Additive diesel/bensin yang cocok buat saya pribadi
Posted: Tue Sep 11, 2012 3:12
Para brothers, Sesuai judul di atas, saya maha bingung memilih additive buat mobil2 saya. Di ace hardware saja mungkin sudah mencapai belasan merk yang pernah dijual. Belum lagi kalau ditambah merk2 lain yang dijual secara online, di spbu, atau di bengkel2 lain, bisa mencapai puluhan merk dan ratusan jenis. Semua tagline nya mempromosikan nambah oktan, efisien, less deposit, cleaner, dll.
Sebagai kusir, saya termasuk cukup merawat mobil sih, khususnya untuk service berkala, no absen . Saya yakin tiap mobil, bahkan yang sama merk nya dan tipenya, memiliki karakter yang berbeda karena pemakaiannya juga ngga mungkin sama. Dan untuk urusan aditif, saya kira tiap mobil yang berkarakter beda tadi harusnya beda2 aditif juga, bener ga ya?
Nah saya mau jelasin karakter mobil saya se detail mungkin, jadi mungkin para master bisa suggest additive yang setepat mungkin buat gerobak2 saya.
Mobil 1: Innova diesel manual 2006 odometer 155000 KM.
Gerobak satu ini buat dinas kerja. Sudah pernah pp ke bali, semarang beberapa kali. Setiap hari ga mungkin absen pakai, kecuali minggu kadang2 libur dia. Btw posisi saya surabaya. Servis berkala rutin no absen, oli2 nya yah yang standar dari auto2000 pokok 5000 km sekali servis nurutin buku. minumnya selalu biosolar sejak lahir. Pernah kejadian di sekitar 100000 km tutup oli mesinnya kurang nutup di auto2000 dan akhirnya ketika dibawa ke bandara sadar sudah banjir di bawah tumpah semua dan bunyi mesinnya udah "kotokkotokotok".
Setelah diisi full kembali oli nya, dia normal. Tapi ketika rpm tinggi (3500 rpm) trus gas di lepas buat engine break, dia muncul suara "krrrr". Dan pada suatu waktu di sekitar 130000 KM tuh bunyi "tokotok" muncul lagi dan bener2 kudu di bongkar total. Saya kurang paham apanya yang diganti (habis 10 jutaan di bengkel langganan) tapi setelah itu jadi sangat prima dan suaranya jadi haluuuss dan tarikannya jauh lebih enteng.
Kondisi sekarang oke2 aja hanya saja ya tertarik aditif buat nih gerobak supaya prima terus soalnya buat kerja.
Mobil 2: CRV 2.4 2010 (facelift bumper sarang tawon) odometer 22500 KM
Delman satu ini km nya memang sedikit sekali untuk ukuran mobil niaga, karena dibawa sodara ngantor deket rumah aja seringnya. Minumnya always premium service rutin 10000 km sekali. Oli sesuai standar honda gak tau merknya Pernah sekali2 di isi shell super dan pertamax tapi paling cuman 2-3x. Tapi waktu diisi pertamax, efeknya terasa sekali. Gas nya lebih enteng dan perpindahan gigi lebih enak kalau dirasakan, mesin sedikit lebih halus. Kalau premium asli, dia agak susah mau ganti gigi yang lebih tinggi, terutama terasa di gigi 1 mau pindah ke gigi 2, dan respon gas lebih berat.
Mau pake additiv soalnya nih mobil driving experiencenya sangat oke, halus menurut saya, waktu nyetir terasa damai soalnya cukup tenang di dalem, kalo ditambah tarikan enteng pasti lebih seneng nyambuknya.
Mobil 3: Grand fortun trd diesel A/T 2012 (maret) Odometer 10000 KM
Nah ini kerbau favorit saya. Km nya cukup banyak untuk ukuran 6 bulan pakai. Memang sudah beberapa kali dipakai ke luar kota ga jauh2 yang jaraknya 150 KM pp. Di 1000 KM pertama rutin pake biosolar, setelah itu pake shell diesel, dan barusan beralih ke pertamina dex.
Di KM 1500 saya pasangin pigibek powerlab lengkap (fpc-2, dms sport), tutup egr, downpipe kansai, boost tee (1.2 bar), modif fuel rail, filter Knn (selalu dibersihin pake kit nya tiap 5000 KM), volt stabilizer hurricane (ga tau ngefek apa ga), and sadly no intercooler yet karna ga punya waktu pasang soalnya kudu nginep sehari, tapi pasti someday pasang.
Tenaganya saat ini ga tau pasti berapa angka2nya kayaknya 200 hp nyampe, torque kayaknya 500 nm Selama pake shell diesel ga ada masalah, tapi waktu di 9000 Km muncullah bunyi gelitik yang makin lama makin noticeable dan cukup annoying, meskipun bukan parah gimana. Akhirnya nyoba beli HKS diesel direct deposit remover (mahal 250 ribu, dipakai per 5000 km), soalnya di 1000 km pertama kan pake biosolar dan lagi udah 10000 km, kali aja kotorannya dah numpuk.
Setelah beli, inget juga kata temen kalo pertamina lebih bagus dari shell soal urusan gelitik. Nah akhirnya diisi pertamina dex plus hks diesel tadi. Hasilnya jauh, lebih bahagia nyambuknya. Respon gas nya oke banget dan gelitik hilangg. Tapi yah gitu deh, ga tau gara2 hks nya atau pertamina dex nya
Untuk kerbau satu ini saya pingin coba pake additiv + biosolar aja karna biaya untuk diesel non subsidi biayanya perbulan pernah mencapai 3 juta Rata-rata 2,5 juta. Saya pikir kok boros sekali untuk urusan gini, yah meskipun kita harus budayakan beli bahan bakar non subsidi wong orang mampu
Nah itu tadi karakter2 mobil2 saya juragan2 sekalian. Apakah additif itu murni bisa menggantikan solar2 kwalitas wahid indonesia? Well, saya benar2 perlu panduan soal ini, lebih tepatnya hal yang meyakinkan saya buat memutuskan bahwa dex/shell bisa digantikan dengan biosolar + additif dengan efek jangka panjang yang sama baiknya. Thanks para brothersssss, waiting for the warm response
NB: Barusan nyoba beli POWER&CLEAN Diesel formula (http://www.alvenjo.com) dan Dyno Tab fuel tablet (http://www.dynotab.com). Ga tau ini bagus gak
Sebagai kusir, saya termasuk cukup merawat mobil sih, khususnya untuk service berkala, no absen . Saya yakin tiap mobil, bahkan yang sama merk nya dan tipenya, memiliki karakter yang berbeda karena pemakaiannya juga ngga mungkin sama. Dan untuk urusan aditif, saya kira tiap mobil yang berkarakter beda tadi harusnya beda2 aditif juga, bener ga ya?
Nah saya mau jelasin karakter mobil saya se detail mungkin, jadi mungkin para master bisa suggest additive yang setepat mungkin buat gerobak2 saya.
Mobil 1: Innova diesel manual 2006 odometer 155000 KM.
Gerobak satu ini buat dinas kerja. Sudah pernah pp ke bali, semarang beberapa kali. Setiap hari ga mungkin absen pakai, kecuali minggu kadang2 libur dia. Btw posisi saya surabaya. Servis berkala rutin no absen, oli2 nya yah yang standar dari auto2000 pokok 5000 km sekali servis nurutin buku. minumnya selalu biosolar sejak lahir. Pernah kejadian di sekitar 100000 km tutup oli mesinnya kurang nutup di auto2000 dan akhirnya ketika dibawa ke bandara sadar sudah banjir di bawah tumpah semua dan bunyi mesinnya udah "kotokkotokotok".
Setelah diisi full kembali oli nya, dia normal. Tapi ketika rpm tinggi (3500 rpm) trus gas di lepas buat engine break, dia muncul suara "krrrr". Dan pada suatu waktu di sekitar 130000 KM tuh bunyi "tokotok" muncul lagi dan bener2 kudu di bongkar total. Saya kurang paham apanya yang diganti (habis 10 jutaan di bengkel langganan) tapi setelah itu jadi sangat prima dan suaranya jadi haluuuss dan tarikannya jauh lebih enteng.
Kondisi sekarang oke2 aja hanya saja ya tertarik aditif buat nih gerobak supaya prima terus soalnya buat kerja.
Mobil 2: CRV 2.4 2010 (facelift bumper sarang tawon) odometer 22500 KM
Delman satu ini km nya memang sedikit sekali untuk ukuran mobil niaga, karena dibawa sodara ngantor deket rumah aja seringnya. Minumnya always premium service rutin 10000 km sekali. Oli sesuai standar honda gak tau merknya Pernah sekali2 di isi shell super dan pertamax tapi paling cuman 2-3x. Tapi waktu diisi pertamax, efeknya terasa sekali. Gas nya lebih enteng dan perpindahan gigi lebih enak kalau dirasakan, mesin sedikit lebih halus. Kalau premium asli, dia agak susah mau ganti gigi yang lebih tinggi, terutama terasa di gigi 1 mau pindah ke gigi 2, dan respon gas lebih berat.
Mau pake additiv soalnya nih mobil driving experiencenya sangat oke, halus menurut saya, waktu nyetir terasa damai soalnya cukup tenang di dalem, kalo ditambah tarikan enteng pasti lebih seneng nyambuknya.
Mobil 3: Grand fortun trd diesel A/T 2012 (maret) Odometer 10000 KM
Nah ini kerbau favorit saya. Km nya cukup banyak untuk ukuran 6 bulan pakai. Memang sudah beberapa kali dipakai ke luar kota ga jauh2 yang jaraknya 150 KM pp. Di 1000 KM pertama rutin pake biosolar, setelah itu pake shell diesel, dan barusan beralih ke pertamina dex.
Di KM 1500 saya pasangin pigibek powerlab lengkap (fpc-2, dms sport), tutup egr, downpipe kansai, boost tee (1.2 bar), modif fuel rail, filter Knn (selalu dibersihin pake kit nya tiap 5000 KM), volt stabilizer hurricane (ga tau ngefek apa ga), and sadly no intercooler yet karna ga punya waktu pasang soalnya kudu nginep sehari, tapi pasti someday pasang.
Tenaganya saat ini ga tau pasti berapa angka2nya kayaknya 200 hp nyampe, torque kayaknya 500 nm Selama pake shell diesel ga ada masalah, tapi waktu di 9000 Km muncullah bunyi gelitik yang makin lama makin noticeable dan cukup annoying, meskipun bukan parah gimana. Akhirnya nyoba beli HKS diesel direct deposit remover (mahal 250 ribu, dipakai per 5000 km), soalnya di 1000 km pertama kan pake biosolar dan lagi udah 10000 km, kali aja kotorannya dah numpuk.
Setelah beli, inget juga kata temen kalo pertamina lebih bagus dari shell soal urusan gelitik. Nah akhirnya diisi pertamina dex plus hks diesel tadi. Hasilnya jauh, lebih bahagia nyambuknya. Respon gas nya oke banget dan gelitik hilangg. Tapi yah gitu deh, ga tau gara2 hks nya atau pertamina dex nya
Untuk kerbau satu ini saya pingin coba pake additiv + biosolar aja karna biaya untuk diesel non subsidi biayanya perbulan pernah mencapai 3 juta Rata-rata 2,5 juta. Saya pikir kok boros sekali untuk urusan gini, yah meskipun kita harus budayakan beli bahan bakar non subsidi wong orang mampu
Nah itu tadi karakter2 mobil2 saya juragan2 sekalian. Apakah additif itu murni bisa menggantikan solar2 kwalitas wahid indonesia? Well, saya benar2 perlu panduan soal ini, lebih tepatnya hal yang meyakinkan saya buat memutuskan bahwa dex/shell bisa digantikan dengan biosolar + additif dengan efek jangka panjang yang sama baiknya. Thanks para brothersssss, waiting for the warm response
NB: Barusan nyoba beli POWER&CLEAN Diesel formula (http://www.alvenjo.com) dan Dyno Tab fuel tablet (http://www.dynotab.com). Ga tau ini bagus gak