perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

User avatar
m4rio
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3107
Joined: Thu May 21, 2009 12:38

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by m4rio »

sjamsul wrote:
ilhami wrote:kenapa Om Sjamsul tidak suka Aki MF ?
karena :
1. ane suka merawat kendaraan, salah satunye aki
2. ane ga mau rugi pake, maksudnya aki mf dari pabriknya udah diisi air n udah disetrom, jadi tinggal pake aja..... tapiiiiiii..... kite ga tau apakah aki yg dibeli itu stok baru ato stok lama............ pada aki jenis ini, klo ga laku dlm beberapa waktu, mk aki bisa kehilangan stroomnya..... trus dikirim lagi ke pabrik buat disetrom lagi... jadi si pemake akan rugi waktu pemakaian aki tsb.......
3. ga ada jaminan bebas perawatan...... wlp digembar gemborkan bebas perawatan..... buktinya...... jamuran di kepala aki tetap aja bisa terjadi......... yg mana hal ini akan membutuhkan perawatan, misalkan membersihkan kepala aki..... tul ga..... :e-think:
4. wlp ada jaminan aki, tetap aja harus dirawat dg jalan pergi ke tempat yg jualan..... klo ga salah ada salah satu penjual aki yg mengharuskan aki diperiksa sebulan sekali dg cara pergi ke tempat yg jualan......... Nah, nt tau sendiri khan klo di jalanan macetnya spt apa..........
5. bikin ane jadi males merawat aki, krn iklan yg bilang aki ini bebas perawatan...............
6. harganya yg relatip mahal...........

tapi ini cuma pendapat ane aja yah........ krn sikon si pemake berbeda2........

smoga bermanfaat.............
prop. yang no 4 itu yang ente mksd seperti Shop and Drive gitu ya?? kalo pengalaman ane setiap periksa sebulan sekali dilakukan pemeriksaan output voltase dengan beban kosong dan beban penuh, pengecekan air aki. cuman 2 itu yang ane inget.
mksdnya jalanan macetnya seperti apa, apa mksdnya prop???
wuzz...wuzz...wuzz nyaris tak terdengar.

sangat irit dan kuat !!!!!!!!!!!!
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by sjamsul »

m4rio wrote: mobilnya panther prop, yang ane bawa itu loh..
mikanya dari plastik prop, kebetulan yang sebelah kiri ASLI ORIGINAL itu fog lamp, kebetulan kmrn baru di claim asuransi karena pecah di ganti yang ORIGINAL, ane yakin itu ORIGINAL karena liat sendiri keluarin dari dus dan beda bgt ama yang KW. nah kalo yang kanan itu bener2 KW.
klo dari plastik, sebaiknya pake 55 watt aja mar..... ato nt pakein hid sekalian....... tp inget yah..... di daerah tempat tinggal kite sering banyak air tergenang lohhhh klo ujan......ane khawatir akan bikin cepet rusak....... jadi sebaiknya tetap pake yg standard ajah.......
User avatar
m4rio
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3107
Joined: Thu May 21, 2009 12:38

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by m4rio »

sjamsul wrote:
m4rio wrote: mobilnya panther prop, yang ane bawa itu loh..
mikanya dari plastik prop, kebetulan yang sebelah kiri ASLI ORIGINAL itu fog lamp, kebetulan kmrn baru di claim asuransi karena pecah di ganti yang ORIGINAL, ane yakin itu ORIGINAL karena liat sendiri keluarin dari dus dan beda bgt ama yang KW. nah kalo yang kanan itu bener2 KW.
klo dari plastik, sebaiknya pake 55 watt aja mar..... ato nt pakein hid sekalian....... tp inget yah..... di daerah tempat tinggal kite sering banyak air tergenang lohhhh klo ujan......ane khawatir akan bikin cepet rusak....... jadi sebaiknya tetap pake yg standard ajah.......

