Page 2 of 14

Re: Serba-serbi Minyak Rem

Posted: Tue Feb 10, 2015 8:44
by gaspol
Om om mau nanya dong..dirumah ada cx9 2012, minyak rem dari sananya pake DOT 3. Kalo ane ganti ke DOT 4 kira2 bakal ngerusak seal seal master rem ngga ya?? Dan kalo ganti DOT 4 apakah pengereman juga bisa lebih baik? Soalny rem std nya cx9 terbilang kurang mengigit apalagi kalo diisi penuh muatan pas mudik lebaran kemaren..mesti jaga jarak agak jauh dah biar ada jarak aman kalo ngeluyur terus.

Re: Serba-serbi Minyak Rem

Posted: Wed Feb 11, 2015 4:28
by marmut
@ poorboys, tergantung negara pembuat mobilnya. kalo mobil jepang pada umumnya DOT 3, mobil eropa umumnya DOT 4.
kalau aslinya DOT 3 trus mau ganti DOT 4, semua seal harus diganti atau setidaknya dilepas dan dicuci bersih pake air. termasuk selang-selang fleksibel dan pipa rem dibilas air bersih.

Re: Serba-serbi Minyak Rem

Posted: Wed Feb 11, 2015 10:10
by b8099ok
Ngga kerasa sih, sama aja klo cm buat komplek"an doank,... Ga tau dah klo buat lukot,...

Re: Serba-serbi Minyak Rem

Posted: Mon Feb 16, 2015 6:40
by marmut
gaspol wrote:Om om mau nanya dong..dirumah ada cx9 2012, minyak rem dari sananya pake DOT 3. Kalo ane ganti ke DOT 4 kira2 bakal ngerusak seal seal master rem ngga ya?? Dan kalo ganti DOT 4 apakah pengereman juga bisa lebih baik? Soalny rem std nya cx9 terbilang kurang mengigit apalagi kalo diisi penuh muatan pas mudik lebaran kemaren..mesti jaga jarak agak jauh dah biar ada jarak aman kalo ngeluyur terus.
dibongkar dulu semua seal-nya tanpa kecuali trus dicuci bersih pakai air. jalur-jalur minyak rem juga dibilas sampai bersih baru masukin DOT 4.
ganti minyak rem tidak memperbaiki jarak pengereman/nambah pakem. kalo mau pengereman lebih baik/pakem brake pad/brake shoe diganti dengan yang lebih baik.

Re: Serba-serbi Minyak Rem

Posted: Mon Feb 16, 2015 22:22
by b8099ok
Ganti pad klo bahan metal keras disc bisa kemakan om,... Mending cari yg bahan rada empuk dah,... Ga enak banget klo disc kemakan, gelombang, retak, dll.

Re: Serba-serbi Minyak Rem

Posted: Sun Feb 22, 2015 7:46
by Jambangan
Kalo minyak rem berkurang sampe setengah dari tanda MAX normal ga ya?
Pernah bawa ke bengkel resmi sih katanya ga ada masalah jadinya cuma ditambahin doang minya remnya
Kira2 2 tahun setelah ditambah minyak remnya oleh beres itu berkurang lagi sampe setengah

Re: Serba-serbi Minyak Rem

Posted: Sun Feb 22, 2015 7:55
by DOHC
coba cek kampas rem om kl gt... tp pastiin dulu di tiap kaliper ga ada rembesan minyak rem...

Re: Serba-serbi Minyak Rem

Posted: Sun Feb 22, 2015 8:02
by Jambangan
DOHC wrote:coba cek kampas rem om kl gt... tp pastiin dulu di tiap kaliper ga ada rembesan minyak rem...
Odo mobil baru 23 rebu KM mod DOHC :mky_01:
Apa ada kemungkinan kampas rem menipis? :e-think:
Di buku manual diwajibkan pake minyak rem dot 3 suzuki. Kalo ane ganti minyak rem dot 3 merek lain boleh ga ya? :e-think:

Re: Serba-serbi Minyak Rem

Posted: Sun Feb 22, 2015 8:04
by DOHC
kl mobil nya metik sehh wajar aj 20an rebu ud abis stengah... GE8 metik abang ane tiap 40 rebu km ud tipis tuh kampas rem..

btw kl ga ad kebocoran, yah besar kemungknan dari kampas rem sehh.. atau coba cek tutup reservoir nya kenceng ga

Re: Serba-serbi Minyak Rem

Posted: Sun Feb 22, 2015 8:09
by Jambangan
DOHC wrote:kl mobil nya metik sehh wajar aj 20an rebu ud abis stengah... GE8 metik abang ane tiap 40 rebu km ud tipis tuh kampas rem..

btw kl ga ad kebocoran, yah besar kemungknan dari kampas rem sehh.. atau coba cek tutup reservoir nya kenceng ga
Oke mod ane bawa ke beres aja kalo gitu :mky_01:
Agak was was dengan kondisi minya rem dibawah tanda max gitu
Btw mobil ane manual mod :mky_03:

Re: Serba-serbi Minyak Rem

Posted: Sun Feb 22, 2015 11:06
by DOHC
ya, bawa ke bengkel utk dicek aj om kl was2...

tp kl level minyak rem turun dikit seiring pemakaian sehh wajar... asalkan ga turun terus2an dalam waktu singkat... biasa kl seal kit kaliper getas atau rembes, seminggu jg ud abis stengah reservoir tuh..

Re: Serba-serbi Minyak Rem

Posted: Sat Jun 20, 2015 3:11
by radinalakbar7
Mau tanya ada yang pernah kuras total minyak Rem Innova ? Berapa ml atau liter habisnya ? berhubung bentar lagi ane mau ganti minyak rem Ate Brake Fluid Dot 4 biar ga salah beli (takutnya kedikitan ato kelebihan) :mky_01:

Re: Serba-serbi Minyak Rem

Posted: Sat Jun 20, 2015 8:14
by DOHC
Awal taon ini ane ganti seal kit kaliper depan ama blakang kira2 abis 2 stengah botol minyak rem toyota.... kira2 ampe minyak yg kluar beneran bening

Sent from my Ericsson GF388 using Tapatalk

Serba-serbi Minyak Rem

Posted: Sat Jun 20, 2015 10:22
by radinalakbar7
DOHC wrote:Awal taon ini ane ganti seal kit kaliper depan ama blakang kira2 abis 2 stengah botol minyak rem toyota.... kira2 ampe minyak yg kluar beneran bening

Sent from my Ericsson GF388 using Tapatalk

Om itu 1 botolnya 300ml / dibawah seliter ya bukan 1 liter ? Thank you om infonya


Sent from my iPhone using Tapatalk

Re: Serba-serbi Minyak Rem

Posted: Sat Jun 20, 2015 15:39
by DOHC
300 ml om...

Sent from my Ericsson GF388 using Tapatalk

Re: Serba-serbi Minyak Rem

Posted: Mon Nov 06, 2017 8:35
by josomba
Sundul thread lawas dikit ya om.

Singkat saja, tabung booster rem saya catnya ngelotok2. Saya perhatikan mulai ngelotok ga lama sesudah bawa ke BeRes buat servis rutin dan saat itu memang ada penggantian minyak rem. Yang jadi pertanyaan apakah karena minyak remnya nyiprat/bleber/tumpah pas ganti? Atau kah ada kebocoran ya? diraba2 sih kemarin2 ini sekitaran tabung booster ga ada yang basah berminyak sih.

Yang udah dilakukan buat cek:
1. Ketinggian minyak rem ga berubah
2. Rem berasa biasa saja tidak berubah jadi tidak pakem
3. Tes booster rem dengan bejek pedal rem sebelum nyala mesin lalu pas nyala amblas --> berarti bener bekerja kan ya?

Re: Serba-serbi Minyak Rem

Posted: Mon Nov 06, 2017 10:41
by DOHC
itu mah fix montir nya semprul... nuang minyak rem beleber kmana2... samperin aj..

minyak rem sebentar kena body aj lgs memutih tuh cat
josomba wrote: Mon Nov 06, 2017 8:35 Sundul thread lawas dikit ya om.

