Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Or4cle wrote: ↑Wed Sep 22, 2021 4:04
Engine displacement (kapasitas mesin) adalah volume cylinder diukur melalui pergerakan diameter piston (bore) dan langka piston (stroke), dari TMB menuju ke TMA (seperti rumus yang mbah momod tulis sebelumnya). Output yg dihasilkan dari karakteristik pemakaian bore & stroke ini (overbore / square / overstroke) ini ibarat pandora box, menuju step selanjutnya ; mekanisme katup (OHV/SOHC/DOHC) dgn tetek-bengek teknologi katup variabel (VVTI, VTEC, i-VTEC, CVVT, MIVEC, VANOS, etc) dan selanjutnya distribusi power tsb disalurkan melalui pemilihan gear ratio & final gear.
Ane berpendapat displacement adalah titik krusial, pandora box dalam proses menghasilkan output power (torsi & HP) tanpa mengesampingkan yang lain (mekanisme katub, teknologi katup, LSA camshaft, Compression ratio, ECU, dll). Dan tentunya kalau bahas engine displacement secara otomatis stroke dan bore sudah termasuk didalamnya sesuai rumus π/4 * bore² * stroke * jumlah cylinder
Makanya ane bertanya : output power (N/A engine) mau diperas dari mana, kalau bukan dimulai dari engine displacement (N/A engine)
Nah yang menarik sebenernya tren downsizing engine itu mulainya bukan sejak trending turbo turboan, tapi dari dulu engine justru cenderungnya di downsize. Kalo inget dulu mobil mobil jadul itu mesinnya ampe 10.000cc jg ada tapi powernya imut imut bgt. Okelah kita kesampingkan faktor spt perkembangan teknologi atau economy emisi dll...
Tp secara teknikal, justru pabrikan itu maunya bikin mesin sekecil mungkin dengan output sebesar mungkin.
Spt yang ane bilang bahwa more displacement makes it possible for more power itu betul, ane gak menyangkal itu tapi not the most efficient way to add power, makanya nambah displacement itu bukan langkah utama, in fact justru langkah last resort, dia akan ngikutin size mobilnya. Makanya kenapa gak ada honda jazz mesin 2 liter padahal kalo mau honda bisa aja bikin.
Nambah displacement menurut ane justru adalah konsekuensi mobil yang ukurannya makin gede.
Penambahan bobot butuh torsi lebih besar, artinya mesin butuh longer stroke, dan cc naik mau gak mau. Kalau kita inget first golf GTI pake 1600cc, perlahan naik skr dari MK5-MK8 15 thn lebih tetep pake 2000cc dengan turbo. Nantinya kalo bisa 1.4/1.6 liter turbo ya mereka akan bikin, in fact, malah udah pernah bikin : 1.4 TSI twincharger yang dikulik bisa ngejar GTI. Tapi gak dilanjut krn urusan biaya. Apalagi skrg tren electric hybrid hybrid an mungkin nanti bisa honda jazz pake mesin 500cc + motor listrik.
Oooo iya ... Golf 1.4 TSI twincharger, ini mesin pernah dpt predikat best engine ya ?
Gokil juga 1400 CC imut bisa dipasag supercharger hahaha ..teorinya kan supercharger bebanin kerja mesin. Ditambah dopping turbocharger pulak.
Or4cle wrote: ↑Wed Sep 22, 2021 4:04
Engine displacement (kapasitas mesin) adalah volume cylinder diukur melalui pergerakan diameter piston (bore) dan langka piston (stroke), dari TMB menuju ke TMA (seperti rumus yang mbah momod tulis sebelumnya). Output yg dihasilkan dari karakteristik pemakaian bore & stroke ini (overbore / square / overstroke) ini ibarat pandora box, menuju step selanjutnya ; mekanisme katup (OHV/SOHC/DOHC) dgn tetek-bengek teknologi katup variabel (VVTI, VTEC, i-VTEC, CVVT, MIVEC, VANOS, etc) dan selanjutnya distribusi power tsb disalurkan melalui pemilihan gear ratio & final gear.
Ane berpendapat displacement adalah titik krusial, pandora box dalam proses menghasilkan output power (torsi & HP) tanpa mengesampingkan yang lain (mekanisme katub, teknologi katup, LSA camshaft, Compression ratio, ECU, dll). Dan tentunya kalau bahas engine displacement secara otomatis stroke dan bore sudah termasuk didalamnya sesuai rumus π/4 * bore² * stroke * jumlah cylinder
Makanya ane bertanya : output power (N/A engine) mau diperas dari mana, kalau bukan dimulai dari engine displacement (N/A engine)
Nah yang menarik sebenernya tren downsizing engine itu mulainya bukan sejak trending turbo turboan, tapi dari dulu engine justru cenderungnya di downsize. Kalo inget dulu mobil mobil jadul itu mesinnya ampe 10.000cc jg ada tapi powernya imut imut bgt. Okelah kita kesampingkan faktor spt perkembangan teknologi atau economy emisi dll...
Tp secara teknikal, justru pabrikan itu maunya bikin mesin sekecil mungkin dengan output sebesar mungkin.
Spt yang ane bilang bahwa more displacement makes it possible for more power itu betul, ane gak menyangkal itu tapi not the most efficient way to add power, makanya nambah displacement itu bukan langkah utama, in fact justru langkah last resort, dia akan ngikutin size mobilnya. Makanya kenapa gak ada honda jazz mesin 2 liter padahal kalo mau honda bisa aja bikin.
Nambah displacement menurut ane justru adalah konsekuensi mobil yang ukurannya makin gede.
Penambahan bobot butuh torsi lebih besar, artinya mesin butuh longer stroke, dan cc naik mau gak mau. Kalau kita inget first golf GTI pake 1600cc, perlahan naik skr dari MK5-MK8 15 thn lebih tetep pake 2000cc dengan turbo. Nantinya kalo bisa 1.4/1.6 liter turbo ya mereka akan bikin, in fact, malah udah pernah bikin : 1.4 TSI twincharger yang dikulik bisa ngejar GTI. Tapi gak dilanjut krn urusan biaya. Apalagi skrg tren electric hybrid hybrid an mungkin nanti bisa honda jazz pake mesin 500cc + motor listrik.
Oooo iya ... Golf 1.4 TSI twincharger, ini mesin pernah dpt predikat best engine ya ?
Gokil juga 1400 CC imut bisa dipasag supercharger hahaha ..teorinya kan supercharger bebanin kerja mesin. Ditambah dopping turbocharger pulak.
enak lari-nya om...dulu pernah test vw touran...
mesin kecil gitu seingat sy dpt 190kmh
nikmati nyetir mobil..rasakan fun driv..pus the limit
idup lebih sering pait seperti kopi kenangan mantan...masa dibikin tambah pait ky empedu...siksa diri dah...
Btw btw
Gimana neh? Makin jadi sepet kek empedu donk… CR-V turbo cekokin pertabo @12k / liter . Full tank mau brapa duit .. ?
Tapi gw masih suka liat beberapa kasih minum pertalit seh wkwkwkwkwk
Kijang diesel aja ah.. solar gocenggg to the max..
...
yahhhh bnyk nyerah juga isi pertabo....tar lagi juga naik nambah nih...
kembali kodrat manusia...yang penting isi dompet gak cepat habis..
mobil asal bisa jalan buat harian yah sikat trs...mau turbo kek..
kalo msh fans sama merk ini gw yakin klo punya bensinnya 1:5...yah topnya 1:6an.... trs cvtnya ambriol...
Or4cle wrote: ↑Wed Sep 22, 2021 8:19
Oooo iya ... Golf 1.4 TSI twincharger, ini mesin pernah dpt predikat best engine ya ?
Gokil juga 1400 CC imut bisa dipasag supercharger hahaha ..teorinya kan supercharger bebanin kerja mesin. Ditambah dopping turbocharger pulak.
dapet ward's best enjin 2010 kl ga salah mbah. cuma ya itu super kompleks designnya walaupun emang enak banget dapet powernya rata dr bawah ampe atas. tp jujur sih sebenernya aside from electronics nih enjin twincharger bener bener reliabel utk ukuran mesin yang "dipaksa" dicekokin dua forced induction sekaligus. ane dl pake bentar dengan posisi odometer di atas 100 rebu gak pernah ada issue dan cek recordnya gak pernah breakdown.
terus beralih ke twin scroll krn less complex designnya.