Serba Serbi Ban Part 2

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by maastricht889 »

adham03 wrote: Fri Jul 24, 2020 12:06
erwinign wrote: Fri Jul 24, 2020 0:51
adham03 wrote: Thu Jul 23, 2020 15:39 abang2 terhormat, saya mau minta pendapat nya buat pilihan ban untuk crv gen 3 alias si bongkok, ban oem nya kan dunlop st30 ya, ini ban blm pernah di ganti dari baru dari 2012 akhir, kira2 umur ban nya itu udah 8 tahun on going, dan kilometer nya juga baru 30 ribu karena sempet jarang dipake pake banget.

nah karena ini ban udh keras pake banget takut kalo emang pengen dipake trus kenapa2 dijalan karena udh batas umur pemakaian walaupun blm botak ban nya.

dari hasil baca2 di forum ini, ketemu kandidat nya itu size nya 225/65/r17
*GT savero suv (785 ribu) tokopedia
*Hankook Dynapro H/T (720 ribu) tokopedia
*Bridgestone Dueler D-470 (1 juta) tokopedia
*ban bawaannya Dunlop St 30

dari option di atas, kira kira yg mana yaa? kalo emang dunlop bagus, apa di ganti ke ban bawaannya? ban bawaan sih saya rasa keras banget dan awet banget blm ada tanda retak2, di colok pake kuku aja ga kuat kuku saya.

bantingannya juga mantep badan goyang2 hehe apa karena SUV ya. pengen yg rada nyaman gitu kalo bisa nyerempet2 bawa sedan hahahaha. oiya dan ban serep blm pernah turun ke jalan apa gak masalah kalo tetep di keep, in case for emergency only??
Baiknya ganti 4 biji om krn umur karetnya. Saya di mbl yg sama pake dueler ht 687 om, cukup puas jg sama ban ini buat ukuran oem. Nggak seberisik grantrek sama 470 dan grip cukup oke. Dibanding 2 ban itu jg tampilannya lbh keker 687 dikit. Kl 470 itu hrs sering balancing krn gampang dengung, 687 ga usah. Tp buat durability plg menang 470 walaupun berisik sama keras banget.
evanbngdor wrote: Fri Jul 24, 2020 4:41
Dueler D470 sih emang awet banget. Ini di CRV saya baru botak setelah 100rb KM. Cuma emang kuat banget sih itu ban, ngga pernah sobek/gompal
:mky_01:

225/65R17 itu ukuran mainstream kok. Cuma kemaren saya ganti pake D470 lagi karena lg dapet harga special. Kalo ngga ada harga special sih mungkin saya bakal milih merek lain, Yokohama Geolandar SUV atau Michelin Primacy SUV
benzz89 wrote: Fri Jul 24, 2020 10:09
Baru dengar ane ada ban yang bisa di pake sampe 100 ribu KM. Ane mentok pake ban bawaan pabrik fortuner cuman sampe 60 ribu, belum habis banget sih kembangnya cuman keausan sudah tidak rata aja, paling dipaksa pake cuman sampe 70-80 ribu sudah maksimum harus ganti.

Kasusnya Om adham03 persis kaya XV40 ane, juga taon 2012 KM baru 25 ribu, ban serep masih belum turun [emoji16]

Taon lalu sudah datang ke toko ban mau ganti, pilih2 gak ada ukuran yang cocok standard pabrikannya Turanza ER33 kalau tidak salah.

Anak buah toko ban nya bilang, sudah pak masih bagus ban nya pakai aja dulu, nanti kalau sudah 10 taon baru ganti, bos juga ganti ban mobilnya 10 taon, sama kasusnya jarang jalan juga. Penting gak sering2 kena jemur aja ban mobilnya [emoji1]

Ya sudah akhirnya balek kanan deh, tunggu 2 taon lagi paling KM 30 ribuan baru ganti... kalau gak keburu di jual ini mobilnya [emoji1787]
oohhh gitu yaaa, pilihan sih banyak yaa tapi sebenernya kalo ambil ban yang diatas harga 1.5 untuk sebiji kayanya mundur sih, kaya sekelas yokohama atau michelin gitu hahaha kaya takut gak sesuai ekspektasi aja untuk nyari low noise dan nyaman apalagi ini suv bukan sedan. dan saya yakin sih yoko dan michelin pasti nyaman. seandainya bisa dicoba dulu yaa untuk di compare sm dueler H/T 687 atau dynapro :big_childish: palingan ikutin jejak om erwinign nih dueler H/T 687, hankook dynapro jujur penasaran juga sih :mky_01: kalo misalkan saya beli ban profil nya jadi 225/70 r17 itu pengaruh di mana nya aja ya?? supaya gap dr ban nya jadi lebih kecil kayanya bagus. :big_biglaugh:
Kalo pake 687 di saya 40rb lebih dikit baru ganti om, itupun masih berani semarang-surabaya full tol. Kl 470 sih memang itu tahan banget om, sodara saya 80rb br ganti wkt itu. Kl menurut saya, dr appearance sih (sidewall seems tipis-tebel) urutannya grantrek<470<687. Aneh sih, sizenya sama tapi kl pake 687 keliatan jauh lebih tebel. Dynapro sidewallnya kayanya lbh tebel lg dikit dibanding 687 dg size sama
Jan07
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 424
Joined: Thu Dec 22, 2016 18:18

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by Jan07 »

Om" disini ane mau minta pendapat diantara 2 ban ini
-Dunlop LM704
-Bridgestone Techno Sport
Mending mana ya om?Buat jazz ukuran 185-55-R16
Ada yang bilang lebih nyaman dunlop tapi lebih awet tecno sport,Oiya ane dapet Techno sport diharga 610rb itu kemahalan atau standard atau malah murah om?Sekian terimakasih
well
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 850
Joined: Thu Jul 02, 2020 3:03
Location: Sub
Daily Vehicle: Sepeda Ontel

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by well »

Jan07 wrote: Sun Aug 02, 2020 8:14 Om" disini ane mau minta pendapat diantara 2 ban ini
-Dunlop LM704
-Bridgestone Techno Sport
Mending mana ya om?Buat jazz ukuran 185-55-R16
Ada yang bilang lebih nyaman dunlop tapi lebih awet tecno sport,Oiya ane dapet Techno sport diharga 610rb itu kemahalan atau standard atau malah murah om?Sekian terimakasih
Dunlop LM 704 apa masih keluar y?
Penerusnya yg baru LM 705. Sy pribadi demen LM705
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by evanbngdor »

well wrote: Sun Aug 02, 2020 9:52
Jan07 wrote: Sun Aug 02, 2020 8:14 Om" disini ane mau minta pendapat diantara 2 ban ini
-Dunlop LM704
-Bridgestone Techno Sport
Mending mana ya om?Buat jazz ukuran 185-55-R16
Ada yang bilang lebih nyaman dunlop tapi lebih awet tecno sport,Oiya ane dapet Techno sport diharga 610rb itu kemahalan atau standard atau malah murah om?Sekian terimakasih
Dunlop LM 704 apa masih keluar y?
Penerusnya yg baru LM 705. Sy pribadi demen LM705
Rasanya untuk beberapa size itu ngga ada di LM705, adanya di LM704 dan masih diproduksi sampe skg
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
duryudana
Newbie
Newbie
Posts: 14
Joined: Sat Mar 05, 2016 12:52

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by duryudana »

Halo Om mau tanya
Punya mobil langka bannya juga langka original Ukurannya R14 165 70 yang mana bannya kecil cungkring tinggi mau upsize ke ukuran R14 185 60 bisa tidak ya? kira-kira lebar velgnya masih bisa menampung tambahan 20 cm? karena klo R14 175 65 yakin masih bisa muat sih lebarnya cuma kayak tanggung liat ignis masih cungkring.
terima kasih buat yang bantu jawab.
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11328
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by Omnibus »

duryudana wrote: Wed Aug 05, 2020 2:59 Halo Om mau tanya
Punya mobil langka bannya juga langka original Ukurannya R14 165 70 yang mana bannya kecil cungkring tinggi mau upsize ke ukuran R14 185 60 bisa tidak ya? kira-kira lebar velgnya masih bisa menampung tambahan 20 cm? karena klo R14 175 65 yakin masih bisa muat sih lebarnya cuma kayak tanggung liat ignis masih cungkring.
terima kasih buat yang bantu jawab.
om kok sy cek di gugel velg ignis R15 x 5 inch? yakin 14 inch itu?

kl lebar 5 inch msh bisa tuh menurut tabel sampai maximum tyre width 185.
duryudana
Newbie
Newbie
Posts: 14
Joined: Sat Mar 05, 2016 12:52

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by duryudana »

Omnibus wrote: Wed Aug 05, 2020 4:43
duryudana wrote: Wed Aug 05, 2020 2:59 Halo Om mau tanya
Punya mobil langka bannya juga langka original Ukurannya R14 165 70 yang mana bannya kecil cungkring tinggi mau upsize ke ukuran R14 185 60 bisa tidak ya? kira-kira lebar velgnya masih bisa menampung tambahan 20 cm? karena klo R14 175 65 yakin masih bisa muat sih lebarnya cuma kayak tanggung liat ignis masih cungkring.
terima kasih buat yang bantu jawab.
om kok sy cek di gugel velg ignis R15 x 5 inch? yakin 14 inch itu?

