Page 16 of 18

Re: Chevrolet stop jualan di Indonesia

Posted: Wed Feb 19, 2020 6:36
by ChZ
FU27 wrote: Wed Feb 19, 2020 6:09 Pantesan udah announce jauh2 hari dan cuci gudang. Gak taunya ada berita mengejutkan lagi. Kemungkinan abis ini, ga ada lagi yang beli stok sisanya.
berakhir jadi besi tua... atau dikampakin... lumayan buat stok spare part...

Re: Chevrolet stop jualan di Indonesia

Posted: Wed Feb 19, 2020 6:41
by maastricht889
sealplayerz wrote: Wed Feb 19, 2020 4:00 yah intinya GM udah mundur pasar setir kanan dunia yg tersisa yaitu australia selandia baru sama thailand. GM korea juga banyak masalah jadi kalo misalkan akan tutup udah gak kaget.
Kl singapur, malaysia gimana om? Banyak itu taxi pake chevy epica diesel, trs orlando beberapa

Re: Chevrolet stop jualan di Indonesia

Posted: Wed Feb 19, 2020 6:48
by Omnibus
Jambangan wrote: Wed Feb 19, 2020 4:35 Kasian fanboy2nya
Dikira selama ini pasar indon yg ga open minded
Ternyata brand nya sendiri cabut dari pasar RHD
FAN BOY

FAN BOY .......

What cha' gonna do ......

What cha' gonna do if we run from you




:big_grin:


(#Bad Boyz)

Re: Chevrolet stop jualan di Indonesia

Posted: Wed Feb 19, 2020 7:47
by sealplayerz
erwinign wrote: Wed Feb 19, 2020 6:41
sealplayerz wrote: Wed Feb 19, 2020 4:00 yah intinya GM udah mundur pasar setir kanan dunia yg tersisa yaitu australia selandia baru sama thailand. GM korea juga banyak masalah jadi kalo misalkan akan tutup udah gak kaget.
Kl singapur, malaysia gimana om? Banyak itu taxi pake chevy epica diesel, trs orlando beberapa
Belum nemu beritanya tapi kalo gak salah yg di singapura malaysia filipina itu cuman atpm distributor bukan anak perusahaan langsung GM jadi bergantung pasokannya sama GM thailand yg baru dijual pabriknya ke great wall motors sama GM korea. Yg tutup itu anak perusahaan langsung dari GM di pasar RHD dunia. Cmiiw

Re: Chevrolet stop jualan di Indonesia

Posted: Wed Feb 19, 2020 11:11
by Tampanman
Jambangan wrote: Wed Feb 19, 2020 4:35 Kasian fanboy2nya
Dikira selama ini pasar indon yg ga open minded
Ternyata brand nya sendiri cabut dari pasar RHD
Banyak orang yang logikanya terbalik, jualan ga laku malah salahkan pasar, padahal mereka yang tidak bisa berinovasi, menyesuaikan produk dengan selera pasar..

Re: Chevrolet stop jualan di Indonesia

Posted: Wed Feb 19, 2020 17:09
by Turboman
GM sudah mengubur nama baiknya sendiri di banyak negara........

GM = Gemblung Motor ?
Screenshot_2020-02-20-00-07-24-689_com.google.android.youtube.jpg

Re: Chevrolet stop jualan di Indonesia

Posted: Wed Feb 19, 2020 17:23
by ginting
Mari kita coba lihat dari sisi opportunity.

jangan2 pasca tutup malah product chevy (bekas) banyak dicari orang..
panther juga bakal disuntik mati, tp malah banyak yg cari bekasnya.

Re: Chevrolet stop jualan di Indonesia

Posted: Wed Feb 19, 2020 21:39
by Andhyka
ginting wrote: Wed Feb 19, 2020 17:23 Mari kita coba lihat dari sisi opportunity.

jangan2 pasca tutup malah product chevy (bekas) banyak dicari orang..
panther juga bakal disuntik mati, tp malah banyak yg cari bekasnya.
Betul juga sih tipe yang sudah discontinue malah banyak peminatnya.

Enaknya punya mobil discontinue yaitu bebas dari perubahan facelift (3 tahunan) dan juga ganti model all-new (6 tahunan).

Mercy C300 1-2 tahun lagi ganti model total, Vellfire/Alphard juga sama tahun 2022 keluar model all-new. Honda Jazz ganti model tahun ini, Mazda2 model barunya rilis tahun depan.

