[Sharing] Fator Penentu Kenyamanan saat duduk dalam mobil

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

Leonhart
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 527
Joined: Wed Sep 26, 2012 21:17
Location: South Sumatera
Daily Vehicle: Honda_HR-V_1,8

[Sharing] Fator Penentu Kenyamanan saat duduk dalam mobil

Post by Leonhart »

Dear Suhu

mau ajak share faktor penentu kenyamanan alasan dan penyebab pegal2 saat berkendara maupun duduk di sebuah mbl

entah itu karena jok, posisi duduk, suspensi ataupun hal lainnya monggo disampaikan...



dimulai dari ane mbl yg pernah ane punya

2008 Yaris Bakpao
kalo nyetir ini lama2 diatas 2 jam bahu dan leher mulai pegal2....
ane gk tau jg kenapa

sbg penumpang ane blm nyoba duduk lama


2013 Mitsubishi Outlander Sport

nyetir lama yg pegal pinggang, suprisely bahu dan leher aman (nyetir diatas 2 jam)
sbg penumpang blkg pinggang aman stlh 90 menit
tapi bahu dan punggung krg enak dan pegal
karena jok tll tegak



2010-2011 Honda CRV RE

nyetir ini 2 jam lbh bahu dan leher gak terasa pegal
pernah nyetir di atas 3 jam yg ada ngantuk...

sbg penumpang depan pernah duduk 1 jam-an gak terasa pegal2 jg
penumpang blkg blm pernah duduk lama


2014 Honda CRV RM

Idem sama RE
pernah duduk blkg 2 jam



2011 Honda Accord CP2

Pernah muter jalan jauh2 ampe 2 jam lbh, terasa ttp fresh dan gak terasa pegal sama sekali
duduk sbg pernumpang depan pernah duduk lama jg diatas 90 menit ttp nyaman

sayangnya blm pernah dduk lama sbg penumpang blkg


2016 Honda City GM6

kalo nyetir lama suka pegel2 di pinggang ama bahu (di atas 90 menit)
duduk sbg penumpang belum pernah duduk lama


2016 Honda HRV RU5

Mirip ama City tapi gak sepegal City, agak lebih lambat terkena serangan pegalnya
duduk sbg penumpang blkg klo dah 1 jam lbh mulai pinggang pegal...




dan berikut adalah
Mobil pernah dipake ortu ane

2003 Suzuki aerio

ane mayoritas sbg penumpang blkg
sering duduk berjam2 di blkg
jauh lebih nyaman daripada HRV kursi belakang aerio, gak terasa pegal stelah 90 menit..

apa karena suspensi blkg aerio adalah double wishbone ? sedangkan HRV torsion beam ?

2003 Nissan Xtrail T30

ane mayoritas duduk sbg penumpang blkg
lebih nyaman daripada aerio.. lebih empuk jg... bahu dan punggung lebih nyaman daripada aerio



kemudian berikut ini adalah mbl yg pernah ane coba entah minjem ama temen maupun rental

Avanza 2013-2015 (ane krg pasti)

setelah 1 jam lbh nyetir avanza bahu leher ama pinggang dah pegal2 semua
sbg penumpang baris 2 stlh duduk 2-3 jam terasa bahu dan pinggang krg nyaman butuh istirahat

ane krg tau knp mbl ini bs krg pas di ane ?


2016 Toyota Calya

Pernah nyewa ini mbl
stlh muter2 keliling ampir 2 jam

bahu ama pinggang dah pegel semua, serta bosen banget rasanya...

ane jg bingung knp bs begitu




tolong di share ya suhu
dan dikasih alasannya jg apa faktor penentu "anti pegal" saat duduk di sebuah mobil
ane jg krg paham apa karena jok ataupun suspensi ataupun faktor lainnya...
syafimsa
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 288
Joined: Sat May 02, 2015 18:58

Re: [Sharing] Fator Penentu Kenyamanan saat duduk dalam mobil

Post by syafimsa »

penentu nyaman atau tidak duduk dalem mobil kalo sbg pengemudi asal bisa nemu posisi yg pas ya fine2 aja. teleskopik steering, posisi nyetir rendah dan bisa selonjor itu udah bikin saya ga pegel2 kalo nyetir. kalo utk duduk belakang sih cuma butuh sandaran yg rebah aja dan legroom yg secukupnya udah bisa bobo nyenyak.

kalo disebutin satu2 sih banyak yg enak, tp mobil yg paling nyaman yg pernah saya bawa sendiri ya e250 w212. teleskopik dimajukan kurang dr setengah aja kaki saya hampir lurus ga nekuk sama sekali, tinggi keseluruhan jok yg bagian bawah / yg untuk duduk juga ga tebel ga kaya sedan2 toyota yg feelnya kaya nyetir hatchback, selonjoran lah pokonya. posisi nyetir bisa dibikin makin tenggelam juga, top lah pokonya, lebih enak dari civic turbo saya sekalipun. betah sekali nyetir mobil itu berjam2 sampe lupa kalo ini bukan mobil saya haha
[2AR-FE] [L15B7] [2ZR-FE] [R18Z1] [L15A7]
mike22
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1431
Joined: Mon Nov 15, 2010 10:28
Daily Vehicle: K24 RM3

Re: [Sharing] Fator Penentu Kenyamanan saat duduk dalam mobil

Post by mike22 »

Itu imbas dari pengaturan kursi yg berefek ke posisi mengemudi, material dan bentuk kursi yg supportif ato engga, lalu posisi kaki terhadap pedal (ini sih pengaruh tinggi badan juga).
Sepertinya itu fungsi lumbar support spy ada yg menyangga pinggang agar tidak mudah pegal.
Dari yg pernah sy coba sih paling suka jok xtrail t32.
Kalo kenyamanan jok belakang selain materialnya, panjang kursi dan tinggi/rendah lantai juga ngaruh. Yg agak tricky memang terlalu rebah jg enggak enak, kalau kurang rebah pasti enggak enak.
User avatar
setsuka09
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 559
Joined: Fri Jun 26, 2015 9:04

[Sharing] Fator Penentu Kenyamanan saat duduk dalam mobil

Post by setsuka09 »

Sebagai driver :

Posisi duduk sedikit rebah kisaran 30 derajat
Jok posisi rendah dgn fleksibilitas setting jok yg banyak, lutut menekuk sedikit 10-20 derajat, posisi tangan atas sedekat mungkin ( tempel kalau bisa ) dgn jok sekaligus posisi pegang setir masih bisa di 10-2,tapi idealnya u/ cruising sebenarnya di 9-3 / 10-4, peredaman mobil & suspensi yg bagus, dijamin diatas 3 jam nyetir ga bakal ada sakit pinggang & pegel pundak.

Kategori2 diatas lebih mudah ditemukan di sedan ( real sedan ), makanya suv menjadikan sedan sbg benchmark kenyamanan.
piggypig77
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 634
Joined: Tue Feb 11, 2014 13:33
Location: Jakarta

Re: [Sharing] Fator Penentu Kenyamanan saat duduk dalam mobil

Post by piggypig77 »

Chevrolet Spin Activ
Jangankan duduk lama, baru masuk n duduk di kursi row 1 aja rasanya mau keluar saking ga enaknya kursi n driving position :wkkk:
Joknya tinggi bgt, keras, kontur busa di sandaran punggung kyk ngegembung jadi waktu duduk bukannya kita "dipeluk" kursi tapi didorong kursi.
dsign1990
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1601
Joined: Thu May 28, 2015 0:12

Re: [Sharing] Fator Penentu Kenyamanan saat duduk dalam mobil

Post by dsign1990 »

nyimak review2nya
IMHO sederhana saja faktor penentunya ya kelas mobil itu sendiri karena mencerminkan kualitas dan kelengkapan elemen2 penunjangnya
kecuali kasusnya aerio vs hrv
User avatar
satria120s
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 138
Joined: Fri Oct 04, 2013 4:17

Re: [Sharing] Fator Penentu Kenyamanan saat duduk dalam mobil

Post by satria120s »

Klo pegel hati (cape hati) termasuk kah?

Pernah nyetir brio pny kakak, rasanya terintimidasi bgt krn mobilnya kecil dan rendah, selalu ngalah klo dipepet mobil dgn ukuran avanza keatas (waktu itu daily bawa Grand Livina)

Klo tangan, kaki, punggung, pinggang, dll mostly baik2 aja entah itu grand livina, karimun, atau skrg tucson.. personally sih paling suka tucson, krn joknya besar, posisi duduknya tinggi, dan jok bagian bawah lebar, jadi paha ga ngegantung (klo di karimun paha ngegantung dan bikin pegel pas macet)

Klo nyetirin mobil orang, paling pegel sih civic FB (cmiiw) '13 walaupun rebah, tp sempit bgt.. bikin ga leluasa gerak..
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: [Sharing] Fator Penentu Kenyamanan saat duduk dalam mobil

Post by ChZ »

Balik ke selera (dan postur tubuh) kali ya... Which is akan sangat mudah kalo mobilnya punya pengaturan lengkap (height adjuster, maju-mundur, recline, lumbar support, setir tilt-teleskopik).

Kabar buruknya, susah banget menemukan posisi ideal di mobil LCGC/LMPV/LSUV yang gak ada height adjuster dan setir telescopic. Terutama nih, LCGC/LMPV/LSUV kembar toyota-daihatsu dan IMV old model. Sucks banget posisi duduknya. Harus milih antara setir kejauhan atau pedal kejauhan. Innova/Fortuner lama sih masih mending, cuma joknya tetep gak enak... Yang LCGC udah posisi nyetir parah, joknya didudukin rada ambles...

Owh ya, Datsun Cross juga payah... Dulu jok ala elsapek masih mending, skrg karena jok pisah dan kekecilan jadi ambles... klo FRD duduk di situ berasa duduk di rangka kursinya kali ya.

Di merek lain masih oke... Ertiga lama dan Xpander agak ketinggian, Mobilio/BRV rendah tapi kursi terlalu flat dan tipis (nyetir luar kota pegelnya lebih ke joknya). Paling pas duduknya New Ertiga sih untuk skrg... So, murah bukan alesan buat bikin mobil yang gaenak duduknya...

Klo 300 juta up rasanya gak ada keluhan berarti buat posisi duduk... krn kebanyakan ada telescopicnya, tp selera sih lebih ke Honda ya, bisa rebah soalnya... Mazda joknya agak kurang cocok. Oh ada deng, Pajero Sport lama, PARAH banget, yang Dakar kepala bisa natap plafon... tp kalo skrg sih ANPS udah lebih enak...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
Jambangan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2726
Joined: Wed Feb 08, 2012 11:57
Location: Bekasi
Daily Vehicle: 2013 Honda Vario 125

Re: [Sharing] Fator Penentu Kenyamanan saat duduk dalam mobil

Post by Jambangan »

kalo ane di mobil yg pernah punya :
paling nyaman posisi mengemudinya di CRV RE
kalo paling ga enak di swift ST. baru sejam udah pegel terlalu sempit wkwk..
pengendiesel
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1557
Joined: Sun May 22, 2016 4:20

Re: [Sharing] Fator Penentu Kenyamanan saat duduk dalam mobil

Post by pengendiesel »

Sebagai pengemudi...saya termasuk yang kurang sensitif terhadap posisi duduk.
Di beberapa mobil yang pernah saya bawa jalan jauh (min 6 jam) mulai genio, altis, galant hiu, taft, katana, espass pick up, ispan gen 1-3, innova, sienta, l300 dll hampir gak pernah terasa ada perbedaan signifikan di pegelnya badan.

Tapi...yang paling cepet bikin tangan dan bahu pegel itu kalo bawa mobil yang setirnya tidak center. Misal miring ke kiri agar bisa jalan lurus. Jamin deh...jalan 1 jam aja sudah pegel di tangan dan bahu.
User avatar
Winz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2599
Joined: Wed Aug 16, 2017 8:07
Location: Bali, Indonesia
Daily Vehicle: ANPS+XpC

Re: [Sharing] Fator Penentu Kenyamanan saat duduk dalam mobil

Post by Winz »

ChZ wrote: Sat Aug 11, 2018 4:42 Balik ke selera (dan postur tubuh) kali ya... Which is akan sangat mudah kalo mobilnya punya pengaturan lengkap (height adjuster, maju-mundur, recline, lumbar support, setir tilt-teleskopik).

Kabar buruknya, susah banget menemukan posisi ideal di mobil LCGC/LMPV/LSUV yang gak ada height adjuster dan setir telescopic. Terutama nih, LCGC/LMPV/LSUV kembar toyota-daihatsu dan IMV old model. Sucks banget posisi duduknya. Harus milih antara setir kejauhan atau pedal kejauhan. Innova/Fortuner lama sih masih mending, cuma joknya tetep gak enak... Yang LCGC udah posisi nyetir parah, joknya didudukin rada ambles...

Owh ya, Datsun Cross juga payah... Dulu jok ala elsapek masih mending, skrg karena jok pisah dan kekecilan jadi ambles... klo FRD duduk di situ berasa duduk di rangka kursinya kali ya.

Di merek lain masih oke... Ertiga lama dan Xpander agak ketinggian, Mobilio/BRV rendah tapi kursi terlalu flat dan tipis (nyetir luar kota pegelnya lebih ke joknya). Paling pas duduknya New Ertiga sih untuk skrg... So, murah bukan alesan buat bikin mobil yang gaenak duduknya...

Klo 300 juta up rasanya gak ada keluhan berarti buat posisi duduk... krn kebanyakan ada telescopicnya, tp selera sih lebih ke Honda ya, bisa rebah soalnya... Mazda joknya agak kurang cocok. Oh ada deng, Pajero Sport lama, PARAH banget, yang Dakar kepala bisa natap plafon... tp kalo skrg sih ANPS udah lebih enak...
Nissin TERRA tidak ada teleskopic loh, om, kelas gopek tiau :glodak:
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: [Sharing] Fator Penentu Kenyamanan saat duduk dalam mobil

Post by kunaskun »

paling pengaruh menurut saya: ergonomi jok. soal telescopic steering menurut saya ya itu hanya faktor nambah nyaman, saya ga yakin duo kaleng mini tanggung gede dikasi telescopic akan lebih enak dipake jarak jauh, karena bentuk jok dan ditambah busa ambles model gitu tetep ga bisa boongin pantat.
Salvanost
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2926
Joined: Fri Dec 14, 2012 13:44

Re: [Sharing] Fator Penentu Kenyamanan saat duduk dalam mobil

Post by Salvanost »

Kayanya wajib modif captain seat deh
Damage kcost kalau ga salah 7jt sama trade bangku lama
ngalih
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 533
Joined: Wed Jan 25, 2017 0:29
Location: lenteng agung jakarta
Daily Vehicle: Trooper

Re: [Sharing] Fator Penentu Kenyamanan saat duduk dalam mobil

Post by ngalih »

Ac dingin dan mobil sehat adalah faktor wajib.
Kursi empuk yg ada kipas anginnya (aksesoris ACE) bikin ndak keringetan punggung dan pant*t.
Posisi duduk tinggi, setir serendahnya, senderan kepala dan penutup leher jika setir sharian mengurangi resiko masuk angin krn ac.
alexdonovan
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 610
Joined: Fri Aug 15, 2008 15:36

Re: [Sharing] Fator Penentu Kenyamanan saat duduk dalam mobil

Post by alexdonovan »

Menurut saya, cuma masalah adaptasi saja.

Mobil lama saya Ecosport, ada tilt & telescopic steering, seat height adjuster, lumbar support adjuster. Pakai ini Jakarta-Bali ga ada pegelnya.

Begitu pake Calya, baru duduk aja pinggang sakit :p. Kena di ergonomi-nya. Setelah 5 bulan pakai, mau ke Bali juga OK. Badan udah adaptasi :D
Calya A/T 2017 (2022-now)
OS PX 2014 (2022-now)
Kluger Grande 2004 (Jan 2023-Jun 2024)
User avatar
PRBS
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2293
Joined: Sun Mar 06, 2011 14:00

Re: [Sharing] Fator Penentu Kenyamanan saat duduk dalam mobil

Post by PRBS »

Pengalaman saya, driving position yg paling nyaman nyetir di peugeot. Paling enak (yg pernah saya punya) peugeot 605, kursinya seperti sofa kulit yg tebal dan empuk. Kelemahannya bukan bikin badan pegal, tapi malah bikin ngantuk. Duduk di second row juga nyaman.. kalau peugeot 206 baru biasa saja.. walaupun tetap lebih enak 206 dibanding citycar/lcgc jepang lainnya sih.

C26 termasuk enak, karena standar mid roti tawar ada height adjuster, telescopic dan tilt steering.. jok besar empuk dan armrestnya oke. Roadtrip santai bawa ini ga pernah capek. Yg bikin capek cuma blindspotnya dimana2..

Livina juga oke both first row or second row.. empuknya nissan bikin nyaman.

Ignis surprisingly juga masuk kategori oke.. driving positionnya enak karena ada height adjuster seat.. jadi lebih fleksibel pengaturan posisinya.. kursinya juga mendekap pinggul dan pantat. Yg buat ga enak cuma suspensinya keras.. second rownya ampas, duduk setengah jam dibelakang dijamin ga enak sih.. terlalu tegak dan headrestnya terlalu maju.. leher dan punggung jadi pegel.
Syauqi
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 498
Joined: Sat May 09, 2015 8:55
Location: Sidoarjo, Surabaya, Jakarta
Daily Vehicle: Potato Car

Re: [Sharing] Fator Penentu Kenyamanan saat duduk dalam mobil

Post by Syauqi »

Asik sebenarnya trit" macam beginian, karena posisi nyetir setiap orang beda2.
Kalau menurut saya faktor yg terpenting adalah ergonomi jok, karena badan kita ada disitu. Pengaturan stir tilt-teleskopik nggak kalah penting tapi ttp menurut saya bentuk jok lah yg paling besar pengaruhnya.
Lcgcnya toyodai yg baru2 (aa 1.2 / calsig) menurut saya juga cukup terbantu di joknya yg empuk tapi sayangnya terlalu gembos, ya walaupun headrestnya pendek banget khas toyodai & posisin nyetirnya jadi berasa tinggi banget
Angelpesek
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 222
Joined: Fri Jan 19, 2018 4:05
Location: Medan
Daily Vehicle: Kia_rio

Re: [Sharing] Fator Penentu Kenyamanan saat duduk dalam mobil

Post by Angelpesek »

Setuju ama ts, nyetir avanza emg bikin sakit pinggang. Kayaknya sih dari kontur jok yg kurang suport bentuk badan ditambah bantingan soknya yg yaa memang kaya mobil niaga sih..
:mky_01:
Tp mobil korea yg kecil yg pernah sy coba joknya rata" konturnya enak buat duduk lama" walopun ga empuk tp bukan untuk rebahan ya haha
riisesky
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 246
Joined: Thu Aug 06, 2015 6:22
Location: Jakarta
Daily Vehicle: CM5

Re: [Sharing] Fator Penentu Kenyamanan saat duduk dalam mobil

Post by riisesky »

jok paling enak gerobak punya sendiri ya w123 kek sofa + pas suspensi abis rekondisi, abis itu latio enak karna jok tebel sama support kanan kiri nya pas ama badan ane, terus lancer dan gan, gk5 so-so lah ya tapi better dibanding ge8

paling ga enak penter udah geter2 dijel + jok nya ga enak, swift juga ga enak buat jalan jauh 11-12 lah ama livina,
Past : G100 CB-23 '87, DanGan 4G15 '90, Fj 40 '82, TBR541 LS At '00, T32 QR25DE '16, C24 QR20DE '11, F30 330i, GK 5 MT '15, C11 MR18DE '06
Present : CM5 K24 '04, RV3 '22
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: [Sharing] Fator Penentu Kenyamanan saat duduk dalam mobil

Post by ChZ »

Ngomong-ngomong pengalaman pindah-pindah mobil sendiri...

Civic Turbo - SantaFe CRDi - X-Trail - Avanza - HR-V...

Klo habis dari Civic (secara ini mobil kerja sehari-hari) paling mudah terbiasa di HR-V, kalo di X-Trail atau SantaFe cenderung tinggi butuh pembiasaan 5-10 menit awal pasti ngerasa gak nyaman karena tinggi dan posisi kaki nggak bisa rebah lurus. Posisi kaki ibaratnya kalo Civic itu duduk di bangku pendek sambil selonjor kaki nyaris lurus, kalo SantaFe dan X-Trail kaki nekuknya lumayan banyak karena jok tinggi.

Saya jujur lbh nyaman dan pede dengan mobil yang mana kaki saya bs nyaris lurus... :mky_01: Makanya giliran pegang HR-V palagi CR-V Turbo yang nyaris selonjor jadi enak banget pembiasaannya gak terlalu lama.

X-Trail bolster kursi bawah enak empuk tapi ketinggian, SantaFe juga ketinggian dan lebih parah : kedua mobil ini dasbornya tinggi. Sedihnya ane mobil apapun selalu memastikan jok posisi paling rendah. Untung postur tubuh masih mumpuni. Yang lebih parah di SantaFe dan bikin kurang nyaman : setirnya besar amit-amit...

Klo Avanza gawsa ditanya ya... Penyakitnya mobil kembar toyodai itu rata-rata sama : antara harus milih setir kejauhan atau kaki kejauhan. Ngakalinnya setir dikasi posisi paling bawah supaya nggak kejauhan. Kursinya mau dibilang gen skrg lebih empuk dari yang lama tetep ngga mengobati feeling "aneh" dan kurang nyaman waktu bawa karena kursi tetep supportnya gak mumpuni... Ini sih mau setengah jam nyetir juga bawaan gak kebiasa dan kepengen buru-buru sampe tempat tujuan... mungkin menjelaskan knp rata-rata orang bawa papanjah kenceng...

Don't mention calsig atau agayalay deh... Mau dibilang bantingan lebih enak daripada papanjah tetep aja joknya kagak enak... gak ngaruh...

For me, mobil yang bisa bikin ane betah nyetir tanpa mandeg mandeg dan gak kepengen buru-buru sampe itu yang masuk kategori posisi duduk nyaman... :mky_01:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
Winz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2599
Joined: Wed Aug 16, 2017 8:07
Location: Bali, Indonesia
Daily Vehicle: ANPS+XpC

Re: [Sharing] Fator Penentu Kenyamanan saat duduk dalam mobil

Post by Winz »

Klo saya lebih pede dengan mobil GC tinggi dengan Body besar

bawa sedan atau hatchback ngerasa kependekan, suka posisi Commanding
krniawnhdr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1283
Joined: Thu Aug 02, 2018 4:43
Location: Jakarta

Re: [Sharing] Fator Penentu Kenyamanan saat duduk dalam mobil

Post by krniawnhdr »

kalau buat di posisi pengemudi, saya ngerasa yang bikin nyaman itu ya kontur jok pengemudi (termasuk tebal joknya+high adjuster), sama fitur steering yang bisa di tilt & telescopic. so far pakai lmpv dan mpv yang kerasa enaknya pas nyetir jarak jauh baru di ertiga sama anki diesel.
dibanding mobilio aja enakan ertiga jauh kenyamannya..
kalau sebagai penumpang, saya pribadi paling nggak mau naik mobil yang seat row ke 2 nya nggak bisa di slide dan recline. ini yang penting..hehehe imho
efact
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 520
Joined: Thu Jan 12, 2017 2:11

Re: [Sharing] Fator Penentu Kenyamanan saat duduk dalam mobil

Post by efact »

kalo yang sejauh "bokong" merasakan duduk di mubil,
sebagai driver, lebih suka yang duduknya bisa selonjor kaki, tp posisi tangan dekat dengan setir, posisi ini menurut saya hampir semua bmw sedan yang pernah dicoba, dan Fiesta ok banget sih, belum lagi jok nya yang mirip2 semi bucket jd berasa dipeluk pas nikung, merc juga ok, malah feelnya perasaan lebih selonjor dibanding bmw, tp setirnya kebanyakan rada offset sama seat, jd berasa dikit janggal, walopun juga ga masalah amat sebener hahaha/...

sebagai penumpang,
yang penting jok nya nyaman, leg room sama head room lega, mpv roti tawar enak sih, Delica saya sukaaa...
2011 Hyundai ix35
2001 BMW E39 530i
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: [Sharing] Fator Penentu Kenyamanan saat duduk dalam mobil

Post by ChZ »

efact wrote: Fri Aug 24, 2018 3:21 kalo yang sejauh "bokong" merasakan duduk di mubil,
sebagai driver, lebih suka yang duduknya bisa selonjor kaki, tp posisi tangan dekat dengan setir, posisi ini menurut saya hampir semua bmw sedan yang pernah dicoba, dan Fiesta ok banget sih, belum lagi jok nya yang mirip2 semi bucket jd berasa dipeluk pas nikung, merc juga ok, malah feelnya perasaan lebih selonjor dibanding bmw, tp setirnya kebanyakan rada offset sama seat, jd berasa dikit janggal, walopun juga ga masalah amat sebener hahaha/...

sebagai penumpang,
yang penting jok nya nyaman, leg room sama head room lega, mpv roti tawar enak sih, Delica saya sukaaa...
Wah mirip banget sama saya... iya BMW sedan rata-rata posisinya saya suka.

Porsche apalagi... :ngacir:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
efact
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 520
Joined: Thu Jan 12, 2017 2:11

Re: [Sharing] Fator Penentu Kenyamanan saat duduk dalam mobil

Post by efact »

ChZ wrote: Fri Aug 24, 2018 3:28
efact wrote: Fri Aug 24, 2018 3:21 kalo yang sejauh "bokong" merasakan duduk di mubil,
sebagai driver, lebih suka yang duduknya bisa selonjor kaki, tp posisi tangan dekat dengan setir, posisi ini menurut saya hampir semua bmw sedan yang pernah dicoba, dan Fiesta ok banget sih, belum lagi jok nya yang mirip2 semi bucket jd berasa dipeluk pas nikung, merc juga ok, malah feelnya perasaan lebih selonjor dibanding bmw, tp setirnya kebanyakan rada offset sama seat, jd berasa dikit janggal, walopun juga ga masalah amat sebener hahaha/...

sebagai penumpang,
yang penting jok nya nyaman, leg room sama head room lega, mpv roti tawar enak sih, Delica saya sukaaa...
Wah mirip banget sama saya... iya BMW sedan rata-rata posisinya saya suka.

Porsche apalagi... :ngacir:
emm.. nganu.. kalo porsche.. belum pernah kesampean nyoba om.. saya mah apa atuh :wkkk:
2011 Hyundai ix35
2001 BMW E39 530i