Membedah Teknologi Gerak Semua Roda

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: F 272, b8099ok, ginting, FRD, artoodetoo, y_anjasrana

burhanmakkita
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 38
Joined: 01 May 2016, 14:30

Re: RE: Re: Membedah Teknologi Gerak Semua Roda

Post by burhanmakkita »

billyd1773dz wrote:NEXT On Road 4x4

bayangkan……. Transfercase ini memiliki differential layaknya sebuah gardan depan atau belakang seperti di video. Apa yang terjadi?
Kini transfercase dapat membagi daya torsi ke depan dan belakang sesuai beban dan rotating speed yang berbeda layaknya axlediff biasa. Efeknya kendaraan dapat belok dengan aman sambil mempertahan gerak 4 rodanya sekalipun di aspal kering atau sedang highspeed.
NAH ini yang disebut center differential. Mobil itu kini memiliki 3 buah differential di depan tengah dan belakang.
Disinilah Evolusi berikutnya dari transfercase terjadi dan dikenal dengan mode tambahan Fulltime 4x4.
Q: Sekarang kembali ke video di awal, apa yang terjadi jika 1 sisi differential tidak memiliki resistant/beban?
A: Semua torsi akan mengalir ke sisi yang tidak memiliki beban.

Akibatnya Jika 1 ban hilang traksi di salah satu axle… apa yang terjadi? Semua traksi akan lari ke ban tersebut…. 1 gardan (2 ban) hilang traksi? Torsi juga lari ke gardan tersebut…. Anda akan LEBIH mudah stuck.. sometime 4x2 malah bisa meloloskan anda, jika yang stuck adalah ban depan pada mobil RWD.

Untungnya kebanyakan ada LSD di centerdiff. ada yang viscouscoupling seperti pajero dan pajerosport, torsen seperti original quatro, original fortuner hingga LC200, toareg, Q7, Gerotor pump Jeep grand cherokee dll sifat2 dari LSD yang digunakan ikut terbawa di sini.

juga beberapa mobil memiliki mode partime dia akan mengunci center differential *Center Differential lock* dan bergerak seperti kendaraan partime. untuk meloloskan diri. biasanya jika tidak ada tulisan 4HLc maka di kabin tulisanya LOCK dgn tanda di bagian tengah

Image
landrover defender dengan sistem gerak fulltime 4x4 dengan center differential lock (mode partime)


Ingat di mobil bisa terdapat 3 differential? Untuk kemampuan offroad maksimal mobil dapat memiliki 3 differential lock. Yaitu depan tengah dan belakang.
Differential lock Tengah bearti kendaraan fulltime bisa kembali ke mode Partime.
Difflock depan dan belakang IS THE real deal
So jangan terburu-buru nafsu saat mendengar mobil tersebut memiliki center differential lock dan menggapnya lebih baik dari partime biasa. karna semua partime memiliki center differential lock yg justru ga bisa unlock/open...

Image


Kendaraan dgn fulltime 4x4 apa saja? Landrover Defender,pajero dan Pajero sport,BMW XDRIVE, Cherokee XJ, Fortuner *first gen*,prado,lc200 most modern 4x4,Old audi Quattro, Subaru STI and Subaru MT,VW Toareg Amarok,Q7, Everest T6, Bentley continental GT dll…. banyak.

Image
:mky_03:

Image


Saat ini Fulltime4x4 muncul dalam beragam nama.... bahkan ada yang di namai dgn badge "AWD", sekedar "4x4", sampai brand mereka sendiri *4motion,xDrive,Quattro,Symetrical AWD dll... * Yang TIDAK konsisten accross their own model line up... bisa aja 4Motion di VW amarok menggunakan transfercase with center diff, sedangkan di Golf R menggunakan Haldex.... Subaru STI pakai center diff sedangkan Subaru yg AT multiple plate clutch/haldex.... brandnya sama cara kerjanya beda.

intinya Fulltime 4x4 memungkinkan penggunaan 4x4 di aspal untuk meningkatkan grip dan handling. lha sama dengan AWD di cuv dunk? tujuanya sama tp approachnya berbeda. hehe :D more on this latter

so jangan beli ANF 4x4 jika anda berpikir ingin memnggunakannya di aspal/ jalan berkelok. belilah kendaraan yg memiliki fulltime 4x4 seperi ANPS yang dapat digunakan di aspal.

berbeda dgn common believe ANF justru lebih offroad focused vehicle... 4x4nya haram di aspal dan dia punya rear difflock. bahkan versi VRZ 4x4 ada A-Trac yaitu sistem brake LSDnya toyota.

ANPS lebih on road, 4x4nya bisa di aspal, tidak memiliki rear difflock ataupun LSD. hanya offroad mode yg fungsinya brake-LSD juga.


Centerdiff vs Haldex? nextt..........
Maaf Om kl lampu control 4WD yg nyala kedip lampu tengah yg kuning posisi tuas di 2H apanya yg salah ya om

Sent from my SM-A510F using Tapatalk
nimoo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 358
Joined: 14 Nov 2015, 21:13
Location: Jakarta
Daily Vehicle: nmax

Re: Membedah Teknologi Gerak Semua Roda

Post by nimoo »

Kok engga di lanjut om bill ? :big_peace:
ginting
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 4131
Joined: 08 Dec 2013, 23:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X
Contact:

Re: Membedah Teknologi Gerak Semua Roda

Post by ginting »

hayu atuh oom Bill, dilanjutkeun...
armancho
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 59
Joined: 06 Feb 2016, 11:04

Re: Membedah Teknologi Gerak Semua Roda

Post by armancho »

ayo om bili, lanjutkeun.


Sent from my iPhone using Tapatalk
User avatar
MAB
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 267
Joined: 17 Feb 2011, 21:10
Location: Far Southwest from Jakarta
Daily Vehicle: LR Stage One
Contact:

Re: RE: Re: Membedah Teknologi Gerak Semua Roda

Post by MAB »

pengalaman saya, kalo lampu 4WD masih nyala dan tuas udah di 2WD
artinya proses ke 2WD nya belum tuntas dan transfer case masih di 4WD
lampunya masih nyala karena sensor untuk penunjuk 4WD ada di dalam transfer case

coba maju atau mundur beberapa kali, nanti ada bunyi glek ....
biasanya disengage setelah bunyi glek itu .....

burhanmakkita wrote: 23 May 2016, 10:23
billyd1773dz wrote:NEXT On Road 4x4

bayangkan……. Transfercase ini memiliki differential layaknya sebuah gardan depan atau belakang seperti di video. Apa yang terjadi?
.
.
.
Centerdiff vs Haldex? nextt..........
Maaf Om kl lampu control 4WD yg nyala kedip lampu tengah yg kuning posisi tuas di 2H apanya yg salah ya om

Sent from my SM-A510F using Tapatalk
User avatar
Gasoline24
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 375
Joined: 10 Nov 2016, 15:24
Contact:

Re: Membedah Teknologi Gerak Semua Roda

Post by Gasoline24 »

billyd1773dz wrote: 19 Feb 2016, 23:32 NEXT On Road 4x4


so jangan beli ANF 4x4 jika anda berpikir ingin memnggunakannya di aspal/ jalan berkelok. belilah kendaraan yg memiliki fulltime 4x4 seperi ANPS yang dapat digunakan di aspal.

berbeda dgn common believe ANF justru lebih offroad focused vehicle... 4x4nya haram di aspal dan dia punya rear difflock. bahkan versi VRZ 4x4 ada A-Trac yaitu sistem brake LSDnya toyota.

ANPS lebih on road, 4x4nya bisa di aspal, tidak memiliki rear difflock ataupun LSD. hanya offroad mode yg fungsinya brake-LSD juga.


Centerdiff vs Haldex? nextt..........
Om Bill mohon di lanjut tulisannya, sama sekalian mau tanya nih......
maksudnya tetradrive gak layak di jalan aspal tuh gimana yah, bukannya ada selection 2H. dalam hal ini berarti hanya berfungsi 2 roda belakang saja kan ????? kenapa ada statement gak layak buat di aspal....masih belum paham :mky_01:

#mohon pencerahan

:big_peace: :big_peace:
armancho
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 59
Joined: 06 Feb 2016, 11:04

Re: Membedah Teknologi Gerak Semua Roda

Post by armancho »

om billi dakar lama kalau oli gardanya pernah pakai oli gardan biasa apakah ada pengaruh ?
User avatar
erdinkurniawan
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 41
Joined: 11 Jul 2017, 15:04
Location: Madiun
Daily Vehicle: Mirage

Re: Membedah Teknologi Gerak Semua Roda

Post by erdinkurniawan »


Gasoline24 wrote:
billyd1773dz wrote: 19 Feb 2016, 23:32 NEXT On Road 4x4


so jangan beli ANF 4x4 jika anda berpikir ingin memnggunakannya di aspal/ jalan berkelok. belilah kendaraan yg memiliki fulltime 4x4 seperi ANPS yang dapat digunakan di aspal.

berbeda dgn common believe ANF justru lebih offroad focused vehicle... 4x4nya haram di aspal dan dia punya rear difflock. bahkan versi VRZ 4x4 ada A-Trac yaitu sistem brake LSDnya toyota.

ANPS lebih on road, 4x4nya bisa di aspal, tidak memiliki rear difflock ataupun LSD. hanya offroad mode yg fungsinya brake-LSD juga.


Centerdiff vs Haldex? nextt..........
Om Bill mohon di lanjut tulisannya, sama sekalian mau tanya nih......
maksudnya tetradrive gak layak di jalan aspal tuh gimana yah, bukannya ada selection 2H. dalam hal ini berarti hanya berfungsi 2 roda belakang saja kan ????? kenapa ada statement gak layak buat di aspal....masih belum paham :mky_01:

#mohon pencerahan

:big_peace: :big_peace:
newbie mencoba menjawab.
maksud nya gak layak di jalan aspal krn peruntukan 4x4 nya lebih ke arah offroad bukan 4x4 fulltime seperti punya anps yg cenderung ke all wheel drive dengan sistem lasd brake. krn klo dgn karajter 4x4 anf di pake di jalan bisa ada gaya tarik menarik di gardan depan antara ban kanan dan kiri membuat cepet aus. makanya lebih baik pakai 4x2 nya (RWD) aja. klo mau nyempkung tanah bru 4x4...


mungkin seperti itu.
cmiiw
User avatar
Gasoline24
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 375
Joined: 10 Nov 2016, 15:24
Contact:

Re: Membedah Teknologi Gerak Semua Roda

Post by Gasoline24 »

erdinkurniawan wrote: 16 May 2018, 21:18
Gasoline24 wrote:
billyd1773dz wrote: 19 Feb 2016, 23:32 NEXT On Road 4x4


so jangan beli ANF 4x4 jika anda berpikir ingin memnggunakannya di aspal/ jalan berkelok. belilah kendaraan yg memiliki fulltime 4x4 seperi ANPS yang dapat digunakan di aspal.

berbeda dgn common believe ANF justru lebih offroad focused vehicle... 4x4nya haram di aspal dan dia punya rear difflock. bahkan versi VRZ 4x4 ada A-Trac yaitu sistem brake LSDnya toyota.

ANPS lebih on road, 4x4nya bisa di aspal, tidak memiliki rear difflock ataupun LSD. hanya offroad mode yg fungsinya brake-LSD juga.


Centerdiff vs Haldex? nextt..........
Om Bill mohon di lanjut tulisannya, sama sekalian mau tanya nih......
maksudnya tetradrive gak layak di jalan aspal tuh gimana yah, bukannya ada selection 2H. dalam hal ini berarti hanya berfungsi 2 roda belakang saja kan ????? kenapa ada statement gak layak buat di aspal....masih belum paham :mky_01:

#mohon pencerahan

:big_peace: :big_peace:
newbie mencoba menjawab.
maksud nya gak layak di jalan aspal krn peruntukan 4x4 nya lebih ke arah offroad bukan 4x4 fulltime seperti punya anps yg cenderung ke all wheel drive dengan sistem lasd brake. krn klo dgn karajter 4x4 anf di pake di jalan bisa ada gaya tarik menarik di gardan depan antara ban kanan dan kiri membuat cepet aus. makanya lebih baik pakai 4x2 nya (RWD) aja. klo mau nyempkung tanah bru 4x4...


mungkin seperti itu.
cmiiw
Noted



#spktetradrive
omboyyyy
Visitor
Visitor
Posts: 9
Joined: 16 Jun 2018, 23:28
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Toyota ipsum

Re: Membedah Teknologi Gerak Semua Roda

Post by omboyyyy »

Om bill saya punya toyota ipsum 4wd. Judulnya sih fulltime 4wd, tapi ga ada tuas atau switch buat ngatur 4wd nya atau diff lock. Transmisinya A540H.
Ini termasuk 4wd yg mana ya om ? Atau malah awd ?
User avatar
neo300400
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 170
Joined: 23 Nov 2007, 12:52

Re: Membedah Teknologi Gerak Semua Roda

Post by neo300400 »

Thread yg luar biasa
Makasih om bil
Kebetulan lagi cari2 2mobil tersebut dr tiga yg dibahas.

Kalau saya tarik kesimpulan tentang power management 4x4-nya antara evie, ps & anf sbb:
Evie punya sistem kontrol 4x4 terbaik on road atau off road
Ps punya sistem kontrol 4x4 onroad yg lebih bagus, untuk offroad sedikit kurang kecuali bila mode offroad di aktifkan.
Anf tidak punya sistem kontrol 4x4 untuk onroad, bagus di offroad & kl onroad tinggal jadiin 4x2
CMIIW.

Pertanyaan :
Apakah mode offroad ps ada sejak pertama ps keluar?
irw
Visitor
Visitor
Posts: 3
Joined: 17 Jun 2018, 19:41
Location: Indonesia

Re: Membedah Teknologi Gerak Semua Roda

Post by irw »

neo300400 wrote: 22 Jun 2018, 15:33 Thread yg luar biasa
Makasih om bil
Kebetulan lagi cari2 2mobil tersebut dr tiga yg dibahas.

Kalau saya tarik kesimpulan tentang power management 4x4-nya antara evie, ps & anf sbb:
Evie punya sistem kontrol 4x4 terbaik on road atau off road
Ps punya sistem kontrol 4x4 onroad yg lebih bagus, untuk offroad sedikit kurang kecuali bila mode offroad di aktifkan.
Anf tidak punya sistem kontrol 4x4 untuk onroad, bagus di offroad & kl onroad tinggal jadiin 4x2
CMIIW.

Pertanyaan :
Apakah mode offroad ps ada sejak pertama ps keluar?
Mode offroad baru ada di ANPS aja kayaknya. Mode offroadnya PS ngadopsi sistemnya all terrainnyan range rover. Jadi mengandalakan sistem ASTCnya
User avatar
neo300400
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 170
Joined: 23 Nov 2007, 12:52

Re: Membedah Teknologi Gerak Semua Roda

Post by neo300400 »

irw wrote: 24 Jun 2018, 17:02
neo300400 wrote: 22 Jun 2018, 15:33 Thread yg luar biasa
Makasih om bil
Kebetulan lagi cari2 2mobil tersebut dr tiga yg dibahas.

Kalau saya tarik kesimpulan tentang power management 4x4-nya antara evie, ps & anf sbb:
Evie punya sistem kontrol 4x4 terbaik on road atau off road
Ps punya sistem kontrol 4x4 onroad yg lebih bagus, untuk offroad sedikit kurang kecuali bila mode offroad di aktifkan.
Anf tidak punya sistem kontrol 4x4 untuk onroad, bagus di offroad & kl onroad tinggal jadiin 4x2
CMIIW.

Pertanyaan :
Apakah mode offroad ps ada sejak pertama ps keluar?
Mode offroad baru ada di ANPS aja kayaknya. Mode offroadnya PS ngadopsi sistemnya all terrainnyan range rover. Jadi mengandalakan sistem ASTCnya
Gimana tuh gan mode terrainnya range rover?
User avatar
Gasoline24
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 375
Joined: 10 Nov 2016, 15:24
Contact:

Re: Membedah Teknologi Gerak Semua Roda

Post by Gasoline24 »

up....up....up........dah lama tenggelam di dasar samudra
User avatar
MAB
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 267
Joined: 17 Feb 2011, 21:10
Location: Far Southwest from Jakarta
Daily Vehicle: LR Stage One
Contact:

Re: Membedah Teknologi Gerak Semua Roda

Post by MAB »

Gasoline24 wrote:up....up....up........dah lama tenggelam di dasar samudra
master billy nya kemana ya om?
User avatar
Gasoline24
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 375
Joined: 10 Nov 2016, 15:24
Contact:

Re: Membedah Teknologi Gerak Semua Roda

Post by Gasoline24 »

MAB wrote: 21 Aug 2018, 12:49
Gasoline24 wrote:up....up....up........dah lama tenggelam di dasar samudra
master billy nya kemana ya om?
Ngintip di IG sih lagi asyik motret di jembatan situ gintung - sukabumi......lost signal SM Forum keknya, padahal ini belum tamat lho, xixixixixixi


:mky_08: :mky_08: :mky_08:
User avatar
bulukuhalus
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 17
Joined: 08 Feb 2010, 18:07
Location: Bogor
Daily Vehicle: toyota

Re: Membedah Teknologi Gerak Semua Roda

Post by bulukuhalus »

terima kasih om bil.. akhirnya nemu juga thread 4x4 :D
:big_cat:
taniasurya078
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 17
Joined: 25 Jan 2017, 17:49

Re: Membedah Teknologi Gerak Semua Roda

Post by taniasurya078 »

Sayangnya di indonesia pemerintahan indonesia sejak soeharto mobil ,bus dan truk penggerak 4x4 ,6x6 8x8 mau ckd,skd apalagi cbu pajak lebih dari 10 % fob juga hpp kendaraan itu sendiri jadi barang mahal dan mewah .

Padahal kata newrubble ,pemerintah rakus ,apatis ,kkn ,pirate dan jauh dari kondisi masyarakat sendiri seperti apa . Sampai sekarang tidak berubah maupun pemerintahan yang akan datang sama saja.
Zaxis
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 788
Joined: 07 Dec 2016, 16:34

Re: Membedah Teknologi Gerak Semua Roda

Post by Zaxis »

Pajak mobil baru yg berlaku oktober itu harus nya bakal turunin harga mobil 4x4 awd
Ppnbm nya dari 40 ke 20% kan lumayan
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8397
Joined: 16 Oct 2013, 13:27

Re: Membedah Teknologi Gerak Semua Roda

Post by marmut »

taniasurya078 wrote: 09 Jul 2021, 23:48 Sayangnya di indonesia pemerintahan indonesia sejak soeharto mobil ,bus dan truk penggerak 4x4 ,6x6 8x8 mau ckd,skd apalagi cbu pajak lebih dari 10 % fob juga hpp kendaraan itu sendiri jadi barang mahal dan mewah .

Padahal kata newrubble ,pemerintah rakus ,apatis ,kkn ,pirate dan jauh dari kondisi masyarakat sendiri seperti apa . Sampai sekarang tidak berubah maupun pemerintahan yang akan datang sama saja.
Zaxis wrote: 10 Jul 2021, 09:47 Pajak mobil baru yg berlaku oktober itu harus nya bakal turunin harga mobil 4x4 awd
Ppnbm nya dari 40 ke 20% kan lumayan


sayangnya, semua kenalan saya pengguna 4x4 ngga ada yang perduli pajak mahal atau murah.

awal pandemi, kenalan saya si A malah menukar kendaraannya yang RWD dengan seekor 4x4 asal inggris berjiwa jerman. padahal koleksinya sudah ada 2 unit 4x4. tidak lama kemudian kendaraan yang FWD ditukar dengan 4x4 juga.

si B menjual 1 koleksi 4x4nya dan kemudian beli 2 unit 4x4.
jadi, kalo mau bahas pajak sepertinya salah kamar.

:mky_03:
MaddMaxx
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 102
Joined: 08 Dec 2019, 12:50
Location: In the middle of nowhere
Daily Vehicle: Yamaha 2DP

Re: Membedah Teknologi Gerak Semua Roda

Post by MaddMaxx »

IMHO kalau kita melihat aspek keadilan, seharusnya memang pajak kendaraan 4x4 dibedakan untuk tiap wilayah. sebagai contoh di daerah luar jawa, mobil 4x4 sangat diperlukan untuk akses logistik dan transportasi ke lokasi remote yang jalannya masih rusak. seharusnya kendaraan 4x4 di sana dikecilkan pajaknya sebagai trade-off pemerintah belum bisa kasih jalan layak yang bisa dilewatin mobil 4x2.

beda case kalo di jawa, mobil 4x4 kebanyakan yang beli orang berduit. penggunaannya pun bukan buat fungsional tapi cuma buat hobi senang-senang main lumpur dan nerabas hutan. gakpapa gedein sekalian pajaknya :big_peace:
2013 Toyota 1TR-FE V AT
2017 Yamaha 2DP
2019 Honda K81
ginting
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 4131
Joined: 08 Dec 2013, 23:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X
Contact:

Re: Membedah Teknologi Gerak Semua Roda

Post by ginting »

MaddMaxx wrote: 10 Jul 2021, 11:18 IMHO kalau kita melihat aspek keadilan, seharusnya memang pajak kendaraan 4x4 dibedakan untuk tiap wilayah. sebagai contoh di daerah luar jawa, mobil 4x4 sangat diperlukan untuk akses logistik dan transportasi ke lokasi remote yang jalannya masih rusak. seharusnya kendaraan 4x4 di sana dikecilkan pajaknya sebagai trade-off pemerintah belum bisa kasih jalan layak yang bisa dilewatin mobil 4x2.

beda case kalo di jawa, mobil 4x4 kebanyakan yang beli orang berduit. penggunaannya pun bukan buat fungsional tapi cuma buat hobi senang-senang main lumpur dan nerabas hutan. gakpapa gedein sekalian pajaknya :big_peace:
saya sih maunya, tarif pajak disama saja semua ratenya.
toh kalau harga mobilnya mahal maka otomatis jumlah pajak yg dibayar juga mahal walau dalam persentase sama.
misalnya pajak 20% semua..
kalau mobil 1 M maka pemerintah dapat pajak 200 juta

kalau mobil harga 200 jt maka pajaknya 40% diperoleh pemerintah..

gak kayak sekarang…
mobil cc diatas 2500 cc kena pajak mahal...
punya penggerak 4x4 kena lebih lagi..
User avatar
Gasoline24
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 375
Joined: 10 Nov 2016, 15:24
Contact:

Re: Membedah Teknologi Gerak Semua Roda

Post by Gasoline24 »

ginting wrote: 10 Jul 2021, 18:01
MaddMaxx wrote: 10 Jul 2021, 11:18 IMHO kalau kita melihat aspek keadilan, seharusnya memang pajak kendaraan 4x4 dibedakan untuk tiap wilayah. sebagai contoh di daerah luar jawa, mobil 4x4 sangat diperlukan untuk akses logistik dan transportasi ke lokasi remote yang jalannya masih rusak. seharusnya kendaraan 4x4 di sana dikecilkan pajaknya sebagai trade-off pemerintah belum bisa kasih jalan layak yang bisa dilewatin mobil 4x2.

beda case kalo di jawa, mobil 4x4 kebanyakan yang beli orang berduit. penggunaannya pun bukan buat fungsional tapi cuma buat hobi senang-senang main lumpur dan nerabas hutan. gakpapa gedein sekalian pajaknya :big_peace:
saya sih maunya, tarif pajak disama saja semua ratenya.
toh kalau harga mobilnya mahal maka otomatis jumlah pajak yg dibayar juga mahal walau dalam persentase sama.
misalnya pajak 20% semua..
kalau mobil 1 M maka pemerintah dapat pajak 200 juta

kalau mobil harga 200 jt maka pajaknya 40% diperoleh pemerintah..

gak kayak sekarang…
mobil cc diatas 2500 cc kena pajak mahal...
punya penggerak 4x4 kena lebih lagi..
Om Momod kapan SPK tetradrive
eh.....


btw ini mederator threadnya udah di culik di WAG IOW, selama ini pembahasan lebih banyak mengalir disana. ayoookkkkk...joint sama SMIOW, gak perlu 4x4 yang penting wani perihhhh, wkwkwkwkwk


:big_peace: :big_peace:
ginting
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 4131
Joined: 08 Dec 2013, 23:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X
Contact:

Re: Membedah Teknologi Gerak Semua Roda

Post by ginting »

Gasoline24 wrote: 10 Jul 2021, 18:55
ginting wrote: 10 Jul 2021, 18:01
MaddMaxx wrote: 10 Jul 2021, 11:18 IMHO kalau kita melihat aspek keadilan, seharusnya memang pajak kendaraan 4x4 dibedakan untuk tiap wilayah. sebagai contoh di daerah luar jawa, mobil 4x4 sangat diperlukan untuk akses logistik dan transportasi ke lokasi remote yang jalannya masih rusak. seharusnya kendaraan 4x4 di sana dikecilkan pajaknya sebagai trade-off pemerintah belum bisa kasih jalan layak yang bisa dilewatin mobil 4x2.

beda case kalo di jawa, mobil 4x4 kebanyakan yang beli orang berduit. penggunaannya pun bukan buat fungsional tapi cuma buat hobi senang-senang main lumpur dan nerabas hutan. gakpapa gedein sekalian pajaknya :big_peace:
saya sih maunya, tarif pajak disama saja semua ratenya.
toh kalau harga mobilnya mahal maka otomatis jumlah pajak yg dibayar juga mahal walau dalam persentase sama.
misalnya pajak 20% semua..
kalau mobil 1 M maka pemerintah dapat pajak 200 juta

kalau mobil harga 200 jt maka pajaknya 40% diperoleh pemerintah..

gak kayak sekarang…
mobil cc diatas 2500 cc kena pajak mahal...
punya penggerak 4x4 kena lebih lagi..
Om Momod kapan SPK tetradrive
eh.....


btw ini mederator threadnya udah di culik di WAG IOW, selama ini pembahasan lebih banyak mengalir disana. ayoookkkkk...joint sama SMIOW, gak perlu 4x4 yang penting wani perihhhh, wkwkwkwkwk


:big_peace: :big_peace:
wah, ada kepala sekolahnya SMIOW ...saya ngumpet dulu..belum wani perih juga..

pletakkk...sejuta…
krekk...gopek…

dduarr…..selembar deposito hilang... :mky_07: :mky_07: :mky_07:
mickstein
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 45
Joined: 17 Mar 2016, 11:09

Re: Membedah Teknologi Gerak Semua Roda

Post by mickstein »

ginting wrote: 10 Jul 2021, 23:23
Gasoline24 wrote: 10 Jul 2021, 18:55
ginting wrote: 10 Jul 2021, 18:01

saya sih maunya, tarif pajak disama saja semua ratenya.
toh kalau harga mobilnya mahal maka otomatis jumlah pajak yg dibayar juga mahal walau dalam persentase sama.
misalnya pajak 20% semua..
kalau mobil 1 M maka pemerintah dapat pajak 200 juta

kalau mobil harga 200 jt maka pajaknya 40% diperoleh pemerintah..

gak kayak sekarang…
mobil cc diatas 2500 cc kena pajak mahal...
punya penggerak 4x4 kena lebih lagi..
Om Momod kapan SPK tetradrive
eh.....


btw ini mederator threadnya udah di culik di WAG IOW, selama ini pembahasan lebih banyak mengalir disana. ayoookkkkk...joint sama SMIOW, gak perlu 4x4 yang penting wani perihhhh, wkwkwkwkwk


:big_peace: :big_peace:
wah, ada kepala sekolahnya SMIOW ...saya ngumpet dulu..belum wani perih juga..

pletakkk...sejuta…
krekk...gopek…

dduarr…..selembar deposito hilang... :mky_07: :mky_07: :mky_07:

Om Ginting kapan upgrade MU-X nya ke 4x4? Eh.. 😁
Post Reply