Page 36 of 50

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Posted: Thu Mar 11, 2021 6:55
by andyez86
kemuningauto wrote: Wed Mar 10, 2021 13:28
andyez86 wrote:halo semuanya,mau tanya soal ac innova reborn,saya pakai innova reborn tipe V thn 2016 diesel A/T udah 1thn terakhir ac ga bs dingin bgt...ya cm keluar udara dingin aja,tp ky ga bs maksimal,perawatan yg sdh dilakukan :

1.servis ac meliputi kuras freon,ganti dryer,sampe oli kompresor
2.ganti filter ac
3.ganti motor servo ac
4.tambah freon
5.cek kompresi

yg agak aneh ini ac mbl klo dipake jalan ga bgtu dingin,tp klo dipake ngadem kondisi mbl brenti dan sesekali gas dipanteng ac nya bs dingin

jd gejala nya ky kebalik sm gejala2 pd umumnya,klo biasanya mbl jln ac nya lebih dingin nah ini pnya saya malah lebih dingin pas mbl brenti,kira2 apa ada teman2 sekalian yg ngalamin spt ini?kira2 ada alternatif solusi apa ya?thx sblmnya
- Kilometer brp?
- Tekanan Low dan High berapa pas stasioner dan pas RPM di 2000?
- Berapa ° Celcius kedinginan udara yg keluar dari grill AC?

Coba Expansion Valve dicek, bisa indikasi clogged (tersumbat). Jadi kalo pas jalan karena RPM semakin kenceng, puteran Compressor makin kenceng juga, otomatis tekanan jadi tinggi tapi karena mampet jadi ngga bisa mengaliri Evaporator dengan baik, alhasil malah lebih dingin pas ngga jalan karena aliran freon lebih normal ketimbang pas RPM tinggi.
Odometer.88.800an

Low.sm high dicek masih bagus semua om...sampe saya cek di 2 tmp...1.authorized dealer denso dan 1 lg temen pnya temen terima jasa servis ac mbl

Udara keluar dr lobang ac dicek pake alat temp digital 12-13 derajat mati di 11 derajat...trs nyala lagi cb bsk saya tnya lg deh om ke tmn...klo lg diem di tmp stasioner gt ac nya lmyan dingin...lebjh dingin dibanding pas jln

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Posted: Thu Mar 11, 2021 7:12
by kemuningauto

andyez86 wrote:
kemuningauto wrote: Wed Mar 10, 2021 13:28
andyez86 wrote:halo semuanya,mau tanya soal ac innova reborn,saya pakai innova reborn tipe V thn 2016 diesel A/T udah 1thn terakhir ac ga bs dingin bgt...ya cm keluar udara dingin aja,tp ky ga bs maksimal,perawatan yg sdh dilakukan :

1.servis ac meliputi kuras freon,ganti dryer,sampe oli kompresor
2.ganti filter ac
3.ganti motor servo ac
4.tambah freon
5.cek kompresi

yg agak aneh ini ac mbl klo dipake jalan ga bgtu dingin,tp klo dipake ngadem kondisi mbl brenti dan sesekali gas dipanteng ac nya bs dingin

jd gejala nya ky kebalik sm gejala2 pd umumnya,klo biasanya mbl jln ac nya lebih dingin nah ini pnya saya malah lebih dingin pas mbl brenti,kira2 apa ada teman2 sekalian yg ngalamin spt ini?kira2 ada alternatif solusi apa ya?thx sblmnya
- Kilometer brp?
- Tekanan Low dan High berapa pas stasioner dan pas RPM di 2000?
- Berapa ° Celcius kedinginan udara yg keluar dari grill AC?

Coba Expansion Valve dicek, bisa indikasi clogged (tersumbat). Jadi kalo pas jalan karena RPM semakin kenceng, puteran Compressor makin kenceng juga, otomatis tekanan jadi tinggi tapi karena mampet jadi ngga bisa mengaliri Evaporator dengan baik, alhasil malah lebih dingin pas ngga jalan karena aliran freon lebih normal ketimbang pas RPM tinggi.
Odometer.88.800an

Low.sm high dicek masih bagus semua om...sampe saya cek di 2 tmp...1.authorized dealer denso dan 1 lg temen pnya temen terima jasa servis ac mbl

Udara keluar dr lobang ac dicek pake alat temp digital 12-13 derajat mati di 11 derajat...trs nyala lagi cb bsk saya tnya lg deh om ke tmn...klo lg diem di tmp stasioner gt ac nya lmyan dingin...lebjh dingin dibanding pas jln
Mustinya di bawah 8° Celcius dengan blower 1. Settingan temperatur paling dingin. Coba cek Expansion Valve nya aja. Feeling saya problem di situ dengan casenya si om dan udah diganti dryer.

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Posted: Thu Mar 11, 2021 12:58
by DOHC
kemuningauto wrote: Thu Mar 11, 2021 7:12
andyez86 wrote:
kemuningauto wrote: Wed Mar 10, 2021 13:28

- Kilometer brp?
- Tekanan Low dan High berapa pas stasioner dan pas RPM di 2000?
- Berapa ° Celcius kedinginan udara yg keluar dari grill AC?

Coba Expansion Valve dicek, bisa indikasi clogged (tersumbat). Jadi kalo pas jalan karena RPM semakin kenceng, puteran Compressor makin kenceng juga, otomatis tekanan jadi tinggi tapi karena mampet jadi ngga bisa mengaliri Evaporator dengan baik, alhasil malah lebih dingin pas ngga jalan karena aliran freon lebih normal ketimbang pas RPM tinggi.
Odometer.88.800an

Low.sm high dicek masih bagus semua om...sampe saya cek di 2 tmp...1.authorized dealer denso dan 1 lg temen pnya temen terima jasa servis ac mbl

Udara keluar dr lobang ac dicek pake alat temp digital 12-13 derajat mati di 11 derajat...trs nyala lagi cb bsk saya tnya lg deh om ke tmn...klo lg diem di tmp stasioner gt ac nya lmyan dingin...lebjh dingin dibanding pas jln
Mustinya di bawah 8° Celcius dengan blower 1. Settingan temperatur paling dingin. Coba cek Expansion Valve nya aja. Feeling saya problem di situ dengan casenya si om dan udah diganti dryer.
numpang nimbrung om


dl saya punya inofa lama, perna malah kebalikan nya... kl lg diem, ac dingin.. tp kl lg d tol terus2an, lama2 ac bsa ga dingin, musti menepi dl, rpm idle bentar baru dingin lg

waktu itu akhirnya ganti expansion valve, lgs sembuh

lah koq gejala nya bisa beda yah ?

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Posted: Thu Mar 11, 2021 13:04
by kemuningauto

DOHC wrote:
kemuningauto wrote: Thu Mar 11, 2021 7:12
andyez86 wrote: Odometer.88.800an

Low.sm high dicek masih bagus semua om...sampe saya cek di 2 tmp...1.authorized dealer denso dan 1 lg temen pnya temen terima jasa servis ac mbl

Udara keluar dr lobang ac dicek pake alat temp digital 12-13 derajat mati di 11 derajat...trs nyala lagi cb bsk saya tnya lg deh om ke tmn...klo lg diem di tmp stasioner gt ac nya lmyan dingin...lebjh dingin dibanding pas jln
Mustinya di bawah 8° Celcius dengan blower 1. Settingan temperatur paling dingin. Coba cek Expansion Valve nya aja. Feeling saya problem di situ dengan casenya si om dan udah diganti dryer.
numpang nimbrung om


dl saya punya inofa lama, perna malah kebalikan nya... kl lg diem, ac dingin.. tp kl lg d tol terus2an, lama2 ac bsa ga dingin, musti menepi dl, rpm idle bentar baru dingin lg

waktu itu akhirnya ganti expansion valve, lgs sembuh

lah koq gejala nya bisa beda yah ?
Sama dong kejadiannya itu mah sm si om ini. Ngga beda. Kalo stasioner dingin, pas jalan malah ngga dingin.

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Posted: Thu Mar 11, 2021 13:20
by Taufiq6210
DOHC wrote: Thu Mar 11, 2021 12:58 numpang nimbrung om


dl saya punya inofa lama, perna malah kebalikan nya... kl lg diem, ac dingin.. tp kl lg d tol terus2an, lama2 ac bsa ga dingin, musti menepi dl, rpm idle bentar baru dingin lg

waktu itu akhirnya ganti expansion valve, lgs sembuh

lah koq gejala nya bisa beda yah ?
Inget pesan mbah Omnibus: jangan kebiasaan skim read :big_peace:

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Posted: Thu Mar 11, 2021 13:34
by DOHC
ahh ya ya

my bad

salah baca :mky_01: :mky_01: :mky_01:

Taufiq6210 wrote: Thu Mar 11, 2021 13:20
DOHC wrote: Thu Mar 11, 2021 12:58
Inget pesan mbah Omnibus: jangan kebiasaan skim read :big_peace:
kemuningauto wrote: Thu Mar 11, 2021 13:04
DOHC wrote:
kemuningauto wrote: Thu Mar 11, 2021 7:12

?
Sama dong kejadiannya itu mah sm si om ini. Ngga beda. Kalo stasioner dingin, pas jalan malah ngga dingin.

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Posted: Fri Mar 12, 2021 11:12
by adiputra4
Kenapa ya AC fortuner VRZ ga sedingin VNT, kalau habis terjemur matahari yg VRZ ini dinginnya ga secepet VNT, hembusan blower belakang jg ga sekencang yg VNT

Ada yg merasa sama kah spt ane ?

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Posted: Sat Mar 13, 2021 6:07
by blloewy
Om nanya dung...hembusan ac di lipindut saya kurang dingin.
Apa krn pengaruh kaca depan ngga dikasi kaca film ya?
Kl hbs kejemur gt blower 2, suhu di kanan sisa 1 strip mentok jg bth waktu lama u dingin..
Kira2 knp ya? Kemaren sempet keluar hembusan kaya asep gt dari grill ac pas lagi hujan deres di luar.
Apakah expansion valve nya mesti dicek ya?
Trs kl ganti Magnet Clutch di Livina apa mesti buang Freon ya Om?

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Posted: Sat Mar 13, 2021 6:13
by kemuningauto
adiputra4 wrote:Kenapa ya AC fortuner VRZ ga sedingin VNT, kalau habis terjemur matahari yg VRZ ini dinginnya ga secepet VNT, hembusan blower belakang jg ga sekencang yg VNT

Ada yg merasa sama kah spt ane ?
Mustinya sih sama aja. Kotor mungkin jadi hembusannya ngga sekenceng normal.

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Posted: Sat Mar 13, 2021 6:16
by kemuningauto

blloewy wrote:Om nanya dung...hembusan ac di lipindut saya kurang dingin.
Apa krn pengaruh kaca depan ngga dikasi kaca film ya?
Kl hbs kejemur gt blower 2, suhu di kanan sisa 1 strip mentok jg bth waktu lama u dingin..
Kira2 knp ya? Kemaren sempet keluar hembusan kaya asep gt dari grill ac pas lagi hujan deres di luar.
Apakah expansion valve nya mesti dicek ya?
Trs kl ganti Magnet Clutch di Livina apa mesti buang Freon ya Om?
Dicek dulu kapasitas freonnya, kurang atau ngga. Pas keluar asep dari grill, kaca ketutup semua? Kalo sesuai SOP buang freon, lebih bagus ngga ada resiko patah2, gompal leher Compressor, oli juga bisa sekalian dicek dan ditambahin lsg ke Compressor.

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Posted: Sat Mar 13, 2021 12:19
by blloewy
kemuningauto wrote: Sat Mar 13, 2021 6:16
blloewy wrote:Om nanya dung...hembusan ac di lipindut saya kurang dingin.
Apa krn pengaruh kaca depan ngga dikasi kaca film ya?
Kl hbs kejemur gt blower 2, suhu di kanan sisa 1 strip mentok jg bth waktu lama u dingin..
Kira2 knp ya? Kemaren sempet keluar hembusan kaya asep gt dari grill ac pas lagi hujan deres di luar.
Apakah expansion valve nya mesti dicek ya?
Trs kl ganti Magnet Clutch di Livina apa mesti buang Freon ya Om?
Dicek dulu kapasitas freonnya, kurang atau ngga. Pas keluar asep dari grill, kaca ketutup semua? Kalo sesuai SOP buang freon, lebih bagus ngga ada resiko patah2, gompal leher Compressor, oli juga bisa sekalian dicek dan ditambahin lsg ke Compressor.
Kaca ketutup semua, posisi mobil baru jalan 5 menit, kondisi malam dan hujan sangat deras waktu itu. Keluar asap hanya pas AC baru nyala setelahnya ngga ada lagi.
Siap om kl begitu nanti cek dulu ke bengkel AC untuk freon nya.

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Posted: Sat Mar 13, 2021 12:29
by kemuningauto
blloewy wrote:
kemuningauto wrote: Sat Mar 13, 2021 6:16
blloewy wrote:Om nanya dung...hembusan ac di lipindut saya kurang dingin.
Apa krn pengaruh kaca depan ngga dikasi kaca film ya?
Kl hbs kejemur gt blower 2, suhu di kanan sisa 1 strip mentok jg bth waktu lama u dingin..
Kira2 knp ya? Kemaren sempet keluar hembusan kaya asep gt dari grill ac pas lagi hujan deres di luar.
Apakah expansion valve nya mesti dicek ya?
Trs kl ganti Magnet Clutch di Livina apa mesti buang Freon ya Om?
Dicek dulu kapasitas freonnya, kurang atau ngga. Pas keluar asep dari grill, kaca ketutup semua? Kalo sesuai SOP buang freon, lebih bagus ngga ada resiko patah2, gompal leher Compressor, oli juga bisa sekalian dicek dan ditambahin lsg ke Compressor.
Kaca ketutup semua, posisi mobil baru jalan 5 menit, kondisi malam dan hujan sangat deras waktu itu. Keluar asap hanya pas AC baru nyala setelahnya ngga ada lagi.
Siap om kl begitu nanti cek dulu ke bengkel AC untuk freon nya.
Siap. Sama dicekin otomatis AC nya masih main atau ngga.

Untuk Livina juga diperhatiin motor fan nya. Tipe Motor Fan Livina bermain dual speed ada Low dan High. Kalo AC nyala, Motor Fan lsg hidup (Low Speed). Lalu saat tekanan High Pressure menyentuh 235-250 psi, langsung High Speed bermain jadi makin kenceng dan tekanan freon yg High mustinya turun sampe under 200 psi dan Compressor cut off.

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Posted: Tue Mar 16, 2021 22:21
by midrpm
kemuningauto wrote: Wed Mar 10, 2021 10:44
midrpm wrote:
kemuningauto wrote: Thu Feb 25, 2021 11:56 Tergantung mobil apa dulu? Ada yg sampe turun, ada juga yg ngga perlu. Mustinya sih ngga akan miring ya, soalnya udah ada dudukannya kalo setir ke bracketnya dan bautnya pun 4 pcs.
Oo gitu om, oh iya om saya mau tanya juga

1. Kalo ganti oli compresor + freon beserta di flushing saja tanpa ganti/bersihkan lain2 suhu ac mobil bisa nambah dingin ga ya om? atau dinginnya suhu ac bergantung tingkat kebersihan evap, kondensor, filter aja?
2. Apakah oli kompresor ada spesifikasi tertentu, misalkan utk mobil innova bensin lama dan nissan xtrain misalnya, apakah jenis oli kompresor yg di pakai sama aja jenisnya?
3. Cuci evap pakai endoscopy camera gitu apakah cukup efektif om untuk perawatan berkala?

Thx om, maap banyak tanya mumpung ada ahlinya hehehe
Siap. Sori baru bales, lagi di luar kota.

1. Bisa. Karena viscocity nya membantu pelumasan komponen dalam Compressor dan kompresi pasti lebih bagus.
2. Pastinya ada. Untuk mobil2 yang pake Denso seperti Innova, Avanza, Jazz 2014+, Xenia (bukan mobil hybrid atau electric) pakenya Denso ND-8 atau setara dengan PAG46. Kalo Nissan X-Trail tergantung tahunnya nih karena X-Trail T32 udah pake Denso (ND-8), kalo yang T30-T31 dia pake Calsonic Kansei dan Zexel (PAG 100).
3. Kurang efektif, kalo mau total bersih dibongkar. Saya sendiri ada alat Endoscopy, buat ngintip aja kotor atau ngga Evaporatornya. Bersihin ttp bongkar.
Makasih ilmunya om,
1. Kalo mobil2 honda seperti jazz ge8 klo ga salah pake kompresor sanden ya om, nah klo itu tipe oli kompresornya pakai apa ya?
2. Nah kira2 gimana om klo misalkan kompresor sanden di isi oli spek ND-8 yg which is peruntukannya untuk kompresor denso? apakah bsa merusak dalam jangka waktu pendek om?
3. Di pasaran apakah ada jenis oli kompresor yg universal jadi bisa untuk kompresor sanden, denso dll? thx om kemuningauto

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Posted: Wed Mar 17, 2021 0:54
by kemuningauto

midrpm wrote:
kemuningauto wrote: Wed Mar 10, 2021 10:44
midrpm wrote: Oo gitu om, oh iya om saya mau tanya juga

1. Kalo ganti oli compresor + freon beserta di flushing saja tanpa ganti/bersihkan lain2 suhu ac mobil bisa nambah dingin ga ya om? atau dinginnya suhu ac bergantung tingkat kebersihan evap, kondensor, filter aja?
2. Apakah oli kompresor ada spesifikasi tertentu, misalkan utk mobil innova bensin lama dan nissan xtrain misalnya, apakah jenis oli kompresor yg di pakai sama aja jenisnya?
3. Cuci evap pakai endoscopy camera gitu apakah cukup efektif om untuk perawatan berkala?

Thx om, maap banyak tanya mumpung ada ahlinya hehehe
Siap. Sori baru bales, lagi di luar kota.

1. Bisa. Karena viscocity nya membantu pelumasan komponen dalam Compressor dan kompresi pasti lebih bagus.
2. Pastinya ada. Untuk mobil2 yang pake Denso seperti Innova, Avanza, Jazz 2014+, Xenia (bukan mobil hybrid atau electric) pakenya Denso ND-8 atau setara dengan PAG46. Kalo Nissan X-Trail tergantung tahunnya nih karena X-Trail T32 udah pake Denso (ND-8), kalo yang T30-T31 dia pake Calsonic Kansei dan Zexel (PAG 100).
3. Kurang efektif, kalo mau total bersih dibongkar. Saya sendiri ada alat Endoscopy, buat ngintip aja kotor atau ngga Evaporatornya. Bersihin ttp bongkar.
Makasih ilmunya om,
1. Kalo mobil2 honda seperti jazz ge8 klo ga salah pake kompresor sanden ya om, nah klo itu tipe oli kompresornya pakai apa ya?
2. Nah kira2 gimana om klo misalkan kompresor sanden di isi oli spek ND-8 yg which is peruntukannya untuk kompresor denso? apakah bsa merusak dalam jangka waktu pendek om?
3. Di pasaran apakah ada jenis oli kompresor yg universal jadi bisa untuk kompresor sanden, denso dll? thx om kemuningauto
1. Betul pake Sanden. Oli Compressornya seharusnya Sanden SP-10 tapi equivalent sama Denso ND-8 karena sama2 PAG-46.
2. Ngga merusak karena masih sama PAG nya.
3. Ada seperti Emkarate, Suniso, dll.

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Posted: Sat Mar 20, 2021 22:10
by midrpm
kemuningauto wrote: Wed Mar 17, 2021 0:54
midrpm wrote:
kemuningauto wrote: Wed Mar 10, 2021 10:44

Siap. Sori baru bales, lagi di luar kota.

1. Bisa. Karena viscocity nya membantu pelumasan komponen dalam Compressor dan kompresi pasti lebih bagus.
2. Pastinya ada. Untuk mobil2 yang pake Denso seperti Innova, Avanza, Jazz 2014+, Xenia (bukan mobil hybrid atau electric) pakenya Denso ND-8 atau setara dengan PAG46. Kalo Nissan X-Trail tergantung tahunnya nih karena X-Trail T32 udah pake Denso (ND-8), kalo yang T30-T31 dia pake Calsonic Kansei dan Zexel (PAG 100).
3. Kurang efektif, kalo mau total bersih dibongkar. Saya sendiri ada alat Endoscopy, buat ngintip aja kotor atau ngga Evaporatornya. Bersihin ttp bongkar.
Makasih ilmunya om,
1. Kalo mobil2 honda seperti jazz ge8 klo ga salah pake kompresor sanden ya om, nah klo itu tipe oli kompresornya pakai apa ya?
2. Nah kira2 gimana om klo misalkan kompresor sanden di isi oli spek ND-8 yg which is peruntukannya untuk kompresor denso? apakah bsa merusak dalam jangka waktu pendek om?
3. Di pasaran apakah ada jenis oli kompresor yg universal jadi bisa untuk kompresor sanden, denso dll? thx om kemuningauto
1. Betul pake Sanden. Oli Compressornya seharusnya Sanden SP-10 tapi equivalent sama Denso ND-8 karena sama2 PAG-46.
2. Ngga merusak karena masih sama PAG nya.
3. Ada seperti Emkarate, Suniso, dll.
Hmm jd kalo ada oli kompresor yg universal gitu, kemungkinan kompresor AC rusak karena salah isi jenis oli kompresor ga mungkin terjadi dong ya om?

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Posted: Sun Mar 21, 2021 1:08
by kemuningauto

midrpm wrote:
kemuningauto wrote: Wed Mar 17, 2021 0:54
midrpm wrote: Makasih ilmunya om,
1. Kalo mobil2 honda seperti jazz ge8 klo ga salah pake kompresor sanden ya om, nah klo itu tipe oli kompresornya pakai apa ya?
2. Nah kira2 gimana om klo misalkan kompresor sanden di isi oli spek ND-8 yg which is peruntukannya untuk kompresor denso? apakah bsa merusak dalam jangka waktu pendek om?
3. Di pasaran apakah ada jenis oli kompresor yg universal jadi bisa untuk kompresor sanden, denso dll? thx om kemuningauto
1. Betul pake Sanden. Oli Compressornya seharusnya Sanden SP-10 tapi equivalent sama Denso ND-8 karena sama2 PAG-46.
2. Ngga merusak karena masih sama PAG nya.
3. Ada seperti Emkarate, Suniso, dll.
Hmm jd kalo ada oli kompresor yg universal gitu, kemungkinan kompresor AC rusak karena salah isi jenis oli kompresor ga mungkin terjadi dong ya om?
Sangat mungkin. Cuma ga langsung rusak, perlahan. Nanti ada indikasi2nya.

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Posted: Wed Mar 31, 2021 5:18
by bryanguppiez
ask mbah sehu semua.
mobil bakpao 2012. km 100rb
terakhir sudah ganti dryer, isi freon, oli compresor jg udah ganti waktu km skitar 97rb, filter kabin bersih juga.
nah ini kejadian baru sy alamin 3x belakangan. mobil abis parkir, sy nyalain buka jendela idupin AC. settingan udh dingin tp yg kluar udara doang.
sy ajak jalan, masih aja kluar angin doang, gerah jadinya.
sy matiin mobil bntr skitar 10 menit, sy nyalain lagi, nyalain ac, kluar deh dinginnya.
pernah malah skitar sbulanan lalu km jg 99rb an, dalam satu perjalanan, ac kadang dingin, kadang cm angin aja, jadi selama perjalanan (cm 50km) rasanya gerah banget krn ac kadang dingin kadang angin blower aja....
tp skrg normal lagi udh sebulanan, ya jarak pendek sih 20km paling.
kira2 kenapa ya dengan ac nya? :big_think: :big_think:

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Posted: Wed Mar 31, 2021 5:30
by kemuningauto
bryanguppiez wrote:ask mbah sehu semua.
mobil bakpao 2012. km 100rb
terakhir sudah ganti dryer, isi freon, oli compresor jg udah ganti waktu km skitar 97rb, filter kabin bersih juga.
nah ini kejadian baru sy alamin 3x belakangan. mobil abis parkir, sy nyalain buka jendela idupin AC. settingan udh dingin tp yg kluar udara doang.
sy ajak jalan, masih aja kluar angin doang, gerah jadinya.
sy matiin mobil bntr skitar 10 menit, sy nyalain lagi, nyalain ac, kluar deh dinginnya.
pernah malah skitar sbulanan lalu km jg 99rb an, dalam satu perjalanan, ac kadang dingin, kadang cm angin aja, jadi selama perjalanan (cm 50km) rasanya gerah banget krn ac kadang dingin kadang angin blower aja....
kira2 kenapa ya dengan ac nya? :big_think: :big_think:
Relay AC bisa. Kalo bagus, dicek Magnet Clutchnya.

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Posted: Wed Apr 14, 2021 4:41
by bryanguppiez
kemuningauto wrote: Wed Mar 31, 2021 5:30
bryanguppiez wrote:ask mbah sehu semua.
mobil bakpao 2012. km 100rb
terakhir sudah ganti dryer, isi freon, oli compresor jg udah ganti waktu km skitar 97rb, filter kabin bersih juga.
nah ini kejadian baru sy alamin 3x belakangan. mobil abis parkir, sy nyalain buka jendela idupin AC. settingan udh dingin tp yg kluar udara doang.
sy ajak jalan, masih aja kluar angin doang, gerah jadinya.
sy matiin mobil bntr skitar 10 menit, sy nyalain lagi, nyalain ac, kluar deh dinginnya.
pernah malah skitar sbulanan lalu km jg 99rb an, dalam satu perjalanan, ac kadang dingin, kadang cm angin aja, jadi selama perjalanan (cm 50km) rasanya gerah banget krn ac kadang dingin kadang angin blower aja....
kira2 kenapa ya dengan ac nya? :big_think: :big_think:
Relay AC bisa. Kalo bagus, dicek Magnet Clutchnya.
makasih om :big_deal: :big_okay: , sudah ganti magnet clutch nya, tp blm nyoba dipakai jauh. so far aman, smoga aman terus,

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Posted: Sat Apr 17, 2021 11:32
by kemuningauto
bryanguppiez wrote:
kemuningauto wrote: Wed Mar 31, 2021 5:30
bryanguppiez wrote:ask mbah sehu semua.
mobil bakpao 2012. km 100rb
terakhir sudah ganti dryer, isi freon, oli compresor jg udah ganti waktu km skitar 97rb, filter kabin bersih juga.
nah ini kejadian baru sy alamin 3x belakangan. mobil abis parkir, sy nyalain buka jendela idupin AC. settingan udh dingin tp yg kluar udara doang.
sy ajak jalan, masih aja kluar angin doang, gerah jadinya.
sy matiin mobil bntr skitar 10 menit, sy nyalain lagi, nyalain ac, kluar deh dinginnya.
pernah malah skitar sbulanan lalu km jg 99rb an, dalam satu perjalanan, ac kadang dingin, kadang cm angin aja, jadi selama perjalanan (cm 50km) rasanya gerah banget krn ac kadang dingin kadang angin blower aja....
kira2 kenapa ya dengan ac nya? :big_think: :big_think:
Relay AC bisa. Kalo bagus, dicek Magnet Clutchnya.
makasih om :big_deal: :big_okay: , sudah ganti magnet clutch nya, tp blm nyoba dipakai jauh. so far aman, smoga aman terus,
Siaaaapp

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Posted: Tue Apr 27, 2021 1:41
by MaddMaxx
Izin bertanya om,

sy ada gnki km 85k, 2 minggu lebih ngendon di garasi, pas dipake tiba2 ac jadi gak dingin. trus di depan kan ada 4 kisi AC, yg agak dingin cuma 2 kisi depan driver. trus 2 kisi depan penumpang depan gak dingin blas alias angin doang. blower belakang juga cuma agak dingin.

udah dicek di sight glas masih ada aliran freon. cuma pas mesin idle, gak ada bunyi cetek2 magnetic clucth kompresor ac kaya biasanya.

kira-kira masalahnya dimana ya om? biar ada gambaran sebelum ke bengkel ac.
terima kasih sebelumnya

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Posted: Tue Apr 27, 2021 3:56
by kemuningauto
MaddMaxx wrote:Izin bertanya om,

sy ada gnki km 85k, 2 minggu lebih ngendon di garasi, pas dipake tiba2 ac jadi gak dingin. trus di depan kan ada 4 kisi AC, yg agak dingin cuma 2 kisi depan driver. trus 2 kisi depan penumpang depan gak dingin blas alias angin doang. blower belakang juga cuma agak dingin.

udah dicek di sight glas masih ada aliran freon. cuma pas mesin idle, gak ada bunyi cetek2 magnetic clucth kompresor ac kaya biasanya.

kira-kira masalahnya dimana ya om? biar ada gambaran sebelum ke bengkel ac.
terima kasih sebelumnya
Coba dicek kapasitas freonnya. Kayanya ada kebocoran itu di sistem AC nya.

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Posted: Tue Apr 27, 2021 7:41
by andyez86
kemuningauto wrote: Thu Mar 11, 2021 7:12
andyez86 wrote:
kemuningauto wrote: Wed Mar 10, 2021 13:28

- Kilometer brp?
- Tekanan Low dan High berapa pas stasioner dan pas RPM di 2000?
- Berapa ° Celcius kedinginan udara yg keluar dari grill AC?

Coba Expansion Valve dicek, bisa indikasi clogged (tersumbat). Jadi kalo pas jalan karena RPM semakin kenceng, puteran Compressor makin kenceng juga, otomatis tekanan jadi tinggi tapi karena mampet jadi ngga bisa mengaliri Evaporator dengan baik, alhasil malah lebih dingin pas ngga jalan karena aliran freon lebih normal ketimbang pas RPM tinggi.
Odometer.88.800an

Low.sm high dicek masih bagus semua om...sampe saya cek di 2 tmp...1.authorized dealer denso dan 1 lg temen pnya temen terima jasa servis ac mbl

Udara keluar dr lobang ac dicek pake alat temp digital 12-13 derajat mati di 11 derajat...trs nyala lagi cb bsk saya tnya lg deh om ke tmn...klo lg diem di tmp stasioner gt ac nya lmyan dingin...lebjh dingin dibanding pas jln
Mustinya di bawah 8° Celcius dengan blower 1. Settingan temperatur paling dingin. Coba cek Expansion Valve nya aja. Feeling saya problem di situ dengan casenya si om dan udah diganti dryer.

UPDATE soal ac mobil saya om

yg sdh dilakukan dan diganti part nya :
1.Servis ac di bengkel resmi denso di solo,ganti oli kompresor,kuras freon,ganti dryer
2.ganti filter ac pakai merk denso box biru
3.ganti motor servo ac
4.ganti expansion valve+kuras ulang freon
5.matikan fungsi heater dgn cara di bypass pipa nya,jd ni mbl udah ga ada lg heaternya,ditutup dgn harapan bs lebih dingin ac nya
6.nutup lobang ventilasi yg untuk sirkulasi udara luar

Hasil :

masih ttp kurang dingin,dicek pakai thermometer digital cuma di kisaran 11-13 derajat aja,klo kondisi mbl diem bs sampe 10derajat,pas malem mgkin sgtuan..9-10 derajat kali...tapiiii....ini hrs dibarengi sama nyalain ac double blower nya...klo cm ac dpn angin nya kurang dingin...


langkah terakhir kynya mau turun dashboard buka evap+ganti thermistor nya

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Posted: Tue Apr 27, 2021 8:07
by kemuningauto
andyez86 wrote:
kemuningauto wrote: Thu Mar 11, 2021 7:12
andyez86 wrote: Odometer.88.800an

Low.sm high dicek masih bagus semua om...sampe saya cek di 2 tmp...1.authorized dealer denso dan 1 lg temen pnya temen terima jasa servis ac mbl

Udara keluar dr lobang ac dicek pake alat temp digital 12-13 derajat mati di 11 derajat...trs nyala lagi cb bsk saya tnya lg deh om ke tmn...klo lg diem di tmp stasioner gt ac nya lmyan dingin...lebjh dingin dibanding pas jln
Mustinya di bawah 8° Celcius dengan blower 1. Settingan temperatur paling dingin. Coba cek Expansion Valve nya aja. Feeling saya problem di situ dengan casenya si om dan udah diganti dryer.

UPDATE soal ac mobil saya om

yg sdh dilakukan dan diganti part nya :
1.Servis ac di bengkel resmi denso di solo,ganti oli kompresor,kuras freon,ganti dryer
2.ganti filter ac pakai merk denso box biru
3.ganti motor servo ac
4.ganti expansion valve+kuras ulang freon
5.nutup lobang ventilasi yg untuk sirkulasi udara luar

Hasil :

masih ttp kurang dingin,dicek pakai thermometer digital cuma di kisaran 11-13 derajat aja,klo kondisi mbl diem bs sampe 10derajat,pas malem mgkin sgtuan..9-10 derajat kali...tapiiii....ini hrs dibarengi sama nyalain ac double blower nya...klo cm ac dpn angin nya kurang dingin...


langkah terakhir kynya mau turun dashboard buka evap+ganti thermistor nya
Ngga akan selesai diganti thermistornya. Salah eksekusi kalo ganti thermistor. Kecuali ngga mau cut off atau bermasalah di cut off nya.

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Posted: Tue Apr 27, 2021 8:19
by andyez86
kemuningauto wrote: Tue Apr 27, 2021 8:07
andyez86 wrote:
kemuningauto wrote: Thu Mar 11, 2021 7:12

Mustinya di bawah 8° Celcius dengan blower 1. Settingan temperatur paling dingin. Coba cek Expansion Valve nya aja. Feeling saya problem di situ dengan casenya si om dan udah diganti dryer.

UPDATE soal ac mobil saya om

yg sdh dilakukan dan diganti part nya :
1.Servis ac di bengkel resmi denso di solo,ganti oli kompresor,kuras freon,ganti dryer
2.ganti filter ac pakai merk denso box biru
3.ganti motor servo ac
4.ganti expansion valve+kuras ulang freon
5.nutup lobang ventilasi yg untuk sirkulasi udara luar

Hasil :

masih ttp kurang dingin,dicek pakai thermometer digital cuma di kisaran 11-13 derajat aja,klo kondisi mbl diem bs sampe 10derajat,pas malem mgkin sgtuan..9-10 derajat kali...tapiiii....ini hrs dibarengi sama nyalain ac double blower nya...klo cm ac dpn angin nya kurang dingin...


langkah terakhir kynya mau turun dashboard buka evap+ganti thermistor nya
Ngga akan selesai diganti thermistornya. Salah eksekusi kalo ganti thermistor. Kecuali ngga mau cut off atau bermasalah di cut off nya.
jd gmna om?ada saran ga?hhahhha... aneh soalnya problem ni mbl....klo soal filter sih rajin ganti ya...jd agk ragu evap kotor....rrencana mau bongkar dashboard jg masih ragu2 krn bakal ada baut yg mgkin ga kepasang kembali...dan blm lagi resiko rattle tuh dashboard...cut off nya sih masih bagus bgt...cetak cetek ga kasar