hmm musti dikasih aki 48V kali mbah biar tahan lamaDOHC wrote: ↑21 May 2022, 14:58Kita orang pake nya di inofa ama hrv merk GS ama amaron silver yg aki kering
Kl d 1KR-JZGTE lg pake merek korea ga jlas , dulu nya pake aki gs premium
Yg pake plastik deflektor cuman si 1KR dr sono nya
Kl inofa kita orang fikir ga ad bedanya seh soalnya ruang mesin nya kan lowong gt, ga tralu panas mustinya
Kl si hrv, ud ktutup ama kotak sekring dan ecu, jd mustinya aman kl yah dr pnas enjin
perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....
Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze
- Omnibus
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11280
- Joined: 08 Apr 2008, 17:12
Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 26894
- Joined: 01 Feb 2009, 00:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....
Nanti pas malem kemis kliwon, dan sdikit berawan mo kita orang bawa ke gunung kawi sana, siapa tau ntar jd awetOmnibus wrote: ↑21 May 2022, 15:20hmm musti dikasih aki 48V kali mbah biar tahan lamaDOHC wrote: ↑21 May 2022, 14:58Kita orang pake nya di inofa ama hrv merk GS ama amaron silver yg aki kering
Kl d 1KR-JZGTE lg pake merek korea ga jlas , dulu nya pake aki gs premium
Yg pake plastik deflektor cuman si 1KR dr sono nya
Kl inofa kita orang fikir ga ad bedanya seh soalnya ruang mesin nya kan lowong gt, ga tralu panas mustinya
Kl si hrv, ud ktutup ama kotak sekring dan ecu, jd mustinya aman kl yah dr pnas enjin
numpang lewat aja....
- adiputra4
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 325
- Joined: 06 Oct 2017, 11:05
Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....
saya kalo ganti aki selalu beli di bengkel resmi, pake merk dan jenis yg sama dg bawaan mobil
Pengalaman selama ini
Camry Q awet 2.5 tahun, aki kering
Fortuner vnt genap 4 tahun sampai dijual masih ok, aki basah
VRZ masih aki bawaan pabrik jalan 4 tahun, sampai skg masih dipake
Veloz jalan 3 tahun 2 bulan sampai skg masih dipake. Eh veloz doang yg ga ganti di bengkel resmi, pake NS
Pengalaman selama ini
Camry Q awet 2.5 tahun, aki kering
Fortuner vnt genap 4 tahun sampai dijual masih ok, aki basah
VRZ masih aki bawaan pabrik jalan 4 tahun, sampai skg masih dipake
Veloz jalan 3 tahun 2 bulan sampai skg masih dipake. Eh veloz doang yg ga ganti di bengkel resmi, pake NS
- BADAK
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6007
- Joined: 21 Dec 2007, 11:45
Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....
Aki bawaan ANPS 2016 merk Hitachi, terima unit bln 4 dan akhirnya aki keok bulan Nov 2022. Berarti 6th 7bulan. Bener2 kuat, padahal pernah tekor karena lampu cabin lupa dimatiin
Berikutnya ganti aki Gforce Titanium NX120-7L. Semoga bisa awet mendekati aki bawaannya, setengah nya aja udah bagus...
Berikutnya ganti aki Gforce Titanium NX120-7L. Semoga bisa awet mendekati aki bawaannya, setengah nya aja udah bagus...
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
Live as if you'll die today
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 386
- Joined: 09 Apr 2020, 12:09
- Location: bekasi
- Daily Vehicle: Suzuki New Ertiga Suzuki Sport AT
Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....
Ngomong2 soal aki, temen ada yang bisa bikin rangkaian batre pengganti aki dengan batre lifepo4 dengan dimensi standar tapi ampere yg didapet lebih besar & lifetime bisa sampe 8thn lebih. Baru pakai di motor sih tapi dia bisa bikin juga untuk mobil kalau mau. Harganya sih memang bisa 4x lipat lebih mahal dibanding aki pada umumnya. Kira2 ada yg punya pengalaman/bisa sharing keuntungan dan kekurangan pake lifepo4 pengganti aki di mobil kah?
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 118
- Joined: 01 Nov 2021, 11:47
- Daily Vehicle: Ford Ecosport TiVCT DP6S
Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....
Kalau kondisi aki seperti ini apa betul harus ganti? Keliatannya yg ngetes ini jg dia g terlalu ngerti
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1294
- Joined: 02 Nov 2016, 08:59
Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....
Konon katanya, aki pabrikan ambil langsung dari divisi assembling, otomatis akinya baru fresh from the oven.BADAK wrote: ↑04 Dec 2022, 18:43 Aki bawaan ANPS 2016 merk Hitachi, terima unit bln 4 dan akhirnya aki keok bulan Nov 2022. Berarti 6th 7bulan. Bener2 kuat, padahal pernah tekor karena lampu cabin lupa dimatiin
Berikutnya ganti aki Gforce Titanium NX120-7L. Semoga bisa awet mendekati aki bawaannya, setengah nya aja udah bagus...
Terbantu juga dgn kelistrikan mobil baru yang arus & pengisiannya masih tokcer.
- Omnibus
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11280
- Joined: 08 Apr 2008, 17:12
Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....
sy sedikit ksh pencerahan ombensindanoli wrote: ↑02 Jan 2023, 13:40 Kalau kondisi aki seperti ini apa betul harus ganti? Keliatannya yg ngetes ini jg dia g terlalu ngerti
yg bikin kesimpulan hrs ganti krn itu CCA aki tsb skrg di 430 CCA, sementara aki itu rated nya 550 CCA. berarti kan kondisi sdh dibawah kemampuan awal. nah ini 550 CCA nya bener ga sesuai tipe akinya, jangan2 operatornya salah specify. coba aja baca di label nameplate bagian atas aki biasanya tertulis rated CCA nya.
kl utk tegangan >12.6V itu artinya kapasitas charge bagus 100%
voltage drop ketika starting jg bagus 11.xV sebab sdh diatas 9.xV batasnya.
ada 1 lg parameter yg disitu ga ada yaitu internal resistance. ini utk lihat kondisi sulfates pada plat yg mengakibatkan bocor arus ke diri aki itu sendiri. biasanya kl internal resistance tinggi krn sdh umur.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 118
- Joined: 01 Nov 2021, 11:47
- Daily Vehicle: Ford Ecosport TiVCT DP6S
Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....
Wah alhamdulillaah mantap terima kasih infonya om.Omnibus wrote: ↑02 Jan 2023, 14:28sy sedikit ksh pencerahan ombensindanoli wrote: ↑02 Jan 2023, 13:40 Kalau kondisi aki seperti ini apa betul harus ganti? Keliatannya yg ngetes ini jg dia g terlalu ngerti
yg bikin kesimpulan hrs ganti krn itu CCA aki tsb skrg di 430 CCA, sementara aki itu rated nya 550 CCA. berarti kan kondisi sdh dibawah kemampuan awal. nah ini 550 CCA nya bener ga sesuai tipe akinya, jangan2 operatornya salah specify. coba aja baca di label nameplate bagian atas aki biasanya tertulis rated CCA nya.
kl utk tegangan >12.6V itu artinya kapasitas charge bagus 100%
voltage drop ketika starting jg bagus 11.xV sebab sdh diatas 9.xV batasnya.
ada 1 lg parameter yg disitu ga ada yaitu internal resistance. ini utk lihat kondisi sulfates pada plat yg mengakibatkan bocor arus ke diri aki itu sendiri. biasanya kl internal resistance tinggi krn sdh umur.
Tinggal nyari info internal resistance ya. Kalau di SnD apakah mereka bisa tes internal resistance kah, soalnya kmrn bukan di SnD tp d bengkel spuring warna kuning.
Tapi kl diliat dari umurnya sih ud 2 thn 4 bulan mestinya bntr lagi ganti kali ya. D mobil Ecosport
- 3mul
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 609
- Joined: 03 Apr 2011, 21:25
- Daily Vehicle: 205系電車
Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....
IMHO, kurang sesuai untuk mobil ICE karena suhu operasional lifepo4 yg ane tau berkisar antara -20 s/d +50°C, sedangkan suhu ruang mesin ada di atas 80°C. kalau lokasi accu dipindah ke kabin sih bisa kali ya, tapi mahal dan gak praktis.wicaksono99 wrote: ↑04 Dec 2022, 19:41 Ngomong2 soal aki, temen ada yang bisa bikin rangkaian batre pengganti aki dengan batre lifepo4 dengan dimensi standar tapi ampere yg didapet lebih besar & lifetime bisa sampe 8thn lebih. Baru pakai di motor sih tapi dia bisa bikin juga untuk mobil kalau mau. Harganya sih memang bisa 4x lipat lebih mahal dibanding aki pada umumnya. Kira2 ada yg punya pengalaman/bisa sharing keuntungan dan kekurangan pake lifepo4 pengganti aki di mobil kah?
lifepo4 lbh cocok dipake di bev atau hev walau menurut toyota batre ini kurang cocok di iklim tropis (makanya innivi zinix hibrid pake nimh).
kalo di motor boleh2 aja asal jauh dari sumber panas spt mesin / knalpot.
kebutuhan CCA sebanding dgn rasio kompresi mesin.bensindanoli wrote: ↑02 Jan 2023, 13:40 Kalau kondisi aki seperti ini apa betul harus ganti? Keliatannya yg ngetes ini jg dia g terlalu ngerti
pengalaman ane 350 CCA cukup kuat utk start mesin 2GD (kompresi 1:15.6)
- Omnibus
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11280
- Joined: 08 Apr 2008, 17:12
Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....
sy kurang tau om di snd pake apa. tp yg Midtronic barusan itu jg termasuk alat bagus om. meski begitu semua alat cek aki pun jg punya keterbatasan sebab bisa aja pas dicek baik2 aja tp ternyata pas besoknya dipakai misalnya ada cell yg rusak/rapuh akibat umur kena goncangan n langsung KO pas lg diluar kan berabe. tp ada jg yg ternyata tahan sampai 6 tahun tuh.bensindanoli wrote: ↑02 Jan 2023, 16:31Wah alhamdulillaah mantap terima kasih infonya om.Omnibus wrote: ↑02 Jan 2023, 14:28sy sedikit ksh pencerahan ombensindanoli wrote: ↑02 Jan 2023, 13:40 Kalau kondisi aki seperti ini apa betul harus ganti? Keliatannya yg ngetes ini jg dia g terlalu ngerti
yg bikin kesimpulan hrs ganti krn itu CCA aki tsb skrg di 430 CCA, sementara aki itu rated nya 550 CCA. berarti kan kondisi sdh dibawah kemampuan awal. nah ini 550 CCA nya bener ga sesuai tipe akinya, jangan2 operatornya salah specify. coba aja baca di label nameplate bagian atas aki biasanya tertulis rated CCA nya.
kl utk tegangan >12.6V itu artinya kapasitas charge bagus 100%
voltage drop ketika starting jg bagus 11.xV sebab sdh diatas 9.xV batasnya.
ada 1 lg parameter yg disitu ga ada yaitu internal resistance. ini utk lihat kondisi sulfates pada plat yg mengakibatkan bocor arus ke diri aki itu sendiri. biasanya kl internal resistance tinggi krn sdh umur.
Tinggal nyari info internal resistance ya. Kalau di SnD apakah mereka bisa tes internal resistance kah, soalnya kmrn bukan di SnD tp d bengkel spuring warna kuning.
Tapi kl diliat dari umurnya sih ud 2 thn 4 bulan mestinya bntr lagi ganti kali ya. D mobil Ecosport
CCA nya berapa yg tertulis di label aki nya om? beneran 550 kah?
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 118
- Joined: 01 Nov 2021, 11:47
- Daily Vehicle: Ford Ecosport TiVCT DP6S
Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....
kalo gitu amannya ganti aja ya. Soalnya ini jg cca segitu krn kepasang Volt Stabilizer. Kalau dilepas mungkin ud turun. Histori user2 lain jg paling lama ulurnya 3 tahunan. Itupun risiko rusak TCM ABS dllOmnibus wrote: ↑02 Jan 2023, 16:56sy kurang tau om di snd pake apa. tp yg Midtronic barusan itu jg termasuk alat bagus om. meski begitu semua alat cek aki pun jg punya keterbatasan sebab bisa aja pas dicek baik2 aja tp ternyata pas besoknya dipakai misalnya ada cell yg rusak/rapuh akibat umur kena goncangan n langsung KO pas lg diluar kan berabe. tp ada jg yg ternyata tahan sampai 6 tahun tuh.bensindanoli wrote: ↑02 Jan 2023, 16:31Wah alhamdulillaah mantap terima kasih infonya om.Omnibus wrote: ↑02 Jan 2023, 14:28
sy sedikit ksh pencerahan om
yg bikin kesimpulan hrs ganti krn itu CCA aki tsb skrg di 430 CCA, sementara aki itu rated nya 550 CCA. berarti kan kondisi sdh dibawah kemampuan awal. nah ini 550 CCA nya bener ga sesuai tipe akinya, jangan2 operatornya salah specify. coba aja baca di label nameplate bagian atas aki biasanya tertulis rated CCA nya.
kl utk tegangan >12.6V itu artinya kapasitas charge bagus 100%
voltage drop ketika starting jg bagus 11.xV sebab sdh diatas 9.xV batasnya.
ada 1 lg parameter yg disitu ga ada yaitu internal resistance. ini utk lihat kondisi sulfates pada plat yg mengakibatkan bocor arus ke diri aki itu sendiri. biasanya kl internal resistance tinggi krn sdh umur.
Tinggal nyari info internal resistance ya. Kalau di SnD apakah mereka bisa tes internal resistance kah, soalnya kmrn bukan di SnD tp d bengkel spuring warna kuning.
Tapi kl diliat dari umurnya sih ud 2 thn 4 bulan mestinya bntr lagi ganti kali ya. D mobil Ecosport
CCA nya berapa yg tertulis di label aki nya om? beneran 550 kah?
CCA bawaanjya kl g salah 500an, ini soalnya susah g keliatan. Di Ecosport ketutup ECU om. Sekali lg terima kasih infonya
kebutuhan CCA sebanding dgn rasio kompresi mesin.bensindanoli wrote: ↑02 Jan 2023, 13:40 Kalau kondisi aki seperti ini apa betul harus ganti? Keliatannya yg ngetes ini jg dia g terlalu ngerti
pengalaman ane 350 CCA cukup kuat utk start mesin 2GD (kompresi 1:15.6)
[/quote]
Siap om terima kasih infonya. Konon d grup sih kalau CCAnya kurang dari 400 ud keitung hampir KO. Padahal ada yg pake accu Incoe yg noben CCA startnya 380an bisa
- Omnibus
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11280
- Joined: 08 Apr 2008, 17:12
Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....
kembali kasih ombensindanoli wrote: ↑02 Jan 2023, 17:48
kalo gitu amannya ganti aja ya. Soalnya ini jg cca segitu krn kepasang Volt Stabilizer. Kalau dilepas mungkin ud turun. Histori user2 lain jg paling lama ulurnya 3 tahunan. Itupun risiko rusak TCM ABS dll
CCA bawaanjya kl g salah 500an, ini soalnya susah g keliatan. Di Ecosport ketutup ECU om. Sekali lg terima kasih infonya
ohh pake volt stabilizer ..... berarti ga akurat bacaannya. bisa2 aslinya aki dibawah itu ya. tp even dgn CCA 430 sy jg setuju msh kuat lah itu utk starting ecosport.
kl urusan ganti itu terserah om aja. betul memang kl under voltage resiko rusak control unit(s). kl akinya terjangkau ya mending ganti.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 118
- Joined: 01 Nov 2021, 11:47
- Daily Vehicle: Ford Ecosport TiVCT DP6S
Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....
Oiya om mau tanya. Ini Ecos kan bawaannya 45ah, yg skg 55ah, apa betul kalau ganti ke Amaron 66ah nanti altenatornya jadi kurang awet?Omnibus wrote: ↑02 Jan 2023, 18:32kembali kasih ombensindanoli wrote: ↑02 Jan 2023, 17:48
kalo gitu amannya ganti aja ya. Soalnya ini jg cca segitu krn kepasang Volt Stabilizer. Kalau dilepas mungkin ud turun. Histori user2 lain jg paling lama ulurnya 3 tahunan. Itupun risiko rusak TCM ABS dll
CCA bawaanjya kl g salah 500an, ini soalnya susah g keliatan. Di Ecosport ketutup ECU om. Sekali lg terima kasih infonya
ohh pake volt stabilizer ..... berarti ga akurat bacaannya. bisa2 aslinya aki dibawah itu ya. tp even dgn CCA 430 sy jg setuju msh kuat lah itu utk starting ecosport.
kl urusan ganti itu terserah om aja. betul memang kl under voltage resiko rusak control unit(s). kl akinya terjangkau ya mending ganti.
- Omnibus
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11280
- Joined: 08 Apr 2008, 17:12
Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....
hanya kl amaron nya kosong pas dipasang atau pernah ngedrop dan ga disetrum diluar/pakai battery charger. jdnya yg ngisi si alternator jd beban kerjanya berat.bensindanoli wrote: ↑02 Jan 2023, 22:41Oiya om mau tanya. Ini Ecos kan bawaannya 45ah, yg skg 55ah, apa betul kalau ganti ke Amaron 66ah nanti altenatornya jadi kurang awet?Omnibus wrote: ↑02 Jan 2023, 18:32kembali kasih ombensindanoli wrote: ↑02 Jan 2023, 17:48
kalo gitu amannya ganti aja ya. Soalnya ini jg cca segitu krn kepasang Volt Stabilizer. Kalau dilepas mungkin ud turun. Histori user2 lain jg paling lama ulurnya 3 tahunan. Itupun risiko rusak TCM ABS dll
CCA bawaanjya kl g salah 500an, ini soalnya susah g keliatan. Di Ecosport ketutup ECU om. Sekali lg terima kasih infonya
ohh pake volt stabilizer ..... berarti ga akurat bacaannya. bisa2 aslinya aki dibawah itu ya. tp even dgn CCA 430 sy jg setuju msh kuat lah itu utk starting ecosport.
kl urusan ganti itu terserah om aja. betul memang kl under voltage resiko rusak control unit(s). kl akinya terjangkau ya mending ganti.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 118
- Joined: 01 Nov 2021, 11:47
- Daily Vehicle: Ford Ecosport TiVCT DP6S
Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....
Ada yang pernah pakai aki sail ini kah? Konon udah ada penahan panasnya, dan apakah penahan panas itu betulan berfungsi atau gimmick aja ya?
Mobil ford ecosport saya udah ada plastik housing akinya, apakah itu juga menjadi alat penahan panas? aneh juga sih jarang ada yang awet sampe 3 tahun padahal ud ada heat shieldnya ecosport ini.
Mobil ford ecosport saya udah ada plastik housing akinya, apakah itu juga menjadi alat penahan panas? aneh juga sih jarang ada yang awet sampe 3 tahun padahal ud ada heat shieldnya ecosport ini.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1380
- Joined: 22 Mar 2021, 06:59
- Location: Indonesia
Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....
Apakah om-om SM-ers sekalian memiliki battery charger di rumah untuk mengisi aki (khususnya aki kering)?
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4571
- Joined: 14 Jul 2008, 09:54
Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....
Nah saya juga ingin referensi charger aki yang baik apa.AbdulHakim wrote: ↑04 Jan 2023, 08:40 Apakah om-om SM-ers sekalian memiliki battery charger di rumah untuk mengisi aki (khususnya aki kering)?
Karena sering jalan pendek, matiin, starter lagi.
Apalagi kalau jarak pendek malam hari.
Jadinya mau 1 minggu atau 1 bulan sekali aki di charge
Pengalamana merek apa yang kuat dan bisa otomatis stop charging kalau penuh..
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 832
- Joined: 02 Jul 2020, 10:03
- Location: Sub
- Daily Vehicle: Sepeda Ontel
Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....
Sy pakai, sebulan sekali charge krn mobil jarang jalan.AbdulHakim wrote: ↑04 Jan 2023, 08:40 Apakah om-om SM-ers sekalian memiliki battery charger di rumah untuk mengisi aki (khususnya aki kering)?
Saat ini pakai aki hybrid merk yg biasa2 saja (bkn merk kelas 1). Posisi udah 4 tahun berjalan masih sehat
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 305
- Joined: 24 Feb 2016, 16:01
Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....
saya juga pakai di motor, tapi baru 2 bulan, belum tahu keawetannya. Setelah dimatikan selama 3 hari, tegangan masih 13,5 volt , kalau aki standar (basah, hybrid, mf), biasanya sekitar 12,8 volt.
1 sel lifepo4 ini tegangannya sekitar 3,2-3,4 volt. jadi pakai 4 sel. ada 2 bahan utama kalau mau rakit, yaitu:
1. selnya. kalau buka di tokopedia, ada banyak beberapa jenis sel, baik yg bulan ataupun prisma (kotak). tiap sel berukuran 5-100 Ah. (mungkin ada ukuran di luar ini, tapi jarang lihat di tokopedia). kalau di aliexpress, bahkan ukuran > 200 Ah pun ada.
2. BMS (Battery management system), pakai yang untuk 4 sel, dan sesuaikan kebutuhan Ampere-nya. Fungsi utamanya
2a. menyeimbangkan tegangan antar sel
2b. proteksi over voltage
2c. proteksi under voltage
3. Kotak batere
Kalau mau rakit sendiri bisa, tinggal beli 3 bahan di atas
1 sel lifepo4 ini tegangannya sekitar 3,2-3,4 volt. jadi pakai 4 sel. ada 2 bahan utama kalau mau rakit, yaitu:
1. selnya. kalau buka di tokopedia, ada banyak beberapa jenis sel, baik yg bulan ataupun prisma (kotak). tiap sel berukuran 5-100 Ah. (mungkin ada ukuran di luar ini, tapi jarang lihat di tokopedia). kalau di aliexpress, bahkan ukuran > 200 Ah pun ada.
2. BMS (Battery management system), pakai yang untuk 4 sel, dan sesuaikan kebutuhan Ampere-nya. Fungsi utamanya
2a. menyeimbangkan tegangan antar sel
2b. proteksi over voltage
2c. proteksi under voltage
3. Kotak batere
Kalau mau rakit sendiri bisa, tinggal beli 3 bahan di atas
wicaksono99 wrote: ↑04 Dec 2022, 19:41 Ngomong2 soal aki, temen ada yang bisa bikin rangkaian batre pengganti aki dengan batre lifepo4 dengan dimensi standar tapi ampere yg didapet lebih besar & lifetime bisa sampe 8thn lebih. Baru pakai di motor sih tapi dia bisa bikin juga untuk mobil kalau mau. Harganya sih memang bisa 4x lipat lebih mahal dibanding aki pada umumnya. Kira2 ada yg punya pengalaman/bisa sharing keuntungan dan kekurangan pake lifepo4 pengganti aki di mobil kah?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 692
- Joined: 24 Nov 2015, 12:53
Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....
User aki lithium juga dipake di motor.
Dari oktober sampe sekarang masi greng kyk baru. Ccanya juga hampir 3x aki mf biasa.
Aki mf biasa di motor saya yg boreup plus dinamo heavy duri udah mulai susah start di 6 bulan dan hampir pasti fail di 10/12 bulan.
Semoga masa pakai aki ini dgn harga 3x lipat aki mf biasa bisa tahan 3x lipatnya juga
Dari oktober sampe sekarang masi greng kyk baru. Ccanya juga hampir 3x aki mf biasa.
Aki mf biasa di motor saya yg boreup plus dinamo heavy duri udah mulai susah start di 6 bulan dan hampir pasti fail di 10/12 bulan.
Semoga masa pakai aki ini dgn harga 3x lipat aki mf biasa bisa tahan 3x lipatnya juga
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 168
- Joined: 06 Dec 2017, 13:43
- Location: surabaya
- Daily Vehicle: ANF
Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....
kayaknya tergantung sikon perjalanan sama posisi mobil waktu diparkir.
Kalo mobil sering berjam jam bermacet macet ria, udah la itu aki biasanya ga tahan lama. Apalagi pas sampe tujuan, diparkirnya di outdoor pula ga ada peneduh sama sekali.
Contohnya saya, rute kerja saya selalu macet dan parkiran kantor model terbuka. Umur aki dirange 2-2,5 tahun.
Istri saya, rute kerja nya lancar dan parkiran kantor di gedung. Umur aki mobil bini 3,5 tahunan. Malah ini ada satu yg dipake bini umurnya udah 3 tahun 9 bulan.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 67
- Joined: 08 Nov 2010, 15:44
Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....
Xpander saya buatan Desember 2018 sejak baru hingga sekarang, odometer 42 ribuan km, masih pake aki yg asli dari pabrik. Mobil emg jarang dipakai & tanpa trickle charger & semacamnya tapi pas saat dipakai, jaraknya jauh (lukot). Sempat aki hampir ngambek pas jaman Covid tapi sembuh sendirinya dgn dipakai road trip Jakarta - Bali pp. Perawatan hanya cuma menambah air aki ke batas Upper & bersihin kerak di kepala aki dgn disiram air panas aja. Memang kelistrikan mobil standar ting-ting, tidak ada penambahan variasi apapun. Bulan lalu servis ke beres, SA bilang kalo aki sebaiknya diganti krn voltasenya sudah turun jauh dari standar meskipun masih kuat starter mesin.
Mobil yg satunya lagi, Mazda 3 2022, sempat bikin waswas gara" lupa mematikan lampu kabin saat bebersih mobil selama beberapa jam. Sempet muncul warning di gauge cluster jika akinya low power & kemampuan starter mesin mungkin akan tidak memadai. Ternyata pas distarter normal" aja & sepertinya sih default message dari sistem ECU kalo ada konsumsi kelistrikan mobil secondary yg tidak wajar menurut pabrikan. Fitur Auto Start-Stop juga gak bisa permanent off, jadi harus pencet tombolnya dulu utk menonaktifkan, kalo inget. Kalo sistemnya ready & jalanan macet, terlalu sering Auto Start-Stop. AC nyala, Auto-Stop bisa hampir semenit tapi kalo AC off, bisa beberapa menit tapi gak sampe 5 menit.
Kesimpulan saya: new tech tidak selalu memberikan peace of mind, malah justru jadi anxiety , hehehe...
Mobil yg satunya lagi, Mazda 3 2022, sempat bikin waswas gara" lupa mematikan lampu kabin saat bebersih mobil selama beberapa jam. Sempet muncul warning di gauge cluster jika akinya low power & kemampuan starter mesin mungkin akan tidak memadai. Ternyata pas distarter normal" aja & sepertinya sih default message dari sistem ECU kalo ada konsumsi kelistrikan mobil secondary yg tidak wajar menurut pabrikan. Fitur Auto Start-Stop juga gak bisa permanent off, jadi harus pencet tombolnya dulu utk menonaktifkan, kalo inget. Kalo sistemnya ready & jalanan macet, terlalu sering Auto Start-Stop. AC nyala, Auto-Stop bisa hampir semenit tapi kalo AC off, bisa beberapa menit tapi gak sampe 5 menit.
Kesimpulan saya: new tech tidak selalu memberikan peace of mind, malah justru jadi anxiety , hehehe...
r'dee
Cruising without bruising
Cruising without bruising
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 251
- Joined: 01 Aug 2016, 22:44
Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....
Ijin berbagi .... saya sangat puas dgn Ctek MXS 5.well wrote: ↑15 Jan 2023, 18:04Sy pakai, sebulan sekali charge krn mobil jarang jalan.AbdulHakim wrote: ↑04 Jan 2023, 08:40 Apakah om-om SM-ers sekalian memiliki battery charger di rumah untuk mengisi aki (khususnya aki kering)?
Saat ini pakai aki hybrid merk yg biasa2 saja (bkn merk kelas 1). Posisi udah 4 tahun berjalan masih sehat
Awalnya ragu krena harganya, tpi puas setelah mencobanya langsung. Charger ini ada fitur untuk rekondisi dan bbrp pabrikan mobil merek dewa membekali mobil2 mereka dgn charger ini untuk merawat akinya.
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 156
- Joined: 06 Aug 2019, 21:02
- Daily Vehicle: 1VD - L15Z - FB25
Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....
bosch c7, beli karena mobil sering parkir lama karena kerja diluar pulau
-
- Similar Topics
- Replies
- Views
- Last post
-
- 41 Replies
- 3022 Views
-
Last post by Suryaputra