Serba Serbi Busi

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: F 272, b8099ok, ginting, FRD, artoodetoo, y_anjasrana

Post Reply
User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1941
Joined: 05 Aug 2017, 19:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Serba Serbi Busi

Post by josomba »

benzz89 wrote: 30 May 2021, 18:34 Ane rasa emang sdh bawaan oroknya begitu mbah... sensitive mesinnya apabila pengapian kurang sempurna, TB, MAF & filter udara kotor, atau filter bensin jg sdh kotor.

Terus kan si mbah sdh pakai busi yg double needle kan yah? Gejala vibrasi waktu stop posisi transmisi di D nya gimana mbah? Sdh lebih smooth kah?

Kl memang bisa lebih smooth sih mau ta coba jg itu busi double needle, cuman kt mbah Omni sih sama aja ama iridium yg std buku manualnya, cuman life timenya aja yg lebih panjang itu double needle makanya ane msh bingung nih.
Mungkin ya mbah, sensitif di salah satu komponen yg disebut...

Double Iridium mbah, bukan double needle kek si Iridium TeTeh ... tp ini ga ngaruh ke "getar" yg nahan D setelah netral >30 detik itu tadi. Si busi lebi ngaruh ke penyakit tipikalnya masdut aja, rpm drop pas lg macet2an / idle. :big_smile]
Image
DOHC
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 22269
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Serba Serbi Busi

Post by DOHC »

marmut wrote: 30 May 2021, 17:19
DOHC wrote: 30 May 2021, 17:02
Kijang doyok tp drat ampe sgitu panjang

Bisa kleyengan tu penjualnya mbah, sejak kapan deksel 3K sgitu tebel

saya pernah beli coil bosch merah, ditanya buat mobil apa, saya jawab mersi tiger. dikasi harga 300rb.

saya ngacir.

besoknya saya dateng lagi nanya barang yang sama, ditanya lagi buat mobil apa, saya jawab kijang doyok.

dikasih 125rb....

:big_grin:
hmm

bisa gt yahh

sip sip

nanti kl mo belanja filter2, busi iridium, serpentine belt, saya jawap kijang doyok jg deh

paling binggung sendiri ntar penjual nya :big_biglaugh: :big_biglaugh:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
DOHC
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 22269
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Serba Serbi Busi

Post by DOHC »

benzz89 wrote: 30 May 2021, 18:34
josomba wrote:
benzz89 wrote: 29 May 2021, 15:41 -cut-

2AZ-FE ini pas lg stop & posisi matic lg di D itu mesin kadang getar halus tipis krn RPM agak turun dikit tapi kadang dia bisa stabil juga meski gak bisa se-smooth spt kl lg di N (tanpa beban engage transmisinya sama sekali) jd ane merasa ini kaya ada yg kurang smooth.

Maunya ane sih saat dr N ke D itu tidak ada perbedaan getaran mesin sama sekali jd mesin smooth. Ada beberapa mobil yg dr N ke D itu tdk ada perbedaan sama sekali di vibrasi mesin, tp ada jg yg sedikit ada vibrasi pd saat engage transmisi, ntah itu krn posisi engine mounting atau ada faktor2 lainnya. Asumsi TB & MAF sama2 normal bersih.

Mbah suhu @Omnibus pernah saranin ganti yg denso IK20 (tanpa TT) tp ama denso toko ijo disaraninnya pakai yg double needle, makanya mau dengar pendapat dr suhu2 dimari jg. Oh yah posisi busi yg terpasang saat ini adalah NGK iridium IFR6A11 (sesuai dgn buku manual jg). Trims sebelumnya Image

Mbah, ini ane juga ngalamin nih.

Kalau lg d lampu merah abis di N terutama >30 detik, masuk ke D n masih nahan rem kek ada vibrasi continuous.

Tp ntar kalau dah jalan terus pas berhenti lagi, n nahan rem ya ga ada vibrasinya. Terus masuk N <30 detik, masuk D, tahan rem juga ga ada vibrasi.

Tp ga sampe excessive banget sih, jd ane ga gitu masalahin. Ga pernah bandingin maslaah ini ama mobil yg sama tp punya orang :big_biglaugh:

Cuman kadang kepo aja kenapa kitu. Cek mounting transmisi, aman. Ganti fluida matic dah rutin. Ganti busi, dah pernah pake 3 merk berbeda. Oiya, kejadian ini dah muncul semenjak awal pungut ni mobil ampe sekarang. Getarannya ga makin parah juga sih, segitu2 aja :big_think:
Ane rasa emang sdh bawaan oroknya begitu mbah... sensitive mesinnya apabila pengapian kurang sempurna, TB, MAF & filter udara kotor, atau filter bensin jg sdh kotor.

Terus kan si mbah sdh pakai busi yg double needle kan yah? Gejala vibrasi waktu stop posisi transmisi di D nya gimana mbah? Sdh lebih smooth kah?

Kl memang bisa lebih smooth sih mau ta coba jg itu busi double needle, cuman kt mbah Omni sih sama aja ama iridium yg std buku manualnya, cuman life timenya aja yg lebih panjang itu double needle makanya ane msh bingung nih.
mengenai mesin geter

gara2 si mbah, ari ini baru saya perhatiin, ampe coba tuker2 busi lama yg baru

korban nya si inofa bensin saya, busi bawaan nya denso FK20HR-A8 (ini double needle, ngakunya dobel iridium jg)

nah skrg saya lg iseng ganti pake IKH20, cuman single needle, single iridium, harga murah pake banget stengah harga si FK20HR

yg saya perhatiin, si IKH20 ini utk segi FC, tarikan , respon dll, ga ad beda ama FK20HR

cuman yg bedain adalah rpm pas idle, si IKH20, bsa bikin rpm idle rendahhhhh banget, paling 700 rpm doank... ac nyala pun cuman naek dikit doank rpm nya, tp waktu transmisi di D ama N nyaris ga beda banyak

kl yg si FK20HR, ini idle agak tinggi, cuman kl di D ama N agak beda, krn rpm agak tinggi, jd kl di D nahan rem, rpm agak drop
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
benzz89
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 904
Joined: 09 Feb 2008, 21:32

Re: Serba Serbi Busi

Post by benzz89 »

DOHC wrote:
benzz89 wrote: 30 May 2021, 18:34
josomba wrote:
Mbah, ini ane juga ngalamin nih.

Kalau lg d lampu merah abis di N terutama >30 detik, masuk ke D n masih nahan rem kek ada vibrasi continuous.

Tp ntar kalau dah jalan terus pas berhenti lagi, n nahan rem ya ga ada vibrasinya. Terus masuk N <30 detik, masuk D, tahan rem juga ga ada vibrasi.

Tp ga sampe excessive banget sih, jd ane ga gitu masalahin. Ga pernah bandingin maslaah ini ama mobil yg sama tp punya orang :big_biglaugh:

Cuman kadang kepo aja kenapa kitu. Cek mounting transmisi, aman. Ganti fluida matic dah rutin. Ganti busi, dah pernah pake 3 merk berbeda. Oiya, kejadian ini dah muncul semenjak awal pungut ni mobil ampe sekarang. Getarannya ga makin parah juga sih, segitu2 aja :big_think:
Ane rasa emang sdh bawaan oroknya begitu mbah... sensitive mesinnya apabila pengapian kurang sempurna, TB, MAF & filter udara kotor, atau filter bensin jg sdh kotor.

Terus kan si mbah sdh pakai busi yg double needle kan yah? Gejala vibrasi waktu stop posisi transmisi di D nya gimana mbah? Sdh lebih smooth kah?

Kl memang bisa lebih smooth sih mau ta coba jg itu busi double needle, cuman kt mbah Omni sih sama aja ama iridium yg std buku manualnya, cuman life timenya aja yg lebih panjang itu double needle makanya ane msh bingung nih.
mengenai mesin geter

gara2 si mbah, ari ini baru saya perhatiin, ampe coba tuker2 busi lama yg baru

korban nya si inofa bensin saya, busi bawaan nya denso FK20HR-A8 (ini double needle, ngakunya dobel iridium jg)

nah skrg saya lg iseng ganti pake IKH20, cuman single needle, single iridium, harga murah pake banget stengah harga si FK20HR

yg saya perhatiin, si IKH20 ini utk segi FC, tarikan , respon dll, ga ad beda ama FK20HR

cuman yg bedain adalah rpm pas idle, si IKH20, bsa bikin rpm idle rendahhhhh banget, paling 700 rpm doank... ac nyala pun cuman naek dikit doank rpm nya, tp waktu transmisi di D ama N nyaris ga beda banyak

kl yg si FK20HR, ini idle agak tinggi, cuman kl di D ama N agak beda, krn rpm agak tinggi, jd kl di D nahan rem, rpm agak drop
Kesimpulannya enak pake busi yg mana mbah... itu rpm kl rendah banget yah potensi vibrasinya makin tinggi dong mbah banding yg idlenya sudah agak tinggi.

