Serba Serbi Busi

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: F 272, b8099ok, ginting, FRD, artoodetoo, y_anjasrana

Post Reply
User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2170
Joined: 05 Aug 2017, 19:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Serba Serbi Busi

Post by josomba »

benzz89 wrote: 30 May 2021, 18:34 Ane rasa emang sdh bawaan oroknya begitu mbah... sensitive mesinnya apabila pengapian kurang sempurna, TB, MAF & filter udara kotor, atau filter bensin jg sdh kotor.

Terus kan si mbah sdh pakai busi yg double needle kan yah? Gejala vibrasi waktu stop posisi transmisi di D nya gimana mbah? Sdh lebih smooth kah?

Kl memang bisa lebih smooth sih mau ta coba jg itu busi double needle, cuman kt mbah Omni sih sama aja ama iridium yg std buku manualnya, cuman life timenya aja yg lebih panjang itu double needle makanya ane msh bingung nih.
Mungkin ya mbah, sensitif di salah satu komponen yg disebut...

Double Iridium mbah, bukan double needle kek si Iridium TeTeh ... tp ini ga ngaruh ke "getar" yg nahan D setelah netral >30 detik itu tadi. Si busi lebi ngaruh ke penyakit tipikalnya masdut aja, rpm drop pas lg macet2an / idle. :big_smile]
Image
DOHC
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 24462
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Serba Serbi Busi

Post by DOHC »

marmut wrote: 30 May 2021, 17:19
DOHC wrote: 30 May 2021, 17:02
Kijang doyok tp drat ampe sgitu panjang

Bisa kleyengan tu penjualnya mbah, sejak kapan deksel 3K sgitu tebel

saya pernah beli coil bosch merah, ditanya buat mobil apa, saya jawab mersi tiger. dikasi harga 300rb.

saya ngacir.

besoknya saya dateng lagi nanya barang yang sama, ditanya lagi buat mobil apa, saya jawab kijang doyok.

dikasih 125rb....

:big_grin:
hmm

bisa gt yahh

sip sip

nanti kl mo belanja filter2, busi iridium, serpentine belt, saya jawap kijang doyok jg deh

paling binggung sendiri ntar penjual nya :big_biglaugh: :big_biglaugh:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
DOHC
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 24462
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Serba Serbi Busi

Post by DOHC »

benzz89 wrote: 30 May 2021, 18:34
josomba wrote:
benzz89 wrote: 29 May 2021, 15:41 -cut-

2AZ-FE ini pas lg stop & posisi matic lg di D itu mesin kadang getar halus tipis krn RPM agak turun dikit tapi kadang dia bisa stabil juga meski gak bisa se-smooth spt kl lg di N (tanpa beban engage transmisinya sama sekali) jd ane merasa ini kaya ada yg kurang smooth.

Maunya ane sih saat dr N ke D itu tidak ada perbedaan getaran mesin sama sekali jd mesin smooth. Ada beberapa mobil yg dr N ke D itu tdk ada perbedaan sama sekali di vibrasi mesin, tp ada jg yg sedikit ada vibrasi pd saat engage transmisi, ntah itu krn posisi engine mounting atau ada faktor2 lainnya. Asumsi TB & MAF sama2 normal bersih.

Mbah suhu @Omnibus pernah saranin ganti yg denso IK20 (tanpa TT) tp ama denso toko ijo disaraninnya pakai yg double needle, makanya mau dengar pendapat dr suhu2 dimari jg. Oh yah posisi busi yg terpasang saat ini adalah NGK iridium IFR6A11 (sesuai dgn buku manual jg). Trims sebelumnya Image

Mbah, ini ane juga ngalamin nih.

Kalau lg d lampu merah abis di N terutama >30 detik, masuk ke D n masih nahan rem kek ada vibrasi continuous.

Tp ntar kalau dah jalan terus pas berhenti lagi, n nahan rem ya ga ada vibrasinya. Terus masuk N <30 detik, masuk D, tahan rem juga ga ada vibrasi.

Tp ga sampe excessive banget sih, jd ane ga gitu masalahin. Ga pernah bandingin maslaah ini ama mobil yg sama tp punya orang :big_biglaugh:

Cuman kadang kepo aja kenapa kitu. Cek mounting transmisi, aman. Ganti fluida matic dah rutin. Ganti busi, dah pernah pake 3 merk berbeda. Oiya, kejadian ini dah muncul semenjak awal pungut ni mobil ampe sekarang. Getarannya ga makin parah juga sih, segitu2 aja :big_think:
Ane rasa emang sdh bawaan oroknya begitu mbah... sensitive mesinnya apabila pengapian kurang sempurna, TB, MAF & filter udara kotor, atau filter bensin jg sdh kotor.

Terus kan si mbah sdh pakai busi yg double needle kan yah? Gejala vibrasi waktu stop posisi transmisi di D nya gimana mbah? Sdh lebih smooth kah?

Kl memang bisa lebih smooth sih mau ta coba jg itu busi double needle, cuman kt mbah Omni sih sama aja ama iridium yg std buku manualnya, cuman life timenya aja yg lebih panjang itu double needle makanya ane msh bingung nih.
mengenai mesin geter

gara2 si mbah, ari ini baru saya perhatiin, ampe coba tuker2 busi lama yg baru

korban nya si inofa bensin saya, busi bawaan nya denso FK20HR-A8 (ini double needle, ngakunya dobel iridium jg)

nah skrg saya lg iseng ganti pake IKH20, cuman single needle, single iridium, harga murah pake banget stengah harga si FK20HR

yg saya perhatiin, si IKH20 ini utk segi FC, tarikan , respon dll, ga ad beda ama FK20HR

cuman yg bedain adalah rpm pas idle, si IKH20, bsa bikin rpm idle rendahhhhh banget, paling 700 rpm doank... ac nyala pun cuman naek dikit doank rpm nya, tp waktu transmisi di D ama N nyaris ga beda banyak

kl yg si FK20HR, ini idle agak tinggi, cuman kl di D ama N agak beda, krn rpm agak tinggi, jd kl di D nahan rem, rpm agak drop
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
benzz89
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1021
Joined: 09 Feb 2008, 21:32

Re: Serba Serbi Busi

Post by benzz89 »

DOHC wrote:
benzz89 wrote: 30 May 2021, 18:34
josomba wrote:
Mbah, ini ane juga ngalamin nih.

Kalau lg d lampu merah abis di N terutama >30 detik, masuk ke D n masih nahan rem kek ada vibrasi continuous.

Tp ntar kalau dah jalan terus pas berhenti lagi, n nahan rem ya ga ada vibrasinya. Terus masuk N <30 detik, masuk D, tahan rem juga ga ada vibrasi.

Tp ga sampe excessive banget sih, jd ane ga gitu masalahin. Ga pernah bandingin maslaah ini ama mobil yg sama tp punya orang :big_biglaugh:

Cuman kadang kepo aja kenapa kitu. Cek mounting transmisi, aman. Ganti fluida matic dah rutin. Ganti busi, dah pernah pake 3 merk berbeda. Oiya, kejadian ini dah muncul semenjak awal pungut ni mobil ampe sekarang. Getarannya ga makin parah juga sih, segitu2 aja :big_think:
Ane rasa emang sdh bawaan oroknya begitu mbah... sensitive mesinnya apabila pengapian kurang sempurna, TB, MAF & filter udara kotor, atau filter bensin jg sdh kotor.

Terus kan si mbah sdh pakai busi yg double needle kan yah? Gejala vibrasi waktu stop posisi transmisi di D nya gimana mbah? Sdh lebih smooth kah?

Kl memang bisa lebih smooth sih mau ta coba jg itu busi double needle, cuman kt mbah Omni sih sama aja ama iridium yg std buku manualnya, cuman life timenya aja yg lebih panjang itu double needle makanya ane msh bingung nih.
mengenai mesin geter

gara2 si mbah, ari ini baru saya perhatiin, ampe coba tuker2 busi lama yg baru

korban nya si inofa bensin saya, busi bawaan nya denso FK20HR-A8 (ini double needle, ngakunya dobel iridium jg)

nah skrg saya lg iseng ganti pake IKH20, cuman single needle, single iridium, harga murah pake banget stengah harga si FK20HR

yg saya perhatiin, si IKH20 ini utk segi FC, tarikan , respon dll, ga ad beda ama FK20HR

cuman yg bedain adalah rpm pas idle, si IKH20, bsa bikin rpm idle rendahhhhh banget, paling 700 rpm doank... ac nyala pun cuman naek dikit doank rpm nya, tp waktu transmisi di D ama N nyaris ga beda banyak

kl yg si FK20HR, ini idle agak tinggi, cuman kl di D ama N agak beda, krn rpm agak tinggi, jd kl di D nahan rem, rpm agak drop
Kesimpulannya enak pake busi yg mana mbah... itu rpm kl rendah banget yah potensi vibrasinya makin tinggi dong mbah banding yg idlenya sudah agak tinggi.

Ane sih suka idle yg agak tinggi deh jd mesin terasa lebih smooth gitu... kaya tadi bawa camry jalan 60 km PP, ane perhatiin idlenya lg bagus hari ini dia hahahah... sekitar 800 rpm kayanya, pokoknya 1 garis pas sebelum 1000 rpm, nah kl lg gak bagus dia bisa turun dikit dr 1 garis tsb nah mulailah getar halus/tipis gitu.

Heran kok kadang bisa stabil smooth rpm agak tinggi pas lg berhenti & di D... tp kadang bisa turun dikit rpm nya & getar halus. Dulu sebelum bebersih TB, MAF & busi di gerasi 69 lebih parah lg itu rpm naik turunnya, sekarang sih sdh jauh lebih stabil tp ane maunya lebih stabil lagi hahahah... makanya mau ta ganti itu businya.

Ternyata busi punya karakter terhadap rpm jg yah... ada yg jd lebih rendah & ada yg lebih cenderung lebih tinggi. RPM rendah sih hrsnya FC cenderung lebih irit yah banding yg rpm tinggi pas lg idle, cuman rpm cenderung tinggi mesin terasa lebih smooth aja.

2AZ-FE ane baca di forum2 luar & dalam negeri sdh bawaan orok ini getar halus saat di D posisi lg stop & injak rem jd kl lg merayap capek aja kesannya, kurang smooth gitu... tp kadang bisa smooth juga, makanya gak stabil dia rpm nya. Sampe ta kirain engine mounting, sdh cek beberapa kali ke beres Auto 2K, msh aman semua itu engine mountingnya.
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8096
Joined: 08 Apr 2008, 17:12

Re: Serba Serbi Busi

Post by Omnibus »

benzz89 wrote: 30 May 2021, 20:45
2AZ-FE ane baca di forum2 luar & dalam negeri.......
om udah baca info dr yg ini? https://www.camryforums.com/forum/gener ... ion-39764/

ada kasus yg head bolt nya dol jadi cylinder head ngangkat. ik nyaho ini bisa bikin om ga bisa tidur. mudah2an bukan, but ini sedikit info how to proceed kl udah coba ganti busi dan tak berhasil.

utk mengeliminir kemungkinan kompresi bocor tsb, test kompresi aja dan test leak down kl ada bengkel yg punya alatnya. atau test kompresi dan combustion gas chemical test (spt di video berikut).
test kompresi aja ga cukup kl ngangkatnya/bocor kompresinya sedikit. makanya hrs dibarengi test lainnya.


benzz89
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1021
Joined: 09 Feb 2008, 21:32

Re: Serba Serbi Busi

Post by benzz89 »

Omnibus wrote:
benzz89 wrote: 30 May 2021, 20:45
2AZ-FE ane baca di forum2 luar & dalam negeri.......
om udah baca info dr yg ini? https://www.camryforums.com/forum/gener ... ion-39764/

ada kasus yg head bolt nya dol jadi cylinder head ngangkat. ik nyaho ini bisa bikin om ga bisa tidur. mudah2an bukan, but ini sedikit info how to proceed kl udah coba ganti busi dan tak berhasil.

utk mengeliminir kemungkinan kompresi bocor tsb, test kompresi aja dan test leak down kl ada bengkel yg punya alatnya. atau test kompresi dan combustion gas chemical test (spt di video berikut).
test kompresi aja ga cukup kl ngangkatnya/bocor kompresinya sedikit. makanya hrs dibarengi test lainnya.


Sudah bawa ke beres Auto 2k mbah buat tune up & general check up pas service 40 ribu (padahal KM baru 17 ribuan waktu itu)... emang begitu bawaan oroknya kata SA nya, normal aja rpm agak turun sikit waktu masuk D krn mesin nahan saat rem di injak, waktu rem di lepas yah dia normal lg, ini yg ane maksud soft vibration bukan rough sampai shutter seluruh body mobil & mau stall mesinnya.

CRV RE 2.0 kantor dulu malah lebih parah lagi itu getarannya kl pas lg di D & injak rem (berhenti) kaya mesin mobil panther lg idle hahaha... ada yg betah2 aja & gak masalah dgn hal spt ini tp kl yg biasanya bawa mobilnya bisa tenang antara N ke D meski lg injak rem, pasti notice ini kok kaya mesinnya kurang balance gitu.

Dari N ke D saat lg injak rem (stop) ada mesin2 yg sama sekali gak ada bedanya, tp ada jg yg sikit sekali vibrasinya (rpm agak turun sikit) nah 2AZ-FE ini masuk yg kedua ini, jd kl ada hal2 lain spt pengapian yg kurang baik, TB, MAF, filter2 kurang bersih yah makin berasa lg vibrasinya. Kl sdh jalan merayap sih smooth lg dia...

Yah ane anggap sih ini sdh bawaan oroknya, cuman pengen tau apakah dgn mengganti busi yg lebih baik bisa mempertahankan rpm yg lebih stabil & lebih smooth lagi gitu mbah. Di mazdut 2 om Josomba jg gini karakter mesinnya, kayanya memang hrs sering bebersih biar tetap stabil itu rpm.

Kl kompresi bocor padahal odo baru 28 rebu perak sih di martil aja itu mobilnya hahahah... padahal minumnya selalu pertamax & oli mesinya selalu yg keraton. Tp coba nanti di cek lg kompresinya kl mampir ke gerasi 69, semoga ada alat tes kompresinya.

Oot sikit ngomongin oli mesin nih... amsoil SS 0W-20 SP ane sdh jalan 600 km & betul makin enteng itu tarikannya selepas dr 500 km. FC di mid dapat 1:12 (realnya 1:11,5 full to full) kombinasi 70% tol & 30% non tol + jd genset sebentar, lumayanlah buat mesin 2400 CC.
DOHC
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 24462
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Serba Serbi Busi

Post by DOHC »

benzz89 wrote: 30 May 2021, 20:45
DOHC wrote:
benzz89 wrote: 30 May 2021, 18:34 Ane rasa emang sdh bawaan oroknya begitu mbah... sensitive mesinnya apabila pengapian kurang sempurna, TB, MAF & filter udara kotor, atau filter bensin jg sdh kotor.

Terus kan si mbah sdh pakai busi yg double needle kan yah? Gejala vibrasi waktu stop posisi transmisi di D nya gimana mbah? Sdh lebih smooth kah?

Kl memang bisa lebih smooth sih mau ta coba jg itu busi double needle, cuman kt mbah Omni sih sama aja ama iridium yg std buku manualnya, cuman life timenya aja yg lebih panjang itu double needle makanya ane msh bingung nih.
mengenai mesin geter

gara2 si mbah, ari ini baru saya perhatiin, ampe coba tuker2 busi lama yg baru

korban nya si inofa bensin saya, busi bawaan nya denso FK20HR-A8 (ini double needle, ngakunya dobel iridium jg)

nah skrg saya lg iseng ganti pake IKH20, cuman single needle, single iridium, harga murah pake banget stengah harga si FK20HR

yg saya perhatiin, si IKH20 ini utk segi FC, tarikan , respon dll, ga ad beda ama FK20HR

cuman yg bedain adalah rpm pas idle, si IKH20, bsa bikin rpm idle rendahhhhh banget, paling 700 rpm doank... ac nyala pun cuman naek dikit doank rpm nya, tp waktu transmisi di D ama N nyaris ga beda banyak

kl yg si FK20HR, ini idle agak tinggi, cuman kl di D ama N agak beda, krn rpm agak tinggi, jd kl di D nahan rem, rpm agak drop
Kesimpulannya enak pake busi yg mana mbah... itu rpm kl rendah banget yah potensi vibrasinya makin tinggi dong mbah banding yg idlenya sudah agak tinggi.

Ane sih suka idle yg agak tinggi deh jd mesin terasa lebih smooth gitu... kaya tadi bawa camry jalan 60 km PP, ane perhatiin idlenya lg bagus hari ini dia hahahah... sekitar 800 rpm kayanya, pokoknya 1 garis pas sebelum 1000 rpm, nah kl lg gak bagus dia bisa turun dikit dr 1 garis tsb nah mulailah getar halus/tipis gitu.

Heran kok kadang bisa stabil smooth rpm agak tinggi pas lg berhenti & di D... tp kadang bisa turun dikit rpm nya & getar halus. Dulu sebelum bebersih TB, MAF & busi di gerasi 69 lebih parah lg itu rpm naik turunnya, sekarang sih sdh jauh lebih stabil tp ane maunya lebih stabil lagi hahahah... makanya mau ta ganti itu businya.

Ternyata busi punya karakter terhadap rpm jg yah... ada yg jd lebih rendah & ada yg lebih cenderung lebih tinggi. RPM rendah sih hrsnya FC cenderung lebih irit yah banding yg rpm tinggi pas lg idle, cuman rpm cenderung tinggi mesin terasa lebih smooth aja.

2AZ-FE ane baca di forum2 luar & dalam negeri sdh bawaan orok ini getar halus saat di D posisi lg stop & injak rem jd kl lg merayap capek aja kesannya, kurang smooth gitu... tp kadang bisa smooth juga, makanya gak stabil dia rpm nya. Sampe ta kirain engine mounting, sdh cek beberapa kali ke beres Auto 2K, msh aman semua itu engine mountingnya.
Ksimpulanya

Saya jg belom nemu yg enak mbah

Si FK20 itu rpm idle tinggi, kl dr N masuk D malah jd kurang alus, apalagi kl lg pas kompresor engage, kaya ngejedak nyundul alus gt

Kl si IKH20, mo ac engage jg tetep alus dr N ke D krn rpm super rendah nya itu.. cuman ga enaknya yah kaya yg mbah blg, rpm kelewat rendah yah agak geter jadinya
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
blloewy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1311
Joined: 18 Nov 2019, 08:54
Location: Jakarta
Daily Vehicle: HR15 - 2012

Re: Serba Serbi Busi

Post by blloewy »

Omnibus wrote: 29 May 2021, 19:30 ]

bukan suhu tp mau ikut nyerocos aja ane

pemahaman ane, kita samain persepsi dulu.
apakah sebelumnya om benz pernah ngerasain mobil ini ngga spt skrg yg rpm nya drop n geter2? atau emang dr pertama om punya mobil ini udah kaya skrg?

kl dulunya ga kaya skrg berarti emang ada yg salah dan bisa diperbaiki kaya dulu. cuman, emang jatohnya semi trial and error (demikian jg keluar wang nya buat beli ini itu termasuk ongkosnya)

step 1: hrs ada baseline ttg keadaan yg skrg. caranya agak urdu nih tp sering dipake. ambil botol air mineral boleh yg 600ml atau yg 1500ml, isi pakai air sampai yg ga ada lekukannya jd bisa dilihat permukaan airnya dgn baik (jd ga perlu pake kaca pembesar watchmaker, takut lupa dicopot kl ke wc kata mbah reqtor). jd sebelum mobil dicoba perbaikan apapun taruh itu botol diatas mesin sambil idle posisi N dan D. video in pake hp spy goncangan permukaan airnya direkam utk jadi baseline.

step 2: krn udah ada baseline, baru trial n error dimulai. namanya juga fine tuning. customernya jg super demanding. ga mau ada sedikitpun geter di mesin 2az-fe nya kl lagi idle. 🤣🤭
maka kita mulai dr yg paling mudah, colokin scanner dan dilihat rpm drop nya segimana jauh antara N idle dan D idle. keluarin juga mode graphic nya kl perlu jd bisa keliatan up n down nya. sbg perbandingan di jazz gk ane ngga berubah, tetep di 700 rpm. demikian jg ketika lampu/ac dinyalain tetap di 750 rpm dlm kedua kondisi tersebut. kl di step 2 ini rpm drop nya jauh bedanya, berarti ada masalah di idle up (atau idle control mesin). dr sini baru repair dilakukan mulai dr sensor2 (perisa/bersihkan), throttle body, intake termasuk tumble flaps kayanya 2az ada cmiiw, intake port, vacuum lines barangkali ada crack/leak, busi cek, O2 sensor cek/periksa kekencangan. jatuhnya semua emang satu per satu disambangin krn udah kategori fine tuning.

step 3: kl di step 2 pass tdk ada rpm drop yg signifikan tapi getaran tetap berasa berarti kemungkinannya ke enjin monting. kenapa geter meskipun rpm ga drop, krn kan udah engage ke trans udah ga free spinning krn ada daya yg tersalurkan utk muterin torque converter beserta atf di dalamnya.

trial n error = keluar wang pasti tp hasil belum tentu. he he he 😂

oya kl seandainya jadi ganti busi, tempat duduk busi yg di dalem lubang busi itu wajib dibersihin. jangan sampai ada kerak carbon bikin seal ga bagus. n busi baru kl udah dipasang dan ditorsi pake TW jangan dibuka lagi. nanti sealingnya ga serapet awal, mirip prinsip ring washer drain plug. lbh parah krn ini nahan pressured gas. kl yg awal si ring washernya udah membentuk perfect sealing dgn permukaan gasket seat di lubang busi.

oya nambah lagi, cek juga trouble code ada ngga utk fuel evap purge control valve leak. valve ini yg dr fuek tank utk ngeluarin fuel fumes ke intake, kl stuck open bisa bikin idle goyang juga.
Mbah, itu mobil posisi idle trs AC nyala khan beda rpm nya.
Yg dicari rpm drop atau rpm naik mbah shifu?
Kl di lipindut khan idle 750 rpm tp kl AC nyala itu idlenya naek ke 900-1000 rpm.
Tp ngga geter parah...nah kl itu normal khan mbah?

Btw, Lipindut bawaan HR15DE khan Denso FXE20HE11 tanya ke Denso OS dikasinya VFXE20 tp alasannya apa ngga dijawab.
Si FXE20HE11 sdh ngga diproduksi lagi infonya.
Sementara si NGK LZKARP6 itu cocoknya u Mesin MR18DE 1.800 cc nya Lipindut.
Cuma krn kemahalan kl pake Denso FXE20HE11 jadilah dipake ke HR15DE.
Kira2 efeknya apa ya kl busi engine 1.800 cc dipake di 1.500 cc?
Dah tu si NGK LZKARP6 ini banyak palsunya lagi :big_slap:
Si champion motor aja berani bilang dia jualnya yg KW1 selisih harganya 40 rebu ama yg ori di Beres.
nubie in all things - still need to learn
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8096
Joined: 08 Apr 2008, 17:12

Re: Serba Serbi Busi

Post by Omnibus »

blloewy wrote: 13 Jun 2021, 18:48
Mbah, itu mobil posisi idle trs AC nyala khan beda rpm nya.
Yg dicari rpm drop atau rpm naik mbah shifu?
Kl di lipindut khan idle 750 rpm tp kl AC nyala itu idlenya naek ke 900-1000 rpm.
Tp ngga geter parah...nah kl itu normal khan mbah?

Btw, Lipindut bawaan HR15DE khan Denso FXE20HE11 tanya ke Denso OS dikasinya VFXE20 tp alasannya apa ngga dijawab.
Si FXE20HE11 sdh ngga diproduksi lagi infonya.
Sementara si NGK LZKARP6 itu cocoknya u Mesin MR18DE 1.800 cc nya Lipindut.
Cuma krn kemahalan kl pake Denso FXE20HE11 jadilah dipake ke HR15DE.
Kira2 efeknya apa ya kl busi engine 1.800 cc dipake di 1.500 cc?
Dah tu si NGK LZKARP6 ini banyak palsunya lagi :big_slap:
Si champion motor aja berani bilang dia jualnya yg KW1 selisih harganya 40 rebu ama yg ori di Beres.
udah dipasang kan busi 1.8 nya? udah jalan kan mobilnya? ya udah aman berarti piston ga nabrak ke busi. pake aja terus.

kl belom dipasang, ya tinggal diukur dimensinya busi 1.8 sama ngga sm yg lama. heat range kan sama no problem.

busi palsu? kan udah sering ane warning.

mobil di atas rpm drop apa? ga usah dibahas lagi lah yg punya aja udah ga pusingin. :big_biglaugh:
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8397
Joined: 16 Oct 2013, 13:27

Re: Serba Serbi Busi

Post by marmut »

blloewy wrote: 13 Jun 2021, 18:48
Btw, Lipindut bawaan HR15DE khan Denso FXE20HE11 tanya ke Denso OS dikasinya VFXE20 tp alasannya apa ngga dijawab.
Si FXE20HE11 sdh ngga diproduksi lagi infonya.
Sementara si NGK LZKARP6 itu cocoknya u Mesin MR18DE 1.800 cc nya Lipindut.
Cuma krn kemahalan kl pake Denso FXE20HE11 jadilah dipake ke HR15DE.
Kira2 efeknya apa ya kl busi engine 1.800 cc dipake di 1.500 cc?
Dah tu si NGK LZKARP6 ini banyak palsunya lagi :big_slap:
Si champion motor aja berani bilang dia jualnya yg KW1 selisih harganya 40 rebu ama yg ori di Beres.

kalau dari heat range denso 20 vs. ngk 6, ini tabelnya :


Heat_Range_Chart.jpg
Heat_Range_Chart.jpg (43.23 KiB) Viewed 361 times


perbedaan FXE dengan VFXE, kalau tidak salah yang FXE lebih besar elektroda tengahnya.
zzzprince
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 357
Joined: 05 Dec 2016, 01:38

Re: Serba Serbi Busi

Post by zzzprince »

Permisi suhu, mau tanya apakah ada yg pernah coba/bandingkan antara busi ILKAR6B11 dan df6h-11b? Rencana mau dipakai di 2NR dan 3NR

Sekilas dilihat harga lebih mahal df6h-11b tapi lebih baru ilkar6b11.

Satu Made in jepang satunya Thailand. Mohon petuahnya.. terima kasih
racho
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 381
Joined: 29 Dec 2012, 05:59
Location: CID +6221
Daily Vehicle: Kawa EX650E

Re: Serba Serbi Busi

Post by racho »

DOHC wrote: 30 May 2021, 12:12
Omnibus wrote: 29 May 2021, 20:39
ok, kl buat ane toyota itu lbh cocok pake busi denso. honda nissan lbh cocok ngk. tp itu cuma opini. even heat range nya sama tetep ada bedanya.

iridium biasa vs tt baru aja ane baca2 banyak bgt artikel, intinya ga ada beda secara performance cuma beda durability nya aja (service life). jd kl mau coba2 pake yg lbh murah dulu beli yg denso iridium biasa.
Hehehe...

Yg toyota bagusan denso, itu jg saya sering baca seh d forum2 luar (btw, batu makam yg enjin2 kerja sama ama renault, atau yg kerja sama ama chrysler, mitsu, itu jg katanya bagusan denso).. honda mitsu bagusan NGK

Makanya saya jg slalu ikutin pakem itu, inofa kasi denso, hrv ngk

Cuman yg binggung si 1KR-GTE maha resing.. entha musti kasi apa, daihatsu resing development entah ngasinya apa.. apa ngikutin hedon kaya mbah 69 aj yah, kasi busi masda, sbiji gopeceng :big_think:
ane nambahin.

ane pernah pake Denso IKH20 dan LFR6C-11, re-gap ke 0.9mm di Mitsu 4G69.
entah kenapa pake Denso kaga enak, tapi LFR6C malah enak... padahal busi nikel biasa.

pernah juga cobain IKH20TT di EJ205, blas ga enak dan FC drop dikit. gap dikecilin ke 0.8mm pun masi brebet pas boost masuk. baru agak normal di gap 0.7mm. padahal busi standarnya NGK ILFR6B bae2 aja di gap 0.9mm.

alesannya apa ya? padahal busi Denso keliatan keren2 teknologinya dan harganya cenderung lebih damai timbang NGK...
:big_bored:
The Government wants Power! They rob it from our engines.

EX650E '12 | NA4W '08 | CBA-YA5 '09
DOHC
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 24462
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Serba Serbi Busi

Post by DOHC »

racho wrote: 30 Jun 2021, 19:45
DOHC wrote: 30 May 2021, 12:12
Omnibus wrote: 29 May 2021, 20:39
ok, kl buat ane toyota itu lbh cocok pake busi denso. honda nissan lbh cocok ngk. tp itu cuma opini. even heat range nya sama tetep ada bedanya.

iridium biasa vs tt baru aja ane baca2 banyak bgt artikel, intinya ga ada beda secara performance cuma beda durability nya aja (service life). jd kl mau coba2 pake yg lbh murah dulu beli yg denso iridium biasa.
Hehehe...

Yg toyota bagusan denso, itu jg saya sering baca seh d forum2 luar (btw, batu makam yg enjin2 kerja sama ama renault, atau yg kerja sama ama chrysler, mitsu, itu jg katanya bagusan denso).. honda mitsu bagusan NGK

Makanya saya jg slalu ikutin pakem itu, inofa kasi denso, hrv ngk

Cuman yg binggung si 1KR-GTE maha resing.. entha musti kasi apa, daihatsu resing development entah ngasinya apa.. apa ngikutin hedon kaya mbah 69 aj yah, kasi busi masda, sbiji gopeceng :big_think:
ane nambahin.

ane pernah pake Denso IKH20 dan LFR6C-11, re-gap ke 0.9mm di Mitsu 4G69.
entah kenapa pake Denso kaga enak, tapi LFR6C malah enak... padahal busi nikel biasa.

pernah juga cobain IKH20TT di EJ205, blas ga enak dan FC drop dikit. gap dikecilin ke 0.8mm pun masi brebet pas boost masuk. baru agak normal di gap 0.7mm. padahal busi standarnya NGK ILFR6B bae2 aja di gap 0.9mm.

alesannya apa ya? padahal busi Denso keliatan keren2 teknologinya dan harganya cenderung lebih damai timbang NGK...
:big_bored:
nahh ini hal yg baru saya denger malah

mungkin bsa jg busi merk tertentu itu cocok nya itu merk mobil tertentu jg

mitsu apalagi enjin 4G series mmg setau saya pake NGK utk busi fabriekan nya, persis sperti honda di generasi B ama D series enjin
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
racho
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 381
Joined: 29 Dec 2012, 05:59
Location: CID +6221
Daily Vehicle: Kawa EX650E

Re: Serba Serbi Busi

Post by racho »

DOHC wrote: 30 Jun 2021, 22:33 nahh ini hal yg baru saya denger malah

mungkin bsa jg busi merk tertentu itu cocok nya itu merk mobil tertentu jg

mitsu apalagi enjin 4G series mmg setau saya pake NGK utk busi fabriekan nya, persis sperti honda di generasi B ama D series enjin
betul. alhasil saya balik lagi ke busi standar LZFR6AI yg harganya gak murah tapi terbukti tahan lama* 10th/100rb km.

*mesin sekedar idup/jalan normal, tapi kalo dyno ya keliatan ada drop/misfire rpm tinggi.
The Government wants Power! They rob it from our engines.

EX650E '12 | NA4W '08 | CBA-YA5 '09
DOHC
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 24462
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Serba Serbi Busi

Post by DOHC »

racho wrote: 30 Jun 2021, 22:37
DOHC wrote: 30 Jun 2021, 22:33 nahh ini hal yg baru saya denger malah

mungkin bsa jg busi merk tertentu itu cocok nya itu merk mobil tertentu jg

mitsu apalagi enjin 4G series mmg setau saya pake NGK utk busi fabriekan nya, persis sperti honda di generasi B ama D series enjin
betul. alhasil saya balik lagi ke busi standar LZFR6AI yg harganya gak murah tapi terbukti tahan lama* 10th/100rb km.

*mesin sekedar idup/jalan normal, tapi kalo dyno ya keliatan ada drop/misfire rpm tinggi.
ohhh ya ampun

saya baru baca lg


kl busi iridium Vs busi nikel... kl saya ga sala inget, perna dbahas d tret ini jg, mmg busi nikel pasti lebi enak om, krn hantaran listriknya lebi gede... cuman nikel kalah di umur aj, jd enak sesaat tp abis itu cepet aus ktimbang iridium

ini saya jg lg mo coba iseng beli denso KH20TT (nikel biasa) buat dipasang di inofa saya yg bawaannya FK20HR-A8 (iridium)... kl ternyata gapapa, kayanya saya mo coba pake yg nikel terus, toh murah ini , bonus tarikan enak...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
benzz89
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1021
Joined: 09 Feb 2008, 21:32

Re: Serba Serbi Busi

Post by benzz89 »

DOHC wrote:
racho wrote: 30 Jun 2021, 22:37
DOHC wrote: 30 Jun 2021, 22:33 nahh ini hal yg baru saya denger malah

mungkin bsa jg busi merk tertentu itu cocok nya itu merk mobil tertentu jg

mitsu apalagi enjin 4G series mmg setau saya pake NGK utk busi fabriekan nya, persis sperti honda di generasi B ama D series enjin
betul. alhasil saya balik lagi ke busi standar LZFR6AI yg harganya gak murah tapi terbukti tahan lama* 10th/100rb km.

*mesin sekedar idup/jalan normal, tapi kalo dyno ya keliatan ada drop/misfire rpm tinggi.
ohhh ya ampun

saya baru baca lg


kl busi iridium Vs busi nikel... kl saya ga sala inget, perna dbahas d tret ini jg, mmg busi nikel pasti lebi enak om, krn hantaran listriknya lebi gede... cuman nikel kalah di umur aj, jd enak sesaat tp abis itu cepet aus ktimbang iridium

ini saya jg lg mo coba iseng beli denso KH20TT (nikel biasa) buat dipasang di inofa saya yg bawaannya FK20HR-A8 (iridium)... kl ternyata gapapa, kayanya saya mo coba pake yg nikel terus, toh murah ini , bonus tarikan enak...
Ane baru ganti IFR6A11 ke IK20TT di 2AZ-FE hasilnya enak kok om klep, idle skrg anteng & rata euy, RPM dr N ke D sdh hampir tdk terasa, dulu kadang agak drop kadang anteng. Di tol jg terasa lebih smooth mesinnya.

Padahal IFR6A11 baru jalan 28 ribuan km doang, cuman emang sdh umur sih. Kemarin jg ganti filter udara, bebersih TB & bebersih saringan bengsin yg di tangki... hasilnya joss maknyus, tenaga lebih ngisi, akselerasi lebih enteng, bengsin lebih irit (lagi).

Sebelum pasang di cek ulang gap twin tip nya si IK20TT ama Om Marmut, padahal tipis itu twin tip nya banding IFR6A11, ngeri patah aja hahahah Image

Sempet nanya ke beres (pas sekalian beli filter udara disana) harga busi buat 2AZ-FE ane dgn kode part 9091901240 = 515 rebu sebiji x 4 sdh 2 jeti lebih aja Image gak nanya lg deh mereknya apa, nama partnya cuman tertulis "Plug, Spark". Kata org partnya harga lumayan mahal krn bs dipakai sampai 100 rebu KM.

IK20TT harga cuman 150 ribu aja sebiji, sama2 bisa sampe 100 rebu KM, IK20TT malah ngakunya bisa sampe 120 rebu... ntah kapan odo mobil ane bisa sampe ke sana Image so far sih puaslah ama busi ini, tiap 30 rebu KM ganti jg gak apa2lah banding beli beres punya.
20210611_151717.jpg
20210611_151717.jpg (88 KiB) Viewed 234 times
20210615_140052.jpg
20210615_140052.jpg (114.5 KiB) Viewed 234 times
20210615_134435.jpg
20210615_134435.jpg (112.78 KiB) Viewed 234 times
trebla88
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 174
Joined: 06 Jun 2016, 17:35

Re: Serba Serbi Busi

Post by trebla88 »

Share busi new yaris 2018
Sc16hr11 di mesin 2nr fe
Rawatan beres auto2000 km 41rb
Bensin vpower kalau ga pertamax turbo
Oli campur2 0w20 amsoil unilopal ptt q8 tergantung promo
Kmarin ganti ban skalian buka busi di bengkel non beres
Kaget lihat nya kok berlendir oli gitu
Slama ini kalau di auto2000 ga bisa masuk area servis cuma bisa dr balik kaca ruang tunggu
Attachments
Screenshot_2021-07-01-08-19-51-98.jpg
Screenshot_2021-07-01-08-19-51-98.jpg (41.75 KiB) Viewed 228 times
Screenshot_2021-07-01-08-20-17-34.jpg
Screenshot_2021-07-01-08-20-17-34.jpg (57.61 KiB) Viewed 228 times
Screenshot_2021-07-01-08-19-37-29.jpg
Screenshot_2021-07-01-08-19-37-29.jpg (200.09 KiB) Viewed 228 times
ariswp
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 89
Joined: 19 Dec 2016, 15:39

Re: Serba Serbi Busi

Post by ariswp »

ikut nimbrung om, pengalaman di R20A 2008
busi bawaan NGK IZFR6K-11S (spesifikasinya iridium laser)
waktu servis rutin di 120k saya ganti, sebenernya secara fisik dan pengendaraan masi bagus, yah bener seperti yg diatas, penyakit R20A + 5AT dodolnya : dari P/N ke D mesti lansung drop rpmnya pas di rentang suhu tanggung pasca idle up pagi hari (antara dingin dan panas)
Iseng mengingat odo udah 120k, belom pernah ganti busi, mau ambil busi yg serupa tapi kok lumayan harganya satu set 4pcs hampir sejuta, yah pindah ke merk sebelah yaitu DENSO IK20L sesuai yang saya lihat di tabel cross reference
IK20L masuk di tipe iridium (denso nyebutnya iridium racing) dengan diameter tip 0.4mm (klaim terkecil sedunia kata denso)

Setelah dipake sebulan dua bulan ternyata malah lebih parah ini drop rpmnya ketika pindah dr P/N ke D, apalagi ketika ac nyala, diatas ada yg bilang getarannya kayak panther, saya yg punya unit R20A sendiri sangat setuju hehe,

Baca2 sih mesin honda emang demennya merk NGK ketimbang Denso,
Skrg odo di 145k, nanti di 150k mau balik lagi ke NGK IZFR6K-11S

Oia konon emang gak apple to apple sih, padanan iridium lasernya NGK IZFR6K-11S itu Denso SKJ20DR (harga juga jauh lebih mahal dr IK20L) tapi barangnya sulit didapat di pasaran
Sama2 iridium laser yg punya umur jauh lebih panjang ketimbang iridium biasa
Penggunaan busi iridium sbg oem pabrikan juga demi mengurangi ribetnya gonta ganti busi sih, apalagi yg posisi ribet kayak mesin boxer, bukan ke arah performance peningkatan power dan torsi


Nb : ada yg udah pernah dengar dan coba busi NGK IRIWAY series?
blloewy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1311
Joined: 18 Nov 2019, 08:54
Location: Jakarta
Daily Vehicle: HR15 - 2012

Re: Serba Serbi Busi

Post by blloewy »

trebla88 wrote: 01 Jul 2021, 08:25 Share busi new yaris 2018
Sc16hr11 di mesin 2nr fe
Rawatan beres auto2000 km 41rb
Bensin vpower kalau ga pertamax turbo
Oli campur2 0w20 amsoil unilopal ptt q8 tergantung promo
Kmarin ganti ban skalian buka busi di bengkel non beres
Kaget lihat nya kok berlendir oli gitu
Slama ini kalau di auto2000 ga bisa masuk area servis cuma bisa dr balik kaca ruang tunggu
ini pemakean berapa lama om?
Ini berasa boros ngga om mobilnya?
nubie in all things - still need to learn
DOHC
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 24462
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Serba Serbi Busi

Post by DOHC »

benzz89 wrote: 01 Jul 2021, 07:49
DOHC wrote:
racho wrote: 30 Jun 2021, 22:37

betul. alhasil saya balik lagi ke busi standar LZFR6AI yg harganya gak murah tapi terbukti tahan lama* 10th/100rb km.

*mesin sekedar idup/jalan normal, tapi kalo dyno ya keliatan ada drop/misfire rpm tinggi.
ohhh ya ampun

saya baru baca lg


kl busi iridium Vs busi nikel... kl saya ga sala inget, perna dbahas d tret ini jg, mmg busi nikel pasti lebi enak om, krn hantaran listriknya lebi gede... cuman nikel kalah di umur aj, jd enak sesaat tp abis itu cepet aus ktimbang iridium

ini saya jg lg mo coba iseng beli denso KH20TT (nikel biasa) buat dipasang di inofa saya yg bawaannya FK20HR-A8 (iridium)... kl ternyata gapapa, kayanya saya mo coba pake yg nikel terus, toh murah ini , bonus tarikan enak...
Ane baru ganti IFR6A11 ke IK20TT di 2AZ-FE hasilnya enak kok om klep, idle skrg anteng & rata euy, RPM dr N ke D sdh hampir tdk terasa, dulu kadang agak drop kadang anteng. Di tol jg terasa lebih smooth mesinnya.

Padahal IFR6A11 baru jalan 28 ribuan km doang, cuman emang sdh umur sih. Kemarin jg ganti filter udara, bebersih TB & bebersih saringan bengsin yg di tangki... hasilnya joss maknyus, tenaga lebih ngisi, akselerasi lebih enteng, bengsin lebih irit (lagi).

Sebelum pasang di cek ulang gap twin tip nya si IK20TT ama Om Marmut, padahal tipis itu twin tip nya banding IFR6A11, ngeri patah aja hahahah Image

Sempet nanya ke beres (pas sekalian beli filter udara disana) harga busi buat 2AZ-FE ane dgn kode part 9091901240 = 515 rebu sebiji x 4 sdh 2 jeti lebih aja Image gak nanya lg deh mereknya apa, nama partnya cuman tertulis "Plug, Spark". Kata org partnya harga lumayan mahal krn bs dipakai sampai 100 rebu KM.

IK20TT harga cuman 150 ribu aja sebiji, sama2 bisa sampe 100 rebu KM, IK20TT malah ngakunya bisa sampe 120 rebu... ntah kapan odo mobil ane bisa sampe ke sana Image so far sih puaslah ama busi ini, tiap 30 rebu KM ganti jg gak apa2lah banding beli beres punya.20210615_134435.jpg20210615_140052.jpg20210611_151717.jpg
Saya skrg pake ikh20 jg enak seh mbah

My only concern cuman rpm yg jd kelewat rendah sjak ganti neh busi, ampe kadang bsa geter2 sendiri walaupun sikitttttt banget

Ik20tt kl ga salah itu emg kelas mahal nya denso kan mbah, iridium twin tip
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
benzz89
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1021
Joined: 09 Feb 2008, 21:32

Re: Serba Serbi Busi

Post by benzz89 »

DOHC wrote:
benzz89 wrote: 01 Jul 2021, 07:49
DOHC wrote: ohhh ya ampun

saya baru baca lg


kl busi iridium Vs busi nikel... kl saya ga sala inget, perna dbahas d tret ini jg, mmg busi nikel pasti lebi enak om, krn hantaran listriknya lebi gede... cuman nikel kalah di umur aj, jd enak sesaat tp abis itu cepet aus ktimbang iridium

ini saya jg lg mo coba iseng beli denso KH20TT (nikel biasa) buat dipasang di inofa saya yg bawaannya FK20HR-A8 (iridium)... kl ternyata gapapa, kayanya saya mo coba pake yg nikel terus, toh murah ini , bonus tarikan enak...
Ane baru ganti IFR6A11 ke IK20TT di 2AZ-FE hasilnya enak kok om klep, idle skrg anteng & rata euy, RPM dr N ke D sdh hampir tdk terasa, dulu kadang agak drop kadang anteng. Di tol jg terasa lebih smooth mesinnya.

Padahal IFR6A11 baru jalan 28 ribuan km doang, cuman emang sdh umur sih. Kemarin jg ganti filter udara, bebersih TB & bebersih saringan bengsin yg di tangki... hasilnya joss maknyus, tenaga lebih ngisi, akselerasi lebih enteng, bengsin lebih irit (lagi).

Sebelum pasang di cek ulang gap twin tip nya si IK20TT ama Om Marmut, padahal tipis itu twin tip nya banding IFR6A11, ngeri patah aja hahahah Image

Sempet nanya ke beres (pas sekalian beli filter udara disana) harga busi buat 2AZ-FE ane dgn kode part 9091901240 = 515 rebu sebiji x 4 sdh 2 jeti lebih aja Image gak nanya lg deh mereknya apa, nama partnya cuman tertulis "Plug, Spark". Kata org partnya harga lumayan mahal krn bs dipakai sampai 100 rebu KM.

IK20TT harga cuman 150 ribu aja sebiji, sama2 bisa sampe 100 rebu KM, IK20TT malah ngakunya bisa sampe 120 rebu... ntah kapan odo mobil ane bisa sampe ke sana Image so far sih puaslah ama busi ini, tiap 30 rebu KM ganti jg gak apa2lah banding beli beres punya.20210615_134435.jpg20210615_140052.jpg20210611_151717.jpg
Saya skrg pake ikh20 jg enak seh mbah

My only concern cuman rpm yg jd kelewat rendah sjak ganti neh busi, ampe kadang bsa geter2 sendiri walaupun sikitttttt banget

Ik20tt kl ga salah itu emg kelas mahal nya denso kan mbah, iridium twin tip
Ntah gimana ini busi bawaan fabriek 2AZ-FE ane kok isinya si NGK bukan Denso, meski si NGK IFR6A11 jg di rekomen sih di buku manualnya. Pas servis rutin 40 rebu di beres Auto 2K BSD jg gak diapa2in itu businya, padahal sdh bilang ini RPM gak smooth, minta di tune up dll sekalian...

Alhasil pas terima mobil, RPM mobil ane jd tinggi di 1.000... ampun deh, kayanya gak di idle learning, mana sdh sore lg, sdh deh malas komplain lg, pake 2 mingguan baru normal itu idle, tp yah tetap penyakitnya gak solve.

Terus ke tempat mbah marmut di bersihin itu businya & ane liat kayanya sdh hrs diganti ini. Pas dibersihin sih sdh enakan itu idle cuman blom anteng banget, jd makin yakin hrs ganti baru. Beli di official store nanya busi bawaan SK20R11 malah ditawarkan IK20TT, lebih mahal 30 rebu per piece sih harganya banding si SK.

Baca2 review IK20TT di mesin 2AZ-FE di luar negeri sih responnya positif, pd bilang yg awalnya idle gak smooth di 2AZ-FE bs solve problemnya, ya sutralah ane coba & hasilnya oke.

Ntu inofa ribonnya rpm jd rendah sejak ganti busi, bengsinnya dikasih apa mbah? Apa kurang cocok ama bengsinnya? Atau gap businya blom pas? Heat nya sdh di range yg sama ama bawaannya? Atau malah hrs diturunin atau dinaikin dr spec businya? Kl sdh ketemu formula yg cocok sih, sdh deh malas gonta ganti busi lg, capek trial & errornya Image

Yg ane & mbah marmut perhatiin sih itu si IK20TT tinggi keseluruhannya lebih pendek dikittt banding si IFR6A11.
Screenshot_20210701-110130_WhatsApp.jpg
Screenshot_20210701-110130_WhatsApp.jpg (41.43 KiB) Viewed 191 times
DOHC
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 24462
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Serba Serbi Busi

Post by DOHC »

benzz89 wrote: 01 Jul 2021, 11:40
DOHC wrote:
benzz89 wrote: 01 Jul 2021, 07:49 Ane baru ganti IFR6A11 ke IK20TT di 2AZ-FE hasilnya enak kok om klep, idle skrg anteng & rata euy, RPM dr N ke D sdh hampir tdk terasa, dulu kadang agak drop kadang anteng. Di tol jg terasa lebih smooth mesinnya.

Padahal IFR6A11 baru jalan 28 ribuan km doang, cuman emang sdh umur sih. Kemarin jg ganti filter udara, bebersih TB & bebersih saringan bengsin yg di tangki... hasilnya joss maknyus, tenaga lebih ngisi, akselerasi lebih enteng, bengsin lebih irit (lagi).

Sebelum pasang di cek ulang gap twin tip nya si IK20TT ama Om Marmut, padahal tipis itu twin tip nya banding IFR6A11, ngeri patah aja hahahah Image

Sempet nanya ke beres (pas sekalian beli filter udara disana) harga busi buat 2AZ-FE ane dgn kode part 9091901240 = 515 rebu sebiji x 4 sdh 2 jeti lebih aja Image gak nanya lg deh mereknya apa, nama partnya cuman tertulis "Plug, Spark". Kata org partnya harga lumayan mahal krn bs dipakai sampai 100 rebu KM.

IK20TT harga cuman 150 ribu aja sebiji, sama2 bisa sampe 100 rebu KM, IK20TT malah ngakunya bisa sampe 120 rebu... ntah kapan odo mobil ane bisa sampe ke sana Image so far sih puaslah ama busi ini, tiap 30 rebu KM ganti jg gak apa2lah banding beli beres punya.20210615_134435.jpg20210615_140052.jpg20210611_151717.jpg
Saya skrg pake ikh20 jg enak seh mbah

My only concern cuman rpm yg jd kelewat rendah sjak ganti neh busi, ampe kadang bsa geter2 sendiri walaupun sikitttttt banget

Ik20tt kl ga salah itu emg kelas mahal nya denso kan mbah, iridium twin tip
Ntah gimana ini busi bawaan fabriek 2AZ-FE ane kok isinya si NGK bukan Denso, meski si NGK IFR6A11 jg di rekomen sih di buku manualnya. Pas servis rutin 40 rebu di beres Auto 2K BSD jg gak diapa2in itu businya, padahal sdh bilang ini RPM gak smooth, minta di tune up dll sekalian...

Alhasil pas terima mobil, RPM mobil ane jd tinggi di 1.000... ampun deh, kayanya gak di idle learning, mana sdh sore lg, sdh deh malas komplain lg, pake 2 mingguan baru normal itu idle, tp yah tetap penyakitnya gak solve.

Terus ke tempat mbah marmut di bersihin itu businya & ane liat kayanya sdh hrs diganti ini. Pas dibersihin sih sdh enakan itu idle cuman blom anteng banget, jd makin yakin hrs ganti baru. Beli di official store nanya busi bawaan SK20R11 malah ditawarkan IK20TT, lebih mahal 30 rebu per piece sih harganya banding si SK.

Baca2 review IK20TT di mesin 2AZ-FE di luar negeri sih responnya positif, pd bilang yg awalnya idle gak smooth di 2AZ-FE bs solve problemnya, ya sutralah ane coba & hasilnya oke.

Ntu inofa ribonnya rpm jd rendah sejak ganti busi, bengsinnya dikasih apa mbah? Apa kurang cocok ama bengsinnya? Atau gap businya blom pas? Heat nya sdh di range yg sama ama bawaannya? Atau malah hrs diturunin atau dinaikin dr spec businya? Kl sdh ketemu formula yg cocok sih, sdh deh malas gonta ganti busi lg, capek trial & errornya Image

Yg ane & mbah marmut perhatiin sih itu si IK20TT tinggi keseluruhannya lebih pendek dikittt banding si IFR6A11.Screenshot_20210701-110130_WhatsApp.jpg
Kl dibilang ga cocok seh ga tau jg mbah

Soalnya sejak pake ini ikh20 seh tarikan lebi kontan... jd yah soal rpm agak rendah saya cuekin dl

Kl bensin sehh always pertalite, toh mobil kuli ini, ga bole d manjain

Nahh ini si ikh20 ama fk20hra8 bawaan ribon itu saya ud ukur dimensi nya sama plek persis, heat range jg sama plek... yg ngebedain cuman si ikh20 itu iridium single tip, kl yg fk20hr itu iridium dobel tip
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
benzz89
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1021
Joined: 09 Feb 2008, 21:32

Re: Serba Serbi Busi

Post by benzz89 »

ariswp wrote:ikut nimbrung om, pengalaman di R20A 2008
busi bawaan NGK IZFR6K-11S (spesifikasinya iridium laser)
waktu servis rutin di 120k saya ganti, sebenernya secara fisik dan pengendaraan masi bagus, yah bener seperti yg diatas, penyakit R20A + 5AT dodolnya : dari P/N ke D mesti lansung drop rpmnya pas di rentang suhu tanggung pasca idle up pagi hari (antara dingin dan panas)
Iseng mengingat odo udah 120k, belom pernah ganti busi, mau ambil busi yg serupa tapi kok lumayan harganya satu set 4pcs hampir sejuta, yah pindah ke merk sebelah yaitu DENSO IK20L sesuai yang saya lihat di tabel cross reference
IK20L masuk di tipe iridium (denso nyebutnya iridium racing) dengan diameter tip 0.4mm (klaim terkecil sedunia kata denso)

Setelah dipake sebulan dua bulan ternyata malah lebih parah ini drop rpmnya ketika pindah dr P/N ke D, apalagi ketika ac nyala, diatas ada yg bilang getarannya kayak panther, saya yg punya unit R20A sendiri sangat setuju hehe,

Baca2 sih mesin honda emang demennya merk NGK ketimbang Denso,
Skrg odo di 145k, nanti di 150k mau balik lagi ke NGK IZFR6K-11S

Oia konon emang gak apple to apple sih, padanan iridium lasernya NGK IZFR6K-11S itu Denso SKJ20DR (harga juga jauh lebih mahal dr IK20L) tapi barangnya sulit didapat di pasaran
Sama2 iridium laser yg punya umur jauh lebih panjang ketimbang iridium biasa
Penggunaan busi iridium sbg oem pabrikan juga demi mengurangi ribetnya gonta ganti busi sih, apalagi yg posisi ribet kayak mesin boxer, bukan ke arah performance peningkatan power dan torsi


Nb : ada yg udah pernah dengar dan coba busi NGK IRIWAY series?
Pernah bawa crv 2.0 taon 2008 (ini mesinya R20A jg kan yah) emang ini mesinnya vibrasi kl lg stop & go, apalagi dari N ke D ya itu getarannya mirip2 ama lg bawa panther hahahah...

Ane pikir ini engine mounting nya sdh hancur kali, tp kok waktu itu umurnya msh muda, blom ada 5 taon, wiss gak enak lah bawanya geter2 begitu, apa iya businya sdh payah atau TB & MAF nya kotor? Ntahlah yg pst ini engine punya bawaan orok vibrasi, gak enak dibawanya.

Mesin racing lipindut 1.5 HR15DE ini justru enak menurut ane, dr beli baru sampai di jual 7 taon 70 rebu KM gak ada geter2 sama sekali meski dia rajanya nglitik, busi gak pernah ganti, stop & go dr N ke D dan sebaliknya smooth gak ada geter2nya, bahkan 2.4 2AZ-FE aja msh kalah smoothnya, bawanya jd relax kaya bawa mobil2 mahal gitu hahahah Image
ariswp
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 89
Joined: 19 Dec 2016, 15:39

Re: Serba Serbi Busi

Post by ariswp »

Engine mounting di saya aman om, memang sepertinya penyakitnya R20A generasi awal, idle upnya gak jelas, hahaha, di grup crv juga banyak yg ngeluh hal ini dan biasanya engine mounting yg jadi kambing hitam (yah meskipun juga tergolong lemah sih engine mounting RE ini)
rpm klo ac nyala bisa turun ke 650-700 (rendah sekali), tapi dulu masi mending di busi NGK, paling dropnya geter2 dikit gak sampe kayak panther, kalo TB belom ngecek juga sih, umur segini mungkin udah saatnya sekalian bersihkan MAF sensor dan (terutama) EGR valvenya, sempat ada user crv di grup yg komen klo penyakit rpm drop geter ini auto hilang setelah bersihkan TB (wajib idle learning colok scan) sama bersihkan EGR valvenya yg dibuka udah kayak jelaga solid numpuk
User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2170
Joined: 05 Aug 2017, 19:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Serba Serbi Busi

Post by josomba »

ariswp wrote: 01 Jul 2021, 14:41 Engine mounting di saya aman om, memang sepertinya penyakitnya R20A generasi awal, idle upnya gak jelas, hahaha, di grup crv juga banyak yg ngeluh hal ini dan biasanya engine mounting yg jadi kambing hitam (yah meskipun juga tergolong lemah sih engine mounting RE ini)
rpm klo ac nyala bisa turun ke 650-700 (rendah sekali), tapi dulu masi mending di busi NGK, paling dropnya geter2 dikit gak sampe kayak panther, kalo TB belom ngecek juga sih, umur segini mungkin udah saatnya sekalian bersihkan MAF sensor dan (terutama) EGR valvenya, sempat ada user crv di grup yg komen klo penyakit rpm drop geter ini auto hilang setelah bersihkan TB (wajib idle learning colok scan) sama bersihkan EGR valvenya yg dibuka udah kayak jelaga solid numpuk
oww crv re ini memang "penyakit umum" ya rpm drop sampe 600an kalau idle gitu?

Punya mertua, odo masih 30k umur mobil 9 tahun seh juga kek gitu. Dah ane bersihin TB-nya masih aja goyang dombret. Intip2 mounting sebisanya sih belum retak tp karetnya keknya kalau dipegang kek dah keras.
Image
Post Reply