perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

User avatar
m4rio
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3107
Joined: Thu May 21, 2009 12:38

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by m4rio »

BADAK wrote:
m4rio wrote:prop, mau tanya donk.. di aki ada kode gk sih buat tau itu produksi kapan. kalo di ban kan ada tuh.
Ada. di body aki pojok atas & di kardusnya.
Kalo om sjam umurnya bisa dilihat di KTP & KK-nya ................. :ngacir:
yang body dimana nih dak? body yang samping atau body yang sederet ama tutup?? kalo yang ane pernah liat yang sederet ama tutup. tapi gk tau itu bacanya gimana. hehehehe
wuzz...wuzz...wuzz nyaris tak terdengar.

sangat irit dan kuat !!!!!!!!!!!!
User avatar
m4rio
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3107
Joined: Thu May 21, 2009 12:38

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by m4rio »

sjamsul wrote:@hansen:
gini sen, nt suka perhatiin ga klo aki udah mau rusak, mk penambahan air akinye lbh banyak dari biasanya......misalkan dlm kondisi normal aki hanya membutuhkan penambahan air aki sebanyak setengah botol per 2 bulan (misalkan).....mk klo aki udah mau rusak, penambahan air akinya bisa menjadi setengah botol per minggu bahkan lebih, selain itu bodi aki akan menjadi panas setelah dipake bepergian.......

Hal ini akibat dari alternator yg secara otomatis menambah daya pengisiannya klo aki udah mulai soak......misalkan pada aki sehat, mk alternator hanya mengeluarkan daya sebanyak 5 amper aja, tp klo aki udah mulai soak, mk daya dari alternator bisa mencapai diatas 20 amper bahkan lbh..... Nah, inilah yg menyebabkan aki menjadi panas n air aki akan menguap dg cepat......
Hal spt ini juga terjadi pada aki baru....... klo stroom dari aki belum mencapai full, mk alternator secara otomatis akan mengeluarkan daya yg cukup besar guna mencapai full charge.....Ini yg membuat umur aki akan relatip jadi lbh pendek dibandingkan klo aki disetroom dulu ampe full baru dipasang, biasanya umurnya akan lbh panjang......

smoga bermanfaat........

prop, taunya panas yang dihasilkan aki ama panas efek panas mesin gimana??
wuzz...wuzz...wuzz nyaris tak terdengar.

sangat irit dan kuat !!!!!!!!!!!!
User avatar
m4rio
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3107
Joined: Thu May 21, 2009 12:38

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by m4rio »

@ sjamsul : kalo ane detek aki mau soak, biasa berasa tuh kalo pas mau starter, ada jeda sedikit pas starter, kalo di denger sepintas mank gk ada beda dengan aki normal, tapi kalo diperhatikan dan peka, beda kok. awalnya agak gk kuat gitu, tapi setelahnya langsung kyk normal gitu.
wuzz...wuzz...wuzz nyaris tak terdengar.

sangat irit dan kuat !!!!!!!!!!!!
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by ZombiEE »

Mbah...kalo aki diganti dgn kapasitas lbh besar dr OEM...walau cuman 10A....akankah berpengaruh ke umur alternator?:)
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by sjamsul »

maskopat wrote:
sjamsul wrote:
m4rio wrote:prop, mau tanya donk.. di aki ada kode gk sih buat tau itu produksi kapan. kalo di ban kan ada tuh.
harusnya sih ada mar......tp ane ga tau kodenya spt apa......

makanya ane lbh suka aki basah, jadi baru diisi saat mau dipake...... wlp aki baru disimpan (dlm keadaan kosong) selama 5 taon ato lbh aki jenis ini ga rusak asalkan penyimpanannya benar........
makasih yeee..... :ngacir:
wakakakakaka........ :upss: .....
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by sjamsul »

BADAK wrote:
m4rio wrote:prop, mau tanya donk.. di aki ada kode gk sih buat tau itu produksi kapan. kalo di ban kan ada tuh.
Ada. di body aki pojok atas & di kardusnya.
Kalo om sjam umurnya bisa dilihat di KTP & KK-nya ................. :ngacir:
klo umur badak cukup diliat tanduknye ajahhhh......... wakakakaka........ :upss:
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by sjamsul »

scorpio wrote:wah mantap prof...

kebetulan emang kemaren pas aki di mobil dah mo soak, bodinya si aki2 berasa anget gitu pas dipake jalan jauh.. kebetulan masih bisa starter, jadi dianggap masih oke.

eh ternyata beberapa hari kemudian tamat juga tuh aki :frm_bang_head:
emang umur akinya udah brp lama bro...... :e-think:

apakah udah dicoba dibersihkan kepala akinya........
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by sjamsul »

m4rio wrote:
sjamsul wrote:@hansen:
gini sen, nt suka perhatiin ga klo aki udah mau rusak, mk penambahan air akinye lbh banyak dari biasanya......misalkan dlm kondisi normal aki hanya membutuhkan penambahan air aki sebanyak setengah botol per 2 bulan (misalkan).....mk klo aki udah mau rusak, penambahan air akinya bisa menjadi setengah botol per minggu bahkan lebih, selain itu bodi aki akan menjadi panas setelah dipake bepergian.......

Hal ini akibat dari alternator yg secara otomatis menambah daya pengisiannya klo aki udah mulai soak......misalkan pada aki sehat, mk alternator hanya mengeluarkan daya sebanyak 5 amper aja, tp klo aki udah mulai soak, mk daya dari alternator bisa mencapai diatas 20 amper bahkan lbh..... Nah, inilah yg menyebabkan aki menjadi panas n air aki akan menguap dg cepat......
Hal spt ini juga terjadi pada aki baru....... klo stroom dari aki belum mencapai full, mk alternator secara otomatis akan mengeluarkan daya yg cukup besar guna mencapai full charge.....Ini yg membuat umur aki akan relatip jadi lbh pendek dibandingkan klo aki disetroom dulu ampe full baru dipasang, biasanya umurnya akan lbh panjang......

smoga bermanfaat........

prop, taunya panas yang dihasilkan aki ama panas efek panas mesin gimana??
hmmmm........agak beda mar, pada aki sehat cuma terasa hangat ajah, tp klo aki udah mau rusak terasa panas..........
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by sjamsul »

m4rio wrote:@ sjamsul : kalo ane detek aki mau soak, biasa berasa tuh kalo pas mau starter, ada jeda sedikit pas starter, kalo di denger sepintas mank gk ada beda dengan aki normal, tapi kalo diperhatikan dan peka, beda kok. awalnya agak gk kuat gitu, tapi setelahnya langsung kyk normal gitu.
terutama di pagi hari yah mar, jadi setelah didiamkan beberapa lama (misalkan dari sore ke pagi hari) mk akan timbul hal spt ini...........tp klo dipake siang hari normal2 ajah......tul ga ..... :e-think: ...

Nah, klo ketemu hal semacam ini (yg ane pernah tangani), langkah pertama adalah membersihkan kepala aki (klo ga ada alat ukurnya).....ada kalanya hal semacam ini bisa disebabkan krn kepala aki yg kotor, jadi menghambat aliran stroom saat mbl distarter........
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by sjamsul »

ZombiEE wrote:Mbah...kalo aki diganti dgn kapasitas lbh besar dr OEM...walau cuman 10A....akankah berpengaruh ke umur alternator?:)
ga berpegaruh jom.......ekstrimnya misalkan aki diganti dari kapasitas 60 amper ke 200 amper sekalipun ga masalah selama voltagenya sama......jadi ibarat tengki bensin, dari kapasitas 50 liter diganti ke kapasitas 100 liter..... ada pengaruh ga ke mesinnya ?.... kaga khan, cuma repot ajah merubah tempat tengkinya...... Nah, pada aki hal ini sama aja, cuma perlu diperhatikan dudukan aki sama kabel2nya, apakah cukup panjang.......
User avatar
BADAK
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6007
Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by BADAK »

m4rio wrote:
BADAK wrote:
m4rio wrote:prop, mau tanya donk.. di aki ada kode gk sih buat tau itu produksi kapan. kalo di ban kan ada tuh.
Ada. di body aki pojok atas & di kardusnya.
Kalo om sjam umurnya bisa dilihat di KTP & KK-nya ................. :ngacir:
yang body dimana nih dak? body yang samping atau body yang sederet ama tutup?? kalo yang ane pernah liat yang sederet ama tutup. tapi gk tau itu bacanya gimana. hehehehe
Ntar aku photoin ya contoh kode produksi nya. Buat info pas beli aki, biar gak dpt aki yg kadaluarsa.
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by Hansen »

@prop : tengkyu atas pencerahannya...ane catet dulu ah :thanks:
Image
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by ZombiEE »

Kamsia mbah...wejangan sudah ane dapetin..‎​ªkªkªkªkª =)) ªkªkªkªkª™
User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by poeticmind »

mbah siapa? :e-think:
Image
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by ZombiEE »

poeticmind wrote:mbah siapa? :e-think:
Itu tuuuhhh...yang suka nyetrum nyetrum:D
User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by poeticmind »

ZombiEE wrote:
poeticmind wrote:mbah siapa? :e-think:
Itu tuuuhhh...yang suka nyetrum nyetrum:D
ohhhh... mbah kursi listrik... ah, masih muda gitu dibilang mbah... :upss:
Image
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by ZombiEE »

poeticmind wrote:
ZombiEE wrote:
poeticmind wrote:mbah siapa? :e-think:
Itu tuuuhhh...yang suka nyetrum nyetrum:D
ohhhh... mbah kursi listrik... ah, masih muda gitu dibilang mbah... :upss:
Bukan faktor umur....tp faktor ilmu...sekian....:D
User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by poeticmind »

kalo ilmu... itu mpu, jemb... bukan mbah... :big_peace:
Image
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by sjamsul »

Hansen wrote:@prop : tengkyu atas pencerahannya...ane catet dulu ah :thanks:
sama2 sen...... ok....
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by sjamsul »

ZombiEE wrote:Kamsia mbah...wejangan sudah ane dapetin..‎​ªkªkªkªkª =)) ªkªkªkªkª™
sama2 jem.....hehehe......
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by sjamsul »

poeticmind wrote:
ZombiEE wrote:
poeticmind wrote:mbah siapa? :e-think:
Itu tuuuhhh...yang suka nyetrum nyetrum:D
ohhhh... mbah kursi listrik... ah, masih muda gitu dibilang mbah... :upss:
iya neghhh..... ane khan baru 18 jalan....... :upss:
User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by poeticmind »

koh... ini lagi bongkar kabel body tarik keluar semua... sama ganti dudukan aki, ganti kabel pengisian dll... bantuin dong hahahaha!

*emang deket... :upss:
Image
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by ZombiEE »

18tahun?ane cuman 2 taun jalan lah klo gitu..‎​ªkªkªkªkª =)) ªkªkªkªkª™
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by sjamsul »

poeticmind wrote:koh... ini lagi bongkar kabel body tarik keluar semua... sama ganti dudukan aki, ganti kabel pengisian dll... bantuin dong hahahaha!

*emang deket... :upss:
boleh2, bawa aja kemare om :upss: ...... hahaha......
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by sjamsul »

ZombiEE wrote:18tahun?ane cuman 2 taun jalan lah klo gitu..‎​ªkªkªkªkª =)) ªkªkªkªkª™
klo gitu nt msh pake celana monyet dongggg...... wakakakakaka........ :upss: .....

pissss jem...... :big_peace: