Pembatasan Umur Kendaraan (Lagi)

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Knalpot
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 323
Joined: Sun Jun 06, 2010 6:49

Re: Pembatasan Umur Kendaraan (Lagi)

Post by Knalpot »

Semoga aja kebijakannya direvisi..
sotoy ane, perkembangan penjualan mobil baru akan stagnan/flat grafiknya. karena resale value bukan lagi sbg pertimbangan. Di daerah malah sales bisa turun dengan banjirnya mobil ex jakarta.
Nanti orang2 daerah naik kelas pakai mobil2 premium ex jakarta yang masih bagus2.. sementara orang jakartanya sendiri pait pakai mobil murah2 karena setelah 10 tahun gak ada harganya hahaha

Ane mungkin juga akan miara mobil tiongkok aja yang super miring harganya.. toh sebentar juga jadi besi bekas..
User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8855
Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
Location: Jakarta - Tangerang

Re: Pembatasan Umur Kendaraan (Lagi)

Post by y_anjasrana »

masih wacana...... taun depan kemungkinan juga tetap masih wacana..... kalau ibukota udah pindah kemungkinan tetap wacana......

lama-lama jadi wacana abadi............ :ngacir:
Accurate V5 Accounting System Consultant
User avatar
AdmiralPhantom
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 30
Joined: Thu Jul 04, 2019 16:56
Daily Vehicle: 2014 Toyota Innova G 1TR AT _ 2020 Mitsubishi Xpander Sport MT

Re: Pembatasan Umur Kendaraan (Lagi)

Post by AdmiralPhantom »

Ane up lg threadnya....ada kabar buruk gan :big_cry:

https://otomotif.kompas.com/read/2021/0 ... n?page=all

:off_no:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26908
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Pembatasan Umur Kendaraan (Lagi)

Post by DOHC »

Tenanggg

Ini mah cuman sala satu kerjaan ga berguna nya si gabener anus

Biar kliatan kerja

Kmaren uji emisi, kota tua lez, skrg mobil tua, nanti ga kaget ad aturan hari pake celana gelap ama terang..

Abis itu kblinger sendiri, trus anulir sendiri

Namanya jg gabener yg seiman dan santun
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
fl4b1e
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 414
Joined: Sun Dec 27, 2015 15:18

Re: Pembatasan Umur Kendaraan (Lagi)

Post by fl4b1e »

AdmiralPhantom wrote:Ane up lg threadnya....ada kabar buruk gan :big_cry:

https://otomotif.kompas.com/read/2021/0 ... n?page=all

:off_no:
Lalau uji rmisi saya setuju sih..
Tapi kalau pembatasan mobil pribadi yuk yang usia 10 tahun tanpa eksespsi, sebagai warga dki sih sulit tuk saya.. mobil di tumah soalnya berusia 7 tahun 2021 ini. Dan satu diantaranya hanya keluar sekali seminggu doank :)

Dan semoga ga ada perluasan ganjil genap lagi ya.. karena anak saya dan ortu kan di bawah 9 tahun dan ortu diatas 65. Ntar susah kalau naik angkutan umum ga boleh sementara kendaraan pribadi kena ganjil genap. Dah gitu masih rawan covid pula..
Or4cle
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1295
Joined: Wed Nov 02, 2016 1:59

Re: Pembatasan Umur Kendaraan (Lagi)

Post by Or4cle »

AdmiralPhantom wrote: Fri Feb 26, 2021 5:13 Ane up lg threadnya....ada kabar buruk gan :big_cry:

https://otomotif.kompas.com/read/2021/0 ... n?page=all

:off_no:
Good news ! Biar warga DKI Jakarta bisa cekrek - cekrek gunung Pangrango di Kemayoran :big_exellent:
Or4cle
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1295
Joined: Wed Nov 02, 2016 1:59

Re: Pembatasan Umur Kendaraan (Lagi)

Post by Or4cle »

Ane mencium bau - bau konspirasi ATPM dengan penguasa ? Ujung - ujungnya buat dongkrak penjualan, CMIIW ...

Buat sebagian orang beli mobil itu bukan beli kacang, mesti nabung bertahun-tahun dan dibantu dengan sistem kredit.
10 tahun itu bukan lama loh, waktunya lumayan singkat. Bayangin, orang dengan dana pas-pasan, kredit mobil 5 tahun, + 5 tahun kemudian mobil masih kinclong, mesin bagus tapi dilarang beroperasi. Kalau go-green kan pabrikan mobil sudah sangat comply, tinggal pemerintah dukung dengan kualitas BBM yang bagus, plus perawatan service berkala saya yakin masih lulus uji emisi.

Apa pemerintah / ATPM mau bantu dgn kebijakan "buy back" mobil yang sudah di atas 10 tahun kalau ini jadi diterapkan ?
Terus mobil yang umur di atas 10 tahun mau dibuat ke mana ? Bantar Gebang ?
User avatar
AdmiralPhantom
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 30
Joined: Thu Jul 04, 2019 16:56
Daily Vehicle: 2014 Toyota Innova G 1TR AT _ 2020 Mitsubishi Xpander Sport MT

Re: Pembatasan Umur Kendaraan (Lagi)

Post by AdmiralPhantom »

Or4cle wrote: Fri Feb 26, 2021 6:33 Ane mencium bau - bau konspirasi ATPM dengan penguasa ? Ujung - ujungnya buat dongkrak penjualan, CMIIW ...

Buat sebagian orang beli mobil itu bukan beli kacang, mesti nabung bertahun-tahun dan dibantu dengan sistem kredit.
10 tahun itu bukan lama loh, waktunya lumayan singkat. Bayangin, orang dengan dana pas-pasan, kredit mobil 5 tahun, + 5 tahun kemudian mobil masih kinclong, mesin bagus tapi dilarang beroperasi. Kalau go-green kan pabrikan mobil sudah sangat comply, tinggal pemerintah dukung dengan kualitas BBM yang bagus, plus perawatan service berkala saya yakin masih lulus uji emisi.

Apa pemerintah / ATPM mau bantu dgn kebijakan "buy back" mobil yang sudah di atas 10 tahun kalau ini jadi diterapkan ?
Terus mobil yang umur di atas 10 tahun mau dibuat ke mana ? Bantar Gebang ?
:big_think: Masuk akal jg...tp nampaknya bs berimbas jg ke penjualan mobil yg diatas 200jt jd ga laku di Jkt mengingat org akan berpikir bahwa mobil dipakai hanya sampai 10 tahun trus dibuang.

Ini dia yg ane concern...mau dikemanain semua mobilnya itu. Mending kalo bs dibawa ke daerah lain...yg sedih kalo ampe dipaksa utk scrap
User avatar
AdmiralPhantom
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 30
Joined: Thu Jul 04, 2019 16:56
Daily Vehicle: 2014 Toyota Innova G 1TR AT _ 2020 Mitsubishi Xpander Sport MT

Re: Pembatasan Umur Kendaraan (Lagi)

Post by AdmiralPhantom »

DOHC wrote: Fri Feb 26, 2021 5:31 Tenanggg

Ini mah cuman sala satu kerjaan ga berguna nya si gabener anus

Biar kliatan kerja

Kmaren uji emisi, kota tua lez, skrg mobil tua, nanti ga kaget ad aturan hari pake celana gelap ama terang..

Abis itu kblinger sendiri, trus anulir sendiri

Namanya jg gabener yg seiman dan santun
Tiati gan, tar diamuk sm fansnya. :big_biglaugh:
User avatar
AdmiralPhantom
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 30
Joined: Thu Jul 04, 2019 16:56
Daily Vehicle: 2014 Toyota Innova G 1TR AT _ 2020 Mitsubishi Xpander Sport MT

Re: Pembatasan Umur Kendaraan (Lagi)

Post by AdmiralPhantom »

fl4b1e wrote: Fri Feb 26, 2021 5:54
AdmiralPhantom wrote:Ane up lg threadnya....ada kabar buruk gan :big_cry:

https://otomotif.kompas.com/read/2021/0 ... n?page=all

:off_no:
Lalau uji rmisi saya setuju sih..
Tapi kalau pembatasan mobil pribadi yuk yang usia 10 tahun tanpa eksespsi, sebagai warga dki sih sulit tuk saya.. mobil di tumah soalnya berusia 7 tahun 2021 ini. Dan satu diantaranya hanya keluar sekali seminggu doank :)

Dan semoga ga ada perluasan ganjil genap lagi ya.. karena anak saya dan ortu kan di bawah 9 tahun dan ortu diatas 65. Ntar susah kalau naik angkutan umum ga boleh sementara kendaraan pribadi kena ganjil genap. Dah gitu masih rawan covid pula..
Sayangnya, uji emisi pun diterapkan pada waktu yg gak tepat :big_dunno:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26908
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Pembatasan Umur Kendaraan (Lagi)

Post by DOHC »

AdmiralPhantom wrote: Fri Feb 26, 2021 7:01
DOHC wrote: Fri Feb 26, 2021 5:31 Tenanggg

Ini mah cuman sala satu kerjaan ga berguna nya si gabener anus

Biar kliatan kerja

Kmaren uji emisi, kota tua lez, skrg mobil tua, nanti ga kaget ad aturan hari pake celana gelap ama terang..

Abis itu kblinger sendiri, trus anulir sendiri

Namanya jg gabener yg seiman dan santun
Tiati gan, tar diamuk sm fansnya. :big_biglaugh:
Ud perna koq dl di tret mana saya lupa

Ga takut koq, ampas yah ampas.. masa ampas dbilang emas
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
AdmiralPhantom
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 30
Joined: Thu Jul 04, 2019 16:56
Daily Vehicle: 2014 Toyota Innova G 1TR AT _ 2020 Mitsubishi Xpander Sport MT

Re: Pembatasan Umur Kendaraan (Lagi)

Post by AdmiralPhantom »

DOHC wrote:
AdmiralPhantom wrote: Fri Feb 26, 2021 7:01
DOHC wrote: Fri Feb 26, 2021 5:31 Tenanggg

Ini mah cuman sala satu kerjaan ga berguna nya si gabener anus

Biar kliatan kerja

Kmaren uji emisi, kota tua lez, skrg mobil tua, nanti ga kaget ad aturan hari pake celana gelap ama terang..

Abis itu kblinger sendiri, trus anulir sendiri

Namanya jg gabener yg seiman dan santun
Tiati gan, tar diamuk sm fansnya. :big_biglaugh:
Ud perna koq dl di tret mana saya lupa

Ga takut koq, ampas yah ampas.. masa ampas dbilang emas
Wadau....padahal terkenal galak & "senggol bacok" tu fansnya, mana gak jarang pula mereka suka melibatkan mbak sara kalo berargumen.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15537
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Pembatasan Umur Kendaraan (Lagi)

Post by ChZ »

Or4cle wrote: Fri Feb 26, 2021 6:33 Ane mencium bau - bau konspirasi ATPM dengan penguasa ? Ujung - ujungnya buat dongkrak penjualan, CMIIW ...

Buat sebagian orang beli mobil itu bukan beli kacang, mesti nabung bertahun-tahun dan dibantu dengan sistem kredit.
10 tahun itu bukan lama loh, waktunya lumayan singkat. Bayangin, orang dengan dana pas-pasan, kredit mobil 5 tahun, + 5 tahun kemudian mobil masih kinclong, mesin bagus tapi dilarang beroperasi. Kalau go-green kan pabrikan mobil sudah sangat comply, tinggal pemerintah dukung dengan kualitas BBM yang bagus, plus perawatan service berkala saya yakin masih lulus uji emisi.

Apa pemerintah / ATPM mau bantu dgn kebijakan "buy back" mobil yang sudah di atas 10 tahun kalau ini jadi diterapkan ?
Terus mobil yang umur di atas 10 tahun mau dibuat ke mana ? Bantar Gebang ?
nah 3 hari lagi tuh aturan PPnBM terealisasi...

nah loh...

klo kata kata kanal berita konspirasi dan cenel FE101 : concidence??

:ngacir:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1488
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Pembatasan Umur Kendaraan (Lagi)

Post by MSU »

10thn kalo mobil penumpang sbtlnya kependekan sih...tipikal orang indo kayaknya telaten ngerawat..
kalo mobil niaga mungkin memang biasa odo udah tinggi
Or4cle
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1295
Joined: Wed Nov 02, 2016 1:59

Re: Pembatasan Umur Kendaraan (Lagi)

Post by Or4cle »

ChZ wrote: Fri Feb 26, 2021 7:37
Or4cle wrote: Fri Feb 26, 2021 6:33 Ane mencium bau - bau konspirasi ATPM dengan penguasa ? Ujung - ujungnya buat dongkrak penjualan, CMIIW ...

Buat sebagian orang beli mobil itu bukan beli kacang, mesti nabung bertahun-tahun dan dibantu dengan sistem kredit.
10 tahun itu bukan lama loh, waktunya lumayan singkat. Bayangin, orang dengan dana pas-pasan, kredit mobil 5 tahun, + 5 tahun kemudian mobil masih kinclong, mesin bagus tapi dilarang beroperasi. Kalau go-green kan pabrikan mobil sudah sangat comply, tinggal pemerintah dukung dengan kualitas BBM yang bagus, plus perawatan service berkala saya yakin masih lulus uji emisi.

Apa pemerintah / ATPM mau bantu dgn kebijakan "buy back" mobil yang sudah di atas 10 tahun kalau ini jadi diterapkan ?
Terus mobil yang umur di atas 10 tahun mau dibuat ke mana ? Bantar Gebang ?
nah 3 hari lagi tuh aturan PPnBM terealisasi...

nah loh...

klo kata kata kanal berita konspirasi dan cenel FE101 : concidence??

:ngacir:
Welcome to dunia penuh tifu -tifu :big_grin:
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: Pembatasan Umur Kendaraan (Lagi)

Post by evanbngdor »

Kayaknya mobil 10 tahun lebih apalagi udah injeksi itu emisi nya ngga lebih buruk drpd motor matic deh diisi pertalite deh.

Suka ngga habis pikir kadang-kadang itu nyari sesuatu yang bisa dijadiin kerjaan, kayak ngga ada kegiatan lain yg bisa dilakukan gitu ya
:big_dunno:
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2573
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Ford Ranger T7

Re: Pembatasan Umur Kendaraan (Lagi)

Post by farizfsa »

tingkat ekonomi org indo perkapita tdk sekuat negara2 maju,
harga mobil lebih mahal drpd negara maju, gaji/pendapatan ga lebih tinggi drpd negara maju

harusnya ekosistem nya di perbaiki, drpd dilarang2 begini kurang jelas faedahnya. org itu kmrn mbl corona absolute saya liat lulus2 aja emisi padahal mbl udah 20 tahun lewat.

mungkin beliau memang lg seneng urus2 transportasi karena dpt penghargaan dari TUMI.
BMW 520d F10 14 (HRE P40 20" + Yoko Advan Sport + Stage 2 261hp 560nm)
VW Tiguan AS 1.4 21 (Rav 20' + Pirelli Dragon Sport + Stage 2 225 hp 300nm)
thestoneroses
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 541
Joined: Thu Jan 22, 2015 11:45
Location: +62 / +65

Re: Pembatasan Umur Kendaraan (Lagi)

Post by thestoneroses »

farizfsa wrote: Fri Feb 26, 2021 8:43 tingkat ekonomi org indo perkapita tdk sekuat negara2 maju,
harga mobil lebih mahal drpd negara maju, gaji/pendapatan ga lebih tinggi drpd negara maju

harusnya ekosistem nya di perbaiki, drpd dilarang2 begini kurang jelas faedahnya. org itu kmrn mbl corona absolute saya liat lulus2 aja emisi padahal mbl udah 20 tahun lewat.

mungkin beliau memang lg seneng urus2 transportasi karena dpt penghargaan dari TUMI.
Saya yang pada 25++ pada lulus juga tuh oom.
Entah standardisasinya yang kurang tepat atau gimana. Kalau menurut saya sih, lebih baik bbmnya saja yang diperbaiki.
Ron 95/98 yang dijual. Di tempat saya kuliah dulu, mobil2 tua sekalinya keluar malah berderet, konvoi, parkir bareng. Masih banyak yang penasaran, gimana rasanya ngidupin (cold start) Plymouth superbird, daytona. Oh dan mereka yang naik V8 ataupun i4 sepertinya sama-sama isi bensin bagus.

Setahu saya, yang 8.4L v10 aja memenuhi kalau uji emisi.
Ron Asheton Forever
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Pembatasan Umur Kendaraan (Lagi)

Post by maastricht889 »

thestoneroses wrote: Fri Feb 26, 2021 10:41
farizfsa wrote: Fri Feb 26, 2021 8:43 tingkat ekonomi org indo perkapita tdk sekuat negara2 maju,
harga mobil lebih mahal drpd negara maju, gaji/pendapatan ga lebih tinggi drpd negara maju

harusnya ekosistem nya di perbaiki, drpd dilarang2 begini kurang jelas faedahnya. org itu kmrn mbl corona absolute saya liat lulus2 aja emisi padahal mbl udah 20 tahun lewat.

mungkin beliau memang lg seneng urus2 transportasi karena dpt penghargaan dari TUMI.
Saya yang pada 25++ pada lulus juga tuh oom.
Entah standardisasinya yang kurang tepat atau gimana. Kalau menurut saya sih, lebih baik bbmnya saja yang diperbaiki.
Ron 95/98 yang dijual. Di tempat saya kuliah dulu, mobil2 tua sekalinya keluar malah berderet, konvoi, parkir bareng. Masih banyak yang penasaran, gimana rasanya ngidupin (cold start) Plymouth superbird, daytona. Oh dan mereka yang naik V8 ataupun i4 sepertinya sama-sama isi bensin bagus.

Setahu saya, yang 8.4L v10 aja memenuhi kalau uji emisi.
Poin pertama soal beginian ya bener om, hilangin bengsin kualitas jelek itu plg membantu. Mo adain uji emisi, UU 10th buang ampe mulut berbusa2 jg ga bakal hilang kl BBM jelek masih dijual. Memang masalah harga dan yg "ga keliatan" soal bensin2 ini masih jd ganjelan.

Nah, baru kl semuanya bagus soal BBM ke pendataan mobil kuno sama IMI dan di assessed kaya sistem uji KIR di arab. Terus dapet buku uji KIR dan plat nomer ditandain. Setidaknya itu cukup solutif. Sy nyerempet IMI soalnya pak bamsoet jadi ketum baru, dan ada mas rifat sungkar yang udah angan2 mau ngewadahin ini dan sudah urun pendapat di IGTV. Kl cuma asbun dan tetep dijalanin si saya yakin pak bamsoet sendiri bakal ga terima krn beliau kolektor mbl kuno juga, belum temen2 sehobi dan seklub yg banyak di jakarta bakal rame.

Yakin deh, kl kepengurusan IMI yang baru ini bener2 jalan ndak menutup kemungkinan sebangsa concours d'elegance bakal ada tiap tahun dan makin menjamur mobil kuno keren2 disini. Ubek2 aja jakarta sama bandung udah banyak banget nemu harta karun, belom jateng sama jatim dsk
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Pembatasan Umur Kendaraan (Lagi)

Post by kunaskun »

sebenernya si bagus, ceritanya kaya negara2 maju, tapi ceritanya doang... karena lah naik motor ga pake helm lawan arah aja udah biasa. apalagi ginian, terlalu maju buat Indo.
User avatar
AdmiralPhantom
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 30
Joined: Thu Jul 04, 2019 16:56
Daily Vehicle: 2014 Toyota Innova G 1TR AT _ 2020 Mitsubishi Xpander Sport MT

Re: Pembatasan Umur Kendaraan (Lagi)

Post by AdmiralPhantom »

kunaskun wrote:sebenernya si bagus, ceritanya kaya negara2 maju, tapi ceritanya doang... karena lah naik motor ga pake helm lawan arah aja udah biasa. apalagi ginian, terlalu maju buat Indo.
Setau ane negara maju yg ada pembatasan usia kendaraan cuman Singapore.

Di negara lain macam AS, Jepang, dan beberapa negara di Eropa barat walaupun negara maju masih kelihatan mobil-mobil klasiknya.
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4324
Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X

Re: Pembatasan Umur Kendaraan (Lagi)

Post by ginting »

Yang nyuruh, nekat, pembatasan usia kendaraan akan dicap tidak pro "wong cilik"..
kalau udah gitu maka nanti gak dipilih waktu pilkada.

jadi kalau gitu saya setuju, bahwa ini juga "just another wacana"..

btw, tahun 2016 sy itu galau antara beli LC VXR atau MUX baru, dengan budget 400-500.
waktu itu sudah ada wacana soal mobil maximal 20 tahun buat mobil Pribadi..ingat bahwa zaman itu Ahok adalah masih gubernurnya..
makanya saya takut kalau kalau itu diberlakukan maka langsung tewas itu VXR gak ada nilainya..
akhirnya sy beli MuX..
hackers11
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 692
Joined: Tue Nov 24, 2015 5:53

Re: Pembatasan Umur Kendaraan (Lagi)

Post by hackers11 »

Ikut komen, di thailand ada aturan begini juga(meski tertunda pas saya baca di paultan).
Pemilik mobkas dikasi credit sekitar 100jtan kalo mau melepas mobil jadulnya bwt beli baru.
Haru begini kalo mau programnya diimplementasikan di Indo menurut saya.
Bahkan kalo bisa harga pasar jadi apapun mobilnya semua akan sukarela ganti. Mau antik, unik dll kalo udah harga pasar ya adem semua.
Mungkin yg ga rela yg beneran cinta atau hobi kali ya
User avatar
Fatf00
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 57
Joined: Wed Sep 26, 2018 5:46
Location: Jawa Barat
Daily Vehicle: honda beat

Re: Pembatasan Umur Kendaraan (Lagi)

Post by Fatf00 »

kalo jadi saya yang rakyat jelata ini beli mobil rasa sewa.
kredit 5 tahun -> lunas -> jual -> kredit lagi -> lunas lagi -> jual lagi.
nanti muncul kredit 10 tahun makin berasa sewa daripada beli.
User avatar
rajapb
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 430
Joined: Thu Nov 26, 2015 16:27

Re: Pembatasan Umur Kendaraan (Lagi)

Post by rajapb »

tenang, pejabat kita banyak yg miara mobil klasik masa mau bikin peraturan yg nyusahin mereka sendiri