PERAWATAN RUTIN MOBIL

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

jacx
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 38
Joined: Tue Jan 08, 2019 23:43

Re: PERAWATAN RUTIN MOBIL

Post by jacx »

Mau share untuk mobil yg sudah berumur 20 th lebih saat ini jika pertama x di hidupkan masih suka keluar uap air dari knalpot, apakah ini normal?
Selanjutnya apakah saat pertama x dihidupkan setiap harinya mobil harus menunggu sampai extra fan berputar dg asumsi sudah mencapai panas yg ideal untuk mesin baru berjalankurleb sekitar 7 menit
Minta masukan nya, nuhun
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11326
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: PERAWATAN RUTIN MOBIL

Post by Omnibus »

jacx wrote: Thu Sep 24, 2020 5:04 Mau share untuk mobil yg sudah berumur 20 th lebih saat ini jika pertama x di hidupkan masih suka keluar uap air dari knalpot, apakah ini normal?
Selanjutnya apakah saat pertama x dihidupkan setiap harinya mobil harus menunggu sampai extra fan berputar dg asumsi sudah mencapai panas yg ideal untuk mesin baru berjalankurleb sekitar 7 menit
Minta masukan nya, nuhun
normal keluar uap air dr knalpot apalagi pagi2 dan udara dingin.

kelamaan kl sampai extra fan berputar. biasanya minimal 10 detik maksimal 1-2 menit udah bisa jalan.

tp pertanyaan sy, 7 menit sdh nyala extra fan menurut sy kok agak cepat ya sampai suhu kerja normalnya.
jacx
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 38
Joined: Tue Jan 08, 2019 23:43

Re: PERAWATAN RUTIN MOBIL

Post by jacx »

Sekitaran segitu om patokannya jarum diantara C dan H tapi ga persis ditengah.
Memangnya saat idle terus kita nyalakan AC rpm turun? Kalo saya cuma gerak turun dikit terus balik lg seperti semula statis. Normal kah?
Oya mesinnya M43
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11326
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: PERAWATAN RUTIN MOBIL

Post by Omnibus »

jacx wrote: Thu Sep 24, 2020 5:32 Sekitaran segitu om patokannya jarum diantara C dan H tapi ga persis ditengah.
Memangnya saat idle terus kita nyalakan AC rpm turun? Kalo saya cuma gerak turun dikit terus balik lg seperti semula statis. Normal kah?
Oya mesinnya M43
oh ga persis di tengah, normal itu. ac dinyalain juga extra fan nyala, sptnya nyalanya extra fan krn ac dinyalain.

pas warming up idle memang agak tinggi, kemudian ac nyala pasti turun sedikit dan ecu lalu perintahkan utk naikan lagi.

normal kok itu.
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11025
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: PERAWATAN RUTIN MOBIL

Post by marmut »

jacx wrote: Thu Sep 24, 2020 5:04 Mau share untuk mobil yg sudah berumur 20 th lebih saat ini jika pertama x di hidupkan masih suka keluar uap air dari knalpot, apakah ini normal?
Selanjutnya apakah saat pertama x dihidupkan setiap harinya mobil harus menunggu sampai extra fan berputar dg asumsi sudah mencapai panas yg ideal untuk mesin baru berjalankurleb sekitar 7 menit
Minta masukan nya, nuhun

seperti penjelasan shifu Omnibus sebelumnya, itu normal dan malah harus keluar uap air. pertanda mesin sehat.
m43 bukannya masih pakai viscous fan ya? manasin mobil nggak perlu kelamaan om, setelah start mesin nyala dan indikator lampu oli mati, boleh langsung jalan asalkan jangan langsung RPM tinggi.
idle mesin 4 silinder berkisar di 850an RPM. kalau idle kurang dari itu atau suka naik turun, coba bersihkan idle control valve-nya yang di bawah intake manifold.
jacx
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 38
Joined: Tue Jan 08, 2019 23:43

Re: PERAWATAN RUTIN MOBIL

Post by jacx »

Syukur lah jika ternyata aman2 saja karena sebelumnya juga kata temen di komunitas jg ngomong gitu.
Nuhun om semuanya
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26919
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: PERAWATAN RUTIN MOBIL

Post by DOHC »

kl yg saya amati, malah mobil2 injeksi yg ud euro2an, justru pas pagi skrg ud jarang yg ampe meler aer..

jd kangen ama AN40 saya, itu kl pagi, dr knalpot meler aer, di gas, ampe muncrat2
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
yanuarra
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3925
Joined: Sat Dec 28, 2019 9:55
Location: Jakarta

Re: PERAWATAN RUTIN MOBIL

Post by yanuarra »

DOHC wrote: Thu Sep 24, 2020 15:21 kl yg saya amati, malah mobil2 injeksi yg ud euro2an, justru pas pagi skrg ud jarang yg ampe meler aer..

jd kangen ama AN40 saya, itu kl pagi, dr knalpot meler aer, di gas, ampe muncrat2
Nah iya knp ya mbah? Mobil sy kan 1nz jadul nggk baru2 amat. Tp klo nyalain pagi jakarta itu nggk ada air2nya :big_biglaugh: apa mesin mobil sy enggak sehat mbah?
Klo start pagi di kampung yg agak pegunungan itu masih keluar air..dikit doang si..
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26919
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: PERAWATAN RUTIN MOBIL

Post by DOHC »

yanuarra wrote: Thu Sep 24, 2020 15:49
DOHC wrote: Thu Sep 24, 2020 15:21 kl yg saya amati, malah mobil2 injeksi yg ud euro2an, justru pas pagi skrg ud jarang yg ampe meler aer..

jd kangen ama AN40 saya, itu kl pagi, dr knalpot meler aer, di gas, ampe muncrat2
Nah iya knp ya mbah? Mobil sy kan 1nz jadul nggk baru2 amat. Tp klo nyalain pagi jakarta itu nggk ada air2nya :big_biglaugh: apa mesin mobil sy enggak sehat mbah?
Klo start pagi di kampung yg agak pegunungan itu masih keluar air..dikit doang si..
Nah itu mbah, saya jg kurang paham.. apa pembakaran mobil2 euro2an ud dbkin lean banget yah

Beda ama ipagh jadul saya yg non euro.. mo panas ujan, tiap pagi kl baru nyala kluar uap aer mulu
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
blloewy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1924
Joined: Mon Nov 18, 2019 1:54
Location: Jakarta
Daily Vehicle: HR15 - 2012

Re: PERAWATAN RUTIN MOBIL

Post by blloewy »

Ijin gabung...kl perawatan rutin mobil dianjurkan min tune up per 6 bln atau 5000 km versi Beres.
Kl diperpanjang jadi per tahun begitu msh acceptable ngga ya? Dgn catatan emang ngga ada keluhan di mobilnya krn setahun pun maksimal jalan 5000 km.
nubie in all things - still need to learn
Or4cle
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1297
Joined: Wed Nov 02, 2016 1:59

Re: PERAWATAN RUTIN MOBIL

Post by Or4cle »

blloewy wrote: Wed Oct 21, 2020 23:56 Ijin gabung...kl perawatan rutin mobil dianjurkan min tune up per 6 bln atau 5000 km versi Beres.
Kl diperpanjang jadi per tahun begitu msh acceptable ngga ya? Dgn catatan emang ngga ada keluhan di mobilnya krn setahun pun maksimal jalan 5000 km.
Mobil kalau KM masih rendah & sehat apa yang di tune-up per 5000 Km / 6 bulan ? Kalau masih free service boleh-boleh aja ke Beres.
Kalau ikutin bengkel ntar dibuat tune-up setiap 1000 KM ... ikutin feeling aja kalau tenaga sdh kurang ya diservice, atau ada yang rusak yaa direpair.
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11025
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: PERAWATAN RUTIN MOBIL

Post by marmut »

blloewy wrote: Wed Oct 21, 2020 23:56 Ijin gabung...kl perawatan rutin mobil dianjurkan min tune up per 6 bln atau 5000 km versi Beres.
Kl diperpanjang jadi per tahun begitu msh acceptable ngga ya? Dgn catatan emang ngga ada keluhan di mobilnya krn setahun pun maksimal jalan 5000 km.

tune up sebaiknya dilakukan setiap hari supaya pemasukan bengkel lancar.