Ane sih suka idle yg agak tinggi deh jd mesin terasa lebih smooth gitu... kaya tadi bawa camry jalan 60 km PP, ane perhatiin idlenya lg bagus hari ini dia hahahah... sekitar 800 rpm kayanya, pokoknya 1 garis pas sebelum 1000 rpm, nah kl lg gak bagus dia bisa turun dikit dr 1 garis tsb nah mulailah getar halus/tipis gitu.

Heran kok kadang bisa stabil smooth rpm agak tinggi pas lg berhenti & di D... tp kadang bisa turun dikit rpm nya & getar halus. Dulu sebelum bebersih TB, MAF & busi di gerasi 69 lebih parah lg itu rpm naik turunnya, sekarang sih sdh jauh lebih stabil tp ane maunya lebih stabil lagi hahahah... makanya mau ta ganti itu businya.

Ternyata busi punya karakter terhadap rpm jg yah... ada yg jd lebih rendah & ada yg lebih cenderung lebih tinggi. RPM rendah sih hrsnya FC cenderung lebih irit yah banding yg rpm tinggi pas lg idle, cuman rpm cenderung tinggi mesin terasa lebih smooth aja.

2AZ-FE ane baca di forum2 luar & dalam negeri sdh bawaan orok ini getar halus saat di D posisi lg stop & injak rem jd kl lg merayap capek aja kesannya, kurang smooth gitu... tp kadang bisa smooth juga, makanya gak stabil dia rpm nya. Sampe ta kirain engine mounting, sdh cek beberapa kali ke beres Auto 2K, msh aman semua itu engine mountingnya.
User avatar
Omnibus
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5640
Joined: 08 Apr 2008, 17:12

Re: Serba Serbi Busi

Post by Omnibus »

benzz89 wrote: 30 May 2021, 20:45
2AZ-FE ane baca di forum2 luar & dalam negeri.......
om udah baca info dr yg ini? https://www.camryforums.com/forum/gener ... ion-39764/

ada kasus yg head bolt nya dol jadi cylinder head ngangkat. ik nyaho ini bisa bikin om ga bisa tidur. mudah2an bukan, but ini sedikit info how to proceed kl udah coba ganti busi dan tak berhasil.

utk mengeliminir kemungkinan kompresi bocor tsb, test kompresi aja dan test leak down kl ada bengkel yg punya alatnya. atau test kompresi dan combustion gas chemical test (spt di video berikut).
test kompresi aja ga cukup kl ngangkatnya/bocor kompresinya sedikit. makanya hrs dibarengi test lainnya.


benzz89
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 904
Joined: 09 Feb 2008, 21:32

Re: Serba Serbi Busi

Post by benzz89 »

Omnibus wrote:
benzz89 wrote: 30 May 2021, 20:45
2AZ-FE ane baca di forum2 luar & dalam negeri.......
om udah baca info dr yg ini? https://www.camryforums.com/forum/gener ... ion-39764/

ada kasus yg head bolt nya dol jadi cylinder head ngangkat. ik nyaho ini bisa bikin om ga bisa tidur. mudah2an bukan, but ini sedikit info how to proceed kl udah coba ganti busi dan tak berhasil.

utk mengeliminir kemungkinan kompresi bocor tsb, test kompresi aja dan test leak down kl ada bengkel yg punya alatnya. atau test kompresi dan combustion gas chemical test (spt di video berikut).
test kompresi aja ga cukup kl ngangkatnya/bocor kompresinya sedikit. makanya hrs dibarengi test lainnya.


Sudah bawa ke beres Auto 2k mbah buat tune up & general check up pas service 40 ribu (padahal KM baru 17 ribuan waktu itu)... emang begitu bawaan oroknya kata SA nya, normal aja rpm agak turun sikit waktu masuk D krn mesin nahan saat rem di injak, waktu rem di lepas yah dia normal lg, ini yg ane maksud soft vibration bukan rough sampai shutter seluruh body mobil & mau stall mesinnya.

CRV RE 2.0 kantor dulu malah lebih parah lagi itu getarannya kl pas lg di D & injak rem (berhenti) kaya mesin mobil panther lg idle hahaha... ada yg betah2 aja & gak masalah dgn hal spt ini tp kl yg biasanya bawa mobilnya bisa tenang antara N ke D meski lg injak rem, pasti notice ini kok kaya mesinnya kurang balance gitu.

Dari N ke D saat lg injak rem (stop) ada mesin2 yg sama sekali gak ada bedanya, tp ada jg yg sikit sekali vibrasinya (rpm agak turun sikit) nah 2AZ-FE ini masuk yg kedua ini, jd kl ada hal2 lain spt pengapian yg kurang baik, TB, MAF, filter2 kurang bersih yah makin berasa lg vibrasinya. Kl sdh jalan merayap sih smooth lg dia...

Yah ane anggap sih ini sdh bawaan oroknya, cuman pengen tau apakah dgn mengganti busi yg lebih baik bisa mempertahankan rpm yg lebih stabil & lebih smooth lagi gitu mbah. Di mazdut 2 om Josomba jg gini karakter mesinnya, kayanya memang hrs sering bebersih biar tetap stabil itu rpm.

Kl kompresi bocor padahal odo baru 28 rebu perak sih di martil aja itu mobilnya hahahah... padahal minumnya selalu pertamax & oli mesinya selalu yg keraton. Tp coba nanti di cek lg kompresinya kl mampir ke gerasi 69, semoga ada alat tes kompresinya.

Oot sikit ngomongin oli mesin nih... amsoil SS 0W-20 SP ane sdh jalan 600 km & betul makin enteng itu tarikannya selepas dr 500 km. FC di mid dapat 1:12 (realnya 1:11,5 full to full) kombinasi 70% tol & 30% non tol + jd genset sebentar, lumayanlah buat mesin 2400 CC.
DOHC
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 22269
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Serba Serbi Busi

Post by DOHC »

benzz89 wrote: 30 May 2021, 20:45
DOHC wrote:
benzz89 wrote: 30 May 2021, 18:34 Ane rasa emang sdh bawaan oroknya begitu mbah... sensitive mesinnya apabila pengapian kurang sempurna, TB, MAF & filter udara kotor, atau filter bensin jg sdh kotor.

Terus kan si mbah sdh pakai busi yg double needle kan yah? Gejala vibrasi waktu stop posisi transmisi di D nya gimana mbah? Sdh lebih smooth kah?

Kl memang bisa lebih smooth sih mau ta coba jg itu busi double needle, cuman kt mbah Omni sih sama aja ama iridium yg std buku manualnya, cuman life timenya aja yg lebih panjang itu double needle makanya ane msh bingung nih.
mengenai mesin geter

gara2 si mbah, ari ini baru saya perhatiin, ampe coba tuker2 busi lama yg baru

korban nya si inofa bensin saya, busi bawaan nya denso FK20HR-A8 (ini double needle, ngakunya dobel iridium jg)

nah skrg saya lg iseng ganti pake IKH20, cuman single needle, single iridium, harga murah pake banget stengah harga si FK20HR

yg saya perhatiin, si IKH20 ini utk segi FC, tarikan , respon dll, ga ad beda ama FK20HR

cuman yg bedain adalah rpm pas idle, si IKH20, bsa bikin rpm idle rendahhhhh banget, paling 700 rpm doank... ac nyala pun cuman naek dikit doank rpm nya, tp waktu transmisi di D ama N nyaris ga beda banyak

kl yg si FK20HR, ini idle agak tinggi, cuman kl di D ama N agak beda, krn rpm agak tinggi, jd kl di D nahan rem, rpm agak drop
Kesimpulannya enak pake busi yg mana mbah... itu rpm kl rendah banget yah potensi vibrasinya makin tinggi dong mbah banding yg idlenya sudah agak tinggi.

Ane sih suka idle yg agak tinggi deh jd mesin terasa lebih smooth gitu... kaya tadi bawa camry jalan 60 km PP, ane perhatiin idlenya lg bagus hari ini dia hahahah... sekitar 800 rpm kayanya, pokoknya 1 garis pas sebelum 1000 rpm, nah kl lg gak bagus dia bisa turun dikit dr 1 garis tsb nah mulailah getar halus/tipis gitu.

Heran kok kadang bisa stabil smooth rpm agak tinggi pas lg berhenti & di D... tp kadang bisa turun dikit rpm nya & getar halus. Dulu sebelum bebersih TB, MAF & busi di gerasi 69 lebih parah lg itu rpm naik turunnya, sekarang sih sdh jauh lebih stabil tp ane maunya lebih stabil lagi hahahah... makanya mau ta ganti itu businya.

Ternyata busi punya karakter terhadap rpm jg yah... ada yg jd lebih rendah & ada yg lebih cenderung lebih tinggi. RPM rendah sih hrsnya FC cenderung lebih irit yah banding yg rpm tinggi pas lg idle, cuman rpm cenderung tinggi mesin terasa lebih smooth aja.

2AZ-FE ane baca di forum2 luar & dalam negeri sdh bawaan orok ini getar halus saat di D posisi lg stop & injak rem jd kl lg merayap capek aja kesannya, kurang smooth gitu... tp kadang bisa smooth juga, makanya gak stabil dia rpm nya. Sampe ta kirain engine mounting, sdh cek beberapa kali ke beres Auto 2K, msh aman semua itu engine mountingnya.
Ksimpulanya

Saya jg belom nemu yg enak mbah

Si FK20 itu rpm idle tinggi, kl dr N masuk D malah jd kurang alus, apalagi kl lg pas kompresor engage, kaya ngejedak nyundul alus gt

Kl si IKH20, mo ac engage jg tetep alus dr N ke D krn rpm super rendah nya itu.. cuman ga enaknya yah kaya yg mbah blg, rpm kelewat rendah yah agak geter jadinya
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
blloewy
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1014
Joined: 18 Nov 2019, 08:54
Location: Jakarta
Daily Vehicle: HR15 - 2012

Re: Serba Serbi Busi

Post by blloewy »

Omnibus wrote: 29 May 2021, 19:30 ]

bukan suhu tp mau ikut nyerocos aja ane

pemahaman ane, kita samain persepsi dulu.
apakah sebelumnya om benz pernah ngerasain mobil ini ngga spt skrg yg rpm nya drop n geter2? atau emang dr pertama om punya mobil ini udah kaya skrg?

kl dulunya ga kaya skrg berarti emang ada yg salah dan bisa diperbaiki kaya dulu. cuman, emang jatohnya semi trial and error (demikian jg keluar wang nya buat beli ini itu termasuk ongkosnya)

step 1: hrs ada baseline ttg keadaan yg skrg. caranya agak urdu nih tp sering dipake. ambil botol air mineral boleh yg 600ml atau yg 1500ml, isi pakai air sampai yg ga ada lekukannya jd bisa dilihat permukaan airnya dgn baik (jd ga perlu pake kaca pembesar watchmaker, takut lupa dicopot kl ke wc kata mbah reqtor). jd sebelum mobil dicoba perbaikan apapun taruh itu botol diatas mesin sambil idle posisi N dan D. video in pake hp spy goncangan permukaan airnya direkam utk jadi baseline.

step 2: krn udah ada baseline, baru trial n error dimulai. namanya juga fine tuning. customernya jg super demanding. ga mau ada sedikitpun geter di mesin 2az-fe nya kl lagi idle. 🤣🤭
maka kita mulai dr yg paling mudah, colokin scanner dan dilihat rpm drop nya segimana jauh antara N idle dan D idle. keluarin juga mode graphic nya kl perlu jd bisa keliatan up n down nya. sbg perbandingan di jazz gk ane ngga berubah, tetep di 700 rpm. demikian jg ketika lampu/ac dinyalain tetap di 750 rpm dlm kedua kondisi tersebut. kl di step 2 ini rpm drop nya jauh bedanya, berarti ada masalah di idle up (atau idle control mesin). dr sini baru repair dilakukan mulai dr sensor2 (perisa/bersihkan), throttle body, intake termasuk tumble flaps kayanya 2az ada cmiiw, intake port, vacuum lines barangkali ada crack/leak, busi cek, O2 sensor cek/periksa kekencangan. jatuhnya semua emang satu per satu disambangin krn udah kategori fine tuning.

step 3: kl di step 2 pass tdk ada rpm drop yg signifikan tapi getaran tetap berasa berarti kemungkinannya ke enjin monting. kenapa geter meskipun rpm ga drop, krn kan udah engage ke trans udah ga free spinning krn ada daya yg tersalurkan utk muterin torque converter beserta atf di dalamnya.

trial n error = keluar wang pasti tp hasil belum tentu. he he he 😂

oya kl seandainya jadi ganti busi, tempat duduk busi yg di dalem lubang busi itu wajib dibersihin. jangan sampai ada kerak carbon bikin seal ga bagus. n busi baru kl udah dipasang dan ditorsi pake TW jangan dibuka lagi. nanti sealingnya ga serapet awal, mirip prinsip ring washer drain plug. lbh parah krn ini nahan pressured gas. kl yg awal si ring washernya udah membentuk perfect sealing dgn permukaan gasket seat di lubang busi.

oya nambah lagi, cek juga trouble code ada ngga utk fuel evap purge control valve leak. valve ini yg dr fuek tank utk ngeluarin fuel fumes ke intake, kl stuck open bisa bikin idle goyang juga.
Mbah, itu mobil posisi idle trs AC nyala khan beda rpm nya.
Yg dicari rpm drop atau rpm naik mbah shifu?
Kl di lipindut khan idle 750 rpm tp kl AC nyala itu idlenya naek ke 900-1000 rpm.
Tp ngga geter parah...nah kl itu normal khan mbah?

Btw, Lipindut bawaan HR15DE khan Denso FXE20HE11 tanya ke Denso OS dikasinya VFXE20 tp alasannya apa ngga dijawab.
Si FXE20HE11 sdh ngga diproduksi lagi infonya.
Sementara si NGK LZKARP6 itu cocoknya u Mesin MR18DE 1.800 cc nya Lipindut.
Cuma krn kemahalan kl pake Denso FXE20HE11 jadilah dipake ke HR15DE.
Kira2 efeknya apa ya kl busi engine 1.800 cc dipake di 1.500 cc?
Dah tu si NGK LZKARP6 ini banyak palsunya lagi :big_slap:
Si champion motor aja berani bilang dia jualnya yg KW1 selisih harganya 40 rebu ama yg ori di Beres.
nubie in all things - still need to learn
User avatar
Omnibus
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5640
Joined: 08 Apr 2008, 17:12

Re: Serba Serbi Busi

Post by Omnibus »

blloewy wrote: 13 Jun 2021, 18:48
Mbah, itu mobil posisi idle trs AC nyala khan beda rpm nya.
Yg dicari rpm drop atau rpm naik mbah shifu?
Kl di lipindut khan idle 750 rpm tp kl AC nyala itu idlenya naek ke 900-1000 rpm.
Tp ngga geter parah...nah kl itu normal khan mbah?

Btw, Lipindut bawaan HR15DE khan Denso FXE20HE11 tanya ke Denso OS dikasinya VFXE20 tp alasannya apa ngga dijawab.
Si FXE20HE11 sdh ngga diproduksi lagi infonya.
Sementara si NGK LZKARP6 itu cocoknya u Mesin MR18DE 1.800 cc nya Lipindut.
Cuma krn kemahalan kl pake Denso FXE20HE11 jadilah dipake ke HR15DE.
Kira2 efeknya apa ya kl busi engine 1.800 cc dipake di 1.500 cc?
Dah tu si NGK LZKARP6 ini banyak palsunya lagi :big_slap:
Si champion motor aja berani bilang dia jualnya yg KW1 selisih harganya 40 rebu ama yg ori di Beres.
udah dipasang kan busi 1.8 nya? udah jalan kan mobilnya? ya udah aman berarti piston ga nabrak ke busi. pake aja terus.

kl belom dipasang, ya tinggal diukur dimensinya busi 1.8 sama ngga sm yg lama. heat range kan sama no problem.

busi palsu? kan udah sering ane warning.

mobil di atas rpm drop apa? ga usah dibahas lagi lah yg punya aja udah ga pusingin. :big_biglaugh:
User avatar
marmut
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6316
Joined: 16 Oct 2013, 13:27

Re: Serba Serbi Busi

Post by marmut »

blloewy wrote: 13 Jun 2021, 18:48
Btw, Lipindut bawaan HR15DE khan Denso FXE20HE11 tanya ke Denso OS dikasinya VFXE20 tp alasannya apa ngga dijawab.
Si FXE20HE11 sdh ngga diproduksi lagi infonya.
Sementara si NGK LZKARP6 itu cocoknya u Mesin MR18DE 1.800 cc nya Lipindut.
Cuma krn kemahalan kl pake Denso FXE20HE11 jadilah dipake ke HR15DE.
Kira2 efeknya apa ya kl busi engine 1.800 cc dipake di 1.500 cc?
Dah tu si NGK LZKARP6 ini banyak palsunya lagi :big_slap:
Si champion motor aja berani bilang dia jualnya yg KW1 selisih harganya 40 rebu ama yg ori di Beres.

kalau dari heat range denso 20 vs. ngk 6, ini tabelnya :


Heat_Range_Chart.jpg
Heat_Range_Chart.jpg (43.23 KiB) Viewed 38 times


perbedaan FXE dengan VFXE, kalau tidak salah yang FXE lebih besar elektroda tengahnya.
Post Reply