Page 53 of 61

Re: Serba Serbi Busi

Posted: Thu Jul 01, 2021 9:22
by gwsecretc
josomba wrote: Thu Jul 01, 2021 8:08
ariswp wrote: Thu Jul 01, 2021 7:41 Engine mounting di saya aman om, memang sepertinya penyakitnya R20A generasi awal, idle upnya gak jelas, hahaha, di grup crv juga banyak yg ngeluh hal ini dan biasanya engine mounting yg jadi kambing hitam (yah meskipun juga tergolong lemah sih engine mounting RE ini)
rpm klo ac nyala bisa turun ke 650-700 (rendah sekali), tapi dulu masi mending di busi NGK, paling dropnya geter2 dikit gak sampe kayak panther, kalo TB belom ngecek juga sih, umur segini mungkin udah saatnya sekalian bersihkan MAF sensor dan (terutama) EGR valvenya, sempat ada user crv di grup yg komen klo penyakit rpm drop geter ini auto hilang setelah bersihkan TB (wajib idle learning colok scan) sama bersihkan EGR valvenya yg dibuka udah kayak jelaga solid numpuk
oww crv re ini memang "penyakit umum" ya rpm drop sampe 600an kalau idle gitu?

Punya mertua, odo masih 30k umur mobil 9 tahun seh juga kek gitu. Dah ane bersihin TB-nya masih aja goyang dombret. Intip2 mounting sebisanya sih belum retak tp karetnya keknya kalau dipegang kek dah keras.
Crv re r20 emang getar nya parah om, tapi hanya saat ac on saja. Kalo ac off mah anteng” aja. Crv k20 sama 1.5 turbo masih jauh lebih halus buat saya untuk masalah getaran mesin..

Re: Serba Serbi Busi

Posted: Fri Jul 02, 2021 7:34
by triport13
Om2 suhu2, kalo utk 3SZ-VE busi yang paling ok apa ya?

Terus kalo ciri ciri busi udh jelek atau gapnya udh ga sesuai dgn rekomendasi pabrikan apa ya?

Terima kasih [emoji1317]

Re: Serba Serbi Busi

Posted: Fri Jul 02, 2021 8:44
by trebla88
blloewy wrote: Thu Jul 01, 2021 3:07
trebla88 wrote: Thu Jul 01, 2021 1:25 Share busi new yaris 2018
Sc16hr11 di mesin 2nr fe
Rawatan beres auto2000 km 41rb
Bensin vpower kalau ga pertamax turbo
Oli campur2 0w20 amsoil unilopal ptt q8 tergantung promo
Kmarin ganti ban skalian buka busi di bengkel non beres
Kaget lihat nya kok berlendir oli gitu
Slama ini kalau di auto2000 ga bisa masuk area servis cuma bisa dr balik kaca ruang tunggu
ini pemakean berapa lama om?
Ini berasa boros ngga om mobilnya?
Pemakaian 3 tahun dr baru
Servis dkk masi tanggungan auto2000
Paling bayar part filter oli filter ac filter udara
Oli bawa sendiri

1:15-17 terakhir bolak balik tol dipakai oleh adik(liat dr odometer)

Cuma shock bocor belakang.harusnya masih bisa klaim garansi sblm agustus 2021 ini, tp klaimnya ribet musti ada melernya oli lebih dr 10cm

Re: Serba Serbi Busi

Posted: Fri Jul 02, 2021 8:49
by marmut
trebla88 wrote: Fri Jul 02, 2021 8:44

Cuma shock bocor belakang.harusnya masih bisa klaim garansi sblm agustus 2021 ini, tp klaimnya ribet musti ada melernya oli lebih dr 10cm

ambil dongkrak di bagasi, dongkrak sisi yang shock-nya bocor.
tetesin oli mesin bekas yang udah dicampur atf bekas di pangkal shock. kira-kira saja jangan terlalu banyak, jangan terlalu sedikit.

selamat mencoba.

Re: Serba Serbi Busi

Posted: Fri Jul 02, 2021 9:02
by Omnibus
trebla88 wrote: Thu Jul 01, 2021 1:25 Share busi new yaris 2018
Sc16hr11 di mesin 2nr fe
Rawatan beres auto2000 km 41rb
Bensin vpower kalau ga pertamax turbo
Oli campur2 0w20 amsoil unilopal ptt q8 tergantung promo
Kmarin ganti ban skalian buka busi di bengkel non beres
Kaget lihat nya kok berlendir oli gitu
Slama ini kalau di auto2000 ga bisa masuk area servis cuma bisa dr balik kaca ruang tunggu
udah tau kenapa bisa lendir oli begitu drat nya om?

Re: Serba Serbi Busi

Posted: Fri Jul 02, 2021 9:19
by Omnibus
ariswp wrote: Thu Jul 01, 2021 7:41 Engine mounting di saya aman om, memang sepertinya penyakitnya R20A generasi awal, idle upnya gak jelas, hahaha, di grup crv juga banyak yg ngeluh hal ini dan biasanya engine mounting yg jadi kambing hitam (yah meskipun juga tergolong lemah sih engine mounting RE ini)
rpm klo ac nyala bisa turun ke 650-700 (rendah sekali), tapi dulu masi mending di busi NGK, paling dropnya geter2 dikit gak sampe kayak panther, kalo TB belom ngecek juga sih, umur segini mungkin udah saatnya sekalian bersihkan MAF sensor dan (terutama) EGR valvenya, sempat ada user crv di grup yg komen klo penyakit rpm drop geter ini auto hilang setelah bersihkan TB (wajib idle learning colok scan) sama bersihkan EGR valvenya yg dibuka udah kayak jelaga solid numpuk
nah ini bener juga kemungkinan EGR nya hrs dibersihin krn kl odo udah tinggi bisa aja dia ga ketutup sempurna krn ada jelaga itu, sementara pada saat idle egr valve seharusnya fully closed, tp krn keganjel jelaga bisa jd agak kebuka.

kl punya scan tool (yg agak bisa ini itu) bisa ditest tuh. dia auto ngetes dlm bbrp posisi masih masuk spek ngga. nanti keluar hasilnya disuruh bersihin atau egr msh ok. sy sering ngetest begitu di GK5 sy. TB juga ada test serupa nya.

prinsip yg sy anut kl mobil dari barunya bisa halus idle nya berarti ga ada penyakit salah desain. kl setelah dipakai bbrp saat jd kaya gitu berarti seharusnya bisa direstore spt semula. cuma hrs dicari aja bagian mana yg hrs di servis.

Re: Serba Serbi Busi

Posted: Fri Jul 02, 2021 9:59
by trebla88
marmut wrote: Fri Jul 02, 2021 8:49
trebla88 wrote: Fri Jul 02, 2021 8:44

Cuma shock bocor belakang.harusnya masih bisa klaim garansi sblm agustus 2021 ini, tp klaimnya ribet musti ada melernya oli lebih dr 10cm

ambil dongkrak di bagasi, dongkrak sisi yang shock-nya bocor.
tetesin oli mesin bekas yang udah dicampur atf bekas di pangkal shock. kira-kira saja jangan terlalu banyak, jangan terlalu sedikit.

selamat mencoba.
Ah ya bener jg idenya
Ditambahin meler ya biar jadi 10cm lbih
Tp keburu da ganti kayaba excel G di Shopndrive
Bawaan asal yg rusak made in Indonesia,yg beli baru buatan jepang
Moga awet deh kali ini :big_deal:
Blibet difoto dulu,diukur brp cm melernya,ajuin dulu ke principal,blm tentu diacc bilangnya-->jd beli sndiri di luar



Omnibus wrote: Fri Jul 02, 2021 9:02
trebla88 wrote: Thu Jul 01, 2021 1:25 Share busi new yaris 2018
Sc16hr11 di mesin 2nr fe
Rawatan beres auto2000 km 41rb
Bensin vpower kalau ga pertamax turbo
Oli campur2 0w20 amsoil unilopal ptt q8 tergantung promo
Kmarin ganti ban skalian buka busi di bengkel non beres
Kaget lihat nya kok berlendir oli gitu
Slama ini kalau di auto2000 ga bisa masuk area servis cuma bisa dr balik kaca ruang tunggu
udah tau kenapa bisa lendir oli begitu drat nya om?
Blm tahu, ni mau ganti busi dilihat dulu kalau masi ada lendir oli mungkin gasket atasnya kali ya uda getas. Tapi kan barun3 tahun km41rb :big_think:
Oli jg bkn acdc sharusnya beli dari Bli2 langsung
Selama ini jg cek ga ada nguap oli. Lendir bgitu dr mn jg masih bingung

Re: Serba Serbi Busi

Posted: Fri Jul 02, 2021 10:08
by Omnibus
trebla88 wrote: Fri Jul 02, 2021 9:59
marmut wrote: Fri Jul 02, 2021 8:49
trebla88 wrote: Fri Jul 02, 2021 8:44

Cuma shock bocor belakang.harusnya masih bisa klaim garansi sblm agustus 2021 ini, tp klaimnya ribet musti ada melernya oli lebih dr 10cm

ambil dongkrak di bagasi, dongkrak sisi yang shock-nya bocor.
tetesin oli mesin bekas yang udah dicampur atf bekas di pangkal shock. kira-kira saja jangan terlalu banyak, jangan terlalu sedikit.

selamat mencoba.
Ah ya bener jg idenya
Ditambahin meler ya biar jadi 10cm lbih
Tp keburu da ganti kayaba excel G di Shopndrive
Bawaan asal yg rusak made in Indonesia,yg beli baru buatan jepang
Moga awet deh kali ini :big_deal:
Blibet difoto dulu,diukur brp cm melernya,ajuin dulu ke principal,blm tentu diacc bilangnya-->jd beli sndiri di luar



Omnibus wrote: Fri Jul 02, 2021 9:02
trebla88 wrote: Thu Jul 01, 2021 1:25 Share busi new yaris 2018
Sc16hr11 di mesin 2nr fe
Rawatan beres auto2000 km 41rb
Bensin vpower kalau ga pertamax turbo
Oli campur2 0w20 amsoil unilopal ptt q8 tergantung promo
Kmarin ganti ban skalian buka busi di bengkel non beres
Kaget lihat nya kok berlendir oli gitu
Slama ini kalau di auto2000 ga bisa masuk area servis cuma bisa dr balik kaca ruang tunggu
udah tau kenapa bisa lendir oli begitu drat nya om?
Blm tahu, ni mau ganti busi dilihat dulu kalau masi ada lendir oli mungkin gasket atasnya kali ya uda getas. Tapi kan barun3 tahun km41rb :big_think:
Oli jg bkn acdc sharusnya beli dari Bli2 langsung
Selama ini jg cek ga ada nguap oli. Lendir bgitu dr mn jg masih bingung
perkiraan sy ga ada yg bocor. kl seal lubang busi yg bocor ga akan 4 4 nya basah. itupun bagian keramik atas pasti sdh penuh oli juga. lah ini kan bagus kering gitu.
kl valve seal yg bocor atau ring piston juga ga akan 4 4 nya dan itu elektrodanya juga pasti basah oli. nah itu elektroda nya bagus kering gitu.

dugaan sy, itu mekanik yg ngecek busi (atau buka busi) sengaja ngeleletin oli mesin tujuannya biar ga susah dibuka kedepannya. ide gila bener. :big_dunno: sebab dgn begitu kalaupun dikencengin pakai torque wrench itu busi bakalan overtorqued dan ngerusak drat di cylinder head.

busi sdh coba diganti dgn yg baru kan om? tp apakah drat lubang busi yg di cylinder head nya sudah dibersihkan dr sisa2 oli lama itu? sebab kl engga jd percuma, gmn cara taunya nanti kl ternyata msh dr sisa oli lama yg msh nempel di lubang busi dan nempel lagi ke busi baru.

*btw sayang ga claim shock ke beres pdhl udah rajin servis disitu

Re: Serba Serbi Busi

Posted: Fri Jul 02, 2021 10:16
by trebla88
Wah ya bener jg
Jangan2 dilapisin oli biar ga susah dibukanya
Soalnya ujungnya masih kering begitu
Susahnya auto2000 d saya ga bisa masuk ke tmpt servis cuma bisa di ruang tunggu saja,jd ga bisa kontrol
Blm saya ganti, baru saya order businya
Ntar dicoba bersihin pakai kain untuk lubang dratnya

Kupon servisnya uda abis, saya pakai ada kecepatan di bln2 sebelumnya.

sy mau coba klaim berdasar umur blm 3 tahun/50rb km
Kata auto2000 masuk servis dulu bayar 800rb trus dicek,difoto baru diajukan klaim :big_weee:
Dan abis bayar servis belum tentu diacc,jadi mending bayar sndiri beli di luar :big_slap:

Re: Serba Serbi Busi

Posted: Fri Jul 02, 2021 12:18
by josomba
triport13 wrote: Fri Jul 02, 2021 7:34 Om2 suhu2, kalo utk 3SZ-VE busi yang paling ok apa ya?

Terus kalo ciri ciri busi udh jelek atau gapnya udh ga sesuai dgn rekomendasi pabrikan apa ya?

Terima kasih [emoji1317]
Untuk rekomendasi saya serahkan ke mbah2 di marih.

Saya sebagai nubie jawab yg kedua aja. Kalau model2 dirasa2 susah nih soalnya degradasinya busi gradual sekali. Kalau dah extreme salah satu busi rusak, mesin seperti brebet/pincang. Kalau busi copper juga paling 20-30k KM baikan ganti, iridium seh rerata bisa up to 100k KM baru ganti.

Paling bener dicopot n dilihat visualnya dulu, kalau terlihat baik2 sahaja cek gap-nya pake feeler gauge.

Demikian pendapat nubie

:ungg:

Re: Serba Serbi Busi

Posted: Fri Jul 02, 2021 12:39
by marmut
trebla88 wrote: Fri Jul 02, 2021 10:16

Susahnya auto2000 d saya ga bisa masuk ke tmpt servis cuma bisa di ruang tunggu saja,jd ga bisa kontrol


bisa.

saya pernah beberapa kali di auto 2000, tunas toyota, tunas daihatsu, dan nissan tb simatupang (awal livina baru keluar).

hanya saja kita musti tau diri, jaga jarak jangan seperti bocah pacaran empet-empetan. berdiri saja ambil jarak 5 meteran kan cukup.

kalau tidak boleh, tarik mobil, jangan mau bayar.

Re: Serba Serbi Busi

Posted: Fri Jul 02, 2021 13:21
by trebla88
marmut wrote: Fri Jul 02, 2021 12:39
trebla88 wrote: Fri Jul 02, 2021 10:16

Susahnya auto2000 d saya ga bisa masuk ke tmpt servis cuma bisa di ruang tunggu saja,jd ga bisa kontrol


bisa.

saya pernah beberapa kali di auto 2000, tunas toyota, tunas daihatsu, dan nissan tb simatupang (awal livina baru keluar).

hanya saja kita musti tau diri, jaga jarak jangan seperti bocah pacaran empet-empetan. berdiri saja ambil jarak 5 meteran kan cukup.

kalau tidak boleh, tarik mobil, jangan mau bayar.
Oo gitu
Sy biasa di auto 2000 pluit ruang kerja di lt 2 sama ruang tunggunya, bingung akses masuk ke tempat kerjanya cuma bisa liatin dr kaca,sepengalaman sy d sana jg steril ga pernah liat customer masuk ke ruang kerjanya cuma di ruang tunggu aja :big_childish:

Ok deh jadiin pengalaman.thx u infonya om :big_deal:

Re: Serba Serbi Busi

Posted: Fri Jul 02, 2021 19:01
by blloewy
trebla88 wrote: Fri Jul 02, 2021 13:21
marmut wrote: Fri Jul 02, 2021 12:39
trebla88 wrote: Fri Jul 02, 2021 10:16

Susahnya auto2000 d saya ga bisa masuk ke tmpt servis cuma bisa di ruang tunggu saja,jd ga bisa kontrol


bisa.

saya pernah beberapa kali di auto 2000, tunas toyota, tunas daihatsu, dan nissan tb simatupang (awal livina baru keluar).

hanya saja kita musti tau diri, jaga jarak jangan seperti bocah pacaran empet-empetan. berdiri saja ambil jarak 5 meteran kan cukup.

kalau tidak boleh, tarik mobil, jangan mau bayar.
Oo gitu
Sy biasa di auto 2000 pluit ruang kerja di lt 2 sama ruang tunggunya, bingung akses masuk ke tempat kerjanya cuma bisa liatin dr kaca,sepengalaman sy d sana jg steril ga pernah liat customer masuk ke ruang kerjanya cuma di ruang tunggu aja :big_childish:

Ok deh jadiin pengalaman.thx u infonya om :big_deal:
Wah....saya waktu ganti kopling set di Nissan malah diajak ke dalam. Dianter ama SA ditunjukkan seal drive shaft sebelah kiri minta ganti...akhirnya saya minta ganti kanan dan kiri.
Pas turun kopling si lipindut, saya minta ganti seal crankshaft depan sekalian malah ditolak krn ongkos kerjanya beda dan parts masih bagus blm ada kebocoran di sealnya.
Padahal mah bisa sekalian diganti justru pas turun transmisi u ganti kopling set :big_slap:

Re: Serba Serbi Busi

Posted: Fri Jul 02, 2021 23:56
by racho
DOHC wrote: Wed Jun 30, 2021 15:42 ohhh ya ampun

saya baru baca lg


kl busi iridium Vs busi nikel... kl saya ga sala inget, perna dbahas d tret ini jg, mmg busi nikel pasti lebi enak om, krn hantaran listriknya lebi gede... cuman nikel kalah di umur aj, jd enak sesaat tp abis itu cepet aus ktimbang iridium

ini saya jg lg mo coba iseng beli denso KH20TT (nikel biasa) buat dipasang di inofa saya yg bawaannya FK20HR-A8 (iridium)... kl ternyata gapapa, kayanya saya mo coba pake yg nikel terus, toh murah ini , bonus tarikan enak...
enggak juga om. ane bandingin iridium (NGK LZFR6AI) vs iridium (Denso IKH20) kok.
cuma kebetulan sempet pake nikel NGK buat ujicoba murmer dan ternyata it works beautifully.
memang disini ada faktor yg beda, posisi spark IKH20 lebih deket ke atap cylinder head dibanding NGK. which may fail the comparison.

tapi menurut ane yg paling aneh itu di EJ20, ILFR6B (iridium needle-platinum pad) vs IKH20TT (double iridium needle)
posisi spark, heat range, gap udah sama. ILFR6B aman, tapi double iridium malah brebet2.

pernah baca di forum luar tentang spark yang 'ketiup' oleh boost.
di busi ILFR6B yang lama, positif dan ground korosinya ga parah, anehnya malah bagian ground electrode samping yg kemakan.
WhatsApp Image 2021-07-03 at 06.50.49.jpeg
gimana ceritanya itu ya?

apa jangan2 double needle iridium misfire gegara spark gak nemu jarak (hambatan) yg cukup deket (kecil) buat loncat?

Re: Serba Serbi Busi

Posted: Tue Aug 31, 2021 9:07
by silenzo
Mohon info. Sedang mencari busi pengganti untuk Camry 2.4V 2007 (XV40). Tolong diberikan masukan dan jika ada toko online yang recommend, tolong dibisikin juga.

Thanks.

Re: Serba Serbi Busi

Posted: Mon Sep 27, 2021 7:14
by free2d
Temen2,
bisa info Honda CRV 2012 2400cc RM4 pake busi Denso/Ngk yang mana?
thx...

Re: Serba Serbi Busi

Posted: Mon Sep 27, 2021 8:32
by ariswp
free2d wrote: Mon Sep 27, 2021 7:14 Temen2,
bisa info Honda CRV 2012 2400cc RM4 pake busi Denso/Ngk yang mana?
thx...
NGK ILZKR7B-11
Beli beres, atau di online banyak om, tapi hati2 klo online harga terlalu murah/agak jauh selisih harga sama di beres, dapet yg palsu takutnya
Satu set kisaran 1.1-1.2jutaan harusnya

Re: Serba Serbi Busi

Posted: Mon Sep 27, 2021 9:05
by free2d
Denso ada yang bilang banyak tipe sampe bingung.
IK20TT, IK20L, VXUHC22G dll. Pusing

Re: Serba Serbi Busi

Posted: Fri Nov 19, 2021 7:17
by rendr
mbah mbah mau tanya,

kalo NGK ILFR5B-11 ini bisa pake apa ya gantinya?

Re: Serba Serbi Busi

Posted: Mon Mar 21, 2022 14:49
by Krigger
para suhu minta masukan ni buat HRV E 2018 ane, kebetulan mau ganti busi standar ke OEM, kira2 yg enak buat harian dan aman buat pemakaian pake apa ya ? terima kasih buat yg sudah ngasi jawaban salam sukses

Re: Serba Serbi Busi

Posted: Tue Mar 22, 2022 2:37
by Omnibus
Krigger wrote: Mon Mar 21, 2022 14:49 para suhu minta masukan ni buat HRV E 2018 ane, kebetulan mau ganti busi standar ke OEM, kira2 yg enak buat harian dan aman buat pemakaian pake apa ya ? terima kasih buat yg sudah ngasi jawaban salam sukses
platinum (rp. 100rb/4bh)
ZFR-6FGP

iridium ix (rp. 380rb/4bh)
ZFR6FIX-11

laser iridum (rp. 800rb/4bh)
IZFR6K-11S
*yg ini wajib beli di bengkel resmi krn banyak palsunya di pasaran dgn harga murah.

you're most welcome. salam sukses juga

Re: Serba Serbi Busi

Posted: Mon Apr 11, 2022 3:52
by marmut
husus buat mbah
DOHC

IMG20220411103916.jpg
IMG20220411104743.jpg
IMG20220411104814.jpg


ini dicoba pakai blatt 1mm :


IMG20220411104050.jpg


yang ini paling parah, pakai blatt 1,8mm


IMG20220411104427.jpg
IMG20220411104503.jpg


menurut pemilik mobil, busi baru dipakai sekitar 10rb KM dan ditebus (entah dimana) dengan harga (kalau tidak salah dengar) 400an ribu rupiah.

Re: Serba Serbi Busi

Posted: Mon Apr 11, 2022 4:18
by Suryaputra
marmut wrote: Mon Apr 11, 2022 3:52 husus buat mbah
DOHC


IMG20220411103916.jpg
IMG20220411104743.jpg
IMG20220411104814.jpg



ini dicoba pakai blatt 1mm :



IMG20220411104050.jpg



yang ini paling parah, pakai blatt 1,8mm



IMG20220411104427.jpg
IMG20220411104503.jpg



menurut pemilik mobil, busi baru dipakai sekitar 10rb KM dan ditebus (entah dimana) dengan harga (kalau tidak salah dengar) 400an ribu rupiah.
seri buntut 11s.. itu better beli di beres,
emang harganya jauh bedanya, tapi jaminan asli.
klo bedanya 10-20% masih masuk akal lah ya.

Seri IZFR6K-11S di marketplace rata2 jual 300-400rb dapat 4 biji :mky_03:
apakah acdc? :ngacir:

Re: Serba Serbi Busi

Posted: Mon Apr 11, 2022 4:42
by josomba
marmut wrote: Mon Apr 11, 2022 3:52 husus buat mbah
DOHC


IMG20220411103916.jpg
IMG20220411104743.jpg
IMG20220411104814.jpg



ini dicoba pakai blatt 1mm :



IMG20220411104050.jpg



yang ini paling parah, pakai blatt 1,8mm



IMG20220411104427.jpg
IMG20220411104503.jpg



menurut pemilik mobil, busi baru dipakai sekitar 10rb KM dan ditebus (entah dimana) dengan harga (kalau tidak salah dengar) 400an ribu rupiah.
Edannnn

:big_chicken: :big_chicken:

Re: Serba Serbi Busi

Posted: Mon Apr 11, 2022 5:40
by blloewy
marmut wrote: Mon Apr 11, 2022 3:52 husus buat mbah
DOHC


IMG20220411103916.jpg
IMG20220411104743.jpg
IMG20220411104814.jpg



ini dicoba pakai blatt 1mm :



IMG20220411104050.jpg



yang ini paling parah, pakai blatt 1,8mm



IMG20220411104427.jpg
IMG20220411104503.jpg



menurut pemilik mobil, busi baru dipakai sekitar 10rb KM dan ditebus (entah dimana) dengan harga (kalau tidak salah dengar) 400an ribu rupiah.
Yg pake ini mobil mewah kayanya sekelas Odysey..
Odysey beli busi begini, jgn2 oli sama bbm nya ya alakadarnya juga.
Msh banyak ya yg tergiur busi murmer...untung ngga patah di dalam :big_cry: