Data Penjualan Mobil - Part 03

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: F 272, b8099ok, ginting, FRD, artoodetoo, y_anjasrana

Post Reply
Or4cle
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 761
Joined: 02 Nov 2016, 08:59

Re: Data Penjualan Mobil - Part 03

Post by Or4cle »

piraku wrote: 18 Jul 2020, 09:39
Or4cle wrote:
Fleet operasional di kantor ane pakainya selalu Toyota : Avanza (Gen 1, Gen 2) dan Innova. Operasional kalau keluar dinas pada berebut pilih Innova :big_dunno:

Buat ane Avanza kalau dipakai gak ada enaknya, diatas 80 km/jam dah goyang dombret, feel steer dull,
, gak connect ke aspal, belok kiri-kanan penumpang belakang geser /ternguncang. Tapi memang mesin lumayan responsif, salut ane kalo liat di tol Avanza pada kencang2 kayak punya nyawa serep.

Gen1 dan Gen2 gak ada perubahaan di chassis dan pengendalian tetap ampas. Silih berganti dikeroyok berjamaah sama Mobilio, Ertiga dan Xpander gak lengser dari tahta.

Salut sama "sihir" Avanza / Xenia :big_peace:
Lagian mpv kelas ini ga pernah ada yg enak dikendarai. Paling mending ya mobilio, itu jg karna sejatinya dia itu hatchback yg dipanjangin kaya wagon. Xpander ertiga? Buat jadi penumpang oke bgt, jd supir kalau sekedar alat transportasi sih ya oke, tp buat menikmati keasyikan berkendara? Waduh. Feeling stir hambar bener. Tenaga, ga ada yg spesial, cenderung underpowered.
Kalau buat bawa sendiri saya sih milih mobilio. Apalagi yg manual. Gedenya pun ga jauh dari avanza. Xpander? Bawa di bandung nyiksa, apalagi kalau udh masuk gang sempit. Bete duluan.

Saya selalu berpikir mobil baru di range harga ini (mpv suv) buang jauh jauh keinginan driving pleasure. Kecuali hatchback. Yaa anggap aja cuma alat transportasi atau penunjang usaha.
Namanya mobil MPV a.k.a people carrier itu kan didesign buat angkut orang (walaupun ada multi purpose buat angkut barang). Bisa toh di-tuning sasisnya buat lebih manusiawi agar sedikit lebih nyaman buat penumpang.

Atau jangan2 multi purpose-nya buat angkat mayat di belakang ? Mayat kalau gak nyaman kan gak bisa komplen hehehe :big_slap:

Itu pointnya ane ... gak ada cari driving pleasure di MPV.
Hanya sebatas jabarin kelemahan di sisi pengemudi dan penumpang doang.

Ane mesti fair, kalau buat durability ini mobil memang jempolan. Nah, kalau kakaknya (Kijang Innova) baru ane recommend ... awet dan relatif nyaman :big_exellent:
Or4cle
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 761
Joined: 02 Nov 2016, 08:59

Re: Data Penjualan Mobil - Part 03

Post by Or4cle »

Tampanman wrote: 18 Jul 2020, 11:33
Or4cle wrote: 16 Jul 2020, 15:01 Anjriittt itu si kaleng susah banget di-lengserkan dari tahta (21.537 unit, semester 1/2020)
Apa yang beli dah mati rasa, gak bisa bedain mobil yang proper buat dikendarain ? (Mobilio / Xpander / Ertiga / Livina ? ) :big_weee: :big_slap:

Even sekacrut-kacrutnya Grand Livina HR15DE resing super CVTC, kalau ditawarin beli second, ane akan beli Livina dibanding Avanza / Xenia second .
Mobil dibeli buat dinikmati, bukan dihitung pakai kalkukator 4 biji nilai resale value-nya. [emo-yesno]

Apa yang bisa dinikmati dari seekor Avanza / Xenia ? :big_peace: :ngacir:
Pernah pakai senia 8 tahun cuma ganti oli rutin, ganti aki 2 kali, ganti ban 1 kali. Disitu kenikmatannya. Ada lobang atau poldur ga usah di rem hajar aja, makanya kampas rem nya awet. Coba pakai xpander kira2 8 tahun berapa kali ganti shock nya?
Artinya nikmatnya Avanza / Xenia di murah perawatannya. Bagi ane mobil yang enak itu kalau bisa dinikmatin oleh yang bawa atau penumpang.

Mobil dibeli buat dipakai, kalau biaya perawatan dan pergantian spart-parts masih tahap wajar bisalah ditolerir, yang penting enak saat dipakai (at least enak buat penumpang kalau itu MPV)

Itu pendapat ane pribadi tapi balik lagi masing-masing punya preferensi yg beda :big_peace:
fikrirukmanaa
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 288
Joined: 26 Nov 2015, 19:52

Re: Data Penjualan Mobil - Part 03

Post by fikrirukmanaa »

Dulu sempet mikir "kenapa masih ada yg beli avanza padahal mobilnya ga enak". Sampe akhirnya gw penempatan kerja di pelosok jambi deket selat malaka. Jalannya boro-boro bagus, lampu di jalan lintasnya aja kaga ada. Di sini kalo naik avanza malah rasanya aman ga mikirin aneh-aneh haha soalnya badak bgt ni mobil.
Or4cle
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 761
Joined: 02 Nov 2016, 08:59

Re: Data Penjualan Mobil - Part 03

Post by Or4cle »

fikrirukmanaa wrote: 18 Jul 2020, 14:12 Dulu sempet mikir "kenapa masih ada yg beli avanza padahal mobilnya ga enak". Sampe akhirnya gw penempatan kerja di pelosok jambi deket selat malaka. Jalannya boro-boro bagus, lampu di jalan lintasnya aja kaga ada. Di sini kalo naik avanza malah rasanya aman ga mikirin aneh-aneh haha soalnya badak bgt ni mobil.
Nahh ini yang dimaksud dengan preferensi.
Kalau ini preferensinya disesuaikan dengan kondisi jalanan.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 10872
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Data Penjualan Mobil - Part 03

Post by ChZ »

Or4cle wrote: 18 Jul 2020, 13:48
Artinya nikmatnya Avanza / Xenia di murah perawatannya. Bagi ane mobil yang enak itu kalau bisa dinikmatin oleh yang bawa atau penumpang.

Mobil dibeli buat dipakai, kalau biaya perawatan dan pergantian spart-parts masih tahap wajar bisalah ditolerir, yang penting enak saat dipakai (at least enak buat penumpang kalau itu MPV)

Itu pendapat ane pribadi tapi balik lagi masing-masing punya preferensi yg beda :big_peace:
yes buat family on a tight budget dan ngga mau terlalu repot (new / 2nd)... avanza/xenia is a realistic choice. cheap, easy, durable, comfort.... ummmm... yg udah grand new lumayanlah ga seburuk gen 1 mental mentulnya, yg my2019 lampu vellfire katanya lbh enak lagi. buat yg kampungnya banyak tanjakan jg lbh enak buat nanjak2

cheap nya itu yg emg alesan knp favorit buat ops dan rental. will do 100k+ km tanpa banyak repair dan maintenance.

indeed, makanya daily ane civic bukan avanza, krn emang enak disetir dan bisa ngebut saat diperlukan tanpa lompat-lompat dan adrenaline rush berlebih akibat goncangan a la roller coaster :ngacir:

kalopun cm ada dana 200jt jelas pilihan ane bkn LMPV... dapet honda accord bekas. hahahaha. biaya benerinnya gak ampe semahal avanza baru. reliable japs sedan enak disetir kenceng dan keren... mau mpv dpt serena C24 bekas di bawah 100jt jg dpt sisanya buat repair sana sini cukuplah... crossover dpt cx5 atau CRV gen 4 jg dpt

tp gak brani masuk gang senggol pepet pepetan ama becak dan angkot...
2011 Toyota XU30 / 2016 XP170
2015 Honda RU5 / 2017 FK4 / 2018 RW1
2019 Mitsubishi NC1W

https://livingwithcars.wixsite.com/livingwithcars/blog
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2168
Joined: 13 Sep 2015, 10:08

Re: Data Penjualan Mobil - Part 03

Post by evanbngdor »

ChZ wrote: 18 Jul 2020, 14:52
Or4cle wrote: 18 Jul 2020, 13:48
Artinya nikmatnya Avanza / Xenia di murah perawatannya. Bagi ane mobil yang enak itu kalau bisa dinikmatin oleh yang bawa atau penumpang.

Mobil dibeli buat dipakai, kalau biaya perawatan dan pergantian spart-parts masih tahap wajar bisalah ditolerir, yang penting enak saat dipakai (at least enak buat penumpang kalau itu MPV)

Itu pendapat ane pribadi tapi balik lagi masing-masing punya preferensi yg beda :big_peace:
yes buat family on a tight budget dan ngga mau terlalu repot (new / 2nd)... avanza/xenia is a realistic choice. cheap, easy, durable, comfort.... ummmm... yg udah grand new lumayanlah ga seburuk gen 1 mental mentulnya, yg my2019 lampu vellfire katanya lbh enak lagi. buat yg kampungnya banyak tanjakan jg lbh enak buat nanjak2

cheap nya itu yg emg alesan knp favorit buat ops dan rental. will do 100k+ km tanpa banyak repair dan maintenance.

indeed, makanya daily ane civic bukan avanza, krn emang enak disetir dan bisa ngebut saat diperlukan tanpa lompat-lompat dan adrenaline rush berlebih akibat goncangan a la roller coaster :ngacir:

kalopun cm ada dana 200jt jelas pilihan ane bkn LMPV... dapet honda accord bekas. hahahaha. biaya benerinnya gak ampe semahal avanza baru. reliable japs sedan enak disetir kenceng dan keren... mau mpv dpt serena C24 bekas di bawah 100jt jg dpt sisanya buat repair sana sini cukuplah... crossover dpt cx5 atau CRV gen 4 jg dpt

tp gak brani masuk gang senggol pepet pepetan ama becak dan angkot...
Pernah coba jd penumpang avanza transformer yg terbaru sih dr segi peredaman kabin nya lumayan. suspensi belakangnya nya agak lebih kaku dibanding avanza sebelumnya, cuma positifnya jadi ngga gampang mentok stopper kalo full load.

Dan seperti biasa tipikal pengemudi avanza, karena body ramping jd bawaannya pengen selap-selip terus. Waktu itu saya naik mobil sewaan+driver mau ke daerah cibitung. Di tol kondisi macet merayap motong kiri-kanan mulu dan ngga maksa, selalu dapet.
:mky_01:
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3121
Joined: 26 Mar 2007, 15:16

Re: Data Penjualan Mobil - Part 03

Post by kunaskun »

Or4cle wrote: 18 Jul 2020, 14:39 Nahh ini yang dimaksud dengan preferensi.
Kalau ini preferensinya disesuaikan dengan kondisi jalanan.
dan inilah celah yg dimasukin xpander, mitsu tahu masih ada buyer yg punya preferensi butuh LMPV tapi nyaman duluan dan fitur bagusan dikit daripada ahond. dan kebeneran dapet banget, yang mana mitsu aja ga duga, laku keras karena hype, inden berbulan2 karena mesti export juga, ada aja problem2 minor khas mobil gelombang pertama, ketambahan problem Nissan pula. jadi ga bisa ride the wave d. padahal mayan tuh bikin rekor bisa nyalip avanza. sampe avanza mesti FL kasih fitur2 juga :mky_03:
evanbngdor wrote: 20 Jul 2020, 09:13 Pernah coba jd penumpang avanza transformer yg terbaru sih dr segi peredaman kabin nya lumayan. suspensi belakangnya nya agak lebih kaku dibanding avanza sebelumnya, cuma positifnya jadi ngga gampang mentok stopper kalo full load.

