PERAWATAN RUTIN MOBIL

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: PERAWATAN RUTIN MOBIL

Post by DOHC »

marmut wrote: Sat Oct 24, 2020 2:07
doko86 wrote: Fri Oct 23, 2020 14:54 Mohon koreksinya om, buat reverensi perawatan mobil ane om... 1KR-DE yg masih saudara sm engine resing 1KR-UZ. :D
1). Tiap 10 K bersihkan dan check TB, ISC, filter udara, busi,....
2). Tiap 20 K bersihkan dan check purging injector, gurah mesin, rotasi ban, rem.....


kalau saya, sesering mungkin bersihkan filter udara. apalagi kalau sering lewat jalan yang debu/kotorannya nggak umum/keterlaluan banyaknya.
apakah anda kalau ngupil musti nunggu setiap sekian hari atau hanya dilakukan waktu tertentu? anytime bisa colongan pasti ngupil kan?

kalau bersihkan tb dan isc, ya diintip saja langsung. apalagi mesin 1kr gampang ngintipnya. kalau kotor, bersihkan.
busi? nggak perlu dibersihkan karena kurang kerjaan. paling periksa gap-nya saja.

kalau liat di manual book, rotasi ban setiap 10rb KM.
Kl gurah2an yg lg fenomenal banget itu gmana mbah ?

Saya liat jg obat nya skrg makin murah2 pula
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10950
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: PERAWATAN RUTIN MOBIL

Post by marmut »

DOHC wrote: Sat Oct 24, 2020 14:45

Kl gurah2an yg lg fenomenal banget itu gmana mbah ?

Saya liat jg obat nya skrg makin murah2 pula

carbon clean?

kalo memang perlu ya dikerjaken.

masalah bahan dan cara, saya kembaliken kepada keyakinan masing-masing karena itu mobil mereka. kalo sampe mesin rontok ya sukurin.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: PERAWATAN RUTIN MOBIL

Post by DOHC »

marmut wrote: Sat Oct 24, 2020 14:54
DOHC wrote: Sat Oct 24, 2020 14:45

Kl gurah2an yg lg fenomenal banget itu gmana mbah ?

Saya liat jg obat nya skrg makin murah2 pula

carbon clean?

kalo memang perlu ya dikerjaken.

masalah bahan dan cara, saya kembaliken kepada keyakinan masing-masing karena itu mobil mereka. kalo sampe mesin rontok ya sukurin.
Iya carbon clean mbah

Ampe binggung skrg saya

Perasaan jaman dl cuman carbon spirit, amb... lah skrg bejibun, murah2 pake banget pula..

Kl mnurut mbah, ntuh cairan2 ama yg model semprot, bagusan mana utk itungan perawatan rutin per 10 rebu km
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10950
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: PERAWATAN RUTIN MOBIL

Post by marmut »

DOHC wrote: Sat Oct 24, 2020 14:58

Iya carbon clean mbah

Ampe binggung skrg saya

Perasaan jaman dl cuman carbon spirit, amb... lah skrg bejibun, murah2 pake banget pula..

Kl mnurut mbah, ntuh cairan2 ama yg model semprot, bagusan mana utk itungan perawatan rutin per 10 rebu km

carbon clean per 10rb KM?
wah, no komen lah.... hahahaha....
User avatar
doko86
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 383
Joined: Fri Jun 05, 2020 7:50
Location: Tajurhalang - Bogor
Daily Vehicle: 1KR-DE_Ayla-2014

Re: PERAWATAN RUTIN MOBIL

Post by doko86 »

marmut wrote: Sat Oct 24, 2020 2:07
doko86 wrote: Fri Oct 23, 2020 14:54 Mohon koreksinya om, buat reverensi perawatan mobil ane om... 1KR-DE yg masih saudara sm engine resing 1KR-UZ. :D
1). Tiap 10 K bersihkan dan check TB, ISC, filter udara, busi,....
2). Tiap 20 K bersihkan dan check purging injector, gurah mesin, rotasi ban, rem.....


kalau saya, sesering mungkin bersihkan filter udara. apalagi kalau sering lewat jalan yang debu/kotorannya nggak umum/keterlaluan banyaknya.
apakah anda kalau ngupil musti nunggu setiap sekian hari atau hanya dilakukan waktu tertentu? anytime bisa colongan pasti ngupil kan?

kalau bersihkan tb dan isc, ya diintip saja langsung. apalagi mesin 1kr gampang ngintipnya. kalau kotor, bersihkan.
busi? nggak perlu dibersihkan karena kurang kerjaan. paling periksa gap-nya saja.

kalau liat di manual book, rotasi ban setiap 10rb KM.
Nek carbon clean/gurah mbah, harusnya tiap berapa KM y mbab...... Soalnya tiap kali k bengkel service selalu d tawarin gurah terus.
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10950
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: PERAWATAN RUTIN MOBIL

Post by marmut »

doko86 wrote: Sat Oct 24, 2020 23:34

Nek carbon clean/gurah mbah, harusnya tiap berapa KM y mbab...... Soalnya tiap kali k bengkel service selalu d tawarin gurah terus.

tidak bisa dijadikan ketetapan atau pukul rata sekian KM harus carbon clean.
tergantung dari :
1. direct injection atau bukan.
2. gaya berkendara.
3. bahan bakar.
4. faktor lain mungkin ada yang lainnya mau menambahkan...

paling bener ya dilihat dulu kondisi di throttle body, intake manifold, intake port, dan combustion chamber/ruang bakar. di cek visual, dilihat, kalau ada borescope ya alangkah baiknya, bisa mempermudah pemeriksaan.
kalau tidak ada borescope, mau tidak mau dilepas satu per satu.
User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2911
Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: PERAWATAN RUTIN MOBIL

Post by josomba »

marmut wrote: Sun Oct 25, 2020 3:05
doko86 wrote: Sat Oct 24, 2020 23:34

Nek carbon clean/gurah mbah, harusnya tiap berapa KM y mbab...... Soalnya tiap kali k bengkel service selalu d tawarin gurah terus.

tidak bisa dijadikan ketetapan atau pukul rata sekian KM harus carbon clean.
tergantung dari :
1. direct injection atau bukan.
2. gaya berkendara.
3. bahan bakar.
4. faktor lain mungkin ada yang lainnya mau menambahkan...

paling bener ya dilihat dulu kondisi di throttle body, intake manifold, intake port, dan combustion chamber/ruang bakar. di cek visual, dilihat, kalau ada borescope ya alangkah baiknya, bisa mempermudah pemeriksaan.
kalau tidak ada borescope, mau tidak mau dilepas satu per satu.
Kalau mau nambah grease cobra, per berapa KM ya pak? Antara brake pad dan rotor boleh dikasih kan?
.
.
.
.
.
.
.
:ngacir:
Image
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10950
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: PERAWATAN RUTIN MOBIL

Post by marmut »

josomba wrote: Sun Oct 25, 2020 7:54

Kalau mau nambah grease cobra, per berapa KM ya pak? Antara brake pad dan rotor boleh dikasih kan?
.
.
.
.
.
.
.
:ngacir:

lho, grease cobra itu cukup 1× untuk seumur hidup.

brake pad dan rotor itu alangkah baiknya dilepas saja supaya mobil lebih ringan, otomatis bahan bakar pun jauh lebih hemat.
keuntungan lainnya, tidak perlu keluar uang untuk ganti brake pad dan kuras brake fluid.

semoga membantu.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: PERAWATAN RUTIN MOBIL

Post by DOHC »

marmut wrote: Sun Oct 25, 2020 10:14
josomba wrote: Sun Oct 25, 2020 7:54

Kalau mau nambah grease cobra, per berapa KM ya pak? Antara brake pad dan rotor boleh dikasih kan?
.
.
.
.
.
.
.
:ngacir:

lho, grease cobra itu cukup 1× untuk seumur hidup.

brake pad dan rotor itu alangkah baiknya dilepas saja supaya mobil lebih ringan, otomatis bahan bakar pun jauh lebih hemat.
keuntungan lainnya, tidak perlu keluar uang untuk ganti brake pad dan kuras brake fluid.

semoga membantu.
kl rotary gmana mbah

ini masi ada 3/4 kaleng neh blom abis2
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11280
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: PERAWATAN RUTIN MOBIL

Post by Omnibus »

marmut wrote: Sun Oct 25, 2020 10:14
lho, grease cobra itu cukup 1× untuk seumur hidup.

brake pad dan rotor itu alangkah baiknya dilepas saja supaya mobil lebih ringan, otomatis bahan bakar pun jauh lebih hemat.
keuntungan lainnya, tidak perlu keluar uang untuk ganti brake pad dan kuras brake fluid.

semoga membantu.
pak, kalau ganti oli tuh nunggu sampai habis dulu di mesin baru tambah yg baru kan pak ya? mirip sama ngisi bensin kan pak ya?












.................. :ngacir:
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10950
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: PERAWATAN RUTIN MOBIL

Post by marmut »

DOHC wrote: Sun Oct 25, 2020 16:02

kl rotary gmana mbah

ini masi ada 3/4 kaleng neh blom abis2

:glodak:
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10950
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: PERAWATAN RUTIN MOBIL

Post by marmut »

Omnibus wrote: Sun Oct 25, 2020 17:29
pak, kalau ganti oli tuh nunggu sampai habis dulu di mesin baru tambah yg baru kan pak ya? mirip sama ngisi bensin kan pak ya?












.................. :ngacir:

perihal oli di kamar sebelah pak.... sama suhu satu lagi.


:ngacir:
afihashfi
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 41
Joined: Tue Oct 06, 2020 10:44

Re: PERAWATAN RUTIN MOBIL

Post by afihashfi »

Kawan2 SM saya punya jazz gk5 transmisi manual dah sejak 2015. Kepikiran mau ganti oli transmisi lihat buku panduan ternyata panduan ganti tiap 120 ribu KM / 72 bulan. Pemakaian berat baru 60 ribu KM. Mobil ane baru 37 ribu KM jadi bingung apakah memang waktunya ganti? Ohya. Saya pernah diberitahu mekanik bengkel bahwa oli transmisi manual honda itu pakai oli mesin karena butuh encer. Apakah benar?? Memang sih cari2 oli transmisi manual SAE nya rata2 75 up.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21986
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: PERAWATAN RUTIN MOBIL

Post by Turboman »

afihashfi wrote:Kawan2 SM saya punya jazz gk5 transmisi manual dah sejak 2015. Kepikiran mau ganti oli transmisi lihat buku panduan ternyata panduan ganti tiap 120 ribu KM / 72 bulan. Pemakaian berat baru 60 ribu KM. Mobil ane baru 37 ribu KM jadi bingung apakah memang waktunya ganti? Ohya. Saya pernah diberitahu mekanik bengkel bahwa oli transmisi manual honda itu pakai oli mesin karena butuh encer. Apakah benar?? Memang sih cari2 oli transmisi manual SAE nya rata2 75 up.
oli Transmisi manual pake gak sampe 3 L

Pake Honda MTF aja......gak mahal kan ?

2 tahun sekali ganti aja
afihashfi
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 41
Joined: Tue Oct 06, 2020 10:44

Re: PERAWATAN RUTIN MOBIL

Post by afihashfi »

Turboman wrote:
afihashfi wrote:Kawan2 SM saya punya jazz gk5 transmisi manual dah sejak 2015. Kepikiran mau ganti oli transmisi lihat buku panduan ternyata panduan ganti tiap 120 ribu KM / 72 bulan. Pemakaian berat baru 60 ribu KM. Mobil ane baru 37 ribu KM jadi bingung apakah memang waktunya ganti? Ohya. Saya pernah diberitahu mekanik bengkel bahwa oli transmisi manual honda itu pakai oli mesin karena butuh encer. Apakah benar?? Memang sih cari2 oli transmisi manual SAE nya rata2 75 up.
oli Transmisi manual pake gak sampe 3 L

Pake Honda MTF aja......gak mahal kan ?

2 tahun sekali ganti aja
Lihat di olshop nggak mahal sih [emoji16]. Oke berarti nggak bisa sembarang oli transmisi ya
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21986
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: PERAWATAN RUTIN MOBIL

Post by Turboman »

afihashfi wrote:
Turboman wrote:
afihashfi wrote:Kawan2 SM saya punya jazz gk5 transmisi manual dah sejak 2015. Kepikiran mau ganti oli transmisi lihat buku panduan ternyata panduan ganti tiap 120 ribu KM / 72 bulan. Pemakaian berat baru 60 ribu KM. Mobil ane baru 37 ribu KM jadi bingung apakah memang waktunya ganti? Ohya. Saya pernah diberitahu mekanik bengkel bahwa oli transmisi manual honda itu pakai oli mesin karena butuh encer. Apakah benar?? Memang sih cari2 oli transmisi manual SAE nya rata2 75 up.
oli Transmisi manual pake gak sampe 3 L

Pake Honda MTF aja......gak mahal kan ?

2 tahun sekali ganti aja
Lihat di olshop nggak mahal sih [emoji16]. Oke berarti nggak bisa sembarang oli transmisi ya
HGO beli di BeRes aja lah

jangan cari gara2
indeskey
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 887
Joined: Fri Nov 23, 2018 9:27
Location: Depok

Re: PERAWATAN RUTIN MOBIL

Post by indeskey »

Turboman wrote:
afihashfi wrote:
Turboman wrote:oli Transmisi manual pake gak sampe 3 L

Pake Honda MTF aja......gak mahal kan ?

2 tahun sekali ganti aja
Lihat di olshop nggak mahal sih [emoji16]. Oke berarti nggak bisa sembarang oli transmisi ya
HGO beli di BeRes aja lah

jangan cari gara2
Bisa online nya beres dibawah ini official.

https://tokopedia.link/kJym54cjxbb
Haiqalesha
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 131
Joined: Sun Apr 30, 2017 15:27
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Mobilio

Re: PERAWATAN RUTIN MOBIL

Post by Haiqalesha »

Punten suhu, bangkitin trit lama nih, ane penasaran aja, ada di youtube bengkel yang nawarin carbon clean tapi modelnya disemprot gitu pake engine conditioner, terus keluar asep putih gitu dari knalpot, apakah itu aman ?
t105erd
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1088
Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17

Re: PERAWATAN RUTIN MOBIL

Post by t105erd »

Haiqalesha wrote: Thu Feb 15, 2024 13:17 Punten suhu, bangkitin trit lama nih, ane penasaran aja, ada di youtube bengkel yang nawarin carbon clean tapi modelnya disemprot gitu pake engine conditioner, terus keluar asep putih gitu dari knalpot, apakah itu aman ?
kalo di US sana namanya sea foam yah? ga tau deh disini ada yg kaya gitu nggak, saya ga tau sih blm pernah nyoba, aman atau nggak tuh buat katalitik konverternya. nanti mbah marmut racing bisa menjelaskan
Supersedan
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 162
Joined: Wed Jun 15, 2022 9:37
Daily Vehicle: Mobilio

Re: PERAWATAN RUTIN MOBIL

Post by Supersedan »

Haiqalesha wrote: Thu Feb 15, 2024 13:17 Punten suhu, bangkitin trit lama nih, ane penasaran aja, ada di youtube bengkel yang nawarin carbon clean tapi modelnya disemprot gitu pake engine conditioner, terus keluar asep putih gitu dari knalpot, apakah itu aman ?
Dulu sih saya rutin begini. Beli gzox di ace 1 atau 2 botol. Mobil pake sebentar, buka lubang busi trus semprot.
Setahun 1 atau 2 kali selalu begitu selama 10 tahun. Terakhir sebelum mobil di jual, saya ganti packing silinder head. Liat boring, piston, dan ruang bakar bersih dan bagus. Yg di takutnya kan sisa carbon bikin lecet boring.
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10950
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: PERAWATAN RUTIN MOBIL

Post by marmut »

t105erd wrote: Thu Feb 15, 2024 15:13


. nanti mbah marmut racing bisa menjelaskan


saya mah ngga ngerti apa² om..... masih belajar.

:big_smile]
pisangGoreng007
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 35
Joined: Thu Feb 25, 2021 4:29
Location: tangerang selatan
Daily Vehicle: Xpander Cvt

Re: PERAWATAN RUTIN MOBIL

Post by pisangGoreng007 »

kemaren siang2, abis bersihin filter bensin di mbah Marmut. xpander kilomenter udh sekitar 56rb, sblm dibersihin komsumsi BBM rute tol cmn dpt 13km/liter.. nah abis dibersihin, tarikan nya jadih lebih alus & komsumsi BBM jg membaik, di tol dpt sekitar 15km/liter. hehe :big_smile]
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: PERAWATAN RUTIN MOBIL

Post by DOHC »

pisangGoreng007 wrote: Fri Feb 16, 2024 14:30 kemaren siang2, abis bersihin filter bensin di mbah Marmut. xpander kilomenter udh sekitar 56rb, sblm dibersihin komsumsi BBM rute tol cmn dpt 13km/liter.. nah abis dibersihin, tarikan nya jadih lebih alus & komsumsi BBM jg membaik, di tol dpt sekitar 15km/liter. hehe :big_smile]
cuman bersihin filter doank ??

tanggung tuh

minta ybs skalian stel shim, skur klep, papas deksel

bilangin masa tools sgitu banyak cuman buat bersiin filter, malu ama tools nya
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10950
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: PERAWATAN RUTIN MOBIL

Post by marmut »

pisangGoreng007 wrote: Fri Feb 16, 2024 14:30 kemaren siang2, abis bersihin filter bensin di mbah Marmut. xpander kilomenter udh sekitar 56rb, sblm dibersihin komsumsi BBM rute tol cmn dpt 13km/liter.. nah abis dibersihin, tarikan nya jadih lebih alus & komsumsi BBM jg membaik, di tol dpt sekitar 15km/liter. hehe :big_smile]


gara² ngana pe oto, kita orang juga bongkar itu filter bensin yaris 2021 (apa 2022 ya?) odo 60rb km lebih 100km dikit.

20240216_151142.jpg

di yaris, itu filter utamanya. ngga ada lagi lainnya. setelah dibersihkan pun tampangnya ga beda jauh.
tp hasil air mandinya kek gini,


20240216_151451.jpg
Screenshot_20240216_163852_Video Player.jpg


koh
DOHC
itu kerjaan ahli. ai cuma pemula sotoy.
tempo hari aja lupa ngencengin lug nut mobilnya om
pisangGoreng007
mohon maaf yg sebesar²nya.

:big_cry:
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: PERAWATAN RUTIN MOBIL

Post by DOHC »

marmut wrote: Sat Feb 17, 2024 13:07
pisangGoreng007 wrote: Fri Feb 16, 2024 14:30 kemaren siang2, abis bersihin filter bensin di mbah Marmut. xpander kilomenter udh sekitar 56rb, sblm dibersihin komsumsi BBM rute tol cmn dpt 13km/liter.. nah abis dibersihin, tarikan nya jadih lebih alus & komsumsi BBM jg membaik, di tol dpt sekitar 15km/liter. hehe :big_smile]


gara² ngana pe oto, kita orang juga bongkar itu filter bensin yaris 2021 (apa 2022 ya?) odo 60rb km lebih 100km dikit.


20240216_151142.jpg


di yaris, itu filter utamanya. ngga ada lagi lainnya. setelah dibersihkan pun tampangnya ga beda jauh.
tp hasil air mandinya kek gini,



20240216_151451.jpg
Screenshot_20240216_163852_Video Player.jpg



koh
DOHC
itu kerjaan ahli. ai cuma pemula sotoy.
tempo hari aja lupa ngencengin lug nut mobilnya om
pisangGoreng007
mohon maaf yg sebesar²nya.

:big_cry:
mobil2 kuaran skrg kaya gt mbah

inget ga tempo ari kita orang ad post softek nya si 1KR-JZGTE d tret hentul, percis kaya yaris mbah tu

pantesan aj mobil2 skrg pd manja lembek, sikit2 kena bensin busuk lgs matot, lah penyaringan cuman ngandelin softek sebiji doank :mky_04: :mky_04:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir: