Renault 18 tl
Posted: Wed Oct 10, 2018 3:11
Ada yg tau harga pasarannya Renault 18 tl beras dan dimana bengkel Renault 18 tl di surabaya. Mohon info nya
Indonesian Automotive Discussion Forum
https://www.serayamotor.com/diskusi/
part masih banyak, Om?marmut wrote: ↑Wed Oct 10, 2018 3:52 ini mobil sebetulnya cukup simpel perawatannya. mesin masih sederhana menggunakan karburator dan ada beberapa yang sudah dirubah sistem pengapiannya memakai platina. persis seperti kijang 5K.
mau stel klep juga sangat gampang, semua mekanik juga pasti bisa. jika ada kendala dengan mur/baut stelan klepnya, bisa diganti pakai punya mitsubishi lancer atau kijang asalkan dapet yang orisinil. plug and play.
perbaikan lainnya pun cukup mudah karena ruang mesin yang cukup lapang.
tidak perlu bengkel spesialis sebetulnya, asalkan dapet mekanik yang handal, pasti beres kok.....
Jayapura ni kayaknya terkenal ya untuk part mobil-mobil langka bin aneh. Dulu pake Peugeot, orang bengkel juga nyari suka ke Jayapuramarmut wrote: ↑Wed Oct 10, 2018 4:18 untuk part (apapun) musti rajin cari karena ini mobil sangat rare dan sudah berumur. coba ke jayapura motor di atrium senen 0213847177 bicara sama koh miming, mereka melayani kirim lewat kurir juga ke luar daerah.
kalau seperti filter oli, (pasti) bisa dicari persamaannya dengan mesin mobil lain asalkan thread size, inner & outer diameter seal-nya sama. filter bensin juga sangat banyak penggantinya, tidak perlu yang merk purflux, bisa cari merk bosch di toko part vw atau kalau mau gampang lagi cari punya toyota 4K atau punya suzuki carry.
misal ada masalah dengan dinamo starter, carbon brush/kul boleh beli kepunyaan L300 diesel dengan sedikit modifikasi, tukang dinamo mestinya paham. pekerjaan mudah sambil merem juga bisa.
jayapura motor emg jualan barang2 mobil perancis om, di senen ataupun di fatmawati.Pugman wrote: ↑Wed Oct 10, 2018 5:50Jayapura ni kayaknya terkenal ya untuk part mobil-mobil langka bin aneh. Dulu pake Peugeot, orang bengkel juga nyari suka ke Jayapuramarmut wrote: ↑Wed Oct 10, 2018 4:18 untuk part (apapun) musti rajin cari karena ini mobil sangat rare dan sudah berumur. coba ke jayapura motor di atrium senen 0213847177 bicara sama koh miming, mereka melayani kirim lewat kurir juga ke luar daerah.
kalau seperti filter oli, (pasti) bisa dicari persamaannya dengan mesin mobil lain asalkan thread size, inner & outer diameter seal-nya sama. filter bensin juga sangat banyak penggantinya, tidak perlu yang merk purflux, bisa cari merk bosch di toko part vw atau kalau mau gampang lagi cari punya toyota 4K atau punya suzuki carry.
misal ada masalah dengan dinamo starter, carbon brush/kul boleh beli kepunyaan L300 diesel dengan sedikit modifikasi, tukang dinamo mestinya paham. pekerjaan mudah sambil merem juga bisa.
Jadi gini, dulu saya juga pernah memelihara mobil perancis, tepatnya peugeot 604. Dan seperti khasnya mobil perancis, naikan suspensinya bener-bener sangat empuk, bahkan jauh lebih empuk daripada mobil pabrikan lain, katakanlah bmw, mercy, atau jejepangan. Tapi, sayangnya, mesinnya beberapa kali mengalami masalah, dan gak setiap bengkel pun mau nerima, padahal ya saya rawat secara baik & benar. Pengalaman paling parah yg saya alami, yaitu kelistrikannya sering sekali bermasalah, mayoritas kabel-kabelnya pada getas, mungkin karna panas. Tapi, dengan sesama pabrikan eropa macem bmw, mercy, atau bahkan amerika seperti chevy, entah kenapa, perkabelan mobil perancis, lebih rentanmarmut wrote: ↑Thu Apr 22, 2021 2:37
perawatan bagian mana yang masih kepikiran? menurut saya relatif mudah.
drive belt ada 2 atau 3 saya lupa. yang untuk AC pakai lebar 12,5 dan sisanya lebar 9,5. itu ukuran umum semua kendaraan 80 dan 90an dan banyak toko spare parts jual.
nggak pusing timing belt karena sudah pakai chain.
oli mesin dan transmisi juga nggak minta yang aneh-aneh.
paling hanya filter udara saja yang spesifik musti aslinya.
filter bensin? beli saja kepunyaan kijang 5K, banyak bertebaran di nusantara. paling 25 ribu rupiah.
takut overheat? selama motor fan masih asli dan bleeding coolant sudah tuntas, ga akan overheat.
adi100 wrote: ↑Thu Apr 22, 2021 6:23 . Pengalaman paling parah yg saya alami, yaitu kelistrikannya sering sekali bermasalah, mayoritas kabel-kabelnya pada getas, mungkin karna panas. Tapi, dengan sesama pabrikan eropa macem bmw, mercy, atau bahkan amerika seperti chevy, entah kenapa, perkabelan mobil perancis, lebih rentan
Jadi memang bener ya, klo mobil perancis kelemahannya dikelistrikannya yg sering bermasalah. Karna saya juga pernah pny temen yg melihara sesama mobil perancis seperti citroen pun, juga mengalami masalah yg sama.marmut wrote: ↑Thu Apr 22, 2021 7:06adi100 wrote: ↑Thu Apr 22, 2021 6:23 . Pengalaman paling parah yg saya alami, yaitu kelistrikannya sering sekali bermasalah, mayoritas kabel-kabelnya pada getas, mungkin karna panas. Tapi, dengan sesama pabrikan eropa macem bmw, mercy, atau bahkan amerika seperti chevy, entah kenapa, perkabelan mobil perancis, lebih rentan
kalo itu memang gaada obatnya om...
18 TL, 505 GR, 740 GL, ketiganya saya ganti sendiri kabel-kabelnya.
dimulai dari yang paling gampang, di engine bay. satu per satu diurut dari mana asalnya, tujuannya kemana, berapa panjangnya, diganti dengan kabel baru.
kabel yang tadinya banyak sambungan/soket, saya langsungkan tanpa soket. karena seringnya di sambungan/soket itu ada karat atau bahkan gosong karena kendor plus usia lanjut.
yang agak repot kabel dashboard karena lokasi yang terbatas, musti ekstra sabar dan bisa sedikit akrobat.
tapi kalo cuman 18 TL sih merem lah om kabelnya, nggak susah kok itu. nggak kaya mobil sekarang kabelnya serem...
adi100 wrote: ↑Thu Apr 22, 2021 8:15
Jadi memang bener ya, klo mobil perancis kelemahannya dikelistrikannya yg sering bermasalah. Karna saya juga pernah pny temen yg melihara sesama mobil perancis seperti citroen pun, juga mengalami masalah yg sama.
Btw, terimas kasih infonya mengenai renault 18 ini. Klo utk daily driver, sebenarnya saya sudah ada mobil lain, ini cuman utk mobil ke-2 / hobi saja si. Dan kebetulan, gak sengaja nemu si renault 18 wagon dan bentuknya unik, jadinya tertarik. Klo tidiak salah, saya sempet browsing, klo mesin utk renault 18 ini, setidaknya memiliki konstruksi yg mirip dengan renault tua lainnya seperti seri 4, 5, 12 ya ?
Dan klo gak salah, ada juga renault 21, apakah ini recommend utk dijadikan mobil ke-2/ hobi, dan apakah naikan suspensinya masih tetep empuk ?
mau tny, klo utk distributornya, pake jenis platina / cdi ya ?marmut wrote: ↑Thu Apr 22, 2021 9:17adi100 wrote: ↑Thu Apr 22, 2021 8:15
Jadi memang bener ya, klo mobil perancis kelemahannya dikelistrikannya yg sering bermasalah. Karna saya juga pernah pny temen yg melihara sesama mobil perancis seperti citroen pun, juga mengalami masalah yg sama.
Btw, terimas kasih infonya mengenai renault 18 ini. Klo utk daily driver, sebenarnya saya sudah ada mobil lain, ini cuman utk mobil ke-2 / hobi saja si. Dan kebetulan, gak sengaja nemu si renault 18 wagon dan bentuknya unik, jadinya tertarik. Klo tidiak salah, saya sempet browsing, klo mesin utk renault 18 ini, setidaknya memiliki konstruksi yg mirip dengan renault tua lainnya seperti seri 4, 5, 12 ya ?
Dan klo gak salah, ada juga renault 21, apakah ini recommend utk dijadikan mobil ke-2/ hobi, dan apakah naikan suspensinya masih tetep empuk ?
tambahan 1 lagi, yang berhubungan dengan selang karet juga mudah getas. selang bensin dan selang vakum.
kalo jadi mobil kedua ya cocok lah, bisa diperbaiki pelan-pelan.
renault 5 dan 12 saya nggak inget, tapi 18 TL ini mesinnya longitudinal.
renault 21 saya sempet nyoba jadi penumpang sesaat, enak kok...
1 minus poin dari 18 TL ini adalah nose dive yang parah saat hard braking dan roda belakang pasti mengunci, otomatis jadi sulit dikendalikan.
p.s :
sayangnya service manual setebal 900an halaman sudah terjual. kalo enggak bisa saya kirimkan ke om.
Klo misal saya ganti pake cdi, bisa pake pny copotan mobil apa ya ?