Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

User avatar
coklatMetalik
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2030
Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
Daily Vehicle: LGX

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by coklatMetalik »

Om2 momod apa gk digabung ke thread lain aja nih....
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
User avatar
kemuningauto
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 522
Joined: Sun Jun 23, 2019 7:18
Location: Harapan Indah Bekasi
Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by kemuningauto »

bsetiawan wrote:
kemuningauto wrote: Sat Jun 29, 2019 1:27 Pertama, bebas orang mau pake signature apa, info apa di website dll. Selama ngga ada indikasi promosi, fine2 aja.
Gak usah baper! Emangnya siapa yg melarang anda untuk memasang nama usaha di signauture? Saya tidak melarang dan member di sini jg tdk ada yg melarang.
kemuningauto wrote: Sat Jun 29, 2019 1:27 Kecuali ada indikasi promosi di setiap reply saya. Baru anda bisa ngomong promosi.
Apapun yg dipasang di signature akan muncul di setiap post/reply. Member di sini jg cukup pintar/jeli untuk bisa melihat indirect marketing. Join forum ini pada 23 Juni 2019. Sudah ada trit ttg AC tpi sengaja memulai trit baru supaya postingan berada di posisi pling atas, user ID dan signature mencantumkan nama usaha, apakah saya salah klo blg trit ini untuk indirect marketing? Klo anda merasa difitnah, laporkan saja ke pihak yg berwewenang.
Salah. Saya ngga berminat promosi, cuma mau membantu memperjelas orang2 yg ada problem AC mobilnya biar ngga disalah gunakan bengkel bandel.
IG: @kemuningauto
WEB: www.kemuningauto.id
User avatar
kemuningauto
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 522
Joined: Sun Jun 23, 2019 7:18
Location: Harapan Indah Bekasi
Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by kemuningauto »

Vicvic wrote:Sah2 saja meskipun promosi sebelum servis bisa tanya2 dulu disini. Ambil positifnya aja
Betul, itu juga tujuan saya om. Buat bantu yang ada problem AC mobilnya. Seengganya ada gambaran problemnya kenapa.
IG: @kemuningauto
WEB: www.kemuningauto.id
bsetiawan
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 251
Joined: Mon Aug 01, 2016 15:44

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by bsetiawan »

kemuningauto wrote: Sat Jun 29, 2019 14:47
bsetiawan wrote:
kemuningauto wrote: Sat Jun 29, 2019 1:27 Pertama, bebas orang mau pake signature apa, info apa di website dll. Selama ngga ada indikasi promosi, fine2 aja.
Gak usah baper! Emangnya siapa yg melarang anda untuk memasang nama usaha di signauture? Saya tidak melarang dan member di sini jg tdk ada yg melarang.
kemuningauto wrote: Sat Jun 29, 2019 1:27 Kecuali ada indikasi promosi di setiap reply saya. Baru anda bisa ngomong promosi.
Apapun yg dipasang di signature akan muncul di setiap post/reply. Member di sini jg cukup pintar/jeli untuk bisa melihat indirect marketing. Join forum ini pada 23 Juni 2019. Sudah ada trit ttg AC tpi sengaja memulai trit baru supaya postingan berada di posisi pling atas, user ID dan signature mencantumkan nama usaha, apakah saya salah klo blg trit ini untuk indirect marketing? Klo anda merasa difitnah, laporkan saja ke pihak yg berwewenang.
Salah. Saya ngga berminat promosi, cuma mau membantu memperjelas orang2 yg ada problem AC mobilnya biar ngga disalah gunakan bengkel bandel.
sambil menyelam minum air
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10950
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by marmut »

bsetiawan wrote: Sun Jun 30, 2019 1:41
kemuningauto wrote: Sat Jun 29, 2019 14:47
bsetiawan wrote:
Gak usah baper! Emangnya siapa yg melarang anda untuk memasang nama usaha di signauture? Saya tidak melarang dan member di sini jg tdk ada yg melarang.



Apapun yg dipasang di signature akan muncul di setiap post/reply. Member di sini jg cukup pintar/jeli untuk bisa melihat indirect marketing. Join forum ini pada 23 Juni 2019. Sudah ada trit ttg AC tpi sengaja memulai trit baru supaya postingan berada di posisi pling atas, user ID dan signature mencantumkan nama usaha, apakah saya salah klo blg trit ini untuk indirect marketing? Klo anda merasa difitnah, laporkan saja ke pihak yg berwewenang.
Salah. Saya ngga berminat promosi, cuma mau membantu memperjelas orang2 yg ada problem AC mobilnya biar ngga disalah gunakan bengkel bandel.
sambil menyelam minum air


mumpung masih pagi enaknya minum kopi om.... disambi 1-2 batang cerutu.

:big_smoking:
vipere
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1063
Joined: Mon Feb 17, 2014 8:41

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by vipere »

tapi kayaknya ada juga ya mobilnya 10 tahun ac gak pernah service, tapi baik2 aja, begitu di service malah rusak ini itu.
Wistuwis
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 340
Joined: Mon Mar 06, 2017 10:39
Daily Vehicle: terios

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by Wistuwis »

vipere wrote: Sun Jun 30, 2019 9:37 tapi kayaknya ada juga ya mobilnya 10 tahun ac gak pernah service, tapi baik2 aja, begitu di service malah rusak ini itu.
Memang bagusnya diservice rutin om. Jiwa tenang hati riang :)
yaseinotulip
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 315
Joined: Wed May 23, 2012 16:18

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by yaseinotulip »

Malah ribut promosi atau ngga..
Cukup membantu identifikasi awal klo ada masalah AC kan bagus... Bagi yg ga biasa ngadepin org bengkel emg lebih enak tanya di forum gini..

Mnrt sy si ga masalah ya... Malah utg ada yg bantu jawab.. drpd dijawab dtg aja ke bengkel dl di cek..

Lg pula signature nya gada tulisannya service ac..

Hanya pendapat aja ya..

Anyway.. barusan istri suruh sopir nya service AC, ngehe jg tu bengkel padal gw udah tau mslh di kompresor yg udah rusak karena ada bunyi nya.. malah kondesornya dibilang perlu ganti jg.. dan mslhnya istri ga tanya gw asal iya aja.. rugi dah.. :big_slap:
zzzprince
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 435
Joined: Sun Dec 04, 2016 18:38

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by zzzprince »

Mumpung bahas ac, saya mau tanya nih

1. Tekanan normal hi lo refrigerant r134 seluruh mobil sama, atau tiap mobil/tipe kompresor ada spesifikasi khusus
2. Kapasitas oli kompresor diukur menggunakan tolak ukur bagaimana pada saat flushing, semisal nih spek dari pabrikan 50cc, di flushing dan kebaca alat ternyata cuma keluar 30. Di injeksi oli 30cc atau 50cc.
3. Ac ngembun di kisi2 hal yang baik atau sebaliknya?
4. Terakhir, ketika di sight glass oli kompresor agak berbusa, menandakan freon kurang, kondisi oli sudah kurang baik atau gmn.

Thank you
User avatar
kemuningauto
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 522
Joined: Sun Jun 23, 2019 7:18
Location: Harapan Indah Bekasi
Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by kemuningauto »

yaseinotulip wrote:Malah ribut promosi atau ngga..
Cukup membantu identifikasi awal klo ada masalah AC kan bagus... Bagi yg ga biasa ngadepin org bengkel emg lebih enak tanya di forum gini..

Mnrt sy si ga masalah ya... Malah utg ada yg bantu jawab.. drpd dijawab dtg aja ke bengkel dl di cek..

Lg pula signature nya gada tulisannya service ac..

Hanya pendapat aja ya..

