[Sharing] Fator Penentu Kenyamanan saat duduk dalam mobil

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

AdiP495
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 34
Joined: 12 Aug 2018, 08:02
Location: Mojokerto
Daily Vehicle: Outlander PX

Re: [Sharing] Fator Penentu Kenyamanan saat duduk dalam mobil

Post by AdiP495 »

Outlander Sport memang sandaran jok belakang tegak yang tahun 2012, tapi yang tahun 2015 keatas sudah ada kemiringan kebelakang.
CRV tahun 2015 kalau bangku belakang diduduki, gak enak bukan lantaran kurang rebah, tapi suspensi keras penyebabnya.
City 2008 jok belakang bikin cape deh, perjalanan 150 km bikin sengsara.
Grand Livina jok sopir nyaman. Duduk belakang gak nyaman.
Brio duduka sopir mula2 ga enak, jalan di toll sepanjang 60km perut jadi kembung, tapi lama2 setelah terbiasa, jadi gak terasa
User avatar
Pugman
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1435
Joined: 16 Aug 2014, 11:39

Re: [Sharing] Fator Penentu Kenyamanan saat duduk dalam mobil

Post by Pugman »

Menurut saya preferensi soal kenyamanan dalam mobil itu sangat personal. Seperti halnya juga kenyamanan dalam naik motor. Dan karena faktor 'suka' itu kadang yang buat orang lain ga enak justru menyenangkan buat kita.
Contohnya saya suka fairing bike dan ga nyaman naik naked/touring bike.
Kalau mobil, saya suka yang posisi duduk rendah seperti sedan. Berikut ini adalah pengalaman saya nyetir/numpang dalam perjalanan jauh/lama ≥300km atau ≥4jam.

1. Peugeot 406
Saya betah nyetir berjam-jam dengan mobil ini biarpun manual, cuma ngantuk yang ga bisa dilawan. Kursinya lengkap setelannya meski masih manual dani pas sekali, sandaran punggung enak dan pas. Bahkan pernah 8jam nonstop. Dan setelah perjalanan panjang sekalipun, keluar dari mobil, badan masih terasa segar.

2. Mitsubishi Kuda 2.0 bensin
Mobil matic yang aneh buat saya, nyetir 2 jam dan darah seperti ngumpul dikaki.

3. Nissan Xtrail T32, 2.0 manual
Mobilnya enak, suspensi empuk, kabin kedap, tapi kursinya Nissan ini rasanya aneh buat saya, bukan hanya Xtrail tapi ANGL, March juga ga match dengan badan saya yang pendek ini, sandaran punggung ini desainnya seperti untuk orang bule, tinggi.. Lalu Kopling Xtrail itu jauh lebih ringan dari 406, tapi waktu perjalanan jauh kaki saya sampai mati rasa hampir ga kuat lagi nginjek kopling.

4. Avanza
Jalan lebih dari 2 jam dengan mobil ini cukup melelahkan buat saya kalau jadi penumpang tapi kalau bawa sendiri malah ga terlalu capek dan saya tetap lebih suka mobil ini manual. Baru2 ini Bapak saya yang biasa kemana2 saya antar pakai 406, ngeluh pegal2 waktu ikut rombongan tetangga ke nikahan naik Avanza.
bahkan ada vokalis band yang pilih sedan tua daripada naik Avanza.

Andika kangen band ogah naik Avanza.
https://m.detik.com/oto/profil/d-411587 ... aik-avanza

5. Odyssey RA6
Disini saya cuma jadi penumpang, tapi karena saya lebih dulu naik mobil ini daripada Innova, yang ada dipikiran saya waktu naik innova jauh dari ekspektasi saya, innova koq gini amat rasanya ya? Sebagai penumpang, mobil ini nyaman bahkan dibaris 3 sekalipun.

6. Mazda 8
Kalau dibawa santai sangat nyaman mengendarai mobil ini, tapi bawaan saya ga bisa gitu, kalau ketemu jalan tol sepi tetap aja geber sampai hampir mentok spidometer. Dan untuk perjalanan diatas 10jam tetap ga bisa mengalahkan kenyamanan 406 saya.
User avatar
paidjho
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1207
Joined: 05 Jan 2016, 07:58
Location: Jakarta

Re: [Sharing] Fator Penentu Kenyamanan saat duduk dalam mobil

Post by paidjho »

Personally:

1. Driving position pas, lebih lagi kalau ada lumbar adjustment, headrest adjustment, tilt & telescopic.
2. Pedal position, paling pas kalau gap ketinggian antara pedal rem & gas gak terlalu besar.
carlzeiss
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 616
Joined: 04 Jul 2016, 23:27
Daily Vehicle: Reborn Bensin

Re: [Sharing] Fator Penentu Kenyamanan saat duduk dalam mobil

Post by carlzeiss »

Yang penting mah :
1. Kontur jok , demen yang semi bucket seat biar ga pegel
2. Kualitas audio , dan susunan lagu yang ga ngebosenin
Now : Reborn Bensin Musuh SMers
ricz
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12275
Joined: 23 Jan 2013, 17:18
Location: Indonesia

Re: [Sharing] Fator Penentu Kenyamanan saat duduk dalam mobil

Post by ricz »

kalo gw personally sih :

1. Mesti ada armrest (ini essential bgt menurut gw)
2. Kontur jok, kdg busa jok trll keras ato nonjol kena punggung bisa buat cepet pegel
3. Bantingan suspensi, plg enak itu di tengah2, ga terlalu empuk tp ga terlalu keras en ga ngayun juga. Biasanya mobil sedan ato yg sedan based yg pny kriteria spt ini.
4. Jarak kepala ke plafon sebisa mungkin jangan mepet, gw pribadi agak risih gitu kalo kepala mau nempel2 ke plafon gitu hahaha
2021 Fortuner VRZ
adityabp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1213
Joined: 07 May 2014, 09:36

Re: [Sharing] Fator Penentu Kenyamanan saat duduk dalam mobil

Post by adityabp »

Pugman wrote: 24 Aug 2018, 19:26
3. Nissan Xtrail T32, 2.0 manual
Mobilnya enak, suspensi empuk, kabin kedap, tapi kursinya Nissan ini rasanya aneh buat saya, bukan hanya Xtrail tapi ANGL, March juga ga match dengan badan saya yang pendek ini, sandaran punggung ini desainnya seperti untuk orang bule, tinggi.. Lalu Kopling Xtrail itu jauh lebih ringan dari 406, tapi waktu perjalanan jauh kaki saya sampai mati rasa hampir ga kuat lagi nginjek kopling.
Dugaan saya, posisi paha si om bener2x datar nempel ke jok.
Jadi ketika nginjek kopling, pembuluh darah di paha sisi bawah tertekan.
Ini yg bikin aliran darah ke kaki terhambat.
patrickstar
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 521
Joined: 26 Aug 2013, 12:50

Re: [Sharing] Fator Penentu Kenyamanan saat duduk dalam mobil

Post by patrickstar »

Grandmax Jkt-Sukabumi di baris 2 sendirian : sampe Sukabumi cari tukang pijet, sumpah pegel banget nih punggung.
Santai dijalan, nikmati hidup.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: [Sharing] Fator Penentu Kenyamanan saat duduk dalam mobil

Post by ChZ »

Pugman wrote: 24 Aug 2018, 19:26
3. Nissan Xtrail T32, 2.0 manual
Mobilnya enak, suspensi empuk, kabin kedap, tapi kursinya Nissan ini rasanya aneh buat saya, bukan hanya Xtrail tapi ANGL, March juga ga match dengan badan saya yang pendek ini, sandaran punggung ini desainnya seperti untuk orang bule, tinggi.. Lalu Kopling Xtrail itu jauh lebih ringan dari 406, tapi waktu perjalanan jauh kaki saya sampai mati rasa hampir ga kuat lagi nginjek kopling.
IMHO memang desain jok SUV itu saya rasa paling sulit dibanding sedan atau MPV. Rata-rata dashboard SUV itu tinggi jadi mesti mikir gimana tetep dapet pandangan ke depan yang bagus untuk semua jenis orang, dan rata-rata yang ideal justru SUV ladder frame, dengan kompensasi di headroom rata-rata SUV ladder frame yang terbatas dibanding monocoque... krn cabin SUV ladder cenderung "digencet" sasis bawah dan atap. Saya jujur lebih sering dapet feel aneh di SUV monocoque dibanding ladder... meskipun saya pecinta monocoque. Mulai dari jaman pake Captiva dan skrg X-Trail dan SantaFe...

Sedangkan monocoque ya yang saya rasain sendiri paling cocok di CR-V generasi manapun dan CX-5 generasi manapun. Meskipun feel selonjornya lebih dapet di CR-V, apalagi yang terbaru.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
Pugman
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1435
Joined: 16 Aug 2014, 11:39

Re: [Sharing] Fator Penentu Kenyamanan saat duduk dalam mobil

Post by Pugman »

adityabp wrote: 25 Aug 2018, 08:03
Pugman wrote: 24 Aug 2018, 19:26
3. Nissan Xtrail T32, 2.0 manual
Mobilnya enak, suspensi empuk, kabin kedap, tapi kursinya Nissan ini rasanya aneh buat saya, bukan hanya Xtrail tapi ANGL, March juga ga match dengan badan saya yang pendek ini, sandaran punggung ini desainnya seperti untuk orang bule, tinggi.. Lalu Kopling Xtrail itu jauh lebih ringan dari 406, tapi waktu perjalanan jauh kaki saya sampai mati rasa hampir ga kuat lagi nginjek kopling.
Dugaan saya, posisi paha si om bener2x datar nempel ke jok.
Jadi ketika nginjek kopling, pembuluh darah di paha sisi bawah tertekan.
Ini yg bikin aliran darah ke kaki terhambat.
Bisa jadi Om, karena saya ga set tinggi rendah dan kemiringan Jok, hanya maju mundur.
ChZ wrote: 25 Aug 2018, 09:22
IMHO memang desain jok SUV itu saya rasa paling sulit dibanding sedan atau MPV. Rata-rata dashboard SUV itu tinggi jadi mesti mikir gimana tetep dapet pandangan ke depan yang bagus untuk semua jenis orang, dan rata-rata yang ideal justru SUV ladder frame, dengan kompensasi di headroom rata-rata SUV ladder frame yang terbatas dibanding monocoque... krn cabin SUV ladder cenderung "digencet" sasis bawah dan atap. Saya jujur lebih sering dapet feel aneh di SUV monocoque dibanding ladder... meskipun saya pecinta monocoque. Mulai dari jaman pake Captiva dan skrg X-Trail dan SantaFe...

Sedangkan monocoque ya yang saya rasain sendiri paling cocok di CR-V generasi manapun dan CX-5 generasi manapun. Meskipun feel selonjornya lebih dapet di CR-V, apalagi yang terbaru.
Ya kabin di SUV monocoque feelnya memang beda dari yang ladder frame, pernah bawa fortuner atau strada, posisi duduk rasa2nya kaya Yaris malah. SUV monocoque yang pernah bawa hanya Xtrail dan Ford Ecosport, tapi di Ford Ecosport masih berasa fiestanya, mungkin juga karena 1 basis, ga tahu juga kalau jalan jauh gimana rasanya.
User avatar
demonicorchestra
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 205
Joined: 03 May 2017, 13:33
Location: Bandung
Daily Vehicle: Jazz

Re: [Sharing] Fator Penentu Kenyamanan saat duduk dalam mobil

Post by demonicorchestra »

Yang jelas sih ketinggian joknya, menurut ane lebih enak duduk di SUV/MPV monocoque yg ketinggiannya joknya lebih tinggi daripada sedan
Chester Bennington 1976-2017, gone but not forgotten
"I've become so numb, I can't feel you there. Become so tired, so much more aware"
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: [Sharing] Fator Penentu Kenyamanan saat duduk dalam mobil

Post by ChZ »

Pugman wrote: 25 Aug 2018, 10:28
Ya kabin di SUV monocoque feelnya memang beda dari yang ladder frame, pernah bawa fortuner atau strada, posisi duduk rasa2nya kaya Yaris malah. SUV monocoque yang pernah bawa hanya Xtrail dan Ford Ecosport, tapi di Ford Ecosport masih berasa fiestanya, mungkin juga karena 1 basis, ga tahu juga kalau jalan jauh gimana rasanya.
Yup, di Pajero yang baru saya jauh lebih gampang ngatur posisi duduk dibanding di SantaFe. Kalo Pajero lama sebenernya kaki enak tapi giliran nyetir tipe Dokar kepala kepentok sanrup :mky_01:

Kalo kasus platform sharing, njess-haerpi cukup cerdas design nya. Floor naik tapi seating position gak dinaikin banyak jadi nyetir haerpi bisa posisinya agak selonjor mirip di sedan. Ni mirip sama kasus Sipik dan Siarpi RM. Tapi Honda Indonesia dengan "pinter" nya menyunat bahan jok sehingga jatohnya jok jadi tipis... :ngacir:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
ABEDUL
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 226
Joined: 16 Oct 2016, 05:21

Re: [Sharing] Fator Penentu Kenyamanan saat duduk dalam mobil

Post by ABEDUL »

Dari dulu sering nyetir sedan, dari vios lama lalu naik ke altis dan sekarang pakai camry...itu-itu aja.
Maklum, kami sekeluarga cuma sering beli merek toyota

Gak pernah dapat feel nya kalau bawa suv ladder frame macam fortuner dan pjs, pernah pakai (tdk begitu lama) punya ibu sy crv RM juga biasa aja dan itu mobil langsung jual ganti sedan yg sy pakai.

Pakai alphard yg di rumah pun juga sudah cukup nyaman sebagai supir dan penumpang kalau sedang jalan ke luar kota...
Kalau ada yg lebih nyaman dari itu semua mungkin akan jadi pertimbangan buat tukar tambah, jika tidak ya sy jauhi merek tsb
Wongth80
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: 07 Feb 2017, 20:47
Location: Jakarta

Re: [Sharing] Fator Penentu Kenyamanan saat duduk dalam mobil

Post by Wongth80 »

Kalo saya suka mobil yang jok mobilnya empuk dan tebal. Baru faktor bantingan mobil berikutnya. Soalnya biasanya keduanya berdasarkan pengalaman saya beriringan. Mobil yg jok empuk entah gmn bantingan mobilnya lumayan oke walaupun ga semua.
Yang nyetir bikin pegel kalo lama-lama yang berdasarkan. Mobil yang pernah dan masih pakai antara lain:
Yaris E 2010 MT, posisi nyetir ama jok driver ga enak menurut saya, buat cepet pegel. Avanza E 2015 MT, juga bikin pegel nyetirnya plus jok pengemudi ga enak dan berisik. Freed E 2012, kursi pengemudi enak tapi posisi mengemudi saya susah dapet yang enak., 11-12 ama innova G 2004 dan V 2017 menurut saya. Kursi juga oke tebel empuk tapi posisi agak kaku plus stir berat. Dan anehnya saya juga ga suka posisi duduk PJS dakkar 2014 ama 42Ner VNT dua-dua nya ketinggian kursi kayak rendah banget ama floor deck bikin kaki saya kayak mesti ditekuk gitu baik sebagai supir atau penumpang. sama mngkin saya bodoh sih bawa duo ladderframe itu kok kayak nyetirin colt engkel gitu. Masih enakan duduk di innova menurut saya. BRV E prstg AT 2017, kursi super ga enak tipis dan keras and sempit bgt jok pengemudi menurut saya. Semi bucket ga jadi kalo sy bilang mah . Ditambah lagi ga ada height adjuster. Mst lumayan adaptasi. Awal2 kayak bikin cape nyetirnya plus setir berat buat ukuran mobil kecil ditambah bantingan suspensi kerasss. Tp lama2 lumayan terbiasa.
Kalo yang enak: Mazda 2 S AT 2011. Ini mobil enak banget nyetirnya, jok depan kayak semi bucket pas di badan, posisi nyetir bs selonjoran and tenggelam. Tapi ini mobil egois sih. Kalo depan mau enak, yg duduk belakang jangan harap enak alias pasti kesempitan. Outlander PX 2012 AT, jok mobil sih keras menurut saya, tapi posisi mengemudi enak, bantingan firm tapi nyaman. Vellfire X 2012 kursi empukkk, lebarr, bantingan nyamannn apalagi pake ban dan velg standard 16” kayak donut (walau jelek diliatnya). Nyetir juga ga cape padahal posisi duduk tinggi bgt kayak bawa metromini. T32 2.5 AT 2017 Nyetir enak kalo menurut saya, jok tebel empuk plus ada lumbar support lumayan juga bantu punggung kalo lg capek, duduk depan enak belakang juga enak. Serena C26, kursi enak didudukin, tebel empuk kecuali baris 3, bahkan empukan kursi pengemudi C26 dari T32. Tp kalo dr sisi nyupirin enak jauh T32.
User avatar
nugroho bagor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5488
Joined: 11 Mar 2011, 05:48
Location: All over the world
Daily Vehicle: Kijang Innova D4D

Re: [Sharing] Fator Penentu Kenyamanan saat duduk dalam mobil

Post by nugroho bagor »

Kalau soal jok lihat di ferari jok YouTube nya, bisa macam macam, Avanza pakai jok Nissan Teana, dll
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post