Serba Serbi Busi

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: F 272, b8099ok, ginting, FRD, artoodetoo, y_anjasrana

Post Reply
gwsecretc
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 92
Joined: 09 Feb 2017, 13:54

Re: Serba Serbi Busi

Post by gwsecretc »

josomba wrote: 01 Jul 2021, 15:08
ariswp wrote: 01 Jul 2021, 14:41 Engine mounting di saya aman om, memang sepertinya penyakitnya R20A generasi awal, idle upnya gak jelas, hahaha, di grup crv juga banyak yg ngeluh hal ini dan biasanya engine mounting yg jadi kambing hitam (yah meskipun juga tergolong lemah sih engine mounting RE ini)
rpm klo ac nyala bisa turun ke 650-700 (rendah sekali), tapi dulu masi mending di busi NGK, paling dropnya geter2 dikit gak sampe kayak panther, kalo TB belom ngecek juga sih, umur segini mungkin udah saatnya sekalian bersihkan MAF sensor dan (terutama) EGR valvenya, sempat ada user crv di grup yg komen klo penyakit rpm drop geter ini auto hilang setelah bersihkan TB (wajib idle learning colok scan) sama bersihkan EGR valvenya yg dibuka udah kayak jelaga solid numpuk
oww crv re ini memang "penyakit umum" ya rpm drop sampe 600an kalau idle gitu?

Punya mertua, odo masih 30k umur mobil 9 tahun seh juga kek gitu. Dah ane bersihin TB-nya masih aja goyang dombret. Intip2 mounting sebisanya sih belum retak tp karetnya keknya kalau dipegang kek dah keras.
Crv re r20 emang getar nya parah om, tapi hanya saat ac on saja. Kalo ac off mah anteng” aja. Crv k20 sama 1.5 turbo masih jauh lebih halus buat saya untuk masalah getaran mesin..
triport13
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 95
Joined: 26 Apr 2018, 14:08
Location: Jakarta
Daily Vehicle: AVS

Re: Serba Serbi Busi

Post by triport13 »

Om2 suhu2, kalo utk 3SZ-VE busi yang paling ok apa ya?

Terus kalo ciri ciri busi udh jelek atau gapnya udh ga sesuai dgn rekomendasi pabrikan apa ya?

Terima kasih
trebla88
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 174
Joined: 06 Jun 2016, 17:35

Re: Serba Serbi Busi

Post by trebla88 »

blloewy wrote: 01 Jul 2021, 10:07
trebla88 wrote: 01 Jul 2021, 08:25 Share busi new yaris 2018
Sc16hr11 di mesin 2nr fe
Rawatan beres auto2000 km 41rb
Bensin vpower kalau ga pertamax turbo
Oli campur2 0w20 amsoil unilopal ptt q8 tergantung promo
Kmarin ganti ban skalian buka busi di bengkel non beres
Kaget lihat nya kok berlendir oli gitu
Slama ini kalau di auto2000 ga bisa masuk area servis cuma bisa dr balik kaca ruang tunggu
ini pemakean berapa lama om?
Ini berasa boros ngga om mobilnya?
Pemakaian 3 tahun dr baru
Servis dkk masi tanggungan auto2000
Paling bayar part filter oli filter ac filter udara
Oli bawa sendiri

1:15-17 terakhir bolak balik tol dipakai oleh adik(liat dr odometer)

Cuma shock bocor belakang.harusnya masih bisa klaim garansi sblm agustus 2021 ini, tp klaimnya ribet musti ada melernya oli lebih dr 10cm
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8476
Joined: 16 Oct 2013, 13:27

Re: Serba Serbi Busi

Post by marmut »

trebla88 wrote: 02 Jul 2021, 15:44

Cuma shock bocor belakang.harusnya masih bisa klaim garansi sblm agustus 2021 ini, tp klaimnya ribet musti ada melernya oli lebih dr 10cm

ambil dongkrak di bagasi, dongkrak sisi yang shock-nya bocor.
tetesin oli mesin bekas yang udah dicampur atf bekas di pangkal shock. kira-kira saja jangan terlalu banyak, jangan terlalu sedikit.

selamat mencoba.
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8241
Joined: 08 Apr 2008, 17:12

Re: Serba Serbi Busi

Post by Omnibus »

trebla88 wrote: 01 Jul 2021, 08:25 Share busi new yaris 2018
Sc16hr11 di mesin 2nr fe
Rawatan beres auto2000 km 41rb
Bensin vpower kalau ga pertamax turbo
Oli campur2 0w20 amsoil unilopal ptt q8 tergantung promo
Kmarin ganti ban skalian buka busi di bengkel non beres
Kaget lihat nya kok berlendir oli gitu
Slama ini kalau di auto2000 ga bisa masuk area servis cuma bisa dr balik kaca ruang tunggu
udah tau kenapa bisa lendir oli begitu drat nya om?
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8241
Joined: 08 Apr 2008, 17:12

Re: Serba Serbi Busi

Post by Omnibus »

ariswp wrote: 01 Jul 2021, 14:41 Engine mounting di saya aman om, memang sepertinya penyakitnya R20A generasi awal, idle upnya gak jelas, hahaha, di grup crv juga banyak yg ngeluh hal ini dan biasanya engine mounting yg jadi kambing hitam (yah meskipun juga tergolong lemah sih engine mounting RE ini)
rpm klo ac nyala bisa turun ke 650-700 (rendah sekali), tapi dulu masi mending di busi NGK, paling dropnya geter2 dikit gak sampe kayak panther, kalo TB belom ngecek juga sih, umur segini mungkin udah saatnya sekalian bersihkan MAF sensor dan (terutama) EGR valvenya, sempat ada user crv di grup yg komen klo penyakit rpm drop geter ini auto hilang setelah bersihkan TB (wajib idle learning colok scan) sama bersihkan EGR valvenya yg dibuka udah kayak jelaga solid numpuk
nah ini bener juga kemungkinan EGR nya hrs dibersihin krn kl odo udah tinggi bisa aja dia ga ketutup sempurna krn ada jelaga itu, sementara pada saat idle egr valve seharusnya fully closed, tp krn keganjel jelaga bisa jd agak kebuka.

kl punya scan tool (yg agak bisa ini itu) bisa ditest tuh. dia auto ngetes dlm bbrp posisi masih masuk spek ngga. nanti keluar hasilnya disuruh bersihin atau egr msh ok. sy sering ngetest begitu di GK5 sy. TB juga ada test serupa nya.

prinsip yg sy anut kl mobil dari barunya bisa halus idle nya berarti ga ada penyakit salah desain. kl setelah dipakai bbrp saat jd kaya gitu berarti seharusnya bisa direstore spt semula. cuma hrs dicari aja bagian mana yg hrs di servis.
trebla88
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 174
Joined: 06 Jun 2016, 17:35

Re: Serba Serbi Busi

Post by trebla88 »

marmut wrote: 02 Jul 2021, 15:49
trebla88 wrote: 02 Jul 2021, 15:44

Cuma shock bocor belakang.harusnya masih bisa klaim garansi sblm agustus 2021 ini, tp klaimnya ribet musti ada melernya oli lebih dr 10cm

ambil dongkrak di bagasi, dongkrak sisi yang shock-nya bocor.
tetesin oli mesin bekas yang udah dicampur atf bekas di pangkal shock. kira-kira saja jangan terlalu banyak, jangan terlalu sedikit.

selamat mencoba.
Ah ya bener jg idenya
Ditambahin meler ya biar jadi 10cm lbih
Tp keburu da ganti kayaba excel G di Shopndrive
Bawaan asal yg rusak made in Indonesia,yg beli baru buatan jepang
Moga awet deh kali ini :big_deal:
Blibet difoto dulu,diukur brp cm melernya,ajuin dulu ke principal,blm tentu diacc bilangnya-->jd beli sndiri di luar



Omnibus wrote: 02 Jul 2021, 16:02
trebla88 wrote: 01 Jul 2021, 08:25 Share busi new yaris 2018
Sc16hr11 di mesin 2nr fe
Rawatan beres auto2000 km 41rb
Bensin vpower kalau ga pertamax turbo
Oli campur2 0w20 amsoil unilopal ptt q8 tergantung promo
Kmarin ganti ban skalian buka busi di bengkel non beres
Kaget lihat nya kok berlendir oli gitu
Slama ini kalau di auto2000 ga bisa masuk area servis cuma bisa dr balik kaca ruang tunggu
udah tau kenapa bisa lendir oli begitu drat nya om?
Blm tahu, ni mau ganti busi dilihat dulu kalau masi ada lendir oli mungkin gasket atasnya kali ya uda getas. Tapi kan barun3 tahun km41rb :big_think:
Oli jg bkn acdc sharusnya beli dari Bli2 langsung
Selama ini jg cek ga ada nguap oli. Lendir bgitu dr mn jg masih bingung
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8241
Joined: 08 Apr 2008, 17:12

Re: Serba Serbi Busi

Post by Omnibus »

trebla88 wrote: 02 Jul 2021, 16:59
marmut wrote: 02 Jul 2021, 15:49
trebla88 wrote: 02 Jul 2021, 15:44

Cuma shock bocor belakang.harusnya masih bisa klaim garansi sblm agustus 2021 ini, tp klaimnya ribet musti ada melernya oli lebih dr 10cm

ambil dongkrak di bagasi, dongkrak sisi yang shock-nya bocor.
tetesin oli mesin bekas yang udah dicampur atf bekas di pangkal shock. kira-kira saja jangan terlalu banyak, jangan terlalu sedikit.

selamat mencoba.
Ah ya bener jg idenya
Ditambahin meler ya biar jadi 10cm lbih
Tp keburu da ganti kayaba excel G di Shopndrive
Bawaan asal yg rusak made in Indonesia,yg beli baru buatan jepang
Moga awet deh kali ini :big_deal:
Blibet difoto dulu,diukur brp cm melernya,ajuin dulu ke principal,blm tentu diacc bilangnya-->jd beli sndiri di luar



Omnibus wrote: 02 Jul 2021, 16:02
trebla88 wrote: 01 Jul 2021, 08:25 Share busi new yaris 2018
Sc16hr11 di mesin 2nr fe
Rawatan beres auto2000 km 41rb
Bensin vpower kalau ga pertamax turbo
Oli campur2 0w20 amsoil unilopal ptt q8 tergantung promo
Kmarin ganti ban skalian buka busi di bengkel non beres
Kaget lihat nya kok berlendir oli gitu
Slama ini kalau di auto2000 ga bisa masuk area servis cuma bisa dr balik kaca ruang tunggu
udah tau kenapa bisa lendir oli begitu drat nya om?
Blm tahu, ni mau ganti busi dilihat dulu kalau masi ada lendir oli mungkin gasket atasnya kali ya uda getas. Tapi kan barun3 tahun km41rb :big_think:
Oli jg bkn acdc sharusnya beli dari Bli2 langsung
Selama ini jg cek ga ada nguap oli. Lendir bgitu dr mn jg masih bingung
perkiraan sy ga ada yg bocor. kl seal lubang busi yg bocor ga akan 4 4 nya basah. itupun bagian keramik atas pasti sdh penuh oli juga. lah ini kan bagus kering gitu.
kl valve seal yg bocor atau ring piston juga ga akan 4 4 nya dan itu elektrodanya juga pasti basah oli. nah itu elektroda nya bagus kering gitu.

dugaan sy, itu mekanik yg ngecek busi (atau buka busi) sengaja ngeleletin oli mesin tujuannya biar ga susah dibuka kedepannya. ide gila bener. :big_dunno: sebab dgn begitu kalaupun dikencengin pakai torque wrench itu busi bakalan overtorqued dan ngerusak drat di cylinder head.

busi sdh coba diganti dgn yg baru kan om? tp apakah drat lubang busi yg di cylinder head nya sudah dibersihkan dr sisa2 oli lama itu? sebab kl engga jd percuma, gmn cara taunya nanti kl ternyata msh dr sisa oli lama yg msh nempel di lubang busi dan nempel lagi ke busi baru.

*btw sayang ga claim shock ke beres pdhl udah rajin servis disitu
trebla88
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 174
Joined: 06 Jun 2016, 17:35

Re: Serba Serbi Busi

Post by trebla88 »

Wah ya bener jg
Jangan2 dilapisin oli biar ga susah dibukanya
Soalnya ujungnya masih kering begitu
Susahnya auto2000 d saya ga bisa masuk ke tmpt servis cuma bisa di ruang tunggu saja,jd ga bisa kontrol
Blm saya ganti, baru saya order businya
Ntar dicoba bersihin pakai kain untuk lubang dratnya

Kupon servisnya uda abis, saya pakai ada kecepatan di bln2 sebelumnya.

sy mau coba klaim berdasar umur blm 3 tahun/50rb km
Kata auto2000 masuk servis dulu bayar 800rb trus dicek,difoto baru diajukan klaim :big_weee:
Dan abis bayar servis belum tentu diacc,jadi mending bayar sndiri beli di luar :big_slap:
User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2186
Joined: 05 Aug 2017, 19:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Serba Serbi Busi

Post by josomba »

triport13 wrote: 02 Jul 2021, 14:34 Om2 suhu2, kalo utk 3SZ-VE busi yang paling ok apa ya?

Terus kalo ciri ciri busi udh jelek atau gapnya udh ga sesuai dgn rekomendasi pabrikan apa ya?

Terima kasih Image
Untuk rekomendasi saya serahkan ke mbah2 di marih.

Saya sebagai nubie jawab yg kedua aja. Kalau model2 dirasa2 susah nih soalnya degradasinya busi gradual sekali. Kalau dah extreme salah satu busi rusak, mesin seperti brebet/pincang. Kalau busi copper juga paling 20-30k KM baikan ganti, iridium seh rerata bisa up to 100k KM baru ganti.

Paling bener dicopot n dilihat visualnya dulu, kalau terlihat baik2 sahaja cek gap-nya pake feeler gauge.

Demikian pendapat nubie

:ungg:
Image
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8476
Joined: 16 Oct 2013, 13:27

Re: Serba Serbi Busi

Post by marmut »

trebla88 wrote: 02 Jul 2021, 17:16

Susahnya auto2000 d saya ga bisa masuk ke tmpt servis cuma bisa di ruang tunggu saja,jd ga bisa kontrol


bisa.

saya pernah beberapa kali di auto 2000, tunas toyota, tunas daihatsu, dan nissan tb simatupang (awal livina baru keluar).

hanya saja kita musti tau diri, jaga jarak jangan seperti bocah pacaran empet-empetan. berdiri saja ambil jarak 5 meteran kan cukup.

kalau tidak boleh, tarik mobil, jangan mau bayar.
trebla88
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 174
Joined: 06 Jun 2016, 17:35

Re: Serba Serbi Busi

Post by trebla88 »

marmut wrote: 02 Jul 2021, 19:39
trebla88 wrote: 02 Jul 2021, 17:16

Susahnya auto2000 d saya ga bisa masuk ke tmpt servis cuma bisa di ruang tunggu saja,jd ga bisa kontrol


bisa.

saya pernah beberapa kali di auto 2000, tunas toyota, tunas daihatsu, dan nissan tb simatupang (awal livina baru keluar).

hanya saja kita musti tau diri, jaga jarak jangan seperti bocah pacaran empet-empetan. berdiri saja ambil jarak 5 meteran kan cukup.

kalau tidak boleh, tarik mobil, jangan mau bayar.
Oo gitu
Sy biasa di auto 2000 pluit ruang kerja di lt 2 sama ruang tunggunya, bingung akses masuk ke tempat kerjanya cuma bisa liatin dr kaca,sepengalaman sy d sana jg steril ga pernah liat customer masuk ke ruang kerjanya cuma di ruang tunggu aja :big_childish:

Ok deh jadiin pengalaman.thx u infonya om :big_deal:
blloewy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1358
Joined: 18 Nov 2019, 08:54
Location: Jakarta
Daily Vehicle: HR15 - 2012

Re: Serba Serbi Busi

Post by blloewy »

trebla88 wrote: 02 Jul 2021, 20:21
marmut wrote: 02 Jul 2021, 19:39
trebla88 wrote: 02 Jul 2021, 17:16

Susahnya auto2000 d saya ga bisa masuk ke tmpt servis cuma bisa di ruang tunggu saja,jd ga bisa kontrol


bisa.

saya pernah beberapa kali di auto 2000, tunas toyota, tunas daihatsu, dan nissan tb simatupang (awal livina baru keluar).

hanya saja kita musti tau diri, jaga jarak jangan seperti bocah pacaran empet-empetan. berdiri saja ambil jarak 5 meteran kan cukup.

kalau tidak boleh, tarik mobil, jangan mau bayar.
Oo gitu
Sy biasa di auto 2000 pluit ruang kerja di lt 2 sama ruang tunggunya, bingung akses masuk ke tempat kerjanya cuma bisa liatin dr kaca,sepengalaman sy d sana jg steril ga pernah liat customer masuk ke ruang kerjanya cuma di ruang tunggu aja :big_childish:

Ok deh jadiin pengalaman.thx u infonya om :big_deal:
Wah....saya waktu ganti kopling set di Nissan malah diajak ke dalam. Dianter ama SA ditunjukkan seal drive shaft sebelah kiri minta ganti...akhirnya saya minta ganti kanan dan kiri.
Pas turun kopling si lipindut, saya minta ganti seal crankshaft depan sekalian malah ditolak krn ongkos kerjanya beda dan parts masih bagus blm ada kebocoran di sealnya.
Padahal mah bisa sekalian diganti justru pas turun transmisi u ganti kopling set :big_slap:
nubie in all things - still need to learn
racho
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 384
Joined: 29 Dec 2012, 05:59
Location: CID +6221
Daily Vehicle: Kawa EX650E

Re: Serba Serbi Busi

Post by racho »

DOHC wrote: 30 Jun 2021, 22:42 ohhh ya ampun

saya baru baca lg


kl busi iridium Vs busi nikel... kl saya ga sala inget, perna dbahas d tret ini jg, mmg busi nikel pasti lebi enak om, krn hantaran listriknya lebi gede... cuman nikel kalah di umur aj, jd enak sesaat tp abis itu cepet aus ktimbang iridium

ini saya jg lg mo coba iseng beli denso KH20TT (nikel biasa) buat dipasang di inofa saya yg bawaannya FK20HR-A8 (iridium)... kl ternyata gapapa, kayanya saya mo coba pake yg nikel terus, toh murah ini , bonus tarikan enak...
enggak juga om. ane bandingin iridium (NGK LZFR6AI) vs iridium (Denso IKH20) kok.
cuma kebetulan sempet pake nikel NGK buat ujicoba murmer dan ternyata it works beautifully.
memang disini ada faktor yg beda, posisi spark IKH20 lebih deket ke atap cylinder head dibanding NGK. which may fail the comparison.

tapi menurut ane yg paling aneh itu di EJ20, ILFR6B (iridium needle-platinum pad) vs IKH20TT (double iridium needle)
posisi spark, heat range, gap udah sama. ILFR6B aman, tapi double iridium malah brebet2.

pernah baca di forum luar tentang spark yang 'ketiup' oleh boost.
di busi ILFR6B yang lama, positif dan ground korosinya ga parah, anehnya malah bagian ground electrode samping yg kemakan.
WhatsApp Image 2021-07-03 at 06.50.49.jpeg
WhatsApp Image 2021-07-03 at 06.50.49.jpeg (56.08 KiB) Viewed 312 times
gimana ceritanya itu ya?

apa jangan2 double needle iridium misfire gegara spark gak nemu jarak (hambatan) yg cukup deket (kecil) buat loncat?
The Government wants Power! They rob it from our engines.

EX650E '12 | NA4W '08 | CBA-YA5 '09
silenzo
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 22
Joined: 28 May 2021, 23:02

Re: Serba Serbi Busi

Post by silenzo »

Mohon info. Sedang mencari busi pengganti untuk Camry 2.4V 2007 (XV40). Tolong diberikan masukan dan jika ada toko online yang recommend, tolong dibisikin juga.

Thanks.
free2d
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 84
Joined: 09 Jun 2016, 18:56

Re: Serba Serbi Busi

Post by free2d »

Temen2,
bisa info Honda CRV 2012 2400cc RM4 pake busi Denso/Ngk yang mana?
thx...
ariswp
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 91
Joined: 19 Dec 2016, 15:39

Re: Serba Serbi Busi

Post by ariswp »

free2d wrote: 27 Sep 2021, 14:14 Temen2,
bisa info Honda CRV 2012 2400cc RM4 pake busi Denso/Ngk yang mana?
thx...
NGK ILZKR7B-11
Beli beres, atau di online banyak om, tapi hati2 klo online harga terlalu murah/agak jauh selisih harga sama di beres, dapet yg palsu takutnya
Satu set kisaran 1.1-1.2jutaan harusnya
free2d
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 84
Joined: 09 Jun 2016, 18:56

Re: Serba Serbi Busi

Post by free2d »

Denso ada yang bilang banyak tipe sampe bingung.
IK20TT, IK20L, VXUHC22G dll. Pusing
rendr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 945
Joined: 19 Mar 2018, 13:47
Daily Vehicle: Apa aja yg penting reliable

Re: Serba Serbi Busi

Post by rendr »

mbah mbah mau tanya,

kalo NGK ILFR5B-11 ini bisa pake apa ya gantinya?
European Enthusiasts
AJ-V6 / B6034S / M111 / M10 / M20 / M52 / M54
Post Reply