Anyway.. barusan istri suruh sopir nya service AC, ngehe jg tu bengkel padal gw udah tau mslh di kompresor yg udah rusak karena ada bunyi nya.. malah kondesornya dibilang perlu ganti jg.. dan mslhnya istri ga tanya gw asal iya aja.. rugi dah.. :big_slap:
It depends actually. Misal problemnya Compressor bunyi, ngorok, dan kasar. Berarti problem di Compressor. Ngorok kemungkinan besar udah ada komponen seperti klep, piston yg patah dan terjadi gesekan. Kalo oli kompresor udah hitam, which means udah terkontaminasi. Nah di mobil2 sekarang Condenser udah tipe Multiflow beda sama Condenser mobil2 tahun 90an yang masih Corrugated, yang artinya ngga bisa diflushing total dari gram2 yang udah beredar bebas di distem AC karena ngoroknya Compressor (ditandai oleh gram dan juga hitamnya kadar oli Compressor). Walaupun dengan mesin TEXA, LAX sekalipun ngga menjamin bs flushing Condenser yg udah terkontaminasi.

Kalo udah kaya gini, wajib diganti Compressor dan Condenser. Karena resiko gram yg tertinggal nantinya akan balik ke Compressor (siklus sistem AC) dan Compressor akan jebol lagi dalam waktu yg sangat cepat. Bahkan kalo Expansion Valvenya tersumbat juga harus diganti.
IG: @kemuningauto
WEB: www.kemuningauto.id
User avatar
kemuningauto
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 522
Joined: Sun Jun 23, 2019 7:18
Location: Harapan Indah Bekasi
Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by kemuningauto »


zzzprince wrote:Mumpung bahas ac, saya mau tanya nih

1. Tekanan normal hi lo refrigerant r134 seluruh mobil sama, atau tiap mobil/tipe kompresor ada spesifikasi khusus
2. Kapasitas oli kompresor diukur menggunakan tolak ukur bagaimana pada saat flushing, semisal nih spek dari pabrikan 50cc, di flushing dan kebaca alat ternyata cuma keluar 30. Di injeksi oli 30cc atau 50cc.
3. Ac ngembun di kisi2 hal yang baik atau sebaliknya?
4. Terakhir, ketika di sight glass oli kompresor agak berbusa, menandakan freon kurang, kondisi oli sudah kurang baik atau gmn.

Thank you
1. Sama
2. Kapasitas Oli Compressor berdasarkan jenis Compressor. Contoh Avanza <2010 berkapasitas 110ml. Diflushing total menggunakan mesin dapetnya 80ml, inject olinya 110ml. Karena 30ml bisa karena menguap, bocor, dll tergantung recordnya seperti pernah ada bocor, penggantian parts dll.
4. Sight Glass tidak 100% akurat, harus diimbangkan dengan tekanan di Manifold Gauge. Kalo ada penyumbatan di Receiver Dryer / Silica Dryer bisa menyebabkan Sight Glass berbusa padahal tekanan sudah sesuai. Dengan keadaan semua sistem AC normal, seharusnya ada sedikit busa, ngga boleh bening banget kecuali saat digas RPM 2.000.
IG: @kemuningauto
WEB: www.kemuningauto.id
User avatar
Greggat
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 41
Joined: Sat Jan 20, 2018 11:46
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Nissan_c24

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by Greggat »

Tanya dong om sementara nunggu waktu ke bengkel AC.
Saya pake Nissan C24 2012. Kalo idle/brenti krn jalanan macet magnetic clutch nya suka macet (gak mau cetak cetek) alhasil cm angin biasa aja yg keluar dari blowernya. Biasanya dimatiin kurang dari semenit trus dinyalain lagi udah normal lagi, tapi gak lama lagi kalo msh idle/macet ya terulang lagi. Tapi kalo jalanan lancar, biar sampe ber jam jam jg AC nya normal.
Kondisi ini baru kira2 sebulanan ini dan kejadiannya hanya siang dan setelah jalan kurangblebih 20-30 menit. Kalau malam, sekalipun berjam-jam AC dipanteng (sembari istirahat di rest area), AC nya normal aja, magnetic clutch nya tetep teatk cetek dan anginnya tetep dingin.
Kira apakah penyebabnya ya?
User avatar
kemuningauto
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 522
Joined: Sun Jun 23, 2019 7:18
Location: Harapan Indah Bekasi
Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by kemuningauto »

Greggat wrote:Tanya dong om sementara nunggu waktu ke bengkel AC.
Saya pake Nissan C24 2012. Kalo idle/brenti krn jalanan macet magnetic clutch nya suka macet (gak mau cetak cetek) alhasil cm angin biasa aja yg keluar dari blowernya. Biasanya dimatiin kurang dari semenit trus dinyalain lagi udah normal lagi, tapi gak lama lagi kalo msh idle/macet ya terulang lagi. Tapi kalo jalanan lancar, biar sampe ber jam jam jg AC nya normal.
Kondisi ini baru kira2 sebulanan ini dan kejadiannya hanya siang dan setelah jalan kurangblebih 20-30 menit. Kalau malam, sekalipun berjam-jam AC dipanteng (sembari istirahat di rest area), AC nya normal aja, magnetic clutch nya tetep teatk cetek dan anginnya tetep dingin.
Kira apakah penyebabnya ya?
Ada beberapa kemungkinan, pastinya cuma bisa didapati setelah pengecekan melalui Manifold Gauge dan pengecekan kelistrikan.

1. Lemahnya Magnet Clutch, harus diganti. (Tidak ada yg asli buat Serena, kecuali segelondong / Assy dengan Compressor. Its Okay selama sistem AC normal, Magnet Clutch cuma untuk engaging Compressor dan mostly merk2 Pokka, NIS, Valeo cukup bagus dibanding harga Compressy Assy.)
Jika benar Magnet Clutch masalahnya, kenapa cuma pas macet aja datengnya tapi pas jalan lancar dia normal, atau pas malem normal? Karena pas macet, temperatur ruangan mesin lebih panas dan mempengaruhi Magnet Clutch yang udah retak dan lemah spullnya.

2. Kebocoran pada sistem AC cuma belum sampai habis freonnya. Karenanya terkadang masih enganging si Magnet Clutchnya dan terkadang tidak.

Serena biasanya Magnet Clutch nya.
IG: @kemuningauto
WEB: www.kemuningauto.id
zzzprince
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 435
Joined: Sun Dec 04, 2016 18:38

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by zzzprince »

kemuningauto wrote: Wed Jul 03, 2019 15:04
zzzprince wrote:Mumpung bahas ac, saya mau tanya nih

1. Tekanan normal hi lo refrigerant r134 seluruh mobil sama, atau tiap mobil/tipe kompresor ada spesifikasi khusus
2. Kapasitas oli kompresor diukur menggunakan tolak ukur bagaimana pada saat flushing, semisal nih spek dari pabrikan 50cc, di flushing dan kebaca alat ternyata cuma keluar 30. Di injeksi oli 30cc atau 50cc.
3. Ac ngembun di kisi2 hal yang baik atau sebaliknya?
4. Terakhir, ketika di sight glass oli kompresor agak berbusa, menandakan freon kurang, kondisi oli sudah kurang baik atau gmn.

Thank you
1. Sama
2. Kapasitas Oli Compressor berdasarkan jenis Compressor. Contoh Avanza <2010 berkapasitas 110ml. Diflushing total menggunakan mesin dapetnya 80ml, inject olinya 110ml. Karena 30ml bisa karena menguap, bocor, dll tergantung recordnya seperti pernah ada bocor, penggantian parts dll.
4. Sight Glass tidak 100% akurat, harus diimbangkan dengan tekanan di Manifold Gauge. Kalo ada penyumbatan di Receiver Dryer / Silica Dryer bisa menyebabkan Sight Glass berbusa padahal tekanan sudah sesuai. Dengan keadaan semua sistem AC normal, seharusnya ada sedikit busa, ngga boleh bening banget kecuali saat digas RPM 2.000.
Mantap penjelasannya, untuk kapasitas refrigerant dan oli kompresor Calya berapa om? Kebetulan abis isi 380gram + oli 50ml dingin ac bisa beda2, kadang nyess kadang dingin biasa. Pernah isi 450 gram pas cek via obd load engine naik 5 persenan dibanding mobil yg sama tapi blm utak atik sama sekali ac mya
adri31
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 305
Joined: Wed Feb 24, 2016 9:01

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by adri31 »

Saya pengguna avanza 2017. Apakah oli compressor wajib rutin diganti?
User avatar
Greggat
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 41
Joined: Sat Jan 20, 2018 11:46
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Nissan_c24

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by Greggat »

kemuningauto wrote: Wed Jul 03, 2019 17:44
Greggat wrote:Tanya dong om sementara nunggu waktu ke bengkel AC.
Saya pake Nissan C24 2012. Kalo idle/brenti krn jalanan macet magnetic clutch nya suka macet (gak mau cetak cetek) alhasil cm angin biasa aja yg keluar dari blowernya. Biasanya dimatiin kurang dari semenit trus dinyalain lagi udah normal lagi, tapi gak lama lagi kalo msh idle/macet ya terulang lagi. Tapi kalo jalanan lancar, biar sampe ber jam jam jg AC nya normal.
Kondisi ini baru kira2 sebulanan ini dan kejadiannya hanya siang dan setelah jalan kurangblebih 20-30 menit. Kalau malam, sekalipun berjam-jam AC dipanteng (sembari istirahat di rest area), AC nya normal aja, magnetic clutch nya tetep teatk cetek dan anginnya tetep dingin.
Kira apakah penyebabnya ya?
Ada beberapa kemungkinan, pastinya cuma bisa didapati setelah pengecekan melalui Manifold Gauge dan pengecekan kelistrikan.

1. Lemahnya Magnet Clutch, harus diganti. (Tidak ada yg asli buat Serena, kecuali segelondong / Assy dengan Compressor. Its Okay selama sistem AC normal, Magnet Clutch cuma untuk engaging Compressor dan mostly merk2 Pokka, NIS, Valeo cukup bagus dibanding harga Compressy Assy.)
Jika benar Magnet Clutch masalahnya, kenapa cuma pas macet aja datengnya tapi pas jalan lancar dia normal, atau pas malem normal? Karena pas macet, temperatur ruangan mesin lebih panas dan mempengaruhi Magnet Clutch yang udah retak dan lemah spullnya.

2. Kebocoran pada sistem AC cuma belum sampai habis freonnya. Karenanya terkadang masih enganging si Magnet Clutchnya dan terkadang tidak.

Serena biasanya Magnet Clutch nya.
Terimakasih atas penjelasannya. Tinggal cari waktunya aja buat ke bengkel
User avatar
kemuningauto
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 522
Joined: Sun Jun 23, 2019 7:18
Location: Harapan Indah Bekasi
Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by kemuningauto »

zzzprince wrote:
kemuningauto wrote: Wed Jul 03, 2019 15:04
zzzprince wrote:Mumpung bahas ac, saya mau tanya nih

1. Tekanan normal hi lo refrigerant r134 seluruh mobil sama, atau tiap mobil/tipe kompresor ada spesifikasi khusus
2. Kapasitas oli kompresor diukur menggunakan tolak ukur bagaimana pada saat flushing, semisal nih spek dari pabrikan 50cc, di flushing dan kebaca alat ternyata cuma keluar 30. Di injeksi oli 30cc atau 50cc.
3. Ac ngembun di kisi2 hal yang baik atau sebaliknya?
4. Terakhir, ketika di sight glass oli kompresor agak berbusa, menandakan freon kurang, kondisi oli sudah kurang baik atau gmn.

Thank you
1. Sama
2. Kapasitas Oli Compressor berdasarkan jenis Compressor. Contoh Avanza <2010 berkapasitas 110ml. Diflushing total menggunakan mesin dapetnya 80ml, inject olinya 110ml. Karena 30ml bisa karena menguap, bocor, dll tergantung recordnya seperti pernah ada bocor, penggantian parts dll.
4. Sight Glass tidak 100% akurat, harus diimbangkan dengan tekanan di Manifold Gauge. Kalo ada penyumbatan di Receiver Dryer / Silica Dryer bisa menyebabkan Sight Glass berbusa padahal tekanan sudah sesuai. Dengan keadaan semua sistem AC normal, seharusnya ada sedikit busa, ngga boleh bening banget kecuali saat digas RPM 2.000.
Mantap penjelasannya, untuk kapasitas refrigerant dan oli kompresor Calya berapa om? Kebetulan abis isi 380gram + oli 50ml dingin ac bisa beda2, kadang nyess kadang dingin biasa. Pernah isi 450 gram pas cek via obd load engine naik 5 persenan dibanding mobil yg sama tapi blm utak atik sama sekali ac mya
Calya / Sigra kapasitas freonnya 350-450 gram. Kapasitas Oli Compressor 100-110ml.
Ini kapasitas teorinya, prakteknya tergantung performa tiap parts (Compressor, Condenser, Dryer, Motor Fan, Radiator juga berpengaruh). Contoh misalnya Condenser kurang bagus, kita udah isi 300 gram, tapi High Pressure sudah tinggi mencapai 250 psi, kits ngga mungkin nambahin sesuai kapasitasnya 350-450. Karena malah jadi problem buat sistem AC nya (overload pressure).
IG: @kemuningauto
WEB: www.kemuningauto.id
User avatar
kemuningauto
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 522
Joined: Sun Jun 23, 2019 7:18
Location: Harapan Indah Bekasi
Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by kemuningauto »

adri31 wrote:Saya pengguna avanza 2017. Apakah oli compressor wajib rutin diganti?
Menurut saya rutin setiap 30.000 KM / 40.000 KM.
IG: @kemuningauto
WEB: www.kemuningauto.id
ZEXELGRIFONE
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 696
Joined: Wed Mar 21, 2007 9:49

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by ZEXELGRIFONE »

Greggat wrote: Wed Jul 03, 2019 17:10 Tanya dong om sementara nunggu waktu ke bengkel AC.
Saya pake Nissan C24 2012. Kalo idle/brenti krn jalanan macet magnetic clutch nya suka macet (gak mau cetak cetek) alhasil cm angin biasa aja yg keluar dari blowernya. Biasanya dimatiin kurang dari semenit trus dinyalain lagi udah normal lagi, tapi gak lama lagi kalo msh idle/macet ya terulang lagi. Tapi kalo jalanan lancar, biar sampe ber jam jam jg AC nya normal.
Kondisi ini baru kira2 sebulanan ini dan kejadiannya hanya siang dan setelah jalan kurangblebih 20-30 menit. Kalau malam, sekalipun berjam-jam AC dipanteng (sembari istirahat di rest area), AC nya normal aja, magnetic clutch nya tetep teatk cetek dan anginnya tetep dingin.
Kira apakah penyebabnya ya?
Mungkin mirip atau ada hubungannya dengan pengalaman saya dulu (mudik 2017)

Pengalaman dulu (saya pernah post jg di forum ini tahun 2017) AC mobil ortu (xenia 1.3) dipake mudik, durasi cetak cetek ACnya berasa cepat sekali.. atau kadang malah kayak ga jalan kompresornya (saat macet), so keluar angin doank, ga dingin blass.
Tapi saat jalan lancar cetak cetek jalan, tapi durasinya jg ga normal (pendek) sehingga dinginnya kurang, pdhal posisi puteran sudah pol mentok.

Saat itu saya googling, dan katanya kemungkinan karena kelebihan freon (karena sbelum dipake, mobil sempat servis AC).

Solusi saat itu, saya ngundang tukang AC mobil panggilan (karena posisi di kota lain) untuk mengecek. Dan ternyata saat diukur via manifold gauge, ada tekanan yg berlebih di hi/low nya (saya lupa). Setelah di diagnosa macem2, di akhir saya cuma minta kurangin/buang freonnya sampai tekanan normal.
Hasilnya cukup manjur, cetak cetek normal, durasinya normal, AC dingin lagi :D

Kesimpulan saya saat itu.. Mungkin karena kelebihan freon (atau mungkin freonnya yg masalah), membuat tekanan berlebih dan bikin cepet panas (apalagi saat macet) sehingga mekanisme pengaman kompresor bekerja agar tidak terjadi kerusakan saat tekanan tidak normal (kompresornya keburu dimatiin sama pressure switch yg ada di kondensor AC).

Klo dikasus anda, mungkin bisa coba cek kayak saya dulu.. Sebelum ngecek magnetic clutch nya.

Setelah dari kejadian itu, sampai kemaren awal 2019, AC mobil baru bermasalah lagi..
Kali ini ke bengkel di kota saya (saya post jg di forum ini), ganti oli kompresor, cek freon, komponen dsb.. Sampai skrg ga masalah lagi :D

CMIIW yak.. cuman dari pengalaman saja
iwing
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1385
Joined: Tue Feb 23, 2016 2:09

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by iwing »

halo mau tanya, biasanya kan pada saat tombol on ac di nyalakan, akan seperti 'deg' gitu sebagai tanda kompresor bekerja. nah jika pada saat tombol on tapi kompresor tidak bekerja dan tercium seperti bau gosong itu kenapa ya..??
User avatar
michaelgiri93
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1055
Joined: Sat Sep 03, 2016 13:25
Daily Vehicle: Galant + Mx King

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by michaelgiri93 »

Tanya dong om
Ac mobil saya kurang dingin banget
Baik kena macet maupun enggak kompresor+magnetic clutchnya bekerja (kelihatan idle upnya juga bekerja).
Ac habis di servis, kata montirnya tidak ada kekurangan freon( kondisi waktu di servis tidak dingin), jadi cuma dicuci evaporatornya. Setelah itu dingin selama beberapa minggu lalu kambuh lagi.
Kalau jalan malam dingin, tapi kalau mobil habis terjemur jadi tidak dingin acnya walau mobil sudah jalan 2 jam lebih.
Dan sebagai catatan temperatur normal.
Terima kasih sebelumnya
'98 new galant st black -5 mt
'15 mx king blue movistar - 5 mt
User avatar
kemuningauto
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 522
Joined: Sun Jun 23, 2019 7:18
Location: Harapan Indah Bekasi
Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by kemuningauto »

iwing wrote:halo mau tanya, biasanya kan pada saat tombol on ac di nyalakan, akan seperti 'deg' gitu sebagai tanda kompresor bekerja. nah jika pada saat tombol on tapi kompresor tidak bekerja dan tercium seperti bau gosong itu kenapa ya..??
Kemungkinan Magnet Clutchnya udah terbakar. Bisa dicek kelistrikannya dulu dari relay, sekring, perkabelan dan yang pasti dicek tekanan freonnya.
IG: @kemuningauto
WEB: www.kemuningauto.id
User avatar
kemuningauto
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 522
Joined: Sun Jun 23, 2019 7:18
Location: Harapan Indah Bekasi
Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by kemuningauto »


michaelgiri93 wrote:Tanya dong om
Ac mobil saya kurang dingin banget
Baik kena macet maupun enggak kompresor+magnetic clutchnya bekerja (kelihatan idle upnya juga bekerja).
Ac habis di servis, kata montirnya tidak ada kekurangan freon( kondisi waktu di servis tidak dingin), jadi cuma dicuci evaporatornya. Setelah itu dingin selama beberapa minggu lalu kambuh lagi.
Kalau jalan malam dingin, tapi kalau mobil habis terjemur jadi tidak dingin acnya walau mobil sudah jalan 2 jam lebih.
Dan sebagai catatan temperatur normal.
Terima kasih sebelumnya
Mobilnya apa om? Tekanan freonnya brp? Otomatis clutchnya normal? Parts masih original semua? Atau pernah ada penggantian parts sistem AC dan pake merk imitasi yg kualitasnya kurang? Karena ada beberapa merk yang emang ngga recommended buat mobil tertentu (gagal produksi). Merk freon juga pengaruh ke kedinginan sistem AC.
IG: @kemuningauto
WEB: www.kemuningauto.id
User avatar
Greggat
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 41
Joined: Sat Jan 20, 2018 11:46
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Nissan_c24

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by Greggat »

ZEXELGRIFONE wrote: Fri Jul 05, 2019 10:54
Greggat wrote: Wed Jul 03, 2019 17:10 Tanya dong om sementara nunggu waktu ke bengkel AC.
Saya pake Nissan C24 2012. Kalo idle/brenti krn jalanan macet magnetic clutch nya suka macet (gak mau cetak cetek) alhasil cm angin biasa aja yg keluar dari blowernya. Biasanya dimatiin kurang dari semenit trus dinyalain lagi udah normal lagi, tapi gak lama lagi kalo msh idle/macet ya terulang lagi. Tapi kalo jalanan lancar, biar sampe ber jam jam jg AC nya normal.
Kondisi ini baru kira2 sebulanan ini dan kejadiannya hanya siang dan setelah jalan kurangblebih 20-30 menit. Kalau malam, sekalipun berjam-jam AC dipanteng (sembari istirahat di rest area), AC nya normal aja, magnetic clutch nya tetep teatk cetek dan anginnya tetep dingin.
Kira apakah penyebabnya ya?
Mungkin mirip atau ada hubungannya dengan pengalaman saya dulu (mudik 2017)

Pengalaman dulu (saya pernah post jg di forum ini tahun 2017) AC mobil ortu (xenia 1.3) dipake mudik, durasi cetak cetek ACnya berasa cepat sekali.. atau kadang malah kayak ga jalan kompresornya (saat macet), so keluar angin doank, ga dingin blass.
Tapi saat jalan lancar cetak cetek jalan, tapi durasinya jg ga normal (pendek) sehingga dinginnya kurang, pdhal posisi puteran sudah pol mentok.

Saat itu saya googling, dan katanya kemungkinan karena kelebihan freon (karena sbelum dipake, mobil sempat servis AC).

Solusi saat itu, saya ngundang tukang AC mobil panggilan (karena posisi di kota lain) untuk mengecek. Dan ternyata saat diukur via manifold gauge, ada tekanan yg berlebih di hi/low nya (saya lupa). Setelah di diagnosa macem2, di akhir saya cuma minta kurangin/buang freonnya sampai tekanan normal.
Hasilnya cukup manjur, cetak cetek normal, durasinya normal, AC dingin lagi :D

Kesimpulan saya saat itu.. Mungkin karena kelebihan freon (atau mungkin freonnya yg masalah), membuat tekanan berlebih dan bikin cepet panas (apalagi saat macet) sehingga mekanisme pengaman kompresor bekerja agar tidak terjadi kerusakan saat tekanan tidak normal (kompresornya keburu dimatiin sama pressure switch yg ada di kondensor AC).

Klo dikasus anda, mungkin bisa coba cek kayak saya dulu.. Sebelum ngecek magnetic clutch nya.

Setelah dari kejadian itu, sampai kemaren awal 2019, AC mobil baru bermasalah lagi..
Kali ini ke bengkel di kota saya (saya post jg di forum ini), ganti oli kompresor, cek freon, komponen dsb.. Sampai skrg ga masalah lagi :D

CMIIW yak.. cuman dari pengalaman saja
Thanks sharing nya om,
Kalo kelebihan freon sepertinya sih tidak krn belum pernah isi freon juga selama pake mobil ini.
Memang harus segera dicariin waktunya buat ke bengkel AC buat pastikan penyebabnya.
ZEXELGRIFONE
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 696
Joined: Wed Mar 21, 2007 9:49

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by ZEXELGRIFONE »

Greggat wrote: Wed Jul 10, 2019 1:58
Thanks sharing nya om,
Kalo kelebihan freon sepertinya sih tidak krn belum pernah isi freon juga selama pake mobil ini.
Memang harus segera dicariin waktunya buat ke bengkel AC buat pastikan penyebabnya.
Hehehe.. point saya bukan itu sih.
Yg jadi titik perhatian adalah kemungkinan2 kompressor AC ga bekerja semestinya terutama saat siang hari..
Salah satunya bisa jadi karena tekanan yg tidak normal seperti yg saya alami. :mky_01: