kebakaran itu alesannya selalu wiring masa 14 dealer wiringnya kaput semua :mky_07:



bensinnya kebakar tuh om :mky_03:



dan masih banyak juga dealer tesla kebakaran saya males nyarinya kalo di korek ni treat kebelakang mah banyak :big_think:

yaah dealer toyota sama honda belom banyak jualan EV aja ud kebarakaran gara2x listrik............ :mky_07:

kalo ngomongin BEV aman atau tidak saat di kendarain ya gimana mau aman kalo parkir aja suka tiba2x ignite sendiri ya balik lagi si tinggal faktor apes gak apes aja :big_dunno:

ni gorengan tiap tahun kalo musim banjir



gak usah ngomongin presentase cuma mikir aja kalo tau u punya mobil kena aer malah bisa meledak was 2x kagak??? emang ada mobil ice meledak kalo kena banjir?? yang ada ruang bakarnya bubar kena aer :big_biglaugh:

sama satu lagi pabrikan masing2x berusaha cover up kalo gak viral ya mereka bakalan cover up apalagi pabrikan china bekingnya aja goverment disana.... :ngacir:

jgn nanya yang di china banyak om :mky_07:
Buktiin aja hasil investigasi yang menyatakan itu dari battery.
Karena yg saya baca gak ada hasil investigasi penyebabnya karena battery.

Kalau emang banyak datanya share aja disini mas, beserta buktinya hasil investigasinya, bukan hasil pemikiran sana sini.
Biar semua jadi fakta, bukan cemoohan netizen.

Terus samain dengan kondisi di Indonesia.
Toh Hyundai dan Wuling dari 2022 juga gk ada berita terbakar, harusnya ada kejadian serupa dong?
Kok di Indonesia gak ada? :big_peace:

Oh ya lupa satu lagi, Wuling Binguo crash parah di tol, gak kebakar malah penumpangnya selamat, ini di Indonesia ya, gk perlu study kasus jauh - jauh diluar negeri.

b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5504
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: EV's Safety?

Post by b0ku »

Ioxis wrote: Sat Jan 18, 2025 15:05
Buktiin aja hasil investigasi yang menyatakan itu dari battery.
Karena yg saya baca gak ada hasil investigasi penyebabnya karena battery.

Kalau emang banyak datanya share aja disini mas, beserta buktinya hasil investigasinya, bukan hasil pemikiran sana sini.
Biar semua jadi fakta, bukan cemoohan netizen.

Terus samain dengan kondisi di Indonesia.
Toh Hyundai dan Wuling dari 2022 juga gk ada berita terbakar, harusnya ada kejadian serupa dong?
Kok di Indonesia gak ada? :big_peace:

Oh ya lupa satu lagi, Wuling Binguo crash parah di tol, gak kebakar malah penumpangnya selamat, ini di Indonesia ya, gk perlu study kasus jauh - jauh diluar negeri.

ud pasti batre dan gak jauh2x dari electrical om karena buat ngecharge batre aja butuh listrik gede emang cuma nunggu waktu aja :big_biglaugh:

bisa 4x bukan batre mah ud aneh :big_bored:

noh pabrik toyota cuma baru kebakaran sekali kan :big_bored:

sekali bilang cet masih percaya 2x bilang gara2x bensin masih percaya terus2xan penyebabnya beda2x ini managementnya bodo apa produknya emang masalah tapi di tutupin :big_bored:

dan terjadi berapa kali 2024 kemaren pabrik batre meleduk termasuk CATL juga pabriknya meleduk :big_biglaugh:

orang saya amatin ud kayak wabah ya sesuai prediksi saya dulu makin rame makin sering ditambah mobilnya makin murah QCnya makin turun terutama di negara yang punya riwayat safety rendah contohnya china ya makanya di china sekarang banyak banget :big_bored:

dari kemaren saya kasih foto ioniq gosong lebih menghawatirkan lagi kemungkinan itu mobil gak accident karena gak ada damage sama sekali gak ada tuh yang komentar sekarang malah pake biguo kan saya bilang belom apes aja atau emang ada cover up dari yang atas dan belom sempet viral, kek ioniq yang gosong aja tau2x nongol di junkyard dan sekarang fotonya ilang :mky_07:

sabar boss damagenya belom bener2x garuk itu kolong di china ada tuh kena garuk bener2x parah lsg dhuaaar................. :big_biglaugh:

itu bigguo nabrak truk kenanya di atas bukan di bawah coba chasisnya sampe nekuk2x mungkin aja dhuaar juga cuma balik lagi kan kalo lagi apes :big_biglaugh:

nih su7 aja gak separah bingguo tapi lsg hajar kolong lsg meleduk





lagian kalo sesuai std hyundai itu biguo masih bisa di benerin pun bakalan kena scrap batrenya karena ud bakalan berpotensi meleduk atau short :big_think:

ngomongin hyundai ni ya om ud saya bbahas ud pernah sekali hoki aja tuh saya gak screenshot saya share kemana2x pake link saya cari di wa juga saya share ke orang pake link apes deh kalo tau2x di delete sama yang punya akun itu mobil tau2x gosong nongol di junkyard :big_dunno:
b0ku wrote: Fri Jan 17, 2025 7:58
b0ku wrote: Fri Sep 06, 2024 8:28
darrelund wrote: Fri Sep 06, 2024 7:09 klo merc EV supplier batterey nya sama kek EQE yg di korea kmrn

ya siap" aja

cluster bomb :big_biglaugh:


katanya si batre cuma saya curiga ini wiringnya :big_think:
naaah kan bener di remove :big_bored:

teori saya sekali kebakar dan viral di bumi pertiwi abis lah market mereka............. :ngacir:

makannya ud ada pun pasti mati2xan di tutupin............ :big_bored:

tapi ya sabar aja cuma bom waktu sampe viral......... :mky_03:
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12185
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: EV's Safety?

Post by Suryaputra »

Di sini msh ributin kebakaran?

Nih di negara maju, yg konon UMR nya hampir se M setahun :big_weee:



Udh dilepas subsidi pajak dsb kayanya,
Jd gak menarik lg.

Lagian aneh2 aja, subsidi buat moblis, yg jelas2 usernya 💸💸
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
ctopher7
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1092
Joined: Fri Jun 11, 2021 12:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: w205 money pit

Re: EV's Safety?

Post by ctopher7 »

tinggal wait and see aja sebnernya 5-10 tahun kedepan gimana ev di indo. ga cuman masalah kebakar doang juga sih, infrastruktur kita kuat ngesupport tiap rumah ada ev juga apa engga, charge barengan malem malem. trus kalo mudik/liburan smua pake ev mampus juga :big_biglaugh:

ini belom keliatan aja sbnernya, karna komplek saya dari ratusan rumah yang pake ev masih diitung jari. itu aja gardunya suka bermasalah kadang kadang bikin satu komplek mati
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5504
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: EV's Safety?

Post by b0ku »

ctopher7 wrote: Sun Jan 19, 2025 1:40 tinggal wait and see aja sebnernya 5-10 tahun kedepan gimana ev di indo. ga cuman masalah kebakar doang juga sih, infrastruktur kita kuat ngesupport tiap rumah ada ev juga apa engga, charge barengan malem malem. trus kalo mudik/liburan smua pake ev mampus juga :big_biglaugh:

ini belom keliatan aja sbnernya, karna komplek saya dari ratusan rumah yang pake ev masih diitung jari. itu aja gardunya suka bermasalah kadang kadang bikin satu komplek mati
itu concern saya dari dulu itung pake daya 7000watt aja angkanya gak masuk diakal kalo 20-30% populasi kendaraan ngecharge ud butuh 2-3x lipet daya listrik jakarta sekarang :big_bored:

belom ngomongin supercharger dan mungkin nanti ada namanya super duper hyper neo double double fast charging gak mungkin cuma 200.000 watt bisa2x 300.000-500.000 watt fyi 200.000 watt aja saya pernah liat itu genset buat idupin hotel kecil :big_bored:
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12185
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: EV's Safety?

Post by Suryaputra »

ctopher7 wrote: Sun Jan 19, 2025 1:40 tinggal wait and see aja sebnernya 5-10 tahun kedepan gimana ev di indo. ga cuman masalah kebakar doang juga sih, infrastruktur kita kuat ngesupport tiap rumah ada ev juga apa engga, charge barengan malem malem. trus kalo mudik/liburan smua pake ev mampus juga :big_biglaugh:

ini belom keliatan aja sbnernya, karna komplek saya dari ratusan rumah yang pake ev masih diitung jari. itu aja gardunya suka bermasalah kadang kadang bikin satu komplek mati
Klo lihat statistik, kebakaran itu kecil sekali koq
0 koma nol nol... sekian persen.

:big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:

tapi lihat forecast negara" maju, hybrid is the most possible future (no need to worry soal infrastruktur)
selain masih development SynFuel, Hydrogen, dan energy source lain

Itu negara maju loh, yg Average Income nya hampir se milyar setahun
nabung setelah pengeluaran juga masih bisa beli emas dsb.

harusnya kan gak masalah mau ganti batre, dan gak mikirin resale value lahh.
tapi ya fakta dan data berbicara.

Negara berkembang yang kena getah / buangan yg oversupply,
kasih diskon dan deal2an sm pemerintah.

Klo semua org punya "capability dan waktu" spt mah bibie, nah bisa deh EV ngalahin ICE, or even hybrid
beliau suka experimen dan hal baru juga :ngacir:
Last edited by Suryaputra on Sun Jan 19, 2025 5:30, edited 1 time in total.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5504
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: EV's Safety?

Post by b0ku »

Suryaputra wrote: Sun Jan 19, 2025 3:34
ctopher7 wrote: Sun Jan 19, 2025 1:40 tinggal wait and see aja sebnernya 5-10 tahun kedepan gimana ev di indo. ga cuman masalah kebakar doang juga sih, infrastruktur kita kuat ngesupport tiap rumah ada ev juga apa engga, charge barengan malem malem. trus kalo mudik/liburan smua pake ev mampus juga :big_biglaugh:

ini belom keliatan aja sbnernya, karna komplek saya dari ratusan rumah yang pake ev masih diitung jari. itu aja gardunya suka bermasalah kadang kadang bikin satu komplek mati
Klo lihat statistik, kebakaran itu kecil sekali koq
0 koma nol nol... sekian persen.

:big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:

tapi lihat forecast negara" maju, hybrid is the most possible future (no need to worry soal infrastruktur)
selain masih development SynFuel, Hydrogen, dan energy source lain

Itu negara maju loh, yg UMR nya hampir se milyar setahun
nabung setelah pengeluaran juga masih bisa beli emas dsb.

harusnya kan gak masalah mau ganti batre, dan gak mikirin resale value lahh.
tapi ya fakta dan data berbicara.

Negara berkembang yang kena getah / buangan yg oversupply,
kasih diskon dan deal2an sm pemerintah.

Klo semua org punya "capability dan waktu" spt mah bibie, nah bisa deh EV ngalahin ICE, or even hybrid
beliau suka experimen dan hal baru juga :ngacir:
ya pokoknya sampe pemadaman bergilir gara2x ev sih rumah oe kagak kena ud ada genset segede ruko ini di belakang..... :ngacir:
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3820
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: EV's Safety?

Post by kendibocor »

Suryaputra wrote: Sun Jan 19, 2025 3:34
ctopher7 wrote: Sun Jan 19, 2025 1:40 tinggal wait and see aja sebnernya 5-10 tahun kedepan gimana ev di indo. ga cuman masalah kebakar doang juga sih, infrastruktur kita kuat ngesupport tiap rumah ada ev juga apa engga, charge barengan malem malem. trus kalo mudik/liburan smua pake ev mampus juga :big_biglaugh:

ini belom keliatan aja sbnernya, karna komplek saya dari ratusan rumah yang pake ev masih diitung jari. itu aja gardunya suka bermasalah kadang kadang bikin satu komplek mati
Klo lihat statistik, kebakaran itu kecil sekali koq
0 koma nol nol... sekian persen.

:big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:

tapi lihat forecast negara" maju, hybrid is the most possible future (no need to worry soal infrastruktur)
selain masih development SynFuel, Hydrogen, dan energy source lain

Itu negara maju loh, yg UMR nya hampir se milyar setahun
nabung setelah pengeluaran juga masih bisa beli emas dsb.

harusnya kan gak masalah mau ganti batre, dan gak mikirin resale value lahh.
tapi ya fakta dan data berbicara.

Negara berkembang yang kena getah / buangan yg oversupply,
kasih diskon dan deal2an sm pemerintah.

Klo semua org punya "capability dan waktu" spt mah bibie, nah bisa deh EV ngalahin ICE, or even hybrid
beliau suka experimen dan hal baru juga :ngacir:
negara mana om yg UMRnya setahun se EM :big_think:

Kalo gamau diskusi kasih data ya jdnya cuman debat kusir. Everybody is entitled to his own belief, bener apa nggak nanti dlu.
Kalo berdebat dikasi data trus counternya media nutup2in, ada konspirasi, EV kecelakaan ga meledug = hoki, bla bla bla ya susah :big_biglaugh:
Tp ini ciri khas orang wakanda banget sih, kayak kalo tiba2 ada mbl self combust di jalan blm ada investigasi blm apa, ngeliat ada lampu depannya modifan langsung bilang gara2 lampunya di modif. Prasangka no 1 :big_biglaugh:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5504
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: EV's Safety?

Post by b0ku »

kendibocor wrote: Sun Jan 19, 2025 4:26
Suryaputra wrote: Sun Jan 19, 2025 3:34
ctopher7 wrote: Sun Jan 19, 2025 1:40 tinggal wait and see aja sebnernya 5-10 tahun kedepan gimana ev di indo. ga cuman masalah kebakar doang juga sih, infrastruktur kita kuat ngesupport tiap rumah ada ev juga apa engga, charge barengan malem malem. trus kalo mudik/liburan smua pake ev mampus juga :big_biglaugh:

ini belom keliatan aja sbnernya, karna komplek saya dari ratusan rumah yang pake ev masih diitung jari. itu aja gardunya suka bermasalah kadang kadang bikin satu komplek mati
Klo lihat statistik, kebakaran itu kecil sekali koq
0 koma nol nol... sekian persen.

:big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:

tapi lihat forecast negara" maju, hybrid is the most possible future (no need to worry soal infrastruktur)
selain masih development SynFuel, Hydrogen, dan energy source lain

Itu negara maju loh, yg UMR nya hampir se milyar setahun
nabung setelah pengeluaran juga masih bisa beli emas dsb.

harusnya kan gak masalah mau ganti batre, dan gak mikirin resale value lahh.
tapi ya fakta dan data berbicara.

Negara berkembang yang kena getah / buangan yg oversupply,
kasih diskon dan deal2an sm pemerintah.

Klo semua org punya "capability dan waktu" spt mah bibie, nah bisa deh EV ngalahin ICE, or even hybrid
beliau suka experimen dan hal baru juga :ngacir:
negara mana om yg UMRnya setahun se EM :big_think:

Kalo gamau diskusi kasih data ya jdnya cuman debat kusir. Everybody is entitled to his own belief, bener apa nggak nanti dlu.
Kalo berdebat dikasi data trus counternya media nutup2in, ada konspirasi, EV kecelakaan ga meledug = hoki, bla bla bla ya susah :big_biglaugh:
Tp ini ciri khas orang wakanda banget sih, kayak kalo tiba2 ada mbl self combust di jalan blm ada investigasi blm apa, ngeliat ada lampu depannya modifan langsung bilang gara2 lampunya di modif. Prasangka no 1 :big_biglaugh:
well mayoritas semua gitu termasuk crv turbo ternyata ngumpetin lampu led di grillnya cx9 pake strobo....... :ngacir:

yang sering kasus kebakar kan batumakam tuh ternyata biang keroknya sepele...... peredam kap mesin ngondoy......... suatu hal yang gampang sekali di cegah......... :big_biglaugh:

ya balik lagi pertanyaannya 1jt rupiahnya gimana cara bakar bensin tampa api dan listrik..... dan duduk manis di dalem tangki??? :big_think:

kalo gak wear and tear balik lagi yang sumber api atau listrik selalu on ya cuma batre aki ujung2xnya elektrikal yang dhuarr juga kalo mobil bbm kalo ciri kebakarnya gak ada dosa tiba2x dhuaar...... :big_biglaugh:
Bibieight
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 555
Joined: Sat Jan 02, 2016 11:03

Re: EV's Safety?

Post by Bibieight »

Kaleeemmm-kaleeem, jadi gini, mbledug tu kan sebabnya paling besarnya short circuit, nah ngukurnya pake meghometer, ngukur apaan ini ?, ngukur tahanan kabel2 didalem itu pack punya. Kalo Ioniq 5 standarnya 3000 ohm, kalo dibawah itu dia cut-off, dianggep ada konslet. Contoh :
Accident Proc.jpg
Itu kalo abis kejeduk, visual luar ada penyok suru cek, isolation resistance-nya dibawah 3000ohm gak, kalo dibawah itu ya bongkar, visual inspection, ada mana2 yang konslet gak.
Naaah, terus kalo ngerakit lagi gimana ?, ada 2 tes, pertama leak tes, itu tutup item kan ada gasket, di-vacuuum, tahan, turun ndak vacuum-nya.
Leak Testing 1.jpg
Itu ada titik pasang dimana. Terus colok ke leak tester,
Leak Testing 2.jpg
Kalo di bacaan leak tester turun gimana ?, cek, ada gasket rapet ndak. Caranya : sambung ke tabung helium :
Leak Testing He-1.jpg
Buka tabungnya, ada standar, max berapa bar. Abis gitu cek :
Leak Testing He-2.jpg
Ada yang rembes gak He-nya, kalo rembes cek, kurang rapet gak, apa housingnya deformasi gak.
Jadi benernya si yang pada mbledug itu antara sensor2 soak kagak kebaca, atau kebaca tapi dianggep angin mamiri (kalo I5 itu konservatif, error dikit ngebrick). Kalo yang Ioniq classic mbledug itu si kayaknya bocor coolant (penyakit Ioniq lama ama Kona lama), soalnya coolant-nya pipanya jalan didalem pack (yang baru2 pake pelat diluar pack, kayak BYD dkk., kalo MG didalem tapi ndak pake pipa, jadi colok pipanya diluar pack).

Tapi yagitu, tukang ICE kan margin error tinggi, skuur klep harusnya dites pake leak tester ngetesnya pake perasaan, bubut kruk as harusnya pake mikrometer ngukurnya pake jempol, tar si montir tinggal bilang : udah selisih satu tinde amaaaan :big_biglaugh: :big_biglaugh: .
Nah kalo EV tu montir harus 100% pendidikan, kayak programmer, maka saya bilang, kalo bengkel EV tu montir harus ada 2, satu kaki2 bole montir tua2, nah montir transmisi ama ICE pecat aja, cari tukang benerin HP di ITC, jamin lebih cepet ngajarin. Terus emang harus modal alat, kalo montir koboi yang ngencengin baut pake feeling ndak pake konci torek ya memang kagak bisa :big_peace: :big_peace: :big_peace:
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12185
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: EV's Safety?

Post by Suryaputra »

kendibocor wrote: Sun Jan 19, 2025 4:26
Suryaputra wrote: Sun Jan 19, 2025 3:34
ctopher7 wrote: Sun Jan 19, 2025 1:40 tinggal wait and see aja sebnernya 5-10 tahun kedepan gimana ev di indo. ga cuman masalah kebakar doang juga sih, infrastruktur kita kuat ngesupport tiap rumah ada ev juga apa engga, charge barengan malem malem. trus kalo mudik/liburan smua pake ev mampus juga :big_biglaugh:

ini belom keliatan aja sbnernya, karna komplek saya dari ratusan rumah yang pake ev masih diitung jari. itu aja gardunya suka bermasalah kadang kadang bikin satu komplek mati
Klo lihat statistik, kebakaran itu kecil sekali koq
0 koma nol nol... sekian persen.

:big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:

tapi lihat forecast negara" maju, hybrid is the most possible future (no need to worry soal infrastruktur)
selain masih development SynFuel, Hydrogen, dan energy source lain

Itu negara maju loh, yg UMR nya hampir se milyar setahun
nabung setelah pengeluaran juga masih bisa beli emas dsb.

harusnya kan gak masalah mau ganti batre, dan gak mikirin resale value lahh.
tapi ya fakta dan data berbicara.

Negara berkembang yang kena getah / buangan yg oversupply,
kasih diskon dan deal2an sm pemerintah.

Klo semua org punya "capability dan waktu" spt mah bibie, nah bisa deh EV ngalahin ICE, or even hybrid
beliau suka experimen dan hal baru juga :ngacir:
negara mana om yg UMRnya setahun se EM :big_think:

Kalo gamau diskusi kasih data ya jdnya cuman debat kusir. Everybody is entitled to his own belief, bener apa nggak nanti dlu.
Kalo berdebat dikasi data trus counternya media nutup2in, ada konspirasi, EV kecelakaan ga meledug = hoki, bla bla bla ya susah :big_biglaugh:
Tp ini ciri khas orang wakanda banget sih, kayak kalo tiba2 ada mbl self combust di jalan blm ada investigasi blm apa, ngeliat ada lampu depannya modifan langsung bilang gara2 lampunya di modif. Prasangka no 1 :big_biglaugh:
Sorry my bad
After re-checking my writing

"Average income" mksdnya, bukan UMR

Kan beda jauh average income sm negara tercinta kita :upss:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12185
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: EV's Safety?

Post by Suryaputra »

Bibieight wrote: Sun Jan 19, 2025 5:24 Kaleeemmm-kaleeem, jadi gini, mbledug tu kan sebabnya paling besarnya short circuit, nah ngukurnya pake meghometer, ngukur apaan ini ?, ngukur tahanan kabel2 didalem itu pack punya. Kalo Ioniq 5 standarnya 3000 ohm, kalo dibawah itu dia cut-off, dianggep ada konslet. Contoh :
Accident Proc.jpg
Itu kalo abis kejeduk, visual luar ada penyok suru cek, isolation resistance-nya dibawah 3000ohm gak, kalo dibawah itu ya bongkar, visual inspection, ada mana2 yang konslet gak.
Naaah, terus kalo ngerakit lagi gimana ?, ada 2 tes, pertama leak tes, itu tutup item kan ada gasket, di-vacuuum, tahan, turun ndak vacuum-nya.
Leak Testing 1.jpg
Itu ada titik pasang dimana. Terus colok ke leak tester,
Leak Testing 2.jpg
Kalo di bacaan leak tester turun gimana ?, cek, ada gasket rapet ndak. Caranya : sambung ke tabung helium :
Leak Testing He-1.jpg
Buka tabungnya, ada standar, max berapa bar. Abis gitu cek :
Leak Testing He-2.jpg
Ada yang rembes gak He-nya, kalo rembes cek, kurang rapet gak, apa housingnya deformasi gak.
Jadi benernya si yang pada mbledug itu antara sensor2 soak kagak kebaca, atau kebaca tapi dianggep angin mamiri (kalo I5 itu konservatif, error dikit ngebrick). Kalo yang Ioniq classic mbledug itu si kayaknya bocor coolant (penyakit Ioniq lama ama Kona lama), soalnya coolant-nya pipanya jalan didalem pack (yang baru2 pake pelat diluar pack, kayak BYD dkk., kalo MG didalem tapi ndak pake pipa, jadi colok pipanya diluar pack).

Tapi yagitu, tukang ICE kan margin error tinggi, skuur klep harusnya dites pake leak tester ngetesnya pake perasaan, bubut kruk as harusnya pake mikrometer ngukurnya pake jempol, tar si montir tinggal bilang : udah selisih satu tinde amaaaan :big_biglaugh: :big_biglaugh: .
Nah kalo EV tu montir harus 100% pendidikan, kayak programmer, maka saya bilang, kalo bengkel EV tu montir harus ada 2, satu kaki2 bole montir tua2, nah montir transmisi ama ICE pecat aja, cari tukang benerin HP di ITC, jamin lebih cepet ngajarin. Terus emang harus modal alat, kalo montir koboi yang ngencengin baut pake feeling ndak pake konci torek ya memang kagak bisa :big_peace: :big_peace: :big_peace:
Klo semua user otomotif kyk mbah gini, ICE bisa gulung tikar :big_biglaugh: :big_peace:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5504
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: EV's Safety?

Post by b0ku »

Bibieight wrote: Sun Jan 19, 2025 5:24 Kaleeemmm-kaleeem, jadi gini, mbledug tu kan sebabnya paling besarnya short circuit, nah ngukurnya pake meghometer, ngukur apaan ini ?, ngukur tahanan kabel2 didalem itu pack punya. Kalo Ioniq 5 standarnya 3000 ohm, kalo dibawah itu dia cut-off, dianggep ada konslet. Contoh :
Accident Proc.jpg
Itu kalo abis kejeduk, visual luar ada penyok suru cek, isolation resistance-nya dibawah 3000ohm gak, kalo dibawah itu ya bongkar, visual inspection, ada mana2 yang konslet gak.
Naaah, terus kalo ngerakit lagi gimana ?, ada 2 tes, pertama leak tes, itu tutup item kan ada gasket, di-vacuuum, tahan, turun ndak vacuum-nya.
Leak Testing 1.jpg
Itu ada titik pasang dimana. Terus colok ke leak tester,
Leak Testing 2.jpg
Kalo di bacaan leak tester turun gimana ?, cek, ada gasket rapet ndak. Caranya : sambung ke tabung helium :
Leak Testing He-1.jpg
Buka tabungnya, ada standar, max berapa bar. Abis gitu cek :
Leak Testing He-2.jpg
Ada yang rembes gak He-nya, kalo rembes cek, kurang rapet gak, apa housingnya deformasi gak.
Jadi benernya si yang pada mbledug itu antara sensor2 soak kagak kebaca, atau kebaca tapi dianggep angin mamiri (kalo I5 itu konservatif, error dikit ngebrick). Kalo yang Ioniq classic mbledug itu si kayaknya bocor coolant (penyakit Ioniq lama ama Kona lama), soalnya coolant-nya pipanya jalan didalem pack (yang baru2 pake pelat diluar pack, kayak BYD dkk., kalo MG didalem tapi ndak pake pipa, jadi colok pipanya diluar pack).

Tapi yagitu, tukang ICE kan margin error tinggi, skuur klep harusnya dites pake leak tester ngetesnya pake perasaan, bubut kruk as harusnya pake mikrometer ngukurnya pake jempol, tar si montir tinggal bilang : udah selisih satu tinde amaaaan :big_biglaugh: :big_biglaugh: .
Nah kalo EV tu montir harus 100% pendidikan, kayak programmer, maka saya bilang, kalo bengkel EV tu montir harus ada 2, satu kaki2 bole montir tua2, nah montir transmisi ama ICE pecat aja, cari tukang benerin HP di ITC, jamin lebih cepet ngajarin. Terus emang harus modal alat, kalo montir koboi yang ngencengin baut pake feeling ndak pake konci torek ya memang kagak bisa :big_peace: :big_peace: :big_peace:
ribetnya najubileh om orang kere gak bakalan bisa jadi montirnya karena toolsnya banyak itu bakalan pengaruh ke pasar ke depannya :big_biglaugh:
mullen
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 20
Joined: Thu Jul 20, 2023 7:55
Daily Vehicle: Zhongtong 6180GC City Bus

Re: EV's Safety?

Post by mullen »

Menurut ane sih. Faktor safety dari EV skrg mungkin masih dalam tahap development phase aja.

Tanpa membahas teori konspirasi elit global tentang menutup2i kebakaran EV dll, saya rasa secara general consensus di indonesia (mungkin dunia) sepakat bahwa EV cukup safety.

On the side note; kalian yg berdebat diatas kinda reminds me of jaman kaskus berjaya dah, dimana tiger vs scorpio aja didebatin.
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5504
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: EV's Safety?

Post by b0ku »

mullen wrote: Sun Jan 19, 2025 7:13 Menurut ane sih. Faktor safety dari EV skrg mungkin masih dalam tahap development phase aja.

Tanpa membahas teori konspirasi elit global tentang menutup2i kebakaran EV dll, saya rasa secara general consensus di indonesia (mungkin dunia) sepakat bahwa EV cukup safety.

On the side note; kalian yg berdebat diatas kinda reminds me of jaman kaskus berjaya dah, dimana tiger vs scorpio aja didebatin.
kalo barat keliatan lebih bebas sensor cuma mereka lebih ke biased aja tiap ada kejadian cuma bilang wajar gini gitu kayak mau dibikin pembiaran dan biasa..... padahal batre kebakaran bisa nutup jalan 12-24jem itu ud kagak wajar bambang dan itu yang gosong cuma satu mobil.... :big_bored:

sebenernya yang parah sensor china cuma saking banyak dan pada bandel akhirnya bocor coba aja om nyari video ev kebakaran di china kalo di youtube itu terbatas karena biasanya sumbernya dari douyin itu gak lama kena sensor tapi ada aja yang lolos dan masuk ke channel youtube langganan saya dan itu emang channel gak jelas tapi postingnya konsisten dan upgrade kejadian baru terus :big_biglaugh:

justru yang konspirasi di indo ini ud 2 kejadian satu saya denger dari komen ig katanya hyundai juga pernah ada yang kebakaran di dealer tapi di tutup2xin, satu lagi ioniq yang tau2x nongol di junkyard selidik punya selidik itu ioniq bekas grab interior bagasi kabakar abis batre diliat dari luar utuh tapi balik lagi yang keliatan cuma case luarnya dari kolong, kalo kata junkyard yang kebakar batre cuma saya curiga dari posisi api gedenya kemungkinan ada short dari chargernya :big_think:

cukup safety?? ya saya liat kalo di rumah sampe amit2x sih 2-3jem kebakaran di basement apa struktur apt saya masih bisa bagus??? wong chasis aja bisa jadi abu :big_dunno:
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3820
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: EV's Safety?

Post by kendibocor »

Suryaputra wrote: Sun Jan 19, 2025 5:28 Sorry my bad
After re-checking my writing

"Average income" mksdnya, bukan UMR

Kan beda jauh average income sm negara tercinta kita :upss:
Ampir ane packing koper pindah negara om kalo u em er setahun 1M, jd waiter gpp deh :big_biglaugh: