Page 1 of 61

Serba Serbi Busi

Posted: Wed Jul 30, 2003 11:01
by WiraSoenaryo
Jenis Logam - Daya Hantar Listrik (MS/m) - Daya Hantar Panas(W m.k)
- Iron - 007 - 058
- Iridium - 009 - 047
- Nickle - 010 - 059
- Platinum - 010 - 070
- Gold - 045 - 310
- Copper - 057 - 384
- Silver - 066 - 407

Sumber : Metal Conductivity Handbook

Posted: Thu Jul 31, 2003 2:14
by Yongis_CD
ya sih makin tinggi daya hantarnya makin bagus pembakaranya dan makin enak tarikan mobilnya ,kebetulan pernah ngerasain platinum dan copper ( double copper ) memang beda dibanding busi biasa ( iron )

Posted: Thu Jul 31, 2003 11:08
by ivanov
Bung Yongis,busi standar tuh kaya NGK bahan dasarnya kelihatannya tembaga.
Terus Devso Iridium kok mahal ya pdhal dy hantar listrik dan panas lebih rendah dr jenis logam yg lain.

Posted: Thu Jul 31, 2003 12:00
by Yongis_CD
ya bener sampe2 agak ada yg jual di kampung melayu....katanya sih cuma ada di kebon jeruk3 kota.........takut gak laku kali........

terus mengenai bahanya daku gak ngerti nih kenapa malah mahal.......

Posted: Fri Aug 01, 2003 12:00
by ivanov
Dulu di Autocar pernah ada test busi buat mobil.Di test di dyno test.
Yg menang businya malah merk Halo trus yg kedua Varso Silver 360.YG lainnya lupa.Tp NGK (iridium/platinum??) malah kemper kalo gak salah no3 dr belakang.

Posted: Fri Aug 01, 2003 13:13
by Yongis_CD
berarti bener donk iridium malah jelek?

Posted: Fri Aug 01, 2003 15:20
by whitewolf
Sekarang ini rata-rata busi makek penghantar yang mana to? Banyak juga ya jenisnya.

Posted: Sat Aug 02, 2003 2:29
by Yongis_CD
hmm saya sih belum pernah merasakan pake busi iridium ,tapi sekitar 1993 saya pernah pake champion double copper rasanya tarikan mobil jadi tambah enak dan umur pakai busi cukup panjang ( maksudnya dipake sampe 2 tahun lebih kok gak ada penurunan performa)sayangnya sekarang gak ada lagi dipasaran entah kenapa.........

Posted: Sun Aug 03, 2003 14:40
by ivanov
Mungkin busi tsb juga dipengaruhi mesin yg digunakan.Masa ada mobil F1 pake busi HALO....

Posted: Sun Aug 03, 2003 17:23
by fadly
bukannya busi iridium tipenya dingin, jadi ngga baik kalu buat mesin standar, iridium baiknya buat balap..

Posted: Mon Aug 04, 2003 1:37
by Equalizer
hmmm itu dong info buat
seri busi dingin sampe panas kalo ada yang tau
dari merk yg beredar yah kalo bisa

Posted: Mon Aug 04, 2003 3:19
by Yongis_CD
fadly wrote:bukannya busi iridium tipenya dingin, jadi ngga baik kalu buat mesin standar, iridium baiknya buat balap..
ya ternyata setelah saya baca2 di majalah otomotif edisi Racing Gadget,memang yg bagus buat balapan adalah iridium,karena "dingin" dan berdaya tahan luar biasa,kalo soal loncatan bunga api saya kira gak masalah kalo buat mesin balap kan udah pake ignition Coil berdaya 60.000-120.000 volts ( standart 20.000-30.000 volt )dan kekuatan mesin balap tidak ditentukan oleh busi+pengapian thok, makanya mobil standar kalo pake busi semacam double copper itu terasa tarikanya lebih enak karena percikanya sedikit lebih besar dari standartnya

Posted: Mon Aug 04, 2003 12:04
by WiraSoenaryo
Jadi mobil biasa meski pakek busi biasa, tapi kalo coil'nya diganti, dah beda ya.. Maksudnya tarikannya sudah bertambah?
Apalagi kalo diganti coil and busi.. wah pasti tok cer ya mobilnya... :)

Posted: Mon Aug 04, 2003 12:49
by Yongis_CD
kaloganti koil racing sebaiknya dengan kabel busi dan businya sekalian karena kalau hanya ganti koil kabel dan businya tidak akan tahan,kalo ganti koil dan kabelnya saja busi lebih cepat jebol ( mati ) pengalaman saya biasanya kalo mesin brebet salah satu kabelnya ada yg busuk ( rusak ) setelah saya ganti satu set kabel tetep aja brebet ,setelah cek sana sini gak ketemu juga semua busi diganti baru langsung tokcer ,ternyata gara2 saya ganti koil racing dan kabel tapi busi nya tetep standard.....

Posted: Mon Aug 04, 2003 17:56
by awunk
Apa cuma busi dan kabel busi aja yang perlu diperhatiin kalo ganti koil racing???
Ada komponen2 lain gak yang perlu diganti juga? Buat nyeimbangin.

:P :P :P

Posted: Tue Aug 05, 2003 1:22
by Equalizer
Kalo mo nyeimbangin yaa banyak mas
saluran buang anda, saringan udara, karburator, kem kompetisi, komponen CDI-nya dan terakhir upgrade mesin anda :wink: 8)

Posted: Tue Aug 05, 2003 3:27
by Yongis_CD
awunk wrote:Apa cuma busi dan kabel busi aja yang perlu diperhatiin kalo ganti koil racing???
Ada komponen2 lain gak yang perlu diganti juga? Buat nyeimbangin.

:P :P :P
mobilnya apa dulu nih......kalo udah EFI selain yg udah disebutkan mas sony diatas sih sebaiknya tune ECU nya juga,....

Posted: Tue Aug 05, 2003 5:27
by y_anjasrana
Ini khusus mobil aja atau motor juga termasuk ya?

Posted: Tue Aug 05, 2003 7:37
by awunk
Yongis_CD wrote:
awunk wrote:Apa cuma busi dan kabel busi aja yang perlu diperhatiin kalo ganti koil racing???
Ada komponen2 lain gak yang perlu diganti juga? Buat nyeimbangin.

:P :P :P
mobilnya apa dulu nih......kalo udah EFI selain yg udah disebutkan mas sony diatas sih sebaiknya tune ECU nya juga,....
Kalo mobil masih sistem karbu, cukup itu saja yah??

Posted: Wed Aug 06, 2003 3:28
by Yongis_CD
kalo karbu berarti dah cukup

Posted: Wed Aug 06, 2003 11:33
by fadly
awunk wrote:
Yongis_CD wrote:
awunk wrote:Apa cuma busi dan kabel busi aja yang perlu diperhatiin kalo ganti koil racing???
Ada komponen2 lain gak yang perlu diganti juga? Buat nyeimbangin.

:P :P :P
mobilnya apa dulu nih......kalo udah EFI selain yg udah disebutkan mas sony diatas sih sebaiknya tune ECU nya juga,....
Kalo mobil masih sistem karbu, cukup itu saja yah??
sistem karbu yang diperhatikan juga spuyer, CDI... kalu bisa aki nya juga...
otomatis kalu ganti busi, koil racing pengapian jadi besar pasokan bensin juga digedein

Posted: Wed Aug 06, 2003 15:20
by ivanov
Kalo karburatornya four barrel sih kurang ekstrem :lol: :lol:

Posted: Thu Aug 07, 2003 12:00
by whitewolf
Yongis_CD wrote:kalo karbu berarti dah cukup
Sorry kalo pertanyaan konyol... Karbu itu apa? Karburator? :?

Posted: Fri Aug 08, 2003 3:15
by Yongis_CD
ya karbu = karburator

[ask] Gap busi mobil?

Posted: Tue Apr 24, 2007 15:45
by yab
guys semua, mau nanya donk gap busi mobil rata rata berapa ya??
kebetulan pake Honda Jazz, kemaren abis beli busi + beli feeler gauge. :wink:

Thanks yaks