Singkat saja, tabung booster rem saya catnya ngelotok2. Saya perhatikan mulai ngelotok ga lama sesudah bawa ke BeRes buat servis rutin dan saat itu memang ada penggantian minyak rem. Yang jadi pertanyaan apakah karena minyak remnya nyiprat/bleber/tumpah pas ganti? Atau kah ada kebocoran ya? diraba2 sih kemarin2 ini sekitaran tabung booster ga ada yang basah berminyak sih.

Yang udah dilakukan buat cek:
1. Ketinggian minyak rem ga berubah
2. Rem berasa biasa saja tidak berubah jadi tidak pakem
3. Tes booster rem dengan bejek pedal rem sebelum nyala mesin lalu pas nyala amblas --> berarti bener bekerja kan ya?

Re: Serba-serbi Minyak Rem

Posted: Mon Nov 06, 2017 11:03
by michaelgiri93
josomba wrote: Mon Nov 06, 2017 8:35 Sundul thread lawas dikit ya om.

Singkat saja, tabung booster rem saya catnya ngelotok2. Saya perhatikan mulai ngelotok ga lama sesudah bawa ke BeRes buat servis rutin dan saat itu memang ada penggantian minyak rem. Yang jadi pertanyaan apakah karena minyak remnya nyiprat/bleber/tumpah pas ganti? Atau kah ada kebocoran ya? diraba2 sih kemarin2 ini sekitaran tabung booster ga ada yang basah berminyak sih.

Yang udah dilakukan buat cek:
1. Ketinggian minyak rem ga berubah
2. Rem berasa biasa saja tidak berubah jadi tidak pakem
3. Tes booster rem dengan bejek pedal rem sebelum nyala mesin lalu pas nyala amblas --> berarti bener bekerja kan ya?
Kalau udah bener gitu berarti emg kemungkinan besar minyak remnya tumpah ke boosternya om, namun gak di bersihkan, ngaco montirnya
Gak coba di klaimkan ke beresnya?

Re: Serba-serbi Minyak Rem

Posted: Mon Nov 06, 2017 15:46
by marmut
resiko mempercayakan mobil ke bocah wingi sore ga ngerti apa-apa ya begitu itu. mau protes? ilang ayam, modal 2 sapi.

Re: Serba-serbi Minyak Rem

Posted: Tue Nov 07, 2017 0:41
by josomba
DOHC wrote: Mon Nov 06, 2017 10:41 itu mah fix montir nya semprul... nuang minyak rem beleber kmana2... samperin aj..

minyak rem sebentar kena body aj lgs memutih tuh cat
sorry baru bisa reply lg bapak2 sekalian. Akhirnya semalem saya kelupasin dulu cat2 yang ilang, lalu tiban cat semprot black matte jadi kinclong lagi sih udah sekarang. Pagi ini cek, fix kering. Berarti memang sesuai om dohc bilang ya, hanya nuang minyaknya bleber2. :big_slap: Kampret juga nih BeRes. Thank you om buat pencerahannya.

@michael, udah terlalu lama om semenjak ke BeResnya, kurang lebih 3 bulan lalu. Baru ngehnya bulan lalu. Kalo klaim pasti mereka nolak atau berkilah dah. hahaha. Wah om @marmut, bahasanya menohok sekali. hahaha.

Re: Serba-serbi Minyak Rem

Posted: Tue Nov 07, 2017 9:50
by DOHC
masi mending cuman kena booster rem...

dl mekanik beres batu makam, numpahin minyak rem ke bagian deket wiper ane, ntuh plastik item lgs belang smua... pas d klaim ga mau ngaku, musti gebrak meja kabeng baru dipanggil tuh montir.. ampe gemeteran baru ngaku.. ancem masukin koran lgs dikasi gretong tuh serpis...

Re: Serba-serbi Minyak Rem

Posted: Mon Jul 01, 2019 14:33
by josomba
Numpang ungkit postingan lama ya mbah2 sekalian skalian share....

Singkat cerita nubi nyoba test minyak rem pake brake fluid tester yg bisa liat saturasi air dalam reservoir minyak rem.

Yang ane uji adalah dari reservoir mobil dengan spek DOT4 merk Seiken (1 tahun 3 bulan / 33 ribu KM), botol minyak rem DOT4 dengan sisa yang tertutup (1 tahun 3 bulan), dan satu lagi dari reservoir nissan entril DOT3 yg dah umur ampir 3 tahun / 30 ribuan KM.
DOT4.jpeg
Terlihat kandungan air sudah 2%
DOT4 dari botol Seiken.jpeg
Lampu aktual yang nyala hanya dari <1% (sisanya karena tempat agak gelap jadi berpendar LED-nya).

Yang dari x-trail lupa kefoto tapi hanya menunjukkan <1%.

Disini ane bingung, yg DOT4 dipakai baru 1 tahunan awal tapi kok udah 2% sedangkan di mobil atu lagi dah ampir 3 tahun tapi masih <1%.

Usut punya usut ternyata DOT4 itu memang lebih cepat nyerap air-nya....
DOT 4 is also a poly glycol-based fluid and is used in medium to larger modern-day cars and trucks. With a dry boiling point of 446-degrees fahrenheit and wet boiling point of 311-degrees fahrenheit, DOT 4 brake fluid is used in vehicles that are subject to high altitude, towing, or have ABS. High-speed braking is also in the DOT 4 category and that just happens to be optimal for racetrack conditions. This fluid can also be mixed with DOT 3 and 5.1 without damaging the system. DOT 4 contains more alcohol and has a higher initial boiling point than DOT 3 but absorbs moisture quicker and must be replaced more often.
TLDR: bagi pengguna DOT4 pastikeun 2 tahun max ganti brake fluidnya.....kalau DOT3 nampaknya lewat2 dikit masih aman (di entril sih ampe 3 tahun juga masih <1%). Baca2 di web luar maksimum kadar air dalam minyak rem hanya 3.7%.

Sekian n terima kasih..... :big_smile]

Re: Serba-serbi Minyak Rem

Posted: Tue Jul 02, 2019 2:41
by marmut
josomba wrote: Mon Jul 01, 2019 14:33 Numpang ungkit postingan lama ya mbah2 sekalian skalian share....

Singkat cerita nubi nyoba test minyak rem pake brake fluid tester yg bisa liat saturasi air dalam reservoir minyak rem.

Yang ane uji adalah dari reservoir mobil dengan spek DOT4 merk Seiken (1 tahun 3 bulan / 33 ribu KM), botol minyak rem DOT4 dengan sisa yang tertutup (1 tahun 3 bulan), dan satu lagi dari reservoir nissan entril DOT3 yg dah umur ampir 3 tahun / 30 ribuan KM.

DOT4.jpeg

Terlihat kandungan air sudah 2%

DOT4 dari botol Seiken.jpeg

Lampu aktual yang nyala hanya dari <1% (sisanya karena tempat agak gelap jadi berpendar LED-nya).

Yang dari x-trail lupa kefoto tapi hanya menunjukkan <1%.

Disini ane bingung, yg DOT4 dipakai baru 1 tahunan awal tapi kok udah 2% sedangkan di mobil atu lagi dah ampir 3 tahun tapi masih <1%.

Usut punya usut ternyata DOT4 itu memang lebih cepat nyerap air-nya....
DOT 4 is also a poly glycol-based fluid and is used in medium to larger modern-day cars and trucks. With a dry boiling point of 446-degrees fahrenheit and wet boiling point of 311-degrees fahrenheit, DOT 4 brake fluid is used in vehicles that are subject to high altitude, towing, or have ABS. High-speed braking is also in the DOT 4 category and that just happens to be optimal for racetrack conditions. This fluid can also be mixed with DOT 3 and 5.1 without damaging the system. DOT 4 contains more alcohol and has a higher initial boiling point than DOT 3 but absorbs moisture quicker and must be replaced more often.
TLDR: bagi pengguna DOT4 pastikeun 2 tahun max ganti brake fluidnya.....kalau DOT3 nampaknya lewat2 dikit masih aman (di entril sih ampe 3 tahun juga masih <1%). Baca2 di web luar maksimum kadar air dalam minyak rem hanya 3.7%.

Sekian n terima kasih..... :big_smile]

di halaman sebelumnya suhu @Turboman udah jelasin kalo DOT4 lebih higroskopis.

btw, itu cara pakenya bijimana suhu? boleh langsung celup sana sini kaya di pilem atau musti dicuci dulu atau gimana? agak tertarik juga pengen beli alatnya.
mohon petunjuk suhu....
:emo-flowerforyou:

Re: Serba-serbi Minyak Rem

Posted: Tue Jul 02, 2019 3:10
by josomba
marmut wrote: Tue Jul 02, 2019 2:41
di halaman sebelumnya suhu @Turboman udah jelasin kalo DOT4 lebih higroskopis.

btw, itu cara pakenya bijimana suhu? boleh langsung celup sana sini kaya di pilem atau musti dicuci dulu atau gimana? agak tertarik juga pengen beli alatnya.
mohon petunjuk suhu....
:emo-flowerforyou:
Oiya bung, ane baru liat.......mbah turbo pernah bersabda demikian rupanya.

Cuman celup2 aja mbah, kalau hobby celup2 mestinya dah khatam mbah......... :ngacir: :ngacir:

Re: Serba-serbi Minyak Rem

Posted: Sun Jul 21, 2019 14:27
by indeskey
Ijin nambahin, selain dot4 lebih nyerap air kayaknya kualitas juga mempengaruhi, saya pernah tes juga pake alat yg sama dgn punya om josomba, dot3 merk j*um*o (botol kecil yg biasa buat motor) dalam kondisi tersegel dapet <1% kandungan airnya, dan saat yg sama saya buka juga merk a*e dot4 kandungan airnya 0%. Maaf saya cari2 nggak nemu fotonya.

Sekarang saya lagi stock PTT dot4 tp blm saya buka, nanti kalau pas mau dipake saya coba tes juga dan saya posting disini hasilnya.
josomba wrote:Numpang ungkit postingan lama ya mbah2 sekalian skalian share....

Singkat cerita nubi nyoba test minyak rem pake brake fluid tester yg bisa liat saturasi air dalam reservoir minyak rem.

Yang ane uji adalah dari reservoir mobil dengan spek DOT4 merk Seiken (1 tahun 3 bulan / 33 ribu KM), botol minyak rem DOT4 dengan sisa yang tertutup (1 tahun 3 bulan), dan satu lagi dari reservoir nissan entril DOT3 yg dah umur ampir 3 tahun / 30 ribuan KM.
DOT4.jpeg
Terlihat kandungan air sudah 2%
DOT4 dari botol Seiken.jpeg
Lampu aktual yang nyala hanya dari <1% (sisanya karena tempat agak gelap jadi berpendar LED-nya).

Yang dari x-trail lupa kefoto tapi hanya menunjukkan <1%.

Disini ane bingung, yg DOT4 dipakai baru 1 tahunan awal tapi kok udah 2% sedangkan di mobil atu lagi dah ampir 3 tahun tapi masih <1%.

Usut punya usut ternyata DOT4 itu memang lebih cepat nyerap air-nya....
DOT 4 is also a poly glycol-based fluid and is used in medium to larger modern-day cars and trucks. With a dry boiling point of 446-degrees fahrenheit and wet boiling point of 311-degrees fahrenheit, DOT 4 brake fluid is used in vehicles that are subject to high altitude, towing, or have ABS. High-speed braking is also in the DOT 4 category and that just happens to be optimal for racetrack conditions. This fluid can also be mixed with DOT 3 and 5.1 without damaging the system. DOT 4 contains more alcohol and has a higher initial boiling point than DOT 3 but absorbs moisture quicker and must be replaced more often.
TLDR: bagi pengguna DOT4 pastikeun 2 tahun max ganti brake fluidnya.....kalau DOT3 nampaknya lewat2 dikit masih aman (di entril sih ampe 3 tahun juga masih <1%). Baca2 di web luar maksimum kadar air dalam minyak rem hanya 3.7%.

Sekian n terima kasih..... :big_smile]