Page 7 of 9

Re: Serba-serbi Minyak Rem

Posted: 09 Jun 2021, 19:10
by rednhers
Duvebriliant0 wrote: 17 May 2021, 19:49
Nextyounz wrote: 17 May 2021, 16:28
Duvebriliant0 wrote: 17 May 2021, 13:20 saya pake nih, di altis 2012.. pedal feelnya jadi lebihi empuk sama lebih pakem sih, tp apa mungkin efek dari brake fluid lama yg jarang dikuras makanya sebelumnya jadi agak keras :glodak:
oh gtu om, jadi pengen coba juga ni. boleh bisikin lapak waktu beli ga ya?
ada di toko ijo om, search aja "ate dot 3" cari yg penjualannya terbanyak, lokasi jakpus :big_peace:
kebetulan mau kuras rem juga, udah mulai aga butek warna nya
oya ini buat minyak kopling juga bisa ya ?

apa mesti yg DOT4 kalo minyak kopling ? :mky_01:

Re: Serba-serbi Minyak Rem

Posted: 10 Jun 2021, 08:23
by evanbngdor
rednhers wrote: 09 Jun 2021, 19:10
Duvebriliant0 wrote: 17 May 2021, 19:49
Nextyounz wrote: 17 May 2021, 16:28

oh gtu om, jadi pengen coba juga ni. boleh bisikin lapak waktu beli ga ya?
ada di toko ijo om, search aja "ate dot 3" cari yg penjualannya terbanyak, lokasi jakpus :big_peace:
kebetulan mau kuras rem juga, udah mulai aga butek warna nya
oya ini buat minyak kopling juga bisa ya ?

apa mesti yg DOT4 kalo minyak kopling ? :mky_01:
Setahu saya minyak kopling biasanya minta DOT3, kalo dikasih DOT4 seal2nya yg lebih kalah duluan. CMIIW

Re: Serba-serbi Minyak Rem

Posted: 11 Jun 2021, 18:47
by masione
Di toko onlen mana ya yg jual karet boot kaliper rem (karetnya saja berbentuk sprt per)

Re: Serba-serbi Minyak Rem

Posted: 26 Jun 2021, 13:58
by midrpm
Om mau tanya, untuk kuras minyak rem innova bensin lama biasanya di butuhkan berapa ml/liter ya? saya pernah iseng tanya ke bengkel t0da, mereka main tembak pake 2 liter katanya. Setau saya klo kuras2 minyak rem gitu ga sampe 1 liter harusnya yaa

Oh iya satu lagi klo kuras minyak rem pake alat sedot macem di t0da gitu apa lebih baik dibandingkan dengan cara konvensional yg keluarin minyak rem dari masing2 roda, sambil rem di injek2?

Re: Serba-serbi Minyak Rem

Posted: 26 Jun 2021, 14:13
by Omnibus
midrpm wrote: 26 Jun 2021, 13:58 Om mau tanya, untuk kuras minyak rem innova bensin lama biasanya di butuhkan berapa ml/liter ya? saya pernah iseng tanya ke bengkel t0da, mereka main tembak pake 2 liter katanya. Setau saya klo kuras2 minyak rem gitu ga sampe 1 liter harusnya yaa

Oh iya satu lagi klo kuras minyak rem pake alat sedot macem di t0da gitu apa lebih baik dibandingkan dengan cara konvensional yg keluarin minyak rem dari masing2 roda, sambil rem di injek2?
sy ga tau metode dan alat di toda, tp alat sedot yg sy punya tetap dipakai nyedot utk keluarkan minyak dr setiap roda. malah setelahnya sy tetap lakukan metode conventional 2-3x crot per roda.

jazz sy dgn cara begitu habis kira2 800mL.

Re: Serba-serbi Minyak Rem

Posted: 26 Jun 2021, 14:50
by sintoni
midrpm wrote: 26 Jun 2021, 13:58 Om mau tanya, untuk kuras minyak rem innova bensin lama biasanya di butuhkan berapa ml/liter ya? saya pernah iseng tanya ke bengkel t0da, mereka main tembak pake 2 liter katanya. Setau saya klo kuras2 minyak rem gitu ga sampe 1 liter harusnya yaa

Oh iya satu lagi klo kuras minyak rem pake alat sedot macem di t0da gitu apa lebih baik dibandingkan dengan cara konvensional yg keluarin minyak rem dari masing2 roda, sambil rem di injek2?
Ane jg taunya ga sampe 1 liter sih..

Re: Serba-serbi Minyak Rem

Posted: 26 Jun 2021, 15:33
by marmut
midrpm wrote: 26 Jun 2021, 13:58 Om mau tanya, untuk kuras minyak rem innova bensin lama biasanya di butuhkan berapa ml/liter ya? saya pernah iseng tanya ke bengkel t0da, mereka main tembak pake 2 liter katanya. Setau saya klo kuras2 minyak rem gitu ga sampe 1 liter harusnya yaa

Oh iya satu lagi klo kuras minyak rem pake alat sedot macem di t0da gitu apa lebih baik dibandingkan dengan cara konvensional yg keluarin minyak rem dari masing2 roda, sambil rem di injek2?

antara 600-900ml.

kuras minyak rem apapun caranya apapun alat yang dipakai, memang harus satu per satu dari setiap roda dimulai dari roda terjauh dari master cylinder.

Re: Serba-serbi Minyak Rem

Posted: 28 Jun 2021, 08:44
by evanbngdor
midrpm wrote: 26 Jun 2021, 13:58 Om mau tanya, untuk kuras minyak rem innova bensin lama biasanya di butuhkan berapa ml/liter ya? saya pernah iseng tanya ke bengkel t0da, mereka main tembak pake 2 liter katanya. Setau saya klo kuras2 minyak rem gitu ga sampe 1 liter harusnya yaa

Oh iya satu lagi klo kuras minyak rem pake alat sedot macem di t0da gitu apa lebih baik dibandingkan dengan cara konvensional yg keluarin minyak rem dari masing2 roda, sambil rem di injek2?
Di Toda memang kuras apapun pasti dibilang butuhnya lebih, lha mereka jualannya justru itu.

Kuras power steering aja dibilang minimal 2 liter, kalo mau bersih ya 3 - 4 liter. Minyak rem juga minimal 2 liter

Re: Serba-serbi Minyak Rem

Posted: 03 Jul 2021, 21:06
by well
Mohon info, minyak rem dot 3 yg lumayan apa y?
Di book manual mintanya dot 3 soalnya.
Sebenernya mau beli ptt yg dot3 tp udah discountinue, yg ada dot 4 aja.

Re: Serba-serbi Minyak Rem

Posted: 03 Jul 2021, 22:30
by sintoni
well wrote: 03 Jul 2021, 21:06 Mohon info, minyak rem dot 3 yg lumayan apa y?
Di book manual mintanya dot 3 soalnya.
Sebenernya mau beli ptt yg dot3 tp udah discountinue, yg ada dot 4 aja.
Itu diatas pake merk Ate..

Re: Serba-serbi Minyak Rem

Posted: 04 Jul 2021, 07:56
by well
sintoni wrote: 03 Jul 2021, 22:30
well wrote: 03 Jul 2021, 21:06 Mohon info, minyak rem dot 3 yg lumayan apa y?
Di book manual mintanya dot 3 soalnya.
Sebenernya mau beli ptt yg dot3 tp udah discountinue, yg ada dot 4 aja.
Itu diatas pake merk Ate..
Ok tx

Re: Serba-serbi Minyak Rem

Posted: 09 Jul 2021, 17:55
by midrpm
marmut wrote: 26 Jun 2021, 15:33
midrpm wrote: 26 Jun 2021, 13:58 Om mau tanya, untuk kuras minyak rem innova bensin lama biasanya di butuhkan berapa ml/liter ya? saya pernah iseng tanya ke bengkel t0da, mereka main tembak pake 2 liter katanya. Setau saya klo kuras2 minyak rem gitu ga sampe 1 liter harusnya yaa

Oh iya satu lagi klo kuras minyak rem pake alat sedot macem di t0da gitu apa lebih baik dibandingkan dengan cara konvensional yg keluarin minyak rem dari masing2 roda, sambil rem di injek2?

antara 600-900ml.

kuras minyak rem apapun caranya apapun alat yang dipakai, memang harus satu per satu dari setiap roda dimulai dari roda terjauh dari master cylinder.
Wah berarti t0da curang ya om masa di paksa pake 2 liter, tp apa mungkin maksud mereka biar makin bersih minyak remnya jadi sekalian aja pake 2 liter gitu? atau karena mereka kuras pakai alat jadi butuh lebih banyak di bandingkan dengan cara konvensional?

Fungsi alat tsb jadi untuk apa ya om? untuk sedot minyak rem yg tersisa di setiap roda?

Re: Serba-serbi Minyak Rem

Posted: 09 Jul 2021, 17:59
by midrpm
evanbngdor wrote: 28 Jun 2021, 08:44
midrpm wrote: 26 Jun 2021, 13:58 Om mau tanya, untuk kuras minyak rem innova bensin lama biasanya di butuhkan berapa ml/liter ya? saya pernah iseng tanya ke bengkel t0da, mereka main tembak pake 2 liter katanya. Setau saya klo kuras2 minyak rem gitu ga sampe 1 liter harusnya yaa

Oh iya satu lagi klo kuras minyak rem pake alat sedot macem di t0da gitu apa lebih baik dibandingkan dengan cara konvensional yg keluarin minyak rem dari masing2 roda, sambil rem di injek2?
Di Toda memang kuras apapun pasti dibilang butuhnya lebih, lha mereka jualannya justru itu.

Kuras power steering aja dibilang minimal 2 liter, kalo mau bersih ya 3 - 4 liter. Minyak rem juga minimal 2 liter
Haha iya om makanya saya bingung kenapa bsa sampai 2 liter, dlu aja seinget saya wkt msh service di beres cuma pake 3 botol 300ml. Klo saya paksa pake 1 liter aja mau ga ya mereka hahaha

Re: Serba-serbi Minyak Rem

Posted: 09 Jul 2021, 21:44
by marmut
midrpm wrote: 09 Jul 2021, 17:55
Wah berarti t0da curang ya om masa di paksa pake 2 liter, tp apa mungkin maksud mereka biar makin bersih minyak remnya jadi sekalian aja pake 2 liter gitu? atau karena mereka kuras pakai alat jadi butuh lebih banyak di bandingkan dengan cara konvensional?

Fungsi alat tsb jadi untuk apa ya om? untuk sedot minyak rem yg tersisa di setiap roda?


saya tidak mau komentar kebijakan dan cara kerja bengkel lain.

coba dilihat saja di manual book, harusnya ada data kapasitas semua fluida, mulai dari pelumas mesin, pelumas transmisi manual maupun metik, radiator, minyak rem, tengki bahan bakar, dll.
dari situ, nanti bisa diambil perkiraan.
misal kapasitas 0,8 liter, boleh beli 3-4 botol @ 300 ml atau botol besar 1 liter. terserah mana yang mau dipilih.

saya belum pernah liat alat yang dimaksud, jadi nggak bisa komentar.
tapi, sayapun kalau kuras minyak rem selalu pakai alat. bisa dilihat alatnya di trit hand tools part 1 atau part 2 atau part 3 atau part 4 saya lupa yang mana. cari saja.

Re: Serba-serbi Minyak Rem

Posted: 09 Jul 2021, 22:08
by yanuarra
marmut wrote: 09 Jul 2021, 21:44
midrpm wrote: 09 Jul 2021, 17:55
Wah berarti t0da curang ya om masa di paksa pake 2 liter, tp apa mungkin maksud mereka biar makin bersih minyak remnya jadi sekalian aja pake 2 liter gitu? atau karena mereka kuras pakai alat jadi butuh lebih banyak di bandingkan dengan cara konvensional?

Fungsi alat tsb jadi untuk apa ya om? untuk sedot minyak rem yg tersisa di setiap roda?


saya tidak mau komentar kebijakan dan cara kerja bengkel lain.

coba dilihat saja di manual book, harusnya ada data kapasitas semua fluida, mulai dari pelumas mesin, pelumas transmisi manual maupun metik, radiator, minyak rem, tengki bahan bakar, dll.
dari situ, nanti bisa diambil perkiraan.
misal kapasitas 0,8 liter, boleh beli 3-4 botol @ 300 ml atau botol besar 1 liter. terserah mana yang mau dipilih.

saya belum pernah liat alat yang dimaksud, jadi nggak bisa komentar.
tapi, sayapun kalau kuras minyak rem selalu pakai alat. bisa dilihat alatnya di trit hand tools part 1 atau part 2 atau part 3 atau part 4 saya lupa yang mana. cari saja.
Alat sedot mbah?

:ngacir:

Re: Serba-serbi Minyak Rem

Posted: 09 Jul 2021, 22:16
by marmut
yanuarra wrote: 09 Jul 2021, 22:08
Alat sedot mbah?

:ngacir:

alat bantu ...

Re: Serba-serbi Minyak Rem

Posted: 09 Jul 2021, 22:51
by Omnibus
marmut wrote: 09 Jul 2021, 21:44 .......
tapi, sayapun kalau kuras minyak rem selalu pakai alat. bisa dilihat alatnya di trit hand tools part 1 atau part 2 atau part 3 atau part 4 saya lupa yang mana. cari saja.
yg ini kan mbah.


Image

Image


part 1 itu. :ungg:


............... :ngacir:

Re: Serba-serbi Minyak Rem

Posted: 09 Jul 2021, 23:16
by marmut
Omnibus wrote: 09 Jul 2021, 22:51
yg ini kan mbah.


Image

Image


part 1 itu. :ungg:


............... :ngacir:



:big_bored:


booookaaaaaaannnnn.... itu buat gadran sama presneling. dan sekarang masuk kursi cadangan, diganti sama kompa sifon.

Re: Serba-serbi Minyak Rem

Posted: 09 Jul 2021, 23:24
by DOHC
Omnibus wrote: 09 Jul 2021, 22:51
marmut wrote: 09 Jul 2021, 21:44 .......
tapi, sayapun kalau kuras minyak rem selalu pakai alat. bisa dilihat alatnya di trit hand tools part 1 atau part 2 atau part 3 atau part 4 saya lupa yang mana. cari saja.
yg ini kan mbah.


Image

Image


part 1 itu. :ungg:


............... :ngacir:
udahh

pake yg ini aj, patented by asemregez

bahkan bengkel2 speed speed an resing resing an d jakarta aj kita orang liat sering pake alat kuras rem state of the art gini koq mbah :big_weee: :big_weee:
2.jpg
2.jpg (100.84 KiB) Viewed 146 times
1.jpg
1.jpg (114.14 KiB) Viewed 146 times

Re: Serba-serbi Minyak Rem

Posted: 10 Jul 2021, 02:41
by Omnibus
:big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:

kaya devaju liat foto2 di atas.

Re: Serba-serbi Minyak Rem

Posted: 10 Jul 2021, 08:19
by DOHC
Omnibus wrote: 10 Jul 2021, 02:41 :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:

kaya devaju liat foto2 di atas.
Ketauan berarti jij diem2 jg lulusan institute durch technik van asemregez :big_weee:

Re: Serba-serbi Minyak Rem

Posted: 10 Jul 2021, 09:25
by sintoni
DOHC wrote: 09 Jul 2021, 23:24
udahh

pake yg ini aj, patented by asemregez

bahkan bengkel2 speed speed an resing resing an d jakarta aj kita orang liat sering pake alat kuras rem state of the art gini koq mbah :big_weee: :big_weee:

2.jpg
1.jpg
Cieee.. Kasian ga ada yang bantu kuras minyak rem ya mbahh, sampe pake cara ini...


Kabor duluuu..

:weekk:

Re: Serba-serbi Minyak Rem

Posted: 10 Jul 2021, 09:32
by marmut
sintoni wrote: 10 Jul 2021, 09:25
Cieee.. Kasian ga ada yang bantu kuras minyak rem ya mbahh, sampe pake cara ini...


Kabor duluuu..

:weekk:

saya kuras minyak rem juga sendirian kok... kuras atf juga sendirian.

pake ini :


IMG20210710092916.jpg
IMG20210710092916.jpg (392.8 KiB) Viewed 107 times








:mky_03:

Re: Serba-serbi Minyak Rem

Posted: 10 Jul 2021, 09:43
by DOHC
marmut wrote: 10 Jul 2021, 09:32
sintoni wrote: 10 Jul 2021, 09:25
Cieee.. Kasian ga ada yang bantu kuras minyak rem ya mbahh, sampe pake cara ini...


Kabor duluuu..

:weekk:

saya kuras minyak rem juga sendirian kok... kuras atf juga sendirian.

pake ini :



IMG20210710092916.jpg









:mky_03:
Sultannnnnn :big_exellent:

Ini fluid extractor kita orang liat d ltc yg merk believe in your miserable choice aj ud cetiaw lebih

Apalagi ini

Re: Serba-serbi Minyak Rem

Posted: 10 Jul 2021, 09:50
by sintoni
marmut wrote: 10 Jul 2021, 09:32

saya kuras minyak rem juga sendirian kok... kuras atf juga sendirian.

pake ini :



IMG20210710092916.jpg









:mky_03:
Kalau pake ini sudah ga osa injek lepas rem / PRNDL lg ya mbah?