Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2281
Joined: 23 Jan 2008, 08:48

Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?

Post by ilhami »

engine brake tidak dipakai...seberapa bisa irit sih?

https://oto.detik.com/berita/d-4690974/ ... n-maksimal
adityabp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1213
Joined: 07 May 2014, 09:36

Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?

Post by adityabp »

Ngomongin rem berasap, saya jadi inget waktu daycation ke puncak.
Jalanan lancar (yaiyalah), saya bisa nyalip2x kenceng di tanjakan.
:mky_02:
Setelah lewat puncak pass, depan saya ada pikap full load bawa sayur mayur.
Karena jalan dah masuk turunan, saya mo nyalip itu pikap. Eh, tepat sblm saya masuk kanan, saya lihat ada asap tebal keluar dari roda depan pikap.
Damn, saya lalu mikir cepat. Kalo saya susul dia, trus ternyata rem dia blong, habislah saya sekeluarga disruduk.
:off_no:
Yaudah, saya akhirnya ngikutin aja si pikap. Belakang saya yg tadinya kosong, gak lama langsung penuh antrian nungguin saya nyalip si pikap.
:mky_03:
User avatar
touchme
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 165
Joined: 11 Jun 2015, 20:50

Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?

Post by touchme »

ilhami wrote: 03 Sep 2019, 00:14 engine brake tidak dipakai...seberapa bisa irit sih?

https://oto.detik.com/berita/d-4690974/ ... n-maksimal
nah ini juga mungkin kebiasaan buruk sopir disini suka netralin perseneling waktu nurunin jalan berbukit di tol buat ngirit solar.. padahal mo masuk gigi juga selama ga di gas ya konsumsi solar uda paling minimal juga... malah cuma bikin mobil meluncur deras kaga ada yang nahan

tapi beberapa kali ane numpang bus lewat cipularang n perhatiin,walo dinetralin mereka ngga injek rem juga selama meluncur turun... jadi kalo di berita itu dibilang rem kepanasan ampe berasap ya ga tau juga ya
mkamil
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 156
Joined: 06 Aug 2019, 21:02
Daily Vehicle: 1VD - L15Z - FB25

Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?

Post by mkamil »

ilhami wrote: 03 Sep 2019, 00:14 engine brake tidak dipakai...seberapa bisa irit sih?

https://oto.detik.com/berita/d-4690974/ ... n-maksimal
ini namanya menantang maut, nyawa hanya dihargai literan solar.

Engine brake kah, exhaust brake kah, service brake kah, parking brake kah, nyawa sendiri kah, nyawa orang lain... ORA URUS yang penting gw hemat solar! [emo-yesno]
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: 26 Mar 2007, 15:16

Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?

Post by kunaskun »

touchme wrote: 03 Sep 2019, 10:11 nah ini juga mungkin kebiasaan buruk sopir disini suka netralin perseneling waktu nurunin jalan berbukit di tol buat ngirit solar.. padahal mo masuk gigi juga selama ga di gas ya konsumsi solar uda paling minimal juga... malah cuma bikin mobil meluncur deras kaga ada yang nahan
sebenernya masuk netral, tujuannya bukan irit solar. sopir juga tahu, masuk netral tetep isep solar. tapi biar ga usah cape2 pindah2 gigi dan setelah itu kasi gas buat naikin gigi lagi setelah turun gigi untuk engine brake di turunan.
tapi beberapa kali ane numpang bus lewat cipularang n perhatiin,walo dinetralin mereka ngga injek rem juga selama meluncur turun... jadi kalo di berita itu dibilang rem kepanasan ampe berasap ya ga tau juga ya
kepanasan sampe berasap, karena bisa jadi itu kampas rem ga ada atau pake plat besi doang. yang penting bisa berhenti. nah pas darurat begitulah.
mkamil wrote: 03 Sep 2019, 13:00 ini namanya menantang maut, nyawa hanya dihargai literan solar.

Engine brake kah, exhaust brake kah, service brake kah, parking brake kah, nyawa sendiri kah, nyawa orang lain... ORA URUS yang penting gw hemat solar! [emo-yesno]
praktek umum puluhan tahun di PO bus dan ekspedisi :mky_08:

misal di pantura atau toll trans jawa, kalau ngikutin bus, cari yang kelas executive keatas. ngebut mereka ga segila atau seheboh ekonomi, tapi jauhlah lebih aman karena rem, ban, mesin dsb selalu bagus.
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2556
Joined: 10 Nov 2015, 09:40
Daily Vehicle: Ford Ranger T7

Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?

Post by farizfsa »

ilhami wrote: 03 Sep 2019, 00:14 engine brake tidak dipakai...seberapa bisa irit sih?

https://oto.detik.com/berita/d-4690974/ ... n-maksimal
di beberapa mbl eropa, engine brake bisa diatur, apa mau on, atau mau off (coasting).

ttp sih enakan coasting sebenernya jd ga ndut2an.

kalo di cipularang ane pribadi lebih sering kebut kalo arah bandung, apa lg kalo lg pake mbl diesel, jos di tanjakan susul mbl bensin non turbo melempem2 semua. :ngacir:
BMW 520d F10 14 (HRE P40 20" + Yoko Advan Sport + Stage 2 252hp 540nm)
VW Tiguan AS 1.4 21 (Rav 20' + Pirelli Dragon Sport + Stage 2 225 hp 300nm)
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?

Post by DOHC »

sebenernya mau kampas rem masi ad tebel atau ud tipis, kl nyetir nya ala colin mc rae yah tetep aj bakal rada loss itu rem, kcuali ud ganti kampas yg competition, minyak rem dot 5, selang braided dsb
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
toms22
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 21
Joined: 15 Jul 2019, 09:30
Location: Purwokerto
Daily Vehicle: Jazz ge8

Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?

Post by toms22 »

Ane pakai mobil crv rm gen 4 umur 6 bulan beli 2nd, kemarin ane pakai utk rute purwokerto-batu(malang), sewaktu lewat tol ane geber terus pakai mode S auto, kisaran 100-120 ramai lancar, 140 sepi, 160 take over. Nah ane kondisi seperti itu krg lbh 1.5jam -2 jam di tol, habis itu biasa istirahat masuk rest area.
Nah temen ane ada yg kaget karena ane pakai mode S trs di tol dalam kondisi kecepatan tinggi, kata tmn ane seharusnya pakai mode D aja, dan S hanya utk take over, dengan asumsi kondisi menyetir seperti ane pasti bakal sering gonta ganti mode selama di tol karena lg padat.
Menurut agan2 mana yg bener dan bagus buat mobil? Dibiarin di mode S terus2an selama sekian waktu atau gonta ganti mode terus2an? :big_think:
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2281
Joined: 23 Jan 2008, 08:48

Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?

Post by ilhami »

rasanya tidak masalah
https://otomania.gridoto.com/read/24118 ... obil-matik

Ada juga simbol huruf S, yang artinya Sport. Biasanya, mobil-mobil Honda ada huruf ini. Saat tuas dipindah ke S, komputer akan mengatur besaran torsi dan tenaga untuk melaju lebih responsif. Fungsinya sama dengan D, tapi S akan lebih agresif.
User avatar
arief225
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 282
Joined: 10 Feb 2017, 13:26
Daily Vehicle: CRV

Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?

Post by arief225 »

ilhami wrote:rasanya tidak masalah
https://otomania.gridoto.com/read/24118 ... obil-matik

Ada juga simbol huruf S, yang artinya Sport. Biasanya, mobil-mobil Honda ada huruf ini. Saat tuas dipindah ke S, komputer akan mengatur besaran torsi dan tenaga untuk melaju lebih responsif. Fungsinya sama dengan D, tapi S akan lebih agresif.
Setahu saya begini
Di mode D yg diutamakan oleh mereka adalah efisiensi bbm dan ke awetan mesin, jadi klo di mode transmisi D itu klo 5at honda biasanya di bawah 2000rpm udah ganti gear klo bejek ganti gearnya paling di rpm 4000an ganti gear, klo di cvt saat akselerasi ringan rpm 1700an saat bejek gas paling 4000.

Di mode S yg diutamakan oleh para enginering adalah performa, sehingga konsumsi bbm diabaikan. Ketika di mode transmisi S pada 5 at makan gear akan berpindah pada rpm di puncak torsi mungkin di kisaran 4000an dan ketika tancap gas bakal dekat redline. Kalau di cvt itu cruising bakal di 3000rpm keatas, saat bejek gas bakal sampai mepet mepet redline.

Hasil ini dari filling bawa sendiri dan Coba sendiri dengan mobil sehari hari yaitu crv 2400 5at tahun 2014 dan crv 1500tc cvt 2017.
User avatar
arief225
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 282
Joined: 10 Feb 2017, 13:26
Daily Vehicle: CRV

Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?

Post by arief225 »

toms22 wrote:Ane pakai mobil crv rm gen 4 umur 6 bulan beli 2nd, kemarin ane pakai utk rute purwokerto-batu(malang), sewaktu lewat tol ane geber terus pakai mode S auto, kisaran 100-120 ramai lancar, 140 sepi, 160 take over. Nah ane kondisi seperti itu krg lbh 1.5jam -2 jam di tol, habis itu biasa istirahat masuk rest area.
Nah temen ane ada yg kaget karena ane pakai mode S trs di tol dalam kondisi kecepatan tinggi, kata tmn ane seharusnya pakai mode D aja, dan S hanya utk take over, dengan asumsi kondisi menyetir seperti ane pasti bakal sering gonta ganti mode selama di tol karena lg padat.
Menurut agan2 mana yg bener dan bagus buat mobil? Dibiarin di mode S terus2an selama sekian waktu atau gonta ganti mode terus2an? :big_think:
Selama saya pakai crv rm dari 2014 sampai saat ini sih aman aman aja om, kondisi ngebut dan high rpm paling bbm boros banget pake crv rm 2400 haha. Oh ya dan kudu sering ganti oli matic, jangan sampe kotor takut mampet saluran olinya rontok nanti. Saya ganti tiap 25rb dan kuras di 75rb. Sekrang mobil sudah 130rb an km.
Sama klo high rpm kudu sering cek air radiator om, takut kering. Karna high rpm itu mesin dan transmisi lebih panas dari pada jalan santai.
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: 13 Sep 2015, 10:08

Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?

Post by evanbngdor »

Barusan kemarin saya abis roadtrip pake GNKI D4D manual, selama perjalanan dari Tangerang-Surabaya mesin mobil hanya mati waktu isi solar di RA 429. Kondisi mesin selalu digeber RPM tinggi karena rasio final gear nya kasar. So far ngga ada masalah sih, coolant radiator juga ngga berkurang secara visual.
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
carvadrive
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 26
Joined: 24 Jan 2017, 23:29

Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?

Post by carvadrive »

Izin sharing.

Saya dan keluarga baru aja ngalamin, pake alphard yg ban dan olinya relatif baru. Mobil dipake jalan2 ke Blitar dari Jakarta, nginep di Blitar, dan pulangnya mampir muter2 di Jakarta. Pulang ke Jakarta, tiba2 di KM 290 sebelum exit tol Tegal, mesin tiba2 stall. Di derek dan cek di Nasmoco Tegal, menurut ternyata metal nya sdh kena.
Padahal di jalan hampir ngga kerasa apa2 sebelumnya, mesin pun masih sanggup lari smooth sampe 150 km/h.
carvadrive
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 26
Joined: 24 Jan 2017, 23:29

Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?

Post by carvadrive »

Maaf maksudnya dari Blitar, pulangnya sempet muter2 di Jogja
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2507
Joined: 03 Jul 2013, 13:23
Location: Indonesia

Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?

Post by KielConstantine »

Gw kita si venturtle lagi, nge-necroin thread tua..

Thx for sharing om @carv
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?

Post by ChZ »

carvadrive wrote: 30 Oct 2020, 09:50 Izin sharing.

Saya dan keluarga baru aja ngalamin, pake alphard yg ban dan olinya relatif baru. Mobil dipake jalan2 ke Blitar dari Jakarta, nginep di Blitar, dan pulangnya mampir muter2 di Jakarta. Pulang ke Jakarta, tiba2 di KM 290 sebelum exit tol Tegal, mesin tiba2 stall. Di derek dan cek di Nasmoco Tegal, menurut ternyata metal nya sdh kena.
Padahal di jalan hampir ngga kerasa apa2 sebelumnya, mesin pun masih sanggup lari smooth sampe 150 km/h.
alphard thn brp om?

sering liat alphard gen 1-2 overhaul mesin di bengkel...

jd penasaran kayaknya emang mekanikalnya alphard ini agak kurang kuat ya :big_think:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: 19 Apr 2014, 10:45

Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?

Post by maastricht889 »

carvadrive wrote: 30 Oct 2020, 09:50 Izin sharing.

Saya dan keluarga baru aja ngalamin, pake alphard yg ban dan olinya relatif baru. Mobil dipake jalan2 ke Blitar dari Jakarta, nginep di Blitar, dan pulangnya mampir muter2 di Jakarta. Pulang ke Jakarta, tiba2 di KM 290 sebelum exit tol Tegal, mesin tiba2 stall. Di derek dan cek di Nasmoco Tegal, menurut ternyata metal nya sdh kena.
Padahal di jalan hampir ngga kerasa apa2 sebelumnya, mesin pun masih sanggup lari smooth sampe 150 km/h.
Alphard th berapa om ini?
User avatar
Jambangan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2726
Joined: 08 Feb 2012, 18:57
Location: Bekasi
Daily Vehicle: 2013 Honda Vario 125

Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?

Post by Jambangan »

carvadrive wrote: 30 Oct 2020, 09:50 Izin sharing.

Saya dan keluarga baru aja ngalamin, pake alphard yg ban dan olinya relatif baru. Mobil dipake jalan2 ke Blitar dari Jakarta, nginep di Blitar, dan pulangnya mampir muter2 di Jakarta. Pulang ke Jakarta, tiba2 di KM 290 sebelum exit tol Tegal, mesin tiba2 stall. Di derek dan cek di Nasmoco Tegal, menurut ternyata metal nya sdh kena.
Padahal di jalan hampir ngga kerasa apa2 sebelumnya, mesin pun masih sanggup lari smooth sampe 150 km/h.
Hmm alphard tahun brp om?
Mesin 2AZ 2.4 L kah??
Kalo iya yg 2.4 di amrik sana emang ada cacat di desain ring pistonnya. Banyak yg jebol kehabisan oli karena mesin makan oli
Atau bisa jadi oil sludge jg jadi oli ga naik akhirnya kena metal2
Pernah malem2 di parkiran mcd ada camry xv30 2.4 mesin kasar bgt pas idle di parkiran. Suara kletek2 dari arah head kyknya oli ga naik
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11280
Joined: 08 Apr 2008, 17:12

Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?

Post by Omnibus »

carvadrive wrote: 30 Oct 2020, 09:50 Izin sharing.

Saya dan keluarga baru aja ngalamin, pake alphard yg ban dan olinya relatif baru. Mobil dipake jalan2 ke Blitar dari Jakarta, nginep di Blitar, dan pulangnya mampir muter2 di Jakarta. Pulang ke Jakarta, tiba2 di KM 290 sebelum exit tol Tegal, mesin tiba2 stall. Di derek dan cek di Nasmoco Tegal, menurut ternyata metal nya sdh kena.
Padahal di jalan hampir ngga kerasa apa2 sebelumnya, mesin pun masih sanggup lari smooth sampe 150 km/h.
pakai oli apa om? dan "relatif baru" nya oli sdh jalan brp km?

hrsnya cuma rute segitu ga kenapa2 sih kecuali mungkin kl digeber mentok redline terus2an dr ujung ke ujung.
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1476
Joined: 06 Jan 2019, 09:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?

Post by MSU »

Omnibus wrote: 30 Oct 2020, 11:47
carvadrive wrote: 30 Oct 2020, 09:50 Izin sharing.

Saya dan keluarga baru aja ngalamin, pake alphard yg ban dan olinya relatif baru. Mobil dipake jalan2 ke Blitar dari Jakarta, nginep di Blitar, dan pulangnya mampir muter2 di Jakarta. Pulang ke Jakarta, tiba2 di KM 290 sebelum exit tol Tegal, mesin tiba2 stall. Di derek dan cek di Nasmoco Tegal, menurut ternyata metal nya sdh kena.
Padahal di jalan hampir ngga kerasa apa2 sebelumnya, mesin pun masih sanggup lari smooth sampe 150 km/h.
pakai oli apa om? dan "relatif baru" nya oli sdh jalan brp km?

hrsnya cuma rute segitu ga kenapa2 sih kecuali mungkin kl digeber mentok redline terus2an dr ujung ke ujung.
saya malah kepingin nanya oli-nya relatif baru tu beli di mana...apa mgkn kena acdc
carvadrive
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 26
Joined: 24 Jan 2017, 23:29

Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?

Post by carvadrive »

pakai oli apa om? dan "relatif baru" nya oli sdh jalan brp km?

hrsnya cuma rute segitu ga kenapa2 sih kecuali mungkin kl digeber mentok redline terus2an dr ujung ke ujung.
[/quote]

TGMO Om, blm ada 700 Km semenjak ganti oli. Kalo mobil nya jarak tempuh nya memang udh agak tinggi, lebih dari 180rb Km.

Mgkn emg udh waktunya
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1476
Joined: 06 Jan 2019, 09:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?

Post by MSU »

carvadrive wrote: 30 Oct 2020, 12:35 pakai oli apa om? dan "relatif baru" nya oli sdh jalan brp km?

hrsnya cuma rute segitu ga kenapa2 sih kecuali mungkin kl digeber mentok redline terus2an dr ujung ke ujung.
TGMO Om, blm ada 700 Km semenjak ganti oli. Kalo mobil nya jarak tempuh nya memang udh agak tinggi, lebih dari 180rb Km.

Mgkn emg udh waktunya
[/quote]

feeling saya...kalo metal rusak karena usia..mgkn ga sampe stall..ini lebih mirip oli ga bisa sirkulasi
ntah krn mampet atau kehabisan oli apalg sebelumnya bs lari 150km/h
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4324
Joined: 08 Dec 2013, 23:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X
Contact:

Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?

Post by ginting »

MSU wrote: 30 Oct 2020, 12:47
carvadrive wrote: 30 Oct 2020, 12:35 pakai oli apa om? dan "relatif baru" nya oli sdh jalan brp km?

hrsnya cuma rute segitu ga kenapa2 sih kecuali mungkin kl digeber mentok redline terus2an dr ujung ke ujung.
TGMO Om, blm ada 700 Km semenjak ganti oli. Kalo mobil nya jarak tempuh nya memang udh agak tinggi, lebih dari 180rb Km.

Mgkn emg udh waktunya
feeling saya...kalo metal rusak karena usia..mgkn ga sampe stall..ini lebih mirip oli ga bisa sirkulasi
ntah krn mampet atau kehabisan oli apalg sebelumnya bs lari 150km/h
[/quote]

feeling saya sih ini kasus "starving of lubricant".

makin kenceng mobil maka makin kenceng muter itu crank-shaft. maka olinya juga harusnya makin kenceng masuk ke celah celah gap antar metal parts.

nah, saat digeber 150 kmpj itu, entar krn sludge atau dll - maka olinya tidak melumasi dengan baik semua permukaan yg saling bergesekan.
maka dari itu terjadi friksi tanpa oli yg memadai,,

oli kelihatannya masih bisa bersirkulasi, tp tidak memadai..

makanya kena metal-nya.
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5684
Joined: 05 Jun 2014, 20:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?

Post by sintoni »

Alpat taun berapa? Kilometer berapa?

TGMO beli dimana? Kalau beli onlen sih...........
carvadrive
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 26
Joined: 24 Jan 2017, 23:29

Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?

Post by carvadrive »

alphard thn brp om?

sering liat alphard gen 1-2 overhaul mesin di bengkel...

jd penasaran kayaknya emang mekanikalnya alphard ini agak kurang kuat ya :big_think:
[/quote]

Tahun 2014 Om, memang KM nya sudah tinggi 180rb KM lebih. Kalo ngga salah masih mesin 2.4.

Memang 2 menit sebelum stall, indikator oli nyala, dan di gas sudah ngga enak. Rasanya tenaganya loss. Blm smpt ketemu rest area, tiba2 mati mesinnya.

Apa mgkn emg dpt oli palsu. Entahlah.

Tp sblmnya dr Jakarta udh jalan kurang lebih 2.000 KM, baik2 aja si.

Mohon maaf ngidupin treat tua, makasih suhu.
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post