oh belum boleh keluar oom... takut kena angin, masih sakit...sjamsul wrote:boleh2, bawa aja kemare om ...... hahaha......poeticmind wrote:koh... ini lagi bongkar kabel body tarik keluar semua... sama ganti dudukan aki, ganti kabel pengisian dll... bantuin dong hahahaha!
*emang deket...
perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 771
- Joined: Wed Nov 12, 2008 16:57
- Location: tangerang <-> jakarta
Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....
@prop
di badan akinya sih ada stiker doktor accu
dari situ keliatan belinya taun 2008. cuma kemaren sempet air akinya tinggal setengah baru diisi lagi
kirain baik2 saja, eh sebulan setelah itu akhirnya mati juga tuh aki
di badan akinya sih ada stiker doktor accu
dari situ keliatan belinya taun 2008. cuma kemaren sempet air akinya tinggal setengah baru diisi lagi
kirain baik2 saja, eh sebulan setelah itu akhirnya mati juga tuh aki
vroommm..... vroommmmmm..... vroooommmmmmmmm.....................
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11521
- Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20
Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....
Coba pinjem liat celana monyet model nya gmn?:Dsjamsul wrote:klo gitu nt msh pake celana monyet dongggg...... wakakakakaka........ .....ZombiEE wrote:18tahun?ane cuman 2 taun jalan lah klo gitu..‎​kªkªkªkª =)) kªkªkªkª™
pissss jem......
@putik: jd manggilnya mbah sjamsiul apa mpu sjamsu?‎​kªkªkªkª =)) kªkªkªkª™ ƙα̇̇̇̊α̇̇̇̊ßúúÑÂÑÂÑ•*Ëš*•
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2284
- Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48
Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....
Om, menurut artikel, arus pengisian aki itu biasanya 10% sampai 30% dari kapasitas nya.
Misal
aki 30AH = 3Ampere s/d 9Ampere
aki 200AH = 20Ampere s/d 60Ampere
Kalau upgrade aki ke 200A, berarti alternator nya harus bekerja lebih ya?
Misal
aki 30AH = 3Ampere s/d 9Ampere
aki 200AH = 20Ampere s/d 60Ampere
Kalau upgrade aki ke 200A, berarti alternator nya harus bekerja lebih ya?
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....
itu cuma kira2 ajah..... n ga dijelasin jenis chargernya apakah yg otomatis ato yg biasa.........klo mau bagus buat charge aki adalah charger yg otomatis..... jadi saat diawal charge misalkan dikasih 10 amper, mk secara otomatis makin lama dicharge, kapasitas pengisiannya akan menurun sejalan dg makin penuhnya stroom di aki..........ampe aki full charge.........jadi aki ga dipaksakan disetroom dg kapasitas yg besar.....ilhami wrote:Om, menurut artikel, arus pengisian aki itu biasanya 10% sampai 30% dari kapasitas nya.
Misal
aki 30AH = 3Ampere s/d 9Ampere
aki 200AH = 20Ampere s/d 60Ampere
Kalau upgrade aki ke 200A, berarti alternator nya harus bekerja lebih ya?
ga juga tuhhhh......dg catatan saat dipasang pertama kali, mk aki dlm keadaan full charge.........kecuali saat dipasang pertama kali, aki dlm keadaan 'pas2an' ajah buat starter, mk alternator akan bekerja keras buat charge aki ampe full...........begitu udah full charge, mk alternator akan bekerja santai ajah...........
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....
nah, proses air aki dari full ampe setengah itu khan ada jedah waktunya.......... artinya aki dipake dlm keadaan airnya yg cuma setengah itu nt ga tau berapa lamanya.......... hal inilah yg bikin aki jadi mati sebelon waktunya............. makanya diperlukan perawatan aki secara teratur, misalkan sebulan atau seminggu sekali diperiksa tinggi permukaan airnya, spy aki ga kekurangan air n umur pakenya bisa lbh lama.....scorpio wrote:@prop
di badan akinya sih ada stiker doktor accu
dari situ keliatan belinya taun 2008. cuma kemaren sempet air akinya tinggal setengah baru diisi lagi
kirain baik2 saja, eh sebulan setelah itu akhirnya mati juga tuh aki
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....
badak itu bertaji prop....sjamsul wrote:klo umur badak cukup diliat tanduknye ajahhhh......... wakakakaka........BADAK wrote:Ada. di body aki pojok atas & di kardusnya.m4rio wrote:prop, mau tanya donk.. di aki ada kode gk sih buat tau itu produksi kapan. kalo di ban kan ada tuh.
Kalo om sjam umurnya bisa dilihat di KTP & KK-nya .................
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....
duh, ane udah lama gak periksa aki dengan detail. cuman lihat indikator warnanya aja...sjamsul wrote:nah, proses air aki dari full ampe setengah itu khan ada jedah waktunya.......... artinya aki dipake dlm keadaan airnya yg cuma setengah itu nt ga tau berapa lamanya.......... hal inilah yg bikin aki jadi mati sebelon waktunya............. makanya diperlukan perawatan aki secara teratur, misalkan sebulan atau seminggu sekali diperiksa tinggi permukaan airnya, spy aki ga kekurangan air n umur pakenya bisa lbh lama.....scorpio wrote:@prop
di badan akinya sih ada stiker doktor accu
dari situ keliatan belinya taun 2008. cuma kemaren sempet air akinya tinggal setengah baru diisi lagi
kirain baik2 saja, eh sebulan setelah itu akhirnya mati juga tuh aki
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....
oh, SL pake aki ya?... yakin? udah cek?maskopat wrote:duh, ane udah lama gak periksa aki dengan detail. cuman lihat indikator warnanya aja...sjamsul wrote:nah, proses air aki dari full ampe setengah itu khan ada jedah waktunya.......... artinya aki dipake dlm keadaan airnya yg cuma setengah itu nt ga tau berapa lamanya.......... hal inilah yg bikin aki jadi mati sebelon waktunya............. makanya diperlukan perawatan aki secara teratur, misalkan sebulan atau seminggu sekali diperiksa tinggi permukaan airnya, spy aki ga kekurangan air n umur pakenya bisa lbh lama.....scorpio wrote:@prop
di badan akinya sih ada stiker doktor accu
dari situ keliatan belinya taun 2008. cuma kemaren sempet air akinya tinggal setengah baru diisi lagi
kirain baik2 saja, eh sebulan setelah itu akhirnya mati juga tuh aki
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3107
- Joined: Thu May 21, 2009 12:38
Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....
sjamsul wrote:terutama di pagi hari yah mar, jadi setelah didiamkan beberapa lama (misalkan dari sore ke pagi hari) mk akan timbul hal spt ini...........tp klo dipake siang hari normal2 ajah......tul ga ..... ...m4rio wrote:@ sjamsul : kalo ane detek aki mau soak, biasa berasa tuh kalo pas mau starter, ada jeda sedikit pas starter, kalo di denger sepintas mank gk ada beda dengan aki normal, tapi kalo diperhatikan dan peka, beda kok. awalnya agak gk kuat gitu, tapi setelahnya langsung kyk normal gitu.
Nah, klo ketemu hal semacam ini (yg ane pernah tangani), langkah pertama adalah membersihkan kepala aki (klo ga ada alat ukurnya).....ada kalanya hal semacam ini bisa disebabkan krn kepala aki yg kotor, jadi menghambat aliran stroom saat mbl distarter........
kyknya sih gitu prop.. tapi ane gk gitu perhatiin juga sih kalo yang setelah start pertama kali.
wuzz...wuzz...wuzz nyaris tak terdengar.
sangat irit dan kuat !!!!!!!!!!!!
sangat irit dan kuat !!!!!!!!!!!!
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....
klo nt ga sempet periksa akinye, dateng ajah ke tempat ane, nanti ane bantuin .....................maskopat wrote:duh, ane udah lama gak periksa aki dengan detail. cuman lihat indikator warnanya aja...sjamsul wrote:nah, proses air aki dari full ampe setengah itu khan ada jedah waktunya.......... artinya aki dipake dlm keadaan airnya yg cuma setengah itu nt ga tau berapa lamanya.......... hal inilah yg bikin aki jadi mati sebelon waktunya............. makanya diperlukan perawatan aki secara teratur, misalkan sebulan atau seminggu sekali diperiksa tinggi permukaan airnya, spy aki ga kekurangan air n umur pakenya bisa lbh lama.....scorpio wrote:@prop
di badan akinya sih ada stiker doktor accu
dari situ keliatan belinya taun 2008. cuma kemaren sempet air akinya tinggal setengah baru diisi lagi
kirain baik2 saja, eh sebulan setelah itu akhirnya mati juga tuh aki
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....
@koh sjam : maap ane lupa bales sms, koh... pm aja ya...
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....
ok om.....poeticmind wrote:@koh sjam : maap ane lupa bales sms, koh... pm aja ya...
-
- Visitor
- Posts: 3
- Joined: Fri Sep 04, 2009 3:30
Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....
prof.... ane nubie nih, mau nanya beli power batt dimana ya? butuh urgent karena mau ganti aki besok
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....
via pm yah bro....indachi wrote:prof.... ane nubie nih, mau nanya beli power batt dimana ya? butuh urgent karena mau ganti aki besok
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....
power batt fungsinya buat apa ya?
-
- Visitor
- Posts: 3
- Joined: Fri Sep 04, 2009 3:30
Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....
buat nambah power om biar gak loyopoeticmind wrote:power batt fungsinya buat apa ya?
jadi bisa 3 in 1
hehehe
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....
oh... oke2, maap ane ga pernah tau yg begituan.. aki ane std sih, merek lokal. hehehe!
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 22
- Joined: Fri Apr 08, 2011 3:14
Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....
klo pake bodrex gimana
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....
ah hoax itu hahaha
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 18
- Joined: Thu Jul 17, 2008 14:31
Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....
Ane jg mau beli Powerbatt di sby di toko mana ya? Mohon pencerahannya
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....
ane ga tau klo di surabaya bro......automaestro wrote:Ane jg mau beli Powerbatt di sby di toko mana ya? Mohon pencerahannya
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 18
- Joined: Thu Jul 17, 2008 14:31
Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....
kalo di jkt dimana gan? mungkin ane bisa titip temen2
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 18
- Joined: Tue Sep 29, 2009 5:39
Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....
@sjamsul
om, ane telat banget nih baca thread om.
baru aja kemaren ane ganti aki basah Yuasa Pafecta 55559 (55Ah) untuk Peugeot 406
ternyata sebelum dipasang dimobil harusnya dicharge dulu ya?
nah sekarang gimana dong om kalo belum dicharge dulu uda kepasang dimobil, ada cara2 lain supaya aki nya tetep bisa awet?
sebelum nya ane pake aki kering Delkor 60Ah, baru 1 thn uda koit ga kuat starter mobil sama sekali harus di jumper.
pas kemaren di toko aki diliat, ternyata aki delkornya uda kadaluarsa nih. produksi thn 2009, tapi masih dijual thn 2010.. makanya akinya cuman berumur 1 thn doang. kalo aki basah katanya ga ada kadaluarsa, karena air nya baru di isi pas baru mau dipake.
mohon dibantu om tips nya supaya aki nya bisa awet di mobil ane, jadi takut umur pendek nih soalnya ga dicharge dulu sebelum dipasang dimobil dan ga dipakein vitamin PowerBatt.
kalo dipakein PowerBatt sekarang masih bisa ga ya?
om, ane telat banget nih baca thread om.
baru aja kemaren ane ganti aki basah Yuasa Pafecta 55559 (55Ah) untuk Peugeot 406
ternyata sebelum dipasang dimobil harusnya dicharge dulu ya?
nah sekarang gimana dong om kalo belum dicharge dulu uda kepasang dimobil, ada cara2 lain supaya aki nya tetep bisa awet?
sebelum nya ane pake aki kering Delkor 60Ah, baru 1 thn uda koit ga kuat starter mobil sama sekali harus di jumper.
pas kemaren di toko aki diliat, ternyata aki delkornya uda kadaluarsa nih. produksi thn 2009, tapi masih dijual thn 2010.. makanya akinya cuman berumur 1 thn doang. kalo aki basah katanya ga ada kadaluarsa, karena air nya baru di isi pas baru mau dipake.
mohon dibantu om tips nya supaya aki nya bisa awet di mobil ane, jadi takut umur pendek nih soalnya ga dicharge dulu sebelum dipasang dimobil dan ga dipakein vitamin PowerBatt.
kalo dipakein PowerBatt sekarang masih bisa ga ya?
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6007
- Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45
Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....
Nubie bantu jawab ya om..
Aki kering atau basah ada lifecycle nya om, hny untuk aki kering udah "idle" sejak dr pabrik sedangkan aki basah baru mulai "idle" ketika diisi air zuur dr toko. Hal ini tidak dominan berpengaruh thd umur aki, jd om gak perlu takut aki nya gak awet. Karena yg sebenarnya terjadi bukan umur nya yg berjalan, tp self discharge nya. Aki kering self discharge dr pabrik dihitung 4bln sejak kluar dr pabrik, jd kl udah 4bln bkl dilakukan stroom ulang oleh pabrik. Jadi menurut saya, aki berumur 1th tdk bisa dikategorikan udah "kadaluarsa".
Mengenai penggunaan additive & stroom pd aki baru itu hanya salah satu tips om, bukan merupakan suatu keharusan. Artinya, kl bisa dilakukan lbh baek, tp kl gak bisa ya gpp. Agar aki basah awet, perawatan sangat penting. Asal perawatan bagus, niscaya aki bakal awet..
Aki kering atau basah ada lifecycle nya om, hny untuk aki kering udah "idle" sejak dr pabrik sedangkan aki basah baru mulai "idle" ketika diisi air zuur dr toko. Hal ini tidak dominan berpengaruh thd umur aki, jd om gak perlu takut aki nya gak awet. Karena yg sebenarnya terjadi bukan umur nya yg berjalan, tp self discharge nya. Aki kering self discharge dr pabrik dihitung 4bln sejak kluar dr pabrik, jd kl udah 4bln bkl dilakukan stroom ulang oleh pabrik. Jadi menurut saya, aki berumur 1th tdk bisa dikategorikan udah "kadaluarsa".
Mengenai penggunaan additive & stroom pd aki baru itu hanya salah satu tips om, bukan merupakan suatu keharusan. Artinya, kl bisa dilakukan lbh baek, tp kl gak bisa ya gpp. Agar aki basah awet, perawatan sangat penting. Asal perawatan bagus, niscaya aki bakal awet..
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
Live as if you'll die today