Mitra Dealer Honda mulai berguguran

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

vanosz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1431
Joined: Sat Aug 31, 2013 4:20

Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran

Post by vanosz »

kayukayuthe5th wrote: Tue May 27, 2025 11:09
b0ku wrote: Tue May 27, 2025 2:56 mibe + billy = dungu :ngacir:
gwa quotes ini jalah, yang lain panjangxlebarxtinggi semua hehe :mky_01:

:big_biglaugh:

Gak di acara tv,

Gak di forum,


Panjang x lebar x tinggi x bawah,


Ngerumpinya selalu paling rame,
kayukayuthe5th
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 783
Joined: Wed May 03, 2017 10:30
Daily Vehicle: L15ZF MT+1KRVET MT

Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran

Post by kayukayuthe5th »

zonepublic wrote: Tue May 27, 2025 12:33 Saya pernah nonton konpers public expose tahunan H jepang di yutub resminya H jepang ketika dia beberin omzet dan keuntungan perusahaan ,H indonesia kan memang jadi sapi perah penjualan honda global saat ini karena memang secara penjualan H indonesia paling besar omzet dan kuantitinya dibanding daerah lain,mana dilernya swasta pula yang pegang,tiap kota beda pemilik,bahkan 1 kota aja bisa beda pemilik jadi baik pemilik diler sampai principal morotin profitnya gede
Kalau soal kualitas honda disini panik ngikutin kompetitornya si T,jadi mau ga mau dia ngikutin
Kenapa ga main model unggulan seperti nissan yang ga jual LCGC? Ya kalo cuma main kelas atas kaya nissan ya berat ,endingnya bangkrut seperti nissan
Kalo soal penurunan signifikan honda di Indo,puncaknya salam 1 dasbor,salam 1 mesin di 2016 ,tapi benar sejak jaman lcgc tahun 2013 mulai memperluas segmen ke berbagai kalangan sampai melar2in body,saat brio cbu harga mulai dinilai terlalu mahal sampai tidak terjangkau,bahkan pengguna awal/ex user jazz aja ogah pindah ke brio 1.3 cbu thailand sampai dijual diskon 60juta dari otr 185 juta,kalau awal mula penurunan kualitas honda ya sejak era civic ferio berakhir,ketika tahun 2001 era civic ES ketika era fun to drive berakhir ketika double wishbone ditinggalkan,signifikan sekali itu perubahan rasa fun to drive handling khas honda yang hilang menjadi hambar
Screenshot_20250527_212821.jpg

https://www.youtube.com/live/mfjRwoMzaU ... n3QXTcdBai

Update press con public expose keuangan honda principal
yang lebih baru lagi otomotif global south ga dianggep. selalu cman masukin info soal motorcycle mulu.......dan itu blundernya honda.
Jenson wrote: Tue May 27, 2025 18:18 Ini ahond naga2 bangkrutnya sadly uda kecium dari EU juga. Salesnya cenderung biasa aja, turun terus.

Buat HPM, kalo baca post ini, saatnya tobat. Kalo berani pricing hrv hybrid cmn naik maks 10jutaan dr price list. More than that buang momentum lagi.

Jadi inget jaman jon peace, varian lebih banyak, konsumen jadi lebih banyak pilihan. Coba launch varian CRV 2.0 type s sama e, harga start 499 buat s mt, - 599 buat e cvt. Harusmya laris itu baranf
adjust pricing cman honda salah juga , ga trained bwat manufactur global market untuk pasar ASPAC jadi gini deh.
kendibocor wrote: Tue May 27, 2025 17:42
rechtmasta wrote: Tue May 27, 2025 13:02
Kalo FK8, iya sih masih okelah. Cuma justru pas GK5 ini nih saya mulai ilfil sama Honda Indonesia. Rem belakang diganti jadi teromol, dengan alesan lebih cocok buat perkotaan Bilang aja biar cuan-nya lebih tebel sih...

Buat saya kalau produsen udah mulai bersilat lidah sampai dengan menyunat fitur penting di sebuah mobil produksinya, udah sangat red flag.
Sebenernya si ngondah soal sunat2an dah dari jaman dlu om, makanya terkenal kan si jonpeace pisau sunatnya tajem bener. Dulu konsumen ga banyak pilihan. Kalo ga demen toyota ya mau gamau honda. Sijuki, daihatsu segala kadang dianggap merk jepang “kelas 2”. Mazda ga bisa maen volume gede jd ga dianggap lawan sepadan. Batumakam ya cuman seketika doang ngegoyang dengan xtrail n livina.

