1 LITER BBM BISA BERAPA KM - PART 03

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: F 272, b8099ok, ginting, FRD, artoodetoo, y_anjasrana

Post Reply
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5579
Joined: 28 Oct 2012, 11:58

Re: 1 LITER BBM BISA BERAPA KM - PART 03

Post by kompresorz »

PRBS wrote: 03 Jun 2020, 11:40
kompresorz wrote: 03 Jun 2020, 09:03
PRBS wrote: 18 May 2020, 14:12

185 kmh cuma 3000rpm, mantap betul om kompre :big_exellent:
itulah om.....

kalo udah rasain GD buat harian mah rasanya tak terganti.....apalg fortuner gagah keren....mobil strong...posisi nyetir nyaman....


mknya bnyk pertimbangan beli mobil bensin....

bensin gak akan bisa kalahin disel.....kcuali niat nyiksa diri...pulse n glide....mobil segede kepala truk canter...dr diam dibejek dikit bisa dongak kap mesin...


yahhh cuma kalah rpm atas top speeed....
betul om, ANKI aja masih mobil impian saya.. kebayang emang enaknya diesel untuk long roadtrip..
:big_exellent: ...

sabar aja om .....saya dl impian fortuner pertama kluar dr taun 2005..krn keburu beli CRV.....eh akhirnya kebeli skrg....mlh CRV skrg gw usir dr rumah... :big_slap:

gak nyesel rasain GD om....diesel skrg halus n strong....


saya aja skrg agak malas beli mobil bensin.....tenaganya keluar RPM atas...berisik....

walopun sekelas type r....


jalan rame stop n go gak bakalan se enak diesel....apalg kalo udah di tuning....murah meriah.....efeknya bertahun pemakaian....

kijang aja di pinjam sodara ampir 3 bulan buat pake cirebon tangerang gak ada kabar mesin rusak krn 24 jam ON Monmax....

apa gak ada kabar mobilnya udah tabrak.... :wkkk:

mesin jaminan kuat.....

wong dibuat untuk mobil kuli.....

truk aja sampe nyender baknya tetap aja naik gunung..... :big_biglaugh:
saturday
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 251
Joined: 28 Sep 2018, 08:31

Re: 1 LITER BBM BISA BERAPA KM - PART 03

Post by saturday »

FB_IMG_1591242099762.jpg
FB_IMG_1591242099762.jpg (89.25 KiB) Viewed 685 times
IMG_20200604_104323~2.jpg
IMG_20200604_104323~2.jpg (311.2 KiB) Viewed 685 times
405.3 km, isi sampe full 32.883 liter. 12.3 km/liter. Rute sekitar 40:60 dalkot-toll. Tapi ya masa PSBB dalkot Jakarta juga tidak macet-macet banget.
benzz89
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1027
Joined: 09 Feb 2008, 21:32

Re: 1 LITER BBM BISA BERAPA KM - PART 03

Post by benzz89 »

Masa2 PSBB sih memang paling nikmat bawa mobilnya.

Camry XV 2.4 bisa (ajaib) dapat 1:16,8 km/l rute 30% dalkot, 70% tol. Oli mesin Amsoil SS 0W-20, Oli ATF Q8 Auto JK, Bensin pertamax.
20200521_151500.jpg
20200521_151500.jpg (66.49 KiB) Viewed 672 times
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1528
Joined: 10 Nov 2015, 09:40
Daily Vehicle: Audi Q7 Diesel

Re: 1 LITER BBM BISA BERAPA KM - PART 03

Post by farizfsa »

Audi Q7 3000cc v6 diesel 2008
Dapet murmer, km tinggi, mbl lumayan sehat
EB5AE9FF-16FE-471A-AFAB-AD186F61E047.jpeg
EB5AE9FF-16FE-471A-AFAB-AD186F61E047.jpeg (360.41 KiB) Viewed 662 times
Dapet 13.15km per liter, 30 persen dalkot, 70 persen toll, jarak 40km, not bad buat mobil 2.5 ton dan awd.
BMW 520d F10 2014
Audi Q7 V6 TDI 4L 2008
BMW 218i F45 2015
benzz89
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1027
Joined: 09 Feb 2008, 21:32

Re: 1 LITER BBM BISA BERAPA KM - PART 03

Post by benzz89 »

farizfsa wrote:Audi Q7 3000cc v6 diesel 2008
Dapet murmer, km tinggi, mbl lumayan sehat
EB5AE9FF-16FE-471A-AFAB-AD186F61E047.jpeg
Dapet 13.15km per liter, 30 persen dalkot, 70 persen toll, jarak 40km, not bad buat mobil 2.5 ton dan awd.
Wah jarang nih yang diesel Audi... Diesel + AWD sih enak banget yah bawanya, mana irit lagi...

Km gondrong 150 ribuan tapi still strong. Sudah ada reviewnya blom nih om di SM?
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5579
Joined: 28 Oct 2012, 11:58

Re: 1 LITER BBM BISA BERAPA KM - PART 03

Post by kompresorz »

my kar is bak....


ampir 3 bulan tak bjumpa....tes apakah msh irit...masih kencang...
setelah berjalan 4143 KM akhirnya kmrn pulang dgn kondisi interior babak belur...setir kelupas n cover jok ilang bbrp tempat....biar sajalah setir tinggal lapis ke jok kulit cover tinggal pesan ke auto 2000 gak sberapa barang se abrek....


mentokin spido....mulai dr tol alamsutra sampe taman anggrek dan sbaliknya yg ketemu cx 5 baru yg gak mau ngalah di duluin....tempel sampe 150 krn khawatir nanti klo sudah 200 susah nguber...akhirnya bejek nempel karpet asap hitam mode on....bodi lgsg berasa di tendang.....

dimakanlah itu cx 5.....depan tungguin sudah dekat gaspol asap hitam mode on lagi.... :big_biglaugh:

yah gak tau tripnya brapa...tp tertera 6,8 L/100....



kijang sesuai namanya....low profile...gerobak yg tidak bombastis di forum....hanya over pris hebohnya....
Screenshot_20200607-111715_Gallery.jpg
Screenshot_20200607-111715_Gallery.jpg (156.76 KiB) Viewed 630 times
Screenshot_20200607-111356_Video Player.jpg
Screenshot_20200607-111356_Video Player.jpg (106.21 KiB) Viewed 630 times
Screenshot_20200607-113957_Gallery.jpg
Screenshot_20200607-113957_Gallery.jpg (149.03 KiB) Viewed 630 times
Screenshot_20200607-111742_Gallery.jpg
Screenshot_20200607-111742_Gallery.jpg (186.06 KiB) Viewed 630 times
Screenshot_20200607-111757_Gallery.jpg
Screenshot_20200607-111757_Gallery.jpg (188.21 KiB) Viewed 630 times
Attachments
Screenshot_20200607-111742_Gallery.jpg
Screenshot_20200607-111742_Gallery.jpg (186.06 KiB) Viewed 630 times
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5579
Joined: 28 Oct 2012, 11:58

Re: 1 LITER BBM BISA BERAPA KM - PART 03

Post by kompresorz »

itulah kadang mau beli mobil bensin angin2an....

mesin kecil bodi kecil tenaga lemah sawat...irit kagak...harga selangit....


diesel sedikit mainin gas kondisi santai rpm cuma 1000an aja penumpang bisa ngedumel...mual ktnya....
hakage
Newbie
Newbie
Posts: 11
Joined: 03 Sep 2017, 23:37

Re: 1 LITER BBM BISA BERAPA KM - PART 03

Post by hakage »

Limo 2004 pake nozle kuning kondisi full dalkot ramai lancar
- gas alus rpm max 2500 dapet 1:16 :big_love:
- gas sedang selap selip nakal 1:10
- pedal to karpet terus 1:8-9 :big_cry:
User avatar
Jambangan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2703
Joined: 08 Feb 2012, 18:57
Location: Bekasi
Daily Vehicle: 2011 Toyota Rush

Re: 1 LITER BBM BISA BERAPA KM - PART 03

Post by Jambangan »

Sirion AT 2012 dapet 1:16.4 di MID lumayan irit buat mobil 8 tahun
Oli pake shell astra 10w30
Rute bekasi - jakarta semanggi via tol dalkot
Pulangnya semanggi - HI - pasar baru - mangga 2 - masuk tol ancol - tol JORR priok bablas sampe bekasi
Rute pulang lebih jauh tapi lebih lancar
Menghindari macetnya tol dalkot pas jam pulang kerja :mky_03:
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1528
Joined: 10 Nov 2015, 09:40
Daily Vehicle: Audi Q7 Diesel

Re: 1 LITER BBM BISA BERAPA KM - PART 03

Post by farizfsa »

Macet2an new normal
Audi q7 diesel 3000cc r22 awd
B4C14933-848C-4324-9C17-0A4D890155A0.jpeg
B4C14933-848C-4324-9C17-0A4D890155A0.jpeg (518.46 KiB) Viewed 549 times
F66702F6-947E-48BE-9F0C-1049B4C763AD.jpeg
F66702F6-947E-48BE-9F0C-1049B4C763AD.jpeg (768.32 KiB) Viewed 549 times
Dapet 1liter 7.2km

Mayan lah, kalo yg bensin mungkin 1:4
BMW 520d F10 2014
Audi Q7 V6 TDI 4L 2008
BMW 218i F45 2015
faridrach
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 65
Joined: 21 Jun 2020, 04:28

Re: 1 LITER BBM BISA BERAPA KM - PART 03

Post by faridrach »

Izin share

Rute kerja Semarang-Jepara 140km PP (MID)

Agya 1.0 2015 MT 20.8 km/l
BBM pertamax/pertalite tergantung mood

ANKI 2GD MT 2017 14.9 km/l
BBM selalu pertadex

Rute kombinasi, lancar + macet (proyek tambal sulam jalan pantura, banjir rob demak, dsb)
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5579
Joined: 28 Oct 2012, 11:58

Re: 1 LITER BBM BISA BERAPA KM - PART 03

Post by kompresorz »

nih hari sabtu.....mentok spido n goyang karaawangg..
Screenshot_20200713-071412_Gallery.jpg
Screenshot_20200713-071412_Gallery.jpg (204.14 KiB) Viewed 506 times
Screenshot_20200713-071447_Gallery.jpg
Screenshot_20200713-071447_Gallery.jpg (172.9 KiB) Viewed 506 times
Screenshot_20200713-071529_Gallery.jpg
Screenshot_20200713-071529_Gallery.jpg (181.44 KiB) Viewed 506 times
Screenshot_20200713-071551_Gallery.jpg
Screenshot_20200713-071551_Gallery.jpg (178.56 KiB) Viewed 506 times


nih hari minggu....tangerang ancol priok cakung....gaspol trs...

keluar pagi olahraga tangerang taman anggrek....trs lanjut siang ada keperluan ke jakarta ancol priok cakung....pokoe goyang karaawaang trs aja..diatas tol ancol n priok trs aja lari 190...ketemu jaz libas....klo sudah 200 seterusnya baru kijang K O.....end...no dob...


Screenshot_20200713-071957_Gallery.jpg
Screenshot_20200713-071957_Gallery.jpg (178.87 KiB) Viewed 506 times
Screenshot_20200713-072027_Gallery.jpg
Screenshot_20200713-072027_Gallery.jpg (231.39 KiB) Viewed 506 times
Screenshot_20200713-072055_Gallery.jpg
Screenshot_20200713-072055_Gallery.jpg (187.45 KiB) Viewed 506 times
Screenshot_20200713-072113_Gallery.jpg
Screenshot_20200713-072113_Gallery.jpg (175.21 KiB) Viewed 506 times
Screenshot_20200713-072128_Gallery.jpg
Screenshot_20200713-072128_Gallery.jpg (175.92 KiB) Viewed 506 times
Screenshot_20200712-153240_Video Player.jpg
Screenshot_20200712-153240_Video Player.jpg (135.39 KiB) Viewed 506 times
Last edited by kompresorz on 13 Jul 2020, 07:29, edited 1 time in total.
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5579
Joined: 28 Oct 2012, 11:58

Re: 1 LITER BBM BISA BERAPA KM - PART 03

Post by kompresorz »

klo kata om sinclair naik mobil kijang liat jarum bensin rusak apa yah nih mobil.... :wkkk:
User avatar
Dat510
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 614
Joined: 03 Jan 2015, 19:58

Re: 1 LITER BBM BISA BERAPA KM - PART 03

Post by Dat510 »

Post ah, mobil E46 325i

Dalkot Macet & padat merayap: 1:5 - 1:6
Dalkot Lancat: 1:7 - 1:8
Tol lancar driving seruntulan betot2 gas: 1:10 - 1:13
Tol lancar driving konstan pake cruise control @90 kph: 1:15 - 1:16.5
mejaterbang
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 17
Joined: 11 Jul 2013, 12:26

Re: 1 LITER BBM BISA BERAPA KM - PART 03

Post by mejaterbang »

Iseng join juga, xpander cross rute kemayoran - cikarang (80% tol, 20% non tol) ~65km one way

Rute pergi pagi dapat sekitar 1:15-16km/l (80-120km/h di tol)
Rute pulang sore dapat sekitar 1:16-17km/l (60-100km/h di tol), pernah beberapa kali dapat 1:19an (agak konstan di 80-90km/h)
Attachments
maaf agak kurang jelas
maaf agak kurang jelas
20200609_180437.jpg (241.51 KiB) Viewed 475 times
20200504_181847.jpg
20200504_181847.jpg (394.64 KiB) Viewed 475 times
zanira
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 145
Joined: 01 Oct 2016, 18:33

Re: 1 LITER BBM BISA BERAPA KM - PART 03

Post by zanira »

Share dikit, short road trip kemarin,

Tangerang kota -> villa bukit danau puncak.
Jarak : 239km PP
Mobil : brio sotoy 2016
Bensin : pertalite
Oli : epro gold (ganti agustus 2019)
Waktu berangkat : tgl 14 juli jam 20.00
Waktu pulang : tgl 16 juli jam 11.00

Konsumsi bensin di MID : 19.9 km/liter.

Berangkat isi 2 orang, pulang isi 5 orang + koper, pakaian kotor & oleh" :mky_02:
User avatar
doko86
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 290
Joined: 05 Jun 2020, 14:50
Location: Tajurhalang - Bogor
Daily Vehicle: 1KR-DE_Ayla-2014

Re: 1 LITER BBM BISA BERAPA KM - PART 03

Post by doko86 »

Share dikit penggunaan harian rata2 tiap hari pp 150 km...
Jalur : Tajur halang - cibinong - tol jagorawi - Tol Jorr - bintaro sektor 1 - PP
Berangkat isi 2 org sampai cibinong - trus bintaro sendiri begitu pula sebaliknya.

Mobil : 1KR-DE (ayla tipe x tahun 2014)
Oli mesin : PTT ECO 0w20
Oli tranmisi : MTF 80w90 gl4 - DGO
Bensin : pertalite + racun red line (1 ml/liter)
Busi : iridium denso SC20HR11
KM sekarang : +/- 135. 000 km
Terakhir tune up KM : 131.000 km


Konsumsi BBM : 22.9 km/liter
walid_007
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2966
Joined: 30 Mar 2013, 07:52
Location: idn, 18 mdpl
Daily Vehicle: b48 1gd 4a9

Re: 1 LITER BBM BISA BERAPA KM - PART 03

Post by walid_007 »

kompresorz wrote: 13 Jul 2020, 07:26 nih hari sabtu.....mentok spido n goyang karaawangg..

Screenshot_20200713-071412_Gallery.jpg
Screenshot_20200713-071447_Gallery.jpg
Screenshot_20200713-071529_Gallery.jpg
Screenshot_20200713-071551_Gallery.jpg



nih hari minggu....tangerang ancol priok cakung....gaspol trs...

keluar pagi olahraga tangerang taman anggrek....trs lanjut siang ada keperluan ke jakarta ancol priok cakung....pokoe goyang karaawaang trs aja..diatas tol ancol n priok trs aja lari 190...ketemu jaz libas....klo sudah 200 seterusnya baru kijang K O.....end...no dob...



Screenshot_20200713-071957_Gallery.jpg
Screenshot_20200713-072027_Gallery.jpg
Screenshot_20200713-072055_Gallery.jpg
Screenshot_20200713-072113_Gallery.jpg
Screenshot_20200713-072128_Gallery.jpg
Screenshot_20200712-153240_Video Player.jpg
Setirnya diapain om.. kok dah ilang kelupasnya


Forti oe juga dah molai kelupas jg kulit setir.. efek handsanitazer x yak..
engine roaring!
User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2186
Joined: 05 Aug 2017, 19:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: 1 LITER BBM BISA BERAPA KM - PART 03

Post by josomba »

Edisi mulai tiap hari PP 60++KM lagi selama seminggu
20200907_210020.jpg
20200907_210020.jpg (384.92 KiB) Viewed 360 times
Full-to-full 1:16.02
MID 1:16.12 (6.2l/100km)
Gap mid dan real <1%

Malam ini balik dr kantor iseng coba jalan santai aja
20200907_211136.jpg
20200907_211136.jpg (381.08 KiB) Viewed 360 times
Masih bisa dapet 1:20 (drive 1:20.2km/l) ...

Mimik: BP92
Olmes: ptt 0w-30
Image
iwansiagian
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 344
Joined: 12 Jan 2008, 19:45
Location: Bekasi
Daily Vehicle: ANKI 2GD-2019

Re: 1 LITER BBM BISA BERAPA KM - PART 03

Post by iwansiagian »

Pagi ini Psbb Jakarta jalan Sepi lancar. FC 20.9 km/liter

Rute Cikarang-Jakarta Menteng
50 km(tol Cikarang keluar Halim lewat arteri)

Mobil kijang diesel, oli ptt 10-30.
Screenshot_20200916-065830_Gallery.jpg
Screenshot_20200916-065830_Gallery.jpg (40.19 KiB) Viewed 319 times
1trfe
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 35
Joined: 23 Aug 2018, 09:21
Location: Jakarta

Re: 1 LITER BBM BISA BERAPA KM - PART 03

Post by 1trfe »

Halo om om semua. Biasa gap mid dengan aktual berapa persen ya wajar nya?
Saya ad itung full to full hr15de 2014 dapet 13.5km/l. Kalo di mid dapet 14.3km/l. Kurang lebih gap nya 5%.

Emg begitukah?
User avatar
Herman7103
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1464
Joined: 03 Oct 2016, 06:17
Location: SOUTH SUMATRA
Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT

Re: 1 LITER BBM BISA BERAPA KM - PART 03

Post by Herman7103 »

1trfe wrote:Halo om om semua. Biasa gap mid dengan aktual berapa persen ya wajar nya?
Saya ad itung full to full hr15de 2014 dapet 13.5km/l. Kalo di mid dapet 14.3km/l. Kurang lebih gap nya 5%.

Emg begitukah?
Yup gap 5% wajar untuk ukuran velg standard.
:glodak:
HR15DE 2014
1trfe
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 35
Joined: 23 Aug 2018, 09:21
Location: Jakarta

Re: 1 LITER BBM BISA BERAPA KM - PART 03

Post by 1trfe »

Herman7103 wrote: 14 Oct 2020, 09:10
1trfe wrote:Halo om om semua. Biasa gap mid dengan aktual berapa persen ya wajar nya?
Saya ad itung full to full hr15de 2014 dapet 13.5km/l. Kalo di mid dapet 14.3km/l. Kurang lebih gap nya 5%.

Emg begitukah?
Yup gap 5% wajar untuk ukuran velg standard.
Sip sip tengkiu om heheh
Btw lipina om gap ny segituan juga kah?
User avatar
Herman7103
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1464
Joined: 03 Oct 2016, 06:17
Location: SOUTH SUMATRA
Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT

Re: 1 LITER BBM BISA BERAPA KM - PART 03

Post by Herman7103 »

1trfe wrote:
Herman7103 wrote: 14 Oct 2020, 09:10
1trfe wrote:Halo om om semua. Biasa gap mid dengan aktual berapa persen ya wajar nya?
Saya ad itung full to full hr15de 2014 dapet 13.5km/l. Kalo di mid dapet 14.3km/l. Kurang lebih gap nya 5%.

Emg begitukah?
Yup gap 5% wajar untuk ukuran velg standard.
Sip sip tengkiu om heheh
Btw lipina om gap ny segituan juga kah?
Yup sekitaran itu juga gapnya no big deal om, di saya om karena BBM always premium Rp 6450 so far so good lah as long suara mesin masih halus akan selalu di jadikan satu satunya kendaraan perang di garasi. Image
:glodak:
HR15DE 2014
dori2802
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 204
Joined: 11 Mar 2016, 10:15

Re: 1 LITER BBM BISA BERAPA KM - PART 03

Post by dori2802 »

ikutan ah

Rute : Bogor - Cikupa Jam 21:00. Relatif lancar. Tersendat di tol Tangerang
Penumpang : 1 Orang
BBM : Pertalite
Oli : NGO 0w20
Attachments
20200930_230153.jpg
20200930_230153.jpg (585.43 KiB) Viewed 233 times
Mazda FE 1998 - Honda D13B4 - Daihatsu 3SZ-VE - Toyota 1TR-FE - Toyota 2NR-FE - Nissan MR20DD - Toyota 2GD-FTV
Post Reply