Dan seperti biasa tipikal pengemudi avanza, karena body ramping jd bawaannya pengen selap-selip terus. Waktu itu saya naik mobil sewaan+driver mau ke daerah cibitung. Di tol kondisi macet merayap motong kiri-kanan mulu dan ngga maksa, selalu dapet.
:mky_01:
tapi avanza mau sampe veloz sekalipun, tetep aja itu bahan busa dan kainnya aneh banget di pantat. sekarang udah tebel si tapi tetep aja ga senyaman xpander atau ertiga. padahal ertiga punya aja sebenernya biasa banget. xpander punya kain rada aneh kena kulit.

avanza itu perfect dimension car for indo market. dari dulu ngarep ada mobil yg dimensi mirip2 avanza tapi dipendekin. cakep dah. lincah dapet, lega masih kategori okelah, parkir gampang.

atau sekalian aja daitoyo bikin avanza short wheel base. lucu kan tuh, 5 seater, potong buntut dikit jadi lebih lincah, dikasih cladding2 ala2 suv, voila, jadi d avanza crossover. cuma ada varian 1500 cc, manual atau matik kuno, tetep RWD, siap perang beneran di luar jawa.
User avatar
Omnibus
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5615
Joined: 08 Apr 2008, 17:12

Re: Data Penjualan Mobil - Part 03

Post by Omnibus »

kunaskun wrote: 20 Jul 2020, 21:03 .........

atau sekalian aja daitoyo bikin avanza short wheel base. lucu kan tuh, 5 seater, potong buntut dikit jadi lebih lincah, dikasih cladding2 ala2 suv, voila, jadi d avanza crossover. cuma ada varian 1500 cc, manual atau matik kuno, tetep RWD, siap perang beneran di luar jawa.
ga bakal laku. kijang sgx ga laku. trus ane ada story waktu OGL msh development stage bos ane bilang yg bakal laku yg short (livina) tp ane bilang yg laku yg grand livina. terbukti short ga laku. dibikin cladding x-gear jg ttp gitu2 aja. malah akhirnya ada x-gear long.

selera indo hrs yg muat banyak even ga kepake. mungkin jg ada image kl beli yg short itu krn uangnya kurang buat beli yg long. :mky_03:
User avatar
PRBS
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2235
Joined: 06 Mar 2011, 21:00

Re: Data Penjualan Mobil - Part 03

Post by PRBS »

piraku wrote: 18 Jul 2020, 09:39
Or4cle wrote:
Fleet operasional di kantor ane pakainya selalu Toyota : Avanza (Gen 1, Gen 2) dan Innova. Operasional kalau keluar dinas pada berebut pilih Innova :big_dunno:

Buat ane Avanza kalau dipakai gak ada enaknya, diatas 80 km/jam dah goyang dombret, feel steer dull,
, gak connect ke aspal, belok kiri-kanan penumpang belakang geser /ternguncang. Tapi memang mesin lumayan responsif, salut ane kalo liat di tol Avanza pada kencang2 kayak punya nyawa serep.

Gen1 dan Gen2 gak ada perubahaan di chassis dan pengendalian tetap ampas. Silih berganti dikeroyok berjamaah sama Mobilio, Ertiga dan Xpander gak lengser dari tahta.

Salut sama "sihir" Avanza / Xenia :big_peace:
Lagian mpv kelas ini ga pernah ada yg enak dikendarai. Paling mending ya mobilio, itu jg karna sejatinya dia itu hatchback yg dipanjangin kaya wagon. Xpander ertiga? Buat jadi penumpang oke bgt, jd supir kalau sekedar alat transportasi sih ya oke, tp buat menikmati keasyikan berkendara? Waduh. Feeling stir hambar bener. Tenaga, ga ada yg spesial, cenderung underpowered.
Kalau buat bawa sendiri saya sih milih mobilio. Apalagi yg manual. Gedenya pun ga jauh dari avanza. Xpander? Bawa di bandung nyiksa, apalagi kalau udh masuk gang sempit. Bete duluan.

Saya selalu berpikir mobil baru di range harga ini (mpv suv) buang jauh jauh keinginan driving pleasure. Kecuali hatchback. Yaa anggap aja cuma alat transportasi atau penunjang usaha.
kalau mpv memang jarang ada yg mengejar driving pleasure.. even mpv dikelas atasnya juga tidak ada yg buat driving pleasure, contoh alphard dia buat disupirin juga ga enak (lemot, ga responsif).. mobilio enak buat drivernya tapi ga enak buat penumpangnya.. mungkin kalau mau cari yg fun to drive, memang harus suv or hatchback..

lmpv di indo memang terbagi 3,
buat pekerja keras : avanza & xenia..
buat kenyamanan : xpander & ertiga
buat speeding : mobilio


btw, all new ertiga powernya enak loh.. dibanding xpander or avanza lebih enak powernya ertiga, tapi ya mungkin tetap tidak seresponsif mobilio.. tapi drawbacknya buat penumpang lebih nyaman ketimbang mobilio.. sayangnya banyak yg underestimate sijuki, dan designya terlalu plain menurut saya..
Or4cle
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 761
Joined: 02 Nov 2016, 08:59

Re: Data Penjualan Mobil - Part 03

Post by Or4cle »

PRBS wrote: 20 Jul 2020, 21:56
piraku wrote: 18 Jul 2020, 09:39
Or4cle wrote:
Fleet operasional di kantor ane pakainya selalu Toyota : Avanza (Gen 1, Gen 2) dan Innova. Operasional kalau keluar dinas pada berebut pilih Innova :big_dunno:

Buat ane Avanza kalau dipakai gak ada enaknya, diatas 80 km/jam dah goyang dombret, feel steer dull,
, gak connect ke aspal, belok kiri-kanan penumpang belakang geser /ternguncang. Tapi memang mesin lumayan responsif, salut ane kalo liat di tol Avanza pada kencang2 kayak punya nyawa serep.

Gen1 dan Gen2 gak ada perubahaan di chassis dan pengendalian tetap ampas. Silih berganti dikeroyok berjamaah sama Mobilio, Ertiga dan Xpander gak lengser dari tahta.

Salut sama "sihir" Avanza / Xenia :big_peace:
Lagian mpv kelas ini ga pernah ada yg enak dikendarai. Paling mending ya mobilio, itu jg karna sejatinya dia itu hatchback yg dipanjangin kaya wagon. Xpander ertiga? Buat jadi penumpang oke bgt, jd supir kalau sekedar alat transportasi sih ya oke, tp buat menikmati keasyikan berkendara? Waduh. Feeling stir hambar bener. Tenaga, ga ada yg spesial, cenderung underpowered.
Kalau buat bawa sendiri saya sih milih mobilio. Apalagi yg manual. Gedenya pun ga jauh dari avanza. Xpander? Bawa di bandung nyiksa, apalagi kalau udh masuk gang sempit. Bete duluan.

Saya selalu berpikir mobil baru di range harga ini (mpv suv) buang jauh jauh keinginan driving pleasure. Kecuali hatchback. Yaa anggap aja cuma alat transportasi atau penunjang usaha.
kalau mpv memang jarang ada yg mengejar driving pleasure.. even mpv dikelas atasnya juga tidak ada yg buat driving pleasure, contoh alphard dia buat disupirin juga ga enak (lemot, ga responsif).. mobilio enak buat drivernya tapi ga enak buat penumpangnya.. mungkin kalau mau cari yg fun to drive, memang harus suv or hatchback..

lmpv di indo memang terbagi 3,
buat pekerja keras : avanza & xenia..
buat kenyamanan : xpander & ertiga
buat speeding : mobilio


btw, all new ertiga powernya enak loh.. dibanding xpander or avanza lebih enak powernya ertiga, tapi ya mungkin tetap tidak seresponsif mobilio.. tapi drawbacknya buat penumpang lebih nyaman ketimbang mobilio.. sayangnya banyak yg underestimate sijuki, dan designya terlalu plain menurut saya..
MPV terbaik buat driving pleasure di pasaran Indonesia itu Honda Odyssey RB1/RB2/RB3. Mobil ini lebih masuk ke kategori wagon kalau di luar negeri. Ini mobil bikin sukses senyum ceria kalau lagi cruising di tol

Dulu hampir angkat unit second RB2, tapi berhubung GC laknat terkutuk akhirnya ambil Innova.
lemonadelovers
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1360
Joined: 26 Apr 2014, 11:42

Re: Data Penjualan Mobil - Part 03

Post by lemonadelovers »

PRBS wrote: 20 Jul 2020, 21:56
piraku wrote: 18 Jul 2020, 09:39
Or4cle wrote:
Fleet operasional di kantor ane pakainya selalu Toyota : Avanza (Gen 1, Gen 2) dan Innova. Operasional kalau keluar dinas pada berebut pilih Innova :big_dunno:

Buat ane Avanza kalau dipakai gak ada enaknya, diatas 80 km/jam dah goyang dombret, feel steer dull,
, gak connect ke aspal, belok kiri-kanan penumpang belakang geser /ternguncang. Tapi memang mesin lumayan responsif, salut ane kalo liat di tol Avanza pada kencang2 kayak punya nyawa serep.

Gen1 dan Gen2 gak ada perubahaan di chassis dan pengendalian tetap ampas. Silih berganti dikeroyok berjamaah sama Mobilio, Ertiga dan Xpander gak lengser dari tahta.

Salut sama "sihir" Avanza / Xenia :big_peace:
Lagian mpv kelas ini ga pernah ada yg enak dikendarai. Paling mending ya mobilio, itu jg karna sejatinya dia itu hatchback yg dipanjangin kaya wagon. Xpander ertiga? Buat jadi penumpang oke bgt, jd supir kalau sekedar alat transportasi sih ya oke, tp buat menikmati keasyikan berkendara? Waduh. Feeling stir hambar bener. Tenaga, ga ada yg spesial, cenderung underpowered.
Kalau buat bawa sendiri saya sih milih mobilio. Apalagi yg manual. Gedenya pun ga jauh dari avanza. Xpander? Bawa di bandung nyiksa, apalagi kalau udh masuk gang sempit. Bete duluan.

Saya selalu berpikir mobil baru di range harga ini (mpv suv) buang jauh jauh keinginan driving pleasure. Kecuali hatchback. Yaa anggap aja cuma alat transportasi atau penunjang usaha.
kalau mpv memang jarang ada yg mengejar driving pleasure.. even mpv dikelas atasnya juga tidak ada yg buat driving pleasure, contoh alphard dia buat disupirin juga ga enak (lemot, ga responsif).. mobilio enak buat drivernya tapi ga enak buat penumpangnya.. mungkin kalau mau cari yg fun to drive, memang harus suv or hatchback..

lmpv di indo memang terbagi 3,
buat pekerja keras : avanza & xenia..
buat kenyamanan : xpander & ertiga
buat speeding : mobilio


btw, all new ertiga powernya enak loh.. dibanding xpander or avanza lebih enak powernya ertiga, tapi ya mungkin tetap tidak seresponsif mobilio.. tapi drawbacknya buat penumpang lebih nyaman ketimbang mobilio.. sayangnya banyak yg underestimate sijuki, dan designya terlalu plain menurut saya..
Ada om, MPV fun to drive menurut saya, cobain aja yg versi mesin besar cth alphard n elgrand v6 3.5
Pengalaman melihara sampe sekarang sih elgrand ya buat lari enak bgt 280ps n skg ada peliharaan baru odyssey rb1 absolute 200ps
Dua2nya monokok, long wheelbase, lebar dan multi link. Harganya pun sudah murah :big_smoking: herannya cm 1 FC nya sama2 1:7 dalkot padahal mesin 3.5 vs 2.4
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 10872
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Data Penjualan Mobil - Part 03

Post by ChZ »

Or4cle wrote: 21 Jul 2020, 06:25
PRBS wrote: 20 Jul 2020, 21:56
kalau mpv memang jarang ada yg mengejar driving pleasure.. even mpv dikelas atasnya juga tidak ada yg buat driving pleasure, contoh alphard dia buat disupirin juga ga enak (lemot, ga responsif).. mobilio enak buat drivernya tapi ga enak buat penumpangnya.. mungkin kalau mau cari yg fun to drive, memang harus suv or hatchback..

lmpv di indo memang terbagi 3,
buat pekerja keras : avanza & xenia..
buat kenyamanan : xpander & ertiga
buat speeding : mobilio


btw, all new ertiga powernya enak loh.. dibanding xpander or avanza lebih enak powernya ertiga, tapi ya mungkin tetap tidak seresponsif mobilio.. tapi drawbacknya buat penumpang lebih nyaman ketimbang mobilio.. sayangnya banyak yg underestimate sijuki, dan designya terlalu plain menurut saya..
MPV terbaik buat driving pleasure di pasaran Indonesia itu Honda Odyssey RB1/RB2/RB3. Mobil ini lebih masuk ke kategori wagon kalau di luar negeri. Ini mobil bikin sukses senyum ceria kalau lagi cruising di tol

Dulu hampir angkat unit second RB2, tapi berhubung GC laknat terkutuk akhirnya ambil Innova.
yes ini dia ... gila sih dulu bawa RB absolute ini nempel banget di aspal, setirnya berat, suara mesinnya jg garang abis... macem VTEC nya type-R. K24 high output emang beda sih.

btw mobilio itu sebenernya mau niru konsep macem RB dan stream... bentuknya lbh ke wagon wagonan. coba aj liat mobilio RS di ceperin, beneran kliatan kyk brio wagon.
2011 Toyota XU30 / 2016 XP170
2015 Honda RU5 / 2017 FK4 / 2018 RW1
2019 Mitsubishi NC1W

https://livingwithcars.wixsite.com/livingwithcars/blog
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2168
Joined: 13 Sep 2015, 10:08

Re: Data Penjualan Mobil - Part 03

Post by evanbngdor »

kunaskun wrote: 20 Jul 2020, 21:03
evanbngdor wrote: 20 Jul 2020, 09:13 Pernah coba jd penumpang avanza transformer yg terbaru sih dr segi peredaman kabin nya lumayan. suspensi belakangnya nya agak lebih kaku dibanding avanza sebelumnya, cuma positifnya jadi ngga gampang mentok stopper kalo full load.

Dan seperti biasa tipikal pengemudi avanza, karena body ramping jd bawaannya pengen selap-selip terus. Waktu itu saya naik mobil sewaan+driver mau ke daerah cibitung. Di tol kondisi macet merayap motong kiri-kanan mulu dan ngga maksa, selalu dapet.
:mky_01:
tapi avanza mau sampe veloz sekalipun, tetep aja itu bahan busa dan kainnya aneh banget di pantat. sekarang udah tebel si tapi tetep aja ga senyaman xpander atau ertiga. padahal ertiga punya aja sebenernya biasa banget. xpander punya kain rada aneh kena kulit.

avanza itu perfect dimension car for indo market. dari dulu ngarep ada mobil yg dimensi mirip2 avanza tapi dipendekin. cakep dah. lincah dapet, lega masih kategori okelah, parkir gampang.

atau sekalian aja daitoyo bikin avanza short wheel base. lucu kan tuh, 5 seater, potong buntut dikit jadi lebih lincah, dikasih cladding2 ala2 suv, voila, jadi d avanza crossover. cuma ada varian 1500 cc, manual atau matik kuno, tetep RWD, siap perang beneran di luar jawa.
Jadinya kayak katana tp agak lebih manusiawi aja nanti itu avanza short wheelbase
:mky_03:

Tp memang bener soal jok yang Om bilang, mau dari tipe E sampe Veloz sekalipun ya basis nya sama cuma beda lapisan aja, dan untuk postur tertentu memang tidak nyaman. Buat saya pun jok avanza itu ngga nyaman, tp ya oke lah, masih bisa buat duduk nyetir intinya, ngga sampe bikin HNP lah kalo nyetir 1-2 jam
:mky_01:
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
Or4cle
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 761
Joined: 02 Nov 2016, 08:59

Re: Data Penjualan Mobil - Part 03

Post by Or4cle »

ChZ wrote: 21 Jul 2020, 09:13
Or4cle wrote: 21 Jul 2020, 06:25
PRBS wrote: 20 Jul 2020, 21:56
kalau mpv memang jarang ada yg mengejar driving pleasure.. even mpv dikelas atasnya juga tidak ada yg buat driving pleasure, contoh alphard dia buat disupirin juga ga enak (lemot, ga responsif).. mobilio enak buat drivernya tapi ga enak buat penumpangnya.. mungkin kalau mau cari yg fun to drive, memang harus suv or hatchback..

lmpv di indo memang terbagi 3,
buat pekerja keras : avanza & xenia..
buat kenyamanan : xpander & ertiga
buat speeding : mobilio


btw, all new ertiga powernya enak loh.. dibanding xpander or avanza lebih enak powernya ertiga, tapi ya mungkin tetap tidak seresponsif mobilio.. tapi drawbacknya buat penumpang lebih nyaman ketimbang mobilio.. sayangnya banyak yg underestimate sijuki, dan designya terlalu plain menurut saya..
MPV terbaik buat driving pleasure di pasaran Indonesia itu Honda Odyssey RB1/RB2/RB3. Mobil ini lebih masuk ke kategori wagon kalau di luar negeri. Ini mobil bikin sukses senyum ceria kalau lagi cruising di tol

Dulu hampir angkat unit second RB2, tapi berhubung GC laknat terkutuk akhirnya ambil Innova.
yes ini dia ... gila sih dulu bawa RB absolute ini nempel banget di aspal, setirnya berat, suara mesinnya jg garang abis... macem VTEC nya type-R. K24 high output emang beda sih.

btw mobilio itu sebenernya mau niru konsep macem RB dan stream... bentuknya lbh ke wagon wagonan. coba aj liat mobilio RS di ceperin, beneran kliatan kyk brio wagon.
Honda memang jagonya kalau tuning mesin N/A. Dari satu seri mesin yang sama bisa beda outputnya, K20/K24 bisa diperas potensinya sampai melejit.

Benar sekali, Stream RSZ pun head lamp dan bumper depan mirip banget sama Odyssey RB2. Sayang sekali Stream sudah gak masuk, apalagi mimpi Honda Jade diimport dari jepang kayaknya sulit karena kendala harga.
User avatar
piraku
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 228
Joined: 29 Sep 2017, 18:02
Location: Bandung

Re: Data Penjualan Mobil - Part 03

Post by piraku »

PRBS wrote: 20 Jul 2020, 21:56 kalau mpv memang jarang ada yg mengejar driving pleasure.. even mpv dikelas atasnya juga tidak ada yg buat driving pleasure, contoh alphard dia buat disupirin juga ga enak (lemot, ga responsif).. mobilio enak buat drivernya tapi ga enak buat penumpangnya.. mungkin kalau mau cari yg fun to drive, memang harus suv or hatchback..

lmpv di indo memang terbagi 3,
buat pekerja keras : avanza & xenia..
buat kenyamanan : xpander & ertiga
buat speeding : mobilio


btw, all new ertiga powernya enak loh.. dibanding xpander or avanza lebih enak powernya ertiga, tapi ya mungkin tetap tidak seresponsif mobilio.. tapi drawbacknya buat penumpang lebih nyaman ketimbang mobilio.. sayangnya banyak yg underestimate sijuki, dan designya terlalu plain menurut saya..
SUV apalagi yg ladder frame / unibody ga fun to drive sama sekali sih, kayak kapal iya. Kecuali yg monokok rada mending, krna basicnya emg lifted sedan.
Entahlah yg saya baca di media manapun ada aja org tetep nuntut fun to drive dari seekor mpv. Rakus emg, pingin jangkung, muat banyak, luas, bertenaga, fun to drive, nyaman, durable, tp dg harga murah kalau bisa di angka 1xx, dikasih cortez kaga mao wkwk :big_slap:

Btw XL7 ganteng padahal. IMHO Masih keliatan mobil anak muda, ga kaya xpander/cross yg sebaliknya. Harganya jg lebih menggoda pula. Kalau XL7 udh muncul 2018 kemarin pilihan saya pasti kesini sih.
sealplayerz
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 199
Joined: 17 Aug 2016, 20:37

Re: Data Penjualan Mobil - Part 03

Post by sealplayerz »

Pada semester 1 2020, Indonesia mengimpor total 18.614 kendaraan roda empat, sekitar 7,1 persen dari seluruh penjualan mobil di Indonesia. Berikut merupakan 20 mobil impor CBU (completely built up) terlaris di Indonesia pada semester 1 2020 beserta negara asalnya.

*Sebagian tipe Pajero Sport diimpor dari Thailand sejak Juni 2019. Angka Pajero Sport disini bukan merupakan wholesales karena data wholesales yang dirilis Gaikindo tidak dipisah antara CBU dan CKD, melainkan angka jumlah impor (dihitung berdasarkan kedatangan di pelabuhan Indonesia).
Attachments
115871522_921873998311526_9127977179106097676_o.jpg
115871522_921873998311526_9127977179106097676_o.jpg (246.24 KiB) Viewed 260 times
115848690_921874038311522_6021651247737779127_o.jpg
115848690_921874038311522_6021651247737779127_o.jpg (237.65 KiB) Viewed 260 times
lamatlancah
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 541
Joined: 14 Sep 2016, 18:20
Daily Vehicle: 4Runner TRD Pro

Re: Data Penjualan Mobil - Part 03

Post by lamatlancah »

piraku wrote: 21 Jul 2020, 18:42
SUV apalagi yg ladder frame / unibody ga fun to drive sama sekali sih, kayak kapal iya. Kecuali yg monokok rada mending, krna basicnya emg lifted sedan.
Entahlah yg saya baca di media manapun ada aja org tetep nuntut fun to drive dari seekor mpv. Rakus emg, pingin jangkung, muat banyak, luas, bertenaga, fun to drive, nyaman, durable, tp dg harga murah kalau bisa di angka 1xx, dikasih cortez kaga mao wkwk :big_slap:
artian "fun to drive" itu secara general apa sih om ?

kalau untuk saya, mobil dengan torsi besar yang menjambak, sudah cukup fun to drive, meskipun handling nya mirip perahu sekalipun.
User avatar
piraku
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 228
Joined: 29 Sep 2017, 18:02
Location: Bandung

Re: Data Penjualan Mobil - Part 03

Post by piraku »


lamatlancah wrote:
piraku wrote: 21 Jul 2020, 18:42
SUV apalagi yg ladder frame / unibody ga fun to drive sama sekali sih, kayak kapal iya. Kecuali yg monokok rada mending, krna basicnya emg lifted sedan.
Entahlah yg saya baca di media manapun ada aja org tetep nuntut fun to drive dari seekor mpv. Rakus emg, pingin jangkung, muat banyak, luas, bertenaga, fun to drive, nyaman, durable, tp dg harga murah kalau bisa di angka 1xx, dikasih cortez kaga mao wkwk :big_slap:
artian "fun to drive" itu secara general apa sih om ?

kalau untuk saya, mobil dengan torsi besar yang menjambak, sudah cukup fun to drive, meskipun handling nya mirip perahu sekalipun.
Fun to drive itu subjektif bgt. Ada org yg bilang avanza itu fun to drive pun ga bisa disanggah.
Kalau saya sih ga harus tenaga atau torsi besar. Secara general sih mudah dikendalikan, ga bikin was was bawanya.

