Re: Bikin list yuk, 100kpj berapa RPM??
Posted: Sun Feb 04, 2018 14:57
subaru outback 2.5
Indonesian Automotive Discussion Forum
https://www.serayamotor.com/diskusi/
Wah RE 2.4 rpm nya sama yak dg RM3 2.4, dapet di 1800 - 1900an
Betul ommichaelgiri93 wrote: ↑Fri Feb 02, 2018 15:51 Baru kepikiran
Perlu di kasih list redlinenya sekalian gak ya
Jadinya ada relatifnya
Misal mesin dengan redline 9k rpm
Kalau jalan di 3k rpm suaranya mungkin lebih halus dibanding mesin dengan redline 6k yang jalan di 3k rpm
HahahahacoklatMetalik wrote: ↑Tue Feb 06, 2018 12:25Betul ommichaelgiri93 wrote: ↑Fri Feb 02, 2018 15:51 Baru kepikiran
Perlu di kasih list redlinenya sekalian gak ya
Jadinya ada relatifnya
Misal mesin dengan redline 9k rpm
Kalau jalan di 3k rpm suaranya mungkin lebih halus dibanding mesin dengan redline 6k yang jalan di 3k rpm
7K-E dapet 100kmpj di 3300 RPM, tp krn redline cuma 5500RPM, suaranya udh cukup buat bikin seolah2 di telinga sy ada yg bilang
"woy gk ush injek gas lbh dalem lg, kasian tuh mesin...."
Iya om...michaelgiri93 wrote: ↑Tue Feb 06, 2018 15:38HahahahacoklatMetalik wrote: ↑Tue Feb 06, 2018 12:25Betul ommichaelgiri93 wrote: ↑Fri Feb 02, 2018 15:51 Baru kepikiran
Perlu di kasih list redlinenya sekalian gak ya
Jadinya ada relatifnya
Misal mesin dengan redline 9k rpm
Kalau jalan di 3k rpm suaranya mungkin lebih halus dibanding mesin dengan redline 6k yang jalan di 3k rpm
7K-E dapet 100kmpj di 3300 RPM, tp krn redline cuma 5500RPM, suaranya udh cukup buat bikin seolah2 di telinga sy ada yg bilang
"woy gk ush injek gas lbh dalem lg, kasian tuh mesin...."
Mesin kijang bensin ya om?
Mungkin rasio giginya didesain buat nyaman buat cruising di 60-80kph kali ya
Mobil diesel di atas 2000cc juga kayanya banyak yang Redline segitu kan ya?coklatMetalik wrote: ↑Tue Feb 06, 2018 16:08Iya om...michaelgiri93 wrote: ↑Tue Feb 06, 2018 15:38HahahahacoklatMetalik wrote: ↑Tue Feb 06, 2018 12:25
Betul om
7K-E dapet 100kmpj di 3300 RPM, tp krn redline cuma 5500RPM, suaranya udh cukup buat bikin seolah2 di telinga sy ada yg bilang
"woy gk ush injek gas lbh dalem lg, kasian tuh mesin...."
Mesin kijang bensin ya om?
Mungkin rasio giginya didesain buat nyaman buat cruising di 60-80kph kali ya
Perasaan sy sih gigi 4 & 5 terlalu dkt, jd napas gigi 5 nya pendek
Sptnya iya memang lbh cocok cruising di jalan2 antar kota, bukan jln tol. Kalo diajak kebut2an ya napasnya abis , tp kalo nanjak2 br kerasa enaknya, lwt jalan antar kota yg jalur pegunungan sih santai aja gk ush sering downshift
Emg sih akhir 90an blm ada tol panjang2 kyk skrg...
Iya om 7K itu overstroke (80,5 * 87,5) jd tenaganya ada di RPM rendah, torsi maksimal jg di 2800RPM udh kyk meain diesel aja
kelihatane bukan masalah seberapa besar CCnya om, redline rendah biasanya torsinya gede, redline tinggi biasanya torsinya kecil. Mesin diesel torsi gede redline rendah, mesin OHV biasanya torsi gede redline rendah...coklatMetalik wrote: ↑Wed Feb 07, 2018 1:47 Iya om 7K itu overstroke (80,5 * 87,5) jd tenaganya ada di RPM rendah, torsi maksimal jg di 2800RPM udh kyk meain diesel aja
Kalo setau sy sih secara umum semakin gede CCnya semakin rendah redlinenya. Contoh;
Kuda diesel (2500cc) 4700RPM
Colt diesel 120 PS(3900cc) 4200 RPM
Fuso 220 PS (7500cc) 3200 RPM
Betul, sebenarnya tidak berhubungan langsung dengan cc. Umumnya mesin diesel cc besar red line rendah karena banyak pertimbangan, termasuk durability, kemampuan pangkon mesin untuk menahan getaran, dll.fatmike21 wrote:kelihatane bukan masalah seberapa besar CCnya om, redline rendah biasanya torsinya gede, redline tinggi biasanya torsinya kecil. Mesin diesel torsi gede redline rendah, mesin OHV biasanya torsi gede redline rendah...coklatMetalik wrote: ↑Wed Feb 07, 2018 1:47 Iya om 7K itu overstroke (80,5 * 87,5) jd tenaganya ada di RPM rendah, torsi maksimal jg di 2800RPM udh kyk meain diesel aja
Kalo setau sy sih secara umum semakin gede CCnya semakin rendah redlinenya. Contoh;
Kuda diesel (2500cc) 4700RPM
Colt diesel 120 PS(3900cc) 4200 RPM
Fuso 220 PS (7500cc) 3200 RPM
Ohh ternyata mesin CC besar sengaja dibuat redlinenya rendah krn ada alasan2 lain toh....liemivan86 wrote: ↑Wed Feb 07, 2018 2:31Betul, sebenarnya tidak berhubungan langsung dengan cc. Umumnya mesin diesel cc besar red line rendah karena banyak pertimbangan, termasuk durability, kemampuan pangkon mesin untuk menahan getaran, dll.fatmike21 wrote:kelihatane bukan masalah seberapa besar CCnya om, redline rendah biasanya torsinya gede, redline tinggi biasanya torsinya kecil. Mesin diesel torsi gede redline rendah, mesin OHV biasanya torsi gede redline rendah...coklatMetalik wrote: ↑Wed Feb 07, 2018 1:47 Iya om 7K itu overstroke (80,5 * 87,5) jd tenaganya ada di RPM rendah, torsi maksimal jg di 2800RPM udh kyk meain diesel aja
Kalo setau sy sih secara umum semakin gede CCnya semakin rendah redlinenya. Contoh;
Kuda diesel (2500cc) 4700RPM
Colt diesel 120 PS(3900cc) 4200 RPM
Fuso 220 PS (7500cc) 3200 RPM
Salah satu alasan mesin dibuat cc besar, karena mengejar torsi di rpm rendah.
Wah iya sih omcoklatMetalik wrote: ↑Tue Feb 06, 2018 16:08Iya om...michaelgiri93 wrote: ↑Tue Feb 06, 2018 15:38HahahahacoklatMetalik wrote: ↑Tue Feb 06, 2018 12:25
Betul om
7K-E dapet 100kmpj di 3300 RPM, tp krn redline cuma 5500RPM, suaranya udh cukup buat bikin seolah2 di telinga sy ada yg bilang
"woy gk ush injek gas lbh dalem lg, kasian tuh mesin...."
Mesin kijang bensin ya om?
Mungkin rasio giginya didesain buat nyaman buat cruising di 60-80kph kali ya
Perasaan sy sih gigi 4 & 5 terlalu dkt, jd napas gigi 5 nya pendek
Sptnya iya memang lbh cocok cruising di jalan2 antar kota, bukan jln tol. Kalo diajak kebut2an ya napasnya abis , tp kalo nanjak2 br kerasa enaknya, lwt jalan antar kota yg jalur pegunungan sih santai aja gk ush sering downshift
Emg sih akhir 90an blm ada tol panjang2 kyk skrg...
Betul Om, pengaruhnya lebih karena Piston speedmichaelgiri93 wrote: ↑Wed Feb 07, 2018 7:36Wah iya sih omcoklatMetalik wrote: ↑Tue Feb 06, 2018 16:08Iya om...michaelgiri93 wrote: ↑Tue Feb 06, 2018 15:38
Hahahaha
Mesin kijang bensin ya om?
Mungkin rasio giginya didesain buat nyaman buat cruising di 60-80kph kali ya
Perasaan sy sih gigi 4 & 5 terlalu dkt, jd napas gigi 5 nya pendek
Sptnya iya memang lbh cocok cruising di jalan2 antar kota, bukan jln tol. Kalo diajak kebut2an ya napasnya abis , tp kalo nanjak2 br kerasa enaknya, lwt jalan antar kota yg jalur pegunungan sih santai aja gk ush sering downshift
Emg sih akhir 90an blm ada tol panjang2 kyk skrg...
Emg waktu itu sangat disesuaikan dengan jalan Indonesia
Dan itu mengingatkan saya sama panther kotak, apalagi yang 2.300cc
Lari 100 suaranya sudah ngos ngosan banget.
Bicara cc besar redline rendah
Mungkinkah ada hubungannya sama stroke mesin?
Karena semakin panjang stroke mesin untuk mencapai rpm yang sama dibutuhkan kecepatan piston yang lebih tinggi dibandingan mesin dengan stroke yang lebih rendah.
Rumusnya: mean piston speed (m/s) = 2*stroke(dalam m)*rpm/60
Contohnya 7K-E tadi
2*0,0875*5500/60= 16,04 m/s
Udah masuk ke kategori medium speed petrol
Nah sepemahaman saya kalau mesin cc besar dengan jumlah silinder yang sama mungkin strokenya juga makin panjang, jadi rpmnya makin rendah. Mungkin karena itu redline mesin diesel yang besar makin rendah apalagi mesin diesel kalo gak salah strokenya panjang panjang.
Sumber : https://en.m.wikipedia.org/wiki/Mean_piston_speed
Cmiiw ya, saya masih sangat nubie(baru menemukan ini beberapa hari yang lalu).
OalahhhhPugman wrote: ↑Thu Feb 08, 2018 12:38
Betul Om, pengaruhnya lebih karena Piston speed
Daily Car/motorbike itu diset 19-21m/s
Sport Car/motorbike 21-24 m/s
Untuk mobil/motor balap bisa > 25m/s, bahkan
Tergantung jenis Balap, jenis Balap endurance akan sedikit lebih rendah mensetting piston speed dibading drag.
Ini semua memang dipengaruhi konfigurasi bore x stroke,
Mesin Overbore dengan CC sama akan punya redline lebih tinggi dari Overstroke tapi untuk kendaraan harian, akan kurang cocok karena torsi dan power didapat di rpm lebih tinggi. Sehingga konfigurasi Overbore lebih banyak dipakai di mobil atau motor sport.
Kenapa piston speed dibatasi? Dasar pemikirannya adalah perbedaan material dinding silinder, ring dan piston. Saat piston melewati batas aman, laju pemuaian material tersebut tidak berjalan linear dimana akan menyebabkan piston stuck atau pecah.
Untuk mengatasinya tentu saja perlu material yang baik, maka ga heran kalau mesin F1 atau Motogp bisa tembus sekitar 29-30 m/s piston speednya.
IMONYoman wrote:Kalau motor gimana ya.. Secara displacement dan isi silinder sama misal 1L dan 4cyl, tapi untuk motor dapat di geber hingga 11000-13000rpm (road legal) sedangkan mobil dibatasi cuma 5000-6000rpm saja.. Pengaruh di bobot kah? Sehingga sebetulnya menjawab kenapa motor 750cc bisa punya power diatas 100hp (double the rpm double the power)
Imho bener sih ombero89 wrote: ↑Wed Feb 14, 2018 19:38IMONYoman wrote:Kalau motor gimana ya.. Secara displacement dan isi silinder sama misal 1L dan 4cyl, tapi untuk motor dapat di geber hingga 11000-13000rpm (road legal) sedangkan mobil dibatasi cuma 5000-6000rpm saja.. Pengaruh di bobot kah? Sehingga sebetulnya menjawab kenapa motor 750cc bisa punya power diatas 100hp (double the rpm double the power)
Untuk perbedaan tinggi daya rpm motor dg mobil saya pikir sih ada kaitannya dg metalurgi parts nya juga. Krn biasanya pada moge seringkali menggunakan parts2 eksotik, dan moge sendiri kebanyakan segmented (sports misalnya), jadi yah memang mesin beringas sama halnya dg sportscar pas berbeda dg kendaraan mobil keluarga.
Kedua dr size kendaraan, ukuran (besar kendaraan) berbanding lurus dg design konstruksi engine utk menghasilkan tenaga agar mampu menggerakan/berjalan. Krn (size) r2<r4 maka design stroke (besar stroke mempengaruhi rpm yg terkail bukan? Cmiiw) masing2 kendaraan disesuaikan. Si r2 lebih kecil sizenya sehingga g perlu torque yg gede2 amat biar bisa jalan & jadinya bisa kail rpm lebih tinggi, begitu sebaliknya di r4.
Maap nubie sotoy [emoji29]