:ngacir:
IGedeAmat
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1112
Joined: Wed Mar 15, 2017 9:14
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Yamaha

Re: PERAWATAN RUTIN MOBIL

Post by IGedeAmat »

marmut wrote: Thu Oct 22, 2020 1:50
blloewy wrote: Wed Oct 21, 2020 23:56 Ijin gabung...kl perawatan rutin mobil dianjurkan min tune up per 6 bln atau 5000 km versi Beres.
Kl diperpanjang jadi per tahun begitu msh acceptable ngga ya? Dgn catatan emang ngga ada keluhan di mobilnya krn setahun pun maksimal jalan 5000 km.

tune up sebaiknya dilakukan setiap hari supaya pemasukan bengkel lancar.




:ngacir:
yang punya semboyan sheer repairing pleasure aja gak tiap hari om...
:big_biglaugh:
blloewy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1924
Joined: Mon Nov 18, 2019 1:54
Location: Jakarta
Daily Vehicle: HR15 - 2012

Re: PERAWATAN RUTIN MOBIL

Post by blloewy »

marmut wrote: Thu Oct 22, 2020 1:50
blloewy wrote: Wed Oct 21, 2020 23:56 Ijin gabung...kl perawatan rutin mobil dianjurkan min tune up per 6 bln atau 5000 km versi Beres.
Kl diperpanjang jadi per tahun begitu msh acceptable ngga ya? Dgn catatan emang ngga ada keluhan di mobilnya krn setahun pun maksimal jalan 5000 km.

tune up sebaiknya dilakukan setiap hari supaya pemasukan bengkel lancar.






:ngacir:
mbah marmut bisa aja :big_biglaugh:
nubie in all things - still need to learn
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11025
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: PERAWATAN RUTIN MOBIL

Post by marmut »

blloewy wrote: Wed Oct 21, 2020 23:56 Ijin gabung...kl perawatan rutin mobil dianjurkan min tune up per 6 bln atau 5000 km versi Beres.
Kl diperpanjang jadi per tahun begitu msh acceptable ngga ya? Dgn catatan emang ngga ada keluhan di mobilnya krn setahun pun maksimal jalan 5000 km.

coba tanya dulu ke mekaniknya, yang dimaksud tune up itu yang bagaimana, apa aja yang dikerjakan....
karena, nambah angin ban juga termasuk dari menu tune up.
blloewy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1924
Joined: Mon Nov 18, 2019 1:54
Location: Jakarta
Daily Vehicle: HR15 - 2012

Re: PERAWATAN RUTIN MOBIL

Post by blloewy »

marmut wrote: Thu Oct 22, 2020 3:38
blloewy wrote: Wed Oct 21, 2020 23:56 Ijin gabung...kl perawatan rutin mobil dianjurkan min tune up per 6 bln atau 5000 km versi Beres.
Kl diperpanjang jadi per tahun begitu msh acceptable ngga ya? Dgn catatan emang ngga ada keluhan di mobilnya krn setahun pun maksimal jalan 5000 km.

coba tanya dulu ke mekaniknya, yang dimaksud tune up itu yang bagaimana, apa aja yang dikerjakan....
karena, nambah angin ban juga termasuk dari menu tune up.
menurut diktat Lipindut Resing HR15.
Tune up itu bersihkan TB, EGR, Sensor O2, Cek busi dan Koil.
Plus ada paket bonus wajib diambil biar cespleng enginenya yaitu GURAH...
Jadilah Tune Up - GURAH namanya Mbah :big_cry:
nubie in all things - still need to learn
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11326
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: PERAWATAN RUTIN MOBIL

Post by Omnibus »

marmut wrote: Thu Oct 22, 2020 1:50

tune up sebaiknya dilakukan setiap hari supaya pemasukan bengkel lancar.






:ngacir:
apalagi enjin resing 1KR-UZ ... setiap mobil perlu 2 hari ngerjainnya. hari kesatu Bank 1 tiga silinder depan, hari kedua Bank 2 tiga silinder belakang.

pemasukan bengkel lancar jaya :mky_01:
User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2916
Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: PERAWATAN RUTIN MOBIL

Post by josomba »

blloewy wrote: Thu Oct 22, 2020 4:11
marmut wrote: Thu Oct 22, 2020 3:38
blloewy wrote: Wed Oct 21, 2020 23:56 Ijin gabung...kl perawatan rutin mobil dianjurkan min tune up per 6 bln atau 5000 km versi Beres.
Kl diperpanjang jadi per tahun begitu msh acceptable ngga ya? Dgn catatan emang ngga ada keluhan di mobilnya krn setahun pun maksimal jalan 5000 km.

coba tanya dulu ke mekaniknya, yang dimaksud tune up itu yang bagaimana, apa aja yang dikerjakan....
karena, nambah angin ban juga termasuk dari menu tune up.
menurut diktat Lipindut Resing HR15.
Tune up itu bersihkan TB, EGR, Sensor O2, Cek busi dan Koil.
Plus ada paket bonus wajib diambil biar cespleng enginenya yaitu GURAH...
Jadilah Tune Up - GURAH namanya Mbah :big_cry:
Gile aja tiap goceng bersih2 TB n EGR :big_biglaugh: :big_biglaugh:

Sensor O2 juga ceknya keknya pake OBD doang ntuh, niat bener kalau dicabut terus ditest "setrum"nya..

Gurah-nya beres nampaknya mekanik berjalan ke rak, cari judul engine conditioner, balik ke mobil ... Semprot2 ..... Ke ban ... Eh itu mah kit black magic buat ban ya :big_slap:
Image
blloewy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1924
Joined: Mon Nov 18, 2019 1:54
Location: Jakarta
Daily Vehicle: HR15 - 2012

Re: PERAWATAN RUTIN MOBIL

Post by blloewy »

josomba wrote: Fri Oct 23, 2020 6:43
blloewy wrote: Thu Oct 22, 2020 4:11
marmut wrote: Thu Oct 22, 2020 3:38


coba tanya dulu ke mekaniknya, yang dimaksud tune up itu yang bagaimana, apa aja yang dikerjakan....
karena, nambah angin ban juga termasuk dari menu tune up.
menurut diktat Lipindut Resing HR15.
Tune up itu bersihkan TB, EGR, Sensor O2, Cek busi dan Koil.
Plus ada paket bonus wajib diambil biar cespleng enginenya yaitu GURAH...
Jadilah Tune Up - GURAH namanya Mbah :big_cry:
Gile aja tiap goceng bersih2 TB n EGR :big_biglaugh: :big_biglaugh:

Sensor O2 juga ceknya keknya pake OBD doang ntuh, niat bener kalau dicabut terus ditest "setrum"nya..

Gurah-nya beres nampaknya mekanik berjalan ke rak, cari judul engine conditioner, balik ke mobil ... Semprot2 ..... Ke ban ... Eh itu mah kit black magic buat ban ya :big_slap:
ya begitulah om sesuai panduan diktat Lipindut Engine Resing GeTeeR HR15.
Umumnya per brp km ya u bersihin TB ama EGR?
Kl O2 sensor kayanya kl ngga ada masalah biarin aja...
tp kl GURAH kata nya WAJIB HUKUMNYA tiap Tune UP :big_biglaugh:
nubie in all things - still need to learn
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26919
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: PERAWATAN RUTIN MOBIL

Post by DOHC »

josomba wrote: Fri Oct 23, 2020 6:43
blloewy wrote: Thu Oct 22, 2020 4:11
marmut wrote: Thu Oct 22, 2020 3:38


coba tanya dulu ke mekaniknya, yang dimaksud tune up itu yang bagaimana, apa aja yang dikerjakan....
karena, nambah angin ban juga termasuk dari menu tune up.
menurut diktat Lipindut Resing HR15.
Tune up itu bersihkan TB, EGR, Sensor O2, Cek busi dan Koil.
Plus ada paket bonus wajib diambil biar cespleng enginenya yaitu GURAH...
Jadilah Tune Up - GURAH namanya Mbah :big_cry:
Gile aja tiap goceng bersih2 TB n EGR :big_biglaugh: :big_biglaugh:

Sensor O2 juga ceknya keknya pake OBD doang ntuh, niat bener kalau dicabut terus ditest "setrum"nya..

Gurah-nya beres nampaknya mekanik berjalan ke rak, cari judul engine conditioner, balik ke mobil ... Semprot2 ..... Ke ban ... Eh itu mah kit black magic buat ban ya :big_slap:
Kl montirnya ud perna atau sering gurah2an lipindut mah urusan bongkar TB, intek manipol mah 15 menit klaar mbah

Bongkar intek lipindut mah ga susah2 amat koq.. 11 12 lah ama intek L15 honda..

Justru kl dapet montir yg ga perna nah baru deh, planga plongo..
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
doko86
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 388
Joined: Fri Jun 05, 2020 7:50
Location: Tajurhalang - Bogor
Daily Vehicle: 1KR-DE_Ayla-2014

Re: PERAWATAN RUTIN MOBIL

Post by doko86 »

Mohon koreksinya om, buat reverensi perawatan mobil ane om... 1KR-DE yg masih saudara sm engine resing 1KR-UZ. :D
1). Tiap 10 K bersihkan dan check TB, ISC, filter udara, busi,....
2). Tiap 20 K bersihkan dan check purging injector, gurah mesin, rotasi ban, rem.....
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11025
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: PERAWATAN RUTIN MOBIL

Post by marmut »

doko86 wrote: Fri Oct 23, 2020 14:54 Mohon koreksinya om, buat reverensi perawatan mobil ane om... 1KR-DE yg masih saudara sm engine resing 1KR-UZ. :D
1). Tiap 10 K bersihkan dan check TB, ISC, filter udara, busi,....
2). Tiap 20 K bersihkan dan check purging injector, gurah mesin, rotasi ban, rem.....


boleh tau dapet info darimana?
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11326
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: PERAWATAN RUTIN MOBIL

Post by Omnibus »

marmut wrote: Fri Oct 23, 2020 15:28
doko86 wrote: Fri Oct 23, 2020 14:54 Mohon koreksinya om, buat reverensi perawatan mobil ane om... 1KR-DE yg masih saudara sm engine resing 1KR-UZ. :D
1). Tiap 10 K bersihkan dan check TB, ISC, filter udara, busi,....
2). Tiap 20 K bersihkan dan check purging injector, gurah mesin, rotasi ban, rem.....


boleh tau dapet info darimana?
diktat institut ......






.............. :ngacir:
User avatar
doko86
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 388
Joined: Fri Jun 05, 2020 7:50
Location: Tajurhalang - Bogor
Daily Vehicle: 1KR-DE_Ayla-2014

Re: PERAWATAN RUTIN MOBIL

Post by doko86 »

marmut wrote: Fri Oct 23, 2020 15:28
doko86 wrote: Fri Oct 23, 2020 14:54 Mohon koreksinya om, buat reverensi perawatan mobil ane om... 1KR-DE yg masih saudara sm engine resing 1KR-UZ. :D
1). Tiap 10 K bersihkan dan check TB, ISC, filter udara, busi,....
2). Tiap 20 K bersihkan dan check purging injector, gurah mesin, rotasi ban, rem.....
boleh tau dapet info darimana?
campur2 om marmut ad sebagian dr forum ini, kalau gak salah d topil oli mesin, ada juga sebagian dr mbah gogle

Kalau misalnya ada yg salah, tolong koreksi om marmut.....

Biar kantongnya bisa menyesuaikan jadwal maintenance om :big_peace:
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11025
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: PERAWATAN RUTIN MOBIL

Post by marmut »

doko86 wrote: Fri Oct 23, 2020 14:54 Mohon koreksinya om, buat reverensi perawatan mobil ane om... 1KR-DE yg masih saudara sm engine resing 1KR-UZ. :D
1). Tiap 10 K bersihkan dan check TB, ISC, filter udara, busi,....
2). Tiap 20 K bersihkan dan check purging injector, gurah mesin, rotasi ban, rem.....


kalau saya, sesering mungkin bersihkan filter udara. apalagi kalau sering lewat jalan yang debu/kotorannya nggak umum/keterlaluan banyaknya.
apakah anda kalau ngupil musti nunggu setiap sekian hari atau hanya dilakukan waktu tertentu? anytime bisa colongan pasti ngupil kan?

kalau bersihkan tb dan isc, ya diintip saja langsung. apalagi mesin 1kr gampang ngintipnya. kalau kotor, bersihkan.
busi? nggak perlu dibersihkan karena kurang kerjaan. paling periksa gap-nya saja.

kalau liat di manual book, rotasi ban setiap 10rb KM.