Serba Serbi Busi

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: F 272, b8099ok, ginting, FRD, artoodetoo, y_anjasrana

Post Reply
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8476
Joined: 16 Oct 2013, 13:27

Re: Serba Serbi Busi

Post by marmut »

DOHC wrote: 08 May 2021, 20:32
itu enjin K3-VE mbah ??

gado2 gt , kaya mobil rentalan aja

daihatsu 3sz.
tapi banyak pemilik veloz ngamuk kalo dibilang itu barang dari daihatsu. ma'lum, aliran garis keras yang membuta babi.

:mky_03:

kan enak gado-gado, kasih krupuk sama bawang goreng yang banyak.
DOHC
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 24512
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Serba Serbi Busi

Post by DOHC »

marmut wrote: 08 May 2021, 20:36
DOHC wrote: 08 May 2021, 20:32
itu enjin K3-VE mbah ??

gado2 gt , kaya mobil rentalan aja

daihatsu 3sz.
tapi banyak pemilik veloz ngamuk kalo dibilang itu barang dari daihatsu. ma'lum, aliran garis keras yang membuta babi.

:mky_03:

kan enak gado-gado, kasih krupuk sama bawang goreng yang banyak.
sudah kuduga , enjin nya daihatsu :mky_03: :mky_03:



lah veloz aj banyak yg blg ud bukan avansa lg gt , disitu gagal faham saya

kaya waktu itu venturer dbilang bukan kijang lg

aya aya wae
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8241
Joined: 08 Apr 2008, 17:12

Re: Serba Serbi Busi

Post by Omnibus »

marmut wrote: 08 May 2021, 20:27
DOHC wrote: 08 May 2021, 15:27
Codic kayanya merk aftermarket nya

D atrium jg toko2 nisan kayanya pd jual merk itu, awet apa kaga sehh entahlah, ga perna coba saya

Yg NGK kayanya bener tu kodenya, nilai panas nya sama, ukuran soket nya jg sama.. tinggal d samain aj drat nya

pake A, bukan O.
cadic.

mbah, diem aja yak, ini gambar jangan sampe keliatan mbah Omni. bisa semaput nanti...



20210224_113158.jpg



noh, ada cadic, ada apaan lagi tuh lainnya... bhinneka tunggal ika.
udah keliatan!

waduh sy kok jd kleyengan. kl ada apa2 sm ik, jij kena pasal pembunuhan berencana. :big_weee:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8241
Joined: 08 Apr 2008, 17:12

Re: Serba Serbi Busi

Post by Omnibus »

DOHC wrote: 08 May 2021, 20:34
dl waktu saya masi punya lipindut, kl lg doorsmeer ampe ad yg brani buka kap mesin, apalagi maen steam2 an, lgs ta ajak batumbuk kita jo
hhh kirain mau dilempar gagang dongkrak lagi itu miserable worker :mky_01:
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8476
Joined: 16 Oct 2013, 13:27

Re: Serba Serbi Busi

Post by marmut »

DOHC wrote: 08 May 2021, 20:40
sudah kuduga , enjin nya daihatsu :mky_03: :mky_03:



lah veloz aj banyak yg blg ud bukan avansa lg gt , disitu gagal faham saya

kaya waktu itu venturer dbilang bukan kijang lg

aya aya wae


:mky_03:
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8476
Joined: 16 Oct 2013, 13:27

Re: Serba Serbi Busi

Post by marmut »

Omnibus wrote: 08 May 2021, 21:00
udah keliatan!

waduh sy kok jd kleyengan. kl ada apa2 sm ik, jij kena pasal pembunuhan berencana. :big_weee:

coba as kopelnya dibalance dulu sapa tau ilang kleyengannya...
User avatar
Herman7103
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1464
Joined: 03 Oct 2016, 06:17
Location: SOUTH SUMATRA
Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT

Re: Serba Serbi Busi

Post by Herman7103 »

DOHC wrote:
blloewy wrote: 08 May 2021, 16:24
MSU wrote: 08 May 2021, 15:56 Ni apa kemasukan air koq busi sampe kayak jamuran & berkarat...takutnya hoby cuci steam mesin
Iya om...
Sodara emang di kampung suka steam mesin mobilnya.
Maklum penganut aliran lama dimana mesin bisa disteam dengan bebas biar kinclong :big_cry:
enjin lipindut d steam ?? cakepppppppp

pantesan tu koil pd semaput

dah tau ini enjin super resing maha kenceng bunyi ngiiing ngiiing rpm tinggi buatan jepun campur cungkwo... ga bsa diperlakuin kaya lg nyuci toyota 5K

dl waktu saya masi punya lipindut, kl lg doorsmeer ampe ad yg brani buka kap mesin, apalagi maen steam2 an, lgs ta ajak batumbuk kita jo
Engine HR15DE Twin VTC (bagian Engine Bay) punya ANGL tahun 2014 punya saya selama 7 tahun pelihara ini mobil belum pernah sekalipun di steam tapi cukup dilap saja dengan kain Majun yg telah dibasahi air bersih tapi setahun sekali cukup pembersihannya dengan dikucuri air bersih PDAM (bukan di steam) untuk pembersihannya dari debu yg nempel lalu dilap dengan kain Majun kering so far sampai dengan tahun ke 7 pemakaian nih mobil , syukurlah bebas dari trouble. Semua Koil Koil nya masih Ori bawaan orok karena belum pernah ada yg diganti even busi nya juga sebenarnya tidak ada yg rusak tapi cuma karena saya merasa sudah 6 tahun lebih ngak pernah diganti dan sudah terlanjur beli busi NGK Iridium untuk stock akhirnya keempat busi bawaan oroknya saya ganti di beres Nissan sekaligus keempat businya di tahun ke 6 lebih pemakaian. Ngeri mbok kalau sampai mobil lagi bawa keluarga Mogok cuma karena busi sudah mencapai lifetime nya, karena selama 7 tahun ini belum pernah sekalipun ngalami mobil Mogok atau trouble di jalan.So far so very good and I am very satisfy.
:glodak:
HR15DE 2014
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8241
Joined: 08 Apr 2008, 17:12

Re: Serba Serbi Busi

Post by Omnibus »

DOHC wrote: 08 May 2021, 20:40
mbah, udah ta belah nih zfrgp. ternyata harga nobango sebiji kaga dapet copper core. besi doang lho. wkwkwkwk. :big_grin:

kata pabriknya: rugi bandar nobango dapet copper core. bisa abis di pasaran diborong buat diambil dalemannya doang :upss:

IMG_20210527_200622~3.jpg
IMG_20210527_200622~3.jpg (421.27 KiB) Viewed 238 times
IMG_20210527_200737~2.jpg
IMG_20210527_200737~2.jpg (184.55 KiB) Viewed 238 times
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8241
Joined: 08 Apr 2008, 17:12

Re: Serba Serbi Busi

Post by Omnibus »

pindah dimari ya
DOHC wrote: 27 May 2021, 20:15
Mbah

Pecaya deh, ga guna itu runcingin ampe selancip burung pelatuk

Masi mending teori posisi busi yg electrode ngadep ke posisi intake, at least teori ini dipake loh oleh honda insight, d mamarika sana ngk jual busi special utk insight yg ulir dratnya seragam per 4 biji, jd at least ga bakal ad bagian lengkungan electrode yg memblakangi intake
jij jangan bilang sm ik, bilangnya sama injinir denso noh. ik mah ga ngerti org awam. nih injinir denso bikin iridium resing, elektrodanya begitu :big_weee:


Image
DOHC
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 24512
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Serba Serbi Busi

Post by DOHC »

Omnibus wrote: 27 May 2021, 20:14
DOHC wrote: 08 May 2021, 20:40
mbah, udah ta belah nih zfrgp. ternyata harga nobango sebiji kaga dapet copper core. besi doang lho. wkwkwkwk. :big_grin:

kata pabriknya: rugi bandar nobango dapet copper core. bisa abis di pasaran diborong buat diambil dalemannya doang :upss:


IMG_20210527_200622~3.jpg


IMG_20210527_200737~2.jpg
Busettt

Koq bsa ampe patah gt, abis blajar cara pecahin kaca pake keramik busi yah ?? :mky_03:

Btw, itu isinya besi thok ?? Atau jangan2 yg dimaksud copper itu lapisannya doank ??
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
DOHC
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 24512
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Serba Serbi Busi

Post by DOHC »

Omnibus wrote: 27 May 2021, 20:21 pindah dimari ya
DOHC wrote: 27 May 2021, 20:15
Mbah

Pecaya deh, ga guna itu runcingin ampe selancip burung pelatuk

Masi mending teori posisi busi yg electrode ngadep ke posisi intake, at least teori ini dipake loh oleh honda insight, d mamarika sana ngk jual busi special utk insight yg ulir dratnya seragam per 4 biji, jd at least ga bakal ad bagian lengkungan electrode yg memblakangi intake
jij jangan bilang sm ik, bilangnya sama injinir denso noh. ik mah ga ngerti org awam. nih injinir denso bikin iridium resing, elektrodanya begitu :big_weee:


Image
Jd jij critanya mo kikir tu electrode ampe tinggal sgitu, persis kaya di foto tsb ?
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8241
Joined: 08 Apr 2008, 17:12

Re: Serba Serbi Busi

Post by Omnibus »

DOHC wrote: 27 May 2021, 20:25
Omnibus wrote: 27 May 2021, 20:21 pindah dimari ya
DOHC wrote: 27 May 2021, 20:15
Mbah

Pecaya deh, ga guna itu runcingin ampe selancip burung pelatuk

Masi mending teori posisi busi yg electrode ngadep ke posisi intake, at least teori ini dipake loh oleh honda insight, d mamarika sana ngk jual busi special utk insight yg ulir dratnya seragam per 4 biji, jd at least ga bakal ad bagian lengkungan electrode yg memblakangi intake
jij jangan bilang sm ik, bilangnya sama injinir denso noh. ik mah ga ngerti org awam. nih injinir denso bikin iridium resing, elektrodanya begitu :big_weee:


Image
Jd jij critanya mo kikir tu electrode ampe tinggal sgitu, persis kaya di foto tsb ?
kikir? apa itu? ga kenal.
ane mah,
the power of dremel. rapid material removal!

:big_biglaugh:

ngga lah, ga ampe segitu mbah. tp lbh tipis drpd iridium power yg spt di bawah ini :big_slap: a la kerehore gabut. nobango dibikin tappered, halu iridium power versi kerehore. :big_weee:


Image

*jangan diikutin. just an experiment in a closely controlled environment.
DOHC
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 24512
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Serba Serbi Busi

Post by DOHC »

Omnibus wrote: 27 May 2021, 21:09
DOHC wrote: 27 May 2021, 20:25
Omnibus wrote: 27 May 2021, 20:21 pindah dimari ya



jij jangan bilang sm ik, bilangnya sama injinir denso noh. ik mah ga ngerti org awam. nih injinir denso bikin iridium resing, elektrodanya begitu :big_weee:


Image
Jd jij critanya mo kikir tu electrode ampe tinggal sgitu, persis kaya di foto tsb ?
kikir? apa itu? ga kenal.
ane mah,
the power of dremel. rapid material removal!

:big_biglaugh:

ngga lah, ga ampe segitu mbah. tp lbh tipis drpd iridium power yg spt di bawah ini :big_slap: a la kerehore gabut. nobango dibikin tappered, halu iridium power versi kerehore. :big_weee:


Image

*jangan diikutin. just an experiment in a closely controlled environment.
Jahhhh

Kl cuman biar model kaya si iridiun power itu mah mending beli jd aj mbah, ntar di potong2 salah2 malah bkin retak alus, trus akhirnya patah di dalem gara2 metal fatique.. liner baret, trus L15 ga bsa ganti liner lg.. ujung2nya either ke parung cari copotan singapur atau inden enjin blok dr hpm :big_weee:

Tuh saya lg pake di inofa.. ikh20 yg model electrode lancip2 gt jg, sbiji cuman kaoban beli dr official storenya

Ga berasa ad special gmananya, malah kayanya saya mo coba iseng pakein yg busi nikel inofa lama K20HR-U11 , sbiji cuman bango d atrium
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8241
Joined: 08 Apr 2008, 17:12

Re: Serba Serbi Busi

Post by Omnibus »

DOHC wrote: 27 May 2021, 22:45
Jahhhh

Kl cuman biar model kaya si iridiun power itu mah mending beli jd aj mbah, ntar di potong2 salah2 malah bkin retak alus, trus akhirnya patah di dalem gara2 metal fatique.. liner baret, trus L15 ga bsa ganti liner lg.. ujung2nya either ke parung cari copotan singapur atau inden enjin blok dr hpm :big_weee:

Tuh saya lg pake di inofa.. ikh20 yg model electrode lancip2 gt jg, sbiji cuman kaoban beli dr official storenya

Ga berasa ad special gmananya, malah kayanya saya mo coba iseng pakein yg busi nikel inofa lama K20HR-U11 , sbiji cuman bango d atrium
yah jij nakut2in ik lagi. udah kepikiran tambah kepikiran dah. oke besok kita ganti lagi yee. hmm pake apa enaknya nih. :big_childish:
DOHC
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 24512
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Serba Serbi Busi

Post by DOHC »

Omnibus wrote: 27 May 2021, 22:51
DOHC wrote: 27 May 2021, 22:45
Jahhhh

Kl cuman biar model kaya si iridiun power itu mah mending beli jd aj mbah, ntar di potong2 salah2 malah bkin retak alus, trus akhirnya patah di dalem gara2 metal fatique.. liner baret, trus L15 ga bsa ganti liner lg.. ujung2nya either ke parung cari copotan singapur atau inden enjin blok dr hpm :big_weee:

Tuh saya lg pake di inofa.. ikh20 yg model electrode lancip2 gt jg, sbiji cuman kaoban beli dr official storenya

Ga berasa ad special gmananya, malah kayanya saya mo coba iseng pakein yg busi nikel inofa lama K20HR-U11 , sbiji cuman bango d atrium
yah jij nakut2in ik lagi. udah kepikiran tambah kepikiran dah. oke besok kita ganti lagi yee. hmm pake apa enaknya nih. :big_childish:
Busi standard aj yg nikel

Tiap goceng km ganti baru

Entah sugesti atau beneran, tp pas saya ganti busi iridium, ga tralu berasa bedanya, tp kl ganti nikel, lebi berasa.. apalagi waktu dl saya coba di inofa jadul non euro.. kl busi nikel baru, starter nya enteng banget, trus tarikan awal jg lebi berasa
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8241
Joined: 08 Apr 2008, 17:12

Re: Serba Serbi Busi

Post by Omnibus »

DOHC wrote: 27 May 2021, 22:57
Busi standard aj yg nikel

Tiap goceng km ganti baru

Entah sugesti atau beneran, tp pas saya ganti busi iridium, ga tralu berasa bedanya, tp kl ganti nikel, lebi berasa.. apalagi waktu dl saya coba di inofa jadul non euro.. kl busi nikel baru, starter nya enteng banget, trus tarikan awal jg lebi berasa
yg fr6f-11 bawaan pabrik? wah ampas bgt itu sih. msh lbh berasa yg platinum gp nobango kl di GK, lbh greng cold start nya.

akhirnya udah beli yg iridium

dica ....... te ........ t deeehhh :big_slap:
DOHC
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 24512
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Serba Serbi Busi

Post by DOHC »

Omnibus wrote: 27 May 2021, 23:04
DOHC wrote: 27 May 2021, 22:57
Busi standard aj yg nikel

Tiap goceng km ganti baru

Entah sugesti atau beneran, tp pas saya ganti busi iridium, ga tralu berasa bedanya, tp kl ganti nikel, lebi berasa.. apalagi waktu dl saya coba di inofa jadul non euro.. kl busi nikel baru, starter nya enteng banget, trus tarikan awal jg lebi berasa
yg fr6f-11 bawaan pabrik? wah ampas bgt itu sih. msh lbh berasa yg platinum gp nobango kl di GK, lbh greng cold start nya.

akhirnya udah beli yg iridium

dica ....... te ........ t deeehhh :big_slap:
Iya, itu yg FR6F nikel beneran bawaan pabrik utk enjin2 L15 rakitan lokal

Bengong kan .. Padahal dr jaman city GM2, jazz GE aj dikasi iridium

Bahkan lucunya lg, beberapa kl saya iseng waktu dl lg ke beres, saya tiap kl nanya mo ganti busi, slalu dbilang ga perlu pak, nanti aj pas 100 rebu km, kcuali mesin mendadak pincang.. waktu saya blg busi bawaan hrv itu nikel, mreka ngeyel, blg itu utk brio doank
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8241
Joined: 08 Apr 2008, 17:12

Re: Serba Serbi Busi

Post by Omnibus »

DOHC wrote: 27 May 2021, 23:09
Omnibus wrote: 27 May 2021, 23:04
DOHC wrote: 27 May 2021, 22:57
Busi standard aj yg nikel

Tiap goceng km ganti baru

Entah sugesti atau beneran, tp pas saya ganti busi iridium, ga tralu berasa bedanya, tp kl ganti nikel, lebi berasa.. apalagi waktu dl saya coba di inofa jadul non euro.. kl busi nikel baru, starter nya enteng banget, trus tarikan awal jg lebi berasa
yg fr6f-11 bawaan pabrik? wah ampas bgt itu sih. msh lbh berasa yg platinum gp nobango kl di GK, lbh greng cold start nya.

akhirnya udah beli yg iridium

dica ....... te ........ t deeehhh :big_slap:
Iya, itu yg FR6F nikel beneran bawaan pabrik utk enjin2 L15 rakitan lokal

Bengong kan .. Padahal dr jaman city GM2, jazz GE aj dikasi iridium

Bahkan lucunya lg, beberapa kl saya iseng waktu dl lg ke beres, saya tiap kl nanya mo ganti busi, slalu dbilang ga perlu pak, nanti aj pas 100 rebu km, kcuali mesin mendadak pincang.. waktu saya blg busi bawaan hrv itu nikel, mreka ngeyel, blg itu utk brio doank
wah dibilang begitu mbah? dianggap sama dgn L15A ya. mrk udah bosen kayanya kerja di otomotif jd seputar info2 baru either udah kaga mau tau updetan atau emang ga ditembusin ke SA urusan perbusian.

ga kebayang ya kl yg kemakan omongan SA tiba2 brebet pas dibuka baru tau kl businya ampas. di php in beres.
DOHC
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 24512
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Serba Serbi Busi

Post by DOHC »

Omnibus wrote: 27 May 2021, 23:37
DOHC wrote: 27 May 2021, 23:09
Omnibus wrote: 27 May 2021, 23:04

yg fr6f-11 bawaan pabrik? wah ampas bgt itu sih. msh lbh berasa yg platinum gp nobango kl di GK, lbh greng cold start nya.

akhirnya udah beli yg iridium

dica ....... te ........ t deeehhh :big_slap:
Iya, itu yg FR6F nikel beneran bawaan pabrik utk enjin2 L15 rakitan lokal

Bengong kan .. Padahal dr jaman city GM2, jazz GE aj dikasi iridium

Bahkan lucunya lg, beberapa kl saya iseng waktu dl lg ke beres, saya tiap kl nanya mo ganti busi, slalu dbilang ga perlu pak, nanti aj pas 100 rebu km, kcuali mesin mendadak pincang.. waktu saya blg busi bawaan hrv itu nikel, mreka ngeyel, blg itu utk brio doank
wah dibilang begitu mbah? dianggap sama dgn L15A ya. mrk udah bosen kayanya kerja di otomotif jd seputar info2 baru either udah kaga mau tau updetan atau emang ga ditembusin ke SA urusan perbusian.

ga kebayang ya kl yg kemakan omongan SA tiba2 brebet pas dibuka baru tau kl businya ampas. di php in beres.
Beneran mbah

Itu di beres honda pluit, yg sebelah rs pluit itu saya kesana
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8241
Joined: 08 Apr 2008, 17:12

Re: Serba Serbi Busi

Post by Omnibus »

DOHC wrote: 28 May 2021, 10:44
penampakan hasil prakarya :mky_03: :mky_03:

silahkan dicaci maki mbah :mky_01:

IMG_20210529_152355~2.jpg
IMG_20210529_152355~2.jpg (469.14 KiB) Viewed 161 times
benzz89
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1027
Joined: 09 Feb 2008, 21:32

Re: Serba Serbi Busi

Post by benzz89 »

Suhu2 perbusian mau tanya mengenai busi iridium double needle.

Jd ane rencana mau ganti busi 2AZ-FE, di buku manual kl merek denso pakai yg SK20R11.

Lalu ane tanya2 di official store toko ijo tp di sarankan pakai denso IK20TT (iridium double needle), katanya ini versi paling bagusnya banding SK20R11.

Kelebihan IK20TT adalah sbb:
- 2 Jarum / Needle.
- 1 Elektroda dari bahan Iridium DAN Platinum di ground elektroda.
- Jarum Elektroda paling kecil sedunia 0.4mm.
- Menaikan Horse Power lebih baik dari Busi Iridium.
- Menaikan Akselerasi lebih baik dari Busi Iridium.
- Bahan bakar menjadi lebih irit +/- 2.4% dibandingkan busi iridium dan +/- 7.5% dari busi standard.
- Pembakaran jauh lebih sempurna dari Busi Iridium.
- Umur mesin menjadi lebih panjang.
- Life time busi bisa sampai 120.000 KM.

Pertanyaannya apakah busi double needle ini sesuai dgn klaim dr seller yah? Harga 150 ribu per busi x 4 busi = 600 ribu.

Ane mau pakai busi yg enak, gak penting longevity tp lbh ke more power, cold start & idle mesin lebih smooth & stabil.

2AZ-FE ini pas lg stop & posisi matic lg di D itu mesin kadang getar halus tipis krn RPM agak turun dikit tapi kadang dia bisa stabil juga meski gak bisa se-smooth spt kl lg di N (tanpa beban engage transmisinya sama sekali) jd ane merasa ini kaya ada yg kurang smooth.

Maunya ane sih saat dr N ke D itu tidak ada perbedaan getaran mesin sama sekali jd mesin smooth. Ada beberapa mobil yg dr N ke D itu tdk ada perbedaan sama sekali di vibrasi mesin, tp ada jg yg sedikit ada vibrasi pd saat engage transmisi, ntah itu krn posisi engine mounting atau ada faktor2 lainnya. Asumsi TB & MAF sama2 normal bersih.

Mbah suhu @Omnibus pernah saranin ganti yg denso IK20 (tanpa TT) tp ama denso toko ijo disaraninnya pakai yg double needle, makanya mau dengar pendapat dr suhu2 dimari jg. Oh yah posisi busi yg terpasang saat ini adalah NGK iridium IFR6A11 (sesuai dgn buku manual jg). Trims sebelumnya
MSU
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1040
Joined: 06 Jan 2019, 09:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Serba Serbi Busi

Post by MSU »

Omnibus wrote: 29 May 2021, 15:26
DOHC wrote: 28 May 2021, 10:44
penampakan hasil prakarya :mky_03: :mky_03:

silahkan dicaci maki mbah :mky_01:


IMG_20210529_152355~2.jpg
Ini bagian ground-nya dibuat lancip ya om?
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8476
Joined: 16 Oct 2013, 13:27

Re: Serba Serbi Busi

Post by marmut »

Omnibus wrote: 29 May 2021, 15:26
penampakan hasil prakarya :mky_03: :mky_03:

silahkan dicaci maki mbah :mky_01:


IMG_20210529_152355~2.jpg

abah shifu,
ngerjain beginian apa nggak juling matanya?

:big_think:
DOHC
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 24512
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Serba Serbi Busi

Post by DOHC »

Omnibus wrote: 29 May 2021, 15:26
DOHC wrote: 28 May 2021, 10:44
penampakan hasil prakarya :mky_03: :mky_03:

silahkan dicaci maki mbah :mky_01:


IMG_20210529_152355~2.jpg
itu yg dikikir

ga keliwat lancip mbah ?? ntar yg ada malah jd gampang patah ga kl kena kompresi trus panas terus2an ??

Trus ntar patahan nya naek turun jutaan kali sembari ngegores liner loh :big_weee: :big_weee: :big_weee: :big_weee:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
DOHC
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 24512
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Serba Serbi Busi

Post by DOHC »

benzz89 wrote: 29 May 2021, 15:41 Suhu2 perbusian mau tanya mengenai busi iridium double needle.

Jd ane rencana mau ganti busi 2AZ-FE, di buku manual kl merek denso pakai yg SK20R11.

Lalu ane tanya2 di official store toko ijo tp di sarankan pakai denso IK20TT (iridium double needle), katanya ini versi paling bagusnya banding SK20R11.

Kelebihan IK20TT adalah sbb:
- 2 Jarum / Needle.
- 1 Elektroda dari bahan Iridium DAN Platinum di ground elektroda.
- Jarum Elektroda paling kecil sedunia 0.4mm.
- Menaikan Horse Power lebih baik dari Busi Iridium.
- Menaikan Akselerasi lebih baik dari Busi Iridium.
- Bahan bakar menjadi lebih irit +/- 2.4% dibandingkan busi iridium dan +/- 7.5% dari busi standard.
- Pembakaran jauh lebih sempurna dari Busi Iridium.
- Umur mesin menjadi lebih panjang.
- Life time busi bisa sampai 120.000 KM.

Pertanyaannya apakah busi double needle ini sesuai dgn klaim dr seller yah? Harga 150 ribu per busi x 4 busi = 600 ribu.

Ane mau pakai busi yg enak, gak penting longevity tp lbh ke more power, cold start & idle mesin lebih smooth & stabil.

2AZ-FE ini pas lg stop & posisi matic lg di D itu mesin kadang getar halus tipis krn RPM agak turun dikit tapi kadang dia bisa stabil juga meski gak bisa se-smooth spt kl lg di N (tanpa beban engage transmisinya sama sekali) jd ane merasa ini kaya ada yg kurang smooth.

Maunya ane sih saat dr N ke D itu tidak ada perbedaan getaran mesin sama sekali jd mesin smooth. Ada beberapa mobil yg dr N ke D itu tdk ada perbedaan sama sekali di vibrasi mesin, tp ada jg yg sedikit ada vibrasi pd saat engage transmisi, ntah itu krn posisi engine mounting atau ada faktor2 lainnya. Asumsi TB & MAF sama2 normal bersih.

Mbah suhu @Omnibus pernah saranin ganti yg denso IK20 (tanpa TT) tp ama denso toko ijo disaraninnya pakai yg double needle, makanya mau dengar pendapat dr suhu2 dimari jg. Oh yah posisi busi yg terpasang saat ini adalah NGK iridium IFR6A11 (sesuai dgn buku manual jg). Trims sebelumnya Image
nubi numpang jawap

kl yg jawapan toko official itu, jgn tralu diikutin mbah

saya nanya buat inofa ribon saya, dsuru pake yg iridium twin tip (sbiji nya 200 rebu) krn mereka kekeuh kl bawaan yg FK20HR itu jg twin tip, jd subtitusi nya jg wajip twin tip , kl ga ntar mesin pincang lah, geter lah dsb

trus saya nanya yg nikel k20hr ama nikel twin tip k20tt, katanya jg ga bole, itu buat inofa lama doank

trus yg ikh20 iridium power, lagi ga bole katanya krn buat inofa lama doank


akhirnya... saya bandel tetep beli yg ikh20, toh inofa lama ama baru, busi sama aja koq heat range, drat, ulir dsb

so far so good ga ad masalah... pedal to kampret always pake pertalite jg tetep aja ga masalah
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
Post Reply