perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by poeticmind »

sjamsul wrote:
poeticmind wrote:koh... ini lagi bongkar kabel body tarik keluar semua... sama ganti dudukan aki, ganti kabel pengisian dll... bantuin dong hahahaha!

*emang deket... :upss:
boleh2, bawa aja kemare om :upss: ...... hahaha......
oh belum boleh keluar oom... takut kena angin, masih sakit... :upss:
Image
User avatar
scorpio
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 771
Joined: Wed Nov 12, 2008 16:57
Location: tangerang <-> jakarta

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by scorpio »

@prop
di badan akinya sih ada stiker doktor accu
dari situ keliatan belinya taun 2008. cuma kemaren sempet air akinya tinggal setengah baru diisi lagi :oops:

kirain baik2 saja, eh sebulan setelah itu akhirnya mati juga tuh aki
vroommm..... vroommmmmm..... vroooommmmmmmmm.....................
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by ZombiEE »

sjamsul wrote:
ZombiEE wrote:18tahun?ane cuman 2 taun jalan lah klo gitu..‎​ªkªkªkªkª =)) ªkªkªkªkª™
klo gitu nt msh pake celana monyet dongggg...... wakakakakaka........ :upss: .....

pissss jem...... :big_peace:
Coba pinjem liat celana monyet model nya gmn?:D
@putik: jd manggilnya mbah sjamsiul apa mpu sjamsu?‎​ªkªkªkªkª =)) ªkªkªkªkª™ ƙα̇̇̇̊α̇̇̇̊ßúúяяя•*˚*•
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2281
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by ilhami »

Om, menurut artikel, arus pengisian aki itu biasanya 10% sampai 30% dari kapasitas nya.

Misal
aki 30AH = 3Ampere s/d 9Ampere
aki 200AH = 20Ampere s/d 60Ampere

Kalau upgrade aki ke 200A, berarti alternator nya harus bekerja lebih ya?
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by sjamsul »

ilhami wrote:Om, menurut artikel, arus pengisian aki itu biasanya 10% sampai 30% dari kapasitas nya.

Misal
aki 30AH = 3Ampere s/d 9Ampere
aki 200AH = 20Ampere s/d 60Ampere

Kalau upgrade aki ke 200A, berarti alternator nya harus bekerja lebih ya?
itu cuma kira2 ajah..... n ga dijelasin jenis chargernya apakah yg otomatis ato yg biasa.........klo mau bagus buat charge aki adalah charger yg otomatis..... jadi saat diawal charge misalkan dikasih 10 amper, mk secara otomatis makin lama dicharge, kapasitas pengisiannya akan menurun sejalan dg makin penuhnya stroom di aki..........ampe aki full charge.........jadi aki ga dipaksakan disetroom dg kapasitas yg besar.....

ga juga tuhhhh......dg catatan saat dipasang pertama kali, mk aki dlm keadaan full charge.........kecuali saat dipasang pertama kali, aki dlm keadaan 'pas2an' ajah buat starter, mk alternator akan bekerja keras buat charge aki ampe full...........begitu udah full charge, mk alternator akan bekerja santai ajah...........
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by sjamsul »

scorpio wrote:@prop
di badan akinya sih ada stiker doktor accu
dari situ keliatan belinya taun 2008. cuma kemaren sempet air akinya tinggal setengah baru diisi lagi :oops:

kirain baik2 saja, eh sebulan setelah itu akhirnya mati juga tuh aki
nah, proses air aki dari full ampe setengah itu khan ada jedah waktunya.......... artinya aki dipake dlm keadaan airnya yg cuma setengah itu nt ga tau berapa lamanya.......... hal inilah yg bikin aki jadi mati sebelon waktunya............. makanya diperlukan perawatan aki secara teratur, misalkan sebulan atau seminggu sekali diperiksa tinggi permukaan airnya, spy aki ga kekurangan air n umur pakenya bisa lbh lama.....
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by maskopat »

sjamsul wrote:
BADAK wrote:
m4rio wrote:prop, mau tanya donk.. di aki ada kode gk sih buat tau itu produksi kapan. kalo di ban kan ada tuh.
Ada. di body aki pojok atas & di kardusnya.
Kalo om sjam umurnya bisa dilihat di KTP & KK-nya ................. :ngacir:
klo umur badak cukup diliat tanduknye ajahhhh......... wakakakaka........ :upss:
badak itu bertaji prop.... :ngacir:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by maskopat »

sjamsul wrote:
scorpio wrote:@prop
di badan akinya sih ada stiker doktor accu
dari situ keliatan belinya taun 2008. cuma kemaren sempet air akinya tinggal setengah baru diisi lagi :oops:

kirain baik2 saja, eh sebulan setelah itu akhirnya mati juga tuh aki
nah, proses air aki dari full ampe setengah itu khan ada jedah waktunya.......... artinya aki dipake dlm keadaan airnya yg cuma setengah itu nt ga tau berapa lamanya.......... hal inilah yg bikin aki jadi mati sebelon waktunya............. makanya diperlukan perawatan aki secara teratur, misalkan sebulan atau seminggu sekali diperiksa tinggi permukaan airnya, spy aki ga kekurangan air n umur pakenya bisa lbh lama.....
duh, ane udah lama gak periksa aki dengan detail. cuman lihat indikator warnanya aja... :frm_bang_head:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by poeticmind »

maskopat wrote:
sjamsul wrote:
scorpio wrote:@prop
di badan akinya sih ada stiker doktor accu
dari situ keliatan belinya taun 2008. cuma kemaren sempet air akinya tinggal setengah baru diisi lagi :oops:

kirain baik2 saja, eh sebulan setelah itu akhirnya mati juga tuh aki
nah, proses air aki dari full ampe setengah itu khan ada jedah waktunya.......... artinya aki dipake dlm keadaan airnya yg cuma setengah itu nt ga tau berapa lamanya.......... hal inilah yg bikin aki jadi mati sebelon waktunya............. makanya diperlukan perawatan aki secara teratur, misalkan sebulan atau seminggu sekali diperiksa tinggi permukaan airnya, spy aki ga kekurangan air n umur pakenya bisa lbh lama.....
duh, ane udah lama gak periksa aki dengan detail. cuman lihat indikator warnanya aja... :frm_bang_head:
oh, SL pake aki ya?... yakin? udah cek? :upss:
Image
User avatar
m4rio
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3107
Joined: Thu May 21, 2009 12:38

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by m4rio »

sjamsul wrote:
m4rio wrote:@ sjamsul : kalo ane detek aki mau soak, biasa berasa tuh kalo pas mau starter, ada jeda sedikit pas starter, kalo di denger sepintas mank gk ada beda dengan aki normal, tapi kalo diperhatikan dan peka, beda kok. awalnya agak gk kuat gitu, tapi setelahnya langsung kyk normal gitu.
terutama di pagi hari yah mar, jadi setelah didiamkan beberapa lama (misalkan dari sore ke pagi hari) mk akan timbul hal spt ini...........tp klo dipake siang hari normal2 ajah......tul ga ..... :e-think: ...

Nah, klo ketemu hal semacam ini (yg ane pernah tangani), langkah pertama adalah membersihkan kepala aki (klo ga ada alat ukurnya).....ada kalanya hal semacam ini bisa disebabkan krn kepala aki yg kotor, jadi menghambat aliran stroom saat mbl distarter........

kyknya sih gitu prop.. tapi ane gk gitu perhatiin juga sih kalo yang setelah start pertama kali.
wuzz...wuzz...wuzz nyaris tak terdengar.

sangat irit dan kuat !!!!!!!!!!!!
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by sjamsul »

maskopat wrote:
sjamsul wrote:
scorpio wrote:@prop
di badan akinya sih ada stiker doktor accu
dari situ keliatan belinya taun 2008. cuma kemaren sempet air akinya tinggal setengah baru diisi lagi :oops:

kirain baik2 saja, eh sebulan setelah itu akhirnya mati juga tuh aki
nah, proses air aki dari full ampe setengah itu khan ada jedah waktunya.......... artinya aki dipake dlm keadaan airnya yg cuma setengah itu nt ga tau berapa lamanya.......... hal inilah yg bikin aki jadi mati sebelon waktunya............. makanya diperlukan perawatan aki secara teratur, misalkan sebulan atau seminggu sekali diperiksa tinggi permukaan airnya, spy aki ga kekurangan air n umur pakenya bisa lbh lama.....
duh, ane udah lama gak periksa aki dengan detail. cuman lihat indikator warnanya aja... :frm_bang_head:
klo nt ga sempet periksa akinye, dateng ajah ke tempat ane, nanti ane bantuin ..................... :upss:
User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by poeticmind »

@koh sjam : maap ane lupa bales sms, koh... pm aja ya...
Image
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by sjamsul »

poeticmind wrote:@koh sjam : maap ane lupa bales sms, koh... pm aja ya...
ok om.....
indachi
Visitor
Visitor
Posts: 3
Joined: Fri Sep 04, 2009 3:30

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by indachi »

prof.... ane nubie nih, mau nanya beli power batt dimana ya? butuh urgent karena mau ganti aki besok :D
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by sjamsul »

indachi wrote:prof.... ane nubie nih, mau nanya beli power batt dimana ya? butuh urgent karena mau ganti aki besok :D
via pm yah bro....
User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by poeticmind »

power batt fungsinya buat apa ya?
Image
indachi
Visitor
Visitor
Posts: 3
Joined: Fri Sep 04, 2009 3:30

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by indachi »

poeticmind wrote:power batt fungsinya buat apa ya?
buat nambah power om biar gak loyo :P
jadi bisa 3 in 1
hehehe
User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by poeticmind »

oh... oke2, maap ane ga pernah tau yg begituan.. aki ane std sih, merek lokal. hehehe!
Image
odonk-odonk
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 22
Joined: Fri Apr 08, 2011 3:14

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by odonk-odonk »

klo pake bodrex gimana :big_peace:
User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by poeticmind »

ah hoax itu hahaha
Image
automaestro
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 18
Joined: Thu Jul 17, 2008 14:31

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by automaestro »

Ane jg mau beli Powerbatt di sby di toko mana ya? Mohon pencerahannya
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by sjamsul »

automaestro wrote:Ane jg mau beli Powerbatt di sby di toko mana ya? Mohon pencerahannya
ane ga tau klo di surabaya bro...... :shrug:
automaestro
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 18
Joined: Thu Jul 17, 2008 14:31

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by automaestro »

kalo di jkt dimana gan? mungkin ane bisa titip temen2
bayubm
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 18
Joined: Tue Sep 29, 2009 5:39

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by bayubm »

@sjamsul

om, ane telat banget nih baca thread om.
baru aja kemaren ane ganti aki basah Yuasa Pafecta 55559 (55Ah) untuk Peugeot 406

ternyata sebelum dipasang dimobil harusnya dicharge dulu ya?
nah sekarang gimana dong om kalo belum dicharge dulu uda kepasang dimobil, ada cara2 lain supaya aki nya tetep bisa awet?


sebelum nya ane pake aki kering Delkor 60Ah, baru 1 thn uda koit ga kuat starter mobil sama sekali harus di jumper.
pas kemaren di toko aki diliat, ternyata aki delkornya uda kadaluarsa nih. produksi thn 2009, tapi masih dijual thn 2010.. makanya akinya cuman berumur 1 thn doang. kalo aki basah katanya ga ada kadaluarsa, karena air nya baru di isi pas baru mau dipake.

mohon dibantu om tips nya supaya aki nya bisa awet di mobil ane, jadi takut umur pendek nih soalnya ga dicharge dulu sebelum dipasang dimobil dan ga dipakein vitamin PowerBatt.

kalo dipakein PowerBatt sekarang masih bisa ga ya?
User avatar
BADAK
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6007
Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by BADAK »

Nubie bantu jawab ya om..
Aki kering atau basah ada lifecycle nya om, hny untuk aki kering udah "idle" sejak dr pabrik sedangkan aki basah baru mulai "idle" ketika diisi air zuur dr toko. Hal ini tidak dominan berpengaruh thd umur aki, jd om gak perlu takut aki nya gak awet. Karena yg sebenarnya terjadi bukan umur nya yg berjalan, tp self discharge nya. Aki kering self discharge dr pabrik dihitung 4bln sejak kluar dr pabrik, jd kl udah 4bln bkl dilakukan stroom ulang oleh pabrik. Jadi menurut saya, aki berumur 1th tdk bisa dikategorikan udah "kadaluarsa".
Mengenai penggunaan additive & stroom pd aki baru itu hanya salah satu tips om, bukan merupakan suatu keharusan. Artinya, kl bisa dilakukan lbh baek, tp kl gak bisa ya gpp. Agar aki basah awet, perawatan sangat penting. Asal perawatan bagus, niscaya aki bakal awet..
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today