Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: F 272, b8099ok, ginting, FRD, artoodetoo, y_anjasrana

Post Reply
User avatar
kemuningauto
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 469
Joined: 23 Jun 2019, 14:18
Location: Harapan Indah Bekasi
Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014
Contact:

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by kemuningauto »

fajarrian wrote:
kemuningauto wrote: 29 Oct 2021, 11:47
Peter10 wrote:selamat siang om, mo tanya?
klo umur dryer ac brapa lama ya?
terakhir service ac sebulan yang lalu, bersihin evap ma flasing oli tp dryer g di ganti.
di L15Z 2014
makasih
30.000 KM boleh buat penggantian dryer.

om mau nanya dong, kalo mobil lagi diem di lampu merah ato lagi parkir ac ga dingin, tapi kalo mobil jalan ac dingin

itu tanda2 kompresor udah lemah kah?
bisa. dicek dulu performa motor fan nya dan kapasitas freonnya. soalnya kalo fan lemah juga bisa gitu, klo freon kurang juga bisa seperti itu tapi biasanya disertai suara2 mendesis dari grill2 ac nya.
IG: @kemuningauto
WEB: www.kemuningauto.id
fajarrian
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 331
Joined: 23 Dec 2020, 03:35
Location: Palembang-Bekasi
Daily Vehicle: xpander cross - suzuki splash

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by fajarrian »

kemuningauto wrote: 29 Oct 2021, 18:27
fajarrian wrote:
kemuningauto wrote: 29 Oct 2021, 11:47 30.000 KM boleh buat penggantian dryer.

om mau nanya dong, kalo mobil lagi diem di lampu merah ato lagi parkir ac ga dingin, tapi kalo mobil jalan ac dingin

itu tanda2 kompresor udah lemah kah?
bisa. dicek dulu performa motor fan nya dan kapasitas freonnya. soalnya kalo fan lemah juga bisa gitu, klo freon kurang juga bisa seperti itu tapi biasanya disertai suara2 mendesis dari grill2 ac nya.
wah kayanya freon juga nih, soalnya mendesis dari kisi2 ac.

makasi banyak om, bulan depan pas banget balik bekasi nanti sekalian mampir
User avatar
kemuningauto
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 469
Joined: 23 Jun 2019, 14:18
Location: Harapan Indah Bekasi
Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014
Contact:

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by kemuningauto »

fajarrian wrote:
kemuningauto wrote: 29 Oct 2021, 18:27
fajarrian wrote:
om mau nanya dong, kalo mobil lagi diem di lampu merah ato lagi parkir ac ga dingin, tapi kalo mobil jalan ac dingin

itu tanda2 kompresor udah lemah kah?
bisa. dicek dulu performa motor fan nya dan kapasitas freonnya. soalnya kalo fan lemah juga bisa gitu, klo freon kurang juga bisa seperti itu tapi biasanya disertai suara2 mendesis dari grill2 ac nya.
wah kayanya freon juga nih, soalnya mendesis dari kisi2 ac.

makasi banyak om, bulan depan pas banget balik bekasi nanti sekalian mampir
berarti ada bocor. tinggal dicek bocornya di mana.
IG: @kemuningauto
WEB: www.kemuningauto.id
User avatar
azu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 577
Joined: 20 Jun 2012, 01:00
Location: Bandung
Daily Vehicle: 2007 Toyota NCP93R-BEMGKD

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by azu »

om mau nanya, mobil saya Vios 2007 ini pernah lewat banjir dan pas lewat banjir dengan ketinggian air kira2 setengah ban lebih dan saat itu saya lupa ga matiin AC sehingga lampu indikator Aki menyala, begitu AC saya matikan lampu indikator aki langsung mati.

Setelah kejadian lewat banjir itu, setiap lewat genangan yang tinggi diatas mata kaki dengan kondisi AC nyala lampu indikator akinya selalu menyala dan ketika AC dimatikan langsung lampu indikatornya mati. Sebelum kejadian lewat banjir itu, meskipun lewat genangan agak tinggi dengan AC menyala tidak pernah menyala lampu indikator akinya.

Saya sih curiganya ini dari magnetic clutch AC, karena kalau alternator posisinya cukup tinggi sedangkan kompresor AC letaknya di bawah. kira2 ada yg bisa dilakukan biar kalau lewat genangan si lampu indikator aki itu ga nyala? kalau lihat socket ke magnetic clutch sih masih bagus ya, tapi saya belum cek buka soketnya, dan untuk kabel negatifnya juga langsung dibaut ke ground mesin bukan pakai socket. atau magnetic clutchnya harus diganti? kondisinya sih saat ini masih bagus ya, dan tidak ada bunyi2 juga dari sekitar kompresor.
User avatar
kemuningauto
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 469
Joined: 23 Jun 2019, 14:18
Location: Harapan Indah Bekasi
Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014
Contact:

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by kemuningauto »


azu wrote:om mau nanya, mobil saya Vios 2007 ini pernah lewat banjir dan pas lewat banjir dengan ketinggian air kira2 setengah ban lebih dan saat itu saya lupa ga matiin AC sehingga lampu indikator Aki menyala, begitu AC saya matikan lampu indikator aki langsung mati.

Setelah kejadian lewat banjir itu, setiap lewat genangan yang tinggi diatas mata kaki dengan kondisi AC nyala lampu indikator akinya selalu menyala dan ketika AC dimatikan langsung lampu indikatornya mati. Sebelum kejadian lewat banjir itu, meskipun lewat genangan agak tinggi dengan AC menyala tidak pernah menyala lampu indikator akinya.

Saya sih curiganya ini dari magnetic clutch AC, karena kalau alternator posisinya cukup tinggi sedangkan kompresor AC letaknya di bawah. kira2 ada yg bisa dilakukan biar kalau lewat genangan si lampu indikator aki itu ga nyala? kalau lihat socket ke magnetic clutch sih masih bagus ya, tapi saya belum cek buka soketnya, dan untuk kabel negatifnya juga langsung dibaut ke ground mesin bukan pakai socket. atau magnetic clutchnya harus diganti? kondisinya sih saat ini masih bagus ya, dan tidak ada bunyi2 juga dari sekitar kompresor.
kalo lampu aki nyala bukan dari magnet clutch. coba dicek alternatornya bisa aja ngga mengisi kalo harus nyalain AC atau perkabelan2nya mungkin ada yg digigit tikus
IG: @kemuningauto
WEB: www.kemuningauto.id
Junoz
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 36
Joined: 17 Mar 2020, 17:34

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by Junoz »

Om Kemuning ijin tanya..
Mobil dengan heater apakah kalau menyalakan AC suhunya lebih baik di yg paling dingin? Karena akan membuat kompresor lebih awet? ( Info dr teknisi 2 bgkel AC yg berbeda ). Atau yg lebih baek gimana om..
Trims sebelumnya Om Kemuning..
User avatar
kemuningauto
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 469
Joined: 23 Jun 2019, 14:18
Location: Harapan Indah Bekasi
Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014
Contact:

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by kemuningauto »

Junoz wrote:Om Kemuning ijin tanya..
Mobil dengan heater apakah kalau menyalakan AC suhunya lebih baik di yg paling dingin? Karena akan membuat kompresor lebih awet? ( Info dr teknisi 2 bgkel AC yg berbeda ). Atau yg lebih baek gimana om..
Trims sebelumnya Om Kemuning..
Kalo yg masih make Magnet Clutch dan ada sistem cut off lebih baik begitu. Karena kalo kita ngga set ke yg paling dingin, itu separator heater terbuka dan membantu menghangatkan udara yg keluar. Alhasil kedinginan di Evaporator jadi agak kurang karena terkena udara dari heater, kalo kurang otomatis lebih lama cut off Compressor.

Tapi kalo Compressornya ngga ada cut off atau pake sensor CBV atau ECV buat kinerjanya ya ga masalah sih.
IG: @kemuningauto
WEB: www.kemuningauto.id
wicaksono99
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 42
Joined: 09 Apr 2020, 12:09
Location: bekasi
Daily Vehicle: Suzuki New Ertiga Suzuki Sport AT

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by wicaksono99 »

kemuningauto wrote: 20 Nov 2021, 17:34
Junoz wrote:Om Kemuning ijin tanya..
Mobil dengan heater apakah kalau menyalakan AC suhunya lebih baik di yg paling dingin? Karena akan membuat kompresor lebih awet? ( Info dr teknisi 2 bgkel AC yg berbeda ). Atau yg lebih baek gimana om..
Trims sebelumnya Om Kemuning..
Kalo yg masih make Magnet Clutch dan ada sistem cut off lebih baik begitu. Karena kalo kita ngga set ke yg paling dingin, itu separator heater terbuka dan membantu menghangatkan udara yg keluar. Alhasil kedinginan di Evaporator jadi agak kurang karena terkena udara dari heater, kalo kurang otomatis lebih lama cut off Compressor.

Tapi kalo Compressornya ngga ada cut off atau pake sensor CBV atau ECV buat kinerjanya ya ga masalah sih.
New ertiga kan ada heaternya berarti set ke yg paling dingin kah biar kompresor awet? Tapi saya gak bisa dingin2 juga orangnya.. Set 24-25 aja udh kedinginan, ac juga sudah auto climate.
Apa lebih sering pergantian oli kompresor, freon & filter dryer aja kalo sering diset suhu kisaran 23-25 gitu biar lebih awet?
User avatar
kemuningauto
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 469
Joined: 23 Jun 2019, 14:18
Location: Harapan Indah Bekasi
Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014
Contact:

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by kemuningauto »

wicaksono99 wrote:
kemuningauto wrote: 20 Nov 2021, 17:34
Junoz wrote:Om Kemuning ijin tanya..
Mobil dengan heater apakah kalau menyalakan AC suhunya lebih baik di yg paling dingin? Karena akan membuat kompresor lebih awet? ( Info dr teknisi 2 bgkel AC yg berbeda ). Atau yg lebih baek gimana om..
Trims sebelumnya Om Kemuning..
Kalo yg masih make Magnet Clutch dan ada sistem cut off lebih baik begitu. Karena kalo kita ngga set ke yg paling dingin, itu separator heater terbuka dan membantu menghangatkan udara yg keluar. Alhasil kedinginan di Evaporator jadi agak kurang karena terkena udara dari heater, kalo kurang otomatis lebih lama cut off Compressor.

Tapi kalo Compressornya ngga ada cut off atau pake sensor CBV atau ECV buat kinerjanya ya ga masalah sih.
New ertiga kan ada heaternya berarti set ke yg paling dingin kah biar kompresor awet? Tapi saya gak bisa dingin2 juga orangnya.. Set 24-25 aja udh kedinginan, ac juga sudah auto climate.
Apa lebih sering pergantian oli kompresor, freon & filter dryer aja kalo sering diset suhu kisaran 23-25 gitu biar lebih awet?
Kalo di 18-24 blm kebuka heater. Pas di 25 baru mulai kebuka dikit. Saran sih main di 20-24 aman
IG: @kemuningauto
WEB: www.kemuningauto.id
blloewy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1358
Joined: 18 Nov 2019, 08:54
Location: Jakarta
Daily Vehicle: HR15 - 2012

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by blloewy »

kemuningauto wrote: 20 Nov 2021, 17:34
Junoz wrote:Om Kemuning ijin tanya..
Mobil dengan heater apakah kalau menyalakan AC suhunya lebih baik di yg paling dingin? Karena akan membuat kompresor lebih awet? ( Info dr teknisi 2 bgkel AC yg berbeda ). Atau yg lebih baek gimana om..
Trims sebelumnya Om Kemuning..
Kalo yg masih make Magnet Clutch dan ada sistem cut off lebih baik begitu. Karena kalo kita ngga set ke yg paling dingin, itu separator heater terbuka dan membantu menghangatkan udara yg keluar. Alhasil kedinginan di Evaporator jadi agak kurang karena terkena udara dari heater, kalo kurang otomatis lebih lama cut off Compressor.

Tapi kalo Compressornya ngga ada cut off atau pake sensor CBV atau ECV buat kinerjanya ya ga masalah sih.
Kl model livina berarti diset di kanan mentok atau 1 strip sebelum mentok om?
Krn livina khan pake MC dan sistem cut off juga plus ac nya jadul msh kenop kompor jd ngga ada pengsturan suhunya berapa pas nya.
Sebagian tukang ac bilang diset di 1 strip sebelum mentok aja, sama sisanya mainkan blower fan di speed 1 atau 2 sdh cukup. Benarkah begitu om spy awet?
nubie in all things - still need to learn
User avatar
kemuningauto
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 469
Joined: 23 Jun 2019, 14:18
Location: Harapan Indah Bekasi
Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014
Contact:

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by kemuningauto »

blloewy wrote:
kemuningauto wrote: 20 Nov 2021, 17:34
Junoz wrote:Om Kemuning ijin tanya..
Mobil dengan heater apakah kalau menyalakan AC suhunya lebih baik di yg paling dingin? Karena akan membuat kompresor lebih awet? ( Info dr teknisi 2 bgkel AC yg berbeda ). Atau yg lebih baek gimana om..
Trims sebelumnya Om Kemuning..
Kalo yg masih make Magnet Clutch dan ada sistem cut off lebih baik begitu. Karena kalo kita ngga set ke yg paling dingin, itu separator heater terbuka dan membantu menghangatkan udara yg keluar. Alhasil kedinginan di Evaporator jadi agak kurang karena terkena udara dari heater, kalo kurang otomatis lebih lama cut off Compressor.

Tapi kalo Compressornya ngga ada cut off atau pake sensor CBV atau ECV buat kinerjanya ya ga masalah sih.
Kl model livina berarti diset di kanan mentok atau 1 strip sebelum mentok om?
Krn livina khan pake MC dan sistem cut off juga plus ac nya jadul msh kenop kompor jd ngga ada pengsturan suhunya berapa pas nya.
Sebagian tukang ac bilang diset di 1 strip sebelum mentok aja, sama sisanya mainkan blower fan di speed 1 atau 2 sdh cukup. Benarkah begitu om spy awet?
3 strip sblm mentok jg masih dingin bgt itu Livina kalo normal om.
IG: @kemuningauto
WEB: www.kemuningauto.id
yogaecho
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 16
Joined: 29 Mar 2021, 21:54
Location: Sidoarjo
Daily Vehicle: Grand livina matic 1_5 ultimate 2012

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by yogaecho »

Permisi om mau nanya..

Klo kaca mobil berembun pas lagi ngendarain mobil pas hujan, apa ada problem di AC juga ya? Suhu selalu di set paling rendah, tapi power nya di set kecil aja karena AC nya udh dingin bgt
Baru sebulan yang lalu service dan bersihin AC, isi freon dan ganti filter AC nya

Mohon pencerahannya oms, makasih
Post Reply