Sudah hampir dipastikan all-new Alphard kalo launching, banyak owner sebelumnya pada buruan jual yang lama untuk beli yang baru.

Mobil discontinue akan abadi dan selalu baru, karena tidak akan pernah digantikan oleh facelift/all-new.

Re: Chevrolet stop jualan di Indonesia

Posted: Thu Feb 20, 2020 0:37
by FU27
ginting wrote: Wed Feb 19, 2020 17:23 Mari kita coba lihat dari sisi opportunity.

jangan2 pasca tutup malah product chevy (bekas) banyak dicari orang..
panther juga bakal disuntik mati, tp malah banyak yg cari bekasnya.
Mungkin ya. Buat dikampak

Re: Chevrolet stop jualan di Indonesia

Posted: Thu Feb 20, 2020 1:38
by Turboman
ginting wrote:Mari kita coba lihat dari sisi opportunity.

jangan2 pasca tutup malah product chevy (bekas) banyak dicari orang..
panther juga bakal disuntik mati, tp malah banyak yg cari bekasnya.
Liat index harga spare parts nya

Panther kan parts nya murah2

Cepi ?

Re: Chevrolet stop jualan di Indonesia

Posted: Thu Feb 20, 2020 2:12
by bensinsolar
Cari partsnya bakal susah ni, bener2 drastic action tp necessary. Replacement bwt SE Asia dengan product tier 2/3 (Wuling etc) & Australia dengan product tier 1 (Buick, Cadillac & Corvette as HSV)
Dari awal ud berasa aneh produk Wuling masa dijadikan Chevrolet Captiva, ya mending tutup sekalian, keluarkan mobil sesuai nameplate aslinya, biar para fansboy Wuling ga boasting/salah persepsi Chevrolet = Wuling.

Re: Chevrolet stop jualan di Indonesia

Posted: Thu Feb 20, 2020 2:18
by casabalancas
Orang makin kesini makin smart, kalau mau ngerawat mobil yang partsnya mahal mending ngerawat mobil premium saja, ngapain merk2 nanggung macam chevy gini. Analisa bodoh saya, mungkin GM kalau malah all out dengan Cadilac untuk melawan Mercy, BMW, Lexus malah bisa survive dan cetak untung besar, apalagi sudah punya brand history sebagai mobil kenegaraan dan mobil pemimpin-pemimpin besar

Re: Chevrolet stop jualan di Indonesia

Posted: Thu Feb 20, 2020 2:34
by iwing
ginting wrote: Wed Feb 19, 2020 17:23 Mari kita coba lihat dari sisi opportunity.

jangan2 pasca tutup malah product chevy (bekas) banyak dicari orang..
panther juga bakal disuntik mati, tp malah banyak yg cari bekasnya.
klo orang seperti saya, sama dengan cari masalah wkkwkwkwk. sangat berbeda dibanding panther

Re: Chevrolet stop jualan di Indonesia

Posted: Thu Feb 20, 2020 5:47
by Turboman
Utk produk Chevy yg dicari2 orang / barang koleksi :
- Yg buatan sebelum 1970
- Opel Blazer
- Holden Commodore HSV (sampe yg edisi terakhir)
- Corvette & mesin LS nya

HSV sejak dia diskontinu aja harga seken nya pelan2 naik melebihi harga baru-nya, apalagi dgn pengumuman Chevy out from Oz

Monggo tambahken

Re: Chevrolet stop jualan di Indonesia

Posted: Thu Feb 20, 2020 6:35
by jivos
bantu up dl deh...
indahnya slg b'bagi info .... :mky_03:

mendadak trit chevrolet..tiban meniban ini trit dg newcomernya :mky_01:

Re: Chevrolet stop jualan di Indonesia

Posted: Thu Feb 20, 2020 6:36
by ChZ
Tampanman wrote: Wed Feb 19, 2020 11:11
Jambangan wrote: Wed Feb 19, 2020 4:35 Kasian fanboy2nya
Dikira selama ini pasar indon yg ga open minded
Ternyata brand nya sendiri cabut dari pasar RHD
Banyak orang yang logikanya terbalik, jualan ga laku malah salahkan pasar, padahal mereka yang tidak bisa berinovasi, menyesuaikan produk dengan selera pasar..
ibaratnya nilai jelek karena tdk belajar tapi nyalahin orang yang pinter krn belajar...

ada byk brand non-mainstream yg bisa survive dan mencetak penjualan bagus dgn brand awareness yang kuat... terus salah pasarnya dimana? mazda, mitsubishi passenger sempat jeblok tapi naik lagi.

GM kan bukan brand miskin, one of the oldest automakers dan market cap nya besar... membawahi banyak brand.

Yang sempat di atas juga turun krn salah kelola (batu makam) ... mgk orang orang ini lupa VW itu mainstream di Jerman dan Fiat itu mainstream di Italia...

nanti mereknya jd mainstream malah dihujat... cuma orang sok hipster yang pengen tampil beda aja makanya nyalahin market yang ga bisa nerima productnya.

GM brand awarenessnya di US lumayan bagus jg krn punya barang macem Camaro dan Corvette....

Re: Chevrolet stop jualan di Indonesia

Posted: Tue Mar 03, 2020 8:12
by pcx
Sayang banget merk Holden yg dah lama jadi kebanggaan Aussie akhirna jg ikut disuntik mati

:weekk:

Re: Chevrolet stop jualan di Indonesia

Posted: Fri May 29, 2020 9:26
by Michaelktp
Holden memang disayangkan segera disuntik mati tahun depan secara sudah berkiprah selama 164 tahun yang berarti menyusul Oldsmobile, Saturn, Pontiac, Hummer dan SAAB masuk liang kubur. Brand-brand korban inefisiensi yang dilakukan oleh GM Global.
Opel, Lotus dan Vauxhall masih "beruntung" karena masih sempat laku dijual oleh GM Global ke investor lain.
Sementara Suzuki dan Isuzu jauh lebih beruntung lagi karena mempunyai power dan market yang kuat untuk putus hubungan dengan GM Global. Suzuki dengan penguasaan pasar mobil di India sementara Aliansi GM- Isuzu akhirnya berakhir sejak tahun 2016 secara Mitsubishi Corp trading company terbesar Japan bukan MMC menjadi pemegang saham mayoritas Isuzu Motor menggantikan posisi GM Global di Isuzu sejak tahun 1972. Karena kuatnya pasar D-Cab dan Light Truck Isuzu di Thai DM.

Re: Chevrolet stop jualan di Indonesia

Posted: Fri May 29, 2020 9:53
by Pugman
Michaelktp wrote: Fri May 29, 2020 9:26 Holden memang disayangkan segera disuntik mati tahun depan secara sudah berkiprah selama 164 tahun yang berarti menyusul Oldsmobile, Saturn, Pontiac, Hummer dan SAAB masuk liang kubur. Brand-brand korban inefisiensi yang dilakukan oleh GM Global.
Opel, Lotus dan Vauxhall masih "beruntung" karena masih sempat laku dijual oleh GM Global ke investor lain.
Sementara Suzuki dan Isuzu jauh lebih beruntung lagi karena mempunyai power dan market yang kuat untuk putus hubungan dengan GM Global. Suzuki dengan penguasaan pasar mobil di India sementara Aliansi GM- Isuzu akhirnya berakhir sejak tahun 2016 secara Mitsubishi Corp trading company terbesar Japan bukan MMC menjadi pemegang saham mayoritas Isuzu Motor menggantikan posisi GM Global di Isuzu sejak tahun 1972. Karena kuatnya pasar D-Cab dan Light Truck Isuzu di Thai DM.
Vauxhall itu dijual ke PSA Peugeot Citroen kan ya? Makanya kemarin lihat reviewnya Mat Watson saya agak heran, produk Vauxhall pakai platform Peugeot padahal seingat saya Vauxhall itu grup nya GM.

Re: Chevrolet stop jualan di Indonesia

Posted: Fri May 29, 2020 10:12
by Michaelktp
Pugman wrote: Fri May 29, 2020 9:53
Michaelktp wrote: Fri May 29, 2020 9:26 Holden memang disayangkan segera disuntik mati tahun depan secara sudah berkiprah selama 164 tahun yang berarti menyusul Oldsmobile, Saturn, Pontiac, Hummer dan SAAB masuk liang kubur. Brand-brand korban inefisiensi yang dilakukan oleh GM Global.
Opel, Lotus dan Vauxhall masih "beruntung" karena masih sempat laku dijual oleh GM Global ke investor lain.
Sementara Suzuki dan Isuzu jauh lebih beruntung lagi karena mempunyai power dan market yang kuat untuk putus hubungan dengan GM Global. Suzuki dengan penguasaan pasar mobil di India sementara Aliansi GM- Isuzu akhirnya berakhir sejak tahun 2016 secara Mitsubishi Corp trading company terbesar Japan bukan MMC menjadi pemegang saham mayoritas Isuzu Motor menggantikan posisi GM Global di Isuzu sejak tahun 1972. Karena kuatnya pasar D-Cab dan Light Truck Isuzu di Thai DM.
Vauxhall itu dijual ke PSA Peugeot Citroen kan ya? Makanya kemarin lihat reviewnya Mat Watson saya agak heran, produk Vauxhall pakai platform Peugeot padahal seingat saya Vauxhall itu grup nya GM.
Absolutely right, brow. Sejak tahun 2017 Vauxhall bersama Opel sekalian dijual ke PSA Groupe setelah lebih dari 90 tahun dibawah naungan GM Global.

Re: Chevrolet stop jualan di Indonesia

Posted: Fri May 29, 2020 10:51
by impactful
holden...

jadi ingat tunggangan semasa seragam putih biru...
gemini diesel 1982, spion tanduk, seminggu cuma beli solar Rp 2rb... waktu itu harga solar brp ya... ga sampai 400 kynya...
puter2 sampai pacet - celaket - cangar (suhu @Chz paham rute ini)

waktu dijual laku Rp 7jt (1996/7) :big_blushing:

Re: Chevrolet stop jualan di Indonesia

Posted: Fri May 29, 2020 11:22
by Michaelktp
pcx wrote: Tue Nov 19, 2019 7:52
Chevrolet merk mainstream di +62 saat era 70-80an. Masa itu populer sbg mobil fleet seperti Apanja skrg ini tapi mid 80an semasa kecil ane ingat kalo chevrolet Trooper populer banget sbg Mid SUV dijel sperti ANF & ANPS skrg ini bahkan ada Trooper yg enjin petrol jg :frm_salut:


Mulai awal 90an baru merk ini perlahan meredup karena mulai kalah bersaing dgn merk Jepun yg semakin agresif hingga akhirna skrg drop ke titik terendah ini :e-snooty:

Ane inget kalo byk Chevrolet dijel 7 seaater di era 80an dan mayoritas dijadikan mobil2 fleet antar jemput anak2 sekolah. Bibi ane jg punya dan ane sring numpang jadi masih inget suara enjin dijelna yg khas wkwkwk ternyata enjin dari Isuzu tho :mrgreen:

Versi PU na: Luv juga byk banget masa itu sbg armada angkutan barang2 dan sring diisi overload tapi ngacir trus full power :frm_tumbleft:
Mayoritas toko2 bangunan masa itu pasti punya Luv wkwkwkwk

Luv emank kondang sbg pick up yg enak digeber dgn GC rendah dan dijel powerful :frm_salut:
Dulu semasa abg bangor hopeng skul sering curi pakai Luv bokapna utk jalan2 dalkot tengah malem bareng ane. Setir kadang ngawur dan pernah dicegat pick up polisi karena ngelanggar jalan 1 arah. Disuruh nepi malah nekad kabur dan saat dikejar tentu kijang kancil pick up ga bisa mepetin lha wong doi nekad geber si Luv sampe 160 km/jam. ane sampe berdoa aza waktu liat jarum speedona wkwkwk edan :mrgreen:

:drinking:
Exactly, Chevy memang sempat menjadi brand mainstream di Indo DM sebelum performa penjualannya terus menurun dan sampai ke titik nadir sekarang ini. Juga dikarenakan hubungqn aliansi dengan Isuzu yang terus merenggang sejak Isuzu gagal di USDM ditambah inefisiensi di HQ Detroit dengan banyaknya brand mobil tidak produktif dibawah naungan GM Global. Lengkap sudah gejala kehancuran GM Global saat itu dan sekarang bisa dilihat pada jaman now ini.
GC Chevycars selain yang D-Cab dan SUV memang ceper. Bisa dilihat pada yang segmen MPV: Spin dan Orlando yang lebih rendah daripada kompetitornya oleh karena irtu enak dipacu karena CoD / hambatan angin yang lebih kecil dari GC tinggi hahaha.
Chevy LUV memang mobil kuda beban pada masanya sesuai dengan namanya: Light Utility Vehicle. Walaupun begitu memang ini bukanlah produk asli GM Global secara LUV rebadge total dengan Isuzu Faster. Secara sejak 1972 GM Global membeli 34% saham Isuzu Japan sehingga berhak menggunakan platform dan mesin-mesin diesel Isuzu yang terkenal sangat robust dan reliable. Sejak itu saham GM di Isuzu terus bertambah dari 34% sampai diatas 50%. Isuzu bersedia karena iming-iming akses langsung ke pasar terbesar D-Cab dan Light Truck Vehicle di USDM. Sayangnya penjualan Isuzu di USDM tidak pernah sesuai harapan bahkan Isuzu akhirnya quit dari USDM akhir dekade 1980an Akibatnya aliansi mereka mulai terus menegang terlihat dari usaha Isuzu mulai berjalan sendiri dengan menelurkan produk (Panther) dan mengubah logo brand sejak awal dekade 1990 an walaupun beberapa produk mereka tetap rebadge. Hubungan terus menurun dan GM Global mulai menjual saham di Isuzu secara bertahap sambil mencoba berpaling ke Daewoo awal dekade 2000an. Akhirnya turning point terbesar terjadi juga dengan Aliansi GM-Isuzu resmi berakhir pada tahun 2016. Ini juga menandakan berakhir total sudah kiprah GM Global di ASEAN DM sejak 1972 dengan quit dari Thai DM dan menjual Rayong Plant. Penguasa saham mayoritas di Isuzu berganti dikendalikan oleh Mitsubishi Corp. Sayonara GM Global.
Terlihat strategi rebadge sudah dilakukan GM Global antara Chevy dengan Isuzu di ASEAN DM sejak tahun 1972. Strategi yang jauh lebih awal 30 tahun dari saat triple elips merebadge Daicars yang baru mulai tahun 2003 di Indo DM setelah Daihatsu Japan kolaps. Aliansi triple elips Daihatsu terlihat seperti pengulangan sejarah saja antara Isuzu - GM Global dengan perbedaan posisi Daihatsu yang jauh lebih lemah dibandingkan Isuzu saat itu.

Re: Chevrolet stop jualan di Indonesia

Posted: Fri May 29, 2020 16:02
by ginting
Michaelktp wrote: Fri May 29, 2020 11:22
pcx wrote: Tue Nov 19, 2019 7:52
Chevrolet merk mainstream di +62 saat era 70-80an. Masa itu populer sbg mobil fleet seperti Apanja skrg ini tapi mid 80an semasa kecil ane ingat kalo chevrolet Trooper populer banget sbg Mid SUV dijel sperti ANF & ANPS skrg ini bahkan ada Trooper yg enjin petrol jg :frm_salut:


Mulai awal 90an baru merk ini perlahan meredup karena mulai kalah bersaing dgn merk Jepun yg semakin agresif hingga akhirna skrg drop ke titik terendah ini :e-snooty:

Ane inget kalo byk Chevrolet dijel 7 seaater di era 80an dan mayoritas dijadikan mobil2 fleet antar jemput anak2 sekolah. Bibi ane jg punya dan ane sring numpang jadi masih inget suara enjin dijelna yg khas wkwkwk ternyata enjin dari Isuzu tho :mrgreen:

Versi PU na: Luv juga byk banget masa itu sbg armada angkutan barang2 dan sring diisi overload tapi ngacir trus full power :frm_tumbleft:
Mayoritas toko2 bangunan masa itu pasti punya Luv wkwkwkwk

Luv emank kondang sbg pick up yg enak digeber dgn GC rendah dan dijel powerful :frm_salut:
Dulu semasa abg bangor hopeng skul sering curi pakai Luv bokapna utk jalan2 dalkot tengah malem bareng ane. Setir kadang ngawur dan pernah dicegat pick up polisi karena ngelanggar jalan 1 arah. Disuruh nepi malah nekad kabur dan saat dikejar tentu kijang kancil pick up ga bisa mepetin lha wong doi nekad geber si Luv sampe 160 km/jam. ane sampe berdoa aza waktu liat jarum speedona wkwkwk edan :mrgreen:

:drinking:
Exactly, Chevy memang sempat menjadi brand mainstream di Indo DM sebelum performa penjualannya terus menurun dan sampai ke titik nadir sekarang ini. Juga dikarenakan hubungqn aliansi dengan Isuzu yang terus merenggang sejak Isuzu gagal di USDM ditambah inefisiensi di HQ Detroit dengan banyaknya brand mobil tidak produktif dibawah naungan GM Global. Lengkap sudah gejala kehancuran GM Global saat itu dan sekarang bisa dilihat pada jaman now ini.
GC Chevycars selain yang D-Cab dan SUV memang ceper. Bisa dilihat pada yang segmen MPV: Spin dan Orlando yang lebih rendah daripada kompetitornya oleh karena irtu enak dipacu karena CoD / hambatan angin yang lebih kecil dari GC tinggi hahaha.
Chevy LUV memang mobil kuda beban pada masanya sesuai dengan namanya: Light Utility Vehicle. Walaupun begitu memang ini bukanlah produk asli GM Global secara LUV rebadge total dengan Isuzu Faster. Secara sejak 1972 GM Global membeli 34% saham Isuzu Japan sehingga berhak menggunakan platform dan mesin-mesin diesel Isuzu yang terkenal sangat robust dan reliable. Sejak itu saham GM di Isuzu terus bertambah dari 34% sampai diatas 50%. Isuzu bersedia karena iming-iming akses langsung ke pasar terbesar D-Cab dan Light Truck Vehicle di USDM. Sayangnya penjualan Isuzu di USDM tidak pernah sesuai harapan bahkan Isuzu akhirnya quit dari USDM akhir dekade 1980an Akibatnya aliansi mereka mulai terus menegang terlihat dari usaha Isuzu mulai berjalan sendiri dengan menelurkan produk (Panther) dan mengubah logo brand sejak awal dekade 1990 an walaupun beberapa produk mereka tetap rebadge. Hubungan terus menurun dan GM Global mulai menjual saham di Isuzu secara bertahap sambil mencoba berpaling ke Daewoo awal dekade 2000an. Akhirnya turning point terbesar terjadi juga dengan Aliansi GM-Isuzu resmi berakhir pada tahun 2016. Ini juga menandakan berakhir total sudah kiprah GM Global di ASEAN DM sejak 1972 dengan quit dari Thai DM dan menjual Rayong Plant. Penguasa saham mayoritas di Isuzu berganti dikendalikan oleh Mitsubishi Corp. Sayonara GM Global.
Terlihat strategi rebadge sudah dilakukan GM Global antara Chevy dengan Isuzu di ASEAN DM sejak tahun 1972. Strategi yang jauh lebih awal 30 tahun dari saat triple elips merebadge Daicars yang baru mulai tahun 2003 di Indo DM setelah Daihatsu Japan kolaps. Aliansi triple elips Daihatsu terlihat seperti pengulangan sejarah saja antara Isuzu - GM Global dengan perbedaan posisi Daihatsu yang jauh lebih lemah dibandingkan Isuzu saat itu.
Sekarang kan banyak tuh Opel Blazer swap engine dengan mesin Panther.
Mungkin sepuluh tahun lagi banyak Trailblazer swap engine mesin MUX atau DMAX wkwkkww
:mky_07: :mky_07: :mky_07: :mky_07:

Re: Chevrolet stop jualan di Indonesia

Posted: Sat May 30, 2020 15:58
by gadjahalphien
impactful wrote: Fri May 29, 2020 10:51 holden...

jadi ingat tunggangan semasa seragam putih biru...
gemini diesel 1982, spion tanduk, seminggu cuma beli solar Rp 2rb... waktu itu harga solar brp ya... ga sampai 400 kynya...
puter2 sampai pacet - celaket - cangar (suhu @Chz paham rute ini)

waktu dijual laku Rp 7jt (1996/7) :big_blushing:
Beneran se irit itu kah om?
2000/400 = 5 liter
Untuk jalur pacet-celaket-cangar

Dg rute naik turun yg sungguh ngangenin.

Re: Chevrolet stop jualan di Indonesia

Posted: Mon Jun 01, 2020 10:54
by Michaelktp
ginting wrote: Fri May 29, 2020 16:02
Michaelktp wrote: Fri May 29, 2020 11:22
Exactly, Chevy memang sempat menjadi brand mainstream di Indo DM sebelum performa penjualannya terus menurun dan sampai ke titik nadir sekarang ini. Juga dikarenakan hubungqn aliansi dengan Isuzu yang terus merenggang sejak Isuzu gagal di USDM ditambah inefisiensi di HQ Detroit dengan banyaknya brand mobil tidak produktif dibawah naungan GM Global. Lengkap sudah gejala kehancuran GM Global saat itu dan sekarang bisa dilihat pada jaman now ini.
GC Chevycars selain yang D-Cab dan SUV memang ceper. Bisa dilihat pada yang segmen MPV: Spin dan Orlando yang lebih rendah daripada kompetitornya oleh karena irtu enak dipacu karena CoD / hambatan angin yang lebih kecil dari GC tinggi hahaha.
Chevy LUV memang mobil kuda beban pada masanya sesuai dengan namanya: Light Utility Vehicle. Walaupun begitu memang ini bukanlah produk asli GM Global secara LUV rebadge total dengan Isuzu Faster. Secara sejak 1972 GM Global membeli 34% saham Isuzu Japan sehingga berhak menggunakan platform dan mesin-mesin diesel Isuzu yang terkenal sangat robust dan reliable. Sejak itu saham GM di Isuzu terus bertambah dari 34% sampai diatas 50%. Isuzu bersedia karena iming-iming akses langsung ke pasar terbesar D-Cab dan Light Truck Vehicle di USDM. Sayangnya penjualan Isuzu di USDM tidak pernah sesuai harapan bahkan Isuzu akhirnya quit dari USDM akhir dekade 1980an Akibatnya aliansi mereka mulai terus menegang terlihat dari usaha Isuzu mulai berjalan sendiri dengan menelurkan produk (Panther) dan mengubah logo brand sejak awal dekade 1990 an walaupun beberapa produk mereka tetap rebadge. Hubungan terus menurun dan GM Global mulai menjual saham di Isuzu secara bertahap sambil mencoba berpaling ke Daewoo awal dekade 2000an. Akhirnya turning point terbesar terjadi juga dengan Aliansi GM-Isuzu resmi berakhir pada tahun 2016. Ini juga menandakan berakhir total sudah kiprah GM Global di ASEAN DM sejak 1972 dengan quit dari Thai DM dan menjual Rayong Plant. Penguasa saham mayoritas di Isuzu berganti dikendalikan oleh Mitsubishi Corp. Sayonara GM Global.
Terlihat strategi rebadge sudah dilakukan GM Global antara Chevy dengan Isuzu di ASEAN DM sejak tahun 1972. Strategi yang jauh lebih awal 30 tahun dari saat triple elips merebadge Daicars yang baru mulai tahun 2003 di Indo DM setelah Daihatsu Japan kolaps. Aliansi triple elips Daihatsu terlihat seperti pengulangan sejarah saja antara Isuzu - GM Global dengan perbedaan posisi Daihatsu yang jauh lebih lemah dibandingkan Isuzu saat itu.
Sekarang kan banyak tuh Opel Blazer swap engine dengan mesin Panther.
Mungkin sepuluh tahun lagi banyak Trailblazer swap engine mesin MUX atau DMAX wkwkkww
:mky_07: :mky_07: :mky_07: :mky_07:
Yup sudah pasti itu next 10 years hahaha.
Mengikuti kebiasaan GM Global yang memang jago mix platform dan mesin dari brand anak usahanya. Paling mudah terlihat pada Chevy SpinDies dan Suzuki ErtiDies yang serasa 1 platform dengan mesin 1.3 D Multijet dari Fiat.
Memang banyak sekali Opel Blazer swap engine dengan diesel Panther bahkan saya pernah dengar Opel Blazer swap dengan mesin diesel Mitsubishi L300 dan fine-fine saja hehehe. Luar biasa sebenarnya brand ini dan turunannya karena terasa universal banget.
Itu semua pasti karena rasa penasaran bagaimana performa Opel Blazer jika bermesin diesel secara Opel Blazer CKD Indo DM sejak tahun 1996 tidak ada mesin diesel. PT. GMI beralasan takut kalau Blazer diesel akan menggangu penjualan Chevrolet Trooper dan itu alasan tak logis. Oleh karena itu 2 varian Opel Blazer yang dirakit di Pondok Ungu Plant semuanya dirakit dengan mesin bensin dari Holden displacement 2.2L
Padahal yang sebenarnya adalah ironi karena benih perpecahan Aliansi GM-Isuzu perlahan mulai terjadi dengan Isuzu meluncurkan Panther tanpa rebadge Chevycars dan Blazer brand Opel bukan Chevrolet. Selain tanpa varian mesin diesel juga teknik marketing yang salah besar secara brand Opel lebih identik dengan sedan bukan SUV.