tapi udah terlanjur di beli prop yang 100watt.
kalo gk dipake sayang juga ya. hehehehehe...

prop kalo relay buat fog lamp dengan lampu H3 ente ada jual prop????
wuzz...wuzz...wuzz nyaris tak terdengar.

sangat irit dan kuat !!!!!!!!!!!!
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by sjamsul »

m4rio wrote:
sjamsul wrote:
ilhami wrote:kenapa Om Sjamsul tidak suka Aki MF ?
karena :
1. ane suka merawat kendaraan, salah satunye aki
2. ane ga mau rugi pake, maksudnya aki mf dari pabriknya udah diisi air n udah disetrom, jadi tinggal pake aja..... tapiiiiiii..... kite ga tau apakah aki yg dibeli itu stok baru ato stok lama............ pada aki jenis ini, klo ga laku dlm beberapa waktu, mk aki bisa kehilangan stroomnya..... trus dikirim lagi ke pabrik buat disetrom lagi... jadi si pemake akan rugi waktu pemakaian aki tsb.......
3. ga ada jaminan bebas perawatan...... wlp digembar gemborkan bebas perawatan..... buktinya...... jamuran di kepala aki tetap aja bisa terjadi......... yg mana hal ini akan membutuhkan perawatan, misalkan membersihkan kepala aki..... tul ga..... :e-think:
4. wlp ada jaminan aki, tetap aja harus dirawat dg jalan pergi ke tempat yg jualan..... klo ga salah ada salah satu penjual aki yg mengharuskan aki diperiksa sebulan sekali dg cara pergi ke tempat yg jualan......... Nah, nt tau sendiri khan klo di jalanan macetnya spt apa..........
5. bikin ane jadi males merawat aki, krn iklan yg bilang aki ini bebas perawatan...............
6. harganya yg relatip mahal...........

tapi ini cuma pendapat ane aja yah........ krn sikon si pemake berbeda2........

smoga bermanfaat.............
prop. yang no 4 itu yang ente mksd seperti Shop and Drive gitu ya?? kalo pengalaman ane setiap periksa sebulan sekali dilakukan pemeriksaan output voltase dengan beban kosong dan beban penuh, pengecekan air aki. cuman 2 itu yang ane inget.
mksdnya jalanan macetnya seperti apa, apa mksdnya prop???
sorry mar, ane ga mau bilang, khawatir dibilang menjelek2an lagi.... khan ga boleh....... tul ga ...... :e-think: ...
trus masalah garam di kepala aki, gimana mereka mengatasinya...... paling2 cuma diolesin gemuk ajah.......iya ga..... :e-think: ....

maksudnye jalanan sering macet, jadi males bawa kendaraan..... cuma karena mau periksa aki ajah............mendingan periksa sendiri aja........... ga usah keluar biaya yg ga perlu, misalkan bahan bakar yg terbuang cuma karena periksa aki aja, kecuali emang ada rute ke daerah tsb............
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by sjamsul »

m4rio wrote:
sjamsul wrote:
m4rio wrote: mobilnya panther prop, yang ane bawa itu loh..
mikanya dari plastik prop, kebetulan yang sebelah kiri ASLI ORIGINAL itu fog lamp, kebetulan kmrn baru di claim asuransi karena pecah di ganti yang ORIGINAL, ane yakin itu ORIGINAL karena liat sendiri keluarin dari dus dan beda bgt ama yang KW. nah kalo yang kanan itu bener2 KW.
klo dari plastik, sebaiknya pake 55 watt aja mar..... ato nt pakein hid sekalian....... tp inget yah..... di daerah tempat tinggal kite sering banyak air tergenang lohhhh klo ujan......ane khawatir akan bikin cepet rusak....... jadi sebaiknya tetap pake yg standard ajah.......

tapi udah terlanjur di beli prop yang 100watt.
kalo gk dipake sayang juga ya. hehehehehe...

prop kalo relay buat fog lamp dengan lampu H3 ente ada jual prop????
lbh mahal mana antara bohlam dg foglamp....... hayooooooo........ hahaha........

tinggal dirakit aja mar.........makanya main2 kesene..............tp klo nt dateng, ga usah repot2 pake bawain bakmi segala yahhhhh....... hahahahaha....... :upss:
User avatar
m4rio
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3107
Joined: Thu May 21, 2009 12:38

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by m4rio »

@ sjamsul : ya lebih mahal fog lamp sih prop, fog lamp kalo mau murah dan ASLI harus nebus paling gk 200rbu ( Klaim asuransi ) kalo bohlam ane beli cuman 80-90rbuan.
wuzz...wuzz...wuzz nyaris tak terdengar.

sangat irit dan kuat !!!!!!!!!!!!
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by sjamsul »

m4rio wrote:@ sjamsul : ya lebih mahal fog lamp sih prop, fog lamp kalo mau murah dan ASLI harus nebus paling gk 200rbu ( Klaim asuransi ) kalo bohlam ane beli cuman 80-90rbuan.
itu bohlam harga per buah ato per set mar........... :e-think: ...
User avatar
m4rio
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3107
Joined: Thu May 21, 2009 12:38

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by m4rio »

sjamsul wrote:
m4rio wrote:@ sjamsul : ya lebih mahal fog lamp sih prop, fog lamp kalo mau murah dan ASLI harus nebus paling gk 200rbu ( Klaim asuransi ) kalo bohlam ane beli cuman 80-90rbuan.
itu harga per buah ato per set mar........... :e-think: ...
yang mana prop? kalo fog lamp per buah. kalo beli sendiri ane pernah tanya sekitar 2 to 3 tahun yg lalu deh, harganya kalo gk salah 500rbu/ buah.
wuzz...wuzz...wuzz nyaris tak terdengar.

sangat irit dan kuat !!!!!!!!!!!!
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by sjamsul »

^^
bohlam mar, sorry, td ane edit........
User avatar
m4rio
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3107
Joined: Thu May 21, 2009 12:38

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by m4rio »

@ sjamsul : kalo ane mau bikin relay buat fog lamp kira2 dikenakan biaya berapa prop???
wuzz...wuzz...wuzz nyaris tak terdengar.

sangat irit dan kuat !!!!!!!!!!!!
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by sjamsul »

m4rio wrote:@ sjamsul : kalo ane mau bikin relay buat fog lamp kira2 dikenakan biaya berapa prop???
nanti nt dateng aja, ane belon bisa ngitung, klo belon tau pemakaian bahan2nya......ok....
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by Hansen »

sjamsul wrote:
m4rio wrote: jadi aki jaman sekarang, kalo lubang hawa di sumbat gk bakal meledak prop alias aman gitu ya?
terus terang ane belon pernah melakukannya, jadi belon bisa kasih jawaban mar......... tp klo nt mo coba2 sumbat lobang hawanya, silahkan dilakukan...... nanti kasih tau reviewnya yah....................(sambil pasang muke serius)..........

:ngacir: :ngacir: :ngacir: ..........
sumbat lobang 'hawa'? :ungg:
Image
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by sjamsul »

Hansen wrote:
sjamsul wrote:
m4rio wrote: jadi aki jaman sekarang, kalo lubang hawa di sumbat gk bakal meledak prop alias aman gitu ya?
terus terang ane belon pernah melakukannya, jadi belon bisa kasih jawaban mar......... tp klo nt mo coba2 sumbat lobang hawanya, silahkan dilakukan...... nanti kasih tau reviewnya yah....................(sambil pasang muke serius)..........

:ngacir: :ngacir: :ngacir: ..........
sumbat lobang 'hawa'? :ungg:
maksudnya di aki jenis mf itu ada lubang hawanya sen...... wlp kecil, biar udara bisa keluar masuk.......
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by Hansen »

sjamsul wrote:
Hansen wrote:
sjamsul wrote: terus terang ane belon pernah melakukannya, jadi belon bisa kasih jawaban mar......... tp klo nt mo coba2 sumbat lobang hawanya, silahkan dilakukan...... nanti kasih tau reviewnya yah....................(sambil pasang muke serius)..........

:ngacir: :ngacir: :ngacir: ..........
sumbat lobang 'hawa'? :ungg:
maksudnya di aki jenis mf itu ada lubang hawanya sen...... wlp kecil, biar udara bisa keluar masuk.......
ooooo...begitu toh...... :upss: :upss: :upss:

ma kasih atas penjelasannye prop..... :thanks:
Image
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by sjamsul »

^^
kembali kasih sen........ :mrgreen:
User avatar
m4rio
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3107
Joined: Thu May 21, 2009 12:38

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by m4rio »

prop, mau tanya donk.. di aki ada kode gk sih buat tau itu produksi kapan. kalo di ban kan ada tuh.
wuzz...wuzz...wuzz nyaris tak terdengar.

sangat irit dan kuat !!!!!!!!!!!!
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by sjamsul »

m4rio wrote:prop, mau tanya donk.. di aki ada kode gk sih buat tau itu produksi kapan. kalo di ban kan ada tuh.
harusnya sih ada mar......tp ane ga tau kodenya spt apa......

makanya ane lbh suka aki basah, jadi baru diisi saat mau dipake...... wlp aki baru disimpan (dlm keadaan kosong) selama 5 taon ato lbh aki jenis ini ga rusak asalkan penyimpanannya benar........
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by Hansen »

prop.......ane mau tanya donk

untuk aki baru yg baru dikeluarin dari kardusnye.....baik aki yg jenis basah, hybrid, MF, kering dll...
pada saat pertama kali ingin dipasang ke mobil, apakah perlu distroom atau di-charge dulu sebelum dipasang ke mobil? :e-think:
kalo langsung dipasang dan langsung dipakai aja gitu gimana efeknya? :e-think:

(sebenernya pertanyaan ini lebih ane tujukan kepada aki berjenis MF dan kering yg dari sononya udah terisi stroom)


sebelumnya makasih koh... :upss:
Image
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by maskopat »

sjamsul wrote:
m4rio wrote:prop, mau tanya donk.. di aki ada kode gk sih buat tau itu produksi kapan. kalo di ban kan ada tuh.
harusnya sih ada mar......tp ane ga tau kodenya spt apa......

makanya ane lbh suka aki basah, jadi baru diisi saat mau dipake...... wlp aki baru disimpan (dlm keadaan kosong) selama 5 taon ato lbh aki jenis ini ga rusak asalkan penyimpanannya benar........
makasih yeee..... :ngacir:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
BADAK
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6007
Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by BADAK »

m4rio wrote:prop, mau tanya donk.. di aki ada kode gk sih buat tau itu produksi kapan. kalo di ban kan ada tuh.
Ada. di body aki pojok atas & di kardusnya.
Kalo om sjam umurnya bisa dilihat di KTP & KK-nya ................. :ngacir:
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
User avatar
BADAK
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6007
Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by BADAK »

m4rio wrote:prop, mau tanya donk.. di aki ada kode gk sih buat tau itu produksi kapan. kalo di ban kan ada tuh.
Ada. di body aki pojok atas & di kardusnya.
Kalo om sjam umurnya bisa dilihat di KTP & KK-nya ................. :ngacir:
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by maskopat »

Hansen wrote:prop.......ane mau tanya donk

untuk aki baru yg baru dikeluarin dari kardusnye.....baik aki yg jenis basah, hybrid, MF, kering dll...
pada saat pertama kali ingin dipasang ke mobil, apakah perlu distroom atau di-charge dulu sebelum dipasang ke mobil? :e-think:
kalo langsung dipasang dan langsung dipakai aja gitu gimana efeknya? :e-think:

(sebenernya pertanyaan ini lebih ane tujukan kepada aki berjenis MF dan kering yg dari sononya udah terisi stroom)


sebelumnya makasih koh... :upss:
iye... perlu distroom yang beli akinye.... :ngacir:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by sjamsul »

Hansen wrote:prop.......ane mau tanya donk

untuk aki baru yg baru dikeluarin dari kardusnye.....baik aki yg jenis basah, hybrid, MF, kering dll...
pada saat pertama kali ingin dipasang ke mobil, apakah perlu distroom atau di-charge dulu sebelum dipasang ke mobil? :e-think:
kalo langsung dipasang dan langsung dipakai aja gitu gimana efeknya? :e-think:



sebelumnya makasih koh... :upss:
untuk aki jenis basah, ga bisa langsung dipake, sebelon diisi aki zuur.......setelah diisi aki zuur, sebaiknya dicharge dulu, biar aki full stroomnya.....
pada aki hybrid spt merk GS, sebaiknya diperiksa voltage n kondisi air akinya (pake hydrometer)..... apakah memenuhi persyaratan buat dipake ato harus disetroom dulu. Hal ini perlu diperhatikan, spy ga dapet stok lama ato stok yg akinya cuma 'pas2an' buat starter......
paka aki MF yg ada tutup akinya, perlakuannya sama dg aki jenis hybrid....... tp klo aki yg ga ada lubang buat ngisi air aki, mk akan sulit mengetahui kondisi aki yg sebenarnya....... wlp baru..... makanya bisa terjadi pada aki ini, wlp baru dipake beberapa minggu ato hari tiba2 mati...... krn saat dibeli kondisi aki emang udah ga bagus ato stromnya pas2an buat starter aja.......

efeknya (menurut pengamatan ane) adalah umur aki akan berkurang dari yg semestinya....... kenapa yahhh ?.....nt tau ga ?.....
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by sjamsul »

@hansen:
gini sen, nt suka perhatiin ga klo aki udah mau rusak, mk penambahan air akinye lbh banyak dari biasanya......misalkan dlm kondisi normal aki hanya membutuhkan penambahan air aki sebanyak setengah botol per 2 bulan (misalkan).....mk klo aki udah mau rusak, penambahan air akinya bisa menjadi setengah botol per minggu bahkan lebih, selain itu bodi aki akan menjadi panas setelah dipake bepergian.......

Hal ini akibat dari alternator yg secara otomatis menambah daya pengisiannya klo aki udah mulai soak......misalkan pada aki sehat, mk alternator hanya mengeluarkan daya sebanyak 5 amper aja, tp klo aki udah mulai soak, mk daya dari alternator bisa mencapai diatas 20 amper bahkan lbh..... Nah, inilah yg menyebabkan aki menjadi panas n air aki akan menguap dg cepat......
Hal spt ini juga terjadi pada aki baru....... klo stroom dari aki belum mencapai full, mk alternator secara otomatis akan mengeluarkan daya yg cukup besar guna mencapai full charge.....Ini yg membuat umur aki akan relatip jadi lbh pendek dibandingkan klo aki disetroom dulu ampe full baru dipasang, biasanya umurnya akan lbh panjang......

smoga bermanfaat........
User avatar
scorpio
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 771
Joined: Wed Nov 12, 2008 16:57
Location: tangerang <-> jakarta

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by scorpio »

wah mantap prof...

kebetulan emang kemaren pas aki di mobil dah mo soak, bodinya si aki2 berasa anget gitu pas dipake jalan jauh.. kebetulan masih bisa starter, jadi dianggap masih oke.

eh ternyata beberapa hari kemudian tamat juga tuh aki :frm_bang_head:
vroommm..... vroommmmmm..... vroooommmmmmmmm.....................