Data Penjualan Mobil - Part 03

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: F 272, b8099ok, ginting, FRD, artoodetoo, y_anjasrana

ginting
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 4063
Joined: 08 Dec 2013, 23:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X
Contact:

Re: Data Penjualan Mobil - Part 03

Post by ginting »

Maaf, sedikit melenceng..

Khusus untuk Wuling, di awal awal sepertinya dulu cukup "promising" - tapi kok sekarang sepertinya hype / euforianya hilang ya ?? apa saya yang kurang update ??

Apakah bisa disimpulkan bahwa para segmen pembeli Wuling itu sedang kena impact pandemic ini ?

jujurly, saya sangat berharap Wuling dan DFSK itu bisa survive, simply to keep the good competition atmosphere.
iamwewe
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 755
Joined: 14 Jun 2012, 10:39
Location: jakarta

Re: Data Penjualan Mobil - Part 03

Post by iamwewe »

ginting wrote: 21 Sep 2020, 11:42 Maaf, sedikit melenceng..

Khusus untuk Wuling, di awal awal sepertinya dulu cukup "promising" - tapi kok sekarang sepertinya hype / euforianya hilang ya ?? apa saya yang kurang update ??

Apakah bisa disimpulkan bahwa para segmen pembeli Wuling itu sedang kena impact pandemic ini ?

jujurly, saya sangat berharap Wuling dan DFSK itu bisa survive, simply to keep the good competition atmosphere.
DSSK pluit yg bekas dealer ford pluit kayanya udh tutup om......

woleng pluit sih masih buka yang seberang megamal pluit

gak tau ya kenapa....
lamatlancah
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 541
Joined: 14 Sep 2016, 18:20
Daily Vehicle: 4Runner TRD Pro

Re: Data Penjualan Mobil - Part 03

Post by lamatlancah »

ya bisa jadi, market wuling lebih ke menengah bawah, dan yg paling terkena imbas pandemic (cenderung konsumtif dan tidak punya savings).
sealplayerz
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 199
Joined: 17 Aug 2016, 20:37

Re: Data Penjualan Mobil - Part 03

Post by sealplayerz »

Setelah launching cortez hype nya wuling emang makin menurun, sedikit naik pas launching almaz tapi abis itu makin menurun lagi, apalagi akhir2 ini juga ngeliat komen youtube di review2 mobil merek mainstream udh jarang bgt isinya #mendingwuling. Yah dliat dari tren wholesales nya juga statis cenderung trennya menurun.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 10872
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Data Penjualan Mobil - Part 03

Post by ChZ »

ginting wrote: 21 Sep 2020, 11:42 Maaf, sedikit melenceng..

Khusus untuk Wuling, di awal awal sepertinya dulu cukup "promising" - tapi kok sekarang sepertinya hype / euforianya hilang ya ?? apa saya yang kurang update ??

Apakah bisa disimpulkan bahwa para segmen pembeli Wuling itu sedang kena impact pandemic ini ?

jujurly, saya sangat berharap Wuling dan DFSK itu bisa survive, simply to keep the good competition atmosphere.
buzzer boleh rame, euforia awal boleh kenceng, tapi image wuling dan dfsk di mata konsumen belum berubah dari dulu : masih second atau bahkan third-tier brand. tim mending mending boleh bilang wuling value for money tapi di lapangan persepsi konsumen masih blm berubah.

orang diberi pilihan toyota dan daihatsu saja pilih toyota, dan di pasar used car apalagi, duo toyodai lebih mudah jauh ngejual yang toyota. yang melek brand brand aneh spt ini khan hanya di kota besar, di daerah apalagi luar pulau jawa msh didominasi toyota honda dkk.

hari ini orang beli toyota tdk semata productnya, tp emang fakta bhw merk toyota punya kekuatan "gengsi" tersendiri. tamu penting lbh terhormat dijemput pakai innova reborn meski dibilang ladder frame tdk nyaman dll daripada cortez.

wuling mau almaz sekalipun capnya tetap wuling, sejelek jeleknya avanza innova capnya tetap toyota. orang sdh mengenal toyota = kualitas, tahan banting, mudah segala galanya.

ya bkn membela toyota atau indoktrinasi, tapi ini fakta lapangan... bhw di medsos boleh ramai orang bicarakan gimmick wuling, tp tetap yang dibeli ya toyota...

sialnya dua produk andalan wuling bersaing dengan dua product terlaris toyota...
2011 Toyota XU30 / 2016 XP170
2015 Honda RU5 / 2017 FK4 / 2018 RW1
2019 Mitsubishi NC1W

https://livingwithcars.wixsite.com/livingwithcars/blog
bangrosi
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 428
Joined: 20 Nov 2013, 12:53

Re: Data Penjualan Mobil - Part 03

Post by bangrosi »

Nissan livina tembus 6rb unit penjualan apakan ini efek diskon 50jt dan msh byk stock nik 2019.
Mantap kalo gini kan konsumen bisa nikmati diskon besar utk mobil yg baru 3thn keluar.
sealplayerz
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 199
Joined: 17 Aug 2016, 20:37

Re: Data Penjualan Mobil - Part 03

Post by sealplayerz »

bangrosi wrote: 21 Sep 2020, 19:38 Nissan livina tembus 6rb unit penjualan apakan ini efek diskon 50jt dan msh byk stock nik 2019.
Mantap kalo gini kan konsumen bisa nikmati diskon besar utk mobil yg baru 3thn keluar.
Biaasanya sih wholesale melonjak tajam malah berarti sisa stok di dealer hampir habis atau pabrikan maksa dealer nerima stok baru walopun stok di dealer masih cukup, yg biasanya berujung diskon gede2an.
ricz
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12117
Joined: 23 Jan 2013, 17:18
Location: Indonesia

Re: Data Penjualan Mobil - Part 03

Post by ricz »

ChZ wrote: 21 Sep 2020, 15:44

hari ini orang beli toyota tdk semata productnya, tp emang fakta bhw merk toyota punya kekuatan "gengsi" tersendiri. tamu penting lbh terhormat dijemput pakai innova reborn meski dibilang ladder frame tdk nyaman dll daripada cortez.
Kalo ini somehow sih gw setuju ya... that's why innova baru tetap laku :big_biglaugh:

Innova mau trim G sekalipun org awam pasti mikirnya "innova mobil nyaman dan punya gengsi" makanya jarang ada yg nolak kalo naik innova... Bahkan yg nubie tau kebanyakan tamu2 penting ato public figure kalo datang ke daerah request minimal mobil wajib Innova...

Imo, imej kijang yg dibangun 40an tahun lebih ga segampang itu bs dikalahkan ama merek yg baru masuk Indo 3 tahun sih... Butuh proses yg panjang bgt dan pengorbanan yg banyak :mky_01:
2011 Avanza 1.3 G MT
Jenson
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 122
Joined: 22 Aug 2014, 16:41

Re: Data Penjualan Mobil - Part 03

Post by Jenson »

Kayanya kalau wooleng mau survive, mereka musti rutin masukin line up baru jga biar makin rame. Terutama line up EV, kalo prlu masukin tu city car listrik murah 80jutaan. Belajar dar sejarah, tiap abis krisis econobox laku keras (eg Civic awal2 pas US crisis dan Karmun Kotak pas abis 98). Lebi mantep lagi kalo Wooleng bsa bikin lawan apanzah (bikin yg model baru jgn kaya confero model ambulan), kasi opsi listrik dan bikin charging station d dealer2 wooleng. Harusnya bsa jadi gebrakan tersendiri
Or4cle
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 761
Joined: 02 Nov 2016, 08:59

Re: Data Penjualan Mobil - Part 03

Post by Or4cle »

Terlepas dari gengsi (brand awareness) dan 3S, powertrain & drivetrain yang menjadi pertimbangan dlm memilih mobil.
Percuma kosmetik & fitur diperbanyak tapi powertrain & drivetrain kurang refined.

Dalam kasus wuling / DFSK / MG saya melihat kekurangan dari sisi tersebut berusaha ditutupi dengan kualitas outdoor / indoor dan fitur yang cukup bagus. Tapi, bagi petrohead mungkin hal-hal tsb bukan jadi pertimbangan utama dalam memilih mobil.
kendibocor
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 584
Joined: 10 Aug 2015, 20:13
Location: Jakarta

Re: Data Penjualan Mobil - Part 03

Post by kendibocor »

Jenson wrote: 22 Sep 2020, 01:53 Kayanya kalau wooleng mau survive, mereka musti rutin masukin line up baru jga biar makin rame. Terutama line up EV, kalo prlu masukin tu city car listrik murah 80jutaan. Belajar dar sejarah, tiap abis krisis econobox laku keras (eg Civic awal2 pas US crisis dan Karmun Kotak pas abis 98). Lebi mantep lagi kalo Wooleng bsa bikin lawan apanzah (bikin yg model baru jgn kaya confero model ambulan), kasi opsi listrik dan bikin charging station d dealer2 wooleng. Harusnya bsa jadi gebrakan tersendiri
Setuju soal EV. Mau tidak mau, suka tidak suka EV is the future. IMO drpd konsentrasi ngelawan head to head toyodai, mending ngegarap EV. Kasih pasar EV yg affordable (city car mereka yg cuman 60an juta bisa jadi pilihan pertama, kalo ini masuk harga dibawah 100jt saya yakin jadi kacang goreng sih) Bangun charging station (mulai dari mall trus ke rest area tol). Saya rasa kalo woleng mau jadi pionir EV, 10-20 thn lg mereka bisa jadi toyotanya EV. Sekarang toyota aja juga uda lebih gencar masukin line up hybridnya.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 10872
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Data Penjualan Mobil - Part 03

Post by ChZ »

ricz wrote: 22 Sep 2020, 00:47
Kalo ini somehow sih gw setuju ya... that's why innova baru tetap laku :big_biglaugh:

Innova mau trim G sekalipun org awam pasti mikirnya "innova mobil nyaman dan punya gengsi" makanya jarang ada yg nolak kalo naik innova... Bahkan yg nubie tau kebanyakan tamu2 penting ato public figure kalo datang ke daerah request minimal mobil wajib Innova...

Imo, imej kijang yg dibangun 40an tahun lebih ga segampang itu bs dikalahkan ama merek yg baru masuk Indo 3 tahun sih... Butuh proses yg panjang bgt dan pengorbanan yg banyak :mky_01:
nahh itu dia innova di indonesia ntu emang mobil buat segala kalangan. yg middle baru mau naik kelas belinya innova, yg uda tajir mlintir pun pakenya innova. innova hitam bahkan ud jadi semacam escort car ngga resmi buat tamu penting kenegaraan dan institusi. :mky_01:

+ buat pencitraan pejabat publik. :mky_03:
Or4cle wrote: 22 Sep 2020, 08:32 Terlepas dari gengsi (brand awareness) dan 3S, powertrain & drivetrain yang menjadi pertimbangan dlm memilih mobil.
Percuma kosmetik & fitur diperbanyak tapi powertrain & drivetrain kurang refined.

Dalam kasus wuling / DFSK / MG saya melihat kekurangan dari sisi tersebut berusaha ditutupi dengan kualitas outdoor / indoor dan fitur yang cukup bagus. Tapi, bagi petrohead mungkin hal-hal tsb bukan jadi pertimbangan utama dalam memilih mobil.
nahh ini tambah lg... yang melek merk beginian pastinya petrolheads... orang ngerti mobil.

masalahnya petrolheads pun mau beli jg males duluan disetir b aja cenderung ke kurang enak. stidaknya dulu ford dan gm masih punya amunisi disetir lbh enak drpd japs competitor...
2011 Toyota XU30 / 2016 XP170
2015 Honda RU5 / 2017 FK4 / 2018 RW1
2019 Mitsubishi NC1W

https://livingwithcars.wixsite.com/livingwithcars/blog
dsign1990
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1512
Joined: 28 May 2015, 07:12

Re: Data Penjualan Mobil - Part 03

Post by dsign1990 »

yang bikin jengkel merk cina itu disini baru launching di sono udah keluar model facelift seakan disini cuma dikasih barang cuci gudang
di cina sana merk lokal EV lagi gila2an eh yang rajin malah merk luar cina
teori sotoy ane kalau mau selamat wuling mini ev masukin sini dg harga bersahabat momennya lagi dapet
dan sekarang merk2 cina doyan banget sama turbo kayak di almaz, cortez dan glory entah bagus entah tidak sebenarnya krn kyk bumerang double combo brand image belum mapan dan teknologi kelewat canggih sekaligus di rentang konsumen mobil 200-300 jt yang kebanyakan masih favorit itung soal beli bensin maunya oktan rendah dan perawatan alakadarnya
casabalancas
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 576
Joined: 02 Oct 2017, 17:20
Location: Jakarta

Re: Data Penjualan Mobil - Part 03

Post by casabalancas »

kendibocor wrote: 22 Sep 2020, 08:51
Jenson wrote: 22 Sep 2020, 01:53 Kayanya kalau wooleng mau survive, mereka musti rutin masukin line up baru jga biar makin rame. Terutama line up EV, kalo prlu masukin tu city car listrik murah 80jutaan. Belajar dar sejarah, tiap abis krisis econobox laku keras (eg Civic awal2 pas US crisis dan Karmun Kotak pas abis 98). Lebi mantep lagi kalo Wooleng bsa bikin lawan apanzah (bikin yg model baru jgn kaya confero model ambulan), kasi opsi listrik dan bikin charging station d dealer2 wooleng. Harusnya bsa jadi gebrakan tersendiri
Setuju soal EV. Mau tidak mau, suka tidak suka EV is the future. IMO drpd konsentrasi ngelawan head to head toyodai, mending ngegarap EV. Kasih pasar EV yg affordable (city car mereka yg cuman 60an juta bisa jadi pilihan pertama, kalo ini masuk harga dibawah 100jt saya yakin jadi kacang goreng sih) Bangun charging station (mulai dari mall trus ke rest area tol). Saya rasa kalo woleng mau jadi pionir EV, 10-20 thn lg mereka bisa jadi toyotanya EV. Sekarang toyota aja juga uda lebih gencar masukin line up hybridnya.
Nahh setuju, apalagi konsumen juga jenuh, masa brand mobil yang konon katanya brand raksasa & market leader di Cina punya line up cuma 3 macem ? hahahaha

selain EV, wuling&DFSK juga harus berani jual mobil2 irit, orang kan kapok beli wuling&DFSK karena setelah dipakai ternyata sahabat pertamini, siapa yang rela beli mobil baru yang konon gembar gembornya canggih, berkualitas, plat body tebel, bla, bla, bla tapi kalau buat harian hobbynya isi bensin terus, kalau buat weekend car juga gak prestise, masa iya senin-jumat capek kerja bela2in naik motor biar ongkos bensin hemat, eeh weekendnya naiknya mobil cina, masuk ke parkiran mall & hotel juga dicuekin & diketusin sama security nya.

Saya pribadi sih kalau punya budget wang seharga wuling baru mending buat beli Eropaan 2nd, walaupun harus expense banyak di perawatan, setidaknya kalau CCnya sama bahan bakarnya lebih hemat tapi output powernya lebih besar, tapai kalau mau aman & spare part murah & cari dimana2 ada yaa udah beli toyodai atau suzuki aja, apalagi sekarang beli spare part di maketplace bisa terjamin orisinalitasnya dan sering promo
bangrosi
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 428
Joined: 20 Nov 2013, 12:53

Re: Data Penjualan Mobil - Part 03

Post by bangrosi »

sealplayerz wrote:
bangrosi wrote: 21 Sep 2020, 19:38 Nissan livina tembus 6rb unit penjualan apakan ini efek diskon 50jt dan msh byk stock nik 2019.
Mantap kalo gini kan konsumen bisa nikmati diskon besar utk mobil yg baru 3thn keluar.
Biaasanya sih wholesale melonjak tajam malah berarti sisa stok di dealer hampir habis atau pabrikan maksa dealer nerima stok baru walopun stok di dealer masih cukup, yg biasanya berujung diskon gede2an.
Perkiraan stock menumpuk di gudang pabrik dan nik 2019 mau gk mau di diskon besar, bentar lagi mau 2021.agak jarang konsumen ambil nik yg sdh 2thn sebelumnya di mobil2 umum.
sealplayerz
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 199
Joined: 17 Aug 2016, 20:37

Re: Data Penjualan Mobil - Part 03

Post by sealplayerz »

Berikut daftar 20 mobil terlaris September 2020 berdasarkan data penjualan wholesales (distribusi dari pabrik ke dealer) yang dicatat Gaikindo:

1. Honda Brio (Satya dan RS): 4.973 unit
2. Suzuki Carry: 4.191 unit
3. Daihatsu Gran Max (minibus dan pick-up): 4.072 unit
4. Toyota Rush: 3.313 unit
5. Daihatsu Sigra: 3.142 unit
6. Toyota Calya: 3.052 unit
7. Toyota Agya: 2.125 unit
8. Toyota Avanza: 1.988 unit
9. Daihatsu Ayla: 1.754 unit
10. Mitsubishi Xpander (termasuk Xpander Cross): 1.687 unit
11. Daihatsu Terios: 1.514 unit
12. Nissan Livina: 1.377 unit
13. Mitsubishi L300: 1.299 unit
14. Toyota Kijang Innova: 938 unit
15. Mitsubishi Pajero Sport: 825 unit
16. Isuzu Traga: 732 unit
17. Toyota Yaris: 573 unit
18. Suzuki XL7: 517 unit
19. Toyota Hilux (single cabin dan double cabin): 444 unit
20. Daihatsu Xenia: 396 unit.
https://oto.detik.com/mobil/d-5219547/d ... pa-pajak-0
FU27
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 739
Joined: 03 May 2017, 16:39
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Karimun Wagon R
Contact:

Re: Data Penjualan Mobil - Part 03

Post by FU27 »

Akhirnya Daihatsu bangkit. Kayanya mereka setting ulang paket penjualan Granmax via kredit buat ngelawan Carry
KielConstantine
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1054
Joined: 03 Jul 2013, 13:23
Location: Indonesia

Re: Data Penjualan Mobil - Part 03

Post by KielConstantine »

lamatlancah wrote: 21 Sep 2020, 12:27 ya bisa jadi, market wuling lebih ke menengah bawah, dan yg paling terkena imbas pandemic (cenderung konsumtif dan tidak punya savings).
Tajem benerr kalimat ini wkwkwkwk.... Mantapp

Punya duit tinggal hamburin buat barang/jasa emang gampang.

Yang susah tuh punya duit tapi tahan buat nge-spent.

Latihan penguasaan diri. :big_grin:
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
Venturtle
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1532
Joined: 25 Jan 2017, 16:12

Re: Data Penjualan Mobil - Part 03

Post by Venturtle »

ada data penjualan MG ZS dan MG HS ? :mky_01:
User avatar
smgandi
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1215
Joined: 28 Jul 2006, 07:14

Re: Data Penjualan Mobil - Part 03

Post by smgandi »

Vorsprung durch Technik
The Pursuit of Perfection
From Zero to Hero
Air Tenang Menghanyutkan
FR6
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 248
Joined: 26 Jul 2017, 16:52
Location: Jakarta
Daily Vehicle: LMPV

Re: Data Penjualan Mobil - Part 03

Post by FR6 »

casabalancas wrote: 22 Sep 2020, 10:37
kendibocor wrote: 22 Sep 2020, 08:51
Jenson wrote: 22 Sep 2020, 01:53 Kayanya kalau wooleng mau survive, mereka musti rutin masukin line up baru jga biar makin rame. Terutama line up EV, kalo prlu masukin tu city car listrik murah 80jutaan. Belajar dar sejarah, tiap abis krisis econobox laku keras (eg Civic awal2 pas US crisis dan Karmun Kotak pas abis 98). Lebi mantep lagi kalo Wooleng bsa bikin lawan apanzah (bikin yg model baru jgn kaya confero model ambulan), kasi opsi listrik dan bikin charging station d dealer2 wooleng. Harusnya bsa jadi gebrakan tersendiri
Setuju soal EV. Mau tidak mau, suka tidak suka EV is the future. IMO drpd konsentrasi ngelawan head to head toyodai, mending ngegarap EV. Kasih pasar EV yg affordable (city car mereka yg cuman 60an juta bisa jadi pilihan pertama, kalo ini masuk harga dibawah 100jt saya yakin jadi kacang goreng sih) Bangun charging station (mulai dari mall trus ke rest area tol). Saya rasa kalo woleng mau jadi pionir EV, 10-20 thn lg mereka bisa jadi toyotanya EV. Sekarang toyota aja juga uda lebih gencar masukin line up hybridnya.
Nahh setuju, apalagi konsumen juga jenuh, masa brand mobil yang konon katanya brand raksasa & market leader di Cina punya line up cuma 3 macem ? hahahaha

selain EV, wuling&DFSK juga harus berani jual mobil2 irit, orang kan kapok beli wuling&DFSK karena setelah dipakai ternyata sahabat pertamini, siapa yang rela beli mobil baru yang konon gembar gembornya canggih, berkualitas, plat body tebel, bla, bla, bla tapi kalau buat harian hobbynya isi bensin terus, kalau buat weekend car juga gak prestise, masa iya senin-jumat capek kerja bela2in naik motor biar ongkos bensin hemat, eeh weekendnya naiknya mobil cina, masuk ke parkiran mall & hotel juga dicuekin & diketusin sama security nya.

Saya pribadi sih kalau punya budget wang seharga wuling baru mending buat beli Eropaan 2nd, walaupun harus expense banyak di perawatan, setidaknya kalau CCnya sama bahan bakarnya lebih hemat tapi output powernya lebih besar, tapai kalau mau aman & spare part murah & cari dimana2 ada yaa udah beli toyodai atau suzuki aja, apalagi sekarang beli spare part di maketplace bisa terjamin orisinalitasnya dan sering promo
saya malah pengen ada EV kecil/micro 100jutaan, buat daily ke kantor..
harusnya produsen Mobcin nyasar EV, target pasar buat kota2 besar aja.. buat orang yg pengen nyaman (gak panas/gak keujanan) tapi operational cost rendah. toh tiap hari PP rumah kantor jarang bgt yang sampe 100 km.. range EV kan pada 200 km.

OOT, trend convert engine mobil dari ICE ke EV di indo kayanya blm banyak ya
casabalancas
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 576
Joined: 02 Oct 2017, 17:20
Location: Jakarta

Re: Data Penjualan Mobil - Part 03

Post by casabalancas »

FR6 wrote: 17 Nov 2020, 08:29
casabalancas wrote: 22 Sep 2020, 10:37
kendibocor wrote: 22 Sep 2020, 08:51

Setuju soal EV. Mau tidak mau, suka tidak suka EV is the future. IMO drpd konsentrasi ngelawan head to head toyodai, mending ngegarap EV. Kasih pasar EV yg affordable (city car mereka yg cuman 60an juta bisa jadi pilihan pertama, kalo ini masuk harga dibawah 100jt saya yakin jadi kacang goreng sih) Bangun charging station (mulai dari mall trus ke rest area tol). Saya rasa kalo woleng mau jadi pionir EV, 10-20 thn lg mereka bisa jadi toyotanya EV. Sekarang toyota aja juga uda lebih gencar masukin line up hybridnya.
Nahh setuju, apalagi konsumen juga jenuh, masa brand mobil yang konon katanya brand raksasa & market leader di Cina punya line up cuma 3 macem ? hahahaha

selain EV, wuling&DFSK juga harus berani jual mobil2 irit, orang kan kapok beli wuling&DFSK karena setelah dipakai ternyata sahabat pertamini, siapa yang rela beli mobil baru yang konon gembar gembornya canggih, berkualitas, plat body tebel, bla, bla, bla tapi kalau buat harian hobbynya isi bensin terus, kalau buat weekend car juga gak prestise, masa iya senin-jumat capek kerja bela2in naik motor biar ongkos bensin hemat, eeh weekendnya naiknya mobil cina, masuk ke parkiran mall & hotel juga dicuekin & diketusin sama security nya.

Saya pribadi sih kalau punya budget wang seharga wuling baru mending buat beli Eropaan 2nd, walaupun harus expense banyak di perawatan, setidaknya kalau CCnya sama bahan bakarnya lebih hemat tapi output powernya lebih besar, tapai kalau mau aman & spare part murah & cari dimana2 ada yaa udah beli toyodai atau suzuki aja, apalagi sekarang beli spare part di maketplace bisa terjamin orisinalitasnya dan sering promo
saya malah pengen ada EV kecil/micro 100jutaan, buat daily ke kantor..
harusnya produsen Mobcin nyasar EV, target pasar buat kota2 besar aja.. buat orang yg pengen nyaman (gak panas/gak keujanan) tapi operational cost rendah. toh tiap hari PP rumah kantor jarang bgt yang sampe 100 km.. range EV kan pada 200 km.

OOT, trend convert engine mobil dari ICE ke EV di indo kayanya blm banyak ya
Kita tunggu 2021 aja Om, rumornya dengan aturan perpajakan yang baru banyak mobil EV yg mau masuk

Iya, waktu itu wooleng udah sempet pamerin micro car ev-nya, siapa tau dengan aturan pajak yang baru micro carnya jadi dijual Om

Kyknya belum familiar Om di Indonesia convert mesin ICE ke EV, yang saya tau sering ikutan event citroen mehari yang convert ke EV, itupun biayanya juga tidak sedikit, lebih dari 300-400 juta. CMIIW.
marama
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 907
Joined: 04 Feb 2010, 15:44

Re: Data Penjualan Mobil - Part 03

Post by marama »

ginting wrote: 21 Sep 2020, 11:42 Maaf, sedikit melenceng..

Khusus untuk Wuling, di awal awal sepertinya dulu cukup "promising" - tapi kok sekarang sepertinya hype / euforianya hilang ya ?? apa saya yang kurang update ??

Apakah bisa disimpulkan bahwa para segmen pembeli Wuling itu sedang kena impact pandemic ini ?

jujurly, saya sangat berharap Wuling dan DFSK itu bisa survive, simply to keep the good competition atmosphere.
Faktanya berat om, saya kan kecil2an dagang mobil, sdh 4x ditawari wuling harganya buat saya sih menggiurkan banget ya (jgn dilihat hrg OLX), ini juga saya g berani ambil.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 10872
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Data Penjualan Mobil - Part 03

Post by ChZ »

marama wrote: 17 Nov 2020, 10:59
ginting wrote: 21 Sep 2020, 11:42 Maaf, sedikit melenceng..

Khusus untuk Wuling, di awal awal sepertinya dulu cukup "promising" - tapi kok sekarang sepertinya hype / euforianya hilang ya ?? apa saya yang kurang update ??

Apakah bisa disimpulkan bahwa para segmen pembeli Wuling itu sedang kena impact pandemic ini ?

jujurly, saya sangat berharap Wuling dan DFSK itu bisa survive, simply to keep the good competition atmosphere.
Faktanya berat om, saya kan kecil2an dagang mobil, sdh 4x ditawari wuling harganya buat saya sih menggiurkan banget ya (jgn dilihat hrg OLX), ini juga saya g berani ambil.
guling alamak 2019 skrg harganya 200 an kecil udah dpt.... OLX banyakan buka 25x realitanya lapangan kmrn papa saya ditawarin 21x aja...

setahun ilang 100-150 juta an.

benar prediksi saya kalau mobcin ini bakalnya berakhir jadi mobil yang sulit dijual kembali karena barunya terlalu murah orang mau beli 2nd nya juga akhirnya ngapain gitu kalau hanya selisih dikit dengan baru. ya terjadilah resale value hancur parah krn no demand...

tapi ya sudah, khan beli mobil buat dinikmati toh? :big_weee:
2011 Toyota XU30 / 2016 XP170
2015 Honda RU5 / 2017 FK4 / 2018 RW1
2019 Mitsubishi NC1W

https://livingwithcars.wixsite.com/livingwithcars/blog
FU27
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 739
Joined: 03 May 2017, 16:39
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Karimun Wagon R
Contact:

Re: Data Penjualan Mobil - Part 03

Post by FU27 »

ChZ wrote: 17 Nov 2020, 11:26
marama wrote: 17 Nov 2020, 10:59
ginting wrote: 21 Sep 2020, 11:42 Maaf, sedikit melenceng..

Khusus untuk Wuling, di awal awal sepertinya dulu cukup "promising" - tapi kok sekarang sepertinya hype / euforianya hilang ya ?? apa saya yang kurang update ??

Apakah bisa disimpulkan bahwa para segmen pembeli Wuling itu sedang kena impact pandemic ini ?

jujurly, saya sangat berharap Wuling dan DFSK itu bisa survive, simply to keep the good competition atmosphere.
Faktanya berat om, saya kan kecil2an dagang mobil, sdh 4x ditawari wuling harganya buat saya sih menggiurkan banget ya (jgn dilihat hrg OLX), ini juga saya g berani ambil.
guling alamak 2019 skrg harganya 200 an kecil udah dpt.... OLX banyakan buka 25x realitanya lapangan kmrn papa saya ditawarin 21x aja...

setahun ilang 100-150 juta an.

benar prediksi saya kalau mobcin ini bakalnya berakhir jadi mobil yang sulit dijual kembali karena barunya terlalu murah orang mau beli 2nd nya juga akhirnya ngapain gitu kalau hanya selisih dikit dengan baru. ya terjadilah resale value hancur parah krn no demand...

tapi ya sudah, khan beli mobil buat dinikmati toh? :big_weee:
Apesnya kalau ternyata mobilnya gak nikmat 🤣🤣🤣
Post Reply