Aditif buat bensin (PolyEtherAmine , dll...)

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: sh00t, akbarfit, avantgardebronze, Ryan Steele, r12qiSonH4ji

Post Reply
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21767
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Mengenal PolyEtherAmine, zat detergent penting untuk ben

Post by Turboman »

Dari URL yg diberikan :
http://bbs.scoobynet.com/drivetrain-11/ ... iming.html

"Broquet is supplied as a number of tin alloy hemispherical pellets contained in wire mesh for insertion in the fuel tank OR in a steel cartridge for direct insertion in the fuel line. We supply the in-tank version for most cars."

Nah jelas ini......berarti dia menambah zat Pb ke dalam BBM (Tin = Timah)......ini bukan katalis, tapi spt melarutkan gula ke air teh.....dia melarutkan Pb ke BBM scr pelan2.

Spt kita ketahui bersama kalau Timbal (TEL) adalah zat peningkat Oktan paling efektif dan paling ekonomis serta bersifat melumasi katup di ruang bakar (valve seat lubricant), tapi jeleknya ya efeknya buruk bagi mahluk hidup / manusia.....maka itu penggunaan Timbal pada bensin sudah dilarang di hampir semua negara di seluruh dunia.

Adanya zat timbal juga akan meracuni Catalytic Converter

Lalu jika kandungan Timbal pada bensin terlalu tinggi juga akan menyebabkan endapan pada busi :
Image
Lead fouling usually appears as yellowish brown deposits on the insulator nose. This can not be detected by a resitsance tester at room temperature. Lead compounds combine at different temperatures. Those formed at 370-470°C (700-790°F) having the greatest influence on lead resistance.
http://www.ngksparkplugs.com/tech_suppo ... aqread.asp

Juga senyawa Timbal Padat dicemplungin ke bensin, bagaimana dengan resiko endapan di dasar tangki & filter bensin ? Maka sesekali tangki bensin boleh diturunkan utk di check.

Aplikasi TEL pada saat ini :
sebetulnya TEL masih digunakan secara terbatas utk aplikasi tertentu spt bensin utk aviasi (AvGas) hanya saja dari tahun ke tahun kadar Pb nya ya terus dikurangi juga.

Nah yah kembali kepada user..........semua adalah pilihan :mrgreen:


@white sportage :
Ikan bakar di UPG skg yg paling enak apa ji ?
Biasanya saya makan kalo nggak di CH / A Pong.......cuman skg CH udah mahal yah
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2037
Joined: 23 Jan 2008, 08:48

Re: Mengenal PolyEtherAmine, zat detergent penting untuk ben

Post by ilhami »

Kalau tin = timah
lead = timbal/pb

coba broquet bekas nya dibongkar trus dilihat isinya.
white_sportage
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 36
Joined: 16 Sep 2012, 12:32

Re: Mengenal PolyEtherAmine, zat detergent penting untuk ben

Post by white_sportage »

Turboman wrote:@white sportage :
Lha, anda ini distributor atau sales Broquet kah ?

kalau saya pribadi gak sreg dengan Broquet kenapa anda yg tersinggung berat ? :mrgreen:

Setiap orang tentu punya berhak memilih donk.........ini ya preferensi saya & saya khan gak memaksakan pendapat saya kpd orang lain....... :mrgreen:

Well kalau memang barang tsb anda dapatkan di mobil yg anda beli 2nd ya wes........kalau memang penasaran yah kita lakukan uji Mythbuster aja dah :
- Kalau pas kuras tangki, barang tsb keluarkan dari tangki
- Siapkan bejana dari kaca, lalu rendam dengan bensin yg kita pastikan bebas Timbal, misalnya Shell V Power selama seminggu
- Sesudah itu hasil rendaman bensin dgn benda itu dibawa ke Petrolab, nanti di test angka Oktan-nya dan juga kandungan zat logam, apakah ada jadi mengandung Pb / MMT / Ferrocene, etc.

Kalau memang mau, saya rela patungan, biar kita gak penasaran, Petrolab paling murah utk test BBM

Maaf om.......sebelum anda menuduh saya gak open minded / kaca mata kuda, sebaiknya om coba deh lebih banyak melihat berbagai aksesoris / perangkat tambahan yg claim bisa ini itu buat mobil, perhatikan modus marketing-nya.......maka itu di forum2 luar sampai ada istilah Snake Oil.....apa makna Snake Oil tsb ?

Jujur aja saya selama hidup pernah bbrp X mencoba benda kategori Snake Oil juga spt :
- Berbagai engine treatment / Oil treatment, dari yg harga menengah sampai yg mahal yg katanya pake PTFE
- Berbagai additive bahan bakar yg gak jelas punya (namanya juga demen experiment...hehe)
- Magnet saluran BBM

Hasilnya sebagian besar tidak sesuai harapan, malah ada yg gak terasa efeknya.

Mengenai katalis = setahu yg saya ketahui katalis2 biasanya bekerja harus dengan suhu tertentu, biasanya pada panas tertentu.......

Yuk dah kalau mau kita test pembuktian aja, apa yg terjadi pada BBM sesudah direndam benda tsb selama seminggu........daripada debat asumsi gak ada gunanya juga
:mrgreen:


P.S. :
kalau soal engine treatment, saya nggak menyengkal kalau akhir2 ada bbrp jenis engine treatment yg diakui oke kinerjanya, yg test bbrp teman saya yg kritis dalam penilaian & rencananya saya mau test di Katana tua saya yg udah suka "nguapin oli mesin melulu" :mrgreen:
Nah...komen seperti ini yang lebih bagus Pak!
Sori kalau Pak Turbo tersengat dengan cara komen saya.
Saya sengaja menyentil Pak Turbo yang saya amati dari beberapa thread selalu bereaksi sinis & apatis terhadap sesuatu yang tidak anda percayai padahal anda pun belum pernah mencobanya.
Di forum luar negeri memang juga banyak yang sinis dan suka men-judge negatif terhadap suatu produk...tapi mereka hanya omdo dan berteori.
Yang suka mengatakan "snake oil" tidak ada juga yang bisa membuktikan secara ilmiah bualannya. Hanya berteori juga toh?
Entah golongan orang ini memang dasarnya tidak open minded atau memang sengaja BC.
Makanya saya lebih senang baca thread yang berimbang komen pro & contra-nya, kemudian mengambil kesimpulan sendiri.

Tidak percaya terhadap produk tertentu adalah hak anda tapi jangan sampai terlihat konyol dengan langsung memberi cap/label negatif tanpa membuktikannya lebih dahulu.
Mungkin Pak Turbo tetap tidak terima, tapi coba instrospeksi diri atau coba bandingkan dengan kebijaksanaan master SM Pak Penyu Turbo yang entah ada di mana sekarang.
Turboman wrote:Broquet is supplied as a number of tin alloy hemispherical pellets contained in wire mesh for insertion in the fuel tank OR in a steel cartridge for direct insertion in the fuel line. We supply the in-tank version for most cars."

Nah jelas ini......berarti dia menambah zat Pb ke dalam BBM (Tin = Timah)......ini bukan katalis, tapi spt melarutkan gula ke air teh.....dia melarutkan Pb ke BBM scr pelan2.

Spt kita ketahui bersama kalau Timbal (TEL) adalah zat peningkat Oktan paling efektif dan paling ekonomis serta bersifat melumasi katup di ruang bakar (valve seat lubricant), tapi jeleknya ya efeknya buruk bagi mahluk hidup / manusia.....maka itu penggunaan Timbal pada bensin sudah dilarang di hampir semua negara di seluruh dunia.
Setahu saya timah (Tin) itu bukan timbal (Pb).
Saya juga belum tahu efek timah terhadap fuel seperti apa, tapi ide anda untuk merendam broquet dalam fuel & kemudian di-uji lab sepertinya layak dicoba.
Tapi apa tidak terjadi perubahan komposisi dalam pengiriman ke Jakarta? Mengingat bahan cair tidak bisa dikirim lewat air freight..
Turboman wrote:@white sportage :
Ikan bakar di UPG skg yg paling enak apa ji ?
Biasanya saya makan kalo nggak di CH / A Pong.......cuman skg CH udah mahal yah
Waduhh..kelas saya hanya warung pinggir jalan Pak.. :big_blushing:
Paling mentok juga di Lae-lae atau Ratu Gurih..
Soalnya kalau soal rasa, warung sea food di Makassar bisa dibilang hampir sama kok. Bedanya hanya tempat, suasana, & embel - embel lainnya... :mky_01:
white_sportage
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 36
Joined: 16 Sep 2012, 12:32

Re: Mengenal PolyEtherAmine, zat detergent penting untuk ben

Post by white_sportage »

ilhami wrote:Kalau tin = timah
lead = timbal/pb

coba broquet bekas nya dibongkar trus dilihat isinya.
Isinya kayak permen mentos Pak...bedanya yang ini terbuat dari logam & ukurannya sedikit lebih besar.
Makanya saya heran bagaimana caranya bisa memberi efek positif ke fuel???
Sayangnya saya tidak kepikiran untuk keluarkan dari tangki bensin waktu kuras tangki lalu, jadi bisa dibandingin rata - rata kinerja mesin saat pakai & tidak pakai broquet.
Kalau mau bongkar tangki dalam waktu dekat....mikir 2 kali...rasa pegelnya belum hilang... :mky_01:

Pak Ecco yang sudah kasih testimoni positif, tapi baru 1 testimoni jadi belum bisa dijadikan pegangan.
Paling bagus memang uji lab...
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21767
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Mengenal PolyEtherAmine, zat detergent penting untuk ben

Post by Turboman »

Hehe....saya punya alasan tersendiri utk mencoba atau menghindari produk2 tertentu.......

Ibaratnya seperti mengelola asset, apakah kita mau naruh duit di perusahaan investasi yg gak jelas ? Atau misalnya membeli property di lokasi yg benar2 gak prospektif atau menaruh duit di bank yg benar2 gurem ?

Jika ada orang yg berani mencoba semuanya yah maka itu ada pilihannya.

Kalau saya pribadi dalam mencoba berbagai produk saya punya acuan tertentu, dan juga batasan soal harga utk produk yg sifatnya "experimental" ataukah produk tsb benar2 akan menjadi andalan utama.

Memang saya ini type konsumen yg kritis yg tidak mudah percaya berbagai hal.....inilah saya........... :mrgreen:

Juga sebetulnya postingan saya di awal khan hanya bersifat opini pribadi aja, dimana saya menulis kalau saya pribadi......apa ane larang orang lain utk memberikan opini thd produk yg ditanyakan ? enggak khan......hehehehehe

Biasanya memang di setiap postingan sy selalu tulis IMO ajah (In my Opinion ajah) & CMIIW......cuman saat itu lupa ketulis. :mrgreen:

Penutup kata :
jadi kalau ada rekan2 lain yg punya pengamatan thd Broquet maka monggo utk sharing.......opini objektif akan sangat kita hargai.

white_sportage wrote: Nah...komen seperti ini yang lebih bagus Pak!
Sori kalau Pak Turbo tersengat dengan cara komen saya.
Saya sengaja menyentil Pak Turbo yang saya amati dari beberapa thread selalu bereaksi sinis & apatis terhadap sesuatu yang tidak anda percayai padahal anda pun belum pernah mencobanya.
Di forum luar negeri memang juga banyak yang sinis dan suka men-judge negatif terhadap suatu produk...tapi mereka hanya omdo dan berteori.
Yang suka mengatakan "snake oil" tidak ada juga yang bisa membuktikan secara ilmiah bualannya. Hanya berteori juga toh?
Entah golongan orang ini memang dasarnya tidak open minded atau memang sengaja BC.
Makanya saya lebih senang baca thread yang berimbang komen pro & contra-nya, kemudian mengambil kesimpulan sendiri.

Tidak percaya terhadap produk tertentu adalah hak anda tapi jangan sampai terlihat konyol dengan langsung memberi cap/label negatif tanpa membuktikannya lebih dahulu.
Mungkin Pak Turbo tetap tidak terima, tapi coba instrospeksi diri atau coba bandingkan dengan kebijaksanaan master SM Pak Penyu Turbo yang entah ada di mana sekarang.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21767
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Mengenal PolyEtherAmine, zat detergent penting untuk ben

Post by Turboman »

Enak sih kalau Broquet-nya ada di Jkt......kita bisa lakukan uji ala mythbuster.....rendam di bejana dgn bensin Shell V Power, abis itu bensinnya bawa ke Petrolab kita test apa si bensin jadi mengandung unsur logam gak.

di Petrolab kita bisa test 1 atau 2 parameter aja, biayanya jadi lebih murah.

atau mungkin yg lebih praktis yah dibawa ke lab yg bisa menganalisa jenis logam, jadi bola2 Broquet tsb dketok dikit pakai martil dan obeng, pecahannya kita test......apa isinya......xixixiixixixixixiixixixi

Kalau biaya test-nya gak mahal (ratusan rebu) ane mau patungan.......just curious aja

:mrgreen:
white_sportage wrote: Setahu saya timah (Tin) itu bukan timbal (Pb).
Saya juga belum tahu efek timah terhadap fuel seperti apa, tapi ide anda untuk merendam broquet dalam fuel & kemudian di-uji lab sepertinya layak dicoba.
Tapi apa tidak terjadi perubahan komposisi dalam pengiriman ke Jakarta? Mengingat bahan cair tidak bisa dikirim lewat air freight..
white_sportage
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 36
Joined: 16 Sep 2012, 12:32

Re: Mengenal PolyEtherAmine, zat detergent penting untuk ben

Post by white_sportage »

Turboman wrote:Hehe....saya punya alasan tersendiri utk mencoba atau menghindari produk2 tertentu.......

Ibaratnya seperti mengelola asset, apakah kita mau naruh duit di perusahaan investasi yg gak jelas ? Atau misalnya membeli property di lokasi yg benar2 gak prospektif atau menaruh duit di bank yg benar2 gurem ?

Jika ada orang yg berani mencoba semuanya yah maka itu ada pilihannya.

Kalau saya pribadi dalam mencoba berbagai produk saya punya acuan tertentu, dan juga batasan soal harga utk produk yg sifatnya "experimental" ataukah produk tsb benar2 akan menjadi andalan utama.

Memang saya ini type konsumen yg kritis yg tidak mudah percaya berbagai hal.....inilah saya........... :mrgreen:

Juga sebetulnya postingan saya di awal khan hanya bersifat opini pribadi aja, dimana saya selalu menulis kalau saya pribadi......apa ane larang orang lain utk memberikan opini thd produk yg ditanyakan ? enggak khan......hehehehehe

Biasanya memang di setiap postingan sy selalu tulis IMO ajah (In my Opinion ajah) & CMIIW......cuman saat itu lupa ketulis. :mrgreen:

Penutup kata :
jadi kalau ada rekan2 lain yg punya pengamatan thd Broquet maka monggo utk sharing.......opini objektif akan sangat kita hargai.
Yes...hak setiap orang untuk percaya atau tidak percaya.
Yang harus dihindari menurut saya adalah tindakan atau komen yang memberi cap / label negatif sebelum kita sendiri mencobanya.
Setiap komen yang kita berikan apalagi di forum terbuka walaupun hanya dunia maya, sepantasnya kalau bisa kita pertanggung jawabkan.
Jadi kalau hanya sebatas pandangan tanpa pengalaman, lebih bagus dikatakan tidak percaya bla..bla..bla.. daripada tidak bagus, tidak benar, tidak jelas, bla..bla..bla..
Bukan begitu Pak Turbo?
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21767
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Mengenal PolyEtherAmine, zat detergent penting untuk ben

Post by Turboman »

Ini kesimpulan utk perawatan di mobil om white sportage :

Utk perawatan mesin / campuran BBM, kalau saya di posisi om sportage maka saya akan tetap mencampur zat detergent ke bensin, the well known is PEA

Berhubung Broquet sudah ada di dalam tangki yah biarkan aja, paling kita monitor dari warna busi setelah lewat 15 rb Km, apa busi berwarna coklat muda kering ataukah ada endapan :
- Kuning
- merah bata

Kalau misal ada endapan........sejauh endapannya bersifat tipis dan gak sampai tebal serta tidak menyebabkan kegagalan kerja pada busi yah gak masalah.......tapi kalau misalnya jalan 15 rb Km endapan di busi sudah sgt tebal maka yah keluarkan aja benda tsb dr tangki

Buat test ini enak kita pakai busi baru, jadi kita buat catatan utk 15 rb / 20 rb Km ke depannya.....heheheh

Selamat mencoba
white_sportage
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 36
Joined: 16 Sep 2012, 12:32

Re: Mengenal PolyEtherAmine, zat detergent penting untuk ben

Post by white_sportage »

Turboman wrote:Enak sih kalau Broquet-nya ada di Jkt......kita bisa lakukan uji ala mythbuster.....rendam di bejana dgn bensin Shell V Power, abis itu bensinnya bawa ke Petrolab kita test apa si bensin jadi mengandung unsur logam gak.

di Petrolab kita bisa test 1 atau 2 parameter aja, biayanya jadi lebih murah.

atau mungkin yg lebih praktis yah dibawa ke lab yg bisa menganalisa jenis logam, jadi bola2 Broquet tsb dketok dikit pakai martil dan obeng, pecahannya kita test......apa isinya......xixixiixixixixixiixixixi

Kalau biaya test-nya gak mahal (ratusan rebu) ane mau patungan.......just curious aja

:mrgreen:
Saya punya teman yang kerja di perusahaan yang punya lab pengujian logam, kalau saya tidak salah namanya MT Test.
Nanti saya coba contact dia, mudah-mudahan masih kerja di sana, siapa tau bisa dibantu cek kandungan logamnya.
Tapi setelah tau kandungan logamnya, apa bisa dianalisa fungsinya sebagai catalyst di suhu rendah seperti tangki bbm?
white_sportage
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 36
Joined: 16 Sep 2012, 12:32

Re: Mengenal PolyEtherAmine, zat detergent penting untuk ben

Post by white_sportage »

Turboman wrote:Ini kesimpulan utk perawatan di mobil om white sportage :

Utk perawatan mesin / campuran BBM, kalau saya di posisi om sportage maka saya akan tetap mencampur zat detergent ke bensin, the well known is PEA

Berhubung Broquet sudah ada di dalam tangki yah biarkan aja, paling kita monitor dari warna busi setelah lewat 15 rb Km, apa busi berwarna coklat muda kering ataukah ada endapan :
- Kuning
- merah bata

Kalau misal ada endapan........sejauh endapannya bersifat tipis dan gak sampai tebal serta tidak menyebabkan kegagalan kerja pada busi yah gak masalah.......tapi kalau misalnya jalan 15 rb Km endapan di busi sudah sgt tebal maka yah keluarkan aja benda tsb dr tangki

Buat test ini enak kita pakai busi baru, jadi kita buat catatan utk 15 rb / 20 rb Km ke depannya.....heheheh

Selamat mencoba
Wahh...thanks advice-nya Pak Turbo.
Kalau dari pengamatan warna busi, warnanya coklat cenderung merah bata.
Endapan yang dimaksud apa di celah insulator & drat businya ya?
Kalau di electrode baik positif maupun negatif kayaknya gak ada endapan hanya kerak tipis yang dengan mudah dikeluarkan dengan menggunakan kertas amplas.
Apa ini yang dimaksud endapan?
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21767
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Mengenal PolyEtherAmine, zat detergent penting untuk ben

Post by Turboman »

Maap ya om....ane gak pernah menulis tidak bagus, tidak benar.......ane hanya tulis tidak jelas

kalau soal gak jelas ya memang saya pribadi melihat produk tsb "nggak jelas" baik dr isi maupun mekanisme kerjanya scr teknikal, sy pernah liat2 brosurnya.

saya juga tidak pernah menulis bahwa produk tsb. "nggak ada efeknya" scr butt-o-meter.......

Kesalahan saya di postingan saya itu dimana ane terlewat menulis just IMO & CMIIW ajah......

Oke deh yah perdebatan cukup stop sampai sini aja.

salam damai
:big_peace:
white_sportage wrote: Yes...hak setiap orang untuk percaya atau tidak percaya.
Yang harus dihindari menurut saya adalah tindakan atau komen yang memberi cap / label negatif sebelum kita sendiri mencobanya.
Setiap komen yang kita berikan apalagi di forum terbuka walaupun hanya dunia maya, sepantasnya kalau bisa kita pertanggung jawabkan.
Jadi kalau hanya sebatas pandangan tanpa pengalaman, lebih bagus dikatakan tidak percaya bla..bla..bla.. daripada tidak bagus, tidak benar, tidak jelas, bla..bla..bla..
Bukan begitu Pak Turbo?
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21767
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Mengenal PolyEtherAmine, zat detergent penting untuk ben

Post by Turboman »

Nah....sharing yg menarik nich :frm_tumbright:

Endapan coba perhatikan di elektrode negatip-nya (yg kayak kait), juga di daerah sekitar ujung insulator dekat elektroda positip

Kalau busi yg sehat dari BBM yg "bebas unsur logam" atau kandungan logam-nya amat sgt sedikit sekali, warna busi-nya coklat muda kering kayak di web berikut yg Normal condition :
http://www.ngksparkplugs.com/tech_suppo ... aqread.asp

Sekiranya berkenan utk upload foto penampakan elekroda businya pak

Thanks sebelumnya
white_sportage wrote: Kalau dari pengamatan warna busi, warnanya coklat cenderung merah bata.
Endapan yang dimaksud apa di celah insulator & drat businya ya?
Kalau di electrode baik positif maupun negatif kayaknya gak ada endapan hanya kerak tipis yang dengan mudah dikeluarkan dengan menggunakan kertas amplas.
Apa ini yang dimaksud endapan?
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26280
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Mengenal PolyEtherAmine, zat detergent penting untuk ben

Post by DOHC »

mengenai warna busi...

di tret ipah ane jg perna bahas soal warna busi ane... ipah ane cuman pake premium murni tanpa embel2 apa2 pun jg warna nya ada endapan tipis merah bata...

kayanya malah ini ada sesuatu di premium nehh.. :e-think: :e-think:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21767
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Mengenal PolyEtherAmine, zat detergent penting untuk ben

Post by Turboman »

DOHC wrote:mengenai warna busi...

di tret ipah ane jg perna bahas soal warna busi ane... ipah ane cuman pake premium murni tanpa embel2 apa2 pun jg warna nya ada endapan tipis merah bata...

kayanya malah ini ada sesuatu di premium nehh.. :e-think: :e-think:
weh weh

om DOHC ada rencana ganti busi gak dalam waktu dekat ? trus bisa amati lagi 10 rb Km ke depan

Kalo pengamatan ane di R20A sih selama ini pakai Pertamak biru (ga pernah isi premios) saat ane ganti busi selalu warnanya normal, coklat muda kering (bukan promosi Pertamik)

Lalu Dengar2 sih premios yg skg ini sebagian udah pakai gasoline yg medium - high spec, RON di atas 90, kadang 92 en kadang mau 95......karena premios sebagian import, si Pertamina ambil apa yg ready stock di luar, kalo pas yg ready yg RON tinggi yah diambil (katanya yah......tapi ingpo ini dari sumber yg kredibel)

Kalau udah begini apa masih ada zat zat logam di premios yah ?

Kalo yg ane denger sih kalo udah di SPBU then premios terkontaminasi air atau solar yah ada......yah u know dehhhhh
:big_biglaugh:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26280
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Mengenal PolyEtherAmine, zat detergent penting untuk ben

Post by DOHC »

ane ada foto nya om...

itu penampakan busi yg telah ane pake jalan sejauh +/-7000an km... rute mostly lurkot mulu... dgn settingan CO yg agak lean... makanya busi nya terutama kepala electrode nya ampe getas kering gt...

btw.. endapan tsb berada di leher, dan ujung electrode nya... ini faktor kamera hape ane jadul aja... warna asli jauhh lebi terang warna nya
warna busi.jpg
warna busi.jpg (954.39 KiB) Viewed 103 times
utk busi nomor 2,3,4 itu adalah penampakan si endapan merah itu... sdgkan busi nomor 1 endapan tsb sudah ane bersihkan sebagian shg yg terlihat warna hitam legam nya...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
ecco
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 943
Joined: 14 Aug 2013, 20:07

Re: Mengenal PolyEtherAmine, zat detergent penting untuk ben

Post by ecco »

Weleh2 sempet menarik juga nih masalah si broket. Ane klarifikasi pengalaman ane nih:
Setelah pasang tarikan mobil aerio ane mantab, kyk diisi ama pertamax atau plus, padahal isi premium. Nah kan promonya si broket itu tambah tenaga dan lebih irit - ane liat dan pasang di automall, dulu ampir tiap hari makan di sana selama 3 bulan. Tenaga terbukti, testimoni sopir ane. Masalah FC, udah kebiasaan ane kalo isi bbm itu pasti cek FC berapa sampe sekarang juga gitu, ternyata iklan si broket untuk yg FC lbh irit tidak ane dapatkan.

Setelah pasang broket, masih sempet coba mpg cap di mobil ane. Awal pakai ada keiritan, eh kebanyakan malah boros, sempet 1:7.5.
Matikan HP/SmartP/BB/iPhone dalam pesawat, Gak usah sok penting - kalo penting nggak naik kelas Ekonomi
User avatar
ecco
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 943
Joined: 14 Aug 2013, 20:07

Re: Mengenal PolyEtherAmine, zat detergent penting untuk ben

Post by ecco »

Turboman wrote:Coba aja MAF sensor dibersihkan pakai MAF sensor cleaner

semprot dikit2 aja, jangan kenceng2 krn kawat MAF sgt halus sekali
Apdet neh Om, Maf sukses dibersikan pakai crc maf cleaner, beli di ace 85rb.
tangan sempet berasa beku kesemprot itu cairan, kibas2 beberapa puluh kali...pasang balik. Hasilnya...nglitik sekedar tik tik udah nyaris ilang. Masih sempet ngalamin sih tapi udah bgs bgt ini, kemarin bawa mobil lewat rute biasa, dan saat rpm naik mau pindah gigi, yg dulu sering bunyi sekarang aman, hepi bgt nih...mobil ane sekarang tenang bgt waktu idle, trus tarikan juga ringan...lebih ringzn dibanding waktu pakai vpower wkwkwkwkwk...

Tanya lagi Om, jgn bosen yah.
waktu ac mobil aktif kan berasa ada getaran tuh...nah gimana caranya minimalkan getaran yg ini. Ane mau bikin itu yaris idup tapi tanpa getar kyk mesin mati :big_smoking:
nanti malem mau isi bbm sekalian ukur efek redline Sl-1
Matikan HP/SmartP/BB/iPhone dalam pesawat, Gak usah sok penting - kalo penting nggak naik kelas Ekonomi
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21767
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Mengenal PolyEtherAmine, zat detergent penting untuk ben

Post by Turboman »

Usia Yaris um sudah 3 tahun ?

Kalo iya maka bisa pertimbangkan ganti receiver dryer AC yg lokasinya di sisi kondensor.

Filter / Dryer AC kalau udah mampet akan bikin kerja kompressor AC lebih berat.
ecco wrote: Tanya lagi Om, jgn bosen yah.
waktu ac mobil aktif kan berasa ada getaran tuh...nah gimana caranya minimalkan getaran yg ini. Ane mau bikin itu yaris idup tapi tanpa getar kyk mesin mati :big_smoking:
nanti malem mau isi bbm sekalian ukur efek redline Sl-1
User avatar
ecco
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 943
Joined: 14 Aug 2013, 20:07

Re: Mengenal PolyEtherAmine, zat detergent penting untuk ben

Post by ecco »

Turboman wrote:Usia Yaris um sudah 3 tahun ?

Kalo iya maka bisa pertimbangkan ganti receiver dryer AC yg lokasinya di sisi kondensor.

Filter / Dryer AC kalau udah mampet akan bikin kerja kompressor AC lebih berat.
Nyaris 3 taon, nov ini. Siap ganti deh..thanks Om.
apdet isi bbm semalem setelah pakai pea redline, fc 1:11.5. Itu udah byk kena macet. Kesimpulan saat ini kerang super tambah pea redline dikit gak kalah sama pakai vpower :mky_08:
Matikan HP/SmartP/BB/iPhone dalam pesawat, Gak usah sok penting - kalo penting nggak naik kelas Ekonomi
7siera
Visitor
Visitor
Posts: 3
Joined: 13 Mar 2013, 12:11

Re: Mengenal PolyEtherAmine, zat detergent penting untuk ben

Post by 7siera »

Selamat siang om turboman & suhu SM'er

Salam kenal, ane newbie yang sering nambah pengetahuan dengan baca baca forum di seraya motor ini.
Mau tanya tentang RL SI-1 fuel cleaner, jadi ane nyoba pake produk ini, kemaren nuang
sekitar +- 150 ml ke 40L bensin buat mobile dengan odo 30K an. Setelah bensin habis perlu langsung ganti oli ga ya? atau bisa ditunggu sampai periode ganti oli yang kira kira masih 4000 km lagi?


Thanks
User avatar
ecco
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 943
Joined: 14 Aug 2013, 20:07

Re: Mengenal PolyEtherAmine, zat detergent penting untuk ben

Post by ecco »

7siera wrote:Selamat siang om turboman & suhu SM'er

Salam kenal, ane newbie yang sering nambah pengetahuan dengan baca baca forum di seraya motor ini.
Mau tanya tentang RL SI-1 fuel cleaner, jadi ane nyoba pake produk ini, kemaren nuang
sekitar +- 150 ml ke 40L bensin buat mobile dengan odo 30K an. Setelah bensin habis perlu langsung ganti oli ga ya? atau bisa ditunggu sampai periode ganti oli yang kira kira masih 4000 km lagi?


Thanks
kayaknya gak usah pakai ganti oli deh. Ane udah pakai 2x nih...
Matikan HP/SmartP/BB/iPhone dalam pesawat, Gak usah sok penting - kalo penting nggak naik kelas Ekonomi
Cloud
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 839
Joined: 05 Dec 2006, 07:46
Location: Yogyakarta

Re: Mengenal PolyEtherAmine, zat detergent penting untuk ben

Post by Cloud »

white_sportage wrote:Setahu saya timah (Tin) itu bukan timbal (Pb).
Saya juga belum tahu efek timah terhadap fuel seperti apa, tapi ide anda untuk merendam broquet dalam fuel & kemudian di-uji lab sepertinya layak dicoba.
Tapi apa tidak terjadi perubahan komposisi dalam pengiriman ke Jakarta? Mengingat bahan cair tidak bisa dikirim lewat air freight..
Timah (tin) beda sama timbal (Pb), meski beda, tapi tin juga merupakan logam berat. efek logam berat, baik timah, timbal, maupun merkuri, ada kemiripan,
Timah dapat meracuni syaraf (neurotoxin), mengakibatkan gangguan kemampuan belajar, berbicara, dan bertingkah laku. misalnya, penurunan IQ, penurunan prestasi sekolah, dan menjadi lebih agresif. kelompok yang rentan, wanita hamil dan anak2.
Keracunan timah juga dapat mengakibatkan keguguran, berkurangnya kesuburan pria/wanita, perubahan hormon, gangguan menstruasi, tertundanya pertumbuhan.
User avatar
ecco
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 943
Joined: 14 Aug 2013, 20:07

Re: Mengenal PolyEtherAmine, zat detergent penting untuk ben

Post by ecco »

Ada yng pernah coba gumout? Ane liat di ace ada tuh, sebotal cuman 30 sekian rb, botol kecil isi paling separo yg redline. Kalo ada yg pernah testi dong he he...kalo nggak ada, yah terpaksa ane nyang coba. Yg amsoil rada mahal neh 200an rb...
Matikan HP/SmartP/BB/iPhone dalam pesawat, Gak usah sok penting - kalo penting nggak naik kelas Ekonomi
User avatar
ecco
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 943
Joined: 14 Aug 2013, 20:07

Re: Mengenal PolyEtherAmine, zat detergent penting untuk ben

Post by ecco »

Jumat lalu ane iseng, sisa Redline Sl-1 yang masih byk ane tuang semua masuk tangki yang sisa 1/4 trus isi kerang 92 sampe full. Efeknya bukan bagus melainkan buruk - hasil pengamatan, gejala nglitik yang udah bisa dibilang nyaris ilang, balik lagi. Tadi jalan di tol sempet beberapa kali ngerasain nglitik dan bunyi2...emang betul yah segala yang berlebihan tidak baik :mky_01:
Matikan HP/SmartP/BB/iPhone dalam pesawat, Gak usah sok penting - kalo penting nggak naik kelas Ekonomi
User avatar
JESKONENG
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4362
Joined: 21 Apr 2007, 19:40

Re: Mengenal PolyEtherAmine, zat detergent penting untuk ben

Post by JESKONENG »

pada mbahas produk luwar negri yg muahal2 ya ...
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
Post Reply