Sudah berapa jauhkah odometer mobil anda??

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: F 272, b8099ok, ginting, FRD, artoodetoo, y_anjasrana

Post Reply
Greenhunter
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 246
Joined: 25 Aug 2014, 21:12

Re: Sudah berapa jauhkah odometer mobil anda??

Post by Greenhunter »

erwinign wrote: 09 Jun 2021, 16:47
Greenhunter wrote: 09 Jun 2021, 14:05 20210609_135233.jpg

Official car Seraya Motor, 2016 Honda DD4 1.5 RS kilometer 89.463 on going
Di surabaya dsk bener ya om setiap 5th perpanjangan kaleng plat tapi AN-alamat sama pasti penomoran diacak lagi?
Betul om, tiap 5 tahun angka dan hurup belakangnya acak lagi tapi urut abjad. Misal saya perpanjangan bulan mei belakangnya SM, bisa jadi yang perpanjangan bulan juli atau agustus hurup belakangnya SN, atau kalau kuota SN udah penuh dapatnya SO, urut abjad gitu. Sidoarjo saya perhatikan juga gitu. Ada kalanya belakangnya RT semua, lalu jadi RU.

Ada rumor tapi saya tidak tahu kebenarannya. Kalau urus sendiri nomernya acak tiap 5 tahun, kalau pakai calo nomernya tetap.
erwinign
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2841
Joined: 19 Apr 2014, 10:45
Location: SRG

Re: Sudah berapa jauhkah odometer mobil anda??

Post by erwinign »

Greenhunter wrote: 09 Jun 2021, 18:10
erwinign wrote: 09 Jun 2021, 16:47
Greenhunter wrote: 09 Jun 2021, 14:05 20210609_135233.jpg

Official car Seraya Motor, 2016 Honda DD4 1.5 RS kilometer 89.463 on going
Di surabaya dsk bener ya om setiap 5th perpanjangan kaleng plat tapi AN-alamat sama pasti penomoran diacak lagi?
Betul om, tiap 5 tahun angka dan hurup belakangnya acak lagi tapi urut abjad. Misal saya perpanjangan bulan mei belakangnya SM, bisa jadi yang perpanjangan bulan juli atau agustus hurup belakangnya SN, atau kalau kuota SN udah penuh dapatnya SO, urut abjad gitu. Sidoarjo saya perhatikan juga gitu. Ada kalanya belakangnya RT semua, lalu jadi RU.

Ada rumor tapi saya tidak tahu kebenarannya. Kalau urus sendiri nomernya acak tiap 5 tahun, kalau pakai calo nomernya tetap.
Kl pembagian wilayah buat abjadnya itu berdasarkan barat-timur-tengah-utara apa misal dr kecamatan kaya kenjeran-genteng-gubeng-mulyorejo gitu om?
Don't Judge The Book By It's Cover
Greenhunter
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 246
Joined: 25 Aug 2014, 21:12

Re: Sudah berapa jauhkah odometer mobil anda??

Post by Greenhunter »

erwinign wrote: 09 Jun 2021, 18:24
Greenhunter wrote: 09 Jun 2021, 18:10
erwinign wrote: 09 Jun 2021, 16:47

Di surabaya dsk bener ya om setiap 5th perpanjangan kaleng plat tapi AN-alamat sama pasti penomoran diacak lagi?
Betul om, tiap 5 tahun angka dan hurup belakangnya acak lagi tapi urut abjad. Misal saya perpanjangan bulan mei belakangnya SM, bisa jadi yang perpanjangan bulan juli atau agustus hurup belakangnya SN, atau kalau kuota SN udah penuh dapatnya SO, urut abjad gitu. Sidoarjo saya perhatikan juga gitu. Ada kalanya belakangnya RT semua, lalu jadi RU.

Ada rumor tapi saya tidak tahu kebenarannya. Kalau urus sendiri nomernya acak tiap 5 tahun, kalau pakai calo nomernya tetap.
Kl pembagian wilayah buat abjadnya itu berdasarkan barat-timur-tengah-utara apa misal dr kecamatan kaya kenjeran-genteng-gubeng-mulyorejo gitu om?
Setahu saya pembagian abjadnya mengikuti samsat yang mengeluarkan. Disurabaya ada :
1. Samsat surabaya timur,
Lokasi di manyar kertoarjo. Orang lebih kenal sebagai samsat manyar atau samsat bonet. Wilayahnya meliputi KTP surabaya timur (kertajaya, mulyosari, sukolilo, kedungdoro, sawahan, tunjungan, dsk)
2. Samsat surabaya selatan
Dikenal dengan samsat ketintang karena lokasinya di jalan ketintang, wilayahnya KTP surabaya selatan (wonokromo, nginden, siwalankerto tenggilis, waru, dsk)
3. Samsat surabaya utara
Dikenal dengan samsat kedungcowek karena lokasinya di jalan kedungcowek, wilayahnya KTP surabaya utara (perak, kenjeran, ampel, undaan, dsk)
4. Samsat surabaya barat
Dikenal dengan samsat tandes karena lokasinya di jalan tandes, wilayahnya KTP surabaya barat (darmo, tandes, margomulyo, citraland, lontar, pakal, benowo, dsk )

Contoh untuk bulan mei kemari, saya di samsat surabaya ketintang hurup belakang plat nomornya SM, bulan yg sama temen saya di samsat surabaya timur plat nomornya TB.
Jadi perkiraan saya hurup belakangnya mengikuti samsat area, T= timur, S= selatan, kurang tahu hurup lainnya, hanya dari contoh kasus 2 kendaraan itu aja.
Greenhunter
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 246
Joined: 25 Aug 2014, 21:12

Re: Sudah berapa jauhkah odometer mobil anda??

Post by Greenhunter »

Tambahan : kita tidak bolehbmemilih samsat mana, KTP mana menentukan samsat mana kita terdaftar.
Saya ktp wonokromo gak boleh minta didaftarkan ke samsat manyar. Untuk pembayaran pajak tahunan bisa di samsat manapun, seluruh jawa timur sudah online bisa bayar disamsat manapun di surabaya.
Kalau pajak 5 tahunan yg ganti plat nomor itu tidak boleh asal, harus ke samsat asal sesuai KTP
erwinign
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2841
Joined: 19 Apr 2014, 10:45
Location: SRG

Re: Sudah berapa jauhkah odometer mobil anda??

Post by erwinign »

Greenhunter wrote: 09 Jun 2021, 19:56 Tambahan : kita tidak bolehbmemilih samsat mana, KTP mana menentukan samsat mana kita terdaftar.
Saya ktp wonokromo gak boleh minta didaftarkan ke samsat manyar. Untuk pembayaran pajak tahunan bisa di samsat manapun, seluruh jawa timur sudah online bisa bayar disamsat manapun di surabaya.
Kalau pajak 5 tahunan yg ganti plat nomor itu tidak boleh asal, harus ke samsat asal sesuai KTP
Wah makasih om infonya, menarik aja perkembangan abjad belakang plat nomor L ini buat saya. L dr jaman kepala 2, beberapa wilayah yang jadi ikut sidoarjo, sama yang per 5th an yang nomer pasti ganti walaupun AN-alamat sama.

Berarti kl perpanjangan 5th bisa di samsat wilayah bersangkutan ya om?

Saya di semarang, kl perpanjangan 5th/balik nama dah ndak bs one stop lagi, jadi pertama minta cek fisik esek2 sama blanko2nan buat perpanjangan ke samsat wilayah ybs, terus ke kantor pelayanan BPKB buat masukin BPKB-bayar-dapet plat nomer seri baru, terus balik samsat wilayah sesuai ktp buat cetak stnk sama ambil kaleng plat nomer.

BPKB aja ndak bs langsung jadi, nunggu sktr 3 hari dari pengajuan ke kantor

Plat nomer seri baru soalnya mulai feb 2020, di jateng mobil penumpang semua jenis berubah penomorannya jadi H/AD/K 1xxx yy. Sebelumnya mobil penumpang di jateng kl minibus penomorannya 84xx-94xx, sedan-jip 70xx-83xx.

Mirip modelnya di jawa timur khusus minibus om, yg setau saya dulu misalnya L 2xxx yy jadi semua jenis mobil penumpang L 1xxx yy
Don't Judge The Book By It's Cover
rakyatwkwkland
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 222
Joined: 01 Sep 2019, 16:45
Location: Jekardah
Daily Vehicle: K15B-4AT

Re: Sudah berapa jauhkah odometer mobil anda??

Post by rakyatwkwkland »

Greenhunter wrote: 09 Jun 2021, 18:10
erwinign wrote: 09 Jun 2021, 16:47
Greenhunter wrote: 09 Jun 2021, 14:05 20210609_135233.jpg

Official car Seraya Motor, 2016 Honda DD4 1.5 RS kilometer 89.463 on going
Di surabaya dsk bener ya om setiap 5th perpanjangan kaleng plat tapi AN-alamat sama pasti penomoran diacak lagi?
Betul om, tiap 5 tahun angka dan hurup belakangnya acak lagi tapi urut abjad. Misal saya perpanjangan bulan mei belakangnya SM, bisa jadi yang perpanjangan bulan juli atau agustus hurup belakangnya SN, atau kalau kuota SN udah penuh dapatnya SO, urut abjad gitu. Sidoarjo saya perhatikan juga gitu. Ada kalanya belakangnya RT semua, lalu jadi RU.

Ada rumor tapi saya tidak tahu kebenarannya. Kalau urus sendiri nomernya acak tiap 5 tahun, kalau pakai calo nomernya tetap.
Wah, kalo 5 tahunan ganti plat, nomor nya jg ganti, itu kombinasi plat nomornya apa gak cepet abis yak :big_think:

Kalo di jkt diberlakukan begitu sekejap kombinasi huruf belakang 3 huruf bisa abis juga tuh, otw jadi 4 huruf mungkin :big_biglaugh:
erwinign
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2841
Joined: 19 Apr 2014, 10:45
Location: SRG

Re: Sudah berapa jauhkah odometer mobil anda??

Post by erwinign »

rakyatwkwkland wrote: 09 Jun 2021, 22:50
Greenhunter wrote: 09 Jun 2021, 18:10
erwinign wrote: 09 Jun 2021, 16:47

Di surabaya dsk bener ya om setiap 5th perpanjangan kaleng plat tapi AN-alamat sama pasti penomoran diacak lagi?
Betul om, tiap 5 tahun angka dan hurup belakangnya acak lagi tapi urut abjad. Misal saya perpanjangan bulan mei belakangnya SM, bisa jadi yang perpanjangan bulan juli atau agustus hurup belakangnya SN, atau kalau kuota SN udah penuh dapatnya SO, urut abjad gitu. Sidoarjo saya perhatikan juga gitu. Ada kalanya belakangnya RT semua, lalu jadi RU.

Ada rumor tapi saya tidak tahu kebenarannya. Kalau urus sendiri nomernya acak tiap 5 tahun, kalau pakai calo nomernya tetap.
Wah, kalo 5 tahunan ganti plat, nomor nya jg ganti, itu kombinasi plat nomornya apa gak cepet abis yak :big_think:

Kalo di jkt diberlakukan begitu sekejap kombinasi huruf belakang 3 huruf bisa abis juga tuh, otw jadi 4 huruf mungkin :big_biglaugh:
Kalo di surabaya sepenglihatan saya ya kombinasi plat yg lama dipake lagi di mobil laen se-wilayah oom, ntah yg beli baru atau ex balik nama.

Ini di jakarta aja plat pengganti ex plat cantik aja saya liatin dah bingung kombinasi belakangnya yg abjad tengah bakal pake alphabet apa lagi om, terutama yg plat selatan itu
Don't Judge The Book By It's Cover
Carbro
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 120
Joined: 18 Apr 2018, 21:05
Location: Jakarta

Re: Sudah berapa jauhkah odometer mobil anda??

Post by Carbro »

Carbro wrote: 05 Feb 2020, 11:09 Ikut meramaikan ahh

1. Honda HRV 1.5 , Keluaran bulan 3 tahun 2018 , kilometer sekarang 32.800

2. Innova Reborn Diesel G , Keluaran bulan 8 tahun 2019 , kilometer sekarang 10.600
Update lagi per 9 juni 2021
1. Hrv 1.5 bulan 3 tahun 2018 jalan 65.100 km

2. Reborn diesel bulan 8 tahun 2019 jalan 30.000 km
Cars more than just a tools to some :big_smoking:
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5358
Joined: 28 Oct 2012, 11:58

Re: Sudah berapa jauhkah odometer mobil anda??

Post by kompresorz »

DOHC wrote: 18 Apr 2021, 13:31 Sebenernya jalan 100 ampe 200 rebu kilometer sehh belom ada apa2nya

Kliatan gede soalnya konversinnya ke kilometer

Kl di mamarika sana, jalan 100 rebu aj dibilang low milleage, wong diitung d miles, padahal di convert ud tembus 160 rebu km
sbenarnya kalo mesin standar sih kilometer banyak belum ada apa2nya....

truk angkot dirumah dr lahir sudah pigibak....harian lari tol minimal 160....jalan bawah biasa 100-140...

kadang adu terbang terbangan poldur....lari 110 dekat poldur br rem gubrak...kawan yang awal gak sabar nyeti jadi sabar dah...biasa diblakang gading serpong yg lewat aliaran kali tuh..ganas tuh poldurnya tinggi lebar dan banyak....



awet aja tuh....


yang gak biasa tuh kalo aliran anti menstrim ya.... :big_weee:
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2168
Joined: 13 Sep 2015, 10:08

Re: Sudah berapa jauhkah odometer mobil anda??

Post by evanbngdor »

Or4cle wrote: 09 Jun 2021, 17:01
evanbngdor wrote: 09 Jun 2021, 16:46
Or4cle wrote: 09 Jun 2021, 16:32 Halooo masta - masta semua ...
Ada yg mobilnya konsisten pake oli kekentalan 05W18 / 05W20 yg KM nya dah ngondrong ?
Misalnya di atas 200.000 KM ? Masih penasaran pembuktian keampuhan lendir-lendir encer jaman now
120 ribuan masih belom termasuk gondrong ya?
:mky_01:

Saya selalu pake 0w-20 di CRV RM R20 saya mulai dr baru sampe skg
Masih piyik om Evanbngdor :big_peace:
Theoretically, engine modern rata-rata bertahan di 300.000 miles, kenyataannya banyak yang lewatin angka keramat tsb.
L15A ane sudah hampir 250.000 KM, selalu pakai 05W30, sampai sekarang lum ngebul tuh.
Selama perawatannya bener sih sampe 500rb pun aman mestinya.

sodara punya suzuki carry futura 2002 aja sampe skg msh aman jaya tuh, odometer udah 600rb lebih kayaknya skg. Setiap hari minimal 100 km itu keliling2. Perawatan ya standar aja ganti oli kalo gak salah dia tiap 5000 km deh pake oli kebanggaan bangsa Indonesia
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
User avatar
Xous
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1216
Joined: 16 Nov 2009, 13:20
Location: Surabaya

Re: Sudah berapa jauhkah odometer mobil anda??

Post by Xous »

Kmrn perpanjang minta sama plek nomor n huruf lama krn terlanjur cinta. Biaya 3 jt sm birojasa.
Greenhunter wrote: 09 Jun 2021, 18:10
erwinign wrote: 09 Jun 2021, 16:47
Greenhunter wrote: 09 Jun 2021, 14:05 20210609_135233.jpg

Official car Seraya Motor, 2016 Honda DD4 1.5 RS kilometer 89.463 on going
Di surabaya dsk bener ya om setiap 5th perpanjangan kaleng plat tapi AN-alamat sama pasti penomoran diacak lagi?
Betul om, tiap 5 tahun angka dan hurup belakangnya acak lagi tapi urut abjad. Misal saya perpanjangan bulan mei belakangnya SM, bisa jadi yang perpanjangan bulan juli atau agustus hurup belakangnya SN, atau kalau kuota SN udah penuh dapatnya SO, urut abjad gitu. Sidoarjo saya perhatikan juga gitu. Ada kalanya belakangnya RT semua, lalu jadi RU.

Ada rumor tapi saya tidak tahu kebenarannya. Kalau urus sendiri nomernya acak tiap 5 tahun, kalau pakai calo nomernya tetap.
rakyatwkwkland
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 222
Joined: 01 Sep 2019, 16:45
Location: Jekardah
Daily Vehicle: K15B-4AT

Re: Sudah berapa jauhkah odometer mobil anda??

Post by rakyatwkwkland »

erwinign wrote: 09 Jun 2021, 23:30
rakyatwkwkland wrote: 09 Jun 2021, 22:50
Greenhunter wrote: 09 Jun 2021, 18:10

Betul om, tiap 5 tahun angka dan hurup belakangnya acak lagi tapi urut abjad. Misal saya perpanjangan bulan mei belakangnya SM, bisa jadi yang perpanjangan bulan juli atau agustus hurup belakangnya SN, atau kalau kuota SN udah penuh dapatnya SO, urut abjad gitu. Sidoarjo saya perhatikan juga gitu. Ada kalanya belakangnya RT semua, lalu jadi RU.

Ada rumor tapi saya tidak tahu kebenarannya. Kalau urus sendiri nomernya acak tiap 5 tahun, kalau pakai calo nomernya tetap.
Wah, kalo 5 tahunan ganti plat, nomor nya jg ganti, itu kombinasi plat nomornya apa gak cepet abis yak :big_think:

Kalo di jkt diberlakukan begitu sekejap kombinasi huruf belakang 3 huruf bisa abis juga tuh, otw jadi 4 huruf mungkin :big_biglaugh:
Kalo di surabaya sepenglihatan saya ya kombinasi plat yg lama dipake lagi di mobil laen se-wilayah oom, ntah yg beli baru atau ex balik nama.

Ini di jakarta aja plat pengganti ex plat cantik aja saya liatin dah bingung kombinasi belakangnya yg abjad tengah bakal pake alphabet apa lagi om, terutama yg plat selatan itu
Kalau pengganti plat cantik sepertinya yang huruf tengahnya B oom. Soalnya tetangga ane ada yg tadinya platnya nocan, abis ganti plat jadi belakangnya BBB. Ada orang lain lagi yg ane liat jg plat cantiknya jadi UBA. Kalo plat selatan ex nocan berarti mungkin jadinya SBA SBB SBC SBD dll dll
erwinign
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2841
Joined: 19 Apr 2014, 10:45
Location: SRG

Re: Sudah berapa jauhkah odometer mobil anda??

Post by erwinign »

rakyatwkwkland wrote: 10 Jun 2021, 11:06
erwinign wrote: 09 Jun 2021, 23:30
rakyatwkwkland wrote: 09 Jun 2021, 22:50

Wah, kalo 5 tahunan ganti plat, nomor nya jg ganti, itu kombinasi plat nomornya apa gak cepet abis yak :big_think:

Kalo di jkt diberlakukan begitu sekejap kombinasi huruf belakang 3 huruf bisa abis juga tuh, otw jadi 4 huruf mungkin :big_biglaugh:
Kalo di surabaya sepenglihatan saya ya kombinasi plat yg lama dipake lagi di mobil laen se-wilayah oom, ntah yg beli baru atau ex balik nama.

Ini di jakarta aja plat pengganti ex plat cantik aja saya liatin dah bingung kombinasi belakangnya yg abjad tengah bakal pake alphabet apa lagi om, terutama yg plat selatan itu
Kalau pengganti plat cantik sepertinya yang huruf tengahnya B oom. Soalnya tetangga ane ada yg tadinya platnya nocan, abis ganti plat jadi belakangnya BBB. Ada orang lain lagi yg ane liat jg plat cantiknya jadi UBA. Kalo plat selatan ex nocan berarti mungkin jadinya SBA SBB SBC SBD dll dll
Awal2 memang tengahnya B om, cuma sekarang khusus plat jaksel udah lewatin SBZ. Sekarang jaksel udah SX* yg ex nomer milih. Lainnya masih tengah2 B, tapi sy rasa bentar lagi mestinya tengah2 bakal X sih pakenya kl liat jaksel
Don't Judge The Book By It's Cover
Greenhunter
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 246
Joined: 25 Aug 2014, 21:12

Re: Sudah berapa jauhkah odometer mobil anda??

Post by Greenhunter »

kembali ke laptop.
ini thread bicarain kilometer kok berubah jadi plat nomer ??? wkwkwwkwkkkk :big_weee: :big_weee: :big_weee:
rakyatwkwkland
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 222
Joined: 01 Sep 2019, 16:45
Location: Jekardah
Daily Vehicle: K15B-4AT

Re: Sudah berapa jauhkah odometer mobil anda??

Post by rakyatwkwkland »

erwinign wrote: 10 Jun 2021, 11:13
rakyatwkwkland wrote: 10 Jun 2021, 11:06
erwinign wrote: 09 Jun 2021, 23:30

Kalo di surabaya sepenglihatan saya ya kombinasi plat yg lama dipake lagi di mobil laen se-wilayah oom, ntah yg beli baru atau ex balik nama.

Ini di jakarta aja plat pengganti ex plat cantik aja saya liatin dah bingung kombinasi belakangnya yg abjad tengah bakal pake alphabet apa lagi om, terutama yg plat selatan itu
Kalau pengganti plat cantik sepertinya yang huruf tengahnya B oom. Soalnya tetangga ane ada yg tadinya platnya nocan, abis ganti plat jadi belakangnya BBB. Ada orang lain lagi yg ane liat jg plat cantiknya jadi UBA. Kalo plat selatan ex nocan berarti mungkin jadinya SBA SBB SBC SBD dll dll
Awal2 memang tengahnya B om, cuma sekarang khusus plat jaksel udah lewatin SBZ. Sekarang jaksel udah SX* yg ex nomer milih. Lainnya masih tengah2 B, tapi sy rasa bentar lagi mestinya tengah2 bakal X sih pakenya kl liat jaksel
Wah udah sampe SBZ kah oom? Ane yg orang jekardah malah kagak merhatiin :big_slap:
Gila juga ya orang2 selatan. Artinya banyak yg mesen plat nocan tapi pas 5 tahunannya entah kagak kuat bayar lagi entah kagak ngerti kalau 5 tahunannya mesti bayar lagi biaya nocannya.

Ane di barat BBx nya kayanya masih sisa banyak oom. Entah baru sampe BBG atau BB apa ane lupa, tapi kayanya msh di abjad tengah2.

Tapi kalo selatan sebegitu ngebutnya ga heran sih oom. Plat reguler buat minibusnya yg SFx SKx SOx dll dll jg paling duluan abis. Selatan yg paling duluan ngabisin kombinasi angka depan 1 dan paling duluan masuk ke angka depan 2. Begitu juga dengan plat buat jip nya, daerah lain baru sampe mana, tau2 dia udah sampe SJZ aja dan udah masuk ke angka depan 2. :big_weee:

Daerah berikutnya yang menyusul selatan adalah barat, sama2 lumayan ngebut juga. Kalau paling lambat itu sepertinya Pusat (tanpa melihat planet2 tetangga yg daerah2 penyangga detabek ya).
rakyatwkwkland
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 222
Joined: 01 Sep 2019, 16:45
Location: Jekardah
Daily Vehicle: K15B-4AT

Re: Sudah berapa jauhkah odometer mobil anda??

Post by rakyatwkwkland »

Greenhunter wrote: 10 Jun 2021, 11:21 kembali ke laptop.
ini thread bicarain kilometer kok berubah jadi plat nomer ??? wkwkwwkwkkkk :big_weee: :big_weee: :big_weee:
Hahahaha

Okedeh, biar BTT, ane numpang nulisin odometer kendaraan2 yg ada di rumah deh.

Mulai dari yg paling tua :
Honda Supra Fit 2005 : 655xx (jarang jalan, sekalinya jalan pun jg cuma di komplek2 aja)
Xenia Li 1.0 2005 : 128xxx
AN r3 2018 : 38xxx
henbob
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 165
Joined: 26 Sep 2019, 14:33
Location: BSD-SBY

Re: Sudah berapa jauhkah odometer mobil anda??

Post by henbob »

update ah..
susuki katana 96 : 314500 KM. Jalan sehari kira2 60KM. Oli prim#XP 20w50 ganti oli + oli filter tiap 5000km. mesin standar, blm pernah oversize.
erwinign
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2841
Joined: 19 Apr 2014, 10:45
Location: SRG

Re: Sudah berapa jauhkah odometer mobil anda??

Post by erwinign »

Greenhunter wrote: 10 Jun 2021, 11:21 kembali ke laptop.
ini thread bicarain kilometer kok berubah jadi plat nomer ??? wkwkwwkwkkkk :big_weee: :big_weee: :big_weee:
Hahahaha samaan deh om sy lampirin km mobil saya.

Avansa 1.3 E 2008 mt = 260xxx
Innova bensin 2010 mt = 163xxx
Crv K24 2011 = 89xxx
Ertiga gx 2014 at = 705xx
Mazda 2 2013 at rz = 33xxx
Don't Judge The Book By It's Cover
rakyatwkwkland
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 222
Joined: 01 Sep 2019, 16:45
Location: Jekardah
Daily Vehicle: K15B-4AT

Re: Sudah berapa jauhkah odometer mobil anda??

Post by rakyatwkwkland »

Kalo lampirin odometer kendaraan sendiri kan biasanya pada irit2 tuh, kalo lampirin odometer kendaraan umum boleh ga? Biar seru gitu :big_weee:

Paling tinggi yg pernah ane liat, bus transjakarta zhongtong LCK6180GC 2013 (punyanya damri) di 2020 awal lalu udah ada yang nyentuh 694xxx km. Waktu itu sih masih setrongg, AC jg msh dingin kulkas, mogok jg jarang (yg doyan mogok dan kebakar itu ankai bukan zhongtong, gak semua china brand itu jelek)

Perawatan jg kadang sangat mempengaruhi kondisi mobil. Odometer gondrong belum tentu mobil tidak sehat dan odometer sedikit belum tentu mobil segar. Pengalaman naik taksi/taksol yg remarkable :
Brio 2017 : 88k km, waktu itu naiknya 2019 akhir, interior dah buluk, mesin kasar amit2, naikan udah ga enak banget, kaki2 mulai orkestra, sopir ibu2 (yha paham lah ya kalo ibu2 biasanya gimana rawat mobilnya)
Apanjah 2016 : 120an k km, naiknya sekitar 2018an, interior dah buluk juga, mesin jg kasar amit2, naikan so pasti udah ga enak, kaki2 lupa, lampu ABS jg nyala
OGL L10 : 320k km, naiknya sekitar awal 2020 sebelum kopit, interior bersih terawat bin kinclong, naikan masih nyaman, kaki2 super senyap, mesin super halus, minim nggelitik, sopirnya ibu2 juga (WOW! tumben ibu2 mubil ne kinclong :upss: )

Sebagai perbandingan, untuk taksi konvensional yg odonya paling tinggi yg penah ane liat waktu itu ane naik limo bakpau nya si putih, udah 600k km, tapi interior msh kinclong, mesin cukup halus, kaki2 jg msh enak, paling cuma KF aja dah pada ngegelembung. Di sini jg membuktikan bahwa sebenernya perawatan taksi konvensional itu masih much much much better dari mostly taksol. Lebih mengerikan ngambil eks taksol daripada eks taksinya BB dan express.

Kesimpulannya, odometer bukanlah segalanya :big_smoking:
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2168
Joined: 13 Sep 2015, 10:08

Re: Sudah berapa jauhkah odometer mobil anda??

Post by evanbngdor »

erwinign wrote: 10 Jun 2021, 11:13
rakyatwkwkland wrote: 10 Jun 2021, 11:06
erwinign wrote: 09 Jun 2021, 23:30

Kalo di surabaya sepenglihatan saya ya kombinasi plat yg lama dipake lagi di mobil laen se-wilayah oom, ntah yg beli baru atau ex balik nama.

Ini di jakarta aja plat pengganti ex plat cantik aja saya liatin dah bingung kombinasi belakangnya yg abjad tengah bakal pake alphabet apa lagi om, terutama yg plat selatan itu
Kalau pengganti plat cantik sepertinya yang huruf tengahnya B oom. Soalnya tetangga ane ada yg tadinya platnya nocan, abis ganti plat jadi belakangnya BBB. Ada orang lain lagi yg ane liat jg plat cantiknya jadi UBA. Kalo plat selatan ex nocan berarti mungkin jadinya SBA SBB SBC SBD dll dll
Awal2 memang tengahnya B om, cuma sekarang khusus plat jaksel udah lewatin SBZ. Sekarang jaksel udah SX* yg ex nomer milih. Lainnya masih tengah2 B, tapi sy rasa bentar lagi mestinya tengah2 bakal X sih pakenya kl liat jaksel
Betul, ganti plat ex nocan itu tengahnya jd B. Saya juga kebetulan abis ganti plat karena kalo mau pake plat yg sama itu mesti bayar 10jt. Ngga usah deh, random aja
:mky_01:
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
ricz
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12117
Joined: 23 Jan 2013, 17:18
Location: Indonesia

Re: Sudah berapa jauhkah odometer mobil anda??

Post by ricz »

CRV 2013 = 67 ribuan km slow going
Avanza 2011 = 68 ribuan km kalo liat dari odometer, cuma curiga dimundurin krn kondisi mobil tdk sesuai dgn kmnya :mky_07:

Mobil kantor :
Xpander matic 2018, odo udah 45 ribuan km
Rush 2010, odo 80an ribu km karena dipake di kota kecil :mky_01:
2011 Avanza 1.3 G MT
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 10875
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Sudah berapa jauhkah odometer mobil anda??

Post by ChZ »

rakyatwkwkland wrote: 10 Jun 2021, 12:45
Kesimpulannya, odometer bukanlah segalanya :big_smoking:
odometer gondrong kl rawatan macem mbah suhu omnibus 1 juta kilometer juga rasanya lebih enak dari mobil fresh keluar showroom :big_weee:

soal odometer ini sbenernya udah terbukti ga valid kl menilai bagus tidaknya kondisi mobil dr odometer. mobil jalan 20 ribu kalo tiap hari jalanannya semi offroad kaki kakinya ya tewas juga dan interiornya pasti buluk.

bahkan surprise mobil odometer tinggi punya tendency untuk lebih awet. umur komponen mesin dihitung bukan berdasarkan odometer tapi per cycle dan engine working hours.

1x cycle dihitung setiap nyala/mati mesin, tidak peduli kita jalan 100 km atau 10 km. jd dibanding supir rental yang ngetoll terus sehari 100 kilometer, cycle nya justru dihitung lebih banyakan kita yang cuma dalem kota tapi mampir-mampir rumah - kantor - sorenya ngopi di kafe - minimarket - rumah lagi. blom jalanan macet yang mana stressnya lebih besar drpd lari konstan di toll.

dgn engine working hours yang sama mobil rental justru (theoritically, dengan rawatan yang relatif sama) akan lebih awet.

makanya jgn heran kalo ada mobil X komponen apanya udah minta jajan pdhl baru jalan 50 - 70 ribu sementara mobil lain serupa ampe 200 ribu blom ganti komponen itu. :upss:

ini sama spt mesin pabrik kenapa banyak yang sekali nyala harus nyala 24 jam nonstop kecuali saat maintenance.
2011 Toyota XU30 / 2016 XP170
2015 Honda RU5 / 2017 FK4 / 2018 RW1
2019 Mitsubishi NC1W

https://livingwithcars.wixsite.com/livingwithcars/blog
henbob
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 165
Joined: 26 Sep 2019, 14:33
Location: BSD-SBY

Re: Sudah berapa jauhkah odometer mobil anda??

Post by henbob »

henbob wrote: 10 Jun 2021, 12:25 update ah..
susuki katana 96 : 314500 KM. Jalan sehari kira2 60KM. Oli prim#XP 20w50 ganti oli + oli filter tiap 5000km. mesin standar, blm pernah oversize.
nambahin aja, gw jalan pas rush hour bsd - jkt PP, jadi pas macyet :big_exellent: .

oh iya utk history ngerawatnya di grup viewtopic.php?f=34&t=30581&start=1275 soalnya updatenya disitu. Terakir ganti waterpump n timing belt di Garasi 58 punyanya mbah marmut, mantep! . Utk komponen AC jg pernah gw bongkar sendiri, ganti dryer ama ganti expansi valve dan isi sendiri freonnya.

kuncinya diperawatan n cara makenya.. :big_grin:
Or4cle
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 761
Joined: 02 Nov 2016, 08:59

Re: Sudah berapa jauhkah odometer mobil anda??

Post by Or4cle »

henbob wrote: 11 Jun 2021, 15:10
henbob wrote: 10 Jun 2021, 12:25 update ah..
susuki katana 96 : 314500 KM. Jalan sehari kira2 60KM. Oli prim#XP 20w50 ganti oli + oli filter tiap 5000km. mesin standar, blm pernah oversize.
nambahin aja, gw jalan pas rush hour bsd - jkt PP, jadi pas macyet :big_exellent: .

oh iya utk history ngerawatnya di grup viewtopic.php?f=34&t=30581&start=1275 soalnya updatenya disitu. Terakir ganti waterpump n timing belt di Garasi 58 punyanya mbah marmut, mantep! . Utk komponen AC jg pernah gw bongkar sendiri, ganti dryer ama ganti expansi valve dan isi sendiri freonnya.

kuncinya diperawatan n cara makenya.. :big_grin:
Mantap om Henbob, kira - kira tambah 70.000KM lagi sudah sampai bulan :big_exellent:
doge
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 526
Joined: 18 Jan 2016, 21:54

Re: Sudah berapa jauhkah odometer mobil anda??

Post by doge »

Greenhunter wrote: 09 Jun 2021, 18:10
erwinign wrote: 09 Jun 2021, 16:47
Greenhunter wrote: 09 Jun 2021, 14:05 20210609_135233.jpg

Official car Seraya Motor, 2016 Honda DD4 1.5 RS kilometer 89.463 on going
Di surabaya dsk bener ya om setiap 5th perpanjangan kaleng plat tapi AN-alamat sama pasti penomoran diacak lagi?
Betul om, tiap 5 tahun angka dan hurup belakangnya acak lagi tapi urut abjad. Misal saya perpanjangan bulan mei belakangnya SM, bisa jadi yang perpanjangan bulan juli atau agustus hurup belakangnya SN, atau kalau kuota SN udah penuh dapatnya SO, urut abjad gitu. Sidoarjo saya perhatikan juga gitu. Ada kalanya belakangnya RT semua, lalu jadi RU.

Ada rumor tapi saya tidak tahu kebenarannya. Kalau urus sendiri nomernya acak tiap 5 tahun, kalau pakai calo nomernya tetap.
Ah klo tuh rumor bner brarti calo langganan keluarga gw cupu... Tiap gnti plat gnti nomer tuh (g prnh urus sndiri klo gnti plat) :big_bored:

Tp malah bagus sih klo gnti nomer terus gini, gbs ditandain klo hobi ngisengin org lain :big_weee: :big_slap:
:ngacir:
Post Reply