Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
sanfip77 wrote:Kok sepi banget ya.....Apakah masih ada yang menggunakan metode ini hingga saat ini??
Masih bro, bahkan ada rasa menyesal kalu isi solar kelupaan gak bawa Motul 2T, tapi bisa ditambahkan kapan saja tdk harus waktu isi solar di SPBU.
Saya sudah pakai 6 botol M510 2T dengan ratio antara 1:200 ~ 1:133
Sekarang beralih ke Shell Advance SX 2T baru habis 2 botol, flash point lebih tinggi di banding M510 2T,
dan terasa hampir tidak pernah knocking di rpm rendah dengan gigi tinggi apa mungkin bisa menambah nilai cetane
Campuran sangat homogen dan warna terang tidak seperti M510 2T jadi keruh dan gelap.
Saya selalu konsumsi Diesel Fuel dengan perbandingan umumnya merek: S*49 T*49 D*2
Jarang pakai D* karena terasa agak "gersang" dan lebih sering "knocking"
Kalau S* dan T* sebenarnya saya lebih berasa nyaman kalau pakai T*
Kebetulan untuk S* dan T* sangat gampang dan dekat dengan daerah saya di daan mogot dan jl. panjang kedoya.
Yang pasti saya pribadi selama ini sebisa mungkin tidak akan mengkonsumsi Solar Pertamina yg bersubsidi dengan alasan akan keluar biaya extra mahal untuk mengganti Diesel Fuel Filter dan Nozzle Injector yg mampet, Saya yakin fuel filter dan nozzle injector akan tetap prima minimum 5 tahun dengan kualitas BBM yg baik.
Juga saya sebisa mungkin menghindari additive, karena menurut pengamatan dan pendapat pribadi saya itu yg menyebabkan fuel pump seal bermasalah.
Kayaknya saya akan terus pakai Shell Advance SX 2T, lebih ekonomis dan berdasarkan review juga bagus. Yang perlu dihindari menurut pengamatan saya adalah Cas***/Env** atau yg mengandung sintetis Poly Isobutylene karena dari beberapa artikel yg saya baca bisa menimbulkan jelaga tar yg mengeras dan mengkristal
Kalau bisa dapat Shell Advance VSX 2 akan lebih bagus karena sudah JASO FC
Anyway ga perlu banyak dikuatirkan untuk Captiva FL karena juga tidak ada DPF
apa pernyatan yang di bold itu benar om ? soalnya ane setiap isi solar ditambahkan env*ro perbandingan 1:200, perbedaanya ketara dibanding pakai additif" kaya crc, redline 85 gak gitu terasa bedanya, contoh suara mesin lebih halus bau knalpot, gak bau ( biasanya bau isi bio solar biasa doang ), tenaga kerasa lebih padet kalau di gas. apa mendingan ganti aja ke oli 2t lain ?
Any update dr om Dea? uda 10 ribu blm yah, ane akhirnya ikutan juga, d racuni hopeng tp ikut spt om turboman punya, pake yg motul. So far plg terasa alus/smoothnya, maknyus.
Turboman wrote:Kalo bingung ya gak usah kasih oli 2T
Ginian sifatnya utk tambahan aja, boleh kasih - boleh engga
Yg utama tetep additip solar
bingungnya bukan antara pake ato gak pake oli 2t
tapi bingungnya mau jaso fb, fc ato fd om
Saya pribadi pake Motul 510 JASO FD
Kalo anda bimbang ya cukup additive yg daya lubrikasi bagus spt Power service diesel kleen
om Turbo, saya termasuk yg galau juga. pernah konsul via siaran radio dgn Pak Bebin Djuana, beliau tidak rekomendasikan hal ini karena bisa aja efeknya dijangka panjang bru muncul. jadi saya hanya kasih aditif CRC power renew & fuel theraphy bergantian tiap fulltank.
Xous wrote:Any update dr om Dea? uda 10 ribu blm yah, ane akhirnya ikutan juga, d racuni hopeng tp ikut spt om turboman punya, pake yg motul. So far plg terasa alus/smoothnya, maknyus.
Masih belum bro, malahan sekarang 4 hari sekali mobil baru jalan dipake istri antar anak sekolah cuma 4 km, banyak nongkrongnya, kebetulan saya lagi dilukot dalam waktu yg agak lama.
sanfip77 wrote:Kok sepi banget ya.....Apakah masih ada yang menggunakan metode ini hingga saat ini??
Masih bro, bahkan ada rasa menyesal kalu isi solar kelupaan gak bawa Motul 2T, tapi bisa ditambahkan kapan saja tdk harus waktu isi solar di SPBU.
Saya sudah pakai 6 botol M510 2T dengan ratio antara 1:200 ~ 1:133
Sekarang beralih ke Shell Advance SX 2T baru habis 2 botol, flash point lebih tinggi di banding M510 2T,
dan terasa hampir tidak pernah knocking di rpm rendah dengan gigi tinggi apa mungkin bisa menambah nilai cetane
Campuran sangat homogen dan warna terang tidak seperti M510 2T jadi keruh dan gelap.
Saya selalu konsumsi Diesel Fuel dengan perbandingan umumnya merek: S*49 T*49 D*2
Jarang pakai D* karena terasa agak "gersang" dan lebih sering "knocking"
Kalau S* dan T* sebenarnya saya lebih berasa nyaman kalau pakai T*
Kebetulan untuk S* dan T* sangat gampang dan dekat dengan daerah saya di daan mogot dan jl. panjang kedoya.
Yang pasti saya pribadi selama ini sebisa mungkin tidak akan mengkonsumsi Solar Pertamina yg bersubsidi dengan alasan akan keluar biaya extra mahal untuk mengganti Diesel Fuel Filter dan Nozzle Injector yg mampet, Saya yakin fuel filter dan nozzle injector akan tetap prima minimum 5 tahun dengan kualitas BBM yg baik.
Juga saya sebisa mungkin menghindari additive, karena menurut pengamatan dan pendapat pribadi saya itu yg menyebabkan fuel pump seal bermasalah.
Kayaknya saya akan terus pakai Shell Advance SX 2T, lebih ekonomis dan berdasarkan review juga bagus.
Yang perlu dihindari menurut pengamatan saya adalah Cas***/Env** atau yg mengandung sintetis Poly Isobutylene karena dari beberapa artikel yg saya baca bisa menimbulkan jelaga tar yg mengeras dan mengkristal
Kalau bisa dapat Shell Advance VSX 2 akan lebih bagus karena sudah JASO FC
Anyway ga perlu banyak dikuatirkan untuk Captiva FL karena juga tidak ada DPF
Butyl rubber (as polyisobutylene succinimide, detergent to prevent fouling of diesel fuel injectors)
Xous wrote:Any update dr om Dea? uda 10 ribu blm yah, ane akhirnya ikutan juga, d racuni hopeng tp ikut spt om turboman punya, pake yg motul. So far plg terasa alus/smoothnya, maknyus.
Masih belum bro, malahan sekarang 4 hari sekali mobil baru jalan dipake istri antar anak sekolah cuma 4 km, banyak nongkrongnya, kebetulan saya lagi dilukot dalam waktu yg agak lama.
Thx om buat updatenya, gpp om, justru ini menarik, bgmnkah efek sampingnya thd mbl yg jarang pake/ngendap-stop n go short trafic. Hehe. Klo punya ane jalan trus seh, so far adem ayem
Update : baru pakai pertamina enviro rasio 1: 200, begitu mau isi solar lagi ada kerak di mulut tangki isi solar, warnanya ke putih biru"an. Ane curiga ini gara" envirqqo, bener gak yah ? Langsung serem gamau coba coba lagi deh
Akhirnya wkt terakhir posting mrn saya liat2 di dus kumpulan olsam adik saya, eh msh da sisa sekitar 200 ml shell advance vsx 2t. Saya putuskan coba aj d dgn perbandingan kurleb 140 ml ke tanki innova d4d full tank, so far da 2x isi solar dipakein plus campuran additive redline 85 tp kok rasanya ga da perbedaan kehalusan suara mesin yg bs saya bedakan dr biasanya...hehehehe...
Abis ini saya akan ganti additive pake PSDK dan rencana msh akan trs saya tambahin olsam. Abis shell ini abis, next saya pake olsam eneos 2t jaso fc juga. Dosis yg saya gunakan emg agak moderate makanya mgkn perbedaan suara mesin krg terdeteksi.
Pemakaian mobil sehari2 cuma jarak deket2 dan macet pula. Kurang sehat buat mesin dan olienya. Pemakaian solar pun agak boros jadinya, rata 1:7an dapetnya. Hr ini brgkt dr tomang ke bsd lwt tol tangerang saya kebut2, begitu sampe bsd turun 1/4 solarnya
Kalo motul 510 itu pasti ga berkerak ya pak? Dulu perna denger kalo oli sintetik ga bisa terbakar semua, yang paling bagus ya oli mineral, soalnya alami gt.
Xous wrote:Any update dr om Dea? uda 10 ribu blm yah, ane akhirnya ikutan juga, d racuni hopeng tp ikut spt om turboman punya, pake yg motul. So far plg terasa alus/smoothnya, maknyus.
Masih belum bro, malahan sekarang 4 hari sekali mobil baru jalan dipake istri antar anak sekolah cuma 4 km, banyak nongkrongnya, kebetulan saya lagi dilukot dalam waktu yg agak lama.
Xous wrote:Any update dr om Dea? uda 10 ribu blm yah, ane akhirnya ikutan juga, d racuni hopeng tp ikut spt om turboman punya, pake yg motul. So far plg terasa alus/smoothnya, maknyus.
Masih belum bro, malahan sekarang 4 hari sekali mobil baru jalan dipake istri antar anak sekolah cuma 4 km, banyak nongkrongnya, kebetulan saya lagi dilukot dalam waktu yg agak lama.