Yg gamau toyota kaya saya dlu ya mau gamau harus nerimo ngondah, tp sekarang uda ga bs lagi jualan model begitu caranya. Pilihan dah banyak. Tp ternyata sampe crv gen baru pun yg harga dah 800 jeti denger2 tetep aja ada hal2 recehan yg disunat.
mobilover wrote: Tue May 27, 2025 15:53 Sesuai dugaan, Honda akan terus declining market sharenya kegerus merek china sampai di titik mereka mau gak mau main pakai cara Mazda / Subaru. Jual CBU premium dan spesifik main di niche brandnya yaitu fun motorsport. Sepertinya honda jepang blm mau nyerah dan mau develop platform baru dari india? Tapi kl dari pengamatan skrg sih sudah menuju ke arah sana yah. Honda = new Mazda
Mazda masih ada yg point plus dijual om, dengan dia cbu setidaknya BQ masih terjaga, ga asal nyunat fitur bahkan dari 10 thn lalu CX5 dan mazda 2 dah hampir full feature dibanding ngodah toyota. Trus jg ga perlu pusing target produksi karena emang bukan ckd. Makanya mereka sales ga gitu gede ya santai dan survive2 aja disini. Udah gitu malah diliat2 sekarang mazda brandingnya bertahun2 cukup tepat nempatin mereka di posisi mid-luxury mopang dibawah lexus. Si ngondah susah mau branding jd luxury mopang, masih berantem di segmen lcgc tp mau harga model laen lebih mahal drpd sesama jepang dengan BQ yg malah searoma dengan adek2 lcgcnya. Ya kabur pada semua ke pilihan laen.

Yg jelek dari mazdut cuman mesinnya aja gitu2 doang. Tp setidaknya jelas mana yg dikasih mesin 1.5 mana yg 2.0 mana yg 2.5. Lha si ngondah kasih mesin hajar kabeh 1.5. Dibedain turbo non turbo doang. Baru belakangan masukin 2.0 hybrid tp itu jg di accord yg volume penjualannya kecil sekali.
nah sepakat jeleknya honda mobil gede macem crv,accrod, ma zrv(honda hrv US) pakenya 1.5t ya overstressed tuh engine *barusan cek facelift akhirnya pake 2.0l hybrid yaweslah.
yah mazda emang pinter soal staging productnya. honda dibawah mibe ini aneh utah fetish elektrik , roda 4 dev gajelas , desainnya main aman. ketolong roda 2 aja yamaha, suzuki global rada gajes :big_love:
kayukayuthe5th
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 783
Joined: Wed May 03, 2017 10:30
Daily Vehicle: L15ZF MT+1KRVET MT

Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran

Post by kayukayuthe5th »

DrivingPotato wrote: Tue May 27, 2025 14:30 Percayalah, dealer jual LCGC sekarang itu pada rugi karena perang diskon. Hard truth yg orang-orang ga tahu. Harga ATPMnya udah gila.
Jual rugi 1jt per unit Agya
Jual rugi 2jt per unit Avanza
dst
Demi kejar market share & mereka akan retain di service nya.

Segmen yg price sensitive, jadi backbone nya Honda, jelas berat

Toyota lakuin yg sama, tp rasanya masih ketolong segmen lain yg profit: raja jalan tol :big_smoking:

Yg varian produknya ga banyak aja kalau miss-management bisa bangkrut.
Contoh aja Mer*eka M*tor, dealer Toyota di Bandung. Dua duanya tutup. Satu diambil alih tunas, jadi Tunas Kiaracondong.

Automotive sector bener2 declining, dan yang tersambar paling kencang ya yg ga punya ekosistem kuat
yes ini yyang mungkin honda prospectts (dan global) galiat. gwa ga sukanya prinsipel honda roda4 jarang banget ngelakuin survei kecil2an gitu. jaman john peace tuh selalu dikasi survei loh awal2 muncul mobilio harga berapa dkk. :big_bored:
kayukayuthe5th
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 783
Joined: Wed May 03, 2017 10:30
Daily Vehicle: L15ZF MT+1KRVET MT

Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran

Post by kayukayuthe5th »

vanosz wrote: Tue May 27, 2025 22:47
kayukayuthe5th wrote: Tue May 27, 2025 11:09
b0ku wrote: Tue May 27, 2025 2:56 mibe + billy = dungu :ngacir:
gwa quotes ini jalah, yang lain panjangxlebarxtinggi semua hehe :mky_01:

:big_biglaugh:

Gak di acara tv,

Gak di forum,


Panjang x lebar x tinggi x bawah,


Ngerumpinya selalu paling rame,
:big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:
sapa tau ini petinggi honda ASPAC liat ini opini para honda enthus. kebijakan next step bisa lebih ajib.
gimana mbah vanosz menurut anda soal declining honda ?:mky_03:
kayukayuthe5th
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 783
Joined: Wed May 03, 2017 10:30
Daily Vehicle: L15ZF MT+1KRVET MT

Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran

Post by kayukayuthe5th »

Jenson wrote: Tue May 27, 2025 18:18 Ini ahond naga2 bangkrutnya sadly uda kecium dari EU juga. Salesnya cenderung biasa aja, turun terus.

Buat HPM, kalo baca post ini, saatnya tobat. Kalo berani pricing hrv hybrid cmn naik maks 10jutaan dr price list. More than that buang momentum lagi.

Jadi inget jaman jon peace, varian lebih banyak, konsumen jadi lebih banyak pilihan. Coba launch varian CRV 2.0 type s sama e, harga start 499 buat s mt, - 599 buat e cvt. Harusmya laris itu baranf
yah walaupun jon peace juga tukang sunat. setidaknya harga masih masuk akal dijamannya. skrg udah ada merk cina ma SOKOR, belum lagi toyota dah mau "banting" harga yah susah. :mky_04:
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3922
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran

Post by kendibocor »

Jenson wrote: Tue May 27, 2025 18:18 Ini ahond naga2 bangkrutnya sadly uda kecium dari EU juga. Salesnya cenderung biasa aja, turun terus.

Buat HPM, kalo baca post ini, saatnya tobat. Kalo berani pricing hrv hybrid cmn naik maks 10jutaan dr price list. More than that buang momentum lagi.

Jadi inget jaman jon peace, varian lebih banyak, konsumen jadi lebih banyak pilihan. Coba launch varian CRV 2.0 type s sama e, harga start 499 buat s mt, - 599 buat e cvt. Harusmya laris itu baranf
Tp kalo 2000cc NA + transmisi ngondah super jadul harga gopektiau si skip jg om kayanya orang2. Ane sih skip dah kombinasi itu, dah trauma make 5 taon lebih :big_biglaugh:
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3922
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran

Post by kendibocor »

kayukayuthe5th wrote: Tue May 27, 2025 22:51
nah sepakat jeleknya honda mobil gede macem crv,accrod, ma zrv(honda hrv US) pakenya 1.5t ya overstressed tuh engine *barusan cek facelift akhirnya pake 2.0l hybrid yaweslah.
yah mazda emang pinter soal staging productnya. honda dibawah mibe ini aneh utah fetish elektrik , roda 4 dev gajelas , desainnya main aman. ketolong roda 2 aja yamaha, suzuki global rada gajes :big_love:
Kayanya ngondah terlalu overestimated mereka punya banyak konsumen loyal (yg petrolhead) tp gamau kasih barang yg sesuai konsumen loyal mereka mau. Makin lama makin generik barangnya, salam 1 mesin salam 1 dashboard trus yg fatal ga berusaha ngebenerin atau setidaknya kelihatan berusaha ngebenerin masalah2 yg ada di mobilnya macem steering rack, kaki2 segala. Emang sih jd sumber cuan bwat mereka tp lama2 ya kabur lah loyalisnya.
Zaxis
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1222
Joined: Wed Dec 07, 2016 9:34

Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran

Post by Zaxis »

Kalo Onda mau survive mah gampang
Harga nya disesuaikan aja jangan serakah
Sipik diskon 100
Siarpih diskon 200
Akot diskon 300
gshendra
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: Thu Jun 23, 2016 14:15

Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran

Post by gshendra »

kenop wrote: Tue May 27, 2025 12:56
carlzeiss wrote: Tue May 27, 2025 12:20 Gimana ga sepi, servis jutaan, dpt nya cuman snek kecil doang , itu pun yang boleh refill yg snek kiloannya (kuping gajah, sumpia ) kalah banget ssma merk sebelah
Ini serius dapet nya kayak gini? Kayak di suzuki dong :ungg:

Di plaza toyota kl servis ada makan beratnya (nasi goreng / nasi uduk / nasi kuning), kopi (pake excelso) dan teh boleh refill sampe kembung :big_biglaugh:
bener om, sy dpat kotakan isi roti 2, jajanan curah ambil sendiri, sama minum seduh sendiri, abis serpis adaa aja komponen yang pasangnya ga rapi, sedih banget, dealer di T*banan
AbdulHakim
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1769
Joined: Sun Mar 21, 2021 23:59
Location: Indonesia

Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran

Post by AbdulHakim »

Zaxis wrote: Wed May 28, 2025 0:37 Kalo Onda mau survive mah gampang
Harga nya disesuaikan aja jangan serakah
Sipik diskon 100
Siarpih diskon 200
Akot diskon 300
kalo ini terjadi, berarti fix pricing mereka untuk produk civic, crv dan accord itu super ngawur.
hehe.. emang iya siy
Langkah pertama, buang itu fitur ADAS, manfaat minim, tapi bikin price maksi
User avatar
mobilover
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 867
Joined: Mon Jul 15, 2013 2:40

Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran

Post by mobilover »

AbdulHakim wrote: Wed May 28, 2025 0:57
Zaxis wrote: Wed May 28, 2025 0:37 Kalo Onda mau survive mah gampang
Harga nya disesuaikan aja jangan serakah
Sipik diskon 100
Siarpih diskon 200
Akot diskon 300
kalo ini terjadi, berarti fix pricing mereka untuk produk civic, crv dan accord itu super ngawur.
hehe.. emang iya siy
Langkah pertama, buang itu fitur ADAS, manfaat minim, tapi bikin price maksi
Setau saya modif spesifikasi seperti buang ADAS malah gak ada manfaatnya buat ngurangin harga. Karena produksinya udah disetting utk itu di pabrik asalnya. Kalau mau ngurangin fitur, tapi volumenya kecil malah nambah cost utk setting ulang produksi di pabrik. Makanya Mazda gak kurangin fitur dan pakai spek yg dijual global supaya dapat volume produksi gede utk nekan cost.

Pricing honda utk yg global model mmg ngawur kok. Crv cbu thailand bisa loncat ke 800 jtan di saat cx5 cbu jepang masih bisa jual di 600 jutaan. Ini aja udah gak masuk akal. Accord dan civic juga harganya diup setinggi langit. Bau2nya stepwagon juga bakal diup harga mirip sama crv ? Kalau begitu cara mainnya orang udah males lah sama brand ini. Di saat yg sama byd, chery, aion, dan brand china lain udah ngintai incer market sharenya honda di range harga 400 - 600 jutaan. Range harga yg kosong ditinggalin sama honda mereka gak punya produk proper di harga ini kecuali hrv....
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6347
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran

Post by b0ku »

kayukayuthe5th wrote: Tue May 27, 2025 11:09
gwa quotes ini jalah, yang lain panjangxlebarxtinggi semua hehe :mky_01:
tapi gwa mayoritas sepakat sih terlebih opini suhu @ChZ. dimana emang dijaman billy ini kaia sekadar lewat doang aja ini brand jujur

kalo dari saya sih simple kesalahan honda skrg :
1. produk nanggung nan labil ; wrv n brv dah ngerti susah jualan diskonnya cman 10 juta mentok padahal wrv itu skrg satu2nya produk honda yang bisa "heads on heads" , brio ? cashcow dan platform lama orang dah mulai bosen dan perlahan melirik agya yang ternyata jauh lebih irit di 3 cylindernya
2. telat ngikutin jaman masih aja percaya ama unibody platform G_CON ACE yang keren.......di tahun 2010s dimana yang lain udah pake scalable platform ala TNGA bikin driving experience krg engaged
3. salam satu dashboard+powertrain yah walaupun akhirnya L15zf jadi DOHC tetep aja masih belum bisa kasih sesuatu yang "wah"
4. pricing issue terutama produk global ama regional terlalu disparitas tinggi
5. desain jelek, jujur ini yang ngedesain kaia orang yang terlalu "teratur"
6. visi perusahaan (atau CEO/CFO) gak kompak; kaia honda jepun bilangnya all in EV, america bilang mixed, EU fleksibel, ASPAC ICE focused based ditambah mixed. beda ama toyota yang dipimpin mbah akio (lagi disiapin daisuke anaknya buat next CEO) dimana mau dari ujung eropa ampe australia mereka pake jargon "multipathway solution"

kalo dari saya , masih sabar tunggu PF2 (global platform dev. dari india, desain thai+jepun) notabene ini bisa mixed (ICE,HEV,ma EV) walaupun gwa bilang agak sangat terlambat sekali karena nanti 2027 baru masuk market :big_bored:
kan ai ud ngomong dari kemaren2x dimana honda di china masih no4 di bawah byd-vw-toyota-honda

LINE upnya ngeri buat long term sooner or later bakalan kolaps :big_bored:

cuma amrik aja mereka suprisingsly malah naek

karena mobilnya emang boring itu2x aja kalo mau ngelawan china justru musti kekeh bertahan ice dengan line up yang engaging kalo toyota punya brand image kuat jd orang yang males pake EV lsg larinya kesana semua ditambah masih berani jualan mobil simple dan robust :big_bored:

kalo honda orang beli karena image mobil emak2x kepasar yang bisa di jadiin mobil sport dan robust eh malah dia bunuh karakter kek gini ud males bikin AT baru CVT mulu di amrik aja buat enthusiat dengan gampangnya mereka kasih 6MT aja :big_bored: padahal toyota aja GR yaris malah di upgrade kasih 8AT :big_bored:

padahal kan gak semua enthusiast mau pake manual buat daily kadang pegel bro kasih AT pinter lah biar win win kayak GE8 5AT aja ud engaging banget lupain dulu deh larinya kenceng apa kagak :big_bored:

makin kesini petrolhead juga makin lupa sama angka karena kalo cuma mau angka ya beli EV aja :big_bored:

dan jangan lupa reputasi mereka selama ini didapet dari jualan mobil ringan dan kokoh sekarang mau jualan BABI GEMUK (EV) sama babi less gemuk (HYBRID) siape yang mau honda kek gini :ngacir:

gw aja sekarang lari ke mazda padahal mazda cuma menang chasis sama AT doank mesinnya juga sucks kek diesel :big_dunno:
kayukayuthe5th
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 783
Joined: Wed May 03, 2017 10:30
Daily Vehicle: L15ZF MT+1KRVET MT

Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran

Post by kayukayuthe5th »

b0ku wrote: Wed May 28, 2025 1:16
kayukayuthe5th wrote: Tue May 27, 2025 11:09
gwa quotes ini jalah, yang lain panjangxlebarxtinggi semua hehe :mky_01:
tapi gwa mayoritas sepakat sih terlebih opini suhu @ChZ. dimana emang dijaman billy ini kaia sekadar lewat doang aja ini brand jujur

kalo dari saya sih simple kesalahan honda skrg :
1. produk nanggung nan labil ; wrv n brv dah ngerti susah jualan diskonnya cman 10 juta mentok padahal wrv itu skrg satu2nya produk honda yang bisa "heads on heads" , brio ? cashcow dan platform lama orang dah mulai bosen dan perlahan melirik agya yang ternyata jauh lebih irit di 3 cylindernya
2. telat ngikutin jaman masih aja percaya ama unibody platform G_CON ACE yang keren.......di tahun 2010s dimana yang lain udah pake scalable platform ala TNGA bikin driving experience krg engaged
3. salam satu dashboard+powertrain yah walaupun akhirnya L15zf jadi DOHC tetep aja masih belum bisa kasih sesuatu yang "wah"
4. pricing issue terutama produk global ama regional terlalu disparitas tinggi
5. desain jelek, jujur ini yang ngedesain kaia orang yang terlalu "teratur"
6. visi perusahaan (atau CEO/CFO) gak kompak; kaia honda jepun bilangnya all in EV, america bilang mixed, EU fleksibel, ASPAC ICE focused based ditambah mixed. beda ama toyota yang dipimpin mbah akio (lagi disiapin daisuke anaknya buat next CEO) dimana mau dari ujung eropa ampe australia mereka pake jargon "multipathway solution"

kalo dari saya , masih sabar tunggu PF2 (global platform dev. dari india, desain thai+jepun) notabene ini bisa mixed (ICE,HEV,ma EV) walaupun gwa bilang agak sangat terlambat sekali karena nanti 2027 baru masuk market :big_bored:
kan ai ud ngomong dari kemaren2x dimana honda di china masih no4 di bawah byd-vw-toyota-honda

LINE upnya ngeri buat long term sooner or later bakalan kolaps :big_bored:

cuma amrik aja mereka suprisingsly malah naek

karena mobilnya emang boring itu2x aja kalo mau ngelawan china justru musti kekeh bertahan ice dengan line up yang engaging kalo toyota punya brand image kuat jd orang yang males pake EV lsg larinya kesana semua ditambah masih berani jualan mobil simple dan robust :big_bored:

kalo honda orang beli karena image mobil emak2x kepasar yang bisa di jadiin mobil sport dan robust eh malah dia bunuh karakter kek gini ud males bikin AT baru CVT mulu di amrik aja buat enthusiat dengan gampangnya mereka kasih 6MT aja :big_bored: padahal toyota aja GR yaris malah di upgrade kasih 8AT :big_bored:

padahal kan gak semua enthusiast mau pake manual buat daily kadang pegel bro kasih AT pinter lah biar win win kayak GE8 5AT aja ud engaging banget lupain dulu deh larinya kenceng apa kagak :big_bored:

makin kesini petrolhead juga makin lupa sama angka karena kalo cuma mau angka ya beli EV aja :big_bored:

dan jangan lupa reputasi mereka selama ini didapet dari jualan mobil ringan dan kokoh sekarang mau jualan BABI GEMUK (EV) sama babi less gemuk (HYBRID) siape yang mau honda kek gini :ngacir:

gw aja sekarang lari ke mazda padahal mazda cuma menang chasis sama AT doank mesinnya juga sucks kek diesel :big_dunno:
fokus di roda 4 next CEO bakal berat sih balikin image. aneh deh emang dijaman mibe ini.
mazda seengaknya finishing bener2 diperhatiin, material ok. mesinnya kalo gwa bilang lebih refined (sedikit) sempet nyicip m2 skyactiv.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16731
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran

Post by ChZ »

qushay20019 wrote: Tue May 27, 2025 13:15
Sebagai user product ahond CBU Thai NIK 2007 & CKD NIK 2017, ane ngerasa jurang kematian ahond, khususnya di wakanda, adalah cutting too many corners dari kualitas barang jualan.

Jadi buat menjawab pertanyaan bro ChZ, produk Honda gak identik sama sama motorsport. Produk honda (khususnya buatan HPM) identik dgn BQ yg terlalu rendah; gak worth untuk price point yg mereka minta. Alias cuma jualan emblem aja. Lama2 org identikkan ahond dgn mobil berisik, kaki2 lemah cepet bunyi2 yg ujung2nya org gak ngerasa dapet kemewahan yg dijanjikan dari pricelist nya.
itu dia

ketika image motorsport pun luntur sama image kaki kaki berisik dan QC amburadul.

HPM ini kayak melakukan pengiritan kecil-kecil yang gak perlu, padahal yang mereka perlu buat cut cost itu perampingan lineup, gak usah main-main mobil murah karena bukan pasarnya. kita tau city, jazz itu mobil low end tier, tapi itu bukan mobil murahan.

ya macem pemerintah wakanda. yang dihemat AC, listrik kantor dinas. tapi anggaran di atas gemuk, mobil dinas, rumah dinas, dll masih ada.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1853
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran

Post by MSU »

tinggal pertanyaan berikutnya -> mungkinkah honda sama kayak nissan nasibnya?
X252
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 32
Joined: Thu May 08, 2025 23:22
Location: Balikpapan
Daily Vehicle: Suzuki XL7

Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran

Post by X252 »

Menurut saya pricing Honda CRV udah kemahalan, 700 sampai 800 juta, mobil sekelasnya aja masih 600juta (mazda cx5)

500jtan baru dapet HRV, belum digempur brand tiongkok.

harga di luar pulau jawa lebih tinggi lagi, di sini balikpapan, bisa selisih 30 juta lebih...
zonepublic
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 973
Joined: Thu Feb 20, 2014 19:08

Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran

Post by zonepublic »

Oh ya 1 lagi T di indo punya unit diesel,yang ikut berkontribusi signifikan buat para alay dan cumi ngebul,sedangkan H ga berani bersaing di mobil disel,iDTEC ga berani dimasukin,padahal kalo brv dikasih iDTEC 1.3 matic yg di negara india masuk indo bisa jadi hype lawan avanza di 2013 an lho,kaya chevy spin&ertiga disel yang cuma keluarin manual aja disini,sekarang hypenya diesel sudah lewat,pada adu hybrid,mbok ya keluarin wrv hybrid basis mesin L15z dikasi motor harga 200-300jt buat lawan fronx gitu biar pake mild hybrid mungkin bisa ngangkat penjualan
Salvanost
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3289
Joined: Fri Dec 14, 2012 13:44

Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran

Post by Salvanost »

MSU wrote: Wed May 28, 2025 6:09 tinggal pertanyaan berikutnya -> mungkinkah honda sama kayak nissan nasibnya?
Masih jauh lah om
Jualan 100.000 tahun 2024(50%nya brio) vs jualan serena e-power 1000pcs tahun 2024
kayukayuthe5th
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 783
Joined: Wed May 03, 2017 10:30
Daily Vehicle: L15ZF MT+1KRVET MT

Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran

Post by kayukayuthe5th »

zonepublic wrote: Wed May 28, 2025 6:46 Oh ya 1 lagi T di indo punya unit diesel,yang ikut berkontribusi signifikan buat para alay dan cumi ngebul,sedangkan H ga berani bersaing di mobil disel,iDTEC ga berani dimasukin,padahal kalo brv dikasih iDTEC 1.3 matic yg di negara india masuk indo bisa jadi hype lawan avanza di 2013 an lho,kaya chevy spin&ertiga disel yang cuma keluarin manual aja disini,sekarang hypenya diesel sudah lewat,pada adu hybrid,mbok ya keluarin wrv hybrid basis mesin L15z dikasi motor harga 200-300jt buat lawan fronx gitu biar pake mild hybrid mungkin bisa ngangkat penjualan
kenak dieselgates bro. jadinya akhirnya semua lineup diesel cut prod. masuk fokus ke hybrid. nah itu nanti PF2 next gen global platform dari vrindavan rencanya model2 pake MHEV ala2 SHVS punya suzuki
MSU wrote: Wed May 28, 2025 6:09 tinggal pertanyaan berikutnya -> mungkinkah honda sama kayak nissan nasibnya?
gamungkin kalo seleruhan, wong taun ini motorcycle katanya profit gede banget , bisnis hondajet mau expansion ke eropa, ma mau masuk robotik juga. cman kalo roda4 bisa jadi agak susah saing aja. tapi kalo kaia nissan as whole company for me ATM nah :big_bored:
kayukayuthe5th
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 783
Joined: Wed May 03, 2017 10:30
Daily Vehicle: L15ZF MT+1KRVET MT

Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran

Post by kayukayuthe5th »

ChZ wrote: Wed May 28, 2025 3:02
qushay20019 wrote: Tue May 27, 2025 13:15
Sebagai user product ahond CBU Thai NIK 2007 & CKD NIK 2017, ane ngerasa jurang kematian ahond, khususnya di wakanda, adalah cutting too many corners dari kualitas barang jualan.

Jadi buat menjawab pertanyaan bro ChZ, produk Honda gak identik sama sama motorsport. Produk honda (khususnya buatan HPM) identik dgn BQ yg terlalu rendah; gak worth untuk price point yg mereka minta. Alias cuma jualan emblem aja. Lama2 org identikkan ahond dgn mobil berisik, kaki2 lemah cepet bunyi2 yg ujung2nya org gak ngerasa dapet kemewahan yg dijanjikan dari pricelist nya.
itu dia

ketika image motorsport pun luntur sama image kaki kaki berisik dan QC amburadul.

HPM ini kayak melakukan pengiritan kecil-kecil yang gak perlu, padahal yang mereka perlu buat cut cost itu perampingan lineup, gak usah main-main mobil murah karena bukan pasarnya. kita tau city, jazz itu mobil low end tier, tapi itu bukan mobil murahan.

ya macem pemerintah wakanda. yang dihemat AC, listrik kantor dinas. tapi anggaran di atas gemuk, mobil dinas, rumah dinas, dll masih ada.
untuk kedepan sih karena nanti udah pake global platform dari PF2, EHEV 2.0, Y-EV (china EV platform), ama 0 series. atleast untuk global product macem civic, accord, cr-v bisa lah itu QC dibenerin ama desain interior ga plek ketiplek. contoh tuh toyota walaupun ada beberap commonparts juga ga ctrlc, ctrlv juga kali :mky_07:
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1853
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran

Post by MSU »

kayukayuthe5th wrote: Wed May 28, 2025 6:59
zonepublic wrote: Wed May 28, 2025 6:46 Oh ya 1 lagi T di indo punya unit diesel,yang ikut berkontribusi signifikan buat para alay dan cumi ngebul,sedangkan H ga berani bersaing di mobil disel,iDTEC ga berani dimasukin,padahal kalo brv dikasih iDTEC 1.3 matic yg di negara india masuk indo bisa jadi hype lawan avanza di 2013 an lho,kaya chevy spin&ertiga disel yang cuma keluarin manual aja disini,sekarang hypenya diesel sudah lewat,pada adu hybrid,mbok ya keluarin wrv hybrid basis mesin L15z dikasi motor harga 200-300jt buat lawan fronx gitu biar pake mild hybrid mungkin bisa ngangkat penjualan
kenak dieselgates bro. jadinya akhirnya semua lineup diesel cut prod. masuk fokus ke hybrid. nah itu nanti PF2 next gen global platform dari vrindavan rencanya model2 pake MHEV ala2 SHVS punya suzuki
MSU wrote: Wed May 28, 2025 6:09 tinggal pertanyaan berikutnya -> mungkinkah honda sama kayak nissan nasibnya?
gamungkin kalo seleruhan, wong taun ini motorcycle katanya profit gede banget , bisnis hondajet mau expansion ke eropa, ma mau masuk robotik juga. cman kalo roda4 bisa jadi agak susah saing aja. tapi kalo kaia nissan as whole company for me ATM nah :big_bored:
hmmmmm...kalo motorcycle profit gede...ntah di negara lain sih om...cuma mestinya porto mereka indo pegang porsi gede lah ya...
sedangkan jualan di indo lg stag sih...
ya mungkin bisnis honda keseluruhan masih beruntung ada motor & power product juga
kayukayuthe5th
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 783
Joined: Wed May 03, 2017 10:30
Daily Vehicle: L15ZF MT+1KRVET MT

Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran

Post by kayukayuthe5th »

MSU wrote: Wed May 28, 2025 7:23
kayukayuthe5th wrote: Wed May 28, 2025 6:59
zonepublic wrote: Wed May 28, 2025 6:46 Oh ya 1 lagi T di indo punya unit diesel,yang ikut berkontribusi signifikan buat para alay dan cumi ngebul,sedangkan H ga berani bersaing di mobil disel,iDTEC ga berani dimasukin,padahal kalo brv dikasih iDTEC 1.3 matic yg di negara india masuk indo bisa jadi hype lawan avanza di 2013 an lho,kaya chevy spin&ertiga disel yang cuma keluarin manual aja disini,sekarang hypenya diesel sudah lewat,pada adu hybrid,mbok ya keluarin wrv hybrid basis mesin L15z dikasi motor harga 200-300jt buat lawan fronx gitu biar pake mild hybrid mungkin bisa ngangkat penjualan
kenak dieselgates bro. jadinya akhirnya semua lineup diesel cut prod. masuk fokus ke hybrid. nah itu nanti PF2 next gen global platform dari vrindavan rencanya model2 pake MHEV ala2 SHVS punya suzuki
MSU wrote: Wed May 28, 2025 6:09 tinggal pertanyaan berikutnya -> mungkinkah honda sama kayak nissan nasibnya?
gamungkin kalo seleruhan, wong taun ini motorcycle katanya profit gede banget , bisnis hondajet mau expansion ke eropa, ma mau masuk robotik juga. cman kalo roda4 bisa jadi agak susah saing aja. tapi kalo kaia nissan as whole company for me ATM nah :big_bored:
hmmmmm...kalo motorcycle profit gede...ntah di negara lain sih om...cuma mestinya porto mereka indo pegang porsi gede lah ya...
sedangkan jualan di indo lg stag sih...
ya mungkin bisnis honda keseluruhan masih beruntung ada motor & power product juga
power agak turun om kalo dari kemarin profilnya, hondajet yang lagi naik daun ama motorcycle.
negara lain ikut naik om karena udah pake teknologi baru semua (e-cluth, hybrid, EV)
nah itu "unik"nya honda semua ada dijejelin tuh jadi susah kalo mau bangkrut. pol2an sih struggling mirip mitsubishi lah yang mmc doang, mitsubishi gede? dont think so :big_comfort:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27658
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran

Post by DOHC »

mustinya honda itu balik ke pakem jaman dl , jgn kaya skrg, masa dari kelas lcgc ampe akort dikasi enjin sama , yah orang mikir sejuta kali lah, mo ngapain beli mahal2 toh dapetnya enjin yg sama , belom lg salam satu dashboard

kl jaman dl kan, tiap beda klaas, beda dashbard dan beda enjin
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
kayukayuthe5th
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 783
Joined: Wed May 03, 2017 10:30
Daily Vehicle: L15ZF MT+1KRVET MT

Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran

Post by kayukayuthe5th »

DOHC wrote: Wed May 28, 2025 9:30 mustinya honda itu balik ke pakem jaman dl , jgn kaya skrg, masa dari kelas lcgc ampe akort dikasi enjin sama , yah orang mikir sejuta kali lah, mo ngapain beli mahal2 toh dapetnya enjin yg sama , belom lg salam satu dashboard

kl jaman dl kan, tiap beda klaas, beda dashbard dan beda enjin
atleast bikin dhasboardnya juga desainnya cakep elegan ala KODO punya mazda kan betah :mky_03: nah ini cman datar doang terus minimalis (kesannya desainer "males")
beda enjin itu penting sih. serius masah L15 mulu dimilking ampe kisut wkkwkwkw
faridrach
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 107
Joined: Sat Jun 20, 2020 21:28

Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran

Post by faridrach »

Jangan lupa, selain salam satu dashboard dan salam satu engine, Honda juga salam satu ROAD NOISE.

Najis bener hampir semua mobil Honda ribut begini jalan 100kpj aja ngobrol udah harus agak teriak.