[ASK] Beli Sienta Baru is it worth it?

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: F 272, b8099ok, ginting, FRD, artoodetoo, y_anjasrana

eriksupriono
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 18
Joined: 29 Aug 2018, 02:03

Re: [ASK] Beli Sienta Baru is it worth it?

Post by eriksupriono »

pengendiesel wrote: ↑12 Sep 2018, 11:05
eriksupriono wrote: ↑12 Sep 2018, 09:12

Hahaha, dikira asal jeplak gua ya,,, bisa di check kok om, di showroom cikarang.
Mungkin yang bikin om bobstare (dan saya) bingung adalah CVT di D kok pindah2 gigi. Dan di M kok juga 'gigi'nya sering naik turun sendiri.
Karena berdasarkan pengalaman, mode M di Sienta nurut banget, jarang sekali pindah2 'gigi', terutama upshift. Kalo downshift sendiri masih pernah, itupun kalo kita jalan terlalu pelan, maka komputer (betul ya istilahnya?) akan menurunkan gigi supaya gak berat nariknya.

Btw, ganti kursi segelondong problemnya apa om? Dicover garansi? Perlu sampe gebrak2 meja? [emo-yesno]
Kalo di mode M, dia nurut om. Kalo mode D aja dia kadang naik turun sendiri kali speed di 40an. Kalo di ajak lari ampe 90 nah perpindahannya halus.

Ganti kursinya baris kedua,blakang supir om. Biasanya kan angkat tuas langsung ngangkat, ini langsung ngangkat juga, tp gerakin tuasny mesti pake dua tangan saking beratnya. G pake gebrak meja kok om, beres di kota ane mantap pelayanannya. Mungkin krn br seminggu jg 😁
User avatar
pendoli
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 684
Joined: 01 Jan 2016, 21:51

Re: [ASK] Beli Sienta Baru is it worth it?

Post by pendoli »

eriksupriono wrote: ↑12 Sep 2018, 14:13
Kalo di mode M, dia nurut om. Kalo mode D aja dia kadang naik turun sendiri kali speed di 40an. Kalo di ajak lari ampe 90 nah perpindahannya halus.

Ganti kursinya baris kedua,blakang supir om. Biasanya kan angkat tuas langsung ngangkat, ini langsung ngangkat juga, tp gerakin tuasny mesti pake dua tangan saking beratnya. G pake gebrak meja kok om, beres di kota ane mantap pelayanannya. Mungkin krn br seminggu jg 😁
jadi kayanya sensor speednya ga bisa mutusin perlu ratio gigi berapa gitu ya om? makanya jadi kaya bingung sendiri bikin rpm naik turun?
User avatar
PRBS
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2238
Joined: 06 Mar 2011, 21:00

Re: [ASK] Beli Sienta Baru is it worth it?

Post by PRBS »

pengendiesel wrote: ↑12 Sep 2018, 11:05
eriksupriono wrote: ↑12 Sep 2018, 09:12

Hahaha, dikira asal jeplak gua ya,,, bisa di check kok om, di showroom cikarang.
Mungkin yang bikin om bobstare (dan saya) bingung adalah CVT di D kok pindah2 gigi. Dan di M kok juga 'gigi'nya sering naik turun sendiri.
Karena berdasarkan pengalaman, mode M di Sienta nurut banget, jarang sekali pindah2 'gigi', terutama upshift. Kalo downshift sendiri masih pernah, itupun kalo kita jalan terlalu pelan, maka komputer (betul ya istilahnya?) akan menurunkan gigi supaya gak berat nariknya.

Btw, ganti kursi segelondong problemnya apa om? Dicover garansi? Perlu sampe gebrak2 meja? [emo-yesno]
Komputernya bingung untuk nentuin rationya dimana, mungkin itu yg dimaksud om erick.. jadi sebetulnya bukan gara2 salah pindah gigi/perpindahan giginya.. (lah wong cvt gapake gear/gigi).. intiny sih, unitny om erick cvtnya agak bodoh.. soalnya setau saya, cvt sienta nyaman2 aja kayak cvt pada umumnya (misal kek punya brio serena dkk).. makanya saya juga asumsi, jangan2 unitnya om erick kayaknya unit defect.. untung udah dijual.. solusi kalo digrup sebelah sih pada klaim ganti ecu..

Btw, cvt memang hambar bgt, tapi buat pecinta cruising (bukan responsive driver), cvt bikin jatuh cinta hehe..
User avatar
geofreyap
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1571
Joined: 01 Oct 2015, 08:05

Re: [ASK] Beli Sienta Baru is it worth it?

Post by geofreyap »

CVT nya Toyota Sienta memang sequential shift gitu.
Jadi ratio CVT di manipulasi sedemikian rupa oleh TCM agar memiliki "gear bohongan" sampai sebanyak 7 buah.
Dan meskipun di posisi D ( Full Auto ), "gear bohongan" tsb memang tetap hadir.

Di beberapa kondisi memang terasa kaya ada sensasi shifting, tapi tetap seamless sekali sih rasanya, tdk jedak jeduk.

Mgkn yg om di atas punya ada defect di gearboxnya.

Oe pribadi sih cukup sensitif untuk bisa ngerasain sensasi shifting buatan tersebut, tapi om di atas mgkn super duper sensitif lagi sehingga bisa nulis spt itu.
Atau mgkn ada defect beneran di gearboxnya.
Hehehe..

Oe malah prefer CVT yg seperti seharusnya sebuah CVT, seamless, tdk ada "gear bohongan" atau apapun namanya.
Tdk perlu ada mode manual juga.
Cukup sediakan mode sport yg membuat ratio CVT lebih kasar sehingga RPM bisa nangkring di posisi yg agak tinggi.

:big_smile]
RUMAH READY UNIT + BONUS INSENTIF PAJAK !
Image
User avatar
liat2aja
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1071
Joined: 31 Dec 2004, 02:23

Re: [ASK] Beli Sienta Baru is it worth it?

Post by liat2aja »

pendoli wrote: ↑12 Sep 2018, 14:50
eriksupriono wrote: ↑12 Sep 2018, 14:13
Kalo di mode M, dia nurut om. Kalo mode D aja dia kadang naik turun sendiri kali speed di 40an. Kalo di ajak lari ampe 90 nah perpindahannya halus.

Ganti kursinya baris kedua,blakang supir om. Biasanya kan angkat tuas langsung ngangkat, ini langsung ngangkat juga, tp gerakin tuasny mesti pake dua tangan saking beratnya. G pake gebrak meja kok om, beres di kota ane mantap pelayanannya. Mungkin krn br seminggu jg 😁
jadi kayanya sensor speednya ga bisa mutusin perlu ratio gigi berapa gitu ya om? makanya jadi kaya bingung sendiri bikin rpm naik turun?
Yg saya tangkap problem om eriksupriono ya itu ya, bahasa awamnya seolah-olah transmisinya bingung nentuin ratio giginya jadi rpmnya gampang naik dan turun.

Saya pemakai Sienta Q Des 2016, unit buatan September 2016 jadi saya beli karena discountnya menarik saat itu.

Selama memakai ok saja, yg saya rasakan lemot sekali tarikannya yg jelas saat tanjakan sering saya pindahkan ke mode manual agar stay biasanya tulisannya M2 lalu baru saya pindahkan D di jalan datar. Berhubung ini mobil buat bawa anak-anak dan istri, ga jadi problem. Tapi sudah jelas, dibandingkan CVT Honda Jazz idsi 2005 saya masih enakan di Jazz dulu.

Sekitar sebulan lalu saat masuk beres, saya coba ikut ambil oli yg full synthetic karena selama ini ga jelas pakai oli apa (saya minta pak supir yg bawa service dan lalainya saya cuma tahu cek invoice nominal rupiah berapa) sekalian saya pasangkan belalai modifikasi dari Soluna (beresnya mau pasangkan free!) dan sejak itu saya merasa tarikan Sienta saya jauh lebih enak. Oh ya BBM Pertamax sejak awal saya beli.

Jika problem di CVT, di kursi baris kedua, saya rasa sih sudah jelas om erik dapat "lemon" atau istilahnya barang reject. Kalau saya di posisi yg sama memang enak diberesin problemnya, jual saja daripada merongrong. Ga ada istimewanya mobil Sienta ini. Tapi buat keluarga saya yg sebelumnya pakai Honda Freed, mobil ini jadi kesayangan anak-anak karena pintu geser dan cukup nyaman duduk di dalam. Keluarga saya soalnya tidak cocok pakai Honda Freed dengan captain seat berhubung dua anak suka duduk sama ibunya di baris kedua mobil.
eriksupriono
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 18
Joined: 29 Aug 2018, 02:03

Re: [ASK] Beli Sienta Baru is it worth it?

Post by eriksupriono »

Om om, klo baca komen komen kok cvt alus bgt ya? Ini skg saya pake brio, maaf klo melenceng, saya rasain kok kerasa bgt yah shifting nya, sama kaya sienta, malah lbh parah ni cvt brio. Apalagi klo dr P ke R, rem nya dh di injek pun kaya msh ngehentak. Kbtulan memang kuping saya sensitif banget om om 😁
User avatar
PRBS
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2238
Joined: 06 Mar 2011, 21:00

Re: [ASK] Beli Sienta Baru is it worth it?

Post by PRBS »

eriksupriono wrote: ↑14 Sep 2018, 08:59 Om om, klo baca komen komen kok cvt alus bgt ya? Ini skg saya pake brio, maaf klo melenceng, saya rasain kok kerasa bgt yah shifting nya, sama kaya sienta, malah lbh parah ni cvt brio. Apalagi klo dr P ke R, rem nya dh di injek pun kaya msh ngehentak. Kbtulan memang kuping saya sensitif banget om om 😁
Brio tahun berapa om? Karena kalau tahun awal2 muncul.. masih matic biasa.. intinya sih, cvt itu tidak ada shifting2an.. dia linear, jadi dengung trus sampai ke speed yg dituju..

kalau sudah di D, ya ga ada shifting lagi. (Unless ada sport mode, dia otomatis ke rpm tinggi)

Kalau gejala ngehentak ketika ngerem pas lg cruising.. saya pernah beberapa kali kejadian diserena kalau saya panick braking, itu kayak cvtnya kaget or sedikit bodoh.. dia bingung pilih momen ratio power rpmnya (maaf kalo bahasa saya membingungkan, pokoknya intinya gitu hahaha)
Last edited by PRBS on 14 Sep 2018, 09:43, edited 1 time in total.
pengendiesel
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1215
Joined: 22 May 2016, 11:20

Re: [ASK] Beli Sienta Baru is it worth it?

Post by pengendiesel »

eriksupriono wrote: ↑14 Sep 2018, 08:59 Om om, klo baca komen komen kok cvt alus bgt ya? Ini skg saya pake brio, maaf klo melenceng, saya rasain kok kerasa bgt yah shifting nya, sama kaya sienta, malah lbh parah ni cvt brio. Apalagi klo dr P ke R, rem nya dh di injek pun kaya msh ngehentak. Kbtulan memang kuping saya sensitif banget om om 😁
Balik sienta lagi om :ngacir:

Btw om erik kayaknya sensitif banget ya? Misalkan brionya yang geared matic, shiftingpun nggak terlalu terasa kok (selama maticnya sehat), apalagi yg cvt.
Sudah pernah coba motor matic macam mio, vario, dll om? Alus nggak?

Kalo dari P ke R atau N ke D sih memang normal kalo ada sedikit hentakan.
Crossoverjersey
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 171
Joined: 05 Mar 2017, 14:05
Location: Bandung

Re: [ASK] Beli Sienta Baru is it worth it?

Post by Crossoverjersey »

liat2aja wrote: ↑12 Sep 2018, 22:29
pendoli wrote: ↑12 Sep 2018, 14:50
eriksupriono wrote: ↑12 Sep 2018, 14:13
Kalo di mode M, dia nurut om. Kalo mode D aja dia kadang naik turun sendiri kali speed di 40an. Kalo di ajak lari ampe 90 nah perpindahannya halus.

Ganti kursinya baris kedua,blakang supir om. Biasanya kan angkat tuas langsung ngangkat, ini langsung ngangkat juga, tp gerakin tuasny mesti pake dua tangan saking beratnya. G pake gebrak meja kok om, beres di kota ane mantap pelayanannya. Mungkin krn br seminggu jg 😁
jadi kayanya sensor speednya ga bisa mutusin perlu ratio gigi berapa gitu ya om? makanya jadi kaya bingung sendiri bikin rpm naik turun?
Yg saya tangkap problem om eriksupriono ya itu ya, bahasa awamnya seolah-olah transmisinya bingung nentuin ratio giginya jadi rpmnya gampang naik dan turun.

Saya pemakai Sienta Q Des 2016, unit buatan September 2016 jadi saya beli karena discountnya menarik saat itu.

Selama memakai ok saja, yg saya rasakan lemot sekali tarikannya yg jelas saat tanjakan sering saya pindahkan ke mode manual agar stay biasanya tulisannya M2 lalu baru saya pindahkan D di jalan datar. Berhubung ini mobil buat bawa anak-anak dan istri, ga jadi problem. Tapi sudah jelas, dibandingkan CVT Honda Jazz idsi 2005 saya masih enakan di Jazz dulu.

Sekitar sebulan lalu saat masuk beres, saya coba ikut ambil oli yg full synthetic karena selama ini ga jelas pakai oli apa (saya minta pak supir yg bawa service dan lalainya saya cuma tahu cek invoice nominal rupiah berapa) sekalian saya pasangkan belalai modifikasi dari Soluna (beresnya mau pasangkan free!) dan sejak itu saya merasa tarikan Sienta saya jauh lebih enak. Oh ya BBM Pertamax sejak awal saya beli.

Jika problem di CVT, di kursi baris kedua, saya rasa sih sudah jelas om erik dapat "lemon" atau istilahnya barang reject. Kalau saya di posisi yg sama memang enak diberesin problemnya, jual saja daripada merongrong. Ga ada istimewanya mobil Sienta ini. Tapi buat keluarga saya yg sebelumnya pakai Honda Freed, mobil ini jadi kesayangan anak-anak karena pintu geser dan cukup nyaman duduk di dalam. Keluarga saya soalnya tidak cocok pakai Honda Freed dengan captain seat berhubung dua anak suka duduk sama ibunya di baris kedua mobil.
Belalai soluna buat sienta itu udah jadi Racun wajib wkwkwk...itu hasil riset Pengurus Tosca πŸ˜€..
Biar makin enak sy tambahi adpower 2pc..+Filter K&N..always pertamax kadang kalo ke tempat wisata bandung campur pake pertabo... pernah bawa Full muatan 5 dewasa +3 anak kecil..aman kuat ke dago giri maribaya ...


Tapi kalo misal sy baru beli mobil skrg sy juga bakal bingung pilih antara sienta /xpander /rush...
Nico1211
Visitor
Visitor
Posts: 3
Joined: 12 Sep 2018, 19:25
Location: Bogor
Daily Vehicle: Grand livina

Re: [ASK] Beli Sienta Baru is it worth it?

Post by Nico1211 »

Sienta sih boleh jadi alternatif setelah freed ga keluar penerusnya... Buat mobil keluarga sih ok walaupun untuk tarikan rada lemot ada yg blg krn berat di pintu slidingnya bnr ga sih?
adzie
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 142
Joined: 21 Aug 2015, 06:26
Daily Vehicle: Yamaha N-MAX

Re: [ASK] Beli Sienta Baru is it worth it?

Post by adzie »

rame ya hehehe.. akhirnya ane ambil Biante ga jadi sienta hehehe...
Mazda 2 Sedan R Type - 1.5L MZR (ZY-VE)
VW Polo A4 (1J) - Mk4
X-Trail T32 - QR25DE
Biante SkyActiv - 2.0 L SkyActiv-G (PE-VPS) I4
:big_smoking:
yudhisuwandono
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 259
Joined: 08 Sep 2008, 15:01

Re: [ASK] Beli Sienta Baru is it worth it?

Post by yudhisuwandono »

adzie wrote: ↑20 Sep 2018, 18:02 rame ya hehehe.. akhirnya ane ambil Biante ga jadi sienta hehehe...
Hahahaha. ..

Udah ada kesimpulan
Thread closed
Pisang123
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 27
Joined: 01 Feb 2018, 10:27

Re: [ASK] Beli Sienta Baru is it worth it?

Post by Pisang123 »

adzie wrote: ↑20 Sep 2018, 18:02 rame ya hehehe.. akhirnya ane ambil Biante ga jadi sienta hehehe...
Baru?? Dapet diskon brp?
adzie
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 142
Joined: 21 Aug 2015, 06:26
Daily Vehicle: Yamaha N-MAX

Re: [ASK] Beli Sienta Baru is it worth it?

Post by adzie »

Pisang123 wrote: ↑20 Sep 2018, 19:44
adzie wrote: ↑20 Sep 2018, 18:02 rame ya hehehe.. akhirnya ane ambil Biante ga jadi sienta hehehe...
Baru?? Dapet diskon brp?
Iya Om Baru hehehe.. dpt disc waw lah 9x jt hehehe
Mazda 2 Sedan R Type - 1.5L MZR (ZY-VE)
VW Polo A4 (1J) - Mk4
X-Trail T32 - QR25DE
Biante SkyActiv - 2.0 L SkyActiv-G (PE-VPS) I4
:big_smoking:
adzie
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 142
Joined: 21 Aug 2015, 06:26
Daily Vehicle: Yamaha N-MAX

Re: [ASK] Beli Sienta Baru is it worth it?

Post by adzie »

yudhisuwandono wrote: ↑20 Sep 2018, 19:34
adzie wrote: ↑20 Sep 2018, 18:02 rame ya hehehe.. akhirnya ane ambil Biante ga jadi sienta hehehe...
Hahahaha. ..

Udah ada kesimpulan
Thread closed
Ternyata Sienta banyak yg mantau jg ya.. sebenernya oke mobilnya cuma istri emg maunya biante dari dlu jd ga bs dibujuk ke Sienta hehehe :D
Mazda 2 Sedan R Type - 1.5L MZR (ZY-VE)
VW Polo A4 (1J) - Mk4
X-Trail T32 - QR25DE
Biante SkyActiv - 2.0 L SkyActiv-G (PE-VPS) I4
:big_smoking:
ricz
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12154
Joined: 23 Jan 2013, 17:18
Location: Indonesia

Re: [ASK] Beli Sienta Baru is it worth it?

Post by ricz »

Sienta itu mobil enak, cvt halus, karakter mobilnya jg enak buat dibawa harian. Sayang gaada armrest row 2 ama tenaga rada lemot. Ama radius puternya yg rada ngehe.


Kalo disc gede sih worth2 aja gw rasa, toh jg buat anjem anak aja.

2011 C207
2013 RM3
2021 GUN165R
User avatar
WhizzKidZ
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 146
Joined: 19 Aug 2015, 14:25

Re: [ASK] Beli Sienta Baru is it worth it?

Post by WhizzKidZ »

wakakaka akhirnya mbiante yah, persis ane galau dari puasa tadi mo minang sienta dan udah fix sienta yg mau dipinang karna ni mobil bakal buat bini yg make2 tertarik cashback yg lumayan plus harga second yg lumayan juga dengan tahun yg mash seger tiap hari mantauin O*X hubungin2 sales2 toyota :mky_01:

Budget gk mau lebih dari 250 pikir2 akhirnya Juli kemaren spk mobil yg lg happening sepander, nambah dikit krna bungkus yg ultimate :big_smile] :big_smile] :big_smile]
slowipah
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 271
Joined: 30 Sep 2016, 10:52

Re: [ASK] Beli Sienta Baru is it worth it?

Post by slowipah »

geofreyap wrote: ↑12 Sep 2018, 21:12 CVT nya Toyota Sienta memang sequential shift gitu.
Jadi ratio CVT di manipulasi sedemikian rupa oleh TCM agar memiliki "gear bohongan" sampai sebanyak 7 buah.
Dan meskipun di posisi D ( Full Auto ), "gear bohongan" tsb memang tetap hadir.

Di beberapa kondisi memang terasa kaya ada sensasi shifting, tapi tetap seamless sekali sih rasanya, tdk jedak jeduk.

Mgkn yg om di atas punya ada defect di gearboxnya.

Oe pribadi sih cukup sensitif untuk bisa ngerasain sensasi shifting buatan tersebut, tapi om di atas mgkn super duper sensitif lagi sehingga bisa nulis spt itu.
Atau mgkn ada defect beneran di gearboxnya.
Hehehe..

Oe malah prefer CVT yg seperti seharusnya sebuah CVT, seamless, tdk ada "gear bohongan" atau apapun namanya.
Tdk perlu ada mode manual juga.
Cukup sediakan mode sport yg membuat ratio CVT lebih kasar sehingga RPM bisa nangkring di posisi yg agak tinggi.

:big_smile]
cvt sienta uda mirip bgt kyk matik konvensional, dan karena 7S jadi sering turun naik. mnrt ane lbh enak cvt sienta drpd cvt crv turbo ane, ya mgkn beda rpm ya, kl mbl 1.5L na kan mmg rata2 maen di rpm 3rban, kl crv 1.5T mmg jrg narik >3rb rpm.
User avatar
bobstare
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 153
Joined: 24 Apr 2016, 16:34

Re: [ASK] Beli Sienta Baru is it worth it?

Post by bobstare »

adzie wrote:rame ya hehehe.. akhirnya ane ambil Biante ga jadi sienta hehehe...
Wah udah care closed. Selamat om biantenya.
Walaupun kalo ane sih seharusnya liat2 Nissan Serena C27 dulu
Jan07
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 333
Joined: 23 Dec 2016, 01:18

Re: [ASK] Beli Sienta Baru is it worth it?

Post by Jan07 »

Lagi galau juga nih om...Better sienta or xpander ya ?Banyakan buat dalkot sih tapi paling sesekali dipake luar kota full penumpang.Jujur kalo liat fitur dan harga second prefer sienta Q,cuma liat2 review kok katanya baris ketiga nya sempit ya ? :big_think: Soalnya yg duduk di baris ketiga juga orang dewasa kalau berpergian.Kalau xpander/livina banyak rumor kaki2,transmisi,dan ac yang ga selesai2 kasusnya jadi ribet juga punya mobil baru setahun dua tahun udah bunyi2 dan harus bolak balik bengkel.. :big_slap: Mobil kemungkinan bakal sebulan sekali dipake full 7 dewasa tapi lebih sering 3-4 orang dalkot.
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3130
Joined: 09 Oct 2016, 22:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: HRV E CVT 2018

Re: [ASK] Beli Sienta Baru is it worth it?

Post by Pboyz97 »

Jan07 wrote: ↑22 Oct 2021, 09:04 Lagi galau juga nih om...Better sienta or xpander ya ?Banyakan buat dalkot sih tapi paling sesekali dipake luar kota full penumpang.Jujur kalo liat fitur dan harga second prefer sienta Q,cuma liat2 review kok katanya baris ketiga nya sempit ya ? :big_think: Soalnya yg duduk di baris ketiga juga orang dewasa kalau berpergian.Kalau xpander/livina banyak rumor kaki2,transmisi,dan ac yang ga selesai2 kasusnya jadi ribet juga punya mobil baru setahun dua tahun udah bunyi2 dan harus bolak balik bengkel.. :big_slap: Mobil kemungkinan bakal sebulan sekali dipake full 7 dewasa tapi lebih sering 3-4 orang dalkot.
sebagai ex user xpander dari 2018-2020 saya coba bantu jawab ya. tergantung kebutuhan, kalo kenyamanan, bantingan suspensi yg empuk, dan kemudahan akses keluar masuk jadi prioritas + gamasalah sm gc rendah, vote sienta. tapi kalo driving feel, handling, gc tinggi dan tarikan jadi prioritas, vote xpander

kalo masalah xpander, itu hoki2an om. ada yg normal , ada juga yg apes. punya saya dulu, first batch tahun 2017 tipe ultimate, pemakaian januari 2018, sampe dijual september 2020 lalu di km 25rban gaada masalah yg aneh2. paling cuma idle up dan ac yg ga dingin aja troublenya, sisanya masih aman2 aja. cuma kalo emg om takut sm potensi dapet unit xpander yg defect, vote sienta aja, baris ke 3 nya buat orang dibawah 170cm sepertinya masih bisa ya walaupun agak ngepas dan ga selega xpander menurut saya, apalagi om lebih sering buat 3 -4 orang, ya cukup worth lah kalo sienta menurut saya, apalagi om sering bawa lansia, lebih gampang akses keluar masuknya karena gc rendah dan pintu geser . selain itu, mobil ini juga cukup awet dan durable lah menurut saya , minusnya ada di tarikan, driving feel dan handlingnya aja yg ga seenak xpander menurut saya
Past:
1NZFE 4AT/L15A 5AT/K24Z1 5AT/2.0 Skyactiv 6AT/4A91 4AT/2NRFE CVT/K3VE 5MT/1NRVE 5MT/2.5 SKYACTIV - G 6AT

Now:
1.5 VTEC Turbo CVT / L15Z1 CVT / 8AR-FTS 6AT
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 11188
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: [ASK] Beli Sienta Baru is it worth it?

Post by ChZ »

Jan07 wrote: ↑22 Oct 2021, 09:04 Lagi galau juga nih om...Better sienta or xpander ya ?Banyakan buat dalkot sih tapi paling sesekali dipake luar kota full penumpang.Jujur kalo liat fitur dan harga second prefer sienta Q,cuma liat2 review kok katanya baris ketiga nya sempit ya ? :big_think: Soalnya yg duduk di baris ketiga juga orang dewasa kalau berpergian.Kalau xpander/livina banyak rumor kaki2,transmisi,dan ac yang ga selesai2 kasusnya jadi ribet juga punya mobil baru setahun dua tahun udah bunyi2 dan harus bolak balik bengkel.. :big_slap: Mobil kemungkinan bakal sebulan sekali dipake full 7 dewasa tapi lebih sering 3-4 orang dalkot.
skrg pemakai dua duanya sienta V CVT 2016 dan xpander sport 2019.

pertama profil yang duduk gimana? kalau ada lansia sienta akan lebih mudah aksesnya. Xpander itu tinggi dan akses baris ketiganya agak sulit. untuk ruang rasanya 11-12 aja krn xpander ruangnya jg banyak kemakan karena lekuk-lekuk dan lantai lebih tinggi. tapi untuk kenyamanan duduk baris 2/3 lebih enak xpander karena sienta gak punya armrest kecuali beli model facelift 2020 ke atas... jok juga lebih tebal xpander.

kedua kalau sering luar kota, tol atau urban? kalau sering urban xpander lebih lincah walau badannya gendut. sienta itu biarpun badannya kecil tapi lebih terkesan kaya mobil gede dan belet. kl ngomong power to weight keduanya gak beda jauh tapi sienta punya karakter power delivery khas mesin 2NR yang aneh dan lebih flat ditambah CVT nya lack refinement, sedangkan xpander menang di throttle response awal yang lebih kuat jadi mobilnya terkesan lincah. transmisi xpander rasionya sedikit lebih kasar jadi untuk nanjak masih lebih enak.

tapi kalau luar kotanya toll, sienta menang mobilnya lebih stabil untuk pindah-pindah jalur. xpander rollnya lebih terasa. setir xpander juga lebih ringan, terlalu ringannya sampe saya gak pede bawa kenceng kalo jalannya gak rata krn kegoyang dikit aja udah geser...

utk masalah di xpander batch 2019 saya gak mengalami sih... kyknya yang banyak mengalami batch awal-awal 2017... saya skrg pake 2 thn jalan 40k buat warawiri jalan terus.

yang jelas kalau sienta Q dan xpander sama-sama diberi ban oem jenis eco ecoan (ecopia ep150 / dunlop enasave ec300) yang hard compound jadi redaman jalannya kurang baik. kedua mobil ini kayaknya bisa enak kalau ganti ban ke level di atasnya. krn bawaan suspensinya udah cukup enak, walau karakternya berbeda. sienta lebih kaku sedangkan xpander cenderung lebih ngayun, tinggal selera sih.
2011 Toyota XU30 / 2016 XP170
2015 Honda RU5 / 2017 FK4 / 2018 RW1
2019 Mitsubishi NC1W

https://livingwithcars.wixsite.com/livingwithcars/blog
adzie
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 142
Joined: 21 Aug 2015, 06:26
Daily Vehicle: Yamaha N-MAX

Re: [ASK] Beli Sienta Baru is it worth it?

Post by adzie »

waw masih rame ya.. memang kayanya semakin kesini masyarakat +62 makin sadar bahwa MPV keluarga pintu geser itu nyaman...
cuma karena pilihannya semakin sedikit sekarang bahkan Sienta udh jadi satu2nya di kelas ini..

Oh iya liat2 Sienta yang terbaru air intake belalai sekarang sudah ada ya di improvement terbaru, cuma ya itu sayangnya kursi baris kedua belum kapten seat, ada sih opsi kapten seat untuk yg welcab cuma baris ketiga hilang kalo beli yg welcab version..

mungkin bisa di share yg pake sienta, ada pernah retrofit jok baris kedua jadi kapten seat kah dan biaya berapa ya..
Mazda 2 Sedan R Type - 1.5L MZR (ZY-VE)
VW Polo A4 (1J) - Mk4
X-Trail T32 - QR25DE
Biante SkyActiv - 2.0 L SkyActiv-G (PE-VPS) I4
:big_smoking:
vincewonk
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 468
Joined: 27 Dec 2007, 02:33
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Gojek

Re: [ASK] Beli Sienta Baru is it worth it?

Post by vincewonk »

ChZ wrote: ↑22 Oct 2021, 10:37
Jan07 wrote: ↑22 Oct 2021, 09:04 Lagi galau juga nih om...Better sienta or xpander ya ?Banyakan buat dalkot sih tapi paling sesekali dipake luar kota full penumpang.Jujur kalo liat fitur dan harga second prefer sienta Q,cuma liat2 review kok katanya baris ketiga nya sempit ya ? :big_think: Soalnya yg duduk di baris ketiga juga orang dewasa kalau berpergian.Kalau xpander/livina banyak rumor kaki2,transmisi,dan ac yang ga selesai2 kasusnya jadi ribet juga punya mobil baru setahun dua tahun udah bunyi2 dan harus bolak balik bengkel.. :big_slap: Mobil kemungkinan bakal sebulan sekali dipake full 7 dewasa tapi lebih sering 3-4 orang dalkot.
skrg pemakai dua duanya sienta V CVT 2016 dan xpander sport 2019.

pertama profil yang duduk gimana? kalau ada lansia sienta akan lebih mudah aksesnya. Xpander itu tinggi dan akses baris ketiganya agak sulit. untuk ruang rasanya 11-12 aja krn xpander ruangnya jg banyak kemakan karena lekuk-lekuk dan lantai lebih tinggi. tapi untuk kenyamanan duduk baris 2/3 lebih enak xpander karena sienta gak punya armrest kecuali beli model facelift 2020 ke atas... jok juga lebih tebal xpander.

kedua kalau sering luar kota, tol atau urban? kalau sering urban xpander lebih lincah walau badannya gendut. sienta itu biarpun badannya kecil tapi lebih terkesan kaya mobil gede dan belet. kl ngomong power to weight keduanya gak beda jauh tapi sienta punya karakter power delivery khas mesin 2NR yang aneh dan lebih flat ditambah CVT nya lack refinement, sedangkan xpander menang di throttle response awal yang lebih kuat jadi mobilnya terkesan lincah. transmisi xpander rasionya sedikit lebih kasar jadi untuk nanjak masih lebih enak.

tapi kalau luar kotanya toll, sienta menang mobilnya lebih stabil untuk pindah-pindah jalur. xpander rollnya lebih terasa. setir xpander juga lebih ringan, terlalu ringannya sampe saya gak pede bawa kenceng kalo jalannya gak rata krn kegoyang dikit aja udah geser...

utk masalah di xpander batch 2019 saya gak mengalami sih... kyknya yang banyak mengalami batch awal-awal 2017... saya skrg pake 2 thn jalan 40k buat warawiri jalan terus.

yang jelas kalau sienta Q dan xpander sama-sama diberi ban oem jenis eco ecoan (ecopia ep150 / dunlop enasave ec300) yang hard compound jadi redaman jalannya kurang baik. kedua mobil ini kayaknya bisa enak kalau ganti ban ke level di atasnya. krn bawaan suspensinya udah cukup enak, walau karakternya berbeda. sienta lebih kaku sedangkan xpander cenderung lebih ngayun, tinggal selera sih.
saya ketawa pas liat sienta q papa, ban bawaannya ecopia 150. lucunya yg tipe V malah turanza ER33. ktnya SA auto2000, kompensasi supaya ga nyangkut gara2 bodykit. mungkin accountingnya TAM kompensasi harga body kit saya rasa.

tp sientanya papa udah downgrade jd ring 15 om punya tipe G dan bannya jd Michelin XM2+ 185 60 15. ternyata enak jd pendek radius putarnya dan setirnya lebih enteng buat dalam kota.
luar kota tol trans jawa memang kerasa enak ban 195 sih, tp selama nyetir dibatas kecepatan 100, nyaris ga kerasa bedanya.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 11188
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: [ASK] Beli Sienta Baru is it worth it?

Post by ChZ »

vincewonk wrote: ↑22 Oct 2021, 11:06
saya ketawa pas liat sienta q papa, ban bawaannya ecopia 150. lucunya yg tipe V malah turanza ER33. ktnya SA auto2000, kompensasi supaya ga nyangkut gara2 bodykit. mungkin accountingnya TAM kompensasi harga body kit saya rasa.

tp sientanya papa udah downgrade jd ring 15 om punya tipe G dan bannya jd Michelin XM2+ 185 60 15. ternyata enak jd pendek radius putarnya dan setirnya lebih enteng buat dalam kota.
luar kota tol trans jawa memang kerasa enak ban 195 sih, tp selama nyetir dibatas kecepatan 100, nyaris ga kerasa bedanya.
naah iya yang V malah bannya bagus sendiri turanza ER33 195/50 lagi :big_biglaugh: bokong rasa di masas dulu waktu pake ban standarnya tipis banget. begitu naik 195/55 goodyear triplemax2 jadi membaik.

offset velg 16nya ini aneh sih ganti velg ke trim bawahnya bisa turun 0.6 radius putarnya :big_biglaugh: ane di puter balik biasa kalo mau balik rumah rasanya lebih nekuk pake CRV daripada sienta.
2011 Toyota XU30 / 2016 XP170
2015 Honda RU5 / 2017 FK4 / 2018 RW1
2019 Mitsubishi NC1W

https://livingwithcars.wixsite.com/livingwithcars/blog
Post Reply