kl lebar 5 inch msh bisa tuh menurut tabel sampai maximum tyre width 185.
ignis mah ga langka om, oh ternyata baca spesifikasi di internet lebar velg OEMnya 5,5 Inch om lebih lebar dari bawaan ignis, makasih om informasinya :big_exellent: berarti cari 185 nih tebal nanti diatur antara 60/65 :big_deal:
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by maastricht889 »

duryudana wrote: Wed Aug 05, 2020 5:30
Omnibus wrote: Wed Aug 05, 2020 4:43
duryudana wrote: Wed Aug 05, 2020 2:59 Halo Om mau tanya
Punya mobil langka bannya juga langka original Ukurannya R14 165 70 yang mana bannya kecil cungkring tinggi mau upsize ke ukuran R14 185 60 bisa tidak ya? kira-kira lebar velgnya masih bisa menampung tambahan 20 cm? karena klo R14 175 65 yakin masih bisa muat sih lebarnya cuma kayak tanggung liat ignis masih cungkring.
terima kasih buat yang bantu jawab.
om kok sy cek di gugel velg ignis R15 x 5 inch? yakin 14 inch itu?

kl lebar 5 inch msh bisa tuh menurut tabel sampai maximum tyre width 185.
ignis mah ga langka om, oh ternyata baca spesifikasi di internet lebar velg OEMnya 5,5 Inch om lebih lebar dari bawaan ignis, makasih om informasinya :big_exellent: berarti cari 185 nih tebal nanti diatur antara 60/65 :big_deal:
Om kalo kaya pelek ertiga lebar 5.5 gitu dikasi ban 195/60/r15 msh oke ga ya? Ban asli 185/65/r15
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11328
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by Omnibus »

erwinign wrote: Wed Aug 05, 2020 5:34
duryudana wrote: Wed Aug 05, 2020 5:30
Omnibus wrote: Wed Aug 05, 2020 4:43

om kok sy cek di gugel velg ignis R15 x 5 inch? yakin 14 inch itu?

kl lebar 5 inch msh bisa tuh menurut tabel sampai maximum tyre width 185.
ignis mah ga langka om, oh ternyata baca spesifikasi di internet lebar velg OEMnya 5,5 Inch om lebih lebar dari bawaan ignis, makasih om informasinya :big_exellent: berarti cari 185 nih tebal nanti diatur antara 60/65 :big_deal:
Om kalo kaya pelek ertiga lebar 5.5 gitu dikasi ban 195/60/r15 msh oke ga ya? Ban asli 185/65/r15
masih bisa tapi belak beloknya ngga selincah sebelumnya krn geometri sidewall berubah.
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by maastricht889 »

Omnibus wrote: Wed Aug 05, 2020 5:56
erwinign wrote: Wed Aug 05, 2020 5:34
duryudana wrote: Wed Aug 05, 2020 5:30
ignis mah ga langka om, oh ternyata baca spesifikasi di internet lebar velg OEMnya 5,5 Inch om lebih lebar dari bawaan ignis, makasih om informasinya :big_exellent: berarti cari 185 nih tebal nanti diatur antara 60/65 :big_deal:
Om kalo kaya pelek ertiga lebar 5.5 gitu dikasi ban 195/60/r15 msh oke ga ya? Ban asli 185/65/r15
masih bisa tapi belak beloknya ngga selincah sebelumnya krn geometri sidewall berubah.
Justru kl pake size aslinya saya ngerasa kl belok itu mental mentul depannya om, jd muter setirnya harus smooth biar ga ada gituan
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11328
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by Omnibus »

erwinign wrote: Wed Aug 05, 2020 6:46
Omnibus wrote: Wed Aug 05, 2020 5:56
erwinign wrote: Wed Aug 05, 2020 5:34

Om kalo kaya pelek ertiga lebar 5.5 gitu dikasi ban 195/60/r15 msh oke ga ya? Ban asli 185/65/r15
masih bisa tapi belak beloknya ngga selincah sebelumnya krn geometri sidewall berubah.
Justru kl pake size aslinya saya ngerasa kl belok itu mental mentul depannya om, jd muter setirnya harus smooth biar ga ada gituan
5.5 inch msh bisa maksimal 195 tp jadinya donat bentuknya. kl ga mau donat banget hrs survey dulu mau pakai ban merk n tipe apa krn beda2 bentuknya. sy kurang tau tipe2 skrg yg bagus apa. lopdun LM705 yg lg hype ya.
supriyadi
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 697
Joined: Tue Apr 07, 2015 12:25
Location: Perawang, Riau
Daily Vehicle: Yamaha Jupiter Z

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by supriyadi »

erwinign wrote: Wed Aug 05, 2020 5:34
duryudana wrote: Wed Aug 05, 2020 5:30
Omnibus wrote: Wed Aug 05, 2020 4:43

om kok sy cek di gugel velg ignis R15 x 5 inch? yakin 14 inch itu?

kl lebar 5 inch msh bisa tuh menurut tabel sampai maximum tyre width 185.
ignis mah ga langka om, oh ternyata baca spesifikasi di internet lebar velg OEMnya 5,5 Inch om lebih lebar dari bawaan ignis, makasih om informasinya :big_exellent: berarti cari 185 nih tebal nanti diatur antara 60/65 :big_deal:
Om kalo kaya pelek ertiga lebar 5.5 gitu dikasi ban 195/60/r15 msh oke ga ya? Ban asli 185/65/r15
Gakpapa, lipindut saya oem 185/65r15 udah 4 taunan pake size 195/65r15. Velg bawaan lebar 5,5". Cuma dinding ban agak ngedonut sikit. Udah AKAP, Jawa-Sumatra 1x aman2 saja
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by maastricht889 »

Omnibus wrote: Wed Aug 05, 2020 7:33
erwinign wrote: Wed Aug 05, 2020 6:46
Omnibus wrote: Wed Aug 05, 2020 5:56

masih bisa tapi belak beloknya ngga selincah sebelumnya krn geometri sidewall berubah.
Justru kl pake size aslinya saya ngerasa kl belok itu mental mentul depannya om, jd muter setirnya harus smooth biar ga ada gituan
5.5 inch msh bisa maksimal 195 tp jadinya donat bentuknya. kl ga mau donat banget hrs survey dulu mau pakai ban merk n tipe apa krn beda2 bentuknya. sy kurang tau tipe2 skrg yg bagus apa. lopdun LM705 yg lg hype ya.
Nah ini om, saya nyiasatinnya ya aspect ratio dibikin 60. Jadi scr itungan kalkulator 60%*195 kurleb = 65%*185. Sering beberapa kali liat freed/levina/ertiga dipakein 195/65/r15 bener2 jelek banget tampilannya, ngedonat banget. Selain itu kl pake tapak lebaran dikit saya mau ngurangin gejala mentul2 pas roda dibelokin. Kl nebelin aspect ratio yg saya masih acceptable cuma di mazda 2 lama, jadi lebih pas proporsinya.

Soal pilihan ban, sempet naksir primacy 4 195/60/r15 tp dah ga masuk. T005A ga ngotak harganya+rada ilfeel sama bentuk inflated sidewallnya. Smntr arahnya ke lolop LM705 yang availabilitynya jelas ada di toko2 ban
feri307
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 56
Joined: Sat Sep 01, 2018 12:23
Location: Padang
Daily Vehicle: Honda Brio

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by feri307 »

suhu2 SM, izin tanya. beda ukuran ban belakang dgn depan itu ngefek ke orientasi setir gak ya?

ceritanya gini. mobil saya upsize velg dari 14" ban 175/65 ke 15" ban 195/55. terus pekan lalu, ban belakang kiri pecah dan terpaksa nurunin ban serep ukuran original. langsung melipir ke toko ban, dan ternyata gak ada ready ukuran 195/55 r15. akhirnya terpaksa beli yg ukurannya 205/55 dua buah diletak di belakang, dan ban belakang kanan dipindah ke kiri depan karena ban kiri depan pernah dapat tambalan. karena sewaktu kejadian istri yg bawa mobil, saya iya-in aja, khawatir ada apa2 lagi di jalan dgn ban yg "pincang" sebelah.

nah, selasa kemarin mobil saya pakai ke kantor, dan terasa setir harus miring ke kiri dikit agar mobil jalannya lurus. setelah saya tanya istri, ternyata pada saat penggantian hanya ban baru yg di-balancing, sementara ban lainnya (ban lama) gak dibalancing sama sekali. nah, kembali ke pertanyaan saya, apakah itu karena pengaruh ban beda ukuran? atau ada pengaruh gak di-balancing-nya ban lama yg pindah ke depan? memang sih terakhir kali spooring sewaktu ganti full 4 ban sekitar september 2018 yll, dan blm pernah spooring lagi karena feeling-nya masih oke.

makasih sebelumnya, suhu2..
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5703
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by sintoni »

feri307 wrote: Thu Aug 06, 2020 3:16 suhu2 SM, izin tanya. beda ukuran ban belakang dgn depan itu ngefek ke orientasi setir gak ya?

ceritanya gini. mobil saya upsize velg dari 14" ban 175/65 ke 15" ban 195/55. terus pekan lalu, ban belakang kiri pecah dan terpaksa nurunin ban serep ukuran original. langsung melipir ke toko ban, dan ternyata gak ada ready ukuran 195/55 r15. akhirnya terpaksa beli yg ukurannya 205/55 dua buah diletak di belakang, dan ban belakang kanan dipindah ke kiri depan karena ban kiri depan pernah dapat tambalan. karena sewaktu kejadian istri yg bawa mobil, saya iya-in aja, khawatir ada apa2 lagi di jalan dgn ban yg "pincang" sebelah.

nah, selasa kemarin mobil saya pakai ke kantor, dan terasa setir harus miring ke kiri dikit agar mobil jalannya lurus. setelah saya tanya istri, ternyata pada saat penggantian hanya ban baru yg di-balancing, sementara ban lainnya (ban lama) gak dibalancing sama sekali. nah, kembali ke pertanyaan saya, apakah itu karena pengaruh ban beda ukuran? atau ada pengaruh gak di-balancing-nya ban lama yg pindah ke depan? memang sih terakhir kali spooring sewaktu ganti full 4 ban sekitar september 2018 yll, dan blm pernah spooring lagi karena feeling-nya masih oke.

makasih sebelumnya, suhu2..
Maksudnya ngefek ke orientasi setir gimana?

Harusnya aman2 aja sih, secara banyak mobil yang skrg ban depan belakang beda ukuran, tapi emang rata2 mobil penggerak belakang biar dapat grip maksimal di belakang.

Kalau untuk mobil FWD rasanya ga terlalu pengaruh.
Or4cle
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1297
Joined: Wed Nov 02, 2016 1:59

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by Or4cle »

feri307 wrote: Thu Aug 06, 2020 3:16 suhu2 SM, izin tanya. beda ukuran ban belakang dgn depan itu ngefek ke orientasi setir gak ya?

ceritanya gini. mobil saya upsize velg dari 14" ban 175/65 ke 15" ban 195/55. terus pekan lalu, ban belakang kiri pecah dan terpaksa nurunin ban serep ukuran original. langsung melipir ke toko ban, dan ternyata gak ada ready ukuran 195/55 r15. akhirnya terpaksa beli yg ukurannya 205/55 dua buah diletak di belakang, dan ban belakang kanan dipindah ke kiri depan karena ban kiri depan pernah dapat tambalan. karena sewaktu kejadian istri yg bawa mobil, saya iya-in aja, khawatir ada apa2 lagi di jalan dgn ban yg "pincang" sebelah.

nah, selasa kemarin mobil saya pakai ke kantor, dan terasa setir harus miring ke kiri dikit agar mobil jalannya lurus. setelah saya tanya istri, ternyata pada saat penggantian hanya ban baru yg di-balancing, sementara ban lainnya (ban lama) gak dibalancing sama sekali. nah, kembali ke pertanyaan saya, apakah itu karena pengaruh ban beda ukuran? atau ada pengaruh gak di-balancing-nya ban lama yg pindah ke depan? memang sih terakhir kali spooring sewaktu ganti full 4 ban sekitar september 2018 yll, dan blm pernah spooring lagi karena feeling-nya masih oke.

makasih sebelumnya, suhu2..
Ganti ban sepasang mesti balancing dan di spooring ulang dulu karena settingan dah berubah semua.
Saya punya pengalaman ganti ban baru sepasang di depan, abis ganti langsung spooring. Seminggu kemudian iseng2 rotasi ban baru sepasang tsb ke belakang, ban lama dipindah ke depan biar lebih cepat abis dan bisa ganti ban baru sepasang.

Efeknya posisi setir berubah agak miring, tidak center dan mobil tarik kanan terus.
Akhirnya spooring ulang dan normal lagi.
feri307
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 56
Joined: Sat Sep 01, 2018 12:23
Location: Padang
Daily Vehicle: Honda Brio

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by feri307 »

sintoni wrote: Thu Aug 06, 2020 3:33 Maksudnya ngefek ke orientasi setir gimana?

Harusnya aman2 aja sih, secara banyak mobil yang skrg ban depan belakang beda ukuran, tapi emang rata2 mobil penggerak belakang biar dapat grip maksimal di belakang.

Kalau untuk mobil FWD rasanya ga terlalu pengaruh.
maksudnya, posisi setir dibandingkan arah mobil gak sinkron om. maaf kalo bahasanya belepotan heheheh..

gak ada gejala narik ke satu sisi, cuman kalo mau jalan lurus, setir harus agak diputar ke kiri dikit biar dapat lurusnya. kalo setirnya di-pas-kan di tengah, mobilnya malah ngarah ke kanan.
Or4cle wrote: Thu Aug 06, 2020 4:52 Ganti ban sepasang mesti balancing dan di spooring ulang dulu karena settingan dah berubah semua.
Saya punya pengalaman ganti ban baru sepasang di depan, abis ganti langsung spooring. Seminggu kemudian iseng2 rotasi ban baru sepasang tsb ke belakang, ban lama dipindah ke depan biar lebih cepat abis dan bisa ganti ban baru sepasang.

Efeknya posisi setir berubah agak miring, tidak center dan mobil tarik kanan terus.
Akhirnya spooring ulang dan normal lagi.
oke om, makasih masukannya. sekalian minta rekomendasi bengkel spooring yg oke, terutama di seputaran jaksel dong om..?? terakhir spooring saya bawa ke GBT, tp dgn kondisi pandemi skrg kok rasanya kejauhan aja kalo mesti ke sana lagi :D
Or4cle
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1297
Joined: Wed Nov 02, 2016 1:59

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by Or4cle »

feri307 wrote: Thu Aug 06, 2020 6:16
sintoni wrote: Thu Aug 06, 2020 3:33 Maksudnya ngefek ke orientasi setir gimana?

Harusnya aman2 aja sih, secara banyak mobil yang skrg ban depan belakang beda ukuran, tapi emang rata2 mobil penggerak belakang biar dapat grip maksimal di belakang.

Kalau untuk mobil FWD rasanya ga terlalu pengaruh.
maksudnya, posisi setir dibandingkan arah mobil gak sinkron om. maaf kalo bahasanya belepotan heheheh..

gak ada gejala narik ke satu sisi, cuman kalo mau jalan lurus, setir harus agak diputar ke kiri dikit biar dapat lurusnya. kalo setirnya di-pas-kan di tengah, mobilnya malah ngarah ke kanan.
Or4cle wrote: Thu Aug 06, 2020 4:52 Ganti ban sepasang mesti balancing dan di spooring ulang dulu karena settingan dah berubah semua.
Saya punya pengalaman ganti ban baru sepasang di depan, abis ganti langsung spooring. Seminggu kemudian iseng2 rotasi ban baru sepasang tsb ke belakang, ban lama dipindah ke depan biar lebih cepat abis dan bisa ganti ban baru sepasang.

Efeknya posisi setir berubah agak miring, tidak center dan mobil tarik kanan terus.
Akhirnya spooring ulang dan normal lagi.
oke om, makasih masukannya. sekalian minta rekomendasi bengkel spooring yg oke, terutama di seputaran jaksel dong om..?? terakhir spooring saya bawa ke GBT, tp dgn kondisi pandemi skrg kok rasanya kejauhan aja kalo mesti ke sana lagi :D
Belum pernah spooring di daerah Selatan.
Mungkin Nawilis, atau di sekitar Radio Dalam banyak tuh bengkel spooring. Saya biasa spooring di Start Tyre dan Kuda Mas.
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11328
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by Omnibus »

feri307 wrote: Thu Aug 06, 2020 6:16
oke om, makasih masukannya. sekalian minta rekomendasi bengkel spooring yg oke, terutama di seputaran jaksel dong om..?? terakhir spooring saya bawa ke GBT, tp dgn kondisi pandemi skrg kok rasanya kejauhan aja kalo mesti ke sana lagi :D
Andala Ban di radio dalam.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26923
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by DOHC »

Or4cle wrote: Thu Aug 06, 2020 4:52
feri307 wrote: Thu Aug 06, 2020 3:16 suhu2 SM, izin tanya. beda ukuran ban belakang dgn depan itu ngefek ke orientasi setir gak ya?

ceritanya gini. mobil saya upsize velg dari 14" ban 175/65 ke 15" ban 195/55. terus pekan lalu, ban belakang kiri pecah dan terpaksa nurunin ban serep ukuran original. langsung melipir ke toko ban, dan ternyata gak ada ready ukuran 195/55 r15. akhirnya terpaksa beli yg ukurannya 205/55 dua buah diletak di belakang, dan ban belakang kanan dipindah ke kiri depan karena ban kiri depan pernah dapat tambalan. karena sewaktu kejadian istri yg bawa mobil, saya iya-in aja, khawatir ada apa2 lagi di jalan dgn ban yg "pincang" sebelah.

nah, selasa kemarin mobil saya pakai ke kantor, dan terasa setir harus miring ke kiri dikit agar mobil jalannya lurus. setelah saya tanya istri, ternyata pada saat penggantian hanya ban baru yg di-balancing, sementara ban lainnya (ban lama) gak dibalancing sama sekali. nah, kembali ke pertanyaan saya, apakah itu karena pengaruh ban beda ukuran? atau ada pengaruh gak di-balancing-nya ban lama yg pindah ke depan? memang sih terakhir kali spooring sewaktu ganti full 4 ban sekitar september 2018 yll, dan blm pernah spooring lagi karena feeling-nya masih oke.

makasih sebelumnya, suhu2..
Ganti ban sepasang mesti balancing dan di spooring ulang dulu karena settingan dah berubah semua.
Saya punya pengalaman ganti ban baru sepasang di depan, abis ganti langsung spooring. Seminggu kemudian iseng2 rotasi ban baru sepasang tsb ke belakang, ban lama dipindah ke depan biar lebih cepat abis dan bisa ganti ban baru sepasang.

Efeknya posisi setir berubah agak miring, tidak center dan mobil tarik kanan terus.
Akhirnya spooring ulang dan normal lagi.
kl saya biasa sblom spooring, saya suru montirnya isi angin 4 ban nya ampe mau meletus, selsai spooring baru balikin asal

jadinya, mau gonta ganti ban, rotasi dsb, ga ngaruh ke stelan spooring nya, setir tetep lurus
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
Or4cle
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1297
Joined: Wed Nov 02, 2016 1:59

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by Or4cle »

DOHC wrote: Thu Aug 06, 2020 11:51
Or4cle wrote: Thu Aug 06, 2020 4:52
feri307 wrote: Thu Aug 06, 2020 3:16 suhu2 SM, izin tanya. beda ukuran ban belakang dgn depan itu ngefek ke orientasi setir gak ya?

ceritanya gini. mobil saya upsize velg dari 14" ban 175/65 ke 15" ban 195/55. terus pekan lalu, ban belakang kiri pecah dan terpaksa nurunin ban serep ukuran original. langsung melipir ke toko ban, dan ternyata gak ada ready ukuran 195/55 r15. akhirnya terpaksa beli yg ukurannya 205/55 dua buah diletak di belakang, dan ban belakang kanan dipindah ke kiri depan karena ban kiri depan pernah dapat tambalan. karena sewaktu kejadian istri yg bawa mobil, saya iya-in aja, khawatir ada apa2 lagi di jalan dgn ban yg "pincang" sebelah.

nah, selasa kemarin mobil saya pakai ke kantor, dan terasa setir harus miring ke kiri dikit agar mobil jalannya lurus. setelah saya tanya istri, ternyata pada saat penggantian hanya ban baru yg di-balancing, sementara ban lainnya (ban lama) gak dibalancing sama sekali. nah, kembali ke pertanyaan saya, apakah itu karena pengaruh ban beda ukuran? atau ada pengaruh gak di-balancing-nya ban lama yg pindah ke depan? memang sih terakhir kali spooring sewaktu ganti full 4 ban sekitar september 2018 yll, dan blm pernah spooring lagi karena feeling-nya masih oke.

makasih sebelumnya, suhu2..
Ganti ban sepasang mesti balancing dan di spooring ulang dulu karena settingan dah berubah semua.
Saya punya pengalaman ganti ban baru sepasang di depan, abis ganti langsung spooring. Seminggu kemudian iseng2 rotasi ban baru sepasang tsb ke belakang, ban lama dipindah ke depan biar lebih cepat abis dan bisa ganti ban baru sepasang.

Efeknya posisi setir berubah agak miring, tidak center dan mobil tarik kanan terus.
Akhirnya spooring ulang dan normal lagi.
kl saya biasa sblom spooring, saya suru montirnya isi angin 4 ban nya ampe mau meletus, selsai spooring baru balikin asal

jadinya, mau gonta ganti ban, rotasi dsb, ga ngaruh ke stelan spooring nya, setir tetep lurus

Untuk ban yang beda ketebalan tread bisa dipakai trik ini gak om Klep ? Misalnya saat ganti ban baru sepasang dan ban lama yang sepasang dah lumayan tipis ?
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26923
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by DOHC »

Or4cle wrote: Thu Aug 06, 2020 13:25

Untuk ban yang beda ketebalan tread bisa dipakai trik ini gak om Klep ? Misalnya saat ganti ban baru sepasang dan ban lama yang sepasang dah lumayan tipis ?
di mobil2 saya sehh ga ngaruh om, mau ban baru dan ban nyaris botak.. kan kl ban dipompa gila2an, otomatis kontak tapak ke ubin nya jg lebi kecil
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by evanbngdor »

DOHC wrote: Thu Aug 06, 2020 11:51
Or4cle wrote: Thu Aug 06, 2020 4:52
feri307 wrote: Thu Aug 06, 2020 3:16 suhu2 SM, izin tanya. beda ukuran ban belakang dgn depan itu ngefek ke orientasi setir gak ya?

ceritanya gini. mobil saya upsize velg dari 14" ban 175/65 ke 15" ban 195/55. terus pekan lalu, ban belakang kiri pecah dan terpaksa nurunin ban serep ukuran original. langsung melipir ke toko ban, dan ternyata gak ada ready ukuran 195/55 r15. akhirnya terpaksa beli yg ukurannya 205/55 dua buah diletak di belakang, dan ban belakang kanan dipindah ke kiri depan karena ban kiri depan pernah dapat tambalan. karena sewaktu kejadian istri yg bawa mobil, saya iya-in aja, khawatir ada apa2 lagi di jalan dgn ban yg "pincang" sebelah.

nah, selasa kemarin mobil saya pakai ke kantor, dan terasa setir harus miring ke kiri dikit agar mobil jalannya lurus. setelah saya tanya istri, ternyata pada saat penggantian hanya ban baru yg di-balancing, sementara ban lainnya (ban lama) gak dibalancing sama sekali. nah, kembali ke pertanyaan saya, apakah itu karena pengaruh ban beda ukuran? atau ada pengaruh gak di-balancing-nya ban lama yg pindah ke depan? memang sih terakhir kali spooring sewaktu ganti full 4 ban sekitar september 2018 yll, dan blm pernah spooring lagi karena feeling-nya masih oke.

makasih sebelumnya, suhu2..
Ganti ban sepasang mesti balancing dan di spooring ulang dulu karena settingan dah berubah semua.
Saya punya pengalaman ganti ban baru sepasang di depan, abis ganti langsung spooring. Seminggu kemudian iseng2 rotasi ban baru sepasang tsb ke belakang, ban lama dipindah ke depan biar lebih cepat abis dan bisa ganti ban baru sepasang.

Efeknya posisi setir berubah agak miring, tidak center dan mobil tarik kanan terus.
Akhirnya spooring ulang dan normal lagi.
kl saya biasa sblom spooring, saya suru montirnya isi angin 4 ban nya ampe mau meletus, selsai spooring baru balikin asal

jadinya, mau gonta ganti ban, rotasi dsb, ga ngaruh ke stelan spooring nya, setir tetep lurus
Nga usah sampe mau meletus juga sih Om. Sesuai dengan tekanan angin pabrikan aja cukup
:mky_01:

Saya juga bolak balik ganti velg&ban ngga ngaruh spooringnya, kecuali emang spooringnya sengaja dibuat khusus biar ngga gasruk karena pake velg besar
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
Or4cle
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1297
Joined: Wed Nov 02, 2016 1:59

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by Or4cle »

evanbngdor wrote: Thu Aug 06, 2020 14:16
DOHC wrote: Thu Aug 06, 2020 11:51
Or4cle wrote: Thu Aug 06, 2020 4:52

Ganti ban sepasang mesti balancing dan di spooring ulang dulu karena settingan dah berubah semua.
Saya punya pengalaman ganti ban baru sepasang di depan, abis ganti langsung spooring. Seminggu kemudian iseng2 rotasi ban baru sepasang tsb ke belakang, ban lama dipindah ke depan biar lebih cepat abis dan bisa ganti ban baru sepasang.

Efeknya posisi setir berubah agak miring, tidak center dan mobil tarik kanan terus.
Akhirnya spooring ulang dan normal lagi.
kl saya biasa sblom spooring, saya suru montirnya isi angin 4 ban nya ampe mau meletus, selsai spooring baru balikin asal

jadinya, mau gonta ganti ban, rotasi dsb, ga ngaruh ke stelan spooring nya, setir tetep lurus
Nga usah sampe mau meletus juga sih Om. Sesuai dengan tekanan angin pabrikan aja cukup
:mky_01:

Saya juga bolak balik ganti velg&ban ngga ngaruh spooringnya, kecuali emang spooringnya sengaja dibuat khusus biar ngga gasruk karena pake velg besar
Kalau ban semuanya dalam kondisi bagus atau tapaknya aus merata semua (depan & belakang) mungkin tidak pengaruh
Kasus aku saat itu ban depan & belakang jauh banget perbedaan tapak tread bannya.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26923
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by DOHC »

evanbngdor wrote: Thu Aug 06, 2020 14:16
DOHC wrote: Thu Aug 06, 2020 11:51
Or4cle wrote: Thu Aug 06, 2020 4:52

Ganti ban sepasang mesti balancing dan di spooring ulang dulu karena settingan dah berubah semua.
Saya punya pengalaman ganti ban baru sepasang di depan, abis ganti langsung spooring. Seminggu kemudian iseng2 rotasi ban baru sepasang tsb ke belakang, ban lama dipindah ke depan biar lebih cepat abis dan bisa ganti ban baru sepasang.

Efeknya posisi setir berubah agak miring, tidak center dan mobil tarik kanan terus.
Akhirnya spooring ulang dan normal lagi.
kl saya biasa sblom spooring, saya suru montirnya isi angin 4 ban nya ampe mau meletus, selsai spooring baru balikin asal

jadinya, mau gonta ganti ban, rotasi dsb, ga ngaruh ke stelan spooring nya, setir tetep lurus
Nga usah sampe mau meletus juga sih Om. Sesuai dengan tekanan angin pabrikan aja cukup
:mky_01:

Saya juga bolak balik ganti velg&ban ngga ngaruh spooringnya, kecuali emang spooringnya sengaja dibuat khusus biar ngga gasruk karena pake velg besar
Biar montir nya ad kerjaan om :upss:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir: