Jasa towing Automover

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

awimtaqwim
Newbie
Newbie
Posts: 10
Joined: Tue Jan 31, 2017 12:12

Jasa towing Automover

Post by awimtaqwim »

Dear Mod,

Mohon info apa sudah ada yg pernah menggunakan jasa towing dr automover srby, rencana kirim mobil dr Surabaya ke Samarinda.
Mobil digending dr Surabaya ke kpl ferry, nanti di Bpk digendong lagi ke Samarinda.
Mohon info apa vendor tersebut rekomen /dpt dipercaya mengingat semua kelengkapan mobil dan surat rencana kita kasih lengkap.
Terima kasih sebelumnya utk sarannya.

Rgds
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5958
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Jasa towing Automover

Post by sintoni »

Napa ga ambil sendiri di Balikpapan om?

Naik travel ke pelabuhan feri nanti setir pulang ke Samarinda.

Port to port aja jadinya.
zzzprince
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 453
Joined: Sun Dec 04, 2016 18:38

Re: Jasa towing Automover

Post by zzzprince »

Unitnya apa, kemarin sy setir mobil dari sby ke bpn naik DLU abis cuma 3250 sdh dapat kamar kls 1
awimtaqwim
Newbie
Newbie
Posts: 10
Joined: Tue Jan 31, 2017 12:12

Re: Jasa towing Automover

Post by awimtaqwim »

Om @sintoni @zzzprince unitnya city 2008, lagi hindari keluar kota waktu kyk gini.
Opsi ini diambil karena sdh paling pas antar harga dan tenang hati, klo full gendong towing kena tarif mahal (double charge tarif kpl) dan kena rate towing pp, klo mobil jalan ga tega.
Cuma menurut om2 bisa amanah ga jasa kyk gini (dlm artian mobil ga di apa2in dan tiba dlm kondisi spt serah terima)
zzzprince
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 453
Joined: Sun Dec 04, 2016 18:38

Re: Jasa towing Automover

Post by zzzprince »

awimtaqwim wrote:Om [mention]sintoni[/mention] [mention]zzzprince[/mention] unitnya city 2008, lagi hindari keluar kota waktu kyk gini.
Opsi ini diambil karena sdh paling pas antar harga dan tenang hati, klo full gendong towing kena tarif mahal (double charge tarif kpl) dan kena rate towing pp, klo mobil jalan ga tega.
Cuma menurut om2 bisa amanah ga jasa kyk gini (dlm artian mobil ga di apa2in dan tiba dlm kondisi spt serah terima)
Mbl baru beli ya om? Sampe surat2 dikasih jg? Nah ini sama persis kaya saya kemarin. Mobil rencana mau dikirim aja, titip kunci ke abk dan sy naik pesawat. Tapi dipikir2 lagi itu mobil beneran rawatan dan jarang skl pindah tangan kecuali keluarga, kebetulan ada barang jg. Akhirnya sy ikut nyebrang. Si om posisi di sby atau smd, kalo di sby ikut nyebrang aja sama kapalnya, kamar kls 1 cuma 550rb lumayan worthy lah kalo g dicampur sama org lain. Minta aja gak mau dicampur pas di checkin.

Setau sy syarat kalo ikut nyebrang cm fc bpkb stnk sama ktp driver. Gak perlu bpkb asli.

Kalo mau gak ribet coba cari ekspediri riona, dari sby ke bpp 4jt, dari bpn ke smd disetir, lewat tol gratis om
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5958
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Jasa towing Automover

Post by sintoni »

Dulu ane pernah port to port Surabaya Balikpapan bayar 3 jt tahun 2015 dulu.

Jadi ane drop mobil di pelabuhan, terus lusanya ambil di pelabuhan Balikpapan
S8SBY
Visitor
Visitor
Posts: 3
Joined: Thu Jun 12, 2025 9:44

Re: Jasa towing Automover

Post by S8SBY »

Kebetulan ketemu thread ini dan baru pake jasa Auto Mover. Saya pribadi awalnya cukup positif dengan jasa yg mereka sediakan tapi pengalaman saya tidak baik jadi saya pribadi ga rekomen jasa towing auto mover. Driver nya kayanya lepasan dan ga ngerti cara handle kendaraan dg baik. Pas check list mobil bilang wah mobilnya masih mulus ya jarang dipake ya. Tulis data di kertas check list masa di atas kap mesin. Kap mesin bukan alas untuk menulis bisa baret. Pas check interior mobil pulpen ga ditutup ditaro gitu aja di atas jok kulit kalo kena tinta itu jok kulit ga bakalan bisa dibersihkan.

Pas nerima mobil di tujuan, cat mobil banyak luka kayak kena stone chips cat sampe ilang keliatan plat besinya. Padahal towing flatbed paling aman. Posisi mobil masuk kepala di mobil towing. Gimana mobil bisa sampe ada luka stone chips di pintu bagasi belakang, pintu depan dan fender? Sama ada luka juga di bemper depan. Total luka seperti stone chips ada 6 titik di 4 panel. Pas ditanya ke driver ini kena apa? Dia ga tau katanya sambil senyum dia bilang mirip sama yg ini ni lukanya sambil nunjuk luka stone chips yg ada di panel sebelah. Padahal saya ga nanya mirip sama yg mana. Mereka ga mengganti kerugian, hanya ganti perbaikan utk 1 panel.
Hati hati pilih jasa towing terutama yg ga ngerti cara handle kendaraan dan tidak peka akan tanggung jawab, kerugian dilimpahkan ke customer dengan permintaan toleransi.
S8SBY
Visitor
Visitor
Posts: 3
Joined: Thu Jun 12, 2025 9:44

Re: Jasa towing Automover

Post by S8SBY »

Saya mau menambahkan lagi mobil ini jarang dipake dan umurnya masih baru. Dipake cuma sama 1 orang dan ga pernah dipinjamkan ke orang lain atau disewa. Jadi saya tau betul kondisi mobil ini. Saya menemukan di bagian setir bagian silver alas logo GR (tertera foto) itu warnanya pudar seperti kena tiner. Hal ini sangat tidak mungkin terjadi, karena saya tdk pernah pake bahan kimia diolesin ke setir dan cara saya menyetir mobil tidak memegang bagian itu kenapa cat bisa pudar? Di kwitansi Auto Mover juga tertulis kalo mereka ga bertanggung jawab masalah interior. Hal ini sangat aneh, memangnya mobilnya bisa lompat sendiri ke atas mobil towing? Tentu supir mereka harus masuk ke bagian interior mobil, setir dan naekin mobilnya. Menyatakan mereka tidak bertanggung jawab mengenai interior mobil sama saja seperti mengatakan saya tidak bisa bertanggung jawab atas barang anda yang telah diserahkan ke kami. Hal ini harus diperhatikan bagi yg mau towing mobil.

Mereka berargumen bahwa cacat2 ini sudah ada sebelom mobil ditowing padahal jelas2 tidak ada, karena di check list juga tidak ada. Tapi mereka bilang sudah ada hanya saja supir mereka mungkin kurang teliti. Ketidak telitian supir mereka adalah sepenuhnya tanggung jawab mereka. Perusahaan towing yg baik mengerti benar apa gunanya check list, check list itu bukan kertas untuk hiasan. Kondisi mobil sebelum diangkut tidak sama dengan kondisi mobil saat diterima (bukti ada di checklist).

Mobil towing yang mereka gunakan untuk mentowing adalah towing jenis flatbed jadi roda mobil yg ditowing 100% diatas mobil truk towing dan tidak berjalan di atas aspal selama perjalanan dan di belakang mobil saya masih ada jarak kosong sekitar 1.5 meter lebih. Jadi luka2 stone chips itu menjadi pertanyaan yang mereka tidak bisa jawab sampai hari ini.

Foto cat pudar (setir):
https://ibb.co/JwPRJwPK

Kwitansi:
https://ibb.co/rKJLgTZ8

Foto stone chips:
https://ibb.co/1tWwbjPx
https://ibb.co/twytTs7p
https://ibb.co/Mx04zGbD
S8SBY
Visitor
Visitor
Posts: 3
Joined: Thu Jun 12, 2025 9:44

Re: Jasa towing Automover

Post by S8SBY »

Ijinkan saya menulis kronologi lengkap supaya informasinya lengkap dan terhindar dari salah paham.

Jadi waktu itu saya sedang mencari2 jasa towing mobil untuk kirim mobil dari Bali ke Jakarta. Akhirnya setelah cari2 saya liat ada jasa towing Auto Mover dengan review yg cukup bagus di Google review. Saya konsultasi sama pemiliknya, tanya2 mengenai towing termasuk request saya agar pengikatan kaki2 kendaraan diikat di ban bukan di velg karena beberapa jenis finishing velg rentan gesekan spy terhidari dari baret. Katanya iya bisa.

Kemudian saya buat jadwal agar kendaraan di pick up di tanggal 3 Juni 2025. Kemudian saya dikirim data identitas driver (SIM), foto driver, foto truk towing yg akan mengangkut kendaraan dan STNKnya ke nomor WA saya. Saya sempat nanya kenapa no polisi truk towing di foto tidak sesuai dengan STNK, kemudian diklarifikasi oleh pemilik kalau itu foto lama sebelum perpanjangan STNK. No polisi lama tercantum di STNK yang baru. Sekitar 4 hari sebelumnya saya diberitahu pemilik bahwa unit towing sudah standby dan sudah bisa diangkut kendaraannya. 2 hari sebelumnya driver WA saya yang isi WA nya juga sama yaitu sudah standby kalo mau diangkut sudah bisa. Satu hari sebelum pick up pemilik Auto Mover telepon saya berkali-kali, saya melihat ada misscall karena saya sedang sibuk. Dan telepon lagi sekitar jam 6.30 malam dan mau berdiskusi mengenai perubahan jadwal katanya. Karena kendaraan towingnya ada kepentingan urgent dan perlu mengangkut dongkrak kapal terbang. Sehingga pick up kendaraan saya mau dijadwal ulang agak siang atau opsi lain adalah mobil saya di pick up kemudian di loading ke mobil towing laen. Saya tanya kalau tukar truk berarti data kendaraan atau mungkin drivernya akan berbeda dengan data yang dikirim ke saya sebelumnya? Jawabnya iya.

Saya bilang saya tidak tau ada perubahan jadwal tiba2, lalu kata pemilik itu bukan perubahan jadwal pak tapi berdiskusi. Padahal saya sebelumnya sudah memberitahu pemilik Auto Mover bahwa tolong jadwal pick up dipastikan karena setelah mobil di pick up saya akan terbang, jadwal tiket pesawat tidak bisa diubah. Karena tidak sesuai dengan kesepakatan sebelumnya maka saya tolak, pengiriman mobil agar sesuai jadwal saja. Baik, katanya.

Di pagi hari waktu tanggal pick up, driver yang sesuai data identitas yang dikirimkan sebelumnya datang, masuk ke dalam rumah. Begitu masuk rumah ga lama dia bilang "wah mobilnya masih mulus nih". Dia liat-liat kemudian dia mulai mau isi/ tulis check list, ditaruhlah buku kertas check list di atas kap mesin mobil. Tapi kemudian saya ajak dia dengan sopan yuk kita isi check list di atas meja aja. Kemudian dia isi check list kendaraan, mulai dari sisi bumper belakang kiri yang ada dikit baret. Dia menandai baretan itu di kertas check list, trus dia bilang kalo baret tipis2 gini ga usa check list gpp (mungkin karena dipoles bisa ilang). Waktu isi data check list kepala pen yang tintanya terbuka ditaro di atas jok kulit, dibiarkan gelinding gitu aja. FYI, tinta kena jok kulit tidak akan bisa dibersihkan. Kendaraan ini masih baru belum ada 2 tahun, penggunaannya juga terbatas dan terpantau. Tidak ada baretan atau penyok lain selain yang ditandai di check list. Setelah itu drivernya masuk ke dalam mobil dan disetir naikin ke mobil towing.

Ada dua pilihan service yaitu full toll (2 hari) dan non toll (3 hari). Saya pilih full toll. Di telp waktu minta berdiskusi dengan saya pemilik pernah bilang ada tuh yang non toll juga saya masukin toll aja, uda langganan soalnya. Saya pikir memang bisa diganti2 gitu ya lalu gimana dengan tarif yg uda dibayarkan customer? Sekitar 1 hari setelah mobil berangkat, driver WA saya dia tanya "apakah bapak berkenan mobilnya diantar sekitar jam 23.00 atau jam 23.30? Baru kali ini saya ditawarkan delivery mobil tengah malem. Mungkin drivernya punya itikad baik. Saya sampaikan bahwa lebih baik sesuai kesepakatan saja diantarnya pagi atau siang. Baik, balasnya.

Di tanggal 5 Juni 2025 mobil sampai di tujuan sekitar jam 10.30. Setelah di cek banyak luka-luka pada kendaraan yang tidak wajar. Seperti yang sudah saya tulis di post sebelumnya luka2 seperti stone chips menyebar di banyak panel, yaitu fender roda kiri depan atas ada 2 titik, pintu depan kiri 1 titik, pintu bagasi dekat logo GR 2 titik dan juga bumper depan kena yaitu di aksesoris kulit jeruk lampu DRL 1 titik dan bumpernya sendiri 1 titik, bagian bumper lukanya seperti tertabrak atau terpukul benda bukan seperti stone chips, tapi lukanya juga berbentuk seperti titik yang cekung ke dalam permukaan bumper. Saya tanya ke drivernya ini kena apa, dia langsung jawab luka ini sambil nunjuk luka di bagian bumper sudah ada sebelum mobil diangkut. Jawaban driver itu jelas tidak benar, karena sebelumnya memang tidak ada dan juga dari data check list Auto Mover yang ditanda tangani oleh driver dan saya sebagai pemilik tidak ada data luka seperti itu. Lalu saya tanya yang di bagian pintu depan kiri dan bagasi belakang, ini kena apa (sambil menunjuk luka di pintu depan kiri), sambil tersenyum dia bilang ini mirip nih sama yang ini sambil nunjuk luka yang sama di atas fender. Kalo kena batu kan ga begini dia bilang. Memang bukan stone chips, kelihatannya saja luka stone chips. Driver menambahkan, biasa sih paling baret dipoles ilang.

Kemudian saya telp pemiliknya, pemiliknya bilang itu luka sudah ada dari dulu. Di WA juga pemiliknya bilang kalau kerusakan faktor pengiriman adalah goresan, pecah lampu dan penyok. Jawabannya ini tentu tidak masuk akal, kerusakan yang timbul tentu tergantung kejadiannya. Memang kejadian di perjalanan ada yang bisa ramalkan? Kecuali pelaku sudah merencanakan kejadiannya sebelumnya. Saya sampaikan bahwa kendaraan ini belum lama baru di servis berkala di bengkel resmi, dan bengkel resmi juga ada data check list kendaraan yang diservis. Data check list mereka tidak menunjukkan ada luka seperti itu. Saya persilahkan dia untuk menghubungi bengkel resmi, tapi dia tidak menanggapi. Dan juga sebagai tambahan, sehari sebelum di pick up kendaraan ini saya cuci sendiri, tidak ada luka2 seperti itu. Kendaraan ini terawat dan terpantau oleh CCTV. Mengatakan bahwa luka ini sudah ada sejak dulu artinya adalah pemilik berasumsi bahwa saya adalah tipe pemilik kendaraan yang tidak merawat atau memperbaiki luka pada kendaraan, jelas asumsi ini salah. Kendaraan kalau sudah ada luka pasti diperbaiki tidak mungkin dibiarkan seperti itu.
Mereka kemudian menelepon driver, kemudian driver beritahu sy dapat potongan harga sebesar 700rb dari total harga. Dan driver ga lama naik ke truk mau pergi. Tapi sewaktu saya kirim bukti transfernya katanya kenapa dipotong 700rb saya bilang driver yang bilang begitu. Kemudian saya stop truk drivernya yang udah mau pergi. Telepon lagi dengan Auto Mover kali ini yang mengangkat adminnya, mereka bilang yang tertanggung maksimal 0, sekian persen dari harga mobil yang total harga yang ditanggung adalah 458ribu. Saya sampaikan mengenai luka2 itu, tapi adminnya merespon kan cuma dikit pak. Ini banyak bukan sedikit, lukanya dalam sampai catnya hilang apa anda berani jamin ini tidak akan menyebabkan karat di kmeudian hari? Apa yang membuat mereka begitu percaya diri bahwa membuat rusak barang orang lain walaupun sedikit aja diperbolehkan? Memang penting banget? Paling tidak anda harus minta ijin dulu.

Kendaraan yang ditowing ini naik ke atas mobil towing dengan pas, bukan hanya pas justru bagian belakang kendaraan mobil yang ditowing masih ada jarak kosong sekitar 1.5 meter sebelum aspal. Artinya ruang ini cukup luas dan semua roda tidak ada yang menggantung. Towing yang digunakan adalah tipe flatbed bukan towing yang roda kendaraannya mengaspal dari Bali sampai Jkt. Oleh karena itu luka yang tampaknya seperti stone chips yang tersebar di banyak panel dan juga cacat pada setir yang warna silvernya memudar seperti kena tiner atau bahan kimia lainnya menjadi suatu luka atau cacat yang kemungkinan sangat besar adalah tidak wajar dan tidak alami. Saya tidak pernah menggunakan bahan kimia untuk interior kendaraan saya dan saya kalau menyetir juga tidak gosok2 bagian silver pakai keringat sampai luntur. Kendaraan ini belum berumur 2 tahun dan terawat dengan baik.

Luka pada 4 panel dan cacat pada setir tidak cukup diperbaiki hanya dengan 458ribu, jangankan kerugian immaterial, kerugian material pun tidak cukup. Menelepon berkali2 untuk katanya berdiskusi mengenai perubahan jadwal sehari sebelum pick up kendaraan sebenarnya menurut saya cukup mengganggu dan tidak memberikan ruang kepada customer untuk mengatur waktu yang sudah disepakati. Apakah salah kalau saya menolak mengenai perubahan jadwal? Saya juga dengan sukarela memberikan tips kepada drivernya sewaktu mobil mau di pick up, apakah saya salah juga memberikan tips ke driver? Lalu apakah saya pantas mendapat perlakuan seperti itu, atas dasar apa? Anda istilahnya masuk ke rumah orang lain lalu mengacak2 dan merusak barang milik orang lain seolah olah anda itu pemiliknya, apakah Auto Mover paham etika dan mengerti cara bertransaksi?

Apakah Auto Mover memiliki driver yang sudah dilatih dan sudah lulus cek riwayat background para pekerjanya atau drivernya? Cek riwayat hidup dan surat kelakuan baik dari pihak kepolisian sangat penting. Tindakan perusakan dan/vandalisme adalah tindakan kriminal dan dapat diproses secara hukum. Peraturan badan atau PT atau apapun itu yang anda buat tidak dapat melangkahi hukum negara yang sah. Anda dapat membuat S&K sesuai yang anda mau, tapi itu tidak mengnihilkan atau menggugurkan hukum yang ada. Misalkan anda mau melepas tanggung jawab, lalu anda buat peraturan isinya misalkan, kendaraan customer yang hilang diperjalanan bukan merupakan tanggung jawab kami tapi tanggung jawab customer. Peraturan yang anda buat itu tidak akan bisa membuat anda lepas dari tanggung jawab. Harap diingat!

Auto Mover tidak bisa menjelaskan kejadian yang menimpa kendaraan saya menunjukkan bahwa anda tidak menguasai dan tidak dapat mengatur driver anda agar bekerja sesuai dengan SOP. Sebagai penjual jasa towing, apakah anda tidak memiliki rasa malu telah menerima pembayaran secara penuh, menerima tips, tapi memberikan pelayanan seperti ini? Itu ibarat menikam dari belakang orang yang telah memberi anda makan. Orang yang dapat bertanggung jawab atas kesalahan yang diperbuat adalah orang yang bisa dihargai karena mereka memiliki harga diri dan integritas.

Foto2 yg diupload sebelumnya linknya rusak akan saya upload ulang kembali:

Foto bagian setir yang luntur:
IMG-20250717-WA0006.jpg
Foto kendaraan sebelum berangkat. Bagian belakang masih ada ruang kosong jauh sebelum aspal.
foto jauh.jpg
Foto luka seperti stone chips pintu depan kiri:
IMG-20250605-WA0000 (1).jpg
Foto pintu bagasi belakang sebelum berangkat:
https://imgur.com/a/tWRF9HR

Foto close up pintu bagasi sebelum berangkat:
https://imgur.com/a/GW1LEuV

Foto luka seperti stone chips di pintu bagasi:
20250605_120002.jpg
Close up luka spt stone chips di bagasi:
https://imgur.com/a/1FL5USM

Foto luka pada bumper dan kulit jeruk casing DRL:
https://imgur.com/a/b9AesXV

Kertas check list:
https://imgur.com/a/bVLNuSJ
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Last edited by S8SBY on Sat Jul 19, 2025 7:46, edited 5 times in total.