Ada apa dengan CR-V Turbo? kenapa Penjualannya lesu?

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5628
Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58

Re: Ada apa dengan CR-V Turbo? kenapa Penjualannya lesu?

Post by kompresorz »

semua bisa irit....




mungkin mesin c43 AMG
jakarta keliling ancol monas 1:15...




aliran siksa diri....sekalian sauna di dalam mobil....mata keker rpm....


pulse n glide....
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ada apa dengan CR-V Turbo? kenapa Penjualannya lesu?

Post by DOHC »

kompresorz wrote: Mon Sep 20, 2021 10:02 semua bisa irit....




mungkin mesin c43 AMG
jakarta keliling ancol monas 1:15...




aliran siksa diri....sekalian sauna di dalam mobil....mata keker rpm....


pulse n glide....
bener tuh

nginjek gas takut2

kasian itu namanya

idup ud susah, cari duit susah, nyetir nginjek gas aj takut2 ... pait amat idup kaya empedu uler kobra namanya

bensin murah koq... kopi kenangan seliter masi lebi mahal
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Ada apa dengan CR-V Turbo? kenapa Penjualannya lesu?

Post by ChZ »

Or4cle wrote: Mon Sep 20, 2021 9:29
Kalo engine N/A
rumusnya sdh baku : No replacement for displacement.
Don't get me wrong mbah momod ... yg ane bold diatas berlaku hanya untuk N/A engine, asumsinya tanpa forced induction :big_peace:
Engine modern dengan turbocharger/supercharge/twincharge tentu sudah beda ceritanya. Intinya engine kencang tapi irit gak bisa bersatu, ibarat campurin minyak dengan air :big_grin:
Nah kl assume semuanya sama, itupun kita musti put into account kalo more displacement means more weight, dan makin gede displacement revnya gak bisa tinggi tinggi. Makanya BMW V8-V10 5 Liter outputnya bisa nyamain american enjin 8 liter V10.

Intinya, engine design is really complex. Gak serta merta engine displacement adalah rumus baku for more power, even itu NA engine.

Nah makanya ane koreksi bahasanya mbah, bukan kencang sekaligus irit tapi efisien.

Krn efisien beda dengan irit. Efisien itu mesin sama 2500cc konsumsi 1:8 bisa dapet tenaga 300hp vs mesin 2500cc konsumsi 1:8 tenaga 200hp, lebih efisien yang 300hp tentu saja.

Tentu gak bisa harap 2500cc seirit toyota prius, tapi yes it can be optimized.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Ada apa dengan CR-V Turbo? kenapa Penjualannya lesu?

Post by maastricht889 »

ChZ wrote: Mon Sep 20, 2021 12:09
Or4cle wrote: Mon Sep 20, 2021 9:29
Kalo engine N/A
rumusnya sdh baku : No replacement for displacement.
Don't get me wrong mbah momod ... yg ane bold diatas berlaku hanya untuk N/A engine, asumsinya tanpa forced induction :big_peace:
Engine modern dengan turbocharger/supercharge/twincharge tentu sudah beda ceritanya. Intinya engine kencang tapi irit gak bisa bersatu, ibarat campurin minyak dengan air :big_grin:
Nah kl assume semuanya sama, itupun kita musti put into account kalo more displacement means more weight, dan makin gede displacement revnya gak bisa tinggi tinggi. Makanya BMW V8-V10 5 Liter outputnya bisa nyamain american enjin 8 liter V10.

Intinya, engine design is really complex. Gak serta merta engine displacement adalah rumus baku for more power, even itu NA engine.

Nah makanya ane koreksi bahasanya mbah, bukan kencang sekaligus irit tapi efisien.

Krn efisien beda dengan irit. Efisien itu mesin sama 2500cc konsumsi 1:8 bisa dapet tenaga 300hp vs mesin 2500cc konsumsi 1:8 tenaga 200hp, lebih efisien yang 300hp tentu saja.

Tentu gak bisa harap 2500cc seirit toyota prius, tapi yes it can be optimized.
Pantes ya ko, turbo2an kaya yg di RX300 8AR-FTS sekarang, CX9 baru itu dr fuel cons tetep biasa ya walaupun better dari tenaga, power delivery sama weight reduction drpd mesin lamanya kyk 2.7 1AR-FE di RX270, ato ndak 3.7 V6 di cx9 lama.

Gara2 sekarang pabrikan mulai main turbo2nan orang pada ekspektasi dg downsizing engine tapi daprt doping turbo, di samping tenaga naik juga "katanya" lebih irit. Padahal... biasa wae ato sama aja soal fuel cons, tapi refinement dr efisiensi berat, output tenaga lebih gede di mesin lebih kecil
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Ada apa dengan CR-V Turbo? kenapa Penjualannya lesu?

Post by ChZ »

erwinign wrote: Mon Sep 20, 2021 12:15
Pantes ya ko, turbo2an kaya yg di RX300 8AR-FTS sekarang, CX9 baru itu dr fuel cons tetep biasa ya walaupun better dari tenaga, power delivery sama weight reduction drpd mesin lamanya kyk 2.7 1AR-FE di RX270, ato ndak 3.7 V6 di cx9 lama.

Gara2 sekarang pabrikan mulai main turbo2nan orang pada ekspektasi dg downsizing engine tapi daprt doping turbo, di samping tenaga naik juga "katanya" lebih irit. Padahal... biasa wae ato sama aja soal fuel cons, tapi refinement dr efisiensi berat, output tenaga lebih gede di mesin lebih kecil
Naah itu dia. Kuncinya efficient = balance antara power dan fuel consumption, dan F/I itu salah satu cara buat mengoptimalkan.

Silinder mobil itu isinya udara dan ada turbo bikin udara masuknya makin padat = more air = bensin nyemprotnya tetep banyak, tapi lebih banyak yang jadi tenaga.

Yah civic ane konsumsinya gak beda sama honda jazz tapi kan tenaganya hampir 2x lipet :big_biglaugh:

Utk mesin NA nambah cc = nambah power itu rumus pemula, tp begitu masuk engine design ada banyak hal berperan, bahkan beda 100 cc pun ada itungannya. Ya murican suka mesin gede gede krn enak dipake lintas state jalan lebar cc besar lebih santai, tp di europe ama jepang lebih penting gimana dari mesin kecil optimal krn di sana jalan kecil kecil
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5628
Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58

Re: Ada apa dengan CR-V Turbo? kenapa Penjualannya lesu?

Post by kompresorz »

DOHC wrote: Mon Sep 20, 2021 11:00
kompresorz wrote: Mon Sep 20, 2021 10:02 semua bisa irit....




mungkin mesin c43 AMG
jakarta keliling ancol monas 1:15...




aliran siksa diri....sekalian sauna di dalam mobil....mata keker rpm....


pulse n glide....
bener tuh

nginjek gas takut2

kasian itu namanya

idup ud susah, cari duit susah, nyetir nginjek gas aj takut2 ... pait amat idup kaya empedu uler kobra namanya

bensin murah koq... kopi kenangan seliter masi lebi mahal
taukkk tuh....

idup kok dibikin susah sendiri....

heran dah....

nikmati nyetir mobil..rasakan fun driv..pus the limit

idup lebih sering pait seperti kopi kenangan mantan...masa dibikin tambah pait ky empedu...siksa diri dah...

btw...

emang empedu ular kobra ky apa om kelep... :big_think:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ada apa dengan CR-V Turbo? kenapa Penjualannya lesu?

Post by DOHC »

kompresorz wrote: Mon Sep 20, 2021 13:00
DOHC wrote: Mon Sep 20, 2021 11:00
kompresorz wrote: Mon Sep 20, 2021 10:02 semua bisa irit....




mungkin mesin c43 AMG
jakarta keliling ancol monas 1:15...




aliran siksa diri....sekalian sauna di dalam mobil....mata keker rpm....


pulse n glide....
bener tuh

nginjek gas takut2

kasian itu namanya

idup ud susah, cari duit susah, nyetir nginjek gas aj takut2 ... pait amat idup kaya empedu uler kobra namanya

bensin murah koq... kopi kenangan seliter masi lebi mahal
taukkk tuh....

idup kok dibikin susah sendiri....

heran dah....

nikmati nyetir mobil..rasakan fun driv..pus the limit

idup lebih sering pait seperti kopi kenangan mantan...masa dibikin tambah pait ky empedu...siksa diri dah...

btw...

emang empedu ular kobra ky apa om kelep... :big_think:
dulu di pancoran kota ada yg jual arak nya, darah nya, empedu nya, daging nya buat dbkin abon

kl empedu mentah nya rasanya pait kl digigit, warna nya putih2 gelap, biasa diminum ama arak

cuman skrg entah ud kmana yg jual, kena gusur kali pas dibangun pancoran chinatown
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
Or4cle
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1294
Joined: Wed Nov 02, 2016 1:59

Re: Ada apa dengan CR-V Turbo? kenapa Penjualannya lesu?

Post by Or4cle »

ChZ wrote: Mon Sep 20, 2021 12:09
Or4cle wrote: Mon Sep 20, 2021 9:29
Kalo engine N/A
rumusnya sdh baku : No replacement for displacement.
Don't get me wrong mbah momod ... yg ane bold diatas berlaku hanya untuk N/A engine, asumsinya tanpa forced induction :big_peace:
Engine modern dengan turbocharger/supercharge/twincharge tentu sudah beda ceritanya. Intinya engine kencang tapi irit gak bisa bersatu, ibarat campurin minyak dengan air :big_grin:
Nah kl assume semuanya sama, itupun kita musti put into account kalo more displacement means more weight, dan makin gede displacement revnya gak bisa tinggi tinggi. Makanya BMW V8-V10 5 Liter outputnya bisa nyamain american enjin 8 liter V10.

Intinya, engine design is really complex. Gak serta merta engine displacement adalah rumus baku for more power, even itu NA engine.

Nah makanya ane koreksi bahasanya mbah, bukan kencang sekaligus irit tapi efisien.

Krn efisien beda dengan irit. Efisien itu mesin sama 2500cc konsumsi 1:8 bisa dapet tenaga 300hp vs mesin 2500cc konsumsi 1:8 tenaga 200hp, lebih efisien yang 300hp tentu saja.

Tentu gak bisa harap 2500cc seirit toyota prius, tapi yes it can be optimized.
Ane setuju more displacement berarti engine tambah berat. Tapi kalo makin gede displacement revv nya gak bisa tinggi itu salah besar, CMIIW.

Output engine didapat dari displacement. Output tsb baru di distribusikan powernya lewat gear ratio dan final gear. Nah disini ditentuin, desain engine mau diarahkan kemana (close ratio atau wide ratio) dan peruntukannya mobil untuk apa .... mau disalurkan ke revv tinggi monggo ambil wide ratio gear.

Contohnya : Mobil Sport 1600cc dgn output 120Hp speed kencang sampai 200km/hour dibanding mobil Double Cabin / light Truck dgn mesin 2300cc 250Hp cuma mampu top speed di kisaran 160-170km/hour saja. Kenapa bisa gitu? Karena mesin mobil sport 1600cc pakai gear box & final gear ratio yang di perhitungkan untuk speeding to the highest speed sedangkan Double Cabin diperuntukan untuk utility vehicle & beban berat, padahal kalau mesin Double Cabin ditempelin gear box mobil sport bisa lari kencang sekencang kencangnya, tapi akan mengorbankan kemampuan mengangkut beban berat.
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5628
Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58

Re: Ada apa dengan CR-V Turbo? kenapa Penjualannya lesu?

Post by kompresorz »

DOHC wrote: Mon Sep 20, 2021 13:43
kompresorz wrote: Mon Sep 20, 2021 13:00
DOHC wrote: Mon Sep 20, 2021 11:00
bener tuh

nginjek gas takut2

kasian itu namanya

idup ud susah, cari duit susah, nyetir nginjek gas aj takut2 ... pait amat idup kaya empedu uler kobra namanya

bensin murah koq... kopi kenangan seliter masi lebi mahal
taukkk tuh....

idup kok dibikin susah sendiri....

heran dah....

nikmati nyetir mobil..rasakan fun driv..pus the limit

idup lebih sering pait seperti kopi kenangan mantan...masa dibikin tambah pait ky empedu...siksa diri dah...

btw...

emang empedu ular kobra ky apa om kelep... :big_think:
dulu di pancoran kota ada yg jual arak nya, darah nya, empedu nya, daging nya buat dbkin abon

kl empedu mentah nya rasanya pait kl digigit, warna nya putih2 gelap, biasa diminum ama arak

cuman skrg entah ud kmana yg jual, kena gusur kali pas dibangun pancoran chinatown
wah ngeri x om kelep. :big_smoking:
ada kenalan hobi minum darah ular..ktnya buat sepoi sepoi dengan bidadari jos gandos.. :big_think:

entah mnrt om kelep fact or myth.. :big_childish:

klo gw sih ngeri ah.. :upss:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Ada apa dengan CR-V Turbo? kenapa Penjualannya lesu?

Post by ChZ »

Or4cle wrote: Mon Sep 20, 2021 23:16 Ane setuju more displacement berarti engine tambah berat. Tapi kalo makin gede displacement revv nya gak bisa tinggi itu salah besar, CMIIW.

Output engine didapat dari displacement. Output tsb baru di distribusikan powernya lewat gear ratio dan final gear. Nah disini ditentuin, desain engine mau diarahkan kemana (close ratio atau wide ratio) dan peruntukannya mobil untuk apa .... mau disalurkan ke revv tinggi monggo ambil wide ratio gear.

Contohnya : Mobil Sport 1600cc dgn output 120Hp speed kencang sampai 200km/hour dibanding mobil Double Cabin / light Truck dgn mesin 2300cc 250Hp cuma mampu top speed di kisaran 160-170km/hour saja. Kenapa bisa gitu? Karena mesin mobil sport 1600cc pakai gear box & final gear ratio yang di perhitungkan untuk speeding to the highest speed sedangkan Double Cabin diperuntukan untuk utility vehicle & beban berat, padahal kalau mesin Double Cabin ditempelin gear box mobil sport bisa lari kencang sekencang kencangnya, tapi akan mengorbankan kemampuan mengangkut beban berat.
Output engine itu didapat dari

torque x rev / 5252.

Displacement gede means bigger power? True to some extent but not exactly. Krn ada faktor lain yaitu pengisian silindernya gimana. Ibaratnya punya botol 3 liter gak selalu terisi penuh. Silinder butuh udara buat bekerja. Cylinder without air is just empty bottles with different sizes.

Makanya at some point mesin besar tidak lagi efisien untuk bikin tenaga besar. Krn more displacement needs more air, artinya komponen pendukung spt intake, valve, cam, exhaust, dll musti mendukung untuk itu. Belum compression ratio mesinnya sendiri. How to introduce more air? It needs large @ss intake, dan jika kita stick ke naturally aspirated, kemampuan mesin menghisap udara sangat terbatas. Makanya, ane bilang pada extent tertentu ia sudah tidak berlaku lagi.

Lagipula, Ada banyak contoh pabrikan slamming more powahhh tanpa adding displacement, malah ini banyak dilakukan pabrikan yang dulunya orthodox dengan NA engine spt BMW dan Honda. Last NA M3 dan M5 tanpa musti bikin displacement segede bagong macem AMG bisa ngimbangin power di 400-500hp. Honda punya K24 yang lebih besar ccnya, tapi di civic type R tetep pakai K20 basis. Pdhl mereka orthodox dengan NA engine.

Terus soal rev, betul, tapi sebenarnya gear ratio hanya membantu untuk lebih cepat mencapai rev tertentu, tapi yang membuat engine bisa rev tinggi adalah profil bore dan strokenya.

Shorter stroke artinya mesin bisa mencapai rev tinggi tapi suffer di torque, dan longer stroke means rev rendah tapi torque kuat. Ini hukum fisika. Mesin hi performance spt honda vtec B series, BMW V10, lamborghini V12 itu bisa rev tinggi tapi torquenya tidak bisa lompat spt mesin amerika kenapa? Krn strokenya pendek. But hpnya tinggi banget. Dan biasa dipasangkan ke girbok dengan rasio fg lebar karena bisa ngejar top speed tinggi, more rev = more hp = more top speed.

Dan note lagi more displacement biasanya more cylinders, makin banyak silinder makin sulit rev tinggi krn..... Physics. Mesinnya berat. Kalo mau peratiin mesin motor kenapa bisa rev sampe 17-18k sementara mobil 4 silinder kita 7rebu aja udah treak....

Terus F1 kenapa bisa? Krn cc nya kecil tapi silinder banyak, jadi ringan. dan dibantu short stroke krn dibuat untuk top speed.

Tau kan angka berapa cc (volume silinder) di mobil kita didapat dari persamaan pi x bore x bore x stroke ?
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ada apa dengan CR-V Turbo? kenapa Penjualannya lesu?

Post by DOHC »

kompresorz wrote: Tue Sep 21, 2021 0:32
DOHC wrote: Mon Sep 20, 2021 13:43
kompresorz wrote: Mon Sep 20, 2021 13:00

taukkk tuh....

idup kok dibikin susah sendiri....

heran dah....

nikmati nyetir mobil..rasakan fun driv..pus the limit

idup lebih sering pait seperti kopi kenangan mantan...masa dibikin tambah pait ky empedu...siksa diri dah...

btw...

emang empedu ular kobra ky apa om kelep... :big_think:
dulu di pancoran kota ada yg jual arak nya, darah nya, empedu nya, daging nya buat dbkin abon

kl empedu mentah nya rasanya pait kl digigit, warna nya putih2 gelap, biasa diminum ama arak

cuman skrg entah ud kmana yg jual, kena gusur kali pas dibangun pancoran chinatown

wah ngeri x om kelep. :big_smoking:
ada kenalan hobi minum darah ular..ktnya buat sepoi sepoi dengan bidadari jos gandos.. :big_think:

entah mnrt om kelep fact or myth.. :big_childish:

klo gw sih ngeri ah.. :upss:
Darah uler mmg klaim nya utk ningkatin performa ranjang om

Kaya kijang dikasi pertadex... lgs gaspolll 70 ampe 100 bidadari temboossss

Tp kl saya seh ga tau, belom perna coba sendiri minum darah nya

Itu jg cuman skali seumur idup cobain emepdu.. uda ckup, yg aneh2 ckup skali seumur idup aj

Kaya dulu cobain b1 d lapo , cuman skali aj seumur idup
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5684
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Ada apa dengan CR-V Turbo? kenapa Penjualannya lesu?

Post by sintoni »

DOHC wrote: Mon Sep 20, 2021 13:43 dulu di pancoran kota ada yg jual arak nya, darah nya, empedu nya, daging nya buat dbkin abon

kl empedu mentah nya rasanya pait kl digigit, warna nya putih2 gelap, biasa diminum ama arak

cuman skrg entah ud kmana yg jual, kena gusur kali pas dibangun pancoran chinatown
Dulu pernah nemenin ortu pas ke jakarta minum darah uler di mangga besar ya itu, ya daerah yang banyak jual kwetiau itu rasanya.

Tapi dah lama banget mungkin 10 taunan.
Or4cle
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1294
Joined: Wed Nov 02, 2016 1:59

Re: Ada apa dengan CR-V Turbo? kenapa Penjualannya lesu?

Post by Or4cle »

ChZ wrote: Tue Sep 21, 2021 0:59
Or4cle wrote: Mon Sep 20, 2021 23:16 Ane setuju more displacement berarti engine tambah berat. Tapi kalo makin gede displacement revv nya gak bisa tinggi itu salah besar, CMIIW.

Output engine didapat dari displacement. Output tsb baru di distribusikan powernya lewat gear ratio dan final gear. Nah disini ditentuin, desain engine mau diarahkan kemana (close ratio atau wide ratio) dan peruntukannya mobil untuk apa .... mau disalurkan ke revv tinggi monggo ambil wide ratio gear.

Contohnya : Mobil Sport 1600cc dgn output 120Hp speed kencang sampai 200km/hour dibanding mobil Double Cabin / light Truck dgn mesin 2300cc 250Hp cuma mampu top speed di kisaran 160-170km/hour saja. Kenapa bisa gitu? Karena mesin mobil sport 1600cc pakai gear box & final gear ratio yang di perhitungkan untuk speeding to the highest speed sedangkan Double Cabin diperuntukan untuk utility vehicle & beban berat, padahal kalau mesin Double Cabin ditempelin gear box mobil sport bisa lari kencang sekencang kencangnya, tapi akan mengorbankan kemampuan mengangkut beban berat.
Output engine itu didapat dari

torque x rev / 5252.

Displacement gede means bigger power? True to some extent but not exactly. Krn ada faktor lain yaitu pengisian silindernya gimana. Ibaratnya punya botol 3 liter gak selalu terisi penuh. Silinder butuh udara buat bekerja. Cylinder without air is just empty bottles with different sizes.

Makanya at some point mesin besar tidak lagi efisien untuk bikin tenaga besar. Krn more displacement needs more air, artinya komponen pendukung spt intake, valve, cam, exhaust, dll musti mendukung untuk itu. Belum compression ratio mesinnya sendiri. How to introduce more air? It needs large @ss intake, dan jika kita stick ke naturally aspirated, kemampuan mesin menghisap udara sangat terbatas. Makanya, ane bilang pada extent tertentu ia sudah tidak berlaku lagi.

Lagipula, Ada banyak contoh pabrikan slamming more powahhh tanpa adding displacement, malah ini banyak dilakukan pabrikan yang dulunya orthodox dengan NA engine spt BMW dan Honda. Last NA M3 dan M5 tanpa musti bikin displacement segede bagong macem AMG bisa ngimbangin power di 400-500hp.

Terus soal rev, betul, tapi sebenarnya gear ratio hanya membantu untuk lebih cepat mencapai rev tertentu, tapi yang membuat engine bisa rev tinggi adalah profil bore dan strokenya.

Shorter stroke artinya mesin bisa mencapai rev tinggi tapi suffer di torque, dan longer stroke means rev rendah tapi torque kuat. Ini hukum fisika. Mesin hi performance spt honda vtec B series, BMW V10, lamborghini V12 itu bisa rev tinggi tapi torquenya tidak bisa lompat spt mesin amerika kenapa? Krn strokenya pendek. But hpnya tinggi banget. Dan biasa dipasangkan ke girbok dengan rasio fg lebar karena bisa ngejar top speed tinggi, more rev = more hp = more top speed.

Dan note lagi more displacement biasanya more cylinders, makin banyak silinder makin sulit rev tinggi krn..... Physics. Mesinnya berat. Kalo mau peratiin mesin motor kenapa bisa rev sampe 17-18k sementara mobil 4 silinder kita 7rebu aja udah treak....

Terus F1 kenapa bisa? Krn cc nya kecil tapi silinder banyak, jadi ringan. dan dibantu short stroke krn dibuat untuk top speed.

Tau kan angka berapa cc (volume silinder) di mobil kita didapat dari persamaan pi x bore x bore x stroke ?
Engine ibarat tubuh manusia, holistik, semuanya satu kesatuan yang berkesinambungan .... Kalau dijabarin semua punya kontribusi dlm output engine. Intinya yg ane bold, irit tapi kencang itu impossible (effisien iya seperti kata mbah Momod).

Kalau engine N/A output power besar tanpa displacement besar (terlepas dari komponen lain) mau diperas dari mana ??? Apalagi mau minta bonus irit .... Ini kita omongin mesin N/A yaa

Engine high revv jaman now sdh out of date, kecuali dipakai buat track day ... Jaman berubah, sekarang engine forced induction output power gain di rentang RPM rendah & lebih cocok buat daily use.
Last edited by Or4cle on Tue Sep 21, 2021 2:40, edited 1 time in total.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ada apa dengan CR-V Turbo? kenapa Penjualannya lesu?

Post by DOHC »

sintoni wrote: Tue Sep 21, 2021 1:37
DOHC wrote: Mon Sep 20, 2021 13:43 dulu di pancoran kota ada yg jual arak nya, darah nya, empedu nya, daging nya buat dbkin abon

kl empedu mentah nya rasanya pait kl digigit, warna nya putih2 gelap, biasa diminum ama arak

cuman skrg entah ud kmana yg jual, kena gusur kali pas dibangun pancoran chinatown
Dulu pernah nemenin ortu pas ke jakarta minum darah uler di mangga besar ya itu, ya daerah yang banyak jual kwetiau itu rasanya.

Tapi dah lama banget mungkin 10 taunan.
Gmana mbah ?lgs grenggg ga :upss:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ada apa dengan CR-V Turbo? kenapa Penjualannya lesu?

Post by DOHC »

ChZ wrote: Tue Sep 21, 2021 0:59
Terus F1 kenapa bisa? Krn cc nya kecil tapi silinder banyak, jadi ringan. dan dibantu short stroke krn dibuat untuk top speed.
Waktu jaman masi V10 dan V8 (ahh the golden era tu),biarpun 3000 ama 2400 cc NA pula, tetep hp nya gila2an mbah, 700an, apalagi mclaren waktu jaman 2000 awal itu the highest enjin output on the grid, makanya ngebul mulu

Cuman ya itu, mesin di set rpm bsa melejit ampe 19 rebu, sinting, motor aj kalah.. maka nya tiap kl race musti dbongkar.. cuman enak, blom ad limit enjin kuota

Beda sjaak jaman skrg, 1600cc wajip V6 dan wajip turbo, rpm jg turun jd 17 rebu dan ad enjin kuota kaya motoGP

Ga heran honda ama mersi finally come to shine.. ranah nya mereka ini

Cuman aneh aj, biem koq adem2 aj.. perasaan enjin mreka jg ud turbo2, mustinya mreka masup lg ke f1 neh
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5684
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Ada apa dengan CR-V Turbo? kenapa Penjualannya lesu?

Post by sintoni »

DOHC wrote: Tue Sep 21, 2021 1:42 Gmana mbah ?lgs grenggg ga :upss:
Hahaha.

Ortu yang minum mbah, dulu sering sakit kulit gatel2 gitu, jadi dulu harus rutin minum.

Ane sih ogah, baunya kayak oli.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ada apa dengan CR-V Turbo? kenapa Penjualannya lesu?

Post by DOHC »

sintoni wrote: Tue Sep 21, 2021 2:15
DOHC wrote: Tue Sep 21, 2021 1:42 Gmana mbah ?lgs grenggg ga :upss:
Hahaha.

Ortu yang minum mbah, dulu sering sakit kulit gatel2 gitu, jadi dulu harus rutin minum.

Ane sih ogah, baunya kayak oli.
Idem

Saya dulu makan empedu nya jg gara2 jerawat, dbilang makan uler biar bersih kulitnya

Boong tuh

Tetep aj jerawatan
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Ada apa dengan CR-V Turbo? kenapa Penjualannya lesu?

Post by ChZ »

Or4cle wrote: Tue Sep 21, 2021 1:42 Engine ibarat tubuh manusia, holistik, semuanya satu kesatuan yang berkesinambungan .... Kalau dijabarin semua punya kontribusi dlm output engine. Intinya yg ane bold, irit tapi kencang itu impossible (effisien iya seperti kata mbah Momod).

Kalau engine N/A output power besar tanpa displacement besar (terlepas dari komponen lain) mau diperas dari mana ??? Apalagi mau minta bonus irit .... Ini kita omongin mesin N/A yaa

Engine high revv jaman now sdh out of date, kecuali dipakai buat track day ... Jaman berubah, sekarang engine forced induction output power gain di rentang RPM rendah & lebih cocok buat daily use.
Ini kita bicara NA engine ya.

Sbenernya makanya ini yang bikin pembahasan tentang enjin selalu menarik : engine nya gunanya buat apa? Apa yang mau dikejar?

Mau diperas dari mana banyak sebenernya, apalagi di era fuel injection. Durasi camshaft? Modifikasi bore / stroke? Larger cam lobe? Valve opening/closing? VVT/VTEC? Buanyak. Drag racing banyak yang main B/K series sampe 300hp juga gak semua overbore/overstroke.

Kalau context nya mobil harian, yang dikejar adalah torque, desainnya cenderung overstroke, dan konsekuensinya memang cc naik = torque naik = irit, krn dapet keseimbangan antara power dan economy. Ditambah high CR seperti diesel udah makin enak.

Sedangkan performance engine bisa cc sama tapi output lebih besar 2x lipat hanya karena overbore design jd bisa rev 2x lebih tinggi, hanya it comes with a consequence : heat, dan low end torque pasti ngempos.

Bore/stroke up biasa opsi terakhir untuk menambal kekurangan mesin. Kalau mesin ngempos putaran bawahnya, stroke up. Kalo mesin atasnya ngempos, bore up, dengan konsekuensi ada pertukaran antara torque and power. S2000 yang facelift F22C revlimitnya turun jadi 8300, misalnya. Tp torquenya lebih kuat.

Engine upgrade is very complex, the limit is the engine itself.

Tp di zaman sekarang turbocharging jelas opsi yang lebih realistis. Even V8 murica aja buat push 800-1.000hp skrg musti pake SC, padahal mereka pake displacement gila 7000cc.

Seru nih, udah lama gak ada esai teknikal di SM :big_biglaugh:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
ongisnade
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 622
Joined: Thu Apr 18, 2013 11:16

Re: Ada apa dengan CR-V Turbo? kenapa Penjualannya lesu?

Post by ongisnade »

Wah pembahasan seru teknik permesinan. Kalau jaman dulu R10 TDI dan 908 HDI yg cuma 5000 rpm bisa beberapa kali juara dan mempecundangi mesin bensin yg bisa 10000 rpm itu gmn ya penjelasan tekniknya. Average speed saat balap hampir 250 kph kalau gak salah.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Ada apa dengan CR-V Turbo? kenapa Penjualannya lesu?

Post by ChZ »

DOHC wrote: Tue Sep 21, 2021 1:49
Waktu jaman masi V10 dan V8 (ahh the golden era tu),biarpun 3000 ama 2400 cc NA pula, tetep hp nya gila2an mbah, 700an, apalagi mclaren waktu jaman 2000 awal itu the highest enjin output on the grid, makanya ngebul mulu

Cuman ya itu, mesin di set rpm bsa melejit ampe 19 rebu, sinting, motor aj kalah.. maka nya tiap kl race musti dbongkar.. cuman enak, blom ad limit enjin kuota

Beda sjaak jaman skrg, 1600cc wajip V6 dan wajip turbo, rpm jg turun jd 17 rebu dan ad enjin kuota kaya motoGP

Ga heran honda ama mersi finally come to shine.. ranah nya mereka ini

Cuman aneh aj, biem koq adem2 aj.. perasaan enjin mreka jg ud turbo2, mustinya mreka masup lg ke f1 neh
nah itu abis race pasti overhaul... :big_biglaugh: tetep kalah di panas.

oh iya skrg supplier engine di F1 cuma renault honda ama mercedes ya...
ongisnade wrote: Tue Sep 21, 2021 5:33 Wah pembahasan seru teknik permesinan. Kalau jaman dulu R10 TDI dan 908 HDI yg cuma 5000 rpm bisa beberapa kali juara dan mempecundangi mesin bensin yg bisa 10000 rpm itu gmn ya penjelasan tekniknya. Average speed saat balap hampir 250 kph kalau gak salah.
nahh biasanya kl trek pendek mungkin dijel menang di torque nya mbah... buat entry dan exit cornernya lebih cepat dapat torque kan. aplg V10 dijel kan torquenya pasti buas bgt.

biasa kl dijel buat balap ntu torquenya bisa ngejer buat dapet output hp sama dengan bensin. d situ menangnya. ditambah kl gak salah Lemans 24h endurance race ya itu? ud pasti dijel lebih jarang pit stop krn solarnya jg pasti irit mesinnya gak treak.

kan rumusnya tetep torque x rpm / 5252. digedein torque nya biar gendut di tengah kalo diesel, ntah pake mejik apa mgkn semprotan solarnya dibikin kenceng atau injection bla bla bla nya... ini kl di dunia tuning makanya diesel gak terlalu pusing ama rev limit dia yang digendutin kurva torsinya buat ngejer hp krn powerbandnya sempit. cuma tricky nya gimana main supaya EGT gak terbang krn semprotan solar makin rich kan makin panas.

kl di dunia nyata ada koq ntu BMW 320d ama 320i F30 hpnya sama persis 184hp tp torque nya 270 vs 350 Nm. klo jarak panjang top speed seh sama tapi pick up speed pasti menang yang diesel.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ada apa dengan CR-V Turbo? kenapa Penjualannya lesu?

Post by DOHC »

ChZ wrote: Tue Sep 21, 2021 6:36
DOHC wrote: Tue Sep 21, 2021 1:49
Waktu jaman masi V10 dan V8 (ahh the golden era tu),biarpun 3000 ama 2400 cc NA pula, tetep hp nya gila2an mbah, 700an, apalagi mclaren waktu jaman 2000 awal itu the highest enjin output on the grid, makanya ngebul mulu

Cuman ya itu, mesin di set rpm bsa melejit ampe 19 rebu, sinting, motor aj kalah.. maka nya tiap kl race musti dbongkar.. cuman enak, blom ad limit enjin kuota

Beda sjaak jaman skrg, 1600cc wajip V6 dan wajip turbo, rpm jg turun jd 17 rebu dan ad enjin kuota kaya motoGP

Ga heran honda ama mersi finally come to shine.. ranah nya mereka ini

Cuman aneh aj, biem koq adem2 aj.. perasaan enjin mreka jg ud turbo2, mustinya mreka masup lg ke f1 neh
nah itu abis race pasti overhaul... :big_biglaugh: tetep kalah di panas.

oh iya skrg supplier engine di F1 cuma renault honda ama mercedes ya...
ongisnade wrote: Tue Sep 21, 2021 5:33 Wah pembahasan seru teknik permesinan. Kalau jaman dulu R10 TDI dan 908 HDI yg cuma 5000 rpm bisa beberapa kali juara dan mempecundangi mesin bensin yg bisa 10000 rpm itu gmn ya penjelasan tekniknya. Average speed saat balap hampir 250 kph kalau gak salah.
nahh biasanya kl trek pendek mungkin dijel menang di torque nya mbah... buat entry dan exit cornernya lebih cepat dapat torque kan. aplg V10 dijel kan torquenya pasti buas bgt.

biasa kl dijel buat balap ntu torquenya bisa ngejer buat dapet output hp sama dengan bensin. d situ menangnya. ditambah kl gak salah Lemans 24h endurance race ya itu? ud pasti dijel lebih jarang pit stop krn solarnya jg pasti irit mesinnya gak treak.

kan rumusnya tetep torque x rpm / 5252. digedein torque nya biar gendut di tengah kalo diesel, ntah pake mejik apa mgkn semprotan solarnya dibikin kenceng atau injection bla bla bla nya... ini kl di dunia tuning makanya diesel gak terlalu pusing ama rev limit dia yang digendutin kurva torsinya buat ngejer hp krn powerbandnya sempit. cuma tricky nya gimana main supaya EGT gak terbang krn semprotan solar makin rich kan makin panas.

kl di dunia nyata ada koq ntu BMW 320d ama 320i F30 hpnya sama persis 184hp tp torque nya 270 vs 350 Nm. klo jarak panjang top speed seh sama tapi pick up speed pasti menang yang diesel.
Enjin supplier ad beberapa seh mbah

Ferrari , mersi, honda (soon become redbull) , renault
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2507
Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
Location: Indonesia

Re: Ada apa dengan CR-V Turbo? kenapa Penjualannya lesu?

Post by KielConstantine »

kompresorz wrote: Mon Sep 20, 2021 13:00
DOHC wrote: Mon Sep 20, 2021 11:00
kompresorz wrote: Mon Sep 20, 2021 10:02 semua bisa irit....




mungkin mesin c43 AMG
jakarta keliling ancol monas 1:15...




aliran siksa diri....sekalian sauna di dalam mobil....mata keker rpm....


pulse n glide....
bener tuh

nginjek gas takut2

kasian itu namanya

idup ud susah, cari duit susah, nyetir nginjek gas aj takut2 ... pait amat idup kaya empedu uler kobra namanya

bensin murah koq... kopi kenangan seliter masi lebi mahal
taukkk tuh....

idup kok dibikin susah sendiri....

heran dah....

nikmati nyetir mobil..rasakan fun driv..pus the limit

idup lebih sering pait seperti kopi kenangan mantan...masa dibikin tambah pait ky empedu...siksa diri dah...
Btw btw

Image

Gimana neh? Makin jadi sepet kek empedu donk… CR-V turbo cekokin pertabo @12k / liter . Full tank mau brapa duit .. ?

Tapi gw masih suka liat beberapa kasih minum pertalit seh wkwkwkwkwk


Kijang diesel aja ah.. solar gocenggg to the max.. :big_weee:
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1590
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: Ada apa dengan CR-V Turbo? kenapa Penjualannya lesu?

Post by darrelund »

KielConstantine wrote: Tue Sep 21, 2021 11:02
Btw btw

Image

Gimana neh? Makin jadi sepet kek empedu donk… CR-V turbo cekokin pertabo @12k / liter . Full tank mau brapa duit .. ?

Tapi gw masih suka liat beberapa kasih minum pertalit seh wkwkwkwkwk


Kijang diesel aja ah.. solar gocenggg to the max.. :big_weee:
jauh bener naiknya :big_biglaugh:

apa jangan" buat nambahin modal pembangunan SPKLU ya oom?
Or4cle
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1294
Joined: Wed Nov 02, 2016 1:59

Re: Ada apa dengan CR-V Turbo? kenapa Penjualannya lesu?

Post by Or4cle »

ChZ wrote: Tue Sep 21, 2021 4:34
Or4cle wrote: Tue Sep 21, 2021 1:42 Engine ibarat tubuh manusia, holistik, semuanya satu kesatuan yang berkesinambungan .... Kalau dijabarin semua punya kontribusi dlm output engine. Intinya yg ane bold, irit tapi kencang itu impossible (effisien iya seperti kata mbah Momod).

Kalau engine N/A output power besar tanpa displacement besar (terlepas dari komponen lain) mau diperas dari mana ??? Apalagi mau minta bonus irit .... Ini kita omongin mesin N/A yaa

Engine high revv jaman now sdh out of date, kecuali dipakai buat track day ... Jaman berubah, sekarang engine forced induction output power gain di rentang RPM rendah & lebih cocok buat daily use.
Ini kita bicara NA engine ya.

Sbenernya makanya ini yang bikin pembahasan tentang enjin selalu menarik : engine nya gunanya buat apa? Apa yang mau dikejar?

Mau diperas dari mana banyak sebenernya, apalagi di era fuel injection. Durasi camshaft? Modifikasi bore / stroke? Larger cam lobe? Valve opening/closing? VVT/VTEC? Buanyak. Drag racing banyak yang main B/K series sampe 300hp juga gak semua overbore/overstroke.

Kalau context nya mobil harian, yang dikejar adalah torque, desainnya cenderung overstroke, dan konsekuensinya memang cc naik = torque naik = irit, krn dapet keseimbangan antara power dan economy. Ditambah high CR seperti diesel udah makin enak.

Sedangkan performance engine bisa cc sama tapi output lebih besar 2x lipat hanya karena overbore design jd bisa rev 2x lebih tinggi, hanya it comes with a consequence : heat, dan low end torque pasti ngempos.

Bore/stroke up biasa opsi terakhir untuk menambal kekurangan mesin. Kalau mesin ngempos putaran bawahnya, stroke up. Kalo mesin atasnya ngempos, bore up, dengan konsekuensi ada pertukaran antara torque and power. S2000 yang facelift F22C revlimitnya turun jadi 8300, misalnya. Tp torquenya lebih kuat.

Engine upgrade is very complex, the limit is the engine itself.

Tp di zaman sekarang turbocharging jelas opsi yang lebih realistis. Even V8 murica aja buat push 800-1.000hp skrg musti pake SC, padahal mereka pake displacement gila 7000cc.

Seru nih, udah lama gak ada esai teknikal di SM :big_biglaugh:
Engine displacement (kapasitas mesin) adalah volume cylinder diukur melalui pergerakan diameter piston (bore) dan langka piston (stroke), dari TMB menuju ke TMA (seperti rumus yang mbah momod tulis sebelumnya). Output yg dihasilkan dari karakteristik pemakaian bore & stroke ini (overbore / square / overstroke) ini ibarat pandora box, menuju step selanjutnya ; mekanisme katup (OHV/SOHC/DOHC) dgn tetek-bengek teknologi katup variabel (VVTI, VTEC, i-VTEC, CVVT, MIVEC, VANOS, etc) dan selanjutnya distribusi power tsb disalurkan melalui pemilihan gear ratio & final gear.

Ane berpendapat displacement adalah titik krusial, pandora box dalam proses menghasilkan output power (torsi & HP) tanpa mengesampingkan yang lain (mekanisme katub, teknologi katup, LSA camshaft, Compression ratio, ECU, dll). Dan tentunya kalau bahas engine displacement secara otomatis stroke dan bore sudah termasuk didalamnya sesuai rumus π/4 * bore² * stroke * jumlah cylinder :big_grin:

Makanya ane bertanya : output power (N/A engine) mau diperas dari mana, kalau bukan dimulai dari engine displacement (N/A engine) :big_peace:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Ada apa dengan CR-V Turbo? kenapa Penjualannya lesu?

Post by ChZ »

Or4cle wrote: Wed Sep 22, 2021 4:04 Engine displacement (kapasitas mesin) adalah volume cylinder diukur melalui pergerakan diameter piston (bore) dan langka piston (stroke), dari TMB menuju ke TMA (seperti rumus yang mbah momod tulis sebelumnya). Output yg dihasilkan dari karakteristik pemakaian bore & stroke ini (overbore / square / overstroke) ini ibarat pandora box, menuju step selanjutnya ; mekanisme katup (OHV/SOHC/DOHC) dgn tetek-bengek teknologi katup variabel (VVTI, VTEC, i-VTEC, CVVT, MIVEC, VANOS, etc) dan selanjutnya distribusi power tsb disalurkan melalui pemilihan gear ratio & final gear.

Ane berpendapat displacement adalah titik krusial, pandora box dalam proses menghasilkan output power (torsi & HP) tanpa mengesampingkan yang lain (mekanisme katub, teknologi katup, LSA camshaft, Compression ratio, ECU, dll). Dan tentunya kalau bahas engine displacement secara otomatis stroke dan bore sudah termasuk didalamnya sesuai rumus π/4 * bore² * stroke * jumlah cylinder :big_grin:

Makanya ane bertanya : output power (N/A engine) mau diperas dari mana, kalau bukan dimulai dari engine displacement (N/A engine) :big_peace:
Nah yang menarik sebenernya tren downsizing engine itu mulainya bukan sejak trending turbo turboan, tapi dari dulu engine justru cenderungnya di downsize. Kalo inget dulu mobil mobil jadul itu mesinnya ampe 10.000cc jg ada tapi powernya imut imut bgt. Okelah kita kesampingkan faktor spt perkembangan teknologi atau economy emisi dll...

Tp secara teknikal, justru pabrikan itu maunya bikin mesin sekecil mungkin dengan output sebesar mungkin.

Spt yang ane bilang bahwa more displacement makes it possible for more power itu betul, ane gak menyangkal itu tapi not the most efficient way to add power, makanya nambah displacement itu bukan langkah utama, in fact justru langkah last resort, krn ngikutin size mobilnya, makanya kenapa mobil kelas honda jazz mesinnya 1.4 - 1.6 liter, kelas CRV mesinnya 2.0 - 2.5 liter.

ICE itu efisiensinya cuma 30% dan kalau bisa pakai displacement kecil mereka akan pakai displacement kecil selamanya. Nambah displacement adalah konsekuensi mobil yang ukurannya makin gede = butuh torsi lebih besar dan displacement besar membantu memenuhi kebutuhan torsi itu (ini sekaligus menjelaskan kenapa murican V8 suka displacement gede krn yang mereka kejar sebenarnya low-end torque yang kuat dari mesin sese besar walau borosnya jg naudzubillah dengan output hp gak lebih besar dari mesin yang sesenya cuma separuh, makanya honda VTEC dibully ama pecinta murican V8 garis keras krn mobil sese imut imut koq bisa ngalahin V8 gw di dragstrip?). krn cc kecil gak akan efisien untuk mengangkat bobot yang makin berat. intinya nentuin ukuran mesin sekian sekian ke dalam sebuah mobil pertimbangannya lagi lagi efisiensi.

Contoh paling jelas kenapa ane bilang kalo masih bisa pake cc kecil mereka akan pake cc kecil selamanya :

Kalau kita inget first golf GTI pake 1600cc, perlahan naik skr dari MK5-MK8 15 thn lebih tetep pake 2000cc dengan turbo. Nantinya kalo bisa 1.4/1.6 liter turbo ya mereka akan bikin,

in fact, malah udah pernah bikin : 1.4 TSI twincharger yang dikulik bisa ngejar GTI. Tapi gak dilanjut krn biaya produksinya gak nutup. andai gak ada isu biaya produksi itu twincharger 1.4 liter mungkin skrg udah masuk ke engine bay nya GTI. krn buat nutup torsi putaran bawahnya, udah ada supercharger juga jd gak butuh displacement besar. sayang sih gak dilanjut...
Last edited by ChZ on Wed Sep 22, 2021 8:20, edited 1 time in total.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7