Intermezzo aja, toyota 86 kata org underpowered tp diakui jg fun to drive.
pengendiesel
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1166
Joined: 22 May 2016, 11:20

Re: Data Penjualan Mobil - Part 03

Post by pengendiesel »

piraku wrote: 21 Jul 2020, 21:20
Fun to drive itu subjektif bgt. Ada org yg bilang avanza itu fun to drive pun ga bisa disanggah.
Kalau saya sih ga harus tenaga atau torsi besar. Secara general sih mudah dikendalikan, ga bikin was was bawanya.

Intermezzo aja, toyota 86 kata org underpowered tp diakui jg fun to drive.
Ane salah satunya om.
Apalagi avanza m/t. Gas ditoel dikit udah nendang aja tenaganya, mirip mesin diesel....bonus napas lebih panjang dikit.

Apalagi dibawa lari di tol, di atas 140km/h, baru terasa fun yang sebenarnya itu seperti apa :big_biglaugh: jamin gak mungkin ngantuk
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3121
Joined: 26 Mar 2007, 15:16

Re: Data Penjualan Mobil - Part 03

Post by kunaskun »

Omnibus wrote: 20 Jul 2020, 21:46 ga bakal laku. kijang sgx ga laku. trus ane ada story waktu OGL msh development stage bos ane bilang yg bakal laku yg short (livina) tp ane bilang yg laku yg grand livina. terbukti short ga laku. dibikin cladding x-gear jg ttp gitu2 aja. malah akhirnya ada x-gear long.

selera indo hrs yg muat banyak even ga kepake. mungkin jg ada image kl beli yg short itu krn uangnya kurang buat beli yg long. :mky_03:
iya siapa tahu aja, walau memang biasanya ga pernah laku :big_biglaugh:
ada benernya juga beli short kaya ga mampu beli long, kalau gitu bikin versi short lebih mahal dari long :big_chicken:
evanbngdor wrote: 21 Jul 2020, 09:54 Jadinya kayak katana tp agak lebih manusiawi aja nanti itu avanza short wheelbase
:mky_03:

Tp memang bener soal jok yang Om bilang, mau dari tipe E sampe Veloz sekalipun ya basis nya sama cuma beda lapisan aja, dan untuk postur tertentu memang tidak nyaman. Buat saya pun jok avanza itu ngga nyaman, tp ya oke lah, masih bisa buat duduk nyetir intinya, ngga sampe bikin HNP lah kalo nyetir 1-2 jam
:mky_01:
kalau katana mah trondol maksimal dong :mky_04:

dari dulu saya paling ga bisa lama2 di bangku daitoyo versi local development = duo kaleng family. pasti ada aja anehnya. biasa ga jauh2 dari ergonomi. entah bikin sakit pinggang lah, sakit leher lah, punggung pegel2, paha juga sama. di driver side apalagi :big_think: tapi ya ini soal subyektif orangnya :big_grin:
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3121
Joined: 26 Mar 2007, 15:16

Re: Data Penjualan Mobil - Part 03

Post by kunaskun »

lamatlancah wrote: 21 Jul 2020, 21:09 artian "fun to drive" itu secara general apa sih om ?

kalau untuk saya, mobil dengan torsi besar yang menjambak, sudah cukup fun to drive, meskipun handling nya mirip perahu sekalipun.
definisikannya susah, makanya reviewer otomotif ada segitu banyak, ga pernah ada yang benar.
pengendiesel wrote: 21 Jul 2020, 22:04 Ane salah satunya om.
Apalagi avanza m/t. Gas ditoel dikit udah nendang aja tenaganya, mirip mesin diesel....bonus napas lebih panjang dikit.

Apalagi dibawa lari di tol, di atas 140km/h, baru terasa fun yang sebenarnya itu seperti apa :big_biglaugh: jamin gak mungkin ngantuk
"fun" karena mencoba selangkah lebih dekat dengan Yang Di-Atas :big_dunno:
Or4cle
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 761
Joined: 02 Nov 2016, 08:59

Re: Data Penjualan Mobil - Part 03

Post by Or4cle »

lamatlancah wrote: 21 Jul 2020, 21:09
piraku wrote: 21 Jul 2020, 18:42
SUV apalagi yg ladder frame / unibody ga fun to drive sama sekali sih, kayak kapal iya. Kecuali yg monokok rada mending, krna basicnya emg lifted sedan.
Entahlah yg saya baca di media manapun ada aja org tetep nuntut fun to drive dari seekor mpv. Rakus emg, pingin jangkung, muat banyak, luas, bertenaga, fun to drive, nyaman, durable, tp dg harga murah kalau bisa di angka 1xx, dikasih cortez kaga mao wkwk :big_slap:
artian "fun to drive" itu secara general apa sih om ?

kalau untuk saya, mobil dengan torsi besar yang menjambak, sudah cukup fun to drive, meskipun handling nya mirip perahu sekalipun.
Mobil fun to drive itu mesti lincah, torsi / power cukup (kalo gede bonus), feedback stir terasa connect ke jalan dan stabil.

Menurut aku mobil yang fun to drive biasanya sedan atau hatchback. Mobil - mobil MPV & SUV yang gede (Innova, Pajero, Fortuner, dll) tidak fun to drive karena kurang praktis dan gak lincah.
User avatar
Omnibus
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5615
Joined: 08 Apr 2008, 17:12

Re: Data Penjualan Mobil - Part 03

Post by Omnibus »

kunaskun wrote: 21 Jul 2020, 22:09
iya siapa tahu aja, walau memang biasanya ga pernah laku :big_biglaugh:
ada benernya juga beli short kaya ga mampu beli long, kalau gitu bikin versi short lebih mahal dari long :big_chicken:
bisa dan murah. pintunya aja dibikin 2 jadi coupe. biasanya coupe lebih mahal kan :big_biglaugh:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 10872
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Data Penjualan Mobil - Part 03

Post by ChZ »

Or4cle wrote: 21 Jul 2020, 22:56
lamatlancah wrote: 21 Jul 2020, 21:09
piraku wrote: 21 Jul 2020, 18:42
SUV apalagi yg ladder frame / unibody ga fun to drive sama sekali sih, kayak kapal iya. Kecuali yg monokok rada mending, krna basicnya emg lifted sedan.
Entahlah yg saya baca di media manapun ada aja org tetep nuntut fun to drive dari seekor mpv. Rakus emg, pingin jangkung, muat banyak, luas, bertenaga, fun to drive, nyaman, durable, tp dg harga murah kalau bisa di angka 1xx, dikasih cortez kaga mao wkwk :big_slap:
artian "fun to drive" itu secara general apa sih om ?

kalau untuk saya, mobil dengan torsi besar yang menjambak, sudah cukup fun to drive, meskipun handling nya mirip perahu sekalipun.
Mobil fun to drive itu mesti lincah, torsi / power cukup (kalo gede bonus), feedback stir terasa connect ke jalan dan stabil.

Menurut aku mobil yang fun to drive biasanya sedan atau hatchback. Mobil - mobil MPV & SUV yang gede (Innova, Pajero, Fortuner, dll) tidak fun to drive karena kurang praktis dan gak lincah.
soal term fun to drive ini saya agak terganggu dengan banyaknya distorsi makna yang terlalu ngawur dan mulai overused. Even in SM.

Betul kata oom, fun to drive in automobile : agile, fast, direct, light. Ini standar yang general di dunia jurnalistik otomotif.

Diterjemahkan oleh pabrikan jadi lighter chassis, quicker steering rack, malah high powered engine tidak jadi prioritas, tp powerbandnya yang penting. Faktor pendukung penting lain seperti engine dan exhaust note tuning juga masuk.

Makanya kenapa yang disebut fun selalu smaller cars seperti miata dan gt86 dengan 4 silinder... Bukan truck atau sedan besar. Karena dari definisinya memang merujuk pada sportscar seperti itu. Big powered cars kalo terasa berat / gak imbang, atau turbo lagnya gede jd gak masuk itungan.

To be fair orang spt clarkson/hammond/may yang pegangannya supercar pun ga terlalu gampang ngomong mobil fun to drive.

Liat kan beberapa supercar yang menurut standar kita kenceng malah dihina hina ama mereka. Macem Huracan dibilang ngebosenin karena terlalu nyaman, atau F-Type R V8 dibilang suara knalpotnya terlalu berisik.

Celakanya di indonesia menjamurnya jurnalis abal abal tanpa pengetahuan dan referensi cukup spt ini banyak...

Kalo sekedar member SM yang ngomong saya maklum lah, kalo youtuber otomotif....
2011 Toyota XU30 / 2016 XP170
2015 Honda RU5 / 2017 FK4 / 2018 RW1
2019 Mitsubishi NC1W

https://livingwithcars.wixsite.com/livingwithcars/blog
Or4cle
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 761
Joined: 02 Nov 2016, 08:59

Re: Data Penjualan Mobil - Part 03

Post by Or4cle »

ChZ wrote: 22 Jul 2020, 07:46
Or4cle wrote: 21 Jul 2020, 22:56
lamatlancah wrote: 21 Jul 2020, 21:09

artian "fun to drive" itu secara general apa sih om ?

kalau untuk saya, mobil dengan torsi besar yang menjambak, sudah cukup fun to drive, meskipun handling nya mirip perahu sekalipun.
Mobil fun to drive itu mesti lincah, torsi / power cukup (kalo gede bonus), feedback stir terasa connect ke jalan dan stabil.

Menurut aku mobil yang fun to drive biasanya sedan atau hatchback. Mobil - mobil MPV & SUV yang gede (Innova, Pajero, Fortuner, dll) tidak fun to drive karena kurang praktis dan gak lincah.
soal term fun to drive ini saya agak terganggu dengan banyaknya distorsi makna yang terlalu ngawur dan mulai overused. Even in SM.

Betul kata oom, fun to drive in automobile : agile, fast, direct, light. Ini standar yang general di dunia jurnalistik otomotif.

Diterjemahkan oleh pabrikan jadi lighter chassis, quicker steering rack, malah high powered engine tidak jadi prioritas, tp powerbandnya yang penting. Faktor pendukung penting lain seperti engine dan exhaust note tuning juga masuk.

Makanya kenapa yang disebut fun selalu smaller cars seperti miata dan gt86 dengan 4 silinder... Bukan truck atau sedan besar. Karena dari definisinya memang merujuk pada sportscar seperti itu. Big powered cars kalo terasa berat / gak imbang, atau turbo lagnya gede jd gak masuk itungan.

To be fair orang spt clarkson/hammond/may yang pegangannya supercar pun ga terlalu gampang ngomong mobil fun to drive.

Liat kan beberapa supercar yang menurut standar kita kenceng malah dihina hina ama mereka. Macem Huracan dibilang ngebosenin karena terlalu nyaman, atau F-Type R V8 dibilang suara knalpotnya terlalu berisik.

Celakanya di indonesia menjamurnya jurnalis abal abal tanpa pengetahuan dan referensi cukup spt ini banyak...

Kalo sekedar member SM yang ngomong saya maklum lah, kalo youtuber otomotif....
Benar sekali om ChZ, walaupun MX5 Miata dan Integra type R powernya relatif kecil sampai saat ini tetap jadi benchmark untuk mobil fun